SITE STATUS
Jumlah Member :
493.789 member
user online :
1039 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: dokter spesialis anak yang bagus di jakarta utara

New Topic :  
16-11-2011 13:38:44 Dokter anak yang bagus
Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : belum ada like
Hai Bunda..
Share informasi dong, dokter spesialis anak yang bagus di RSIA Hermina Jatinegara sama RSI Pondok Kopi dong. Dan kalau untuk biaya konsultasi dan lainnya lebih murah mana ya,,
Thx bunda..
   


Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
teman2 mau info dong..siapa dokter spesialis anak yang bagus di RSIA. Hermina Tangerang. Mohon infonya ya? Tks
   
06-07-2011 11:58:46 Dokter Anak di Jakarta Utara
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
Hi Bunda...

Mau tanya, ada yg tau g dokter spesialis anak yg bagus di daerah kelapa gading, sunter atau cempak putih juga boleh..

thanks y bun...
   


04-12-2009 22:57:17 Dokter spesialis anak
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
hallo bunda semuanya,aq minta infonya dnk dokter spesialis anak yang profesional di surabaya,tengkyu semuanya :)
   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear para Bunda yang cantik,

Share di sini donk untuk dokter kandungan yang bagus di Jakarta Selatan dan tolong sebutin di RS mana..

Share juga yaa kalo ada yang sudah pernah konsultasi & melahirkan sm dr. E. Rohati & dr. Eva Roria Silalahi...

Aku lagi hamil anak ke-2, anak pertama melahirkan tahun 2011 lalu, nah skr aku lagi check up sama dr. Eva Roria...pengen tau lebih banyak soal pengalaman Bunda yang sudah pernah ditangani dokter-dokter itu...

Sangat ditunggu sharingnya yaa, Bunda...

Thank you sebelumnya :)
   


17-02-2011 20:09:13 anak cacingan
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9

Cacingan merupakan penyakit khas daerah tropis dan sub-tropis, dan biasanya meningkat ketika musim hujan. Pada saat tersebut, sungai dan kakus meluap, dan larva cacing menyebar ke berbagai sudut yang sangat mungkin bersentuhan dan masuk ke dalam tubuh manusia. Larva cacing yang masuk ke dalam tubuh perlu waktu 1-3 minggu untuk berkembang. Cacing yang biasa “menyerbu” tubuh manusia adalah cacing tambang, cacing gelang, dan cacing kremi.

“Di daerah dimana sanitasi lingkungan masih buruk, seperti Indonesia, hampir 90 persen anak-anaknya pasti terkena cacingan,” lanjut Adi.

Di Indonesia seharusnya tidak lagi menggunakan septictank untuk keperluan buang air besar. “Khususnya di Jakarta, karena daerahnya sangat padat, seharusnya tinja langsung dibuang ke tempat penampungan, seperti di Singapura.”

Ketika seorang anak yang cacingan buang air besar di lantai, maka telur atau sporanya bisa tahan berhari-hari, meskipun sudah dipel. “Sebelum dapat rumah, larva tidak akan keluar (menetas). Begitu masuk ke usus, baru ia akan keluar.”

Selain melalui makanan yang tercemar oleh larva cacing, cacing juga masuk ke tubuh manusia melalui kulit (pori-pori). Dari tanah, misalnya lewat kaki anak telanjang yang menginjak larva atau telur. Bisa juga larva cacing masuk melalui pori-pori, yang biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal.

“Setelah menembus kulit, ia masuk ke pembuluh darah vena (balik), lalu menuju paru-paru. Nah, di paru-paru inilah muncul Sindroma Loffler. Anak jadi batuk seperti TBC, berdahak seperti asma. Ini termasuk ke dalam siklus perjalanan cacing.”

Setelah itu, cacing menggigit dinding usus bertelur dengan cepat di usus. “Di usus inilah makanan dipecah menjadi nutrient (zat gizi elementer yang sudah bisa diserap oleh usus). Ini yang “dibajak” oleh cacing. Jadi, cacing itu memang berdomisili di usus, karena ia tidak bisa mencernakan sendiri makanan. Ia harus makan yang sudah setengah cerna.”
Selain siklus normal, cacing juga bisa menyebar ke tempat-tempat lain, seperti hati atau bagian tubuh lain.

Dampak cacingan ternyata tidak sepele. Dari pertumbuhan fisik yang terhambat, hingga IQ loss. Dampak yang paling banyak adalah anemia atau kadar haemoglobin (Hb) rendah. Adi melanjutkan, Hb sangat vital bagi manusia.

“Fungsinya seperti alat angkut, seperti truk, yang membawa oksigen dan makanan dari usus ke seluruh organ tubuh,” jelas Adi yang mengibaratkan fungsi kerja Hb yang seperti Bulog yang mengantar beras. “Kalau truk-nya sedikit, ya kiriman berasnya akan telat. Begitu pun pada orang yang anemia. Suplai oksigen dan nutrient ke otak sedikit, ke ginjal sedikit.”

