SITE STATUS
Jumlah Member :
493.668 member
user online :
1168 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: dari dalam telinga keluar cairan dan men

New Topic :  
14-06-2016 13:52:00 anak lemas seharian
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Saat anak mengalami diare atau muntah maupun demam tinggi, banyak mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Keluarnya cairan ini dapat mengakibatkan keadaan dehidrasi bila asupan cairan yang masuk tidak dapat mengimbangi jumlah cairan yang dikeluarkan. Selain air, cairan yang keluar saat demam dan diare juga mengandung elektrolit dan mineral. Karena itu, bila anak bayi dan balita mengalami demam ataupun diare dan muntah, disarankan untuk dilakukan perawatan untuk mencegah perburukan keadaan karena terjadinya dehydrasi.

Pada masa pemulihan, berikan asupan cairan dan makanan yang cukup sesuai dengan saran dokter. Berangsur-angsur anak Anda akan kembali membaik seiring membaiknya keadaan umumnya dan pulih dari dehidrasi serta penyakitnya.

   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Sore bunda nama saya fanny 31 thn anak seraphim 6 bulan 21 saya inggin manayakan anak saya berusia 6 bulan 21 hari tp belom bisa Mpasi , sudah. Di coba pisang beras merah biskkuit baby tp tetep muuntah. Biasanya muntaha terjadi 3-4 jam stelah makan pasti muntah yg keluar cairan dan makanan yg dimakan , bahkan terakhir dia di opname karna dehidrasi , sera saat ini beratnya 7.4 kg PB 68cm. Seraphim lahir 12 mei 2013 BBL 2990 gram , saya sanggat mengkuatirkan situasi ini .adakan informasi yg bisa saya dapatkan untuk anak saya ini , trimakasih Info bunda

Dari : Fanny Maolana

Jawaban:

Dear Bunda,



MPASI adalah makanan pendamping ASI yang sudah bisa diberikan ketika bayi menginjak usia 6 bulan. Namun perlu diperhatikan, untuk memberikan MPASI, sang bayi juga sudah memasuki tahap kesiapan untuk menerima makanan setengah padat tersebut. Salah satu tanda yang dapat Bunda perhatikan adalah, bila sang anak selalumendorong lidah mengeluarkan makanan yang disuapkan kepadanya, dapat berarti reflek menghisapnya masih lebih dominan dibandingkan gerakan mengunyah, Bunda harus lebih bersabar dalam memberikan MPASI dalam keadaan ini. Berikan ASI sesering yang anak Anda inginkan jangan sampai terjadi dehydrasi. Makanan yang sangat lembut dapat diberikan sebanyak 1-3 sendok dalam sekali waktu makannya. Jangan dipaksakan memberikan makanan bila bayi Anda sudah merasa kenyang.


   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Sore dok...
sabtu yg lalu anak saya Muntah, Panas 39.4C dan besok paginya BAB smpai 6kali (encer). Kndisi anaknya masih aktif dan agak rewel & maunya digendong terus. dan sampai sekarang BAbnya msh sering tp sedikit2 dan berwarna hijau + berlendir.
Apa yang harus saya lakukan dok, sabtu kemaren udh kedokter dikasih parasetamol + Oralit + obat utk mules lupa namanya.

Dari : TiurMayda

Jawaban:

Dear Bunda,







Saat anak mengalami diare atau muntah maupun demam tinggi, banyak mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Keluarnya cairan ini dapat mengakibatkan keadaan dehidrasi bila asupan cairan yang masuk tidak dapat mengimbangi jumlah cairan yang dikeluarkan. Selain air, cairan yang keluar saat demam dan diare juga mengandung elektrolit dan mineral. BIla setelah diobati, keadaan anak Bunda belum membaik, maka sebaiknya kembali kontrol kepada dokter yang dahulu memberikan pengobatan, untuk diperiksa dan diberikan pengobatan yang sesuai.















