SITE STATUS
Jumlah Member :
493.681 member
user online :
1641 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: dampak bagi wanita hamil muda bila minum

New Topic :  
06-10-2010 10:39:30 NUTRISI BAGI WANITA HAMIL
Jumlah Posts : 53
Jumlah di-Like : 4
lanjutan ....

Vitamin A

Meskipun kebutuhan vitamin A meningkat selama kehamilan, suplemen vitamin A jarang direkomendasikan untuk wanita hamil karena dapat menyebabkan cacat lahir. 

Cara terbaik untuk meningkatkan asupan vitamin A adalah melalui berbagai sumber makanan seperti susu, ikan, telur, dan margarine. Hati mengandung vitamin A yang terlalu tinggi dan hal ini berhubungan dengan cacat lahir, sehingga konsumsi hati selama kehamilan sebaiknya dihindari. 

Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium. Margarine, keju, ikan berlemak dan telur merupakan makanan yang mengandung vitamin D. 

Suplemen Vitamin

Suplemen multivitamin dan kalsium dapat direkomendasikan bagi wanita-wanita hamil yang: vegetarian, remaja yang mungkin kurang asupan makanan, memiliki kebiasaan merokok, obat-obatan, minum minuman beralkohol, dan wanita gemuk yang sedang mengontrol masukan kalori untuk mencegah kelebihan berat badan yang besar. 

Makan untuk Berdua

Anda tidak perlu makan berlebih selama hamil. Rekomendasi para ahli adalah asupan kalori pada trimester pertama, kira-kira sama dengan sebelum kehamilan. Pada trimester kedua, asupan kalori meningkat sekitar 10% dari trimester pertama, yakni sekitar 600kJ per hari. Tapi ingatlah bahwa kualitas nutrisi jauh lebih penting daripada kuantitas asupan makanan.  

Bahaya Diet

Beberapa wanita khawatir akan pertambahan berat badan selama kehamilan dan memutuskan untuk makan dengan jumlah sedikit untuk menghindari kegemukan. Membatasi makan atau berdiet dalam bentuk apapun dapat berdampak buruk pada kesehatan wanita hamil maupun pada bayi yang sedang dikandungnya. 

Kehamilan di Masa Remaja

Seseorang yang hamil di usia remaja membutuhkan lebih banyak zat gizi daripada seseorang yang hamil di usia dewasa, karena usia ini masih dalam tahap pertumbuhan. Kehamilan di usia remaja kemungkinan akan melahirkan bayi yang lebih kecil karena terjadi rebutan zat gizi antara sang ibu muda dengan janin yang dikandungnya.  

Anemia lebih sering terjadi pada remaja dibandingkan dengan wanita dewasa. Asupan kalsium juga penting diperhatikan karena massa tulang di usia remaja belum maksimal terbentuk dan kurangnya asupan kalsium dapat meningkatkan resiko osteoporosis di kemudian hari. 

Mual dan Muntah

Mual dan muntah, khususnya mual di pagi hari atau morning sickness merupakan hal yang umum terjadi selama kehamilan khususnya di trimester pertama. Untuk meringankannya, anda dapat mengkonsumsi makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat (seperti sandwich atau buah-buahan) setiap dua atau tiga jam.  

Beberapa saran berikut ini mungkin dapat membantu:

§          Makan roti kering, biskuit atau cereal sebelum bangun tidur di pagi hari. Bangunlah secara perlahan-lahan, hindari gerakan yang dilakukan secara tiba-tiba.

§          Minumlah antara waktu makan, bukan diselingi saat makan, untuk menghindari perut kembung yang bisa membuat muntah.

§          Hindari makan dalam jumlah besar, makanan berminyak dan berbumbu tajam

§          Mencium sesuatu yang beraroma segar seperti jeruk

§          Bersantai,  beristirahat dan hiruplah udara segar sebanyak mungkin. Ventilasi kamar harus baik dan bebas dari bau.

§          Minum minuman bersoda ketika anda merasa mual secara perlahan-lahan

§          Cobalah makanan dan minuman yang mengandung jahe yang dapat mengurangi rasa mual. 

Heartburn (Rasa Panas Di Ulu Hati)

Hearburn umum terjadi selama kehamilan karena bayi yang sedang tumbuh menekan abdomen anda. Makan sedikit namun sering lebih baik daripada mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus. Cobalah untuk menghindari:

·         Makan larut malam

·         Membungkuk, mengangkat benda berat atau berbaring setelah makan

·         Mengkonsumsi teh, kopi atau alkohol secara berlebihan

·         Anda juga dapat mencoba tidur dengan bantal agak tinggi sehingga kepala sedikit terangkat.  

Alkohol

Sudah menjadi kesepakatan umum bahwa seorang wanita hamil seharusnya tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan resiko keguguran, melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir rendah (BBLR), congenital deformities, dan berdampak buruk pada kecerdasan bayi. Sampai saat ini tidak diketahui batas aman untuk konsumsi alkohol bagi wanita hamil. 

The Australian Alcohol Guidelines merekomendasikan wanita hamil ataupun yang sedang merencanakan kehamilan seharusnya tidak ‘mabuk’, yang dapat diartikan tidak perlu mengkonsumsi alkohol, atau jika tetap ingin mengkonsumsinya, harus kurang dari tujuh gelas minum standar dalam satu minggu dan tidak lebih dari 2 gelas minum standar dalam seharinya.

Infeksi Listeria

Bakteri Listeria monocytogenes dapat mencemari beberapa jenis makanan. Orang yang dalam keadaan sehat mungkin tidak merasakan dampak dari infeksi ini. Namun resiko yang besar akan dihadapi oleh wanita hamil. Bahaya terbesar akan dihadapi oleh bayi yang sedang dikandung, yakni dengan meningkatnya resiko keguguran, meninggal waktu lahir ataupun kelahiran prematur. Meskipun infeksi Listeria mudah diatasi dengan antibiotik, akan tetapi mencegah tetap menjadi jalan yang lebih baik. Beberapa jenis makanan cenderung lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri ini. Oleh karena itu, hindari jenis makanan ini jika anda sedang hamil.

Sebagai contoh adalah makanan yang belum dimasak, atau makanan beku yang tidak dihangatkan kembali, pate (pasta yang terbuat dari hati sapi), quiches (puding kering), delicatessen meats (daging olahan) seperti babi dan salami.

Makanan yang tidak dipasteurisasi

Soft serve ice cream

Keju lembut, seperti Brie dan Camembert

Organisme penyebab listeria akan musnah bila kena panas. Jadi makanan yang dimasak dengan baik tidak beresiko terpapar bakteri ini. 


   


12-01-2016 14:45:16 gatal di seluruh badan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Karena perubahan hormonal dan juga tertariknya kulit seiring bertambahnya berat badan Bunda dan besarnya kehamilan, keluhan gatal pada kulit seringkali ditemukan. Bila gatal ini menganggu Bunda, hindari mandi air panas, berikan kelembapan pada kulit dengan cara memakai pelembab yang aman bagi wanita hamil, kompres dengan air dingin pada bagian yang gatal bila perlu. Makanlah makanan bergizi dan asupan air minum yang cukup agar tidak dehydrasi dan memperparah kulit kering. Periksakan pada dokter Bunda bila keluhan gatal sangat menganggu.

   
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Kafein mempunyai sifat sebagai simultan yang dapat meningkatkan denyut jantung, sedikit meningkatkan tekanan darah, membuat ibu hamil merasa gelisah dan insomnia serta merangsang sekresi asam lambung. Tentu hal tersebut berdampak pada bayi. Dampak buruknya jika minum kopi berlebihan adalah keguguran. Oleh karena itu direkomendasikan tidak lebih dari satu sampai dua cangkir kopi sehari bagi wanita hamil...

Seperti dilansir vemale.com, sering mengonsumsi kopi akan membuat tubuh bayi menjadi berukuran kecil. Sama seperti penemuan sebelumnya, apabila jumlah kafein yang dikonsumsi setiap hari lebih dari 500 mg, maka janin tidak mengalami perkembangan tubuh. Baik panjang tubuh maupun berat badannya sulit untuk bertambah.
   


17-04-2011 05:53:32 Diet Sehat untuk Ibu Hamil
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Resep Bunda kali ini ingin berbagi tentang mengenai makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Sepanjang kehamilan, kebutuhan zat gizi mengalami peningkatan. Terutama pada trimester I saat terjadi pembentukan organ-organ vital, lalu trimester II sewaktu janin mengalami pertumbuhan terbesar, dan trimester III disaat semua fungsi tubuhnya mengalami pematangan.
 

KEBUTUHAN GIZI IBU HAMIL

Kalori
Selama hamil, ibu membutuhkan tambahan energi/kalori untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, juga plasenta, jaringan payudara, cadangan lemak, serta untuk perubahan metabolisme yang terjadi. Di trimester II dan III, kebutuhan kalori tambahan ini berkisar 300 kalori per hari dibanding saat tidak hamil.

