SITE STATUS
Jumlah Member :
492.580 member
user online :
1087 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: efek setelah minum jamu cap wayang bagi ibu hamil

New Topic :  
Jumlah Posts : 92
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda tersia... sy memaklumi bunda2 disini ya memang katanya,kami smua jg mnulis apa kata bidan,kata dokter,aplgi bnyak yg bru prtma hamil,tau apa tntg penilitian kcuali kl yg coment itu ahlinya. dsini kbnyakan brbgi cerita n pengalaman ibu hamil,kondisi bayi dan ibunya berbeda2 mkanya hnya bs berbagi cerita,kl mw ada referensi yg bkn dr pengalaman, ada forum tnya jwb dg bidan dan dokter jg kok. hehe. itu mnurut sy sih.. tp pengalaman bunda2 dsini sgt brmanfaat jg kok .. bunda ginaa mgkin berlebihan minum sulenya n kurang minum air putih. minuman utama air putih,trlalu bnyak susu,jamu kunir dn kurang asupan air putih bkin ktuban keruh. lagi2 ini kata dokter n browsing hihi. bahkan ada penilitian trlalu bnyak protein susu kedelaui saat hamil tdk baik bgi reproduksi janin "nah klo ini biar g dikatain katanya2,bs browsing efek susu kedelai bagi ibu hamil. sy membaca di internet..
   


16-02-2015 20:57:13 obat
Jumlah Posts : 48
Jumlah di-Like : belum ada like
kalau mau coba yg alami bun.. spy bahan kimia nya ga nyalur lewat asi.. tapi jangan jamu juga.. krn efek nya susah untuk diteliti bagi ibu hamil dan menyusui..

saya ada brazilian propolis.. kualitas propolis terbaik di dunia.. bagus banget buat daya tahan tubuh.. mau pun berbagai penyakit lainnya..

saya sekeluarga uda hemat banyak banget krn pakai brazilian propolis ini.. harusnya ke dokter.. nebus obat ke apotek.. jadi ga perlu.. minum propolis di rumah.. mau sakit, ga jadi sakit.. pas terlanjur sakit, sembuh nya cepet..

karena alami, aman banget buat ibu hamil, menyusui, bayi sampai lansia..

untuk info lebih lanjut bisa add pin saya ya bun.. 52247077
   
19-05-2012 04:56:53 pengobatan kanker payudara
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Selamat Datang Di website kami [URL="http://pengobatankankerpayudara.net/"]pengobatankankerpayudara.net[/URL]. kami hadir di tengah tengah anda yang sedang mencari Obat Herbal kanker payudara sebagai[URL="http://pengobatankankerpayudara.net/obat-herbal-kanker-payudara/"] alternatif pengobatan kanker payudara[/URL] anda. adapun obat herbal yang kami perkenalkan adalah [URL="http://1obatherbal.com/"]xamthone plus[/URL], jus manggis obat herbal multi khasiat

[IMG]http://pengobatankankerpayudara.net/wp-content/uploads/2012/05/xamthone-plus1.jpg[/IMG]pengobatan kanker payudaraSesuai namanya,[URL="http://caramengobatikanker.com/"] kanker payudara[/URL] merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker di daerah payudara. Penyakit ini kebanyakan menyerang perempuan, tetapi laki-laki juga bisa terkena. Kangker payudara merupakan jenis penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak nomor dua di dunia. Sedangkan dari tingkat kematian, jenis kangker ini menyebabkan kematian nomor lima terbesar di dunia.

Tanda awal dari kanker payudara adalah ditemukannya benjolan yang terasa berbeda pada payudara. Jika ditekan, benjolan ini tidak terasa nyeri. Awalnya benjolan ini berukuran kecil, tapi lama kelamaan membesar dan akhirnya melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu.

Berikut antara lain hal-hal yang harus Anda perhatikan yang merupakan gejala kanker payudara:

benjolan pada payudara anda berubah bentuk / ukuran

kulit payudara berubah warna: dari merah muda menjadi coklat hingga seperti kulit jeruk

puting susu masuk ke dalam (retraksi)

salah satu puting susu tiba-tiba lepas / hilang

bila tumor sudah besar, muncul rasa sakit yang hilang-timbul

kulit payudara terasa seperti terbakar

payudara mengeluarkan darah atau cairan yang lain, padahal Anda tidak menyusui

[URL="http://pengobatankankerpayudara.net/cara-mengobati-kanker-payudara/"]Tanda kanker payudara [/URL]yang paling jelas adalah adanya borok (ulkus) pada payudara. Seiring dengan berjalannya waktu, borok ini akan menjadi semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara. Gejala lainnya adalah payudara sering berbau busuk dan mudah berdarah.

Type Penyakit Kanker Payudara

[IMG]http://pengobatankankerpayudara.net/wp-content/uploads/2012/05/Kankerpayudara.jpg[/IMG]pengobatan kanker payudaraMelalui pemeriksaan yang di sebut dengan mammograms, maka type kanker payudara ini dapat dikategorikan dalam dua bagian yaitu:

Kanker payudara non invasive, kanker yang terjadi pada kantung (tube) susu {penghubung antara alveolus (kelenjar yang memproduksi susu) dan puting payudara}.Dalam bahasa kedokteran disebut ‘ductal carcinoma in situ’ (DCIS), yang mana kanker belum menyebar ke bagian luar jaringan kantung susu.
Kanker payudara invasive, kanker yang telah menyebar keluar bagian kantung susu dan menyerang jaringan sekitarnya bahkan dapat menyebabkan penyebaran (metastase) kebagian tubuh lainnya seperti kelenjar lympa dan lainnya melalui peredaran darah.

kami memperkenalkan xamthone plus sebagai alternatif [URL="http://pengobatankankerpayudara.net/"]pengobatan kanker payudara[/URL]

cara mengobati kanker pengobatan kanker payudaraYaitu Dengan Obat Herbal Kanker Payudara ([URL="http://www.alqodr.com/"]Xamthone Plus)[/URL] Obat untuk Kanker Payudara.

Apa itu xamthone plus ? Amazing Juice For Amazing Health!!!!

Xamthone plus merupakan sebuah merek produk minuman kesehatan yang berasal dari buah manggis kulaitas nomor 1
Xamthone plus di formulasikan dari nutrisi murni buah manggis , buah eksotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Khasiatnya tidak di ragukan lagi .

Mengapa xamthone plus jus manggis memiliki kemampuan mengobati kanker payudara ?

Jawaban pertanyaan ini terjawab dengan penelitian terkini yang membuktikan bahwa manggis mengandung antioksidan yang sangat kuat yaitu xanthone, melebihi beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin c dan E .

Journal of pharmacology, mempublikasikan bahwa xanthone memilik efek anti kanker seperti kanker payudara , kanker darah (leukeumia) dan kanker hati . Selain itu juga xanthone memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi sakit jantung, aterosklerosis, hipertensi dan trombosit. Xanthone juga memperlebar pembuluh darah dan memeperlancar peredaran darah. manggis juga kaya akan mineral kalium yang membantu metabolisme energi.

Khasiat XANTHONE bukan sekedar antioksidan, tetapi juga antikanker seperti hasil riset Moongkarndi. Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Mahidol itu menguji XANTHONE dalam riset praklinis dengan SKBR3 alias kultur sel kanker payudara manusia. Hasilnya? Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis atau mendukung penghancuran sel kanker.

Chi Kuan Ho dari Veterans General Hospital dari Taipei mengungkapkan bahwa turunan XANTHONE mujarab mengatasi sel HCCs hepatocellular carcinomas atau kanker hati. Turunan XANTHONE itu adalah Garcinone E. Kami menyarankan bahwa Garcinone E mungkin berpotensi untuk digunakan dalam perawatan beberapa tipe kanker yang berhubungan dengan pencernaan dan paru-paru.

testimoni sembuh dari kanker payudara setelah mengkonsumsi xamthone plus

susilawati pengobatan kanker payudaraSulistiowati (32) asal Purwokerto, Jawa Tengah, melalui suratnya kepada reporter XAMthonePlus Magazine mengisahkan bagaimana perjuangannya melawan kanker payudara yang dideritanya.
Saya menderita kanker payudara dan juga menderita patah tulang atas, tulang retak bagian belakang, kisahnya. Setelah dibawa ke dokter rencananya mau dioperasi, tapi tidak jadi karena ada kanker. Dokter mau operasi, namun ada tumor akhirnya tidak jadi, lanjutnya. Saya juga mencoba cara lain dengan mendatangi tukang betul tulang, tapi 2 kali datang hasilnya tidak ada. Keadaan ini membuat saya putus asa dan patah semangat.

Sebulan berjalan, suaminya memperkenalkan produk-produk herbal berupa madu dan jus ekstrak kulit manggis XAMthonePlus kepadanya. Saya diberikan XAMthonePlus dan madu, detik itu juga saya minum 3 kali sehari. Sekali minum 6 sendok makan, berhubung saya ingin cepat sembuh saya minum 4 kali sehari sampai habis 24 botol [URL="http://pengobatanjantungkoroner.net/"]XAMthonePlus.[/URL]

Selang 2 minggu tulang yang patah jadi menyatu kembali dan tumor saya yang sebelumnya basah kini sudah kering dan bersih. Sekarang dalam pembentukan sel kulit yang baru.

