SITE STATUS
Jumlah Member :
493.691 member
user online :
1661 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: hamil 35 bulan tiba tiba terasa nyut nyu

New Topic :  
18-02-2014 23:21:31 amandel bengkak di saat hamil
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
malam dokter... saya mau tanya kan kepada dokter. saya sedang hamil 4 bulan dan tiba tiba saya merasakan sakit pada tenggorokan dan ternyata amandel saya besar dan sulit untuk menelan makanan dan minuman. apa yang yarus saya lakukan utk mengatasi amandel ini dokter. terima kasih banyak sebelumnya ya Dok.
   


20-07-2015 04:10:14 bisul atau bukan
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
ass...beby q umur 2 bulan bund,tiba tiba muncul benjolan di blakang kpalanya,awalnya hanya seperti gigitan nyamuk,tp beberapa hari benjolannya membesar,sy kira bisul jdi sya bwa ke bidan terdekat dan di kasih obat,tpi obatnya tinggal 2 bungkus benjolan nya ngga smbuh smbuh jga malahan tumbuh di dekatx lgi,kasuhan liat dde soalx klw bnjolan nya di tindis malah sakit,ad saran ngga bund,atw ada yg punya pngalaman seperti saya?,,,,
   
20-10-2014 22:14:02 teLat haid 2 minggu ..
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
sata teLat haid 2 minggu ..
gejaLa hamiL sudah ada ..
tp tiba-tiba keLuar darah Lumayan bnyak ..
saya hamiL apa tidak yaa dok ?? :(
   


22-05-2014 19:48:07 kapan gerakan debay trasa
Jumlah Posts : 25
Jumlah di-Like : belum ada like
klw saya pas hamil 5 bulan, udah mulai terasa gerakan2 halus bund...
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
kehamilan anak pertama cukup menegangkan,dari awal hamil sampai 9 bln kehamilan bawaan ny mual dan muntah tp ku lalaui dgn kegiatan jalan keluar kota sekalgus kuliah kew bulanluar kota dgn ada ny kuliah keluar kota jd ga terasa kalau waktu itu aq hamil perut bertambh besar smpi kehamilan 9 bulan yg membuat terasa pd saat mual aja,tp alhamdulillah,pd saat sidang kuliah kehamilan memasuki 7 smpi 8 bln pd saat itu mulai ada kontraksi ringan pd saat nama ku mulai di panggil aku terkejut tp suami ku menenangkan ku dan berada di samping ku sampai aku siap,akhr ny aku siap dan memasuki ruangan,di dlm ruang sidang aku ditanya untng para dosen mengerti dan pertanyaan semua dosen kulalui dgn hati tenang dan alhamdulillah berhasil kulalui sampai dinyatakan lulus,dan 1 bulan dilalaui sampai waktu ny tiba yaitu detik2 melahir kan mulai terasa sakit smpi 2 hari 2 mlm saya merasakan sakit dipinggang dan perut rasaoy pinggang mau pacul saja,tp untng sang suami menggosok perut dan pinggang saya terus smpi kadang2 sakit ny hilang dan sampai lah dgn pembukaan 1 sampai pembukaan 4 dilalui menunggu pembukaan 5 dan pembukaan 10 minta ampun lama ny akhr ny aku berjalan jongkok agar cepat pembukaan ny walau pun dgn sakit yg kurasakan dan aku akhr ny berjuang terus dan smpi lah pembukaan 10,dgn memasuki adzan magrib akhr ny aku melahir kan anak perempuan dgn berat 3400 dan panjang 50 ,alhamdulillah normal dan diberi nama SALTSA NAYZILA lahir pd tanggal 15 pebruari 2010 dgn kelahiran NORMAL
   


Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

JARAK KEHAMILAN YANG AMAN

Jarak kehamilan terlalu dekat maupun jauh bisa membahayakan ibu dan janin. Idealnya, tak kurang dari 9 bulan hingga 24 bulan. Namun jarak ideal ini tak berlaku buat mereka yang sebelumnya menjalani persalinan sesar.