 






   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
anak saya umur 11 bulan & dirawat inap di Rs 4 hari. disaat demam sudah turun dan tidak diare lagi badanya sangat lemas dan hanya tidur saja..padahal anak saya anak yg aktif..menurut dokter kenapa dengan anak saya...dan bagaimana cara menyikapinya?terima kasih

Dari : Anna Saputra

Jawaban:

Dear Bunda,



Saat anak mengalami diare atau muntah maupun demam tinggi, banyak mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Keluarnya cairan ini dapat mengakibatkan keadaan dehidrasi bila asupan cairan yang masuk tidak dapat mengimbangi jumlah cairan yang dikeluarkan. Selain air, cairan yang keluar saat demam dan diare juga mengandung elektrolit dan mineral. Karena itu, bila anak bayi dan balita mengalami demam ataupun diare dan muntah, disarankan untuk dilakukan perawatan untuk mencegah perburukan keadaan karena terjadinya dehydrasi.



Pada masa pemulihan, berikan asupan cairan dan makanan yang cukup sesuai dengan saran dokter. Berangsur-angsur anak Anda akan kembali membaik seiring membaiknya keadaan umumnya dan pulih dari dehidrasi serta penyakitnya.






   
22-04-2008 07:47:23 Keputihan
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal didalam vagina dan disekitar bibir kemaluan bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.



Gejala keputihan

Keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, dan kadang-kadang berbusa. Mungkin gejala ini merupakan proses normal sebelum atau sesudah haid pada wanita tertentu.

Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya.

Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau yang daya tahan tubuhnya lemah. Sebagian besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin luar.

Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta atau uri.

Gadis muda terkadang juga mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

   


Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : belum ada like
lanjut sharing kemarin bunda.. hari selasa kmrn q dbw k rs krna mulas dan keluar cairan. tp srlh di cek dokter katanya ketuban msh byk dede jg msh aktid n sehat. dan pembukaan masih 2. dari kemarin sy sdg diobservasi brp x kontraksinya
tp srg dtg n pergi. tp skalinya datang mulesnya hebat smpe keringat dgn mncul dan keluar cairan. dan siang nnti tgl tkgu dipriksa sokter lg. ad tmbahan bukaan n ketubane msh bagus apa ga
.tdnya suami minta di sc. tp kt dokter blm mau ambil tindakan krna masih 39 belum saatnya lahir dan maaih ada kaempatan buat nunggu dede keluar sensiri. mnta doanya ya bun
   
Jumlah Posts : 405
Jumlah di-Like : 4
kynya kurang jelas nih bun, maksudnya airnya berasal dr dlm telinga atau gmn?
atau ada yg salah dengan anatominya?

kaya anak saya, xavier, ada lubang kecil seperti tindikan d telinganya sehingga berisiko keluar air yg berbau dr lubang tersebut akibat kemasukan air sabun..

tp klo baby bunda tidak ada lubang seperti itu dan airnya berasal dari dlm lubang telinga, lebih baik ke dokter THT bun, apalagi klo berkelanjutan...
setau saya klo dari lubang telinga keluar air seperti itu ada sesuatu yg tidak beres dengan gendang telinganya, bisa sobek atau luka kecil yg masih bisa disembuhkan..

jadi, jangan lupa kontrol k dokter THT bila kondisi tersebut berulang..
   
06-07-2016 21:10:06 hpl juli 2016
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda Nei,, kalo jalan., udah gak kuat lg. malah di suruh Sujud. dan kalau dedeknya kontraksi, pasti ada keluar cairan dan terasa gatel di miss v nya. apa bunda ngerasain yg sama jg???
   
25-05-2016 08:38:54 masa nifas
Jumlah Posts : 228
Jumlah di-Like : belum ada like
bun, saya mau tanya nih, saya baru 16hr pasca melahirkan secara normal, dari miss v keluar cairan bening tapi rasanya gatal itu kira" cairan keputihan atau cairan apa ya bun...terus gmna pengobatannya biar rasa gatalnya hilang soalnya gak nahan bgt rasa gatalnya digaruk takut lecet.
   
25-04-2015 18:45:55 Uk 37w
Jumlah Posts : 85
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 ada yg ngerasain kyk dicelana dalam ada keluar cairan kadang campur keputihan, aku takutnya rembes ketuban
   
Jumlah Posts : 480
Jumlah di-Like : belum ada like

Biocerum



Price : Rp 697.000

Biocerum merupakan sebuah serum terbaru yang efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kekencangan kulit, melemaskan dan menyegarkan kulit, mempertahankan kelembaban dan mencerahkan kulit, mengurangi timbulnya flex / bercak coklat dan mempertahankan warna kulit serta mencegah garis-garis halus dan kerut.



