SITE STATUS
Jumlah Member :
493.655 member
user online :
1453 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: daerah areola berkerak

New Topic :  
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
asskum dokter...
saya wanita usia 28 thn sedang hamil usia 8 bln,
saat ini kondisi payudara saya mulai membesar.bersamaan dengan itu..daerah areola payudara saya jg semakin besar dan berwarna gelap..saya mau tanya apakah ada cara yg efektif,alami dan aman untuk mengecilkan daerah areola yg membesar dok.
terimakasih..
   


Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
asskum dokter...
saya wanita usia 28 thn sedang hamil usia 8 bln,
saat ini kondisi payudara saya mulai membesar.bersamaan dengan itu..daerah areola payudara saya jg semakin besar dan berwarna gelap..saya mau tanya apakah ada cara yg efektif,alami dan aman untuk mengecilkan daerah areola yg membesar dok.
terimakasih..
   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Manfaat daun katuk dikenal dapat memperbanyak produksi ASI. Bila Bunda ingin menggunakan daun katuk, gunakan dalam jumlah wajar misalnya dalam bahan makanan atau didalam suplemen yang sudah teruji dengan baik karena dalam dosis tinggi dapat membahayakan.

Selain suplemen, sebaiknya Bunda juga memperhatikan apakah cara menyusui sudah baik dan benar? Perlekatan mulut bayi dengan daerah areola mammae (daerah gelap payudara) harus benar tidak hanya pada daerah puting susu. Permintaan ASI yang terus menerus akan memberikan sinyal pada tubuh Bunda untuk memproduksi ASI secara terus menerus juga. Jika ASI yang dikeluarkan tidak banyak maka tubuh juga akan mengurangi produksinya. Bantulah dengan memeras ASI dengan tangan atau pompa untuk merangsang produksi ASI, ikuti kelas menyusui pada klinik laktasi atau meminta saran bidan untuk cara menyusui yang baik.

   


16-05-2016 13:02:39 Kelahiran Pada Bulan Mei 2016
Jumlah Posts : 32
Jumlah di-Like : belum ada like
caranya cm d puter2 doang daerah areola nya atau yg itemnya bund . tp sarannya sebelah2 ya bund kalo berbarengan takut reaksi berlebih. boleh minta bantuan suami juga. minimal sehari 3x kyk minum obat aja yaa 😁😁 kalo pun lg berlangsung persalinan. boleh koq kata bidan juga smbil terus d rangsang putingnya sm yg ngedampingin misal sm suami biar mulesnya kuat. ngdorongnya jd gampang. soalnya dgn rangsangan puting itu bisa ngeluarin hormon yg memacu kontraksi. selamat mencoba bunda2 yahh saya juga lg d coba hehe 😀😀 semoga berhasil dan lancar ya bunda2 yg lg pada nunggu baby nya
   
18-09-2015 13:49:05 Hamil anak kedua
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

 WEANING WITH LOVE (WWL): Menyapih Dengan Cinta

Bunda si kecil sudah 2 tahun ya, aduh sudah saatnya disapih nih, bisa gak ya??

Menyusui merupakan kedekatan yang sangat intens antara ibu dan bayinya. Sehingga saat harus melalui proses menyapih, seringkali ibu merasa tak tega untuk melakukannya. Demikian pula bagi si bayi, yang juga tak rela berpisah dari ibunya. Akibatnya, proses yang sebenarnya alamiah ini, maju mundur bahkan menimbulkan masalah yang bisa menjadi momok bagi ibu dan anak.

Kapan waktu yang tepat untuk menyapih?

Menentukan kapan anak perlu disapih, terkadang bukan keputusan mudah. Walau memang sudah masanya, terkadang justru bunda belum siap untuk menyapih.

Berikut yang perlu kita perhatikan:

1. Ibu ingin menyapih, anak belum siap. Alasan ibu ingin menyapih, karena tidak menikmati kegiatan menyusui, kelelahan atau sibuk bekerja.

Saran ahli:

  • Jika anak masih di rentang usia menyusui, pikirkan kembali apakah ia perlu disapih? Bila alasannya tidak mendesak, tunda dulu niat menyapih.
  • Bila kurang menikmati kegiatan menyusui, atasi pencetus masalahnya. Semisal, bila puting ibu sakit, atasi dengan cara menyusui yang benar.