Idealnya, terang dr. Agus Supriyadi, SpOG dari RSIA Hermina, Jatinegara, jarak kehamilan tak kurang dari 9 bulan hingga 24 bulan sejak kelahiran pertama. Namun untuk jarak 9 bulan masih diembeli-embeli prasyarat, yaitu asalkan nutrisi si ibu baik. "Bila gizi si ibu tak bagus, berarti tubuhnya belum cukup prima untuk kehamilan berikutnya."

Perhitungan tak kurang dari 9 bulan ini atas dasar pertimbangan kembalinya organ-organ reproduksi ke keadaan semula. Makanya ada istilah masa nifas, yaitu masa organ-organ reproduksi kembali ke masa sebelum hamil. Namun masa nifas berlangsung hanya 40 hari, sementara organ-organ reproduksi baru kembali ke keadaan semula minimal 3 bulan.

"Bayangkan saja, rahim atau uterus sewaktu tak hamil beratnya hanya 30 g. Setelah hamil, beratnya hampir 1 kg atau 1000 g. Kenaikannya hampir 30 kali lipat, kan? Setelah persalinan, beratnya berkurang mencapai 60 g. Nah, untuk mencapai 30 g kembali butuh waktu kira-kira 3 bulan."

Begitu juga dengan sistem aliran darah. Selama hamil, ada sistem aliran darah dari ibu ke janin. Setelah lahir, tentunya aliran darah ini terputus. Untuk kembali ke kondisi aliran darah yang normal, si ibu butuh waktu sekitar 15 hari setelah melahirkan.

Sementara untuk memulihkan energinya, si ibu harus meningkatkan gizinya. "Nah, untuk ibu-ibu yang gizinya bagus, energinya baru benar-benar prima seperti keadaan sebelum melahirkan setelah 9 bulan. Kalau belum 9 bulan, belum begitu prima energinya walaupun kelihatan tubuhnya sehat-sehat saja."

Jadi, setelah istirahat selama 9 hingga 24 bulan, diharapkan semua organ reproduksi dan bagian genital interna maupun eksterna si ibu akan kembali seperti sebelum hamil.

JARAK TERLALU PENDEK                                  

Dengan demikian, bila jarak kehamilan terlalu pendek atau kurang dari 9 bulan akan sangat berbahaya, karena organ-organ reproduksi belum kembali ke kondisi semula. Selain, kondisi energi si ibu juga belum memungkinkan untuk menerima kehamilan berikutnya. "Keadaan gizi ibu yang belum prima ini membuat gizi janinnya juga sedikit, hingga pertumbuhan janinnya tak memadai yang dikenal dengan istilah PJT atau pertumbuhan janin terhambat."

Itulah mengapa, saran Agus, ibu-ibu setelah bersalin agar menggunakan alat kontrasepsi yang tepat untuk menghindari kegagalan KB alias kebobolan. Jangan sampai, haid pertama setelah melahirkan belum muncul, ibu sudah hamil lagi. Jikapun sudah kadung hamil, "si ibu harus menjaga kondisi kehamilannya dengan lebih intensif." Artinya, kehamilan tersebut harus terus dipantau lebih ketat. Pertumbuhan janin akan dipantau dengan pemeriksaan USG serial, semisal pada usia sekian apakah beratnya sesuai dengan usianya. "Jika tak sesuai, kita harus intervensi dengan obat-obatan, vitamin, dan makanan berkalori tinggi agar beratnya kembali ke keadaan normal."

Yang pasti, tegas Agus, ibu harus memeriksakan kehamilannya secara medis, entah ke dokter kandungan dan kebidanan ataupun bidan secara teratur. "Anjuran WHO, selama kehamilan sekurang-kurangnya memeriksakan diri sebanyak 4 kali. Sekali pada trimester I, yaitu untuk memastikan kehamilannya, apakah di dalam atau di luar rahim; sekali di trimester II untuk memantau kehamilannya; dan 2 kali di trimester III untuk memantau dan meramalkan persalinannya, apakah persalinannya akan normal atau sesar."