Kulit Cantik dalam 4 Hari.


Day 1 : Soothing and Night Repair Serum

Memperbaiki kulit muka dari dalam dengan cara merawat dan melindungi kulit dari iritasi akibat debu dan sinar matahari. Berfungsi melembabkan permukaan kulit sekaligus merawat masalah kulit kering. Menenangkan dan relaksasi kulit ketika anda sedang tertidur.


Day 2 : Revice C Serum

Diformulasikan dengan vitamin C untuk mencukupi kebutuhan vitamin pada sel kulit. Mengecilkan pori - pori & membantu petumbuhan sel kulit baru agar wajah lebih halus, mulus, segar dan berkilau.


Day 3 : Fair Complex Serum

Merawat kulit dari dalam untuk mengurangi bintik2 hitam, mencerahkan, & meratakan warna kulit. Memberi kilauan disetiap inci kulit secara alami.


Day 4 : Premium 24K Gold Serum

Dengan fomulasi emas 24 karat, serum ini mampu menghasilkan kolagen yang dapat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak dan menjadikan tekstur kulit lebih kencang. Serum ini juga mampu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit sehingga kulit anda akan lebih cerah dan senantiasa awet muda.

Cara Penggunaan
- Cuci wajah secara menyeluruh dengan menggunakan pembersih yang cocok untuk memastikan bahwa wajah adalah bebas dari kotoran. Keringkan wajah dan tangan sebelum menggunakan serum.
- Tuangkan serum ke telapak tangan Anda
- Usapkan serum ke seluruh wajah dan leher secara merata.
- Lakukan pijatan ringan pada wajah 3 sampai 5 menit sampai serum menyerap ke dalam kulit.

Untuk pemesanan silakan hubungi:
Sms : 0819-11798837
Email : rahasiacantik@ymail.com
Web : rahasiacantik.com

   
Jumlah Posts : 480
Jumlah di-Like : belum ada like

Biocerum



Price : 697.000


Biocerum merupakan sebuah serum terbaru yang efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kekencangan kulit, melemaskan dan menyegarkan kulit, mempertahankan kelembaban dan mencerahkan kulit, mengurangi timbulnya flex / bercak coklat dan mempertahankan warna kulit serta mencegah garis-garis halus dan kerut.

Kulit Cantik dalam 4 Hari.


Day 1 : Soothing and Night Repair Serum

Memperbaiki kulit muka dari dalam dengan cara merawat dan melindungi kulit dari iritasi akibat debu dan sinar matahari. Berfungsi melembabkan permukaan kulit sekaligus merawat masalah kulit kering. Menenangkan dan relaksasi kulit ketika anda sedang tertidur.


Day 2 : Revice C Serum

Diformulasikan dengan vitamin C untuk mencukupi kebutuhan vitamin pada sel kulit. Mengecilkan pori - pori & membantu petumbuhan sel kulit baru agar wajah lebih halus, mulus, segar dan berkilau.


Day 3 : Fair Complex Serum

Merawat kulit dari dalam untuk mengurangi bintik2 hitam, mencerahkan, & meratakan warna kulit. Memberi kilauan disetiap inci kulit secara alami.


Day 4 : Premium 24K Gold Serum

Dengan fomulasi emas 24 karat, serum ini mampu menghasilkan kolagen yang dapat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak dan menjadikan tekstur kulit lebih kencang. Serum ini juga mampu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit sehingga kulit anda akan lebih cerah dan senantiasa awet muda.

Cara Penggunaan
* Cuci wajah secara menyeluruh dengan menggunakan pembersih yang cocok untuk memastikan bahwa wajah adalah bebas dari kotoran. Keringkan wajah dan tangan sebelum menggunakan serum.
* Tuangkan serum ke telapak tangan Anda
* Usapkan serum ke seluruh wajah dan leher secara merata.
* Lakukan pijatan ringan pada wajah 3 sampai 5 menit sampai serum menyerap ke dalam kulit.

Untuk pemesanan silakan hubungi:
Sms : 0819-11798837
Email : rahasiacantik@ymail.com
Web : rahasiacantik.com

   
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Jika si bayi tersedak, biasanya dia akan batuk untuk mengeluarkan sesuatu yang menghalangi pernafasannya dan muntah secara refleks. Sebenarnya apa sih faktor penyebab bayi bisa tersedak?

