SITE STATUS
Jumlah Member :
492.594 member
user online :
1213 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: gimana cara memancing gerakan bayi 17 w

New Topic :  
17-08-2017 09:49:42 batuk pilek pd bayi
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Kalo batuk di serati dahak gimana cara ngatasinya pada bayi umur 1 bulan
   


Jumlah Posts : 82
Jumlah di-Like : belum ada like
bsa tolong jelaskan bund apa saja kgunaan dan gimana cara pakai kosnetik bayi ynk bnr
   
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

Bun, mungkin kadang bingung metode apa yang sebenarnya pas untuk merawat kulit bayi yang cenderung sensitif. Makanya ini mau nge share aja bun gimana cara merawat kulit bayi yang benar. 

  1. Gunakan pelembap

Tak hanya kulit Ibu, kulit si Kecil juga membutuhkan pelembap tambahan agar tetap terjaga kesehatannya. Ibu dapat memanfaatkan produk baby oil yang bagus ataupun baby lotion untuk membantu menjaga kelembapan, kelembutan, dan kehalusan kulit si Kecil sejak dini hingga ia besar nanti. Ibu bisa menggunakan baby oil dengan cara menuangkannya sedikit ke dalam air mandi atau sekadar mengusapkannya pada tubuh si Kecil terutama pada lipatan kulit untuk menghindari kulit kering

Selain itu, perlindungan lain yang bisa Ibu gunakan untuk merawat kulit si Kecil adalah dengan menggunakan JOHNSON’S®milk + rice baby lotion setiap habis mandi. Kandungan protein susu murni dan nutrien beras yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi, dapat membantu memberikan nutrisi pada kulit, dan menjaganya tetap lembap.

  1. Minimalisir penggunaan air hangat saat mandi

Umumnya, orang tua lebih memilih menggunakan air hangat dibandingkan air dingin saat memandikan bayi. Sebab, ada anggapan bahwa si Kecil tidak akan kaget dan kedinginan jika dimandikan dengan air hangat. Ya, ini ada benarnya juga. Namun, seiring bertambahnya usia, Ibu sebenarnya dapat membiasakan si Kecil mandi dengan air dingin. Penggunaan air hangat berlebihan justru dapat membuat kulitnya menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya. Selain air, Ibu sebaiknya juga memerhatikan sabun yang digunakan. Pastikan Ibu memilih sabun khusus bayi yang dapat merawat kesehatan kulitnya.

JOHNSON’S® baby milk + rice bath, bisa menjadi pilihan Ibu untuk membersihkan sekaligus menjaga kesehatan kulit si Kecil. Diperkaya dengan kandungan nutrien beras, vitamin A, dan vitamin E, JOHNSON’S® baby milk + rice bath dapat menjaga kulit halus, lembut, dan kenyal serta membantu menjadikannya lebih berseri.

  1. Keringkan badan bayi

Mengeringkan badan bayi, merupakan kegiatan yang penting dilakukan setelah ia selesai mandi. Mengeringkan badan dengan benar, merupakan salah satu cara merawat kulit bayi agar tetap sehat. Lebih baik tekan-tekan lembut handuk pada setiap jengkal tubuh bayi dan hindari menggosok kulitnya terlalu kasar. Selanjutnya, aplikasikan baby oil atau baby lotion untuk menjaga kelembapan tubuhnya.

  1. Pilih pakaian

Setelah selesai memakaikan baby oil dan baby lotion, Ibu juga harus cermat dalam memilih pakaian untuk bayi. Pilihlah pakaian berbahan katun yang dapat menyerap keringat, agar kulitnya dapat bernapas dengan baik, dan sirkulasi udara lancar. Hindari bahan nylonwool, dan bahan-bahan sintetis lainnya untuk pakaian bayi di tahun-tahun pertamanya ini. Pemilihan pakaian yang keliru, dapat berisiko memperparah kondisi kulit bayi dan memicu timbulnya biang keringat.

  1. Pastikan bayi terhidrasi

Kulit kering pada bayi bisa disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain menjaganya tetap lembap dengan penggunaan baby oil pada bayi, Ibu juga harus memastikan bahwa si Kecil terhidrasi dengan baik. Berikan si Kecil ASI tepat pada waktunya. Namun, jika tak lagi menyusu, pastikan si Kecil mengonsumsi cukup cairan dalam aktivitasnya sehari-hari.

