SITE STATUS
Jumlah Member :
493.590 member
user online :
1272 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: hamil 9 bulan payudara terasa panas dan

New Topic :  
Jumlah Posts : 32
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 ,ada yang ngalami ga., hamil 6 bulan selangkangan, terasa panas dan gatel, awalnya dy berkeringat, pengaruh.ga itu k janinnya
   


27-03-2017 08:26:54 hamil 1 bulan
Jumlah Posts : 108
Jumlah di-Like : belum ada like
mau tanya, hamil satu bulan perut terasa kram dan pinggul sakit. gmna y bun?
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Artikel di Infobunda yang berjudul Sekilas Tentang Puasa dan Kehamilan :

Beberapa agama dan kepercayaan yang ada di muka bumi ini mengajarkan untuk berpuasa. Mereka bahkan memiliki saat-saat khusus untuk berpuasa, yang biasanya ditetapkan berdasarkan pada perubahan musim, pergerakan matahari dan bulan, atau bahkan tanggal dimana sudah ditetapkan oleh pemuka agamanya masing-masing. 

Bagi beberapa agama, kegiatan berpuasa ini dipercaya sebagai salah satu media pembersihan diri guna mendekatkan manusia dengan sang pencipta. Karenanya, semua orang, dari berbagai usia, ras, dan jenis kelamin berlomba-lomba untuk tekun menjalankan ibadah puasa. 

Namun, bagaimana halnya bila seorang wanita yang sedang hamil pun berkeinginan untuk turut mencapai hidayah Tuhan dengan memenuhi kewajibannya menjalankan ibadah puasa. 

Untuk itu, beberapa pertanyaan umum berikut ini mungkin dapat dijadikan referensi bagi para bunda yang sedang mengandung namun tetap berkeinginan untuk berpuasa.

Apakah aman untuk berpuasa di kala hamil? 
Keputusan sebagian ibu hamil untuk tetap menjalani puasa biasanya didasarkan pada keyakinan dan agamanya masing-masing. Pilihan ini pun dikembalikan pada diri masing-masing pribadi, yang tentunya juga mendapatkan dukungan suami dan anggota keluarga yang lain.

Bagi para ibu hamil yang berkeinginan untuk mengikuti ritual puasa selama kurun waktu yang lama, misalnya pada bulan ramadhan, bagi yang muslim. Ada baiknya untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terkait mengenai kemungkinan untuk berpuasa apabila dikaitkan dengan kondisi fisik, keadaan kandungan dan janin, serta keadaan kesehatan guna menghindari komplikasi yang mungkin timbul.     

Apakah puasa menimbulkan resiko kesehatan bagi janin? 

Umumnya, selama kehamilan, siapapun tidak diperkenankan untuk merasa lapar dan membiarkan perut kosong dalam waktu yang lama. 

Bila hal tersebut dibiarkan, maka akan menimbulkan perasaan tidak nyaman, yang ditandai dengan sakit kepala, letih, berkunang-kunang, dan bahkan beberapa gejala sejenis lainnya. 
 

Hal apa yang harus diperhatikan bila berpuasa saat hamil?

  • Konsultasikan selalu kondisi kesehatan dan kehamilan dengan dokter terkait untuk memonitor pertumbuhan dan perkembangan janin
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar, untuk memberika asupan nutrisi penting yang diperlukan
  • Jauhi gorengan dan makanan cepat saji, karena selain berkalori tinggi, kedua makanan ini bisa menimbulkan rasa mual.
  • Hindari makanan dan minuman yang memiliki kadar gula serta kafein tinggi
  • Usahakan untuk berada di dalam ruangan saat tengah hari atau dikala cuaca terasa panas dan lembab
  • Kurangi aktifitas yang menguras tenaga, sediakan waktu istirahat setelah di tengah aktifitas keseharian
  • Puasa memperlambat kinerja sistem pencernaan, sehingga disarankan untuk berbuka secara perlahan dan bertahap. Mulailah dengan minum segelas air putih atau jus buah, lalu diikuti dengan makanan ringan.
  • Segerakan berbuka dan menghubungi dokter bila mengalami keluhan berupa pusing, kunang-kunang, kelelahan, jantung berdebar.