  • Salah menyusui

Harusnya saat menyusui, posisi kepala bayi lebih tinggi dari badan atau perutnya. Ini maksudnya agar cairan yang masuk gak keluar lagi dan jadi ganggu jalannya pernafasan. Nah jika bayi disusui dalam posisi miring, kemungkinan bisa tersedak dan muntah. Tapi muntahannya itu bukan dari mulut atau hidung, melainkan telinga dan ini bisa mengakibatkan radang telinga. Akan lebih baik jika saat memberikan ASI atau susu, tegakkan sedikit tubuh bayi.

  • Dipaksa minum susu pas tidur

Bunda, saat bayi dalam keadaan tidur, refleks menelannya gak bagus. Jadi kalau bunda tetap memaksakan dia minum susu saat dia masih tidur, bayi bisa tersedak. Tenang saja, jika dia lapar atau haus, dia akan menangis dengan sendirinya. Jadi, jangan paksa bayi minum susu saat dia masih terlelap.

  • Air liur sendiri

Bisa jadi si bayi tersedak karena air liurnya sendiri saat dia tidur. Sebabnya air liur bayi yang kental karena kurangnya cairan. Nah jika air liurnya agak cair, kemungkinan tersedaknya juga kecil.

  • Tidak sendawa dengan baik

Kalau si bayi terus menerus diberi makan atau minum tanpa disendawakan dengan baik, si bayi bisa tersedak. Karena pemberian makan dan minum dengan cara seperti itu ganggu jalan pernafasan si bayi. Jadi, untuk mencegah tersedaknya bayi, sebaiknya beri makan sedikit demi sedikit saja dan sendawakan si bayi untuk membantu melancarkan jalannya makanan.

  • Faktor kelainan bawaan

Ada juga selain ke-4 faktor tadi, bayi bisa tersedak karena faktor kelainan bawaan, terutama jika berkaitan dengan refleks menelannya. Jika ini jadi penyebabnya, kemungkinan si bayi akan tetap sering tersedak sampai dia dewasa. Untuk yang satu ini coba periksakan ke dokter kira-kira ada pengobatan khusus atau gak. Dan apakah benar karena kelainan.

Note : bayi yang tersedak bisa kena radang paru atau pneumonia loh. Gejalanya yaitu panas tubuh pada bayi, napasnya berbunyi seperti penderita asma dan batuk-batuk. Jadi, usahakan jangan sampai bayi tersedak yah bun. Kalau misalnya bayi tersedak dan masuk angin, gunakan minyak telon konicare bun biar dia merasa hangat.

sumber : ciricara.com

   
18-03-2011 12:42:43 Obat batuk & pilek untuk bayi
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

ikutan nimbrung bunda...

beberapa waktu lalu aku sempat cari-cari info. emang batuk pilek pada anak adalah hal yang biasa aja dan gak butuh antibiotic. yang perlu diwaspadai adalah adanya komplikasi dalam batuk itu. berikut ini ada sedikit info yang aku potong dari situs kesehatan moga bisa nambah referensi kita.

Batuk adalah salah satu keluhan yang sering diungkapkan pasien kepada dokter. Batuk sebenarnya adalah suatu cara yang penting bagi tubuh kita untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernafasan kita. Tetapi batuk yang berlebihan dapat berarti bahwa kita mempunyai suatu gangguan atau penyakit.

Batuk ada yang kering, ada pula yang produktif. Batuk produktif adalah batuk yang berdahak. Dahak disebut juga sputum atau reak.

Batuk dapat akut atau kronik.
Ø Batuk akut biasanya timbul mendadak. Seringkali disebabkan oleh masuk angin, influenza, atau infeksi sinus (sinusitis). Batuk akut biasanya hilang setelah 2 sampai 3 minggu.
Ø Batuk kronik biasanya berlangsung lebih dari 2 sampai 3 minggu.