Namun untuk kasus yang riskan seperti kebobolan ini, pemeriksaan sebaiknya dilakukan lebih sering. Pada trimester I hingga II dilakukan sebulan sekali; menginjak usia kehamilan 28 minggu 3 minggu sekali; di usia kehamilan 32 minggu dilakukan pemeriksaan 2 minggu sekali; dan setelah usia kehamilan 38 minggu seminggu sekali. "Jangan lupa, makan makanan berglukosa tinggi untuk meningkatkan berat badan."

KEGUGURAN DAN PREMATUR

Selain BB janin rendah, kemungkinan kelahiran prematur juga bisa terjadi pada kehamilan jarak dekat, terutama bila kondisi ibu juga belum begitu bagus. Padahal, kelahiran prematur erat kaitannya dengan kematian, khususnya jika paru-paru si bayi belum terbentuk sempurna.

Bisa juga terjadi perdarahan selama kehamilan yang diakibatkan plasenta previa atau plasenta yang letaknya tak sempurna. "Plasenta previa sangat erat kaitannya dengan gizi yang rendah, karena plasenta punya kecenderungan mencari tempat yang banyak nutrisinya. Kalau yang banyak nutrisinya itu terletak di bagian bawah uterus atau rahim, maka di situlah ia akan menempel. Akibatnya bisa menutup jalan lahir yang memungkinkan untuk terjadi perdarahan."

Nah, pada kehamilan jarak dekat, kemungkinan kekurangan gizi ini amat besar. Bukankah si ibu juga harus menyusui bayinya? Dengan demikian, nutrisi si ibu jadi berkurang, hingga janinnya juga bisa semakin kekurangan gizi. Makanya, saran Agus, bila ketahuan hamil, pemberian ASI sebaiknya segera dihentikan. Masalahnya bukan cuma ibu jadi kekurangan gizi, tapi juga bisa mengakibatkan keguguran. "Selama menyusui, ada pengaruh oksitosin pada isapan mulut bayi. Oksitosin ini membuat perut si ibu jadi tegang atau kontraksi. Pada kehamilan muda, bisa terjadi perdarahan atau ancaman keguguran."

Penting diketahui, syarat kehamilan yang sehat ialah cukup gizi dan penambahan BB minimal 10-12 kg, hingga BB bayi yang dilahirkan bisa mencapai di atas 2,5 kg.

Jikapun si ibu bisa mempertahankan kehamilannya hingga waktu persalinan tiba, tak berarti aman-aman saja. Soalnya, bukan tak mungkin kendala justru menghadang saat persalinan. Bahayanya, ibu mengalami kelelahan saat proses persalinan. Untuk mengejan dan hisnya juga susah. Hingga, bisa menimbulkan partus atau persalinan lebih lama.

JANGAN TERLALU JAUH

Akan halnya kehamilan dengan jarak di atas 24 bulan, menurut Agus, sangat baik buat ibu karena kondisinya sudah normal kembali. Jadi, organ-organ reproduksinya sudah siap menerima kehamilan kembali.

Bukan berarti kita bisa hamil kapan saja asal jaraknya lebih dari 24 bulan, lo. Dianjurkan, kehamilan berikutnya jangan lebih dari 59 bulan. Ingat, kita juga harus memikirkan usia saat kehamilan berikutnya! "Bila lebih dari 35 tahun usia si ibu saat kehamilan berikutnya, berarti si ibu masuk dalam kategori risiko tinggi," terang Agus. Sementara usia reproduksi yang bagus adalah 20-30 tahun.

Yang paling dikhawatirkan jika usia ibu di atas 35 tahun ialah kualitas sel telur yang dihasilkan juga tak baik. Hingga, bisa menimbulkan kelainan-kelainan bawaan seperti sindrom down. Soalnya, ibu hamil usia ini punya risiko 4 kali lipat dibanding sebelum usia 35 tahun.

Tak hanya itu, saat persalinan pun berisiko terjadi perdarahan post partum atau pasca persalinan. Hal ini disebabkan otot-otot rahim tak selentur dulu, hingga saat harus mengkerut kembali bisa terjadi gangguan yang berisiko terjadi hemorrhagic post partum (HPP) atau perdarahan pasca persalinan.