Protein
Kebutuhan protein bagi wanita hamil adalah sekitar 60 gram. Artinya, wanita hamil butuh protein 10-15 gram lebih tinggi dari kebutuhan wanita yang tidak hamil. Protein tersebut dibutuhkan untuk membentuk jaringan baru, maupun plasenta dan janin. Protein juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan diferensiasi sel.

Lemak
Pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan membutuhkan lemak sebagai sumber kalori utama. Lemak merupakan sumber tenaga yang vital dan untuk pertumbuhan jaringan plasenta. Pada kehamilan yang normal, kadar lemak dalam aliran darah akan meningkat pada akhir trimester III. Tubuh wanita hamil juga menyimpan lemak yang akan mendukung persiapannya untuk menyusui setelah bayi lahir.

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber utama untuk tambahan kalori yang dibutuhkan selama kehamilan. Pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan membutuhkan karbohidrat sebagai sumber kalori utama. Pilihan yang dianjurkan adalah karbohidrat kompleks seperti roti, serealia, nasi dan pasta. Selain mengandung vitamin dan mineral, karbohidrat kompleks juga meningkatkan asupan serat yang dianjurkan selama hamil untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sulit buang air besar dan wasir.

Vitamin dan Mineral
Wanita hamil juga membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral dibanding sebelum hamil. Ini perlu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta proses diferensiasi sel. Tak cuma itu. Tambahan zat gizi lain yang penting juga dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme energi seperti vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan asam pantotenat. Vitamin B6 dan B12 diperlukan untuk membentuk DNA dan sel-sel darah merah, sedangkan Vitamin B6 juga berperan penting dalam metabolisme asam amino.
Kebutuhan vitamin A dan C juga meningkat selama hamil. Begitu juga kebutuhan mineral, terutama magnesium dan zat besi. Magnesium dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dari jaringan lunak. Sedangkan zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah dan sangat penting untuk pertumbuhan dan metabolisme energi, disamping untuk meminimalkan peluang terjadinya anemia. Kebutuhan zat besi menjadi dua kali lipat dibandingkan sebelum hamil.

Berikut adalah Tips Sederhana untuk Ibu hamil :

  1. Merubah Cara Makan
    Pada kehamilan anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein, kalori (untuk energi), vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi. Pilih sumber protein yang mengandung asam amino lengkap, seperti telur dan susu. Untuk lemak tak jenuh, pilih ikan tuna, salmon dan lain-lain yang mengandung DHA tinggi, yang baik untuk perkembangan otak janin.
  2. Perhatikan Jadwal Makan
    Jangan menunda-nunda makan pagi, siang maupun malam, serta makan makanan selingan, agar asupan gizi ke tubuh Anda dan bayi anda berjalan lancar.
  3. Jangan Sepelekan Sarapan
    Pada pagi hari, kadar gula menurun, setelah semalaman perut kosong. Dengan sarapan, energi Anda terisi, sehingga aktivitas kerja pun tidak terganggu.
  4. Makanlah dalam jumlah sedikit namun sering
    Tetap penuhi kebutuhan nutrisi dengan ngemil. Terutama buat ibu hamil yang mengalami muntah-muntah sehingga selera makannya turun, dan malas makan makanan berat. Saat muntah, makanan yang sudah masuk ke perut keluar lagi, sehingga tubuh dan janin kehilangan asupan nutrisi. Dengan cara ngemil, maka asupan nutrisi bisa dijaga dengan baik.
  5. Hindari makanan yang menggunakan bumbu yang merangsang (terlalu pedas, terlalu gurih, terlalu asam), memiliki aroma yang menyengat, berlemak, dan berminyak
  6. Jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong atau lapar
    Bila sedang tak nafsu makan, cobalah untuk mengonsumsi telur, kacang-kacangan rendah garam, atau gandum. Bagaimanapun, janin membutuhkan asupan nutrisi.
  7. Perbanyak Minum
    Minum air putih yang disarankan adalah sedikitnya 10 – 12 gelas per hari. Cairan dibutuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk system sirkulasinya, cairan ketuban. Tubuh anda juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh anda.
  8. Perbanyak Makanan Berserat, Buah – Buahan dan Sayuran
  9. Hindari Makanan Yang Dapat Membahayakan Ibu dan Janin
    Ibu Hamil harus menghindari makanan berbahaya demi kesehatan diri dan janinnya. Hindarilah makanan seperti daging mentah, ikan mentah dan telur mentah, keju lunak, susu yang tidak dipasteriusasi, alcohol, juga cafein.
  10. Istirahat yang Cukup
    Waktu istirahat yang dianjurkan adalah 8 jam.

Contoh Menu Untuk Ibu Hamil : (disusun oleh tim Resep Bunda)

Makan Pagi :
- Nasi Tim Ayam Spesial
- Sup Wortel
- Melon Potong
- Susu Khusus Ibu Hamil

Selingan Pagi : Puding Buah Ala Bunda

Makan Siang :
- Nasi Aroma
- Gepuk Gulung
- Pepes Tahu
- Cah Sayuran
- Jus Strawberry

Selingan Sore : Mixed Fruits

Makan Malam :
- Baked Potatoes
- Chicken Steak Caseur Sauce
- Vegetable City
- Hungarian Goulash
- Orange Smoothy
- Susu Khusus Ibu Hamil


Artikel lengkap, bisa bunda lihat di : http://www.resepbunda.biz/2011/04/01/catering-diet-sehat-ibu-hamil/

   
23-11-2009 15:06:00 TORCH
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Salam kenal ya bunda meidy,

ini aku dapat info ttg torch dari googling di internet.. met baca ya..

TORCH adalah istilah untuk menggambarkan gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu TOxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Keempat jenis penyakti infeksi ini, sama-sama berbahaya bagi janin bila infeksi diderita oleh ibu hamil.

TOXOPLASMA Infeksi Toxoplasma disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondi. Pada umumnya, infeksi Toxoplasma terjadi tanpa disertai gejala yang spesipik. Kira-kira hanya 10-20% kasus infeksi Toxoplasma yang disertai gejala ringan, mirip gejala influenza, bisa timbul rasa lelah, malaise, demam, dan umumnya tidak menimbulkan masalah. Infeksi Toxoplasma berbahaya bila terjadi saat ibu sedang hamil atau pada orang dengan sistem kekebalan tubuh terganggu (misalnya penderita AIDS, pasien transpalasi organ yang mendapatkan obat penekan respon imun). Jika wanita hamil terinfeksi Toxoplasma maka akibat yang dapat terjadi adalah abortus spontan atau keguguran (4%), lahir mati (3%) atau bayi menderita Toxoplasmosis bawaan. pada Toxoplasmosis bawaan, gejala dapat muncul setelah dewasa, misalnya kelinan mata dan atelinga, retardasi mental, kejang-kejang dn ensefalitis. Diagnosis Toxoplasmosis secara klinis sukar ditentukan karena gejala-gejalanya tidak spesifik atau bahkan tidak menunjukkan gejala (sub klinik). Oleh karena itu, pemeriksaan laboratorium mutlak diperlukan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Pemeriksaan yang lazim dilakukan adalah Anti-Toxoplasma IgG, IgM dan IgA, serta Aviditas Anti-Toxoplasma IgG. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan pada orang yang diduga terinfeksi Toxoplasma, ibu-ibu sebelum atau selama masa hamil (bila hasilnya negatif pelu diulang sebulan sekali khususnya pada trimester pertma, selanjutnya tiap trimeter), serta bayi baru lahir dari ibu yang terinfeksi Toxoplasma.

RUBELLA Infeksi Rubella ditandai dengan demam akut, ruam pada kulit dan pembesaran kelenjar getah bening. Infeksi ini disebabkan oleh virus Rubella, dapat menyerang anak-anak dan dewasa muda. Infeksi Rubella berbahaya bila tejadi pada wanita hamil muda, karena dapat menyebabkan kelainan pada bayinya. Jika infeksi terjadi pada bulan pertama kehamilan maka risiko terjadinya kelainan adalah 50%, sedangkan jika infeksi tejadi trimester pertama maka risikonya menjadi 25% (menurut America College of Obstatrician and Gynecologists, 1981). Tanda tanda dan gejala infeksi Rubella sangat bervariasi untuk tiap individu, bahkan pada beberapa pasien tidak dikenali, terutama apabila ruam merah tidak tampak. Oleh Karena itu, diagnosis infeksi Rubella yang tepat perlu ditegakkan dengan bantuan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan Laboratorium yang dilakukan meliputi pemeriksaan Anti-Rubella IgG dana IgM. Pemeriksaan Anti-rubella IgG dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kekebalan pada saat sebelum hamil. Jika ternyata belum memiliki kekebalan, dianjurkan untuk divaksinasi. Pemeriksaan Anti-rubella IgG dan IgM terutama sangat berguna untuk diagnosis infeksi akut pada kehamilan < 18 minggu dan risiko infeksi rubella bawaan.