  1. Hindarkan dari faktor penyebab

Sebaiknya, hindarkan si Kecil dari paparan udara dingin secara langsung dan terlalu lama, baik yang berasal dari udara alami maupun dari AC. Jika perlu, pakaikan sarung tangan dan kaus kaki pada si Kecil untuk menjaga kehangatan bayi, dan juga untuk menghindari kulit kering dan pecah-pecah. Bahkan, penggunaan sarung tangan dan kaus kaki ini disarankan untuk dilakukan terus-menerus saat bayi berumur kurang dari enam bulan.

Bagaimana Buu, cara merawat kulit kering pada bayi bukanlah hal yang rumit, kan? Ibu hanya perlu lebih cermat dan teliti memerhatikan hal-hal kecil yang dapat menjadi penyebab masalah pada kulit bayi agar bisa memberikan perawatan yang tepat. Dalam hal ini, perlu dicatat bahwa baby oil dan baby lotion dapat berpengaruh pada kesehatan, kelembutan, dan kelembapan kulit bayi.

   


Jumlah Posts : 149
Jumlah di-Like : belum ada like
cara memancing gerakan janin.. 1 . makan yg manis 2. mnum es bund 3. d elus2 ngajak ngmg 4. usahain tidur tlentang 5. Arahin senter k perut, krna debay biasa ngrespect cahaya..
   
05-04-2015 13:28:44 posisi bayi
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda gimana cara merubah posisi bayi dalam kandungan yang belum sempurna ?
soalnya bayi dlm kandunganku kepala.a msih ada d pinggir . padahal usiah kandungan uadah 25 mingu . gimana cara.a biar kepala.a ada d bawah.?
   


12-08-2011 17:23:39 Imunisasi Campak
Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : belum ada like

Salam yach bunda smua,..
akhir bulan ini Amel akan diimunisasi u yang terakhir krn umurnya yg sdh 9 bulan jadi hrs imunisasi campak.
mau tanya gimana cara mengatasi panas bayi setelah imunisasi?
soalnya amel kalau habis diimunisasi pasti panas... jadi aku kwatir kalau2 amel panas lagi, memang aku sdh siap paracetamol cair, tapi  kalau ada cara lain tolong sharenya yach??? makasih
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
selamat pagi dokter saya mau tanya
ai dari jakarta umur 28 tahun saya punya putri namanya nabila umur 1 tahun 7 bulan sekarang sedang sakit yg saya tanyakan
1. apakah bila orang tuanya sakit asma anak saya akan asma gimana cara pencegahannya?
2. bayi boleh di akufuntur gak efek samping apa bila di akufuntur?
3. wajar gak bila bayi setiap bulan sakit?
4. berat badan bayi seumuran nabila yg normalnya berapa?
5. ciri-ciri anak kena flek paru-paru gimana?
maaf ya dokter kebanyakan soalnya saya takut anak saya sering sakit.
makasih

Dari : siti aisah

Jawaban:

Dear Bunda siti aisah (nbila),

Untuk mengetahui perkembangan normal anak anda, dibutuhkan data berat badan, umur, dan tinggi badan. Menurut WHO/ NCHS, berat badan normal pada anak perempuan usia 18 bulan adalah 10,8 kg dan tinggi badan normal adalah 80,9 cm.

Penyakit asma dapat diturunkan secara genetik, jadi apabila salah satu atau kedua orang tua atau sanak famili yang sedarah mempunyai penyakit asma, maka anak anda beresiko mempunyai sakit asma. Mengenai kondisi bayi yang setiap bulannya sakit, pada normalnyasetiap manusia harus selalu sehat, tidak ada batas kewajaran untuk menderita sakit pada tiap bulannya. Selalu jaga nutrisi anak anda dan jauhkan dari orang dewasa yang sedang sakit.

Mengenai akupuntur pada bayi, silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk informasi lebih lanjut. Ciri-ciri anak yang menderita flek paru ( istilah TBC pada umumnya) adalah penurunan berat badan, demam ringan pada malam hari, penurunan nafsu makan , batuk yang tidak sembuh lebih dari 2 minggu, anak rewel dan sensitif cepat menangis. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.
   