Risiko terjadi preeklampsia dan eklampsia juga sangat besar, lantaran terjadi kerusakan sel-sel endotel. "Pada kasus preeklampsia berat, kita punya kebijaksanaan untuk melahirkan setelah 35 minggu dengan cara diinduksi." Adapun tanda-tanda preeklampsia: BB ibu naik terlalu cepat, terjadi pembengkakan/odem di seluruh tubuh, serta tekanan darah terlalu tinggi.

Pada kasus ini, pemeriksaan kehamilan harus lebih intensif agar bisa dipantau dan diberi obat-obatan untuk menormalkan tekanan darahnya, mengingat pertumbuhan janin akan mengalami gangguan. Bukankah suplai makanan ke janin lewat plasenta dan aliran darah ibu? Nah, pada kasus preeklampsia, sirkulasi darah ibu ke janin dan plasenta terganggu, hingga suplai makanan dari ibu ke janin jadi terganggu pula.

Itulah mengapa, janin harus terus dipantau memakai USG serial. "Bila tetap terhambat, lebih bagus ia hidup di luar rahim, minimal setelah kehamilan 35 minggu. Kecuali bila ada kelainan yang mengancam si ibu semisal ada ancaman pembekuan darah, berapa pun usia janin harus segera dikeluarkan demi menyelamatkan si ibu. Pun bila janinnya belum matang."

Bahaya lain, masalah psikis. "Bisa saja, kan, si ibu sudah lupa dengan cara-cara menghadapi kehamilan dan persalinan. Bagaimana cara mengejan, misal. Hingga menimbulkan stres baru lagi," tutur Agus.

TIDAK UNTUK YANG SESAR

Jadi, perhatikan betul-betul jarak kelahiran yang aman ini, ya, Bu-Pak. Namun tentu saja, jarak ideal ini hanya berlaku bila persalinan sebelumnya dilakukan dengan cara pervaginam atau normal. "Bila sebelumnya dilakukan sesar, sebaiknya kehamilan berikut setelah 24 bulan," anjur Agus.

Soalnya, mereka yang melahirkan lewat bedah sesar butuh waktu lebih lama lagi karena ada cacat di uterus atau rahimnya bekas tindakan operasi. "Jika sebelum 2 tahun sudah hamil lagi, dikhawatirkan jahitan-jahitan saat operasi bisa lepas. Robeknya rahim juga bisa tak terduga atau tak beraturan dan tak bisa diramalkan kapan robekan itu akan terjadi karena tak dapat didiagnosa secara dini. Kejadiannya akan sangat tiba-tiba setelah kehamilan itu menginjak usia 9 bulan."

Hal lain yang harus diperhatikan, jarak ideal ini berlaku bukan cuma untuk kehamilan kedua, tapi juga kehamilan-kehamilan berikutnya. Namun bukan berarti tingkat risikonya tetap sama, lo. Bukankah makin banyak anak berarti usia si ibu juga makin meningkat? "Nah, bila umurnya sudah tua, tentu sangat riskan untuk hamil dan melahirkan. Selain itu, recovery tubuhnya untuk kembali ke keadaan semula juga makan waktu lebih lama lagi," tutur Agus.

   
23-02-2016 19:26:35 Belum hamil
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda aku mau nanya dong , aku nikah 31 Agustus 2015 , dari bulan Agustus sampe bulan Desember aku belum halangan .. 3 Bulan aku gak halangan ..
aku periksa ke bidan pertama , katanya aku gak hamil udah di tespek negatif ..
terus perut aku dipegang pegang katanya coba di usg soalnya kaya ada benjolan , takutnya hamil anggur hamil diluar kandungan jadi harus dioprasi dan otomatis gak bisa hamil lagi ..
terus aku penasaran periksa kebidan yang laen , katanya kemungkinan besar ada bayi nya udah jalan 2 Bulan pas ..
perut aku didalam nya katanya acak acakan sering di urut , jadi dilurusin lagi peranakan aku diurut sama bidan nya ..
tapi kalo hamil masa gak ada tanda aku mual segala macem ..
terus aku minta suntik subur sama bidan nya ..
abis itu aku penasar bunda , aku USG dan udah di usg kata dokter spesialis kandungan nya aku gak hamil dan gak ada apa apa nya dirahim ku juga bersih gak ada penyakit , di tespek juga negatif ..
terus aku dikasih obat sama dokter nya setiap aku minum obat itu keluar darah terus pertama bercak dikit sesudah nya deres sampe 3 x udah nya berenti ..
tgl 9 januari 2016 aku keluar darah deras sekali sampe tgl 11 januari 2016 ..
setalh itu sampe sekarang aku belum halangan bunda , aku kemaren berhubungan badan sama suamiku tiba tiba keluar darah kental gitu tapi cuma sedikit ..
kenapa ya bunda tandanya aku takut :(
   