CYTOMEGALOVIRUS (CMV) Infeksi CMV disebabkan oleh virus Cytomegalo, dan virus ini temasuk golongan virus keluarga Herpes. Seperti halnya keluarga herpes lainnya, virus CMV dapat tinggal secara laten dalam tubuh dan CMV merupakan salah satu penyebab infeksi yang berbahaya bagi janin bila infeksi yang berbahaya bagi janin bila infeksi terjadi saat ibu sedang hamil. Jika ibu hamil terinfeksi. maka janin yang dikandung mempunyai risiko tertular sehingga mengalami gangguan misalnya pembesaran hati, kuning, ekapuran otak, ketulian, retardasi mental, dan lain-lain. Pemeriksaan laboratorium sangat bermanfaat untuk mengetahui infeksi akut atau infeski berulang, dimana infeksi akut mempunyai risiko yang lebih tinggi. Pemeriksaan laboratorium yang silakukan meliputi Anti CMV IgG dan IgM, serta Aviditas Anti-CMV IgG.

HERPES SIMPLEKS TIPE II Infeksi herpes pada alat genital (kelamin) disebabkan oleh Virus Herpes Simpleks tipe II (HSV II). Virus ini dapat berada dalam bentuk laten, menjalar melalui serabut syaraf sensorik dan berdiam diganglion sistem syaraf otonom. Bayi yang dilahirkan dari ibu yang terinfeksi HSV II biasanya memperlihatkan lepuh pada kuli, tetapi hal ini tidak selalu muncul sehingga mungkin tidak diketahui. Infeksi HSV II pada bayi yang baru lahir dapat berakibat fatal (Pada lebih dari 50 kasus) Pemeriksaan laboratorium, yaitu Anti-HSV II IgG dan Igm sangat penting untuk mendeteksi secara dini terhadap kemungkinan terjadinya infeksi oleh HSV II dan mencaegah bahaya lebih lanjut pada bayi bila infeksi terjadi pada saat kehamilan.

Infeksi TORCH yang terjadi pada ibu hamil dapt membahayakan janin yang dikandungnya. Pada infeksi TORCH, gejala klinis yang ada searing sulit dibedakan dari penyakit lain karena gejalanya tidak spesifik. Walaupun ada yang memberi gejala ini tidak muncul sehingga menyulitkan dokter untuk melakukan diagnosis. Oleh karena itu, pemeriksaan laboratorium sangat diperlukan untuk membantu mengetahui infeksi TORCH agar dokter dapat memberikan penanganan atau terapi yang tepat.

Panel TORCH
● Anti Toxoplasma IgG dan IgM
● Anti Rubella IgG dan IgM
● Anti CMV IgG dan IgM
● Anti HSV II IgG dan IgM

Untuk masalah biaya testnya aku kurang tau.

Salam
tina
   


Jumlah Posts : 82
Jumlah di-Like : belum ada like

Aqua Skin Collagen Premium Ori

Aqua Skin Collagen Premium Ori

Rp 830,000.00Suntik Putih Aqua Skin Collagen Premium
Adalah Solusi nyata pemutih kulit terbaik untuk membantu menjadikan kulit Anda tampak lebih putih , lebih tegas dan memperbaiki kulit Anda agar lebih sempurna.

Kandungan dan Komposisi Aqua Skin Collagen Premium :

  • Kolagen ekstrak 1250mg,
  • Vitamin c 2000mg,
  • Pro-vitamin B5 300mg
  • Provitamin B 3 200 mg


Manfaat dan Fungsi Utamanya Aqua Skin Collagen Premium :

  • Memutihkan dan mencerahkan kulit
  • Meningkatan elastisitas kulit
  • Melembutkan kulit , kuku dan rambut
  • Mengatasi jerawat
  • Peremajaan kulit dan anti penuaan dini
  • Mengurangi garis halus dan kerutan
  • Membantu Menghilangkan bekas luka
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Mengencangkan, menghaluskan dan melembutkan kulit
  • Mengurangi pigmentasi akibat terpapar sinar matahari
  • Garis-garis halus dan kerutan halus
  • Mengecilkan pori-pori dan meningkatkan warna kulit
  • Menghilangkan kelebihan radikal bebas yang akan menyebabkan fungsi abnormal dari otak dan organ
  • Mencegah terjadinya penuaan dini
  • Anti keriput
  • Merangsang pembentukan kolagen
  • Penyembuhan Luka dan Scar


Isi Kemasan : 10 ampul / 10 set / sesi ( untuk 10 kali suntik)

Made in : Swiss

Dosis dan Cara Menggunakan Suntik Putih Aqua Skin Collagen Premium :

  • Di suntikan Intra Vena ( IV) / Intra Muscular ( IM) 
  • Hasil terbaik lakukan penyuntikan dalam 1x dalam seminggu
  • Lakukan penyuntikan secara rutin agar mempercepat proses pemutihan kulit
  • Selanjutnya melakukan maintenance ( perawatan) 2 minggu atau sebulan sekali
  • Dianjurkan makan sebelum melakukan Suntik
  • Perbanyak minum air putih karena sifatnya larut dalam air dan dapat membantu proses memutihan dan melembabkan kulit
  • Bagi mereka yang pada dasarnya pigmennya putih atau kuning langsat sudah akan terlihat hasilnya
  • Hasil dapat bertahan hingga bertahun-tahun sesuai maintenance


Tips : Lakukan Suntik / penyuntikan secara rutin & benar dengan bantuan Tenaga Medis ( Dokter / perawat / bidan yang sudah ahli dan berpengalaman)

Disarankan : 
Berusia 15+ tahun keatas

Suntik Putih Aqua Skin Collagen Premium Tidak Disarankan Bagi : 

  • Wanita hamil & menyusui
  • Wanita pada periode menstruasi
  • Alergi terhadap vitamin ( jenis apapun) 
  • Pasien dengan masalah kardiovaskular
  • Menghindari konsumsi minuman khususnya kopi dan minuman beralkohol


Catatan : Lama hasil dari penggunaan suntik putih Aqua Skin Collagen Premium bisa saja berbeda-beda setiap individu tergantung warna & ketebalan kulit juga iklim daerah masing-masing

   
04-05-2015 15:55:39 High Heels
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi bunda aku coba share ya dikutip dari artikel infobunda mengenai "Hindari High Heels Saat Hamil!". http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=182&catid=4 

"Hampir semua perempuan rela melakukan apa saja untuk tampil cantik sempurna. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Salah satunya penggunaan sepatu hak tinggi atau lebih familiar disebut high heels. Sebagai perempuan tentu kita merasa lebih anggun memakainya, tapi kalau Bunda sedang hamil lebih baik urungkan dulu niat itu. Dr. Arju Anita, SpOG dari Rumah Sakit Jakarta Medical Center dan Hermina Depok menjelaskan larangan Bunda untuk memakai high heels bukan tanpa alasan. 

Secara logika kita bisa lihat bahwa penggunaan sepatu jenis ini membutuhkan kemampuan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Di saat tidak hamil mungkin Bunda bisa menggunakannya, tapi pada saat hamil bobot tubuh bertambah, otomatis akan semakin sulit. Nah penggunaan high heels ini bisa meningkatkan resiko terjatuh, yang efeknya bisa membahayakan janin.

Selain terjatuh, ada juga resiko lainnya yakni timbulnya varises. Varises mudah sekali muncul pada wanita hamil, terutama bila Bunda sedang mengandung anak kedua, ketiga dan seterusnya atau memang sudah memiliki varises sebelum hamil. perlu diketahui varises bukan hanya mengakibatkan pembuluh darah melebar, tetapi juga menimbulkan nyeri dan pegal pada penderitanya. “maka bila tungkai sering dipakai beraktivitas ibu hamil akan mudah letih dan sakit.” jelas dr. Anita. Jika gejala ini sudah terjadi segera hentikan penggunaan high heels dengan sepatu tanpa hak yang ringan dan lentur sehingga kaki lebih nyaman dan rileks.

Meski pada usia kehamilan muda wanita hamil masih boleh menggunakan high heels, tetapi dr. Anita, SpOG  menyarankan, pada saat Bunda tahu bahwa Bunda hamil sebaiknya berhenti menggunakan sepatu hak tinggi. “Tapi kalau kebiasaan itu sulit dihentikan, usia kehamilan di bawah 4 bulan masih ditolerir.” ungkapnya.

Tapi, Bun ada baiknya ditahan dulu ya, tanpa high heels pun Bunda tetap bisa tampil anggun dan menarik juga, kok.