Padahal, seorang anak yang sedang tumbuh membutuhkan banyak nutrient. “Nutrisi itu dibagi dua, yaitu makro nutrient (karbohidrat, lemak, protein, air) dan mikro nutrient (vitamin dan mineral). Nah, ini yang dibajak. Jadi, yang gemuk cacingnya, bukan anaknya,” tandas Adi. “Di dalam tubuh, cacing-cacing ini akan beranak lagi, lagi, dan lagi. Kadang-kadang, kalau menggumpal, bentuknya seperti bola. Bisa juga terjadi “erratic”, cacing keluar keluar lewat hidung atau mulut.”

Anemia membuat anak gampang sakit karena tidak punya daya tahan. “Gimana mau sehat kalau zat-zat untuk membuat daya tahan, terutama protein, sudah dibajak di usus oleh cacing,” lanjutnya. Anak juga akan kehilangan berat badan, dan prestasi belajar turun.

Berakibat fatal

Cacingan juga bisa berakibat fatal. “Bisa ke empedu, meski jarang, atau bikin usus bolong. Fatalnya memang tidak secara langsung, tapi karena fisiknya lemah, daya tahan turun, maka penyakit lain pun masuk. Nah, penyakit lain inilah yang bikin fatal.”

Gejala cacingan biasanya ditandai dengan sakit perut, diare berulang, dan kembung. “Seringkali juga ada kolik yang tidak jelas dan berulang,” jelas Adi. Kalau sudah parah, “Muka anak akan tampak pucat dan badan kurus. Ini berarti sudah terjadi pemiskinan secara fisik,” lanjut dokter spesialis anak yang juga pemegang diploma kesehatan publik dari Singapura ini.

Kapan orangtua membawa anak ke dokter? Di daerah tropis dan sub-tropis, apalagi di daerah yang sanitasinya buruk, hampir semua anak pasti cacingan. Di daerah miskin, angka cacingan pada anak bahkan dipastikan bisa 100 persen.

“Jadi, nggak perlu diperiksa, pasti cacingan. Oleh karena itu, setiap enam bulan sekali pada masa usia tumbuh, yaitu usia 0 sampai sekitar usia 15 tahun, anak diberi obat cacing.” Jangka waktu enam bulan ini untuk memotong siklus kehidupan cacing.

   
04-12-2007 12:41:56 MERAWAT GIGI BUAH HATI
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Aku tinggal di jakarta barat, memangnya kalo di bandung, dokter gigi anak yang bagus ada dimana?
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
mau tanya dong bun.. dokter anak yang bagus di karawang di mana ya ??
   
22-07-2015 11:07:55 bayi diare sdh 9 Hari
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Hemm.. kalo gitu coba bawa ke dokter spesialis anak yang rekomen bun.. jangan dibiarin terlalu lama.. dan yang pasti kebersihannya di jaga ekstra ya. Ganti popok yang sering dan bersih.

   
09-01-2014 12:10:36 kelainan alat kelamin
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok, bulan desember kemarin saya mlahirkan anak laki-laki tapi ada yang aneh pada alat kelamin anak saya, yaitu lubang kencingnya di bawah samping. Kira-kira bagaimana kelanjutannya? Apakah harus di operasi atau bagaimana?

Dari : Alviatu Nia

Jawaban:

Dear Bunda,







Kelainan letak lubang kencing pada anak laki-laki disebut dengan Hipospadia, ini merupakan kelainan bawaan. Penatalaksanaan dari keadaan ini adalah dengan operasi, dan dapat dilakukan secara bertahap. Usia dilakukan operasi pada anak tergantung dari hasil pemeriksaan keadaan umum anak tersebut, dan pada umumnya dilakukan bila anak sudah melewati usia 1 tahun. Bunda lebih baik berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang memeriksa anak Bunda ataupun dokter bedah yang akan melakukan operasi tersebut berkaitan dengan keadaan anak Bunda.






   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Untuk Bayi di bawah 6 bulan sebaiknya diberikan ASI eksklusif, untuk merangsang produksi ASI maka pengeluarannya (baik di minum oleh anak ataupun dengan di peras) harus selau dilakukan secara rutin. MEskipun anak tersebut meminum banyak ASI, maka sebanyak itupun produksinya akan terjadi. JAdi semakin banyak anak minum, ASI akan semakin banyak terproduksi sehingga anak itu selalu tercukupi. Cobalah memeras ASI sebelum berangkat bekerja, kosongkan kedua payudara. Dan lakukan di tempat kerja setiap 2-3 jam sekali, kemudian di taruh dalam lemari es untuk d bawa pulang, demikian pada malam hari kosongkan juga payudara ketika bayi tidak menyusu, untuk di bekukan di dalam lemari es, DEngan begitu, bayi ANda tidak perlu menggunakan susu formula sebelum usia 6 bulan. BIla Bunda tetap ingin memberikan susu formula, konsultasikan dengan dokter spesialis anak yang memeriksa anak Bunda.