Satu hal yang perlu bunda ingat tentang pilihan untuk menjalankan ibadah puasa, yaitu bunda adalah satu-satunya orang yang dapat mengambil keputusan yang tepat untuk kesehatan dan keselamatan diri sendiri serta calon buah hati tercinta.

   


Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
Dear Bunda Atika Abdullah Aidid,

Tahapan pemberian makan pada anak terbagi :
1. umur 0-6 bulan : hanya diberikan ASI saja. Susui bayi sesering mungkin, setiap bayi menginginkan, paling sedikit 8x/hari. Jangan memberikan makanan / minuman selain ASI. Susui dengan payudara kanan dan kiri secara bergantian sampai payudara terasa kosong, jika bayi tidur lebih dari 3 jam, bangunkan, lalu susui.

2.Umur 6-9 bulan : Terus berikan ASI, dan mulai diberikan makanan pendamping ASI               ( MP-ASI ) secara bertahap sesuai dengan usia

umur contoh MP-ASI
6 Bulan Pagi : bubur susu 3 sendok makan
Sore : bubur susu 3 sendok makan
 
7 Bulan Pagi : bubur susu 3 1/2 sendok makan
sore : bubur susu 3 1/2 sendok makan
 
8 Bulan pagi : bubur Tim lumat 2 sendok makan
siang : bubur tim lumat 3 sendok makan
Malam : bubur tim lumat 3 sendok makan
 

3. Umur 9-12 Bulan : Terus berikan ASI, dan mulai berikan MP-ASI yang lebih Padat. Contoh : Bubur nasi, nasi tim, dan nasi lembek.
umur contoh MP-ASI
9 Bulan Pagi : bubur nasi 3 sendok makan
Siang : bubur nasi 3 sendok makan
Malam : bubur susu 3 sendok makan
 
10 Bulan Pagi : nasi tim 3 sendok makan
Siang : nasi tim 3 sendok makan
Malam : nasi tim 4 sendok makan  sendok makan
 
11 Bulan Pagi : Nasi lembek 3 sendok makan
siang : nasi lembek 4 sendok makan
Malam : nasi lembek 4 sendok makan
 

4. Umur 1-2 Tahun : terus berikan ASI, dan mulai berikan makanan orang dewasa ( nasi, lauk pauk, dan sayur. Beri makan 3 x/hari, masing2 1/3 piring orang dewasa. Beri makanan selingan 2 x/hari ( buah/ perasan buah, snack ), ajari anak untuk makan sendiri.

Selama pengenalan pemberian MP-ASI diharapkan diciptakan suasana yang nyaman dan menggembirakan.

Demikianlah penjelasan saya, semoga bermanfaat untuk Bunda dan Buah hati.  
   
30-07-2010 15:42:20 kehamilan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
ass,met siang dok,sy mau tanya.sebenarnya sy sedang bingung ni dok.sy sdh punya anak pertama yg usianya 3,5 thn.dan skrg sy ingin merencanakan kehamilan anak yg kedua.yg ingin sya tnyakan , setelah melahirkan anak pertama haidnya lancar lalu sdah 7 bulan ini sy tdk mengalami menstruasi.tgal 5 juli kemarin sy melakukan KB suntik 1 bulan,sblm sy KB suntik sya melakukan test pack kehamilan dan hasilnya negatif.sesudah KB suntik sy tidak merasa nyaman di bagian perut bawah sebelah kiri,lalu sy cba melakukan urut di bagian perut tsb,dan orang yg mengurut sy mengatakan kalau sya sedang hamil 2 bulan,dan sy pun merasakan tanda2 seperti sedang hamil yaitu payudara terasa gatal dan sakit.lalu sy cba USG namun hasilnya pun negatif dok,yg ingin sy tnyakan ke dokter sebenarnya sya hamil atau tidak ya dok ?
dan kalau memang sya hamil apa dampak dri KB suntik yg sudah sya lakukan?
sekian pertanyaan dari sy,
saya tunggu jawabannya ya dok,
terima kasih

Dari : ade lestari

Jawaban:

Dear Bunda ade lestari,

Apabila sebelum anda melakukan suntik KB telah dilakukan test urine HCG dan hasilnya negatif, maka saat ini anda berada di dalam pengaruh kontrasepsi KB dalam mencegah terjadinya kehamilan. Anda juga telah melakukan USG yang hasilnya negatif, saya yakin dokter anda telah sangat berpengalaman dalam melakukan pemeriksaan ini dan saya tidak meragukan hasil pemeriksaan beliau, tetapi apabila anda masih tidak yakin, anda dapat melakukan kembali test urine HCG pada pagi hari dan apabila masih ragu juga. Lebih baik lagi bila anda melakukan pemeriksaan USG pada dokter kandungan yang lain untuk pendapat kedua. Apabila anda hamil, berarti metode KB anda dinyatakan gagal, kemungkinan tidak ada efeknya terhadap kehamilan anda.
   


Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
dr pengalaman saya waktu hamil 5 bulan saya sempat facial, dan masuk bulan 7 saya juga facial lagi, dan masuk bulan 9 detik2 menengangkan saya juga sempatkan diri potong rambut, soalnya takut panas.
sekarang anak saya sudah lahir, dan tidak ada masalah.
tapi klo buat yg byk pantangan mendingan sih jangan.

   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
bund, bagi infonya yah yang pernah kaya saya, saya dari 4 bulan sudah keluar asi banyak, jalan 6 bulan udah mulai rembes, lalu di usia kandungan 8 bulan, payudara terasa kencang sakit seperti kesemutan, saya dapat info dikeluarkan saja asinya, akhirnya saya pompa dan alhasil ploong banget sakitnya hilang, tapi saya bingung apa boleh sebenernya dikeluarkan terus asinya disaat baui masih dalam kandungan ? karna jujur nyiksa banget..
   
17-08-2016 06:28:40 hamil ga ya??
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
bundaa mau tanya dong sy biasa haid teratur 28hari dimasa subur kmrn sy melakukan hubungan sama suami trus seminggu dr situ sy mual,pusing,payudara terasa sakit dan dibulan ini sy haid tgl 18 tpi kmudian tgl 16 kmrn ini sy dtng haid tpi kluar darah menggumpal dan terasa sakit kira2 sy hamil/ga ya bundaa mohon jawab dongg soalnya sy menantikan sekali debay hehe maklum mama muda hehe mohon bantuan nya ya bundaa 😅😃😀🙏
   
27-12-2015 12:00:27 tanda kehamilan
Jumlah Posts : 74
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda aku mau nanya nihh ..
aku baru telat 4hari .. trus badan ku panas banget kepala pusing pinggang saya pun terasa panas dan pegel
itu tanda hamil bukan yaa ????
   
27-12-2015 11:59:58 tanda kehamilan
Jumlah Posts : 74
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda aku mau nanya nihh ..
aku baru telat 4hari .. trus badan ku panas banget kepala pusing pinggang saya pun terasa panas dan pegel
itu tanda hamil bukan yaa ????
   
22-08-2015 10:03:58 flek hampir 4 hari
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
dulu saya jg pernah bun, waktu hamil anak ke 2 UK waktu itu 6w. awalnya malam hari terasa panas dan nyeri perut bwh paginya keluar flex langsung sy ke dokter diberi obat penguat dan ada jg yg (maaf) dimasukkan. dan harus badrest bener2 g boleh turun tempat tidur selain ke KM/WC alhamdulillah selanjudnya lancar bun dan skrg uda umur 6thn, skrg lg hamil lg anak ke 3 dan 4 alhamdulillah dianugerahi kembar UK 22w tp perut uda segede 8bln hehe. sabar dan tenang segera ke dokter y bun
   
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
kenapa ya saya udhb6 bulan gx d kb yg 3 bulan haid yg 3 bulan nya lagi gx haid d tes negatip tp payudara terasa sakit dan bengkak pinggang pun pegel perut sakit
   
17-06-2014 10:39:04 puasa ibu hamil
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Pertanyaan dari Bunda Ayu Amelia Khalid :

bu saya mau nanya.. bumil boleh gak berpuasa? saya skrng lg hamil 13 week pengen nya nanti puasa.. tp saat ini saya gak bs telat makan per3 jam sekali saya makan.. klo gak makan perut saya terasa panas dan pedih.. jd menurut bu bidan gimana apakah saya bs berpuasa apa berpengaruh terhadap kandungan saya? mohon jawabannya...