Penyebab Umum
Disamping infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) seperti influenza, penyebab batuk yang paling sering adalah:
Ø Alergi dan asthma
Ø Infeksi paru-paru seperti pneumonia atau bronkitis akut.
Ø Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis kronik, ephysema
Ø Sinusitis yang menyebabkan postnasal drip.
Ø Penyakit paru seperti bronkiektasis, tumor paru.
Ø Gastroesophageal reflux disease (GERD) ini artinya cairan lambung balik ke tenggorokan, orangnya suka bertahak asam atau pahit.
Ø Merokok
Ø Terpapar asap rokok (perokok pasif)
Ø Terpapar polutan udara
Ø Obat darah tinggi golongan ACE Inhibi



Perawatan Rumah
Beberapa tips untuk mengurangi batuk:
Ø Permen obat batuk atau permen pedas dapat menolong pada batuk yang kering dan menggelitik. Tidak boleh diberikan pada anak-anak berusia dibawah 3 tahun karena dapat tersedak menyumbat jalan nafas.
Ø Menghirup uap hangat dapat menolong batuk kering dengan cara meningkatkan kelembaban di udara.
Ø Minum lebih banyak cairan dapat mengencerkan dahak di tenggorokan sehingga mudah dibatukkan keluar.


Beberapa obat batuk yang dapat dibeli tanpa resep dokter antara lain yang mengandung:
Ø Guaifenesin (Cohistan Expectorant, Probat, Bisolvon Extra, Actifed Expectorant, dll). Yang harus diingat adalah jika minum obat-obatan yang mengandung Guaifenesin adalah harus minum banyak air.
Ø Dekongestan seperti pseudoephedrine (Actifed, Actifed Expectorant, Disudrin, Clarinase, Rhinos SR, Triaminic, dll). Obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine ini dapat digunakan untuk menghentikan pilek encer (meler) dan postnasal drip. Tidak boleh digunakan jika ada penyakit darah tinggi atau untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun kecuali atas resep dokter anda.

Meskipun batuk dapat menjadi gejala yang mengganggu, tetapi batuk adalah cara tubuh kita untuk menyembuhkan dirinya. Beberapa pakar akhir-akhir ini menganjurkan tidak menggunakan penahan batuk pada beberapa situasi. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda sebelum mencoba penahan batuk yang dijual bebas yang mengandung dextromethorphan (Vicks 44, dll).

Jangan mengharapkan atau meminta dokter untuk meresepkan antibiotika untuk infeksi virus seperti influenza atau masuk angin. Antibiotik tidak bekerja terhadap virus. Antibiotik juga tidak mempercepat penyembuhan batuk yang disebabkan alergi.

Hubungi Dokter Anda Jika
Segera ke gawat darurat jika:
Ø Nafas pendek atau sulit bernafas
Ø Pembengkakan di muka dan kerongkongan disertai kesulitan menelan

Segera ke dokter anda jika:
Ø Batuk sangat hebat yang timbul mendadak.
Ø Batuk disertai bunyi nada tinggi pada saat menarik nafas.
Ø Batuk berdarah.
Ø Demam (yang dapat dapat mengindikasikan adanya suatu infeksi bakteri yang memerlukan antibiotika).
Ø Dahak yang kental, berbau busuk, bewarna kuning kehijauan (mengindikasikan adanya suatu infeksi bakteri).
Ø Terpapar dengan seorang penderita TBC.
Ø Penurunan berat badan yang tidak diharapkan atau keringat malam (mengindikasikan terkena TBC).
Ø Batuk lebih dari 10 – 14 hari.
Ø Batuk pada bayi berusia kurang dari 3 bulan.

Apa yang akan dilakukan dokter anda?
Pada keadaan darurat pasien akan diobati pertama-tama untuk menstabilkan kondisinya. Setelah kondisi stabil, maka dokter anda akan menanyakan hal-hal mengenai batuk anda. Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh dokter anda:
Ø Apakah batuk berdarah (berapa banyak, berapa sering, sudah berapa lama).
Ø Apakah batuk berdahak? Bagaimana dahaknya, apakah kental dan sulit dibatukkan?
Ø Apakah batuknya parah? Apakah batuknya kering?
Ø Apakah suara batuknya seperti gonggongan?
Ø Bagaimana pola batuk? Apakah timbulnya tiba-tiba? Apakah makin tambah parah akhir-akhir ini? Apakah batuk memburuk di malam hari? Apakah batuk mulai pada saat bangun pagi?
Ø Sudah berapa lama batuk?
Ø Apakah batuk memburuk jika berbaring pada satu sisi?
Ø Apakah batuk periodik disertai muntah?
Ø Gejala-gejala lain apa yang menyertai batuk? Adakah sesak nafas, demam?