Tips : 
-    saat beristirahat, angkat kaki lebih tinggi dari dada
-    hindari gerakan yang memberi tekanan pada perut, misalnya berjongkok"

   
Jumlah Posts : 19
Jumlah di-Like : belum ada like
salam para bunda aku mau tanya apa boleh wanita hamil seperti aku minum jamu gendong yg biasa keliling itu???? pasal y dulu aku pernah minum tapi langsung mencret" bun.. menurut dokter gimana ya bun???menurutt bunda gimana?apa da dampak buruknya?? masalahnya mertua aku nyuruh minum .. aku selalu nolak..
   
Jumlah Posts : 91
Jumlah di-Like : 1
http://bell_blue_shop.tokobagus.com

SILAHKAN CEK TOKO KAMI DIATAS....MAU CARI PELANGSING YANG BEST SELLER DAN HARGA GROSIR MAMPIR AJA KESINI : http://bell_blue_shop.tokobagus.com

KITA PUNYA PRODUK PALING LARIS UNTUK DAERAH KEWANITAAN MENGEMBALIKAN KEHARMONISAN KELUARGA DAN SEMUA ORANG SUDAH BANYAK YANG TAU DAN MENCOBA KEAMPUHAN PRODUK INI :

TONGKAT AJIMAT MADURA (TAM)


TAM adalah obat tradional... yg telah terbukti mampu membuat vagina tambah peret, legit, berdenyut seperti perawan kembali,sembuhkan keputihan/ pektay, bikin suami ketagihan diranjang,cegah perselingkuhan, membuat isteri makin dicintai suami

KOMPOSISI :
Kapur, Majakan, Pharameriae Cortex, Callae, Gausumae Folium dan bahan-bahan alami lainnya hingga 100 %.
Untuk memudahkan penggunaannya maka bahan - bahan tersebut diolah dan dicetak menjadi seperti tongkat dengan panjang lebih kurang 12 cm. Selanjutnya sering disebut Tongkat Ajimat Madura (TAM). TAM ini diolah sedemikian rupa sehingga aman dan higienis untuk dipergunakan tanpa efek samping apapun.

Khasiat :

1. Menyempitkan vagina "seperti" kembali perawan
2. Menambah "daya cengkeram" organ kewanitaan
3. Mengaktifkan & melenturkan kembali selaput vagina
4. Menambah kepekaan vagina akan rangsangan
5. Membantu menghilangkan bau tidak sedap di vagina
6. Membuat aroma vagina menjadi lebih segar
7. Membunuh kuman atau bakteri merugikan
8. Mencegah dan menyembuhkan keputihan
9. Membersihkan kerak atau kotoran di selaput vagina
10. Menyembuhkan iritasi diselaput vagina
11. Mencegah terjadinya kanker alat reproduksi wanita
12. Mengurangi lendir yang berlebihan supaya keset sehingga memberi kenikmatan dalam berhubungan.
13. memberi kemesraan luar biasa dalam hubungan suami istri

TERBUKTI MAMPU MENCEGAH PERSELINGKUHAN AKIBAT KETIDAKPUASAN DALAM HUBUNGAN SEKS

Cara pemakaian :
(anda dapat melakukan sendirian tanpa bantuan orang lain):
1. Basahi TAM dengan air, Pegang ujung tongkat ajimat madura
2. Kemudian masukkan pelan - pelan TAM kedalam vagina ( banyak yang bertanya apakah cari ini tidak berbahaya ?? tidak !! cari ini tidak berbahaya sebab pengalaman telah membuktikan bahwa dengan memasukkan TAM kedalam vagina tidak mengganggu fungsi vagina)
kalo vagina terlalu kering, basahi dulu tam, baru masukkan ujung tam ke vagina, pelan2.
3. Putar2 TAM putar kurang lebih 20 hitungan (20 detik).
4. Kemudian tarik TAM dari vagina pelan - pelan (setelah ditarik di TAM akan banyak lendir -lendir yang menempel , itulah lendir yang kotor dan tidak bermanfaat)
5. Setelah itu cuci TAM dengan air bersih, lalu di lap dengan kain kering
6. Simpan ditempat yang kering (TAM tidak perlu dijemur).
7. Bagi anda yang mengalami keputihan lakukan kegiatan ini 2 kali sehari pagi dan sore dengan TAM yang sama sampai sembuh dan jika hanya untuk menjaga agar vagina tetap sehat dan peret lakukan seminggu sekali
8. TAM dapat dipergunakan selama 1 tahun sehingga TAM dapat anda pergunakan selama diperlukan.

TAM tidak dianjurkan bagi :
1. Wanita yang masih gadis/perawan /virgin
2. Tidak dianjurkan pula bagi wanita hamil. Menghindari resiko penyempitan jalan lahir.

Dosis pemakaian :
* 1 s/d 2 kali sehari sehabis mandi (untuk perawatan)
* Disarankan untuk dipakai 5 menit sebelum dan sesudah berhubungan intim
* Bagi Anda yang mengalami keputihan gunakan TAM - 2 kali sehari (pagi dan sore) sampai sembuh dan jika hanya untuk menjaga agar tetap sehat dan peret lakukan seminggu sekali.

Anda Wanita ..??
Apakah selama ini ANDA merasa organ kewanitaan (Vagina) ANDA kendor?? sehingga suami tidak puas atas pelayanan ANDA?? ANDA merasa takut ditinggal suami gara-gara vagina ANDA kendor ??
Apakah ANDA mengalami keputihan yang berkepanjangan ??
Apakah ANDA ingin vagina ANDA kembali kencang, rapet dan berdenyut seperti layaknya seorang gadis sehingga membuat suami ketagihan, terpuaskan diranjang dan tidak ingin berselingkuh karena ANDA telah mampu membuat dia bahagia ? atau ANDA ingin dibanggakan suami sebagai isteri yang HEBAT !!

Anda Pria ???
Apakah ANDA ingin memperoleh kenikmatan seperti layaknya penganten baru??

Apakah ANDA ingin merasakan jepitan dan denyutan vagina isteri yang luar biasa sehingga membuat ANDA ketagihan dan ingin terus dekat isteri??
Apakah ANDA ingin betah dirumah dan merasakan pelayanan isteri yang hangat dan memuaskan diranjang??


Organ kewanitaan yang harus selalu mendapat perhatian adalah vagina, dimana lokasi vagina berada didekat dubur dan merupakan organ yang terbuka , hal inilah yang menyebabkan vagina sangat rawan terhadap penyakit, tumbuhnya jamur apabila tidak terjaga kebersihannya. Selain itu vagina merupakan alat kopulasi (hubungan kelamin) dengan pria. Untuk itulah vagina perlu mendapatkan perawatan khusus sehingga kesehatan wanita dapat terjaga , guna memfasilitasi perawatan ini banyak sekali produk- produk modern telah menyediakan.

Namun bagaimana dengan mengembalikan kekencangan otot - otot vagina, memperkuat daya cengkram vagina ??? obat - obatan modern pun telah diketemukan bahkan ada yang menggunakan cara vagino plasti yakni menyuntikkan cairan ke bibir vagina namun cara ini mengandung resiko tinggi bahkan membahayakan jiwa sebab ada kasus yang mati karena melakukan cara ini.

Vagina yang sering dipergunakan untuk melakukan hubungan seksual, untuk melahirkan akan mengalami degradasi (penurunan) daya cengkram otot vagina sehingga banyak kasus yang terjadi suami tidak puas dengan pelayanan isteri tidak seperti ketika masih muda dulu, hal ini menyebabkan para suami mencari wanita idaman lain (WIL) alias berselingkuh, perilaku suami yang demikian banyak mengakibatkan keretakan rumah tangga bahkan perceraian terjadi.

Beli banyak dapet harga khusus gan ^_^ sms aja ya
 
(081931584405 / 081331119834)

   
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : belum ada like
yuhuuuuuu...
dateng lagi produk baru nih...MADU BIDADARI...sssst...minuman khusus wanita looh....
yang artinya...BAGUS bangettt buat kita2 khusus wanita terutama yang sudah menikah!!!
sharing dulu yak...dilema saya sebagai ibu2 rumah tangga atau wanita menikah kayaknya samaa deh..yaitu..terlalu capek siang hari mengurus anak+RT+saya jualan online pula...(means suka begadang)...tapi begitu menunaikan kewajiban istri dikasur..hihi...rasanya uuuugh,,,udah keburu capek!!! (huuufh...^___^)
beneran ga siih???masa mau seumurhidup begitu...diiih..rugi kan??hehehe...
naaah...ini SOLUSI manjurnya menjawab DILEMA diatas...karena MADU BIDADARI semuanya HERBAL...AMAN bangettt buat dikonsumsi semua orang..termasuk IBU MENYUSUI seperti saya :)...dengan ijin BPPOM RI ML 237601002530
teruuus selain buat urusan "kasur"..ehhehe...MADU BIDADARI juga bagusss untuk mengencangkan payudara + mencerahkan wajah dr dalam looh...(ALL IN ONE kaan??)

dijamin ga nyesel deh say....lah slogan nya aja JADIKAN TIAP MALAM JADI MALAM PERTAMA!!!beeeeuh..kangen ya masa2 itu...hehehehe..

ow ya.......cukup minum teratur 2kali sehari dlm 5 -10hari aja..perhatikan deh miss V nya pas lagi pipis...(bukan vulgar yak)..tp otot2 miss V kamu jadi tambah kenceng...ini semua testimoni sukses dr lingkungan sekitar saya loooh
soo...makin disayang suami kan..

mau ikutan jadi DISTRIBUTOR boleh banget...
khusus beli di TOKOCACA...dapatkan FREE PROMO DISTRIBUTOR yaitu Promo distributor dgn pembelian madu Bidadari 375ml, gratis jd distributor cukup 248ribu aja!! dan kamu siaaap cobain sendiri dan jualan deh...

