SITE STATUS
Jumlah Member :
480.346 member
user online :
2640 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: ciri ciri menstruasi penghabisan awal ke

New Topic :  
18-12-2007 11:07:26 ibu idealkah anda
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : 1
2. College Degree Parent
Menganggap pendidikan formal adalah hal utama yang tak bisa ditawar lagi. Mereka percaya, pendidikan yang baik merupakan pondasi dari kesuksesan hidup. apa pun mereka lakukan agar anak-anaknya bisa diterima di sekolah favorit dan ingin si anak memperlihatkan kemampuan akademik yang tinggi.

Ciri-ciri:
a. Keluarga intelek menengah ke atas. umumbnya orangtuanya mengenyam pendidikan sarjana atau lebih.
b. Sering melibatkan diri dalam berbagai kegiatan di sekolah anak. Misl, membantu membuat majalah dinding dan kegiatan ekskul lainnya.
c. Bila anak-anak menunjukkan prestasi akademik yang tinggi, orang tua akan terus menggenjot anaknya supaya berprestasi lebih dan lebih lagi.
d. Mereka percaya bahwa pendidikan yang baik harus dibayar dengan harga yang pantas, karenanya tak masalah bila harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah yang pretisius, membayar guru les atau tempat kursus terkenal.

Kelebihan :
a. Sangat peduli dan kritis terhadap kurikulum yang dilaksanakan di sekolah anak-anaknya. Dalam banyak hal mereka kerap membantu dan peduli dengan kondisi sekolahnya.
b. Lebih menekankan nilai-nilai pada pendidikan formal yang memang seharunya menjadi tanggung jawab dan kepedulian orang tua. Pasalnya, masih banyak orang tua yang tak menganggao pendidikan formal sebagai prioritasbahkan cenderung membiarkan anaknya bila malas-malasan sekolah.

Kekurangan :
Terlalu mengagung-agungkan bahwa pendidikan formal adalah kunci kesuksesan seseorang sehingga lupa mengembangkan bakat atau keterampilan anak-anaknya. Padahal bakat dan keterampilan juga diperlukan untuk mengantarkan kesuksesan seseorang.

Anak-anak yang dihasilkan :
a. Anak-anak juga peduli pada pendidikan formal. Karena termotivasi oleh lingkungan di rumah yang menekankan belajar, belajar dan belajar, si anak juga akan mencapai target nilai tertinggi akademik dan menganggap kesuksesan berawal dari nilai-nilai yang excellent di sekolah
b. Jika anak karena kemampuannya tak bisa memenuhi target orangt tua, maka dia kan frustasi dan lama kelamaan bisa menganggap belajar adalh momok. Bukannya menjadi juara, kemampuan belajar anak makin lama malah makin hancur, akibatnya anak merasa tak percaya diri karena merasa sebagai anak yang bodoh dan tak mampu memenuhi tuntutan orang tua. Banyak dari anak-anak ini yang stress, frustasi bahkan berakhir dengan bunuh diri seperti yang dilakukan beberapa pelajar di Jepang.

Agar anak berkembang sehat, inilah yang harus dilakukan oleh orang tua:
Orang tua perlu memerhatikan meski pendidikan formal penting, tapi kemampuan akademis setiap anak berbeda. Bila anak menunjukkan nilai akademis yang biasa-biasa saja, jangan marah dan selalu menyalahkan anak. Jangan memasang target pendidikan yang terlalu besar. Sebaliknya galilah bakat dan kelebihan anak, kemudian kembangkan. Bisa jadi anak memang tidak terlalu berprestasi secara akademik tapi gemilang di bidang lain, seperti kesenian atau olahraga. Orang tua juga harus membuka mata atas usaha yang dilakukan anak, misalnya anak sudah terlihat belajar dengan sunggih-sungguh namun hasilnya belum sesuai dengan harapan, orangtua sebaiknya tatap berbesar hati,

   