Bila menyusui terasa membosankan, ubah jadi menyenangkan sambil mendengarkan musik

2. Anak ingin disapih, ibu belum siap. Anak tidak tertarik lagi minum ASI dari payudara dan ingin minum dari cangkir. Padahal ibu masih ingin menyusui dan ASI banyak.

Saran ahli:

  • Tunda penyapihan dengan menciptakan suasana menyusui yang tenang, jauh dari rangsangan yang bisa membuyarkan konsentrasi anak
  • Jika anak sudah bisa diajak komunikasi, beri pengertian manfaat ASI dengan bahasa yang sederhana
  • Bila anak ingin tetap disapih, berpikir positif dan jangan sedih atau kecewa karena bisa mengganggu kerja hormon prolaktin dan oksitosin sehingga bisa menghambat produksi ASI.
  • Karena inisiatif datang dari anak, biasanya proses menyapih menjadi lebih mudah. Tetap berikan ASI, namun melalui cangkir

3. Ibu dan anak sama-sama tidak siap. Anjuran menyapih dari pihak luar, bukan kehendak ibu ataupun anak. Misalnya, lingkungan menganggap anak sudah besar sehingga perlu disapih.

Saran ahli:

  • Pemberian ASI dianjurkan hingga anak usia 2 tahun. Tapi jika ibu dan anak masih nyaman, boleh terus dilanjutkan. Kekurangannya, anak bisa menjadi manja, kurang mandiri, tergantung pada ibu dan jadi bahan ejekan.
  • Pada kasus ibuhamil lagi, keputusan menyapih atau tidak tergantung pada kesehatan kandungan

4. Penyapihan sementara. Bisa dialami bunda yang mendapat tugas sehingga harus meninggalkan anak. Atau bunda harus minum obat sehingga ASI "tercemar" dan tidak boleh diminumkan bayi

Saran ahli:

  • Bila bepergian lama, lakukan penyapihan sementara, setelah itu relaktasi. Selama bunda pergi anak minum ASI dari cangkir. Begitu bunda kembali, anak menyusu lagi dari payudara.
  • Jika menjalani pengobatan, ASI tetap diperah namun dibuang hanya untuk menjaga produksinya. Setelah pengobatan selesai, lakukan relaktasi.

Bagaimana tips menyapih dengan cinta?

Mestinya selama proses penyapihan itu tidak perlu terjadi saling menekan antara ibu dan anak karena proses tersebut alami. Menyapih bukan proses pemisahan hubungan antara ibu dan anak, baik secara fisik maupun emosi. Menyapih adalah bagian dari fase perkembangan yang harus dijalani oleh anak. Justru karena cinta Anda, anak harus melewati fase perkembangan ini untuk menghadapi fase perkembangan selanjutnya.

Tapi perlu diingat sebisa mungkin hindari menyapih anak dengan membohonginya. Kalau ada anjuran, olesi saja daerah areola Anda dengan buah mengkudu atau obat merah agar bayi tak ingin menyusu, abaikan saran ini. Menyapih anak dengan cara ini sama dengan melakukan kekerasan padanya. Anda mengambil paksa 'kepemilikannya', yang dapat menimbulkan luka batin.

Kerelaan Anda dan si bayi untuk mengakhiri kegiatan menyusu adalah kunci utama dari menyapih dengan cinta atau weaning with love. Lakukan sepenuh cinta dengan langkah-langkah ini:

  1. Kurangi frekuensi menyusui secara bertahap dimulai pada siang hari. Sebab pada saat inilah waktu yang tepat untuk mengenalkan dia pada sesuatu yang baru, seperti rasa, bentuk dan tekstur pada makanan pendamping ASI (MP-ASI).
  2. Tidur terpisah. Balita mau tak mau belajar menahan diri untuk tidak menyusu di malan hari. Dalam hal ini perlu kerja sama ayah seperti menemani tidur, agar balita tidak rewel ketika pisah dengan ibunya.
  3. Tambah pemberian MP-ASI sebanyak 3-4 kali sehari untuk mengurangi pemberian ASI pada siang hari.
  4. Tetapkan tempat menyusui hanya pada satu tempat, misalnya di kamar. Gunanya agar si kecil tidak meminta susu di sembarang tempat sekaligus mengajaknya untuk belajar mengenal aturan.
  5. Tunjukkan perhatian dan kasih sayang selama proses menyapih, misalnya mendekap, mengusap atau mencium agar anak tahu bahwa Anda tetap menyayangi dia meski Anda sudah tidak menyusuinya lagi.
  6. Ajak bicara. Sekalipun masih kecil, sedikit-sedikit balita bisa mengerti maksud kita, asalkan dijelaskan dengan bahasa sederhana dan lemah lembut
  7. Bulatkan tekad. Artinya Anda benar-benar siap untuk melepaskan aktivitas ini. Bila Anda ragu-ragu, Anda akan kesulitan sendiri. Keraguan Anda terbaca oleh anak. Alhasil, anak pun tidak rela disapih.
  8. Sapih anak saat ia dalam keadaan sehat, karena dalam keadaan sakit ia akan semakin butuh kelekatan dengan Anda.  
  9. Libatkan suami sebagai orang yang mampu menghibur dan mengalihkan perhatian anak ketika rewel minta ASI.
  10. Berikan penjelasan pada anak mengapa ia harus disapih. Misalnya, “Ayo, kamu sudah besar, sudah tidak perlu lagi menyusu bunda. Makan kue saja yuk. Atau minum susu di cangkir?” Lakukan dengan sabar, lembut dan cinta Anda. Jangan pernah bosan untuk memberikan alasan padanya.
  11. Ganti aktivitas menyusu dengan membaca buku atau mendongeng sebelum tidur. Aktivitas ini tidak jauh berbeda saat Anda menyusuinya bukan?

Ada aturannya? Pernyataan WHO dan UNICEF di Geneva pada tahun 2001, “Tidak ada keharusan anak disapih pada usia 2 tahun. Benar bila ibu menyusui bayi secara eksklusif di enam bulan pertama kehidupannya. Kemudian ASI dapat dilanjutkan secara bersamaan dengan MP-ASI hingga anak berusia 2 tahun. Tapi tidak ada keharusan kapan harus menyapih.” Penelitian Dewey KG, Pediatric Clinics of North American, tahun 2001, ASI masih boleh diberikan pada anak usia 2 tahun karena masih mengandung: 43% protein, 36% kalsium, 75% vitamin A, dan 60% vitamin C. 

Saat proses penyapihan terjadi, sebenarnya anak sedang berada pada fase alami untuk:

  • Belajar mengenal aneka ragam rasa dan tekstur makanan.
  • Latihan mengunyah makanan padat karena gigi dan rahangnya 'diuji' agar dapat berkembang secara optimal.
  • Latihan kemandirian, sebab anak tidak harus bergantung lagi pada ASI setiap ia merasa lapar atau haus. Dia sudah bisa menikmati makanan padatnya.
  • Latihan percaya pada orang lain dalam pemenuhan kebutuhannya. Saat ini Anda bukanlah satu-satunya orang yang bisa memenuhi kebutuhannya. Selain itu anak juga sedang berlatih untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Bagaimana jika anak tidak mau disapih?

Bagi anak, menyusu bukan sekadar kegiatan yang mengenyangkan perut. Menyusu juga memenuhi kebutuhan emosi anak. Berhenti menyusu bisa jadi masalah jika anak tidak siap untuk disapih dengan alasan:

  1. Tidak mau kehilangan kedekatan bersama ibu. Dia sudah mengerti kalau dia bisa memiliki perhatian dan waktu Anda seluruhnya hanya saat menyusu.
  2. Menikmati kontak kulit. Lewat sentuhan dan pelukan, dia merasa dicintai.
  3. Memberi ketenangan. Bagi balita Anda yang selalu aktif, saat menyusu adalah waktu dimana dia bisa tenang di tengah rasa ingin tahunya yang tinggi.
  4. Memberi kenikmatan oral dan bonusnya dia bisa mendapat susu.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan? Upayakanlah agar anak berhenti menyusu tanpa membahayakan perkembangan fisik dan emosinya.  Kuncinya mudah saja, beri anak hubungan dekat dan rasa cinta yang sama seperti pertama kali Anda menyusui dirinya.