Khusus untuk wanita, terutama bagi anda yang sudah berumah tangga. Bidadari adalah kunci keharmonisan rumah tangga.
SETIAP MALAM adalah MALAM PERTAMA??? hmmm……
Penasaran???

BIDADARI PENCEGAH KANKER SERVIKS


Bidadari ~ minuman enak dan bernutrisi tinggi, sangat baik untuk remaja dan wanita terutama bagi yang telah berumah tangga. Bidadari mampu meningkatkan kesehatan wanita dan paling utama ia sangat berkesan untuk membina keyakinan diri dan kebahagiaan rumahtangga.

Keistimewaan Bidadari/ Mekanisme Bidadari : BINA DARI DALAM DIRI wanita untuk faedah wanita ( isteri) dan suami.

Bidadari yang kaya dengan protein, serat, karbohidrat dan vitamin A, B, C, D dan E sangat baik untuk membina kesehatan terutamanya membina sistem rahim, meningkatkan seri wajah dan kepada kenikmatan hubungan suami dan isteri.

” Setiap Malam Serasa Malam Pertama”. Produk Bidadari adalah Minuman kesehatan dan kecantikan yang memberikan effect bagus untuk kesehatan anda, dengan formula yang telah di uji khasiatnya.

di komposisikan dengan bahan dasar yang kaya manfaat seperti :
Madu Asli, Manjakani, Sirih, Serai, Akar Serapat, Jarum emas, Kacip Fatimah,Asam jawa, Kurma dan bahan-bahan herbal terpilih lainnya.

Bidadari kaya akan protein, serat, karbohidrat, vitamin A, B, C, D dan E sangat baik untuk menjaga kesehatan terutama merawat rahim, mencerahkan wajah dan menjadi perangsang bagi kenikmatan hubungan suami istri..

Khasiat :

* Membantu mengatasi keputihan
* Merawat rahim dan Payudara
* Menghambat pertumbuhan kanker
* Menguatkan sistem kemutan (mpot ayam)
* Memberi kesan positif pada pasangan (suami) ketika berhubungan intim
* Menambah kolagen dalam tubuh
* Mengencangkan kulit dan mencerahkan wajah
* Mengencangkan payudara
* Meningkatkan IQ
* Menambah tenaga dengan cepat
* Membantu Merawat luka setelah operasi
* Sangat bagus untuk ibu-ibu habis melahirkan.

Cara Penggunaaan :
- 2 sendok makan, 2 kali sehari (pagi dan malam)
- Sebaiknya jangan minum apapun setelah 1 jam mengkonsumsi Bidadari
- Tidak di anjurkan bagi wanita hamil atau sedang datang bulan.

Kenapa tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang haid dan hamil?
Karena pada saat Haid dan Hamil, Rahim wanita sedang dalam kondisi mengembang, sementara ramuan ini berfungsi untuk mengecilkan dan mengerutkan rahim.

Bidadari sebaiknya diminum +/- 3 minggu setelah melahirkan, baik normal maupun SC.
Sangat baik untuk membersihkan rahim dari pasca melahirkan, dan mempercepat pemulihan luka dalam.

Harga:
Ukuran 250ml : Rp. 165.000,-
Ukuran 375ml : Rp. 248.000,-
FREE TISUE MAJAKANIDR BOYKE (1SACHET) UNTUK PEMBELIAN MADU BIDADARI 375ML!!
SMS ORDER 081320460075
   
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal untuk semua bunda yang ada di IB.................
aku mau tanya nih bunda tau g or pernah denger masalah darah cepat mengental/penyakit kekentalan darah bagi wanita hamil..............
aku sedikit cerita ya bun....
bulan nov 2010 aku dinyatakan hamil setelah 1,2 tahun menikah syukur alhamdullilah memang rizky ini yang kami tunggu2.... dan dokter menyatakan usia kandungan ku 5 minggu tp aku selalu ngeluh sakit dibawah perut dah akhirnya dr. kandunganku menganjurkan aku untuk cel labor yaitu tes darah dan urin tktnya ada infeksi dari hasil tersebut semuanya sehat hanya kadar darah (APTT  18,2 /detik normalnya (20-35) dan aku dikasih obat (termoaspilate) pengencer darah diminum1x1 sel 2 minggu kata dr.kandungan ku tktnya kalau darahnya cepat mengental plasentanya lengket dan terhambat perkembangan babynya hanya itu g ada yang laen yang dijelaskan dr. kandunganku.
2 minggu kemudian aku tes darah lg dan hasilnya semua normal APTT ku 30,8 / detik aku dinyatakan sehat g ada masalah selama kehamilan tidak ada keluhan yang berarti kecuali selalu ingin pipis.......
setelah usia kandungan ku 5bln aku melakukan tes darah lg ternyata hasilnya fibrinogen ku tinggi 582 /mg/dl  normalnya (138-439) dan aku dianjurkan minum obt yang sama.... sampai usia kandunganku 6bln aku konsultasi  lg dan sekalian ingin cek darah lg ternyata spog ku lg keluar kota karna malamnya aku mengeluh sakit bawah perut dan keluar keputihan paginya aku putuskan untuk cari dokter pengganti setelah diperiksa diagnosa dokternya  g ada sesuatu yang serius cm krn posisi baby masih nyungsang jd kandung kemih terinjak makanya sakit bwh perut...... aku sangat senang sekali bhkn hasil usg nya anak ku perkembangannya bagus dan normal tidak ada kelainan sama sekali pulang dari RS. ternyata aku keluar flek darah campur lendir aku balik lg ke RS dgn dokter yang sama di usg lg detak jantung baby bagus air ketuban jg bagus aku disuruh pulang dan dikasih obat penguat dan malamnya keluar flek lg aku periksa ke klinik bersalin lg kt bidannya g apa2 aku disuruh pulang juga sampe esok harinya masih keluar flek dan sakit perut bagian bawah semakin sering hingga lari kepinggang akhirnya aku periksa lg kebidan ternyata aku sdh pembukaan dan sdh mau lahiran g lama kemudian aku melahirkan secara normal baby y laki2 tp beberapa menit setelah dilahirkan babaynya meninggal.....................
yang mau aku tanyakan apa ada hubungannya kelahiran ku dengan penyakit kekentalan darah........... hasil lab terakhir belum ku ambil dr RS krn masih trauma mau ke RS lg
semoga bunda mau berbagi informasi mengenai kasus aku ini
terima kasih........
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dok,saya mau tanya.sbnrnya blh ga memakai hanbody di area perut?saat ini usia kehamilan saya hampir 9bulan,slama hamil saya rajin memakai hanbody di area perut dan paha.hanbody yang saya pakai bukan khusus untuk ibu hamil,saya memakai merk"marina".terima kasih dok,di tunggu jawabannya

Dari : Frieska lucky

Jawaban:

Dear Bunda,

Sebaiknya anda memakai lotion yang diperuntukkan bagi ibu hamil, namun bila sudah terlanjur, anda sebaiknya menghentikan penggunaan lotion tersebut. Ada beberapa pendapat bahwa wanita hamil sebaiknya tidak memakai bahan-bahan yang tidak direkomendasikan bagi ibu hamil, namun pendapat lain mengatakan bahwa bahan-bahan yang belum jelas keamanannya bagi ibu hamil apabila digunakan di atas kulit dalam jumlah kecil tidak akan menganggu kehamilan tersebut . Bahan-bahan yang sudah dapat dipastikan tidak boleh digunakan pada kehamilan adalah :
Differin (adapelene)
Retin-A, Renova (tretinoin)
Retinoic acid
Retinol
Retinyl linoleate
Retinyl palmitate
Tazorac and avage (Tazarotene)
Tretinoin
Salicylic acid
Beta hydroxy acid
BHA
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dokter, saya mo bertanya, saya mempunyai minus mata 2,75, sebelum hamil saya menggunakan softlens dgn periode 6 bln dan 3 bln rehat, maksudnya 6 bln memakai sofflens dan 3 bln tdk memakai, hal itu saya lakukan jg berdasarkan saran dokter mata di kota saya, yg mau saya tanya kan, kenapa skrang setelah hamil dan saya ingin memakai kembali Sofflens dokter mata saya tidak menyarankan nya dgn alasan yg tdk jelas?? apakah memang ada efek sofflens bagi wanita hamil?? trimakasih dokter...