23-02-2016 22:16:16 Q U I Z
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
sebenarnya pada umumnya tdk semua ibu hamil merasakan perubahan,krn tiap org berbeda2... ada yg merasakan ngidam yg parah dan ada jg yg bahkan tdk merasakan apa2.. tp sy cba utk mnjwab tanda2 awal kehamilan yg biasa di alami bumil.
ada 15 ciri atau tanda awal kehamilan :
#1 Terlambat menstruasi
Gejala ini paling mudah dideteksi apalagi bagi Anda yang
sering mendapatkan menstruasi secara teratur.
#2 Bercak Darah
Tanda-tanda kehamilan selanjutnya, walaupun tidak
semua wanita mengalaminya, adalah timbul bercak
merah yang lebih ringan dari menstruasi.
#3 Mual
Ciri-ciri orang hamil yang satu ini paling dikenal oleh
kebanyakan wanita yang sudah pernah mengandung.
Faktor yang memicu terjadinya rasa mual karena ada
peningkatan hormon secara tiba-tiba di aliran darah.
#4 Sakit kepala
Selain rasa mual, tanda-tanda kehamilan akibat
perubahan hormon adalah sakit kepala.
#5 Mudah lelah
Rasa lelah juga merupakan salah satu pertanda ciri-
ciri orang hamil akibat peningkatan hormon di dalam
tubuh ibu hamil.
#6 Perubahan emosi
Anda merasakan perubahan mood yang tiba-tiba? Jika
YA, jangan khawatir hal itu merupakan salah satu
tanda dan gejala dalam kehamilan dimana tubuh Anda
sedang menyesuaikan diri terhadap hormon-hormon
baru.
#7 Nafsu makan meningkat atau menurun
Hal lain yang bisa dilihat dari ciri-ciri orang hamil
adalah perubahan nafsu makan yang meningkat atau
menurun.
#8 Peningkatan suhu tubuh
Apabila Anda mendapatkan suhu tubuh terus meningkat
lebih dari dua minggu, ada kemungkinan Anda sedang
hamil.
#9 Gampang terengah-engah
Tanda-tanda kehamilan lainnya adalah napas yang
mudah terengah-engah terutama saat naik tangga.
#10 Payudara membesar
Ciri-ciri orang hamil selanjutnya adalah payudara yang
semakin membesar dan daerah aerola yang bertambah
hitam.
#11 Sakit punggung
Selama masa kehamilan pula biasanya ibu hamil akan
didera sakit punggung yang diakibatkan karena
beberapa ligament di punggung sudah tidak ada.
#12 Kram
Tanda-tanda kehamilan yang satu ini terkadang sedikit
membingungkan, karena bisa dikatakan gejala
menstruasi atau justru kehamilan.
#13 Kerap buang air kecil
Jika Anda harus bolak balik terbangun dari tidur ke
kamar mandi karena perasaan buang air kecil yang kuat
bisa jadi ini salah satu ciri-ciri orang hamil juga.
#14 Konstipasi atau perut membesar
Celana kesayangan Anda mulai tidak muat? Ini adalah
tanda-tanda kehamilan berikutnya.
#15 Hidung jadi sensitif
Indera penciuman Anda semakin sensitif dengan bau-
bauan,ada kemungkinan Anda sedang mengandung.

mksih.. semoga bermanfaat info.y
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like

Aloo Bunda Asti

Ketika kuret biasanya butuh waktu agar hormon kembali normal. Agar hormon HCG kembali ke level di bawah 1 butuh waktu kisaran beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Jadi untuk kembali memastikan apabila menstruasi bunda teratur maka ketika telat mens 1 hari bunda udah bisa langsung lakukan test pack. Cara ini berguna apabila memang hamil bunda bisa langsung ke dokter kandungan untuk diberi penguat spt duphaston atau cygest yg berisi hormon progesteron untuk menunjang kehamilan di 3 bulan pertama.

Untuk ciri ciri orang hamil memang agak sulit dibedakan dgn PMS, namun bunda bisa coba baca artikel Ciri Ciri Orang Hamil

   


28-06-2015 12:28:24 baby gak mw bobo di kasur
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Tanpa kita sadari, ketika melihat disekeliling kita ada perbedaan tingkat kecerdasan dan kemandirian pada anak-anak. Perbedaan tersebut bukan karena orang tua bayi kaya atau miskin, akan tetapi hal tersebut terjadi karena salah merawat dan memperlakukan anak ketika masih bayi. Jadi janganlah heran bila masa bayi yang diperlakukan mulia akan menjadi anak-anak yang tumbuh sesuai dengan harapan orang tua.

Inti dari pembentukan kecerdasan bayi dimula pada perlakuaan orang tua terhadap bayi berusia 0 – 6 bulan. Bayi pada usia tersebut selain membutuhkan pertumbuhan tubuh yang sehat, sel dan selaput otak bayi harus dapat perlakuan khusus.

Bahaya Ayunan

Indonesia memiliki tradisi mengayunkan bayi sebagai salah satu bentuk kasih sayang. Jika bayi menangis, biasanya bayi akan digendong kemudian diayun-ayunkan agar ia berhenti menangis. Tetapi tindakan ini ternyata bisa berbahaya bagi bayi itu sendiri.

Shake baby syndrom adalah salah satu bentuk kejadian yang cukup sering terjadi pada bayi tanpa kita sadari. Selain diakibatkan karena trauma, ternyata shake baby syndrom juga bisa dipicu karena mengayun-ayunkan bayi.

”Shake artinya menggoyang atau mengguncang. Shake baby syndrom merupakan kumpulan gejala yang timbul akibat melakukan gerakan menggoyang bayi terlalu keras,” ujar dr. I Gusti Ngurah Suwarba, Sp.A. dari Sub Bagian Saraf Otak Bagian SMF IKA RS Sanglah.

Lanjutnya, mengayun-ayunkan bayi dalam batas tertentu mungkin tidak apa-apa, tetapi jika sering tidur diayunan membuat bayi mengalami guncangan pada kepalanya dan akan sangat berbahaya. Efek ayunan pada bayi menurut Suwarba bisa terjadi dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Untuk jangka pendek atau akibat yang segera terlihat adalah bayi mengalami perdarahan di mata dan otak. Tanda-tanda jika anak mengalami perdarahan pada otaknya adalah ia sering menangis dengan suara melengking dan lama.