Kemudian dokter anda akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk memeriksa telinga, hidung, tenggorokan dan dada anda.

Mungkin dokter anda akan meminta pemeriksaan tambahan seperti:
Ø Foto rontgen dada.
Ø Analisa dahak (jika batuk berdahak).
Ø Test fungsi paru
Ø Scan paru
Ø Bronkoskopi.

Pencegahan
Ø Jangan merokok dan jangan berada dekat-dekat perokok.
Ø Jika anda memiliki alergi musiman usahakan tetap di dalam ruangan selama alergen udara sedang banyak-banyaknya. Jika memungkinkan, tutuplah jendela dan gunakan AC. Hindari kipas angin yang menarik udara dari luar ruangan. Mandilah dan gantilah baju sesudah berada di luar ruangan.
Ø Jika anda memiliki alergi sepanjang tahun, jangan gunakan bantal dan kasur kapuk, gunakan pembersih udara (air purifier) dan jangan piara hewan peliharaan, dan hindari pencetus lainnya.
   
11-11-2008 08:10:14 anakku jatuh...
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Alo...lam kenal dulu ayah Keiko...   nah tuk jaga2 sih klo punya anak bayi yg udah guling2, klo tidur jangan pake ranjang mendingan ngampar aja tuk menghindari resiko sekecil apapun...trus dipinggir2 kasur dihalangin bantal atau guling...InsyaAllah aman, soalnya kan klo mo guling ketahan bantal..   Mudah2an Keiko sehat2 aja ya... TRAUMA KEPALA RINGAN “ANAK JATUH”Februari 22, 2008

Jatuh adalah satu kejadian yang sering terjadi pada anak baik di dalam maupun di luar rumah. Orangtua tentunya sangat khawatir akan akibat yang terjadi, banyak pertanyaan yang timbul pada saat orangtua mengetahui anaknya jatuh, terutama bila kepla terbentur lantai. Beberapa pertanyaan yang timbul adalah: apa yang harus orangtua lakukan, haruskah segera dibawa ke Rumah Sakit. apakah perlu di lakukan pemeriksaan CT Scan kepala, apa yang harus diperhatikan setelah jatuh, apakah akan berpengaruh di kemudian hari, bagaimanakah mencegah anak jatuh?

Trauma kepala dengan luka di sekitar kepala, tidak selalu menimbulkan kegawatan. Sebaliknya benjolan di daerah samping kepala akibat jatuh ternyata dapat menimbulkan kegawatan. Oleh karenanya, diperlukan pengetahuan yang benar tentang trauma kepala ringan. Menurut American Academy of Pediatrics (1999) trauma kepala ringan didefinisikan sebagai trauma kepala dengan status mental dan neurologis pada pemeriksaan awal normal, dan tidak adanya fraktur tulang kepala pada pemeriksaan fisis. Pada keadaan ini dapat disertai kehilangan kesadaran < 1 menit, kejang singkat setelah trauma, muntah, sakit kepala dan lesu.


Problem anak jatuh

Tidak semua orangtua mengetahui apa yang harus dilakukan saat melihat anaknya jatuh. Sebenarnya informasi yang perlu diketahui tentang anak jatuh adalah:

  • Posisi anak jatuh, bagian yang terbentur lantai: muka, kepala, atau bagian tubuh lainnya
  • Apakah anak pingsan, berapa lama - Adakah benjolan di daerah kepala
  • Adakah patah tulang: leher, bahu, lengan, atau tungkai
  • Adakah sakit kepala atau muntah

Untuk mengetahui akibat jatuh, orangtua seharusnya perlu melakukan pemeriksaan:

  • Yakinkan apakah anak sadar atau tidak: panggil namanya, goyangkan badannya.
  • Rabalah seluruh bagian kepalanya dengan sedikit penekanan, sehingga memastikan adakah benjolan (hematom), nyeri, atau “dekok” (fraktur kompresi) di kepala.
  • Bila ubun-ubun belum menutup, rabalah ubun-ubun apakah membonjol atau tidak. Ubun-ubun membonjol tanda adanya peningkatan tekanan dalam otak, dapat terjadi karena edema otak atau perdarahan.
  • Gerakkan kepala, dan tangan kakinya untuk memastikan tidak ada patah tulang leher, bahu, tulang belakang atau ekstremitas.
  • Perhatikan dengan teliti: mata, kelopak mata, raut wajah atau senyumnya adakah perubahan?.
  • Pastikan penglihatannya tidak terganggu.