   
16-11-2012 09:41:29 menangis sampai membiru
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
malam bunda saya mau tanya....???? anak saya sekarang berusia 18 Bln sering kejang ketika ada masalah atau ketika nangis saking kesal. mulutnya terlihat biru mukanya pucat napasnya panjang sampai suaranya gak keluar sambil kejang setelah beberapa saat ditangani sendiri sebisa mungkin langsung pingsan. setelah tanya ke paraji dan bidan itu hanya kejang biasa nanti juga bakalan sembuh "katanya" terus ada masukan dari teman saya itu harus seken otak karena tersumbatnya oksigen pada otak. yang jd pertanyaan ": 1. ada apakah dengan anak saya? 2. Apa benar itu tidak menjadi masalah 3. Dengan cara apa anak saya dapat sembuh? mohon penjelasannya sedetil mungkin terimakasih....

Dari : ranjie

Jawaban:


Dear Bunda,


Adakalanya seorang anak bayi maupun balita memiliki kebiasaan buruk menangis dan menahan nafasnya sejenak hingga tampak membiru kemudian Ia akan menangis kembali. Hal ini terutama untuk menarik perhatian dari pengasuhnya bila keinginannya tidak dituruti (terutama pada balita).


Hal yang perlu Bunda perhatikan adalah;  


Apakah bayi anda mempunyai penyakit jantung bawaan(yang terjadi semenjak ia berada di dalam kandungan)? Untuk memastikan hal ini, Bunda sebaiknya berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Anak yang merawat bayi Anda.


 Keadaan berikutnya, apakah bayi nAda mengalami demam  tinggi di atas 37 derajat Celsius saat ia “tampak kejang” dan menangis


Apakah tanpa menangispun anak Anda pernah mengalami pingsan ataupun kejang?. Bila kejang atau pingsan sering terjadi, maka sebaiknya di periksakan lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada penyakit lain , epilepsy sebagai contohnya.


Apabila setelah diperiksa memang tidak ada kelainan atau penyakit, maka kebiasaan menangis sambil menahan nafas merupakan kebiasaan yang dilakukan karena anak Anda marah dan menginginkan perhatian. Tenangkan dengan lembut ketika anak Anda menangis, jangan mengguncang-guncang anak Anda agar tidak terjadi cedera, pastikan tidak ada benda yang menyumbat pada saluran pernafasannya (hidung maupun mulut). Lambat laun kebiasaan ini akan menghilang dengan bertambah dewasanya anak Anda, bila perlu konsultasikan Anak anda pada klinik tumbuh kembang untuk  mengetahui apakah ada masalah lain (masalah emosi atau komunikasi) pada anak Bunda. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.


   
20-03-2012 15:57:05 Dokter gigi anak
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
Halo bunda2 yang cantiik.. ak lagi bingung nih cari dokter gigi anak yg friendly untuk si sulung nadhif, coz gigi susunya keropos gara2 keseringan minum susu botol untuk penghantar tidurnya. kira2 bunda2 tau gak ya dokter gigi anak yang bagus. oh ya ak tinggalnya di daerah bekasi. please kasih info ya bund.. makasiiiiiiiiiiih banget.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dear dktr,saya ingin menanyakan tentang empong.adakah akibat negatif dari pemberian empong kepada bayi??jika ada apa sajakah itu??kemudian soal imunisasi pada bayi prematur.bgmn pemberiannya ?kpn waktu yg tepat??bayi saya lahir prematur 33mgu. di inkubator selama 19hari,blm mendapatkan imunisasi sama sekali.
trimakasih atas tanggapannya

Dari : indie habibi

Jawaban:

Dear Bunda,

Pemberian empeng atau empong atau pacifier pada bayi akan mengakibatkan bayi bingung puting, dan biasanya enggan menyusu ASI pada payudara ibu. Pacifier biasanya di gunakan pada usia balita ketika ia sampai pada tahapan memasukkan barang-barang di sekitarnya ke dalam mulut. Pada bayi premature, pemberian imunisasi biasanya akan ditunda, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak yang menangani bayi Anda untuk membicarakan jadwal imunisasi bayi Anda. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : 4
Dear Mama Calista..........

Salam kenal ya.......

Kebetulan bed Bunda di daerah Ciputat...
klo Bunda tau RSIA "BUAH HATI" CIPUTAT - KEDAUNG...
di situ ada dokter spesialis Anak yg bagus dan Oke....
Bunda tgl cari info Hub : 021 7463 2222,, Dgn Dr. Adit SpA...........

semoga berkenan ya Bun...........