”Ciri-ciri bayi yang mengalami pendarahan pada selaput otak dan mata, ia sering menangis dengan suara yang melengking, karena bayi mengalami sakit di kepalanya yang luar biasa, akibat dari guncangan yang didapatkan dari efek ayunan,” jelas Suwarba, sembari menambahkan kualitas ayunan yang sempit (Bahan kain) juga salah satu penyebab berkurangnya pasokan oksigen ke otak bayi, yang dapat melemahkan pertumbuhan IQ.

Perdarahan yang disebabkan oleh ayunan tidak nampak atau meninggalkan bekas dan bukti. Beda jika perdarahan karena trauma atau jatuh.

Bagaimana pun, Struktur tubuh bayi yang masih sangat lemah bila mendapatkan guncangan/ayunan yang kuat dapat menyebabkan terjadinya tarikan/rentangan antara otak dengan selaput otak yang melekat pada tulang kepala. Rentangan ini menyebabkan terjadinya robekan pembuluh darah yang menghubungkan antara otak dengan selaput otak. Gejala yang paling ringan pada bayi yang terkena sindrom tersebut adalah pendarahan di retina (selaput jala) mata dan jangka panjang dapat menyebabkan kebutaan. Pendarahan di retina tidak dapat dilihat secara klinis tetapi harus menggunakan alat oleh ahli saraf mata.

Gejala lainnya yang bersifat umum dapat dilihat antara lain muntah-muntah, penurunan kesadaraan, serta perubahan pada pupil mata. Selain itu ayunan yang kuat, dapat membuat tulang kaki, tungkai, serta lengan patah. Ini dapat terjadi karena saat mengayun bayi, yang dipegang bukan badannya melainkan kaki, lengan/ketiaknya.

Bayi tetap akan dapat tidur dengan nyenyak tanpa harus diayun dengan kuat. Karena itu adalah sifat alamiah manusia. Bila bayi telah kenyang dan tubuhnya sehat, ia pasti akan mudah untuk tidur.

Berdasarkan data kejadian di USA per tahun terjadi 1.200-1.400 kasus shake baby syndrom dengan 7-30 persen meninggal dunia, 30-50% mengalami gangguan saraf dan kecerdasan, sementara sisanya tidak memperlihatkan efek yang nyata. Untuk di Indonesia sendiri menurut Suwarba kasusnya berfluktuasi.

Pernahkan Mama mengalami kejadian seperti ini saat sedang menyusui?

1. Tiba-tiba dalam waktu beberapa hari bayi terlihat sering ingin menyusu sepanjang hari.
2. Bayi tampak selalu haus dan tidak kenyang.
3. Bayi sering ingin bangun dan menyusu di malam hari dan rewel.

Kemudian setelah mengalami hal tersebut di atas selama beberapa hari (sekitar 2-3 hari), bayi tampak tenang dan lebih sering tidur dalam waktu 1-2 hari setelahnya. Jika Mama pernah merasakan bayi menunjukkan perilaku seperti ini, bisa saja bayi Anda sedang mengalami suatu periode pertumbuhan yang dinamakan growth spurt.

Bayi akan mengalami growth spurt atau disebut juga percepatan pertumbuhan biasanya dalam 12 bulan pertama kehidupannya. Percepatan pertumbuhan di sini artinya bayi “didorong” untuk tumbuh lebih cepat dari biasanya sehingga dia membutuhkan asupan ASI lebih banyak dan tubuh Mama akan mendapatkan “natural alert” untuk memproduksi dan menyuplai ASI lebih banyak lagi sesuai kebutuhan bayi. Jadi Mama tidak perlu khawatir ASI kurang. Ingat lagi prinsip pembentukan ASI berdasarkan demand and supply process, semakin bayi menyusu lebih sering dan banyak maka semakin banyak pula ASI yang dihasilkan.

Bagaimana kita tahu bayi kita sedang mengalami growth spurt? Berikut ini adalah tanda-tandanya:

1. Bayi menyusu lebih sering dari biasanya, kadang bisa setiap jam atau setiap 30 menit sekali atau hampir nonstop.
2. Bayi lebih rewel dari biasanya, begitu rewel dan disodorkan payudara, bayi langsung mau menyusu. Mudahnya bayi lebih memilih “nempel” langsung pada Mamanya.
3. Bayi sering bangun tengah malam untuk menyusu. Bayi seakan mengerti bahwa produksi hormon prolaktin paling tinggi pada malam hari.
4. Gejala ini bisa berlangsung selama 2-3 hari, beberapa kasus ada bayi yang mengalami growth spurt sampai 1 minggu. Setelah periode growth spurt, bayi akan tidur lebih tenang dan lebih lama selama 1-2 hari, seakan-akan dia letih habis bekerja keras. Lucu ya, Ma. :)

Begitu bayi menunjukkan tanda-tanda seperti ini, suplai ASI Mama juga akan meningkat selama beberapa hari disesuaikan dengan peningkatan kebutuhan bayi. Waktu-waktu tertentu dimana bayi mungkin mengalami growth spurt yaitu selama beberapa hari pertama pasca lahir (ketika bayi sudah pulang ke rumah, pulang dari rumah bersalin), usia 7-10 hari, usia 2-3 minggu, usia 4-6 minggu, usia 3 bulan, usia 4 bulan, usia 6 bulan, usia 9 bulan atau lebih. Waktu-waktu ini tidak jadi patokan karena masing-masing bayi menunjukkan pola yang berbeda.