Sebuah kisah heroik yang dipertunjukkan oleh Sulistiowati dalam membela hidup-nya. Dia tidak mau hidupnya sia-sia direnggut oleh tumor. Semuanya terjadi atas izin dan kehendak Tuhan. Melalui XAMthonePlus ,

Tuhan memelihara hidup Ibu Sulis sampai saat ini.

Badanku Sehat Segar Setelah Operasi Berkat XAMthone Plus Beberapa tahun lalu saya menjalani operasi kanker payudara di sebuah rumah sakit di Karawang, Jawa Barat dan sampai saat sebelum saya minum XAMthone plus badan saya rasanya sangat lemas, tidak semangat dan tidak ada gairah semacam itulah, beber Nancih (35) asal KarawangSelama itu saya mencoba mengonsumsi produk-produk herbal lainnya tidak perlu saya sebutkan namanya, tapi hasilnya tidak memuaskan, badan saya tetap lemas, semangat hidup saya menurun drastis, lanjut ibu rumah tangga 2 anak, yang jadi energik setelah minum XAMthone plus. Setelah minum produk luar biasa ini ibu tersebut kembali bersemangat untuk menjalani hari-harinya.

Saya minum XAMthone plus pada pagi, siang dan malam hari sebanyak 30 ml, rasanya enak sebanding dengan khasiatnya, ujar Nanci. Sebelumnya Nanci mencoba menahan diri untuk tidak menjadi member of XAMthone club, tapi karena keinginan yang begitu besar darinya untuk sehat dan sejahtera maka bergabunglah dia dalam komunitas ini. Sudah terbukti olehnya sendiri kala dia memutuskan untuk memilih komunitas ini dan sekaranglah hasilnya, dia sehat, segar dan bersemangat,lanjut Tati.

XAMthone plus, minuman kesehatan kelas premium dengan kualitas terbaik yang dimilikinya membuat semua mata dan hati serta pikiran tertuju padanya. Mau buktikan sendiri, silakan datang setiap Senin-Jumat dalam acara seminar menyibak rahasia khasiat kulit buah manggis di kantor pusat XAMthone plus dengan alamat yang tertera di halaman depan dari website ini.

terimakasih telah berkunjung ke website kami pengobatankankerpayudara.net percayakan selalu kepada kami tentang permasalahn kesehatan anda. anda mencari obat herbal kanker payudara, obat alternatif kanker payudara, obat alami kanker payudara, pengobatan kanker payudara, obat tradisional kanker payudara, cara aman mengobati kanker payudara, cara mengobati kanker payudara. untuk cara pemesanan silahkan hubungi kami di line call center kami 08777 4343 099 dan atau anda bisa klik gamabar cara pemesanan di bawah ini

[URL="http://pengobatankankerpayudara.net/cara-pemesanan/"]cara pemesanan pengobatan kanker payudara[/URL]
kunjungi agen xamthone plus di kota anda
[URL="http://agen-xamthone-plus-jakarta.com/"]agen xamthone plus jakarta[/URL]
[URL="http://agen-xamthone-plus-tangerang.com/"]agen xamthone plus tangerang[/URL]
[URL="http://1obatherbal.com/agen-xamthone-plus-padang/"]agen xamthone plus padang[/URL]
[URL="http://www.alqodr.com/agen-xamthone-plus-yogyakarta/"]agen xamthone plus yogyakarta[/URL]
[URL="http://agen-xamthone-plus.arafah-herbal.com/agen-xamthone-plus-surabaya/"]agen xamthone plus surabaya[/URL]




   


09-12-2007 00:23:18 DUNIA BAYI
Jumlah Posts : 368
Jumlah di-Like : 1
BAYI TAK BOLEH DIPAKAIKAN GURITA
Begitu kata dokter, kebalikan dari kebiasaan yang terjadi selama ini. Memang, tak sedikit kebiasaan turun- temurun dalam merawat bayi yang bertentangan dengan dunia medis. Bagaimana kita menyikapinya?



Dalam merawat sang buah hati, hampir bisa dipastikan kita akan "dihujani" oleh segala macam nasihat ataupun larangan dari lingkungan, entah kakek-nenek, orang tua, kaum kerabat, maupun tetangga. Umumnya, nasihat/larangan tersebut merupakan kebiasaan-kebiasaan praktek perawatan bayi yang bersifat turun-temurun.


Namun, "seringkali nasihat dan larangan tersebut tak bisa diterima akal sehat, meskipun ada pula yang kedengarannya masuk akal," ujar dr. Eric Gultom, Sp.A. dari Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo dalam cara Ibu Bayi dan Balita di ANTeve, kerja sama nakita dengan PT Endrass Perdana. Misalnya, bayi tak boleh digendong dengan kedua tungkai memeluk tubuh ibu agar kelak tungkainya tak pengkor, bengkok, atau melengkung. Begitu pula dengan nasihat untuk membedong bayi agar kelak bentuk kakinya jadi bagus.


"Kedengarannya memang masuk akal bahwa cara menggendong dengan posisi demikian mungkin saja akan menyebabkan pengkar. Apalagi pada kenyataannya, saat lahir, tungkai bayi memang penampilannya bengkok atau melengkung," tutur Eric yang juga berpraktek di RSIA Lestari, Cirendeu dan RS Medistra. Tapi, lanjutnya, bila dijelaskan dengan cara lain, akan tampak penjelasan tersebut kurang masuk akal.


Semua bayi, tutur Eric, kakinya memang akan tampak melengkung ketika lahir. Pasalnya, rongga rahim sangat terbatas ruangnya. Nah, agar si bayi cukup dalam rongga rahim, posisinya harus sedemikian rupa sehingga kedua tungkai dalam posisi bersila dan melengkung ke atas. "Tentunya dalam posisi demikian selama 9 bulan, akan menyebabkan kedua tungkai penampilannya melengkung ketika lahir." Selain itu, tulangnya masih lebih lunak dan sedang bertumbuh sehingga gampang sekali terbentuk melengkung.

Kendati demikian, tungkai yang melengkung ini berangsur-angsur akan lurus kembali sejalan dengan pertumbuhan bayi. Kecuali bila ada faktor genetik dimana salah satu orang tua penampilan tungkainya tak lurus atau melengkung, akan diturunkan pada anaknya. Jadi, tukas Eric, "melengkung tidaknya tungkai tak tergantung posisi ketika menggendong bayi." Begitupun bila bayi tak dibedong, kakinya akan tumbuh lurus sesuai potensi genetik yang dimilikinya.


MEMBAHAYAKAN BAYI


Berbagai praktek perawatan bayi yang mengikuti kebiasaan-kebiasaan turun-temurun ini, menurut Eric, seringkali bukan hanya kurang dapat diterima dasar ilmiahnya, tapi juga bisa merugikan. Misalnya, pemakaian gurita untuk bebat perut bayi. Kata orang, supaya bayi jangan masuk angin." Ada pula yang bilang, agar perutnya enggak besar dan pusarnya enggak bodong.

Dalam dunia medis, tuturnya, tak dikenal istilah masuk angin. "Istilah ini mungkin maksudnya aerophagia , yaitu bayi banyak mengandung udara di lambungnya sehingga terlihat kembung. Hal ini bisa disebabkan bayi menangis lama atau cara minum susu botol kurang betul." Jadi, Bu-Pak, sama sekali tak ada kaitannya dengan pemakaian gurita.


Begitupun dengan perut besar dan pusar bodong. "Besar kecilnya perut ditentukan oleh ketebalan kulit, lemak kulit, dan otot perut yang sanggup menahan daya dorong isi perut atau usus keluar. Secara alamiah, usus, kan, berusaha mendorong keluar," terang Eric. Nah, pada bayi, lanjutnya, kulit maupun lemak dan ototnya masih tipis karena belum tumbuh, sehingga belum mampu menahan ususnya yang mendorong keluar. Jadilah si bayi kelihatannya seperti kembung, perutnya agak besar. "Nanti, bila kulit dan lemak serta ototnya sudah lebih tebal, akan lebih sanggup menahan daya dorong tersebut." Jadi, tak akan gendut lagi, kecuali kalau makannya memang banyak.


Sama halnya dengan pusar bodong, "Bila perutnya membesar, tentu pusarnya akan menonjol, dong," tukas Eric. Tak demikian halnya setelah ketebalan kulit, lemak kulit, dan ototnya bertumbuh menjadi lebih tebal. Jadi, bukan lantaran dipakaikan gurita maka pusarnya jadi enggak bodong. Jikapun si bayi sampai punya pusar bodong, menurut Eric, karena bagian dari puntung tali pusatnya memang sejak awalnya sudah lebih besar. "Jadi, sejak lahir pusarnya memang sudah bodong, bukan karena tak dipakaikan gurita."

Pemakaian gurita, tutur Eric lebih lanjut, sebenarnya justru dapat merugikan bayi. "Bayi jadi kepanasan dan banyak keringat sehingga bisa mengalami keringet buntet di bawah lapisan gurita." Selain itu, bila pemakaian gurita terlalu ketat, "akan mengganggu gerak pernafasan bayi." Soalnya, bayi bernafas lebih dominan menggunakan gerak pernafasan perut. Jadi kalau kita bebat dia erat-erat di bagian perut, tentu akan mengganggu pernafasannya."