Dari : ritma franky ningsih

Jawaban:

Dear Bunda,

Pada wanita hamil terjadi perubahan bentuk tubuh, demikian juga pada organ mata yang biasanya turut terjadi perubahan pada kornea dan ukuran pada mata, namun hal ini akan kembali seperti semula setelah persalinan. Keluhan pada wanita hamil adalah perubahan visus dan mata terasa kering. Maka itu disarankan melakukan pemeriksaan visus mata dan memakai kacamata bila dibutuhkan akibat perubahan ukuran bola mata.
Tidak dianjurkan memakai kontak lensa karena keluhan mata kering akan bertambah buruk. Apabila Anda memang ingin memakai kontak lensa, sebaiknya dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan visus Anda saat ini. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.
   
Jumlah Posts : 147
Jumlah di-Like : 4
Dulu aku pernah gatel2 di vagina pas sebelum hamil, trus ke dokter dikasih salep Inerson - Dexaximethasone. Nah pas hamil gini mulai gatel2 lagi, kadang aku olesin tuh salep..enak sih, cuman aku kuatir ada efek sampingnya...
Aku browsing sih ga ada yang mencantumkan kalo salep ini berbahaya buat wanita hamil.
Sedangkan sebelumnya, pas ke Obsgyn, aku dikasih obat minum namanya ALEGI, sejenis Dexasimethasone juga..cuman pas browsing kali ini ada indikasi tidak dianjurkan bagi wanita hamil krn belum diketahui efeknya apa buat wanita hamil, makanya gak aku minum...

Jadi bingung..
ini gatal kadang mengganggu bgt bikin kebangun tengah malem gitu
   
11-05-2010 13:52:15 pendarahan
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
Berikut adalah beberapa hal yang disebut sebagai Komplikasi Kehamilan dan bahayanya: (tolong di baca perlahan..agar bunda2 lebih paham)

1. KEGUGURAN & KELAHIRAN MATI

Keguguran (Aborsi Spontan) adalah kehilangan janin karena penyebab alami sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu.
Kelahiran Mati (Stillbirth) adalah kehilangan janin karena penyebab alami pada saat usia kehamilan mencapai lebih dari 20 minggu.

Seorang bayi yang lahir pada usia kehamilan berapapun dan langsung bernafas atau jantungnya berdenyut spontan, dikatakan lahir hidup. Jika kemudian bayi tersebut meninggal, maka dikatakan sebagai kematian bayi baru lahir(kematian neonatus).

Sekitar 20-30% wanita hamil mengalami perdarahan atau kram minimal 1 kali selama 20 minggu pertama kehamilan. Sekitar separuhnya menyebabkan keguguran.

Sekitar 85% keguguran terjadi pada trimester pertama dan biasanya disebabkan oleh kelainan pada janin.
15% sisanya, terjadi pada minggu ke 13-20; duapertiganya terjadi akibat kelainan pada ibu dan sepertiganya penyebabnya tidak diketahui.

Sebelum terjadinya keguguran, wanita hamil biasanya mengalami spotting (bercak perdarahan) atau perdarahan dan keputihan dari vagina. Rahimnya berkontraksi, menyebabkan kram. Jika terjadi keguguran, maka perdarahan, keputihan dan kram menjadi lebih berat. Pada akhirnya, sebagian atau seluruh isi rahim akan keluar.

Pada keguguran stadium awal, dengan USG bisa diketahui apakah bayi masih hidup.
Setelah keguguran, USG dan pemeriksaan lainnya digunakan untuk melihat apakah semua isi rahim telah keluar.

Jika seluruh isi rahim telah keluar, maka tidak perlu dilakukan pengobatan. Jika hanya sebagian isi rahim yang keluar, maka dilakukan kuretase untuk membersihkan rahim.

Jika janin telah mati tetapi tetap berada dalam rahim (missed abortion), maka janin dan plasenta harus dikeluarkan melalui kuretase.
Untuk missed abortion stadium lanjut, bisa digunakan obat yang menyebabkan kontraksi rahim sehingga rahim mengeluarkan isinya (misalnya oksitosin).

Jika perdarahan dan kram terjadi pada kehamilan 20 minggu (ancaman aborsi), maka dianjurkan untuk menjalani tirah baring. Wanita tersebut tidak boleh bekerja dan tidak boleh melakukan hubungan seksual.
Tidak diberikan hormon karena hampir selalu tidak efektif dan bisa menyebabkan cacat bawaan, terutama pada jantung atau organ reproduksi.

Ancaman aborsi bisa terjadi jika leher rahim (serviks) membuka terlalu dini akibat kelemahan pada jaringan fibrosa. Kadang pembukaan servikal ini bisa ditutup melalui pembedahan dengan menjahitnya, yang nanti akan dibukan sesaat sebelum persalinan.

Aborsi septik adalah infeksi yang sangat serius. Isi rahim harus segera dikeluarkan dan infeksi harus diatasi dengan antibiotik dosis tinggi.


2. KEHAMILAN EKTOPIK

Kehamilan Ektopik (Kehamilan Diluar Kandungan) adalah suatu kehamilan dimana janin berkembang diluar rahim, yaitu di dalam tuba falopii (saluran telur), kanalis servikalis (saluran leher rahim), rongga panggul maupun rongga perut.

Dalam keadaan normal, sebuah sel telur dilepaskan dari salah satu ovarium (indung telur) dan masuk ke dalam tuba falopii. Di dalam tuba, dengan dorongan dari rambut getar yang melapisi tuba, dalam waktu beberapa hari, sel telur akan mencapai rahim. Biasanya sel telur dibuahi di dalam tuba falopii tetapi tertanam di dalam rahim.
Jika tuba tersumbat (misalnya karena infeksi), maka sel telur akan bergerak secara lambat atau tertahan. Sel telur yang telah dibuahi tidak pernah sampai ke rahim dan terjadilah kehamilan ektopik.

Resiko terjadinya kehamilan ektopik meningkat pada: - Kelainan tuba falopii
- Sebelumnya pernah mengalami kehamilan ektopik
- Pemakaian DES(dietilstilbestrol)
- Kegagalan ligasi tuba (prosedur sterilisasi, dimana dilakukan pengikatan atau pemotongan tuba).

Kehamilan ektopik biasanya terjadi pada salah satu tuba falopii (kehamilan tuba).
Kehamilan ektopik bisa berakibat fatal dan harus segera diatasi.

Gejala dari kehamilan ektopik adalah spotting dan kram. Gejala ini timbul karena ketika janin mati, lapisan rahim dilepaskan seperti yang terjadi pada menstruasi yang normal.

Jika janin mati pada stadium awal, maka tidak terjadi kerusakan tuba falopii. Jika janin terus tumbuh, bisa menyebabkan robekan pada dinding tuba sehingga terjadi perdarahan.
Jika perdarahan terjadi secara bertahap, bisa menimbulkan nyeri dan kadang menimbulkan penekanan pada perut bagian bawah akibat penimbunan darah.
Biasanya setelah sekitar 6-8 minggu, penderita tiba-tiba merasakan nyeri yang hebat di perut bagian bawah, lalu pingsan. Gejala ini biasanya menunjukkan bahwa tuba telah robek dan menyebabkan perdarahan hebat ke dalam perut.

Kadang kehamilan ektopik sebagian terjadi di dalam tubah dan sebagian di dalam rahim. Keadaan ini menyebabkan kram dan spotting.
Janin memiliki ruang untuk tumbuh, sehingga kehamilan ektopik biasanya baru pecah di kemudian hari, biasanya pada minggu ke 12-16.

Jika hasil pemeriksaan darah dan air kemih menunjukkan positif hamil tetapi rahim tidak membesar, maka diduga telah terjadi kehamilan ektopik. Pada USG rahim tampak kosong dan di dalam rongga panggul atau rongga perut terlihat darah.
Laparoskopi digunakan untuk melihat kehamilan ektopik secara langsung.
Untuk memperkuat diagnosis, dilakukan kuldosentesis, yaitu pengambilan contoh darah yang tertimbun akibat kehamilan ektopik melalui sebuah jarum yang dimasukkan lewat dinding vagina ke dalam rongga panggul. Berbeda dengan darah vena atau arteri, darah ini tidak membeku.