Jika bayi menunjukkan gejala growth spurt seperti yang sudah disebutkan di atas, bagaimana cara menanganinya? Saya akan bagi bebebrapa tips yang bisa dicoba Mama:

1. Ikuti kemauan bayi. Jika dia ingin menyusu setiap 30 menit sampai 1 jam sekali, ikuti saja karena bayi yang paling tahu seberapa banyak asupan ASI yang dia butuhkan untuk mempercepat pertumbuhannya. Ketika bayi sering menyusu, sinyal yang dicetuskan ke badan Mama untuk menghasilkan ASI juga semakin banyak. Artinya tubuh akan terus memproduksi ASI lebih banyak lagi.
2. Bayi sehat 0-6 bulan yang mengalami growth spurt tidak membutuhkan asupan lain selain ASI. Pemberian susu formula dan makanan padat hanya akan mengganggu “natural alert” atau sinyal ke tubuh Mama untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Selalu tanamkan di mind-set Mama bahwa ASI akan semakin banyak karena bayi yang terus menyusu.
3. Hilangkan pikiran negatif dan kekhawatiran bahwa bayi yang terus menyusu berarti belum kenyang karena ASI-nya kurang atau ASI tidak cukup. Pikiran Mama sangat mempengaruhi proses pengeluarkan oksitosin yang tugasnya menyuplai ASI. Pikiran negatif dapat mengganggu kerja oksitosin.
4. Hindari memberlakukan jadwal menyusu pada bayi. Ini dapat membuat bayi stress dan semakin rewel. Mama juga ikut stress dan pembentukan ASI bisa terhambat.
5. Mama biasanya lebih letih ketika bayi sedang growth spurt, jangan lupa tetap makan makanan dengan gizi seimbang, banyak minum air putih, tidurlah bersama bayi ketika ia tidur.
6. Tetap perhatikan tanda bayi mendapat cukup ASI yaitu dari kenaikan berat badan bayi pada grafik pertumbuhan, frekuensi BAK minimal 6x sehari, frekuensi BAB yang sering pada awal-awal kehidupannya dan bisa menjadi jarang mulai usia 40 hari.
7. Tetap tenang dan percaya diri.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Mama menghadapi situasi saat bayi sedang mengalami growth spurt.

Selamat menyusui. :)

   
15-11-2013 09:38:20 ciri bayi tdk berkembang
Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : belum ada like
CiriCara.com ? Janin tak berkembang lagi atau gagal hidup bisa terjadi pada trisemester pertama, kedua, maupun ketiga. Kegegalan hidup pada trisemester awal hingga 20 minggu disebut keguguran atau abortus. Keguguran bisa saja terjadi karena Anda tidak menjaga janin dengan baik. Sedangkan pada trisemester ketiga, kematian janin terjadi karena beberapa faktor.

Dilansir dari tabloid Nakita, penyebab keguguran sekitar 80 persen adalah masalah kromosom akibat kelainan genetik. Paling banyak terjadi pada usia 13 minggu kehamilan.

Pada trisemester kedua, kematian janin bisa saja terjadi karena adanya suatu inkompetensi servik. Artinya tahim tak cukup kuat menyangga dan juga karena faktor adanya lilitan tali pusat. Sedangkan pada trisemester ketiga, kematian janin diantaranya terjadi pelepasan plasenta sehingga janin tak mendapatkan suplai oksigen.

Namun, jangan terlalu mengkhawatirkan kehamilan Anda. Pada prisnipnya, kematian janin yang disebabkan oleh kelainan atau infeksi dan juga faktor lainnya tak banyak terjadi, hanya sekitar 3-4 persen saja. Untuk mencegahnya, Anda disarankan agar menjaga kehamilan dengan baik.

Dilansir Female.Kompas.com, ahli kandungan, dr UF Bagazi, SpOG dari Brawijaya Women and Children Hospital mengatakan bahwa jika terjadi sesuatu pada janin, ibu hamil bisa merasakan beberapa ciri. Berikut ciri-ciri janin gagal hidup:

1. Mual dan muntah tak lagi dirasakan

Pada trisemester pertama, ibu hamil pada umumnya akan merasa mual dan muntah-muntah. Tapi, jika si janin gagal hidup, maka ibu hamil tak lagi merasakannya.

2. Muncul flek atau darah

Jika pada trisemester pertama muncul flek atau darah dari alat kelamin, maka menandakan bahwa si janin gagal hidup di dalam rahim Anda.

3. Tak merasa ada gerakan janin

Pada trisemester kedua dan ketiga, biasanya ibu hamil akan merasakan janin menendang atau memukul. Jika Anda tidak merasakan hal itu lagi, maka menandakan bahwa si janin gagal hidup. Selain itu, tinggi fundus rahim juga relatif menurun. Bahkan, muncul pula pendarahan.