Contoh lain dari kebiasaan turun-temurun yang membahayakan bayi ialah membubuhkan bahan-bahan tradisional pada tali pusat yang belum puput. Hal ini bisa menimbulkan infeksi. "Perawatan tali pusat cukup dilakukan dengan menggunakan alkohol 70 persen," ujar Eric. Sebab, alkohol 70 persen dapat membunuh kuman dan mencegah berkembang-biaknya kuman, sehingga tali pusat pun terhindar dari infeksi.


Masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan turun-temurun yang sampai sekarang masih sering dijumpai dalam praktek perawatan bayi sehari-hari. Saran Eric, sebaiknya Bapak dan Ibu tanyakan dulu kepada dokter, apakah ada bahayanya bagi bayi Anda. Bila tidak, prakteknya terpulang kepada Bapak-Ibu sendiri sebagai orang tua si bayi.






Julie Erikania




ANEKA KEBIASAAN TURUN-TEMURUN PERAWATAN BAYI


*ASI

ASI harus dibuang dulu sebelum menyusu. Alasannya, ASI yang keluar adalah ASI lama (basi).


ASI tak pernah basi! Biasanya yang dimaksud dengan ASI lama adalah ASI yang berwarna kekuningan dan kental; penampilannya memang seperti cairan tak segar. Padahal, ASI kekuningan tersebut yang paling baik mutunya. "Kandungan nutriennya paling tinggi dan memang diperolehnya pada tetesan ASI paling awal," jelas Eric Gultom.


Warna dan penampilan ASI putih keruh serta encer sering pula diasumsikan sebagai ASI kualitas jelek. Hal ini sama sekali tak benar! "Warna dan kejernihan ASI sangat tergantung bahan nutrien yang terkandung di dalamnya," jelasnya lagi. Perlu diingat, tak ada ibu yang mempunyai ASI seputih dan seindah penampilan susu formula. Namun begitu, kualitas ASI tak dapat ditandingi oleh susu formula manapun.


Usai melahirkan, ibu harus makan ayam arak agar tubuhnya hangat dan ASI-nya banyak atau minum jamu-jamuan untuk kesegaran ibu.


Hal ini justru berbahaya karena sering berpengaruh terhadap kandungan nutrien ASI dan menyebabkan bayi kuning. Kandungan dalam ayam arak -mungkin araknya- dan jamu-jamuan, menurut observasi dokter dan para bidan, seringkali berkaitan dengan timbulnya kuning pada bayi, suatu keadaan yang secara medis disebut ikterus atau hiperbilirubinemia. "Bila kadar kuningnya tinggi, dapat membahayakan bayi karena, bahan kuning ini bukan hanya akan melekat di mata maupun kulit sehingga jadi kuning, tapi juga di sel-sel otak," terang Eric.


* MEMANDIKAN BAYI


Bayi harus dimandikan dengan air hangat agar tak masuk angin.


Memandikan bayi dengan air hangat tak perlu apabila bayi Anda normal, cukup bulan dan dalam keadaan sehat. Mandikanlah sehari dua kali, gunakan sabun bayi dan cuci rambut dengan sampo bayi. Perlakukan bayi sebagaimana layaknya Anda sebagai orang sehat mandi dan mencuci rambut.


"Mandi dengan air hangat tujuannya terutama agar bayi tak kedinginan atau hipotermi dalam bahasa kedokterannya. Tapi, sebagai bayi normal yang sehat, bayi Anda dapat beradaptasi dengan keadaan tersebut," terang Eric. Jadi, Bu-Pak, tak usah takut memandikan si kecil dengan air dingin selama kondisinya normal dan sehat serta dalam cuaca yang tak dingin.


Kepala tak boleh dibasahi saat bayi dimandikan.


Nasihat ini tentulah tak benar. Jika kepala bayi tak pernah dibasahi, kotoran di kepala jadi menumpuk dan bercampur dengan endapan lemak sehabis dilahirkan. Akibatnya, timbullah kerak kepala yang sering disebut sarapen atau dalam istilah medisnya, dermatitis seboroik.


Bayi tak boleh dimandikan jika tali pusatnya belum lepas.

Salah! Justru tali pusatnya harus dibersihkan, lalu dikeringkan dengan alkohol 70 persen.


* BEDAK DAN MINYAK-MINYAKAN


Kepala bayi perlu diberi pupur agar tak gampang pilek.


Tak ada hubungannya antara pilek dan diberi pupur. "Pilek lebih sering terjadi bila bayi tertular orang dewasa yang pilek dan mencium bayinya," urai Eric. Sebaliknya, pupur dapat menyebabkan banyak kerak di kepala dan merupakan media tumbuh kuman yang baik bila tak dibersihkan dengan baik.


Bayi harus dibedaki sesudah mandi agar tubuhnya harum. Sehabis BAK, selangkangannya dikeringkan dengan bedak. Begitu juga bila tubuhnya berkeringat, dikeringkan dengan bedak.


Sebaiknya bedak tak digunakan jika dimaksudkan untuk membuat tubuh bayi harum, mengeringkan keringat, bekas BAK atau sesudah cebok.


Di negeri tropis, bayi Anda memang akan cenderung lebih sering berkeringat. Campuran bedak dengan keringat, terang Eric, merupakan media yang baik untuk berkembang biaknya kuman di permukaan kulit, terutama di daerah tertutup dan lipatan leher, ketiak, atau selangkangan. Lagi pula campuran air dan bedak akan menutup pori-pori kulit bayi yang sangat halus dan menyumbat pernafasan kulit serta saluran kelenjar keringat, terutama bila diborehkan terlalu tebal. Hal ini menyebabkan lebih banyak keringet buntet dan ruam (kemerahan) di permukaan kulit.


Bedak hanya boleh dipakai untuk mencegah tergoresnya kulit kering. Akan tetapi, kulit kering jarang terjadi di negeri tropis karena udaranya cukup lembab sehingga kulit cenderung lebih basah; berbeda di negara empat musik yang kelembaban udaranya lebih rendah. Jikapun Anda ingin si kecil dipakaikan bedak, sebaiknya bubuhkan tipis-tipis di permukaan kulit, terutama bagian tubuh yang mudah tergores.


Bagaimana dengan minyak-minyakan dan baby oil?


Bahan minyak-minyakan, misalnya, minyak telon dan minyak kayu putih, sering diborehkan dengan alasan mencegah masuk angin dan menghangatkan tubuh bayi, terutama minyak kayu putih. Jadi, hal ini sering dipraktekkan.


Namun demikian, ingat Eric, pemakaiannya harus hati-hati. Soalnya, respons kulit bayi terhadap kandungan minyak telon dan minyak kayu putih berbeda-beda. Jika timbul kemerahan dan gejala iritasi (kulit kering seperti terbakar dan bersisik/beruntusan), sebaiknya pemakaian dihentikan.

Baby oil lebih parah lagi dalam menyumbat pori-pori kulit dan saluran kelenjar keringat karena partikelnya lebih besar dan lebih kental. Jadi, sebaiknya tak diberikan untuk kulit bayi Anda.


* MAKANAN


Bayi harus diberi pisang atau nasi kepal/ulek agar tak kelaparan.


Salah dan berbahaya! Sistem pencernaannya belum sanggup mencerna atau menghancurkan makanan tersebut. Dengan demikian, makanan tersebut akan mengendap di lambung dan menyumbat saluran pencernaan, sehingga akhirnya bayi jadi muntah. Itulah mengapa, sebelum usia 4 bulan, bayi belum boleh diberikan makanan tambahan. Jadi, Bu-Pak, tak usah takut si kecil akan kelaparan. Toh, di usia tersebut, makanannya memang cuma ASI dan ia pun boleh menyusu ASI sepuasnya kapanpun ia menginginkannya.


Bayi harus diberi susu lebih kental agar cepat gemuk.


Salah! Susu yang sangat kental juga tak dapat dicerna dan menyebabkan endapan susu di lambung sehingga bayi jadi muntah.


Bayi boleh diberi air tajin sebagai pengganti susu/pelarut susu.


Air tajin tak dapat menggantikan susu karena kandungan nutriennya kurang; juga, tak perlu dipakai sebagai pelarut bila pengenceran susu dengan air matang sudah sesuai petunjuk pelarutan yang diberikan pada setiap kemasan susu kaleng.


Susu kaleng perlu dicampur-campur (berbagai merek dagang) agar keunggulan masing-masing susu dapat dikonsumsi sekaligus oleh bayi.


Jangan termakan iklan, dong! Semua keunggulan yang diiklankan tersebut tak ada yang dapat menyaingi keunggulan ASI.


BILA BAYI PANAS


Baluri seluruh tubuhnya dengan bawang merah.


Bau, dong! Panas tak pernah turun karena bawangnya, tapi karena waktu memborehkan bawang, semua baju dibuka dan terjadi penguapan dari permukaan kulit yang basah. Itulah mengapa, praktek membungkus bayi rapat-rapat dengan beberapa lapis pakaian pada waktu bayi panas justru akan menyebabkan suhu tubuh semakin panas. Bila bayi panas, jangan membungkus bayi terlalu rapat atau dengan pakaian terlalu tebal.