23-04-2010 12:40:26 kalo Flek bahaya gaks?
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
@aithea
penjelasan sepert kata afidya
dan memang ada yang flek biasa hanya muncul ujung ruas jari kelingking dan hanya 1 - 2 hari klo itu tdk apa2,
klo fleknya banyak itu bahaya.
tentang janin meninggal dalam kandungan bisa saja terjadi.
walaupun usia cukup juga dimungkinkan hal itu terjadi
(*semua kehendak Tuhan)
penyebabnya bisa bermacam2
maka dari itu bunda diwajibkan untuk cek up tiap bulan untuk trimester 1 - 2
masuk trimester 3 bunda harus cek up 2 minggu sekali

jika usia kandungan sudah mencapai 16 week atau 20 week
dimana sudah ada gerakan bayi
maka bunda bisa mengetahui kondisi bayi baik atau tidak
didalam sana dengan cara menghitung gerakan bayi.
untuk 1 hari minimal 20x gerakan
atau dalam 12 jam ada 10 gerakan
kurang dari itu silakan ibu hubungi dsog segera

salam

putri a.k.a zach mom's
   
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Bun, pernah ngerasain gak sulitnya bersihkan hidung bayi? Sebenarnya sih kalau kata para ahli kesehatan, hidung itu pada dasarnya punya kemampuan membersihkan diri. Tapi bunda tetap gak boleh lupa bersihkan hidung bayi bunda.

Bunda bingung gimana membersihkan hidung bayi dengan mudah dan aman? Nih aku kasihtau beberapa caranya :

Dengan larutan pembersih

Ini larutan pembersih khusus hidung. Udah banyak kok bun di apotek. Cara pakainya, baringkan dulu bayi bunda, lalu miringkan sedikit kepalanya. Habis itu semprot larutan pembersih hidungnya antara 2-3 tetes di masing-masing lubang hidung.

Pake Balon semprot

Lucu yah namanya, bun. Nama aslinya sih aspirator hidung. Bisa dijadikan alternatif membersihkan hidung. Sebaiknya sih beli balon semprot yang sesuai dengan ukuran hidung bayi. Cara menggunakannya pun sangat mudah, baringkan bayi agar telentang, habis itu remas balonnya agar udaranya keluar. Nah selama masih meremas, bunda masukkan ujung balon itu secara perlahan di lubang hidung bayi. Habis itu, lepaskan tekanan balon dan tarik keluar balon semprotnya. Bersihkan kotoran yang menempel di balonnya, ulangi lagi sampai hidung bayi benar-benar bersih.

Gunakan cotton bud yang hangat

Maksudnya cotton bud yang sudah diberi air hangat, habis itu bunda dapat memasukkan cotton bud tadi ke bagian luar lubang hidung bayi bunda. Ingat yah, bun jangan terlalu dalam memasukkannya.

Tinggikan dudukan bayi

Usahakan bayi tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, tapi dengan posisi hidung yang menghadap ke bawah. Cara ini akan lebih mudah dilakukan jika tangan bunda menyangga kepalanya dengan handuk atau kain bersih. Cara ini dapat membantu mengalirkan lendir ke bawah, jadi mudah dibersihkan.

Lakukan gerakan memutar

Bunda juga dapat membersihkan hidungnya dengan memutar dari arah kiri ke kanan secara perlahan.

Jangan gunakan kain kasar atau jari

Saat mengeluarkan kotoran pada hidung bayi, karena ini bisa melukai hidungnya.

Cuping hidung bayi

Hindari membersihkan cuping hidung bayi dengan keras karena masih sangat sensitif.

Jangan dihisap

Kedua lubang hidung bayi jangan dihisap sekaligus. Ini dapat mengakibatkan lendir naik ke telinga tengah dan akan menimbulkan infeksi.