4. Mengalami kontraksi rahim

Pada trisemester kedua dan ketiga, seharusnya ibu hamil tak merasakan kontraksi dalam rahimnya. Tapi, jika merasakannya, maka menandakan bahwa si janin gagal hidup. Selain itu, Anda juga selalu merasakan nyeri.

Itulah ciri-ciri janin gagal hidup di dalam rahim Anda. Jika merasakan ciri-ciri di atas, maka alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. (NR)

semoga membantu, tapi ada baiknya bunda periksa ke dokter spesialis dan agar yakib bunda boleh cari second opinion ke 2 atau 3 spesialis.
   


Jumlah Posts : 38
Jumlah di-Like : belum ada like
Pusat Penjualan Obat Kanker Serviks, menderita penyakit kanker mulut rahim tentu bukan akhir dari segalanya, adapun pilihan pengobatan bisa secara medis atau secara alternatif dengan obat herbal. Sebelum Kami kenalkan nama obat kanker rahim yang memiliki kekuatan membunuh sel kanker 10000 kali lipat dari terapi kemo mari simak gejala dari kanker serviks ini .

Seperti Penyakit Lainnya Kanker Serviks / Kanker Mulut Rahim Memiliki Tanda atau Gejala Sebagai Berikut : Pada stadium dini, gejala kanker serviks tidak terlalu kentara. Butuh waktu 10-20 tahun dari infeksi untuk menjadi kanker. Walau demikian, ciri-ciri berikut dapat dijadikan tanda kanker serviks :

    1. Terasa sakit saat berhubungan seksual,
    2. Mengeluarkan sedikit darah setelah melakukan hubungan badan,
    3. Keluar darah yang berlebihan saat menstruasi,
    4. Keputihan yang tidak normal (berwarna tidak bening, bau atau gatal),
    5. Pada stadium lanjut: kurang nafsu makan, sakit punggung atau tidak bisa berdiri tegak, sakit di otot bagian paha, salah satu paha bengkak, berat badan naik-turun, tidak dapat buang air kecil, bocornya urin / air seni dari vagina, pendarahan spontan setelah masa menopause, tulang yang rapuh dan nyeri panggul.

Ace Maxs terbuat dari bahan pilihan terbaik dari berbagai macam buah2an/makanan yang ada di alam ini yang telah di uji ketat oleh para ahli. kulit manggis , daun sirsak, apel dan madu.

Eksrtak kulit manggis Dari berbagai penelitian kandungan xanthone dan derivatnya efektif melawan kanker secara in-vitro. Khasiat garcinone E (devirat xanthone) ini jauh lebih efektif untuk menghambat kanker bila dibandingkan dengan obat kanker seperti flaraucil, cisplatin, vincristin, metohotrexete, dan mitoxiantrone.( sumber BPTP oleh Kasma Iswari dan Tri Sudaryono )

Ekstrak Daun sirsak. berdasarkan data dan hasil penelitian lebih dari 20 laboratorium, daya kerja zat antikanker di dalam daun sirsak memiliki kekuatan 10.000 kali lebih kuat dalam membunuh dan memperlambat pertumbuhan sel kanker secara alami dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan. Hasil penelitian The National Cancer Institute tahun 1976 menunjukkan bahwa daun sirsak mampu menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker, demikian hasil penelitian tentang khasiat sirsak sebagai antitumor dan antikanker. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa tidak semua kanker berakhir di ruang operasi akan tetapi kanker dapat diatasi dengan Ace Max’s yang terbuat dari perpaduan daun sirsak dan ekrak kulit manggis yang dapat mengatasi dan menyembuhkan berbagai macam kanker.

Cara Pemesanan Ace Maxs isi 350ml secara online Via sms ke 085317668623 atau 087826012364 dengan format sebagai berikut :

SI : Jumlah Pesanan : Nama Lengkap : Alamat lengkap Pengiriman : No. Hp / Telepon

Contoh :

SI : 3 botol : Fikri Abdullah :  Jl. siliwangi. Tasikmalaya Jawa Barat : 08132xx

Read More ::