Biasanya harus dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan kehamilan ektopik.
Pada kehamilan tuba, biasanya dibuat sayatan ke dalam tuba dan janin serta plasenta diangkat. Tuba dibiarkan terbuka agar penyembuhan terjadi tanpa pembentukan jaringan parut karena jaringan parut bisa menyebabkan penderita sulit untuk hamil lagi. Prosedur ini kadang dilakukan melalui suatu laparoskopi.
Jika terjadi kerusakan berat pada tuba dan tidak dapat diperbaiki, maka tuba harus diangkat.

Jika tidak terdengar denyut jantung janin, pada kehamilan tuba stadium awal bisa diberikan obat metotreksat.


3. ANEMIA

Anemia adalah suatu keadaan dimana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pengangkut oksigen) kurang dari normal.

Selama hamil, volume darah bertambah sehingga penurunan konsentrasi sel darah merah dan hemoglobin yang sifatnya menengah adalah normal.

Selama hamil, diperlukan lebih banyak zat besi (yang diperlukan untuk menghasilkan sel darah merah) karena ibu harus memenuhi kebuhan janin dan dirinya sendiri.
Jenis anemia yang paling sering terjadi pada kehamilan adalah anemia karena kekurangan zat besi, yang biasanya disebabkan oleh tidak adekuatnya jumlah zat besi di dalam makanan.
Anemia juga bisa terjadi akibat kekurangan asam folat (sejenis vitamin B yang diperlukan untuk pembuatan sel darah merah).

Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan darah yang menentukan jumlah sel darah merah, kadar hemoglobin dan kadar zat besi dalam darah.

Anemia karena kekurangan zat besi diobati dengan tablet besi. Pemberian tablet besi tidak berbahaya bagi janin tetapi biasa menyebabkan gangguan lambung dan sembelit pada ibu, terutama jika dosisnya tingggi.
Wanita hamil dianjurkan untuk minum tablet besi meskipun jumlah sel darah merah dan kadar hemoglobinnya normal, agar yakin bahwa mereka memiliki zat besi yang cukup untuk janin dan dirinya sendiri.

Anemia karena kekurangan asam folat diobati dengan tablet folat.
Untuk wanita hamil yang menderita anemia sel sabit, pengobatannya masih bersifat kontroversial; kadang perlu dilakukan transfusi darah.


4. INKOMPATIBILITAS Rh

Inkompatibilitas Rh adalah suatu ketidaksesuaian Rh di dalam darah ibu hamil dan darah bayinya.

Sebagai akibat dari inkompatibilitas Rh, tubuh ibu akan membentuk antibodi terhadap sel-sel darah merah bayi. Antibodi menyebabkan beberapa sel darah merah pecah dan kadang menyebabkan penyakit hemolitik (sejenis anemia) pada bayi.

Golongan darah ditentukan berdasarkan kepada adanya molekul-molekul pada permukaan sel darah merah. Golongan darah Rh terdiri dari beberapa molekul tersebut.
Salah satu dari molekul tersebut adalah Rh-nol-D, yang biasanya menyebabkan inkompatibilitas Rh. Jika sel darah merah memiliki molekul Rh-nol-D, maka dikatakan Rh-positif; jika tidak memiliki molekul Rh-nol-D, dikatakan Rh-negatif.

Inkompatibilitas Rh terjadi jika ibu memiliki darah dengan Rh-negatif dan janin memiliki Rh-positif yang berasal dari ayahnya. Darah janin bisa bercampur dengan darah ibu melalui plasenta (ari-ari), terutama pada akhir kehamilan dan selama persalinan.
Sel darah janin dianggap sebagai benda asing oleh tubuh ibunya, sehingga ibu menghasilkan antibodi untuk menghancurkannya. Kadar antibodi pada tubuh ibu terus bertambah selama kehamilan dan antibodi ini bisa melewati plasenta lalu masuk ke tubuh janin dan menghancurkan sebagian sel darah merah janin.
Akibatnya bisa terjadi penyakit hemolitik pada janin (eritroblastosis fetalis) atau pada bayi baru lahir (eritroblastosis neonatorum).
Tetap pada kehamilan pertama, anak yang dilahirkan jarang mengalami kelainan ini karena biasanya tidak terjadi kontak yang berarti antara darah janin dan darah ibu. Pada setiap kehamilan berikutnya, ibu menjadi lebih sensitif terhadap darah Rh-positif dan menghasilkan antibodi lebih dini.

Penghancuran sel darah merah pada tubuh janin bisa menyebabkan anemia dan peningkatan kadar bilirubin (limbah hasil penghancuran sel darah merah). Jika kadar bilirubin ini sangat tinggi, bisa terjadi kerusakan otak.

Pada pemeriksaan kehamilan biasanya dilakukan penyaringan untuk menentukan golongan darah ibu. Jika ibu memiliki Rh-negatif, dilakukan pemeriksaan golongan darah ayah. Jika ayah memiliki Rh-positif, dilakukan pengukuran kadar antibodi Rh pada ibu.

Darah ibu dan darah bayi bisa mengadakan kontak selama persalinan sehingga tubuh ibu membentuk antibodi. Karena itu sebagai tindakan pencegahan, diberikan suntikan immunoglobulin Rh-nol-D kepada ibu yang darahnya memiliki Rh-negatif dalam waktu 72 jam setelah melahirkan bayi dengan Rh-positif (bahkan juga setelah mengalami keguguran atau aborsi).
Pemberian suntikan ini menyebabkan hancurnya sel-sel dari bayi yang mungkin mensensitisasi ibu, sehingga biasanya kehamilan berikutnya tidak berbahaya.
Tetapi sekitar 1-2% ibu yang mendapatkan suntikan ini tetap mengalami sensitisasi, kemungkinan karena sensitisasi terjadi lebih dini. Untuk mencegah terjadinya sensitisasi dini, suntikan bisa diberikan pada kehamilan 28 minggu dan setelah persalinan.

Dengan mengukur kadar antibodi Rh pada ibu secara periodik, bisa diambil tindakan untuk mengantisipasi gangguan pada janin.
Jika kadar antibodi Rh terlalu tinggi, dilakukan amniosentesis (pengambilan contoh cairan ketuban untuk dianalisa). Kadar bilirubin pada contoh cairan ketuban diukur. Jika kadarnya terlalu tinggi, dilakukan transfusi darah pada janin.
Transfusi tambahan biasanya diberikan setiap 10-14 hari sampai kehamilan 32-34 minggu. Setelah lahir, biasanya diberikan 1 atau beberapa kali transfusi.
Pada kasus yang tidak terlalu berat, transfusi biasanya baru dilakukan setelah bayi lahir.


5. ABRUPSIO PLASENTA

Abrupsio Plasenta adalah pelepasan plasenta yang berada dalam posisi normal pada dinding rahim sebelum waktunya, yang terjadi pada saat kehamilan bukan pada saat persalinan.

Plasenta mungkin tidak menempel seluruhnya (kadang hanya 10-20%) atau menempel seluruhnya. Penyebabnya tidak diketahui.
Abrupsio lebih sering ditemukan pada wanita yang menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes atau penyakit rematik dan wanita pemakai kokain.

Terjadi perdarahan rahim yang berasal dari sisi tempat menempelnya plasenta. Perdarahan eksternal terjadi jika darah keluar melalui vagina, tetapi jika darah terperangkap di belakang plasenta, akan terjadi perdarahan tersembunyi.
Gejala yang timbul tergantung kepada luasnya pelepasan plasenta dan banyaknya darah yang hilang.
Gejalanya berupa:
- perdarahan vagina
- nyeri perut yang timbul secara tiba-tiba
- nyeri kram perut
- nyeri jika perut ditekan.
Untuk memperkuat diagnosis biasanya dilakukan pemeriksaan USG.

Abrupsio plasenta menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen dan zat gizi untuk janin dan bisa menyebabkan kematian janin.
Sedangkan ibu bisa mengalami perdarahan yang serus, DIC(disseminated intravascular coagulation, bekuan darah di dalam pembuluh darah), gagal ginjal dan perdarahan ke dalam dinding rahim. Keadaan ini lebih sering terjadi pada wanita hamil yang mengalami pre-eklamsi) dan bisa merupakan petunjuk bahwa janin berada dalam keadaan gawat atau telah meninggal.

Penderita segera dirawat dan menjalani tirah baring.
Jika gejalanya berkurang, penderita mulai latihan berjalan dan mungkin boleh pulang.
Jika gejalanya semakin memburuk, dilakukan persalinan dini untuk menyelamatkan ibu dan bayi.


6. PLASENTA PREVIA

Plasenta Previa adalah plasenta yang tertanam di atas atau di dekat serviks (leher rahim), pada rahim bagian bawah.

Di dalam rahim, plasenta bisa menutupi lubang serviks secara keseluruhan atau hanya sebagian.
Plasenta previa biasanya terajdi pada wanita yang telah hamil lebih dari 1 kali atau wanita yang memiliki kelainan rahim (misalnya fibroid).