Ini kiatnya! Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua ketika anak menolak untuk disapih:

1. Jelaskan alasan Anda menyapihnya. Biasanya strategi yang Anda gunakan ketika ingin menyapih anak adalah dengan menjauhi anak. Namun pesan yang sampai pada anak berbeda, dia justru merasa Anda tidak ingin bersamanya lagi. Untuk menhindari hal ini, anak perlu penjelasan dan anak usia 2 tahun  sudah bisa mendengarkan dan memahami penjelasan Anda.

2. Alihkan perhatiannya. Anak  tidak bisa berhenti memikirkan tentang menyusu kecuali kesempatan tersebut muncul. Anda adalah orang yang bisa tahu kapan anak ingin menyusu pada Anda. Setiap kali dia mendekati Anda untuk meminta menyusu, segera ajak dia bermain atau melakukan kegiatan menyenangkan yang bisa membuat dia lupa tujuan awalnya mendekati Anda.

3. Tinggalkan kebiasaan saat menyusui. Bila Anda terbiasa menyusui dia sebelum tidur ganti ritual tersebut dengan membacakan dia dongeng. Jika Anda punya sudut favorit untuk menyusui anak, misalnya di sofa kamar, hindari duduk di sofa tersebut di jam-jam di mana Anda biasa menyusui anak.

4. Siap dengan camilan sehat pengganti ASI. Jika Anda ingin menyapih anak, pastikan Anda sudah menyediakan  camilan lezat dan sehat yang bisa memuaskan rasa laparnya.

5. Beri waktu. Anda tidak bisa langsung berhenti menyusuinya seketika. Lakukan secara perlahan-lahan karena jika tidak Anda justru bisa membuat anak mengalami kecemasan saat berpisah. Biasanya anak lebih mudah untuk mengurangi menyusu pada Anda, bila dia masih bisa mendapat jaminan di waktu menyusu favoritnya, misalnya pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Yuk tunjukkan kasih sayang kita kepada anak, sapihlah dengan cinta dan antar anak ke gerbang masa depan gemilangnya dengan cinta.

   


05-05-2015 08:21:54 Mitos atau Fakta
Jumlah Posts : 738
Jumlah di-Like : belum ada like
Bayi perempuan:
Payudara berwarna pink dan lebih merah
Sering mual setiap pagi di awal kehamilan
Detak jantung bayi rata-rata kurang dari 140/menit
Pinggul dan pantat lebih besar, berat badan bertumpu di bagian pinggul
Tubuh terlihat lebih tinggi
Perut terlihat seperti semangkadan melebar
Lebih menyukai makananyang manis-manis
Tergila-gila pada buah-buahan, terutama buah yang rasanya manis
Lebih cerewet ketimbang sebelum hamil
Moody dan suka marah-marah, terutama jika udaranya panas
Sering mual terutama pada menu-menu beraroma tajam
Rambut terlihat lebih merah
Warna urine lebih gelap dari biasanya
Lebih suka tampil minimalis tanpa makeup
Dada sebelah kiri lebih besar
Bayi laki-laki:
Kelebihan berat badan cenderung membuat tubuh melebar ke depan dan samping
Jarang mual dan lebih bersikap seperti sebelum hamil
Detak jantung bayi rata-rata berkisar 140/menit
Perut bentuknya lebih bulat seperti bola
Cenderung menyukai makananyang rasanya asin dan masam
Cenderung menyukai makananyang kaya protein seperti keju, daging, telur, dan lain sebagainya
Daerah sekitar puting warnanya lebih gelap
Bulu-bulu kaki dan tangan tumbuh memanjang dan lebih subur saat sedang hamil
Kulit cenderung lebih kering
Lebih doyan dandan ketimbang biasanya, dan sangat peduli pada penampilan
Urine cenderung berwarna lebih cerah
Hidung terlihat lebih mengembang
Seringkali diserang sakit kepala
Perut terlihat berat dan menggantung ke arah bawah
Kaki terasa lebih dingin dari biasanya
kutipan dari, http://tipspedia.net/tips-menebak-jenis-kelamin-bayi
Lima tanda janin yang ada di dalam perut Anda adalah laki-laki:
1. Bentuk perut terlihat bulat sempurna seperti bola basket.
2. Posisi perut lebih condong ke arah bawah.
3. Daerah areola (daerah hitam sekitar puting susu).
4. Detak jantung bayi kurang dari 140 detik per menit.
5. Jika menggantungkan cincin kawin di atas perut, maka
cincin tersebut akanbergerak memutar.
dikutip dari, http://m.tribunnews.com/lifestyle/
2013/10/07/lima-tanda-bayi-dalam-kandungan-berjenis-kelamin-cowok?page=2
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Buat bunda yang punya bayi prematur dan beratnya dibawah 2500 gram, aku pernah denger kalau dokter itu nyaranin metode kangguru untuk perawatan bayinya. Jadi, inti dari metode kangguru ini adalah menciptakan suasana mirip dengan suasana di dalam Rahim seorang ibu bun.