"Malah lebih baik kalau semua pakaiannya dilepaskan, agar terjadi penguapan atau pelepasan panas dari tubuh bayi ke udara sekitar," tutur Eric. Bahkan, dikompres sambil telanjang pun boleh. Namun tentunya, sebelum itu si bayi sudah diberi obat penurun panas. Tak usah cemas bayi Anda akan semakin parah sakitnya. Kecuali, bila kemudian Anda tak membawanya ke dokter untuk mengatasi penyebabnya. Bukankah penyebabnya yang harus diatasi, karena penyebabnya inilah yang membuat si bayi menjadi panas.


Lepaskan semua pakaian bayi, lalu dekap di dada ibu/ayah yang tanpa busana pula. Dengan demikian bisa menurunkan panas.


Memang hal ini juga bisa dilakukan pada bayi yang mengalami panas untuk mengurangi panasnya. Tapi panas badan kita, kan, normalnya 37 derajat Celcius, sedangkan suhu udara jauh lebih rendah, sekitar 28-30 derajat Celcius. Jadi, penetralannya lebih baik ketimbang badan ibu/bapaknya.


* DIURUT


Bayi perlu diurut bila mengalami keseleo/kecengklak.


Dunia medis tak mengenal istilah keseleo/kecengklak. Mengurut bayi justru dapat menyebabkan cedera jaringan bila cara pijatan dan urutannya berlebihan, apalagi di tempat-tempat organ berbahaya semisal perut.


* TIDUR


Bayi tak boleh tidur ditengkurapkan karena susah bernafas.


Salah! Tidur tengkurap lebih nyaman buat bayi karena membuatnya lebih nyenyak dan tak rewel, serta membantu rekoil pernafasan dada lebih teratur. Sejak lahir pun, setiap saat diletakkan di tempat tidur, bayi boleh ditengkurapkan. Pengalaman menunjukkan, dengan sering ditengkurapkan, perkembangan motoriknya angkat kepala, tengkurap, bolak-balik, duduk, dan sebagainya- lebih baik.


Keberatan tidur tengkurap belakangan ini sering dikaitkan dengan tulisan mengenai SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) yang sering terjadi di negeri Barat karena bayi tidur di ranjang terpisah dari orang tua, kadang di kamar yang terpisah pula. Sedangkan di Indonesia, umumnya bayi tidur di samping orang tua dan jarang sekali ditinggal sendiri. Jadi, tak perlu takut dengan SIDS hanya karena menengkurapkan bayi.


* PERAWATAN UMUM


Bayi tak boleh didudukkan karena takut susah kencing.


Tidak benar! Jikapun nasihat ini diikuti, boleh saja; toh, tak akan merugikan bayi.


Bila bayi kembung, laburi perutnya dengan daun-daunan obat.


Justru berbahaya bila kulit bayi sangat sensitif karena menimbulkan iritasi. Bila bayi mengalami kembung, cukup ditengkurapkan; karena dalam posisi tersebut, bayi akan banyak mengeluarkan angin. Nanti kembungnya akan hilang sendiri.


Bayi perlu diberi penghitam mata di alis mata (sipat) agar matanya jernih.


Tak ada hubungannya antara mata jernih dengan pemberian penghitam mata. Jikapun ingin diberikan, boleh saja karena tak ada bahayanya bagi bayi.


Jika bayi sering belekan, baluri di atas alis matanya dengan kunyit yang sudah dihaluskan agar saat bangun tidur, tahi matanya keluar semua sehingga enggak belekan lagi.


Salah! Mata belekan disebabkan saluran mata -masing-masing di sudut mata dekat hidung- bayi masih terlalu halus (salurannya masih sempit sekali) sehingga bila ada kotoran atau partikel-partikel di sudut mata yang mau dibersihkan di saluran tersebut namun ukurannya lebih besar dari salurannya, maka mengumpullah kotorannya di sudut mata. Itulah yang disebut belekan. Untuk mengatasinya, lakukan pemijatan sesering mungkin pada masing-masing saluran mata.








   
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

ASI Lancar, Puasa Tak Lewat

(Sumber dari: AIMI *dengan perubahan seperlunya*)

Bulan Ramadhan hampir tiba. Bulan penuh ibadah bagi umat muslim di dunia. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim yang telah baligh (cukup umur) adalah berpuasa. Nah, bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui?

Puasa Ramadhan hukumnya tetap wajib bagi ibu hamil dan menyusui. Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu atau membayar fidyah.

Yang pertama, dikembalikan kepada motivasi atau niat. Jika ibu hamil dan menyusui tidak melakukan ibadah puasa karena mengkhawatirkan kesehatan dirinya, maka dia menganggap dirinya seperti orang sakit. Sehingga cara mengganti puasa sama dengan mengganti puasa dikala orang sakit, yaitu dengan berpuasa di hari lain. Namun, jika mengkhawatirkan bayinya, dianggap seperti orang tua yang tak punya kemampuan sehingga cara menggantinya selain membayar puasa-seperti cara orang tua-yaitu dengan membayar fidyah.

Yang kedua, ibu hamil atau menyusui cukup membayar fidyah saja tanpa harus berpuasa. Karena keduanya tidak berpuasa bukan karena sakit, melainkan karena keadaan yang membuatnya tidak mampu puasa. Kasusnya lebih dekat dengan orang tua yang tidak mampu berpuasa.

Apa dan bagaimana cara membayar Fidyah? Fidyah adalah memberi makan orang fakir miskin. Satu hari puasa diganti dengan satu kali fidyah. Ukuran memberi makan adalah sebesar porsi kita makan 3 kali sehari, yakni sekitar 1 mud atau 600 gram. Jika dirupakan uang, sebesar biaya kita makan 3 kali sehari.

Ketika memberikan fidyah, ada tata caranya juga. Salah satu yang harus diingat adalah jangan lupa mengucapkan berita serah terima/ijab kabul. Misalnya “Saya membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Jika meminta orang lain yang menyerahkan maka, “Ibu A membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Untuk detailnya, silakan konsultasi dengan pemuka agama di lingkungan Anda. 

Nah, bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa bagaimana? Selama kondisi ibu dan bayi sehat, maka diperbolehkan berpuasa. Namun, jika dikuatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kekurangan gizi, produksi ASI berkurang, sakit, dan lain sebagainya, maka Islam menyarankan untuk tidak berpuasa.

Manajemen Laktasi Ibu Menyusui Yang Sedang Berpuasa

Dengan perubahan jadwal makan, bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsipun ikut berubah. Yang penting, ibu menyusui tetap makan 3 kali sehari dan secara disiplin mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang, yaitu dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak.

Kemudian, hal-hal berikut dapat dilakukan untuk memastikan bahwa produksi ASI selama ibu berpuasa tetap lancar dan berkualitas:

Asupan menu dengan gizi seimbang

Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak. Jangan terlambat berbuka dan jangan makan secara asal yang penting makan ya :)

Ada beberapa tips mengenai asupan ibu menyusui selama berpuasa:

Pertama,boleh mencoba konsumsi sumber karbohidrat kompleks agar bisa membantu membuat ibu menyusui tidak lemas di tengah hari. Karbo kompleks seperti beras merah lebih lama diproses tubuh sehingga pelepasan gula menjadi energi berlangsung bertahap. Kondisi ini dapat lebih menjamin kebutuhan energi ibu sampai berbuka. 

Kedua, konsumsi sayur dan buah lebih banyak saat berbuka atau malam hari dan konsumsi protein lebih banyak saat makan sahur. Protein menjadi sumber energi, yang diolah terakhir setelah karbohidrat dan lemak. Asupan protein ini sesuai bagi busui yang membutuhkan banyak cadangan energi. Sementara serat pada buah dan sayur membantu menjaga asupan vitamin dan menjaga kesehatan pencernaan ibu selama menyusui. Usahakan stop makanan instant selama puasa ini ya, karena makanan seperti mie instant biasanya hanya mengandung kalori yg membuat kenyang tetapi minim nilai gizinya. 

Ketiga, silakan konsumsi suplemen vitamin dan mineral jika diperlukan. Tanyakan kepada dokter suplemen apa yang baik untuk ibu menyusui saat berpuasa karena saat ibu menyusui berpuasa, yang terpengaruh biasanya adalah kadar micro nutrients (elemen-elemen nutrisi yang diperlukan dalam jumlah yang kecil seperti zinc, magnesium, dan potassium), namun itu bukanlah masalah.  

Perbanyak konsumsi cairan, mulaidari berbuka hingga sahur

Jika bisa minum air putih sebanyak dua liter (sekitar 10-12 gelas sehari), ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, teh manis hangat dan susu. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui. Jika bisa, hindari teh dan kopi saat sahur karena bersifat diuretik, yang menyebabkan ibu sering buang air kecil. Akibatnya ibu berisiko kekurangan cairan akibat seringnya cairan dibuang. 

Istirahat yang cukup

Merasa lemas saat berpuasa itu hal yang lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin

sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Ibu Bekerja

Ibu bekerja yang memerah ASI di tempat kerjanya disarankan untuk tetap melakukan kegiatan memerah ASI seperti biasa dengan tetap memperhatikan tips-tips seperti yang sudah disebutkan diatas ini. Kembali berpegang pada prinsip demand and supply, semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi. Apabila ibu menyusui yang biasa memerah menghentikan kegiatan memerahnya selama bulan puasa, maka ASI yang diproduksi dapat berkurang, yang bukan disebabkan oleh kegiatan berpuasa tetapi karena mengurangi kegiatan memerah tadi.