   
Jumlah Posts : 110
Jumlah di-Like : 2
aku tadi nemu artikel ini bun semoga bermanfaat.. Cara mendapatkan Bayi Laki-laki atau Perempuan. Laki-laki perermpuan sama saja. Kata-kata itu sering kita dengar dari pasangan yang sedang menunggu datangnya buah hati. Tapi kadang-kadang dalam hati mereka, ada keinginan yang tak bisa disangkal bahwa mereka punya harapan agar anak yang lahir perempuan atau laki-laki. Bisakah anak yang lahir kita rancang sebagai laki-laki atau perempuan? Bisa! Usaha pertama yang harus dilakukan, tentu saja berdoa dan memintanya langsung pada Sang Pembuat Hidup. Cara lainnya, ikhtiar-ikhtiar yang halal bisa dan boleh kita lakukan. Setiap kali ejakulasi, laki-laki normal mengeluarkan sperma 2 sampai 5 semprotan. Dalam durasi tersebut, sperma yang dihasilkan sekitar 2 sampai 5 cc. Sperma yang normal tiap cc mengandung 60 – 200 juta spermatozoa. Jadi setiap seorang laki-laki mengalami ejakulasi, 120 sampai 1 milyar sperma telah dikeluarkan dari tubuhnya. Seperti yang kita tahu, dalam sperma terdapat dua gen. Androsperma yang juga disebut gen Y dan Gynosperma yang bisa kita sebut sebagai gen X. Gen Y adalah gen yang memungkinkan kita seorang ibu mengandung anak perempuan, sedangkan gen X adalah sebaliknya. Jika suami dan istri sama-sama dominan gen X nya maka kemungkinan besar, keduanya akan mempunyai anak perempuan. Tapi jika sang ayah dominan gen Y dan sang ibu gen X maka kemungkinan besar anak yang dilahirkan adalah laki-laki. Meskipun demikian, hal itu adalah hitung-hitungan logika yang tak pernah mengalahkan keajaiban alam dan kekuasaan Tuhan. Cara menghitung masa ovulasi atau puncak masa subur seorang perempuan: # Diketahui tanggal awal masa bersihnya seorang perempuan setiap bulan, misalnya setiap tanggal 05. # Diketahui tanggal akhir masa bersihnya seorang perempuan setiap bulan, misalnya setiap tanggal 27. # Rumus: ((tanggal setiap bulannya) – (tanggal setiap bulannya))/2 = n; # kemudian n + tanggal awal masa bersih dari seorang perempuan = masa ovulasi atau puncak masa suburnya seorang perempuan penerapan: (27 – 05)/2 = 11; 05 + 11 = 16 – setiap hari ke 16 dari sejak awal bersihnya seorang perempuan adalah puncak masa subur dari seorang perempuan atau masa ovulasi Ciri-ciri spermatozoa: # Androsperma, membawa gen Y: # Bergerak lebih lambat. # Lebih mampu bertahan hidup lebih lama (berumur rata-rata kira-kira 2 sampai 3 hari). # Lebih tahan dalam ‘suasana’ asam. # Tidak tahan dalam ‘suasana’ basa. # Memiliki Berat Jenis (BJ) lebih ringan. # Gynosperma, membawa gen X: # Bergerak lebih gesit. # Hidup lebih singkat (berumur rata-rata kira-kira hanya 1 hari saja) # Tidak tahan dalam ‘suasana’ asam. # Lebih tahan dalam ‘suasana’ basa. # Memiliki Berat Jenis (BJ) lebih berat. Jika Ingin Anak Laki-laki. Jika Anda adalah pasangan yang ingin menginginkan bayi laki-laki, ada tips-tips dari hasil sebuah penelitian yang bisa Anda lakukan. Pertama, sebaiknya Anda melakukan hubungan intim pada saat atau sehari sebelum ovulasi. Ovulasi adalah saat terlepasnya sel telur dari indung telur dalam rahim perempuan. Cara berikutnya adalah membasahi vagina dengan satu liter air yang terlebih dahulu telah dicampur dengan 2 (dua) sendok soda kue. Selain itu mengkonsumsi seafood dan daging juga sangat membantu dalam proses ini. Dan yang paling penting dari rangkaian usaha di atas adalah, sang suami harus mengeluarkan sperma sedekat mungkin dengan mulut rahim. Hal ini diharapkan mempercepat Gynosperma melakukan perjalanannya membuahi sel telur. Jika Ingin Anak Perempuan. Jika Anda adalah pasangan yang menginginkan anak perempuan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Pertma tengok jadwal hubungan intim Anda. Lakukan hubungan intim 2 hari sampai 3 hari sebelum masa ovulasi. Langkah selanjutnya, sebelum berhubungan badan, sang istri bisa membasuh vagina dengan satu liter air yang dicampur dengan satu sendok air cuka. Larutan ini tidak membahayakan. Larutan asam dalam air cuka bermanfaat untuk melumpuhkan Androsperma yang berperan besar membentuk gen laki-laki. Selain itu sebaiknya sang calon ayah mengeluarkan sperma tidak seperti cara di atas, melainkan agak mengambil jarak dengan mulut rahim. Cara ini memungkinkan untuk mendapatkan bayi perempuan. Mengkomsumsi makanan yang mengandung asam seperti yoghurt, buah dengan rasa asam, sayur segar dan kacang-kacangan juga membantu proses. Tapi sekali lagi jangan lupa, manusia berusaha Alloh jua yang punya rencana.
   