Metode ini udah ditemukan sejak tahun 1983, dan langkah-langkahnya kayak gini nih bun :

1. Cara memegang atau memposisikan bayi : 

Peluk kepala dan tubuh bayi dalam posisi lurus.

Arahkan muka bayi ke puting payudara ibu .

Ibu memeluk tubuh bayi, bayi merapat ke tubuh ibunya.

Peluklah seluruh tubuh bayi, tidak hanya bagian leher dan bahu,biarkan bayi hanya mengenakan popok.

2. Cara melekatkan bayi :

Sentuhkan puting payudara ibu ke mulut bayi.

Tunggulah sampai bayi membuka lebar mulutnya.

Segerah arahkan puting dan payudara ibu ke dalam mulut bayi.

3. Tanda-tanda posisi dan pelekatan yang benar :

Dagu bayi menempel ke dada ibu.

Mulut bayi terbuka lebar .

Bibir bawah bayi terposisi melipat ke luar.

Daerah areola payudara bagian atas lebih terlihat daripadaareola payudara bagian bawah.

Bayi menghisap dengan lambat dan dalam, terkadang berhenti.

Sumber

   
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
bunda bee... Kompres masing2 puting selama 2-3 menit dgn kapas dibasahi air hangat trus olesin minyak/baby oil. Tarik dan putar puting ke arah luar 20 kali, ke arah dalam 20 kali utk masing2 puting. Pijat daerah areola utk membuka saluran susu. Kl kluar cairan stop dulu bun.. trus kl mandi usahakan jgn dsabunin krna akan buat puting kering..
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda da yg ngrasa daerah areola & pu**ng bengkak / nyeri nggak? uk hampir 17w .. pa lagi klo mlm rasanya nyut2an ...
   
15-12-2009 11:08:58 Sufor LACTOGEN 0-6 bln
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda Lhea yang di Cintai Allah,

Sebagai seorang ibu kita memang diberikan kelebihan, menurut saya hal tersebut tidak menjadi kendala yang besar. Saran saya klo bunda mau memeras tidak menggunakan pompa, akan jauh lebih maksimal hasilnya klo kita menggunakan tangan dan jari2 kita saja. lebih higienis dan mudah.

Setahu saya klo masih umur2 segini biasanya bayi akan lebih sering minum susu. Klo boleh saran sebaiknya Asi diperas 1 jam sekali. Semakin sering diperas semakin banyak asinya.

Maaf, klo tidak memiliki P* apa tidak malah bagus krn baby lgs bisa mengisap sampai ke daerah areola (bagian hitam yg melingkar) dengan begitu asi yg keluar / tersedot jg banyak.
untk pup, klo masih 40hr pertama biasanya mmg dalam sehari pup nya berkali2 selama masih ada ampasnya klo menurut DSA nya Daffa itu tidak apa2 kecuali klo cairan saja.

Moga bermanfaat ya,
Salam Mama Daffa,
   
04-03-2009 16:56:22 Hamil Nga Ya
Jumlah Posts : 82
Jumlah di-Like : 2
he he tanda2 mmg itu, sy aja pas mw hamil sakit2an kepala pusing,badan ga enak,mual2 sempat kedokter malah dikira maag....soalnya mens nya blm telat. tp waktu itu yg bikin en curiga hamil wkt enn masak,goreng bawang,,kok mual nyium nya..nah dr situ enn coba2 tes..eh positif..senang buanget.
daerah areola itu daerah yg warna cokelat mengelilingi...maaf.. puting susu, biasanya klu hamil daerah itu warnanya berubah mnjd lebih gelap.
dag dig dug duerrr donk nungguin 2mgg nya...
   