Pada akhir kehamilan, tiba-tiba terjadi perdarahan yang jumlahnya bisa semakin banyak. Darah yang keluar biasanya berwarna merah terang.
Untuk memperkuat diagnosis, dilakukan pemeriksaan USG.

Jika perdarahannya hebat, dilakukan transfusi darah berulang.
Jika perdarahannya ringan dan persailinan masih lama, bisanya dianjurkan untuk menjalani tirah baring.
Hampir selalu dilakukan operasi sesar karena cenderung terjadi pelepasan plasenta sebelum waktunya, bayi bisa mengalami kekurangan oksigen dan ibu bisa mengalami perdarahan hebat.


7. HIPEREMESIS GRAVIDARUM

Hiperemesis Gravidarum adalah mual dan muntah yang berlebihan selama masa hamil, tidak seperti morning sickness yang biasa dan bisa menyebabkan dehidrasi dan kelaparan.

Penyebabnya tidak diketahui.
Faktor psikis bisa memicu atau memperburuk muntah.

Berat badann pendertia menurun dan terjadi dehidrasi.
Dehidrasi bisa menyebabkan perubahan kadar elektrolit di dalam darah sehingga darah menjadi terlalu asam.

Jika muntah terus terjadi, bisa terjadi kerusakan hati.
Komplikasi lainnya adalah perdarahan pada retina yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan darah ketika penderita muntah.

Penderita dirawat dan mendapatkan cairan, glukosa, elektrolit serta vitamin melalui infus. Penderita berpuasa selama 24 jam. Jika perlu, bisa diberikan obat anti-mual dan obat penenang.
Jika dehidrasi telah berhasil diatasi, penderita boleh mulai makan makanan lunak dalam porsi kecil.
Biasanya muntah berhenti dalam beberapa hari. Jika gejala kembali kambuh, maka pengobatan diulang kembali.


8. PRE-EKLAMSI & EKLAMSI

Pre-eklamsi (Toksemia Gravidarum) adalah tekanan darah tinggi yang disertai dengan proteinuria (protein dalam air kemih) atau edema (penimbunan cairan), yang terjadi pada kehamilan 20 minggu sampai akhir minggu pertama setelah persalinan.
Eklamsi adalah bentuk pre-eklamsi yang lebih berat, yang menyebabkan terjadinya kejang atau koma.

Pre-eklamsi terjadi pada 5% kehamilan dan lebih sering ditemukan pada kehamilan petama dan pada wanita yang sebelumnya menderita tekanan darah tinggi atau penyakit pembuluh darah.
Eklamsi terjadi pada 1 dari 200 wanita yang menderita pre-eklamsi dan jika tidak diobati secara tepat biasanya bisa berakibat fatal.

Penyebab dari pre-eklamsi dan eklamsi tidak diketahui.
Resiko utama terjadinya pre-eklamsi adalah abrupsio plasenta.

Gejala-gejala dari pre-eklamsi adalah:
- tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 mm Hg
- wajah atau tangan membengkak
- kadar protein yang tinggi dalam air kemih.
Seorang wanita yang pada saat hamil tekanan darahnya meningkat secara berarti tetapi tetap dibawah 140/90 mm Hg, juga dikatakan menderita pre-eklamsi.

Bayi yang dilahirkan dari ibu yang menderita pre-eklamsi, 4-5 kali lebih rentan terhadap kelainan yang timbul segera setelah lahir. Bayi yang dilahirkan juga mungkin kecil karena adanya kelainan fungsi plasenta atau karena lahir prematur.

Pre-eklamsi dan eklamsi tidak memberikan respon terhadap diuretik (obat untuk membuang kelebihan cairan) dan diet rendah garam.
Penderita dianjurkan untuk mengkonsumsi garam dalam jumlah normal dan minum air lebih banyak. Sangat penting untuk menjalani tirah baring.
Penderita juga dianjurkan untuk berbaring miring ke kiri sehingga tekanan terhadap vena besar di dalam perut yang membawa darah ke jantung berkurang dan aliran darah menjadi lebih lancar.

Untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah kejang, bisa diberikan magnesium sulfat intravena (melalui pembuluh darah).

Jika pre-eklamsinya bersifat ringan, penderita cukup menjalani tirah baring di rumah, tetapi harus memeriksakan diri ke dokter setiap 2 hari.
Jika perbaikan tidak segera terjadi, biasanya penderita harus dirawat dan jika kelainan ini terus berlanjut, maka persalinan dilakukan sesegera mungkin.

Penderita pre-eklamsi berat dirawat di rumah sakit dan menjalani tirah baring.
Cairan dan magnesium sulfat diberikan melalui infus.
Dalam waktu 4-6 jam, biasanya tekanan darah kembali normal dan bayi dapat dilahirkan dengan selamat.
Jika tekanan darah tetap tinggi, sebelum persalinan dimulai, diberikan obat tambahan.

Komplikasi utama dari pre-eklamsi dan eklamsi adalah sindroma HELLP, yang terdiri dari:
 
  • Hemolisis (penghancuran sel darah merah)
  • Peningkatan enzim hati (yang menunjukkan adanya kerusakan hati)
  • Penurunan jumlah trombosit (yang menunjukkan adanya gangguan kemampuan pembekuan darah).
    Sindroma HELLP cenderung terjadi jika pengobatan pre-eklamsi tertunda.
    Jika terjadi sindroma HELLP, bayi segera dilahirkan melalui operasi sesar.

    Setelah persalinan, dilakukan pemantauan ketat untuk melihat tanda-tanda terjadinya eklamsi. 25% kasus eklamsi terjadi setelah persalinan, biasanya dalam waktu 2-4 hari pertama setelah persalinan.
    Tekanan darah biasanya tetap tinggi selama 6-8 minggu. Jika lebih dari 8 minggu tekanan darahnya tetap tinggi, kemungkinan penyebabnya tidak berhubungan dengan pre-eklamsi.


    9. HERPES GESTASIONAL

    Herpes Gestasional adalah lepuhan berisi cairan yang sangat gatal, yang terjadi selama kehamilan.

    Penggunaan istilah herpes sebenarnya tidak tepat karena ruam yang terjadi tidak disebabkan oleh virus herpes maupun virus lainnya.
    Herpes gestasional diduga disebabkan oleh antibodi abnormal yang beraksi terhadap jaringan tubuh sendiri (reaksi autoimun).
    Ruam ini bisa timbul kapanpun setelah kehamilan 12 minggu atau segera setelah persalinan.

    Ruam biasanya terdiri dari vesikel (lepuhan kecil/besar yang berisi cairan) atau bula (pembengkakan yang bentuknya tidak beraturan dan berisi carian).
    Ruam ini seringkali berawal di perut lalu menyebar.
    Segera setelah persalinan, ruam akan semakin memburuk dan menghilang dalam beberapa minggu atau bulan kemudaian.

    Ruam seringkali muncul lagi pada kehamilan berikutnya atau jika penderita menggunakan pil KB.
    Bayi yang dilahirkan mungkin memiliki ruam yang serupa, tetapi biasanya akan menghilang dalam beberapa minggu, tanpa pengobatan.

    Untuk memperkuat diagnosis, diambil kerokan kulit yang terkena dan diperiksa di laboratorium untuk mengetahui adanya antibodi.

    Tujuan pengobatan adalah untuk meringankan gatal-gatal dan mencegah terbentuknya lepuhan yang baru.
    Untuk ruam yang ringan, diberikan krim kortikosteroid yang dioleskan langsung ke kulit yang terkena sesering mungkin.
    Untuk ruam yang lebih luas, diberikan kortikosteroid per-oral (melalui mulut). Mengkonsumsi kortikosteroid pada akhir kehamilan tidak akan membahayakan bayi.
    Jika setelah persalinan gatal-gatal semakin hebat atau ruam semakin menyebar, mungkin perlu diberikan kortikosteroid dengan dosis yang lebih tinggi.


    10. URTIKARIA GESTASIONAL

    Urtikaria Gestasional adalah kaligat yang terjadi pada saat hamil.

    Penyebabnya tidak diketahui.
    Kaligata biasanya timbul di perut, dan bisa menyebar ke paha, bokong, kadang sampai ke lengan.

    Ruam kaligata biasanya muncul pada 2-3 minggu menjelang persalinan. Tetapi mungkin saja timbul setelah kehamilan mencapai 24 minggu.
    Rasa gatal sering menyebabkan penderita tidak dapat tidur di malam hari.
    Setelah persalinan, kaligata biasanya menghilang dan tidak kambuh pada kehamilan berikutnya.

    Untuk mengatasi gatal-gatal dan meredakan ruam kaligata, diberikan krim kortikosteroid yang dioleskan sesering mungkin.
    Jika ruamnya lebih berat, diberikan kortikosteroid per-oral.
semoga membantu
salam

putri a.k.a zach mom's