Jumlah Posts : 362
Jumlah di-Like : 8
hmmmm......cukup membingungkan y bunda....
udah coba di TP ato periksa k dokter belum bund???
berarti bulan jan kemarin bunda haid 2 kali y????
klo setelah dipijat bunda dikatakan hamil namun tanggal 31 bunda haid lagi.....bisa jadi g hamil sich bund....
maaf klo tidak bisa memberi info banyak y bunda queenza...
klo setahu aku, misalkan qt hamil...biasanya darah yang keluar itu hanya seperti bercak merah muda yang sedikit dan biasanya terjadi sekitar 8-10 hari setelah ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur). Terjadi karena benih tertanam (implantasi) di lapisan uterus (rahim). Datangnya pun lebih awal ketimbang jadwal haid.
Memang agak bingung y bund, membedakan qt hamil ato enggak, soalnya gejala orang sedang haid n sedang hamil itu hampir sama......seperti yang bunda ceritakan....
klo saya dulu pernah keguguran bund, itu karena saya tidak klo saya hamil....
sedikit cerita ndak apa2 y bund...^^
saya menikah bulan Juli, jadwal haid saya sekitar tgl 28 dan siklusnya sekitar 28-29 hari.
Akhir agustus saya keluar flek, saya kira itu darah haid karena waktu itu berwarna merah agak kecoklatan dan sedikit. Seminggu kemudian saya periksakan ke dokter dan ternyata saya positif hamil (bingung kan bund, kok bisa gitu y...) dan kantung janinnya udah kelihatan, kata dokter itu usinya sekitar 2 mingguan. Karena saya tetap mengeluarkan flek, dokter bilang kehamilan saya ini bisa mungkin berlanjut atau keguguran karena kondisinya yang lemah dan tergantung pada nanti si janinnya bisa berhasil melekat di dinding rahim ato tidak dan tentunya tergantung pada aktivitas yang saya lakukan. Tapi Allah berkehendak lain bund, setelah hampir 2 minggu lebih saya mengalami flek yang semakin hari semakin banyak dan semua ciri-ciri ibu hamil saya alami bund...mulai dari payudara membesar sampai dengan mual n muntah...
Tapi waktu itu saya keluar flek disertai kram yang luar biasa bund, seperti orang mau haid dan itu saya rasakan selama hampir dua minggu. Dan pada akhirnya tanggal 11 Sept 2010 saya keguguran bund dan sakitnya luar biasa....Alhamdulillah saya tidak kuret karena setelah satu bulan kemudian saya periksakan rahim saya Alhamdulillah sudah bersih....
Dan sekarang Alhamdulillah sudah 3 bulan bund...
Klo saranku bunda periksakan saja k dokter kandungan supaya bisa lebih tepat penanganannya dan misalkan belum hamil, semangat terus untuk hamil bund....
Semoga bermanfaat y bund...
Maaf jadi panjang dan lebar...hihii

   
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
Dear dr. Tanti Retnowati, awal tahun ini saya didiagnosa punya tumor jinak sebesar 2,5 jari di payudara sebelah kiri (Tumor itu sudah saya rasa sejak setahun sebelumnya). Saya langsung melakukan operasi secara alternatif untuk pengangkatan tumor tersebut tetapi ternyata masih ada benjolan di tempat yang sama dan belum saya periksa kembali ke dokter. Yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Apakah tumor itu bisa bertambah menjadi benjolan yang lain? Jadi banyak?
2. Jika benjolan yang masih ada ini adalah tumor jinak juga, apakah berbahaya buat kehamilan saya yang saat ini memasuki usia 20 minggu.
3.Apakah tumor ini bisa menjadi kanker payudara? Apa yang harus saya lakukan sekarang ini? Jujur saya cemas sekali.
4. Apakah nanti saya bisa memberikan ASI untuk anak saya? Saya ingin memberikan ASI Eksklusif...
Trima kasih sebelum dan sesudahnya. Mohon maaf jika pertanyaan saya banyak. Mohon dijawab.

Dari : Dinda Ankhi Dwiyansi

Jawaban:

Dear Bunda Dinda Ankhi Dwiyansi,

Untuk mengetahui apakah suatu tumor itu jinak atau tidak, pada pemeriksaan fisik , dokter akan mengetahui tanda-tanda apakah tumor ini ke arah jinak atau ganas melalu ciri-ciri fisik tumor tersebut. Namun hal tersebut harus dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan biopsy. Pada pemeriksaan biopsy akan diambil sebagian sample (contoh) jaringan tumor tersebut dan diperiksa sel- selnya, dari sana akan di ketahui apakah sel tersebut ganas atau tidak. Biasanya bila tumor tersebut tidak ganas, maka tidak akan dilakukan tindakan pengangkatan, namun beberapa pasien merasa tidak nyaman dan ingin dilakukan tindakan pengangkatan tumor. Bila Anda telah melalui fase-fase pemeriksaan dan tumor tersebut di nyatakan jinak, maka yang Anda perlu lakukan adalah melakukan pemeriksaan rutin untuk memonitor perkembangan tumor tersebut. Berdasarkan beberapa pengalaman, adanya tumor jinak tidak akan mengganggu proses menyusui ASI.
   
23-12-2008 13:40:34 bayi sungsang
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

MEMUTAR JANIN SUNGSANG

Memutar posisi janin atau versi luar, tak bisa sembarangan. Harus dilihat dulu penyebabnya dan dilakukan oleh ahlinya.

Harusnya, pada usia kehamilan di atas 8 bulan, kepala janin berada di bawah dan bokongnya di atas. Hingga, saat persalinan nanti, pengeluaran bayi jadi lebih mudah dilakukan. Akan tetapi, pada kenyataannya tak selalu posisi demikian yang diperoleh ibu hamil. Banyak pula yang mengalami kelainan posisi janin berupa letak sungsang atau letak lintang.