04-03-2009 10:31:02 Hamil Nga Ya
Jumlah Posts : 82
Jumlah di-Like : 2
lam kenal bunda...
mmmm....bunda skarang lg stress ga? klu stress bs menyebabkan ga haid jg loh...
wkt enn hamil dulu telat 12 hr di USG uda keliatan kantong kehamilannya...
mungkin kantong kehamilannya bunda baru mw merkembang..
btw uda ada tanda2 kehamilan ga? sprti..maaf..daerah areola...warnanya jd tambah gelap, mual2,sering kencing dll?
yg sabar aja deh nunggu nya,,,,mudahan bundanya positif hamil yaaaa..

lam manis..
   
20-02-2009 14:44:56 ASI ga keluar
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
hai jg..lam kenal..
klu pengalamn enn dulu 5 bln uda keluar tp masih cairan bening.
coba deh mba pencet daerah areola mammae( lingkaran hitam) menuju ke puting, biasanya ada keluar cairan.
Habis melahirkan blm tentu jg seorang ibu bisa menghasilkan ASI. ada jg hari ke-3 baru keluar,tp dengan catatan ttp di isapkan ke bayi,supaya ASI nya terangsang utk keluar, kan ASI semakin di isap semakin byk dia keluar.
Mba rajin2 massage payudara aja.
mba jangan stress duluan,itu jg bs menghambat keluarnya ASI jg loh. positif thinking dunk.
jadi mbak jgn takut, siapa tau nanti pas dede bayi keluar ASI nya lgsg keluar byk..jd ntar klu pun pas baby lahir dan ASI mba blm kluar tetap aja isap kan biar ASI nya keluar...

lam manis...
   
Jumlah Posts : 86
Jumlah di-Like : 1
Dear bunda........ Yap !! setuju bangets sama bunda Yuni.   Yang namanya anak manusia (bayi)  makanan terbaik buatnya ya cuma dari ibunya (ASI)bukan dari sapi (sufor). Karena setiap ibu mempunyai karekteristik ASI sendiri yg telah disesuaikan dgn anaknya (subhanallah...). Allah SWT telah memberikan rizqi-Nya kpd ibu dg jalan membuat PD dapat menghasilkan susu (makanan) untuk bayinya, mengapa kita malah menyia2kannya ????   Sedikit tips untuk ibu2 yg sedang hamil agar ASI-nya lancar (pernah aku tulis di forum)

1. Memberikan stimulasi atau rangsangan pada kelenjar2 PD, caranya : setiap mandi hendaknya :

* urut PD mulai ujung hingga pangkal sampai daerah areola dg perlahan

* bersihkan ujung puting dari kotoran dan lemak2 yg melekat sampai benar2 bersih shg pori2nya terbuka

* seka PD dg air hangat dan air dingin secara bergantian, jadi siram dg air hangat kemudian air dingin begitu seterusnya berganti2an

* keringkan PD, usapkan baby oil di daerah puting, agar tetap lembab dan meminimalkan kotoran yg menempel juga untuk melenturkan puting.

2. Setelah melahirkan nanti (mudah2an persalinannya lancar ya, ibu dan bayinya sehat tidak kurang suatu apa, Amin) kalo benar2 berniat memberikan ASI eksklusive tanpa sufor,

* setelah 30 menit mb melahirkan (persalinan normal) bisa langsung menetekin bayinya (inisiasi dini) ini sangat penting lho untuk tahap pemberian ASI selanjutnya, karena saat itu kali pertama bunda dan bayinya sama2 belajar, subhanallah..... saya jadi merinding nih inget waktu saya melahirkan dulu, begitu mereka lahir dan saya tetekin langsung ngenyot dg smangatnya !

* selama 3-4 hari setelah melahirkan tentunya kuantitas (volume ASI mb masih sedikit, sabar aja ya  dg stimulasi isapan bayi dan konsumsi makanan yg bergizi tinggi secara betahap volumenya akan bertambah banyak.

* menu wajibnya : susu,banyak minum air, jus buah juga lebih bagus, sayur, buah, sumber KH, lemak dan protein lainnya tentunya dg porsi dobel ya (dobel banyaknya jgn lupa dobel juga nutrisinya), kalo perlu plus vitamin.