Pada anak jatuh terutama dengan kepala terbentur lantai, beberapa keadaan darurat dapat terjadi:

  • Anak tidak sadar, dapat disebabkan perdarahan dalam rongga kepala (perdarahan epidural, subdural), atau akibat pembengkakan (edema) otak, terkenanya pusat kesadaran saat kepala terbentur.
  • Benjolan (hematom) di kepala terutama bila terdapat di daerah samping kepala (temporal), karena fraktur/retak tulang di daerah tersebut dapat merobek pembuluh darah di dinding tulang kepala.
  • Terbenturnya kepala bagian belakang (oksipital) dengan keras dapat menyebabkan pembengkakan otak sehingga penglihatan menjadi terganggu atau buta dalam beberapa hari.
  • Terbenturnya bagian depan kepala (frontal) dapat menyebabkan hematom di pelipis awalnya. Kadang hematom ini akan turun sehingga kedua kelopak mata atas menjadi bengkak.
  • Kekakuan di leher dapat disebabkan perdarahan subdural yang pada pemeriksaan funduskopi didapatkan papil edema atau perdarahan subhialoid.
  • Keluar cairan atau darah dari hidung dan lubang telinga.

Bawalah segera anak ke rumah sakit bila didapatkan kelainan di atas. Tetapi bila tidak, anak dapat diobsevasi di rumah. Pengawasan dilakukan dengan melakukan pemeriksaan setiap 2 -3 jam perhari sampai 3 hari setelah anak jatuh. Selama observasi anak tidak diberikan obat muntah, karena dapat menghilangkan gejala muntah yang bertambah.

Bawalah anak segera ke rumah sakit bila selama observasi didapatkan:

  • Anak menjadi tidak sadar atau tidur terus.
  • Anak menjadi delirium, bingung, dan iritabel.
  • Kejang/kelumpuhan pada wajah atau ekstremitas.
  • Sakit kepala atau muntah yang menetap atau semakin bertambah.
  • Adanya kekakuan di leher.
  • Timbul benjolan di kepala terutama pada daerah samping kepala (temporal).

Di rumah sakit perlu dilakukan pemeriksaan CT Scan kepala untuk melihat adakah fraktur tulang kepala atau perdarahan otak. Rontgen kepala saat ini tidak dianjurkan lagi. Pemeriksaan kepala dilakukan atas indikasi bila dicurigai adanya perdarahan otak dan tidak harus segera setelah jatuh. Ini disebabkan perdarahan otak dapat berlangsung sedikit demi sedikit. Anak yang mengalami perdarahan otak ringan umumnya tidak akan mengalami gangguan perkembangan di kemudian hari.

Pencegahan

Pencegahan sebaiknya dilakukan untuk menghindari anak jatuh atau terbentur kepalanya. Pencegahan dapat dilakukan:

  • Pada bayi <6 bulan, apabila sudah dapat berguling, taruhlah kasur di samping tempat tidur.
  • Bila bayi sudah dapat berdiri berikan pelindung di tempat tidurnya.
  • Bila anak sudah dapat berlari awasi dengan ketat, jangan sampai menarik taplak meja atau pintu rak lemari.
  • Hindari pemakaian baby walker tanpa pengawasan.
  • Jangan biarkan air seni berserakan di lantai.
  • Kakak jangan nakal terhadap adik, misalnya: main dorong dorongan

Kesimpulan

Dari uraian di atas, beberapa hal penting pada kedaruratan anak jatuh terutama bila kepala terbentur lantai:

  • Lakukan tindakan pencegahan anak agar tidak jatuh.
  • Periksalah dengan teliti bila anak jatuh, terutama bila kepala terbentur lantai.
  • Observasi klinis anak jatuh di lakukan selama 3 hari setelah anak jatuh.
  • Bawalah ke rumah sakit bila dicurigai adanya perdarahan otak.
  • Pemeriksaan CT Scan kepala dilakukan sesuai indikasi, tidak selalu dilakukan segera setelah anak jatuh
mudah2an artikelnya bermanfaat ....   salam..Niswa & mom