Bagaimanapun, mendapatkan ASI adalah hak bayi. Jadi, dahulukan kepentingan bayi. Untuk ibu yang memiliki bayi di bawah 6 bulan, memang dianjurkan untuk tidak berpuasa karena bayi sedang dalam tahap ASI Eksklusif dan belum memperoleh makanan tambahan apapun kecuali ASI. Ada dua alasan kenapa ibu dalam fase ASIX tidak dianjurkan berpuasa dulu: pertama, pada masa ASIX, terutama di dua bulan pertama adalah fase pemantapan menyusui. Jika proses menyusui ibu sudah mantap dan ingin mencoba puasa silakan. Tetapi jika ibu masih berjuang untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan produksi, sebaiknya tunda dulu puasanya. Kedua, bayi di bawah 6 bulan sering mengalami fase percapatan pertumbuhan (growth spurts) yang membuatnya tiiba-tiba jadi sangat sering menyusu. Jika Anda mulai kewalahan di saat fase GS ini, pertimbangkan untuk stop puasa dulu.

Kondisi yang Harus Diperhatikan

Jika si kecil masih dalam fase ASIX (atau bahkan setelahnya) dan ibu ingin berpuasa, ada hal penting yang tidak boleh diabaikan: perhatikan sinyal sinyal yang dikirimkan tubuh Anda dan tubuh bayi. 

Apa yang harus diperhatikan dari kondisi ibu?

-Merasa sangat haus (terutama pasca menyusui/memerah).

- Urine/ air seni berwarna pekat (kuning tua/cokelat) serta bau yangtajam.

- Merasa sangat pusing dan berkunang-kunang, apalagi jika pusing tidak hilang setelah ibu beristirahat

Adalah wajar jika ibu merasa lemas.  Oleh karena itu usahakanlah untuk beristirahat paling tidak satu kali di siang hari. Atau bila tidak memungkinkan untuk tidur siang, upayakan untuk sekadar duduk,

berbaring dengan rileks. Istirahat akan sangat membantu agar hormon Oksitosin yang berfungsi untuk mengeluarkan ASI bekerja secara optimal. Jika Anda mulai pusing atau air seni Anda mulai pekat, sebaiknya hentikan dulu puasanya. Apa yang harus diperhatikan dari kondisi bayi?- Frekuensi BAK bayi sudah kurang dari 6 kali per 24 jam, warna urine bayi juga mulai pekat- Ada gejala2 dehidrasi lain pada bayi, seperti mulut yag kering, bayi terlihat sangat lemas, kulit tidak lentur, dsb.- Bayi kelihatan gelisah seharian, rewel atau berperilaku di luar kebiasaan normalnya. - Bayi mengalami diare atau demam yang mana membutuhkan extra asupan ASI agar tidak dehidrasi, terutama di masa ASIX.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan salam ASI :) 

   


25-12-2014 06:28:04 terapi hamil
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
GLUCOGEN tdk hanya membantu dalam kecantikan, melainkan juga kesehatan.

Bagi teman2 yg ada kista, myom, masalah menstruasi (tdk lancar, bau, atau nyeri haid akut), & sulit hamil, bisa coba minum GLUCOGEN utk terapi.

Sudah banyak sekali orang yg berhasil sembuh & punya keturunan setelah terapi GLUCOGEN.

Contoh seperti di dp saya :
TERAPI HAMIL dengan mengkonsumsi produk MOMENT
(setelah tidk pernah menstruasi selama 1tahun lebih dan
berulang kali terapi kehamilan kedokter namun tidak
berhasil) dan alhamudlillah berkat produk MOMENT berhasil
terapi kehamilannya.
1 box minum GLUCOGEN (25sachet selama 25hari) dan 1
minggu semprot BIOCELL
Subhanallah...its amazing


Yuk, dicoba! Terapi GLUCOGEN jauh lebih murah dibandingkan obat dokter, terapi hormon, operasi peniupan jalur pembuahan, program bayi tabung, dan terapi dokter lainnya.

Kabarkan juga bagi kenalan anda yg sekiranya membutuhkan. Itu amal, lho...

Siapa yang ingin:
- memutihkan/?mencerahkan kulit
- menghaluskan kulit
- mencegah & menghilangkan tanda2 penuaan
- menghilangkan bekas luka/jerawat
- menghilangkan pipi tembem ?
- menghilangkan selulit
- menghilangkan bau badan
- menghilangkan flek2 & noda gelap di wajah, di selangkangan, ketiak, dll
- mengendalikan/?menurunkan berat badan?


Kontak saya, yuk.. Saya punya pilihan solusinya yang telah terbukti efektif dan aman untuk memenuhi kebutuhan2 di atas. Produk2 premium kualitas tinggi, harga sesuai dengan kualitasnya. Semua produk aman bagi ibu hamil & menyusui. Hebat, kan? ^__^ tnya sy ya

Pin bb : 7C9F0B6A / 26762638
Wa only : 089601787002 / 081807451910
   
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Wanita hamil memerlukan banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh ibu maupun bayi yang dikandung. Pasalnya, wanita yang mengandung memerlukan asupan energi lebih banyak, karena pada dasarnya energi tersebut terbagi dua dengan si calon bayi. Oleh sebab itu, cermat memilih makanan adalah hal penting agar kondisi ibu dan bayi yang dikandung tetap dalam keadaan prima sampai masa kelahiran tiba.

Salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh wanita hamil adalah buah-buahan. Tentu saja tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh wanita hamil karena ada sebagian buah yang justru sebaiknya dihindari saat masa kehamilan. Kita dapat mengatakan bahwa setiap buah punya manfaat sendiri-sendiri, tapi buah terbaik manakah yang sebaiknya dikonsumsi oleh wanita hamil?


Buah naga yang sudah matang, menurut pengobatan oriental, dapat membantu dahak yang yang kerap terjadi pada wanita hamil. Buah naga jarang menggunakan pestisida karena kulitnya yang tebal, sehingga aman dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung.

Apel.. buah yang mampu menjauhkan Anda dari dokter ini tentu saja disarankan untuk wanita hamil. Pasalnya, buah Apel mengandung banyak nutrisi dan vitamin seperti asal malat, tannin, dan serat lain yang diperlukan. Banyak wanita hamil yang tidak ingin menambah berat badan tidak terlalu banyak, karena mengkonsumsi buah apel secara ideal setiap hari. Buah inijuga membantu perkembangan janin dan bermanfaat untuk mengatasi sembelit/diare yang kerap terjadi pada masa kehamilan.


Anggur adalah sumber zat besi, fosfor, kalsium, asam organik, karoten, lesitin, vitamin C, dan vitamin B1 yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Selama masa kehamilan, permintaan darah jauh lebih tinggi, oleh sebab itu perlu mengkonsumsi makanan dengan sumber zat besi yang baik seperti anggur.


Jambu air memiliki efek mengurangi panas pada musim panas. Kandungan zat cair-nya yang cukup banyak, membuat buah jambu bermanfaat untuk ibu hamil. Buah jambu air bisa dijadikan jus untuk minum sehari-hari wanita hamil.

Cherry..Diantara semua buah-buahan, buah Cherry adalah sumber terbaik untuk zat besi. Bayangkan, buah yang bentuknya kecil ini memiliki zat besi 20 kali lebih tinggi dibanding buah Apel dan Jeruk. Buah Cherry juga kaya akan karoten, vitamin B1, B1, vitamin C, asam sitrat, kalsium, dan juga fosfor. Mengkonsumsi buah ini secara teratur, dapat membantu memperkuat darah dan memperbaiki fungsi pencernaan. Selain itu, cukup makan buah Cherry selama kehamilan akan membantu kulit bayi putih dan sehat.


Stroberi kaya akan Vitamin C untuk mencegah flu. Asam pektin dan organik dalam stroberi dapat mencairkan lemak dalam makanan, merangsang nafsu makan, dan meningkatkan peristaltik.
   
04-08-2012 14:24:18 CREAM PELANGSING ERBAL
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Obesitas atau kegemukan dapat terjadi pada siapa saja terutama kaum hawa Atau wanita, karena perkembangan hormon pada wanita sangat cepat sehingga menyebabkan efek samping yaitu kegemukan, namun kegemukan juga bisa terjadi pada daerah-daerah tertentu saja

SEPERTI:

* Lengan
* Paha
* Peru
* Leher

Masalah ini apabila diatasi dengan pelangsing yang diminum, maka hasilnya kurang efektif.

Namun apabila anda menggunakan PELANGSING CREAM USA HERBAL akan lebih efektif dan cepat karena reaksinya akan membakar lemak pada daerah tertentu Yang di inginkan saja dengan cepat.

Gel Merah dan Panas Yang Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Dapat Dilihat! !