* biasanya mb mengalami demam (’ngrasemi’kt orang Jawa) dikompres aja mb PD-nya dg air hangat, dan diurut perlahan, gpp kok itu wajar.

* kalo puting lecet, jangan berhenti netekin nanti malah jadi kering dan pecah2 (tambah seru lecetnya), berikan terus aja , asalkan sebelum diberikan dibasuh dg air hangat bersih insyaAllah malah lebih cepet sembuhnya.

* ini yg gampang2 susah..... jaga kondisi psikologis ya mb, karena hal itu akan mempengaruhi kinerja hormon prolaktin (hormon yg mengatur & merangsang produksi ASI), so rileks, dan di nikmatin aja.......

Untuk yg ASI-nya ga keluar bisa relaktasi seperti bunda Yuni tulis.

Asalkan ada niat pasti ada jalan, SMANGAT, SMANGAT, SMANGAT......................

ASI IS THE BEST FEEDING FOR BABY !!!!

Salam hangat, bunda_aila

(Luna, MAiza, Aileen)

 
   
19-01-2009 11:36:06 biar ASI lancar
Jumlah Posts : 86
Jumlah di-Like : 1

Hai mb Ima…….

Bagi2 pengalaman yah mb…. (karena aku udah dua kali ngasih ASI eksklusive, full ASI ga pake sufor, sekarang yg ketiga nih mb, masih usia 10 bulan).

Yg bisa mb Ima lakukan :

1. Memberikan stimulasi atau rangsangan pada kelenjar2 PD, caranya : setiap mb Ima mandi hendaknya :

* urut PD mulai ujung hingga pangkal sampai daerah areola dg perlahan

* bersihkan ujung puting dari kotoran dan lemak2 yg melekat sampai benar2 bersih shg pori2nya terbuka

* seka PD dg air hangat dan air dingin secara bergantian, jadi siram dg air hangat kemudian air dingin begitu seterusnya berganti2an

* keringkan PD, usapkan baby oil di daerah puting, agar tetap lembab dan meminimalkan kotoran yg menempel juga untuk melenturkan puting.

2. Setelah mb Ima melahirkan nanti (mudah2an persalinannya lancar ya, ibu dan bayinya sehat tidak kurang suatu apa, Amin) kalo mb Ima benar2 berniat memberikan ASI eksklusive tanpa sufor,

* setelah 30 menit mb melahirkan (persalinan normal) mb Ima bisa langsung menetekin bayinya (inisiasi dini) ini sangat penting lho untuk tahap pemberian ASI selanjutnya, karena saat itu kali pertama bunda dan bayinya sama2 belajar, subhanallah..... saya jadi merinding nih inget waktu saya melahirkan dulu, begitu mereka lahir dan saya tetekin langsung ngenyot dg smangatnya !

* selama 3-4 hari setelah melahirkan tentunya kuantitas (volume ASI mb masih sedikit, sabar aja ya mb, dg stimulasi isapan bayi dan konsumsi makanan yg bergizi tinggi secara betahap volumenya akan bertambah banyak.

* menu wajibnya : susu,banyak minum air, jus buah juga lebih bagus, sayur, buah, sumber KH, lemak dan protein lainnya tentunya dg porsi dobel ya (dobel banyaknya jgn lupa dobel juga nutrisinya), kalo perlu plus vitamin.

* biasanya mb mengalami demam (’ngrasemi’kt orang Jawa) dikompres aja mb PD-nya dg air hangat, dan diurut perlahan, gpp kok itu wajar.

* kalo puting lecet, jangan berhenti netekin nanti malah jadi kering dan pecah2 (tambah seru lecetnya), berikan terus aja , asalkan sebelum diberikan dibasuh dg air hangat bersih insyaAllah malah lebih cepet sembuhnya.

* ini yg gampang2 susah..... jaga kondisi psikologis ya mb, karena hal itu akan mempengaruhi kinerja hormon prolaktin (hormon yg mengatur & merangsang produksi ASI), so rileks, dan di nikmatin aja.......

Wah... wah... jadi panjang banget nih ya... SMANGAT ya mb Ima !!!! kalo mb Ima berniat baik pasti selalu ada jalan.......................

Kuncinya SABAR  dan IKHLAS...........

Salam hangat, bunda_aila