Nah itu dia cara membersihkan hidung bayi dengan mudah dan aman. Semoga bermanfaat yah bunda.

sumber : konicare, bidanku

   
Jumlah Posts : 53
Jumlah di-Like : belum ada like
 kapan hari aku juga gitu bun. di usia 16 minggu ndak bisa ngerasaiin gimana rasanya sepak terjang si baby trcinta. mungkin saking bnyaknya aktivitas di kantor buat ak ndak peka sama gerakan2nya. masuk minggu ke 17 kadang klo lagi santai gitu, terasa kayak kedutan hampir mirip kayak gelembung air yang pecah gitu mungkin rasanya. kadang dikanan kadang dikiri kadang ditengah tengah. muter muter deh pokokna. apa itu yg disebut gerakan bayi??? maklum ini hamil pertama jd blom gitu pengalaman juga.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Begini Bu Dokter,
anak saya yg kedua berusia 6 bln lebih 1 minggu.kemarin saat mendekati usia 6 bln saya melatihnya dng makan biskuit bayi, trny malah sembelit,sampai2 saya kasih obat sembelit yg berupa salep.karna itu sampai sekarang bayi saya blm saya kasi makan, hny minum ASI dr saya. sbnrnya saya sdh kualahan jg, karna minumnya jg sering n lama, n saya jg hrs makan bny.ini gimana bu Dokter, makanan apa yg hrs saya berikan, n bgmn pola makannya yg baik supaya biarpun anak saya makan tp tidak sampai sembelit lagi.perlu diketahui bahwa dlu anak saya yg pertama tidak mengalami hal ini, BABnya lancar biarpun dia usia 4 bln sdh makan biskuit bayi.mohon infonya n terimakasih sebelumnya....

Dari : aris susanty

Jawaban:

Dear Bunda aris susanty,

Konstipasi (Sembelit) biasanya terjadi dalam masa transisi ketika bayi mulai mendapatkan makanan tambahan. Pada susu ASI, bayi jarang mengalami konstipasi karena ASI mengandung hormon yang dapat memperlancar pergerakan usus. Konstipasi biasanya didapat dari produk susu formula atau makanan mengandung susu sapi, dapat juga terjadi dari keadaan dehidrasi sehingga kotoran bayi menjadi mengeras.

Saran saya, berikan susu formula sesuai takaran tidak melebihi takaran yang ditentukan, atau boleh juga pada awalnya susu formula diencerkan sehingga tidak terlalu kental. Apabila memberikan biskuit bayi, berikan juga air putih yang banyak untuk diminumkan kepada bayi, sehingga kotoran tidak mengeras.
Bunda juga dapat memberikan ASI sebagai pengencer biskuit bayi atau bubur bayi. Berikan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan (secara bertahap).

Apabila bayi anda mengalami konstipasi, pijat lembut perutnya, berikan gerakan memutar atau sirkular dengan cara mengangkat kaki bayi dan memberikan gerakan sirkular yang lembut agar otot pada daerah pencernaan terangsang untuk bergerak. Mandikan bayi anda dengan lebih relax dan kotoran dengan mudah keluar. Frekuensi pembuangan kotoran dapat bervariasi mulai dari 2-3 kali perhari sampai 2-3 hari sekali, bila bayi tampak kesakitan dan tidak nyaman saat buang air besar, konsultasikan kepada dokter Anda untuk pemberian laxative (obat sembelit).
   
30-03-2017 20:18:12 ruam bayj
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
bayiku umur 5 bulan, mukanya kena ruam susu sya obati dg salep myco-z, ilang si tpi jdi putih2 seperti panu gitu, ada yg tau ga gimana cara menghilangkannya....
share dong brang kali ada bunda bunda cantik yang punya bayi kena ruam susu di mukanya, bagaimana cara penanganannya....
sebelumnya terimakasih....
   
14-02-2017 18:50:27 hpl 7-7-2017
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal sy juga hpl 7-7-17...saya blum bisa merasakan gerakan bayi... apakah emang bgitu?
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
assalammualiqum Bunda ☺ Aku baru Gabung Bunda, Saya baru menikah 2,6th Umur sya genap 19th dan suami sya umur 35th Sya selalu menantikan tangisan sosok bayi dalam rumah saya bunda ☺ Saya sudah cona konsultasi ke spesialiis Kandungan al Hasil Sperma suami sya encer dan kurang 😢 saya mohon info bunda gimana cara.a agar sperma suami banyak dan tidak encer☺ Trima kasih
   
14-11-2016 15:46:25 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 29
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda soraya aku jga skrng 18 w mu tanya gerakan bayi.a udah kencang belum bun coz klo debay aku belum terlalu v cuma kedutan2 aza..