Ramuan hangat dengan formulasi inovatif, PELANGSING CREAM MERAH ( PAPRIKA EASY SLIMMING) atau PELANGSING CREAM HIJAU ( GREEN TEA EASY SLIMMING) memberikan sensasi membakar lemak selama 24 jam. Sambil lemak dicairkan, benjolan-benjolan lemak pada tubuh dan sellulit turut hilang, sekaligus menurunkan berat badan yang berlebih untuk menampilkan tubuh yang lebih ringan.
Hasil PenurunanBerat Badan yang Lebih Mujarab dengan :

* Cabe merah hangat dan minyak esensial dari herba, buah-buahan dan rempah-rempah berfungsi di tahap fisik dan psikologi untuk melepas dan membakar lemak yang terjerat di benjolan-benjolan lemak badan.
* Ekstrak tumbuhan mujarab yang telah dipatenkan ini melengkapi pembakaran lemak berlebihan untuk mencegah lemak terkumpul kembali menjadi lemak yang membandel. Kelebihan air dan toksin turut disingkirkan untuk membentuk tubuh yang lebih menarik dan lebih ringan.
* Khasiat vitamin dan elastin di dalam kapsul mikro menguatkan kulit agar tetap elastis dan kencang sekalipun badan mengalami penurunan lemak yang drastis.

REAKSINYA :
* membakar lemak yang ada pada daerah tersebut menjadi air yang akan keluar lewat kelenjar keringat

ATURAN PAKAI :
* Bersihkan dulu daerah yang ingin dilangsingkan dengan air hangat
* kemudian lap dengan handuk
* kemudian cukup dioleskan creamnya pada daerah yang ingin dilangsingkan
* kemudian dipijit-pijit agar pembakaran lemaknya lebih maksimal kurang lebih 5menit
* biarkan kira-kira 2-3 menit agar creamnya diserap
* setelah keringat keluar bersihkan atau lap dengan handuk
* ulangi sehari bisa 2 kali pagi atau sore sebelum mandi
* dalam seminggu 3-7 kg.

Catatan:
* Aman digunakan bagi ibu Hamil
* Aman digunakan Oleh Ibu yang sedang Menyusui
* Aman digunakan oleh Gadis.

Karena 100 % ALAMI tidak Ada Efek Samping Baik Ke Jantung, Ginjal, atau pada Organ Kewanitaan.

TERSEDIA :
1. PELANGSING CREAM MERAH ( PAPRIKA EASY SLIMMING)
2. PELANGSING CREAM HIJAU ( GREEN TEA EASY SLIMMING)

HARGA :
* Beli 1 Paket Harga Rp 150.000,-
* Beli 3 Paket Bonus 1 Paket Cukup Dengan Harga Rp 450.000,-
Produk Kami Berasal Dari Berbagai Negara Didunia Yang Sudah Terkenal Akan Kualitas Dan Mutunya.

PRODUK ASLI, JAMINAN MUTU DAN BERKUALITAS INTERNATIONAL

KEPUASAN CUSTOMER ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI

SILAHKAN ANDA PESAN DI BEAUTY CLINIC PUSAT KECANTIKAN & 0BAT KESEHATAN HERBAL


HP : 0852 4993 5888 (ONLINE)

HP : 0877 3102 6999 (ONLINE)

HP : 0813 4816 3555 (ONLINE)


Pemesanan di luar kota, luar jawa dan di LUAR NEGERI silahkan transfer di BANK

BANK BCA : 0095155486

BANK BNI : 0092390467

BANK BRI : 0083-01-052430-50-4

BANK MANDIRI : 135-00-0716319-7

ATAS NAMA. IHWAN RUSDI


Setelah Anda transfer silahkan Anda konfirmasi NAMA ANDA, ALAMAT ANDA, JENIS PESANAN, TRANSFER KE BANK, JUMLAH TRANSFER. Setelah Uang masuk pesanan langsung kami kirim melalui JASA PENGIRIMAN kilat khusus sesuai dengan permintaan anda. Pesanan dalam 1-2 hari Pasti sampai ditempat tujuan Anda

DI BUKA LUAS UNTUK AGEN LUAR KOTA/ PULAU/ NEGERI

DAPATKAN BONUS, DISCON, HARGA NEGO..!!!

MENCARI AGEN DI LUAR DAERAH HARGA SEPECIAL (GROSIR)

Untuk Pemesanan luar kota seperti, Banda Aceh, Lhokseumawe, Sabang, Meulaboh, Singkil, Medan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Binjai, Pekanbaru, Bengkalis, Siak, Dumai, Kampar, Batam, Bintan, karimun, Tanjung Balai Karimun, Natuna, Tanjung Pinang, Padang, Bukittinggi, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Kota Sawahlunto, Solok, Jambi, Sungai Penuh, Bengkulu, Belitung, Pangkal Pinang, Palembang, Lubuklinggau, Pagar Alam, Prabumulih, Bandar Lampung, Metro, Tangerang, Serang, Lebak, Pandeglang , Cilegon, cirebon, cimahi, Sragen, Sukoharjo, Temanggung, Magelang, Yogyakarta, Sleman, Salatiga , Tegal, Pekalongan, Cilacap, Grobogan, Jepara, Kebumen, Kendal, Kudus, Magelang, Pati, Demak, Rembang, Blitar, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Malang, Gresik, Ngawi, Tuban, Sumenep, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Bali, Bandung, Gianyar, Jembrana, Denpasar, NTB, Mataram, Lombok, Bima, Mataram, NTT, Sumba, Kupang, Kalimantan Timur, Berau, Kutai Kartanegara, Tenggarong, Nunukan, Paser, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Tarakan, Kalimantan Barat, Sambas, Pontianak, Singkawak, Kalimantan Selatan, Maratapura, Marabahan, Amuntai, Kotabaru, Tabalong, Tanjung, Batulicin, Banjarbaru, Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Buntok, Tamiang, Barito, Kapuas, Sampit, Purukcahu, Palangka Raya, makasar, gorontalo, manado, ambon, manokwari, tanah toraja, palu, tomohon, tolitoli, palopo, mamuju, sinjai, poso, polewalimandar, kotabumi, lahat, maros, singaraja, tanjung redep, tanjung selor, maluku, ternate, sorong, kotamulia, jayapura, sentani, tidore, serui, papua, wamena, nabire, merauke, biak, timika.
Kami mengirim pesanan melalui JASA PENGIRIMAN: TIKI, JNE, POS, JAYA EXPRESS, PANDUSIWI dan lain-lain sesuai dengan kesepakatan. Dalam 2-3 hari sampai di tempat tujuan. ( Khusus kota-kota besar 1-2 hari sampai dan bebas ongkos kirim) .
Setelah transfer mohon segera konfirmasi , via sms/ telp, nama, alamat lengkap, kode pos, transfer di bank dan jumlah transfer. Agar pesanan segera di proses untuk dikirim.

Kepuasan konsumen/ pelanggan adalah tujuan utama kami terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda . BY : BEAUTY CLINIC

   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Matawanita.com - Dalam pernikahan, setiap perempuan mendambakan kehamilan yang sehat. Hamil yang sehat itu yang bagaimana? Yang pasti hamil di dalam kandungan, janin dinyatakan hidup dan sehat oleh dokter dan bidan, sesuai dengan masa pertumbuhannya. Namun perlu dipahami pula bahwa keadaan hamil selain membahagiakan juga akan membawa dampak perubahan fisik dan mental bagi ibu hamil, terlebih hamil pertama kali. 

Hal penting yang perlu dipahami bahwa semua yang dialami seorang ibu hamil bukanlah sebuah keluhan penyakit, namun karena perubahan fungsi tubuh seorang ibu yang sedang hamil. Kehamilan adalah proses alamiah yang berlangsung sejak awal pembuahan hingga tiba saat persalinan.

Kunjungan pada dokter maupun bidan secara teratur merupakan suatu upaya pemantauan kesehatan dan bukan untuk pengobatan, kecuali bila seorang ibu hamil terdapat penyakit yang menyertai selama kehamilan, misalnya hipertensi, diabetes , penyakit kelainan jantung dan sebagainya. 

Keluhan umum yang sering dirasakan oleh ibu hamil pada saat tiga bulan pertama kehamilan antara lain pusing, payudara terasa membesar, kadang nyeri pada perut, badan merasa lemas, keringat dingin, tidak selera makan, mual, merasa mudah lelah, rasa mau pingsan, malas beraktifitas, mood tidak menentu dan kadangkala disertai demam ringan dan keringat dingin. Keluhan yang dirasakan ini tidak selalu sama pada tiap ibu hamil terutama bagi yang sedang hamil pertama kalinya. 

Meskipun perubahan tersebut sedikit banyak akan mengganggu aktivitas sehari-hari, namun tidak sebanding dengan kebahagiaan saat  kelahiran sang buah hati kelak. Keadaan fisik dan keluhan ringan tersebut erat kaitannya dengan  perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Tidak perlu cemas dan gelisah, jalani dengan penuh rasa syukur dan berusaha untuk menikmati setiap "bonus kehamilan". 

Semua perubahan tersebut adalah proses alamiah sebagai upaya tubuh ibu mempertahankan kehadiran janin dalam kandungan. Apa yang dapat ibu hamil lakukan pada awal kehamilan yang kurang nyaman tersebut? 

- Menjalin hubungan harmonis dan saling mendukung antara suami istri dan lingkungan keluarga. Dukungan dan perhatian suami,keluarga  dan sahabat akan memberi  pengaruh baik bagi janin dalam kandungan dan  memberi efek  positif bagi persiapan mental seorang ibu yang sedang hamil. 