28-06-2015 19:20:14 benjolan pada payudara
Jumlah Posts : 149
Jumlah di-Like : belum ada like
dok saya mau tanya, saya lagi hamil 8 bulan lbih 18 hari. dua hari yg lalu tiba tiba muncul benjolan kecil di payudara sebelah kanan tapi tidak sakit. apakah itu bahaya dok? tolong solusinya dok
   
28-05-2015 11:23:19 hamil 7 minggu kepala gliyeng
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
siang bunda semua,
mau nanya nih saya hamil pertamakali jadi ga paham....saya hamil 7 minggu kemarin malam saya sudah makan kenyang saat saya jalan jalan tiba tiba sejenak saya jadi sempoyongan kaya gliyeng begitu kenapa yah,..pagi ini juga begitu agak gliyeng....padahal saya sudah makan...tapi tubuh kaya terasa ringan jalan juga bisa sempoyongan....kenapa ya...mungkin bunda ada yang pernah mengalami,....thx bunda
   
26-05-2015 21:37:22 perut terasa kencang
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
halo bun mau tanya dong , aku sekarang sedang hamil 9w perut aku suka kenceng tiba tiba , bahkan suka terasa sakit pas dia atas mis v , dan klo duduk itu sakit .... itu kenapa yaa bun?
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Selamat ya Bunda atas kehamilannya, semoga Bunda dan Janinnya sehat sampai melahirkan nanti..

Kami ada sedikit info tentang tanda awal kehamilan, sesuai dengan artikel di Infobunda yang berjudul Keluhan Umum pada Awal Kehamilan :

Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Perdarahan atau flek 
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal. 
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.

Payudara bengkak atau nyeri 
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.

Merasa kelelahan 
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

Mual / Morning Sickness 
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.

Nyeri Punggung 
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya. 

Sakit kepala 
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.

Sering buang air kecil 
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.

Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu 
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga.  Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:

Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan.  Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.

   
15-08-2014 20:10:41 Benjolan di dada bawah kiri
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Anak saya laki-laki usia 14 bulan tiba-tiba di dada kiri bawah ada benjolan sebesar ibu jari, kalau diraba terasa kenyal, kenapa ya? share ya bun yg tau penyebabnya atau kenapa...
   
20-06-2014 09:19:13 grup promil
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
hai bunda,saya kiky di kalimantan.saya mau tanya dong.bulan kemaren saya haid tgl 24 mei.bulan ini kan jadwal haid saya belum telat.tapi beberapa hari ini perasaan saya ga enak.ya pusing tiba tiba kaya mau hanyut.mual tp tdk muntah rasanya ingin tdr saja.nafsu makan juga berlebihan.apa bisa saya dikatakan hamil bun?
   
20-06-2014 09:19:06 grup promil
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
hai bunda,saya kiky di kalimantan.saya mau tanya dong.bulan kemaren saya haid tgl 24 mei.bulan ini kan jadwal haid saya belum telat.tapi beberapa hari ini perasaan saya ga enak.ya pusing tiba tiba kaya mau hanyut.mual tp tdk muntah rasanya ingin tdr saja.nafsu makan juga berlebihan.apa bisa saya dikatakan hamil bun?
   
06-05-2014 10:12:59 bingung HPL
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal semuanya, sy hamil 35 w, hpl 1 juni.kt dokter terakhir periksa debay sudah masuk pinggul tp kepalanya blm nunduk, bingung maksudnya apa tp sy diam aza, brharap saat tiba lahiran bs normal.bunda2 ada yg tau ga, knp kepala debay blm menunduk sementara sampai saat ini, debay msh aktip.trimakasih....