- Teratur memeriksakan kehamilan untuk mengontrol kesehatan ibu hamil dan pemantauan keadaan bayi dalam kandungan. Diskusikan dengan dokter dan bidan tentang  permasalahan yang dirasakan saat kehamilan agar mendapat petunjuk yang tepat. 

- Hindari kelelahan, misalnya bekerja berdiri terlalu lama lebih dari enam jam tanpa istirahat, hindari berada dalam kerumunan  yang membuat ibu hamil kekurangan oksigen. Usahakan malam cukup istirahat tidur. 

- Cukupi kebutuhan makan dan minum. Bila masih mual dan muntah makan dalam porsi sedikit tapi sering, tidak harus makan nasi,bisa diganti roti biskuit, buah, sayur,puding, sereal, es krim, susu atau makanan yang bergisi lainnya. Setiap kali muntah segera berusaha untuk makan lagi agar bayi tetap tumbuh sehat.

 - Menjalin relasi sebanyak-banyaknya dengan sesama ibu hamil atau bergabung dalam kegiatan yang melibatkan para ibu agar bisa saling berbagi pengalaman, membaca buku atau majalah tentang persiapan perawatan bayi, mendengar musik, dan sibukkan diri dengan kegiatan positif  untuk memperbaiki suasana hati. 

- Bawa semua keluhan  yang dirasakan dengan keikhlasan dalam doa dan ucapan syukur  atas kesehatan janin dan anugerah kehamilan. http://tinyurl.com/dyoab29

   
Jumlah Posts : 268
Jumlah di-Like : 3
setuju sama bunda abqori,,,
sebenernya ga ada larangan kok minum susu hamil,,,
mungkin karena ada zat besi yang membuat mual bagi ibu hamil yang ga cocok,,
kayak aku bun,,, sebelum hamil aku minum susu prenagen esensis,,, setelah hamil,, aku minum susu prenagen emesis,,, tapi karena aku mual/muntah dan pusing ya parah,,, justru dilarang sama dokter minum susunya,,, karena susu itu mengandung zat yang membikin mual kalau aku ga cocok,,,
setelah ga konsumsi susu memang bener bun,, mual dan pusing aku ga terlalu parah,,, biasanya kalo pusing itu tiap malem,, bawaanya mau nangis terus,, tapi setelah stop konsumsi susu bumil,, udah jarang deh pusing nya,, hehehe,,,

makanya dokterku bilang minggu ke 14 baru boleh minum susu,,,  karena tingkat mualku yang ga terlalu menyusahkan lagi,,,
jadi cuma minum vitamin doang dari dokter,,,

tapi,, aku tetep konsumsi susu bun,,, susu kedelai,, tiap hari aku bikin sendiri,,, dan rasanya emang ga bikin eneg,, karena susu kedelai ga mengandung zat besi,,,

kalo memang bunda cocok minum susu bumil,,, kenapa ga??? dicoba aj bun,, mana yang cocok,,, happy pregnant,,,
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : 1

Sulit bagi ibu hamil untuk menghindari dari berpergian dengan kendaraan bermotor. Goncangan saat mengendarai mobil, motor hal yang pasti dirasakan. Efek goncangan tersebut pada janin dapat diminimalkan dengan menggunakan Anannda Pregnancy Support Belt.

Tidak seperti sabuk2 yang telah beredar di pasaran, Anannda Pregnancy Belt hadir dengan inovasi dua sabuk pelindung, sehingga dpt memberikan keamanan maksimum dari pergerakan kandungan vertikal dua arah yang berbahaya. Bahannya terbuat dari wafer katun yang nyaman, menyerap keringat.
Harga Rp. 55.000,- 

Kini, setelah melahirkan tak perlu lagi repot-repot dengan gurita yang panjang atau gurita modern yang harus ditarik extra kencang. Anannda production meluncurkan Anannda Slimming Belt yang mudah dikenakan dan nyaman. Bahan dari wafer cotton yang menyerap keringat sehingga terhindar dari rasa gatal. Juga inovasi desain tali sabuk melingkari punggung tanpa menutup lingkar pinggang dan simpul saraf pada daerah pantat sehingga Anda dapat mengenakannya sepanjang hari tanpa terasa penat.
Harga Rp. 58.000,-

Hubungi 08176894496.  Fb : Nursari Rinekawati. Reseller welcoming..



   
14-02-2011 11:24:23 mual sepanjang hari
Jumlah Posts : 362
Jumlah di-Like : 8
Salam kenal juga y bunda triee....
Bunda waktu aku usia kehamilanku 7 minggu aku mulai mengalami mual n muntah itu hampir sepanjang hari....
Dan aku juga punya maag, jadi mual n muntahnya itu selain karena hamil juga karena hamil muda....
Sebenarnya sich hampir sama y bunda,,,,,jadi udah mual n muntah karena hamil kita g doyan makan so lambung kita juga bertambah sakit....
Klo waktu itu yang aku rasain bund...
@ klo mual n muntah karena maag:
1. perut terasa melilit meskipun tidak diwaktu mual
2. akan muntah jika maag yang dialami sudah akut sekali
3. perut tersa ditusuk-tusuk n terasa panas
4. susah untuk tidur terlentang dan bisanya tidur dengan posisi miring
5. kepala pusing seperti mabuk darat ketika naik bis
6. klo telat makan perut akan terasa perih, pusing, mual n akhirnya muntah.

@ klo mual n muntah karena hamil:
1. bisa juga dialami sepanjang hari (seperti saya)
2. lebih banyak muntahnya dipagi hari
3. rasanya perut seperti kembung saja
4. perasaaan kita terus merasa enek

Itu yang saya alami ketika saya hamil muda kemarin bund, Alhamdulillah setelah 13w mualnya masih ada tapi muntahnya sudah jarang...paling klo mualnya g tahan sama sekali aku baru muntah.....
Selama usia kehamilan 10w sampai usia 13w saya terus mengkonsumsi obat anti mual dari dokter diminum setelah makan.
Sedangkan untuk maagnya saya diberi mylanta dan d minum setengah/1 jam setelah makan.

Saran saya y bund..klo bunda punya maag makannya yang ati2...kurangi makanan bersantan, asam, pedes n kecut trus kurangi juga minum teh karena bisa membuat lambung semakin perih...
Klo aku waktu maagku kemairn kambuh hebat banget ampe aku g bisa makan sama sekali....aku coba gugling n buah yang cukup aman bagi ibu hamil dan penderita maag adalah melon bund...karena dia bisa membantu menurunkan kadar asama lambung kita....dan ketikan dimakan Alhamdulillah lambung rasanya adem.....

Dan sampai sekarangpun, aku berusaha sebisa mungkin untuk mengurangi makanan bersantan (paling klo lagi kepengen ajah...hihihi), teh, makanan asem n kecut....

Maaf klo misalkan sharing saya tidak bisa banyak membantu bunda triee....
Semangats y bund.....


   
13-02-2011 16:24:39 sakit gigi
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9
Ketakutan para ibu hamil untuk kontrol gigi secara rutin disebabkan adanya anggapan mengenai efek samping dari tindakan kedokteran gigi seperti timbulnya cacat pada banyi ataupun kesulitan pada saat persalinan. Padahal, sebetulnya sebagian besar tindakan kedokteran gigi tidak mengakibatkan efek yang membahayakan kandungan. Dalam hal ini yang terpenting adala adanya komunikasi yang baik antara dokter gigi dan ibu hamil serta dokter ginekolog yang merawatnya. Pasien juga perlu memahami risiko dan keuntungan yang akan didapat dari tindakan medis kedokteran gigi tersebut.
Malah ibu hamil tidak memeriksakan gigi secara rutin ataupun mengobati dengan segera keluhan di giginya secara rutin ataupun mengobati dengan segera keluhan di giginya akan memberi dampak buruk bagi dirinya sendiri dan juga sang janin. Sebuah penelitian yang menarik dari American Academy of Pediatric Dentistry tahun 2007, menyatakan adanya risiko untuk melahirkan bayi dengan berat badan rendah (preterm low birth weight/ PLBW) pada ibu hamil yang menderita radangan di rongga mulut (periodontitis). Penelitian lain yang dilakukan Contreras A dalam Jurnal Periodontology tahun 2006, menduga adanya hubungan periodontitis dengan pre-eklampsia, suatu kondisi kehamilan yang ditandai dengan hipertensi dan proteinuria.

Perawatan gigi selama hamil.

Kontrol diet merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Ibu hamil harus mendapt asupan nutrisi yang cukup, meliputi vitamin A, C, D, protein, kaslium, folat, fluor, dan lain-lain. Kebutuhan makan yang meningkat membuat ibu hamil cenderung meningkatkan frekuensi cemilan di luar waktu makan. Mengingat cemilan banyak mengandung gula, sebaiknya asupan cemilan dibatasi dan segera membersihkan mulut segera setelah makan cemilan.
Perawatan rutin untuk meningkatkan higienitas rongga mulut yang meliputi pembersihan karang gigi dan plak aman dilakukan baik pada trimester 1, 2 maupun 3. sebaiknya dilakukan lebih sering untuk meningkatkan derajat kesehatan rongga mulut. Sikat gigi yang baik dan benar serta kumur dengan obat antiseptik seperti chlorhexidine 0,12% sangat dianjurkan.
Perawatan lain seperti penambalah gigi dan perawatan saluran akar masih bisa dilakukan. Penambalan dengan bahan amalgam yang mengandung mekuri, terbukti aman. Sangat disarankan untuk melakukan perawatan dan penambalan pada semua gigi yang rusak untuk menghindari terjadinya infeksi dan rasa sakit pada saat trimester akhir.
Kecuali dalam keadaan darurat, disarankan untuk melakukan pencabutan gigi pada trimester ketiga. Pada waktu ini, pembentukan organ sudah lengkap, dan merupakan waktu paling nyaman bagi ibu hamil untuk menerima perawatan dibandingkan saat trimester ketiga akhir. Perawatan lain yang bersifat kosmetik seperti pemutihan gigi (bleaching) sebaiknya ditunda dulu.
Keadaan darurat seperti abses atau infeksi akut yang memerlukan penanganan segera, dapat dilakukan pada trimester berapapun juga.
Foto rontgen atau x-ray sebaikanya dilakukan hanya bila perlu dan ibu hamil harus memakai pelindung berupa lapisan timah (apron). Apabila memungkinkan sebaiknya tindakan itu ditunda sampai setelah melahirkan. Para ibu hamil perlu memberitahu adanya kehamilan pada petugas yang melayani.
Secara keseluruhan, sangat disarankan untuk mulai menjaga kebersihan dan kontrol gigi secara rutin sejak awal kehamilan. Komunikasi antara dokter gigi, ibu hamil dan dokter ginekologi perlu lebih intensif, sehingga risiko dapat diminimalkan.
Semoga pameo setiap kali hamil, satu gigi hilang tidak berlaku lagi.

   
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9

Mengapa Wasir Muncul Saat Hamil?

Saat hamil, jumlah dan sirkulasi darah dalam tubuh Ibu meningkat sehingga vena-vena Ibu membesar. Sayangnya, vena di sekitar bokong Ibu menjadi lebih lamban dan bengkak. Terutama ketika rahim Ibu yang terus membesar menekan vena-vena tersebut.

Penyebab lain adalah kebiasaan menahan buang air besar. Jadi bila Ibu mengalami konstipasi atau sembelit, makanlah makanan berserat tinggi dan minum banyak air untuk membantu mengatasi wasir.

Obat wasir

Selain banyak minum dan makan makanan kaya serat, Ibu bisa minum obat wasir bila diperlukan. Tetapi karena obat-obatan yang bisa Ibu konsumsi selama hamil terbatas, sebaiknya konsultasikan pada dokter bila Ibu ingin menggunakan krim, ointment atau obat yang dimasukkan ke dalam anus untuk meredakan wasir.

Pertolongan Pertama
Selain obat, ada tips lain untuk menghindari wasir :

  • Kurangi tekanan pada perut Ibu dengan berbaring miring ke kiri selama beberapa saat.

  • Mengangkat kaki  selama sekitar 20 menit  juga dapat membantu.

  • Hindari sabun, bedak  atau tisu basah berparfum.

  • Cuci bokong  dengan air saja setelah buang air dan keringkan.

  • Gunakan pakaian dalam katun yang longgar agar tubuh lebih nyaman.

  • Jangan menahan bila ingin buang air.

  • Latihan fisik ringan untuk meningkatkan sirkulasi darah.

  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.Buat tubuh rileks dengan mandi berendam air hangat jika Ibu merasa gatal atau gunakan kompres es sebagai gantinya.

Lalu berbahayakah saat persalinan nantinya? Yang perlu dikhawatrikan dari bahaya wasir pada wanita hamil adalah timbulnya pendarahan yang bisa mengakibatkan anemia. Tetapi wasir bukan penghalang bagi ibu hamil yang ingin melahirkan normal meskipun wasir yang ia derita berada pada grade 3. “Jika memang nantinya harus digunting, maka saat pengguntingan bisa diatur arahnya. Misalnya tidak menggunting ke arah anus tetapi ke sampingnya. Jika menggunting ke arah anus dikhawatirkan akan terjadi pendarahan. Jadi tidak ada alasan bahwa ibu hamil dengan wasir harus melakukan operasi sesar. Kecuali memang ada indikasi lain yang mengharuskan operasi sesar dilakukan.” 

Yang juga perlu diketahui, gangguan wasir yang dialami ibu hamil tidak akan pulih sepenuhnya, setelah proses persalinan dilalui. Pasca kelahiran, gangguan wasir hanya grade-nya saja yang menjadi berkurang. “Misalnya ibu hamil yang menderita wasir saat itu grade wasirnya 3. Usai melahirkan grade wasirnya tidak pulih menjadi nol. Tapi hanya turun menjadi 2, misalnya. Tapi bila wasir itu tidak diobati, kemungkinannya grade-nya bisa tumbuh menjadi 3 atau bahkan 4.” Jika  wasir yang dideritanya pada kehamilan sebelumnya tidak sembuh total, maka penyakit wasirnya berisiko akan menjadi bertambah parah pada kondisi kehamilan berikutnya, karena grade-nya bertambah. Pertambahan usia, risiko kehamilan yang besar, dan berat badan yang meningkat juga akan berisiko memperparah wasir.



   
07-01-2011 16:55:59 tips2 untuk hamil kembar
Jumlah Posts : 64
Jumlah di-Like : 1
Dear Bunda Wyta......... Waaaaaaaaaaah selamat yah bunda, QT smaan dunk...tpi kok bsa yah bru terdeteksi skrg, klo aq dah dri USG k 2x...pas kantung janin dah kliatan, rsanya takjub bgt dan surprise pstnya.

aku pernah bca tentang artikel kehamilan kembar...mdh2an membantu bunda utk lbh memperhatikan kehamilannya...ok

http://bayikita.wordpress.com/2009/02/20/tips-hamil-kembar/

RISIKO kehamilan kembar lebih besar dari kehamilan tunggal. Pada kehamilan kembar, Anda akan mengalami perubahan fisik yang sama seperti ibu hamil lain. Namun, karena tubuh Anda menopang lebih dari satu bayi (multiple), rasa tidak nyaman akan terasa lebih berat. Kenaikan berat badan lebih cepat.

Akibatnya akan muncul kesulitan lain seperti sakit punggung, sesak napas, dan sering berkemih. Anda juga lebih rentan terhadap rasa nyeri pada perut, sembelit, dan bengkak. Penambahan beban pada jantung, paru-paru, dan ginjal mengakibatkan Anda merasa lebih cepat lelah.

Tentu saja Anda tak perlu harus cemas. Berpikir lah positif. Bukankah Anda meiliki kelebihan dibandingkan ibu lain? Setidaknya jika orang lain yang hendak punya dua anak harus hamil dua kali, Anda hanya perlu sekali bukan? Yang Anda butuhkan adalah kesiapan fisik dan mental, baik selama kehamilan, saat persalinan maupun pasca persalinan.

Bagi ibu hamil kembar, ada saran yang perlu disimak:

1. Terapi nutrisi. Ini harus diterapkan bagi semua ibu hamil kembar, tak peduli berapa berat badannya untuk memastikan pertumbuhan janin optimal dan berat badan lahir lebih tinggi.

2. Makanlah diet seimbang termasuk padi-padian, produk susu, buah, dan sayur segar, makanan kaya protein, seperti ikan, ayam, daging, keju, kacang-kacangan, dan telur. Ingat, Anda memerlukan sekira 1,5 kali lebih banyak daripada ibu hamil tunggal.

3. Banyak minum air putih. Minumlah delapan sampai sepuluh gelas air perhari untuk mencegah dehidrasi. Jika dokter memberikan suplemen penambah darah, minumlah secara teratur untuk mencegah anemia dan sekaligus sebagai nutrisi untuk kedua janin.

4. Banyak istirahat. Kehamilan kembar menambah beban tubuh Anda sehingga Anda perlu banyak istirahat. Seringlah berbaring agar aliran darah ke plasenta meningkat dan pertumbuhan janin lebih pesat. Jika Anda termasuk wanita berbanyak aktivitas, pertimbangkan cuti lebih awal.

5. Kontrol kehamilan secara teratur. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa merasa lebih tenang karena kehamilan kembar Anda dimonitor secara teratur, sehingga dapat membantu menurunkan risiko atau komplikasi yang mungkin terjadi.

6. Siapkan mental. Anda mungkin mengalami perubahan suasana hati. Jangan sungkan membicarakan segalanya dengan pasangan. Tak kalah penting, rencanakan apa yang akan Anda lakukan setelah kelahiran si kembar. Mintalah dukungan suami dan juga keluarga Anda.

7. Cari dukungan positif. Hindari cerita-cerita menyeramkan tentang kehamilan kembar. Lebih baik simak cerita dan pengalaman positif dari orang yang pernah hamil anak kembar.

8. Gandakan biaya. Ada baiknya Anda bersiap-siap secara finansial. Seorang anak saja sudah memerlukan tambahan biaya, apalagi mendapatkan dua atau tiga anak sekaligus. Jadi, gandakan saja biaya perawatannya. Sebaiknya Anda mulai menyediakan biayanya mulai sekarang.