Tentunya, kelainan-kelainan tersebut harus diatasi sejak mulai terdeteksi. Menurut dr. Dwiana Ocvianti SpOG. dari RS Siaga Raya, Jakarta, deteksi bisa saja datang dari si ibu. Misal, pada janin sungsang, yaitu bila posisi janin memanjang sejajar sumbu panjang rahim, dengan bokong janin berada di bagian terendah, "Ibu dapat merasakan dari tendangan si janin yang lebih banyak geraknya ke bawah."

Gerakan di bawah adalah gerakan yang didominasi oleh kaki. Dengan demikian berarti kepala dan tangannya berada di atas. Padahal normalnya, setelah usia kehamilan 7-8 bulan, ibu akan merasakan gerakan janin lebih banyak di atas pusar. Ciri lain: bagian yang keras (kepala janin) mendesak tulang iga ibu hingga menimbulkan rahim sesak atau tertekan.

Ada pula gerakan janin yang mendominasi di perut sebelah kiri atau kanan. Jika ini terjadi, kemungkinannya adalah letak janin melintang. Posisi-posisi ini jelas tak seharusnya dan ibu harus segera minta kepada dokter ahli untuk mengubahnya. "Tapi ingat, penanganan harus dilakukan oleh dokter atau bidan yang benar-benar ahli. Karena tidak sembarangan kita boleh memutar-mutar janin."

Memang, aku Dwiana, ada ibu yang tak dapat mendeteksi sendiri kelainan posisi janinnya. Dia pun tak dapat mengungkapkan secara spesifik mengenai pergerakan janin hingga perlu pemeriksaan ahlinya. "Dokter atau bidan yang terlatih biasanya hanya melakukan perabaan di perut ibu. Dari perabaan itu dapat dirasakan di mana posisi kepala dan di mana posisi bokong."

Namun, pemeriksaan seperti ini sulit dilakukan terhadap ibu yang bertubuh gemuk karena rahimnya terhalang oleh lemak. Bila dokter tak yakin dengan perabaannya, akan dilakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi.

PENYEBAB

Letak sungsang ada beberapa variasi; dari letak bokong dengan kedua tungkai kakinya ke atas dan bokong di posisi yang terendah, letak sungsang sempurna di mana kedua kaki ada di samping bokong, dan letak sungsang tak sempurna di mana selain bokong ada bagian tubuh lain seperti kaki atau lutut berada paling bawah. Pada letak sungsang tak sempurna, biasanya satu kaki menjulur ke bawah hingga ke jalan rahim.

Adapun penyebab kelainan posisi pada janin, terang Dwiana, dari si janin sendiri. "Tak ada pengaruh antara ibu yang beraktivitas tinggi, ibu yang memiliki penyakit kronis, atau ibu yang mengkonsumsi narkoba dengan kelainan posisi janin."

Dalam hal letak sungsang bisa disebabkan bayinya yang terlalu besar. "Bila tubuh bayi terlalu besar, maka kepalanya tak bisa berputar ke bawah karena tak bisa masuk ke atas panggul." Namun, kenapa si bayi terlalu besar, bisa disebabkan ibunya yang kebanyakan makan. Akibatnya, si ibu kegemukan, begitupun bayinya. "Karena itulah, ibu hamil kalau datang periksa, berat badannya ditimbang. Kalau berat badannya terlalu gemuk akan dinasihati untuk tak menambah berat badannya karena bayinya nanti terlalu besar."

Letak sungsang juga bisa terjadi saat hamil muda, di mana ukuran bayi masih kecil sementara ruangan rahim relatif luas, kepala janin akan terputar ke atas. Juga, terjadi pada ibu yang sering mengalami persalinan. Pada ibu yang sering bersalin ini, otot rahim akan molor dan ruangan rahim pada kehamilan berikutnya jadi lebih luas. Bila risiko ini ditambah lilitan tali pusat, dapat dipastikan janin akan sungsang. Lilitan tali pusat pada tubuhnya membuat dia tetap di posisi semula, kepala di atas dan bokong di bawah. "Janin yang tak bisa memutar secara alamiah ini akan sungsang hingga melahirkan nanti."

Selain itu, sungsang juga disebabkan letak plasenta di bawah hingga kepala tak bisa turun. Sekalipun janin bisa berputar, kepala akan turun setengah hingga posisinya kadang jadi melintang. Ciri-ciri janin melintang. Tubuh akan membesar ke samping dan bagian tengah terasa kosong. Posisi ini bahkan lebih berbahaya daripada sungsang. Dalam persalinan lintang dikhawatirkan, "Selain bayinya meninggal, ibunya juga. Karena kalau bayi itu melintang, dia tak bisa lahir, padahal kontraksi rahim begitu kuat. Dengan demikian, rahim bisa pecah, yang disebut ruptura uteri," jelas Dwiana.

Hal lain yang dapat menyebabkan sungsang adalah terdapat kecacatan pada bayi. Misal, yang kepalanya besar (hidrosefalus) atau kepalanya tak ada tulang tengkorak. Kelainan-kelainan dengan bagian tubuh membesar dapat pula terjadi pada organ tubuh lain, seperti bahu, perut, dan bokong.

TAK BOLEH SEMBARANGAN

Tentunya, untuk melakukan tindakan terhadap bayi sungsang harus dilihat dulu penyebabnya. Sebab, untuk melakukan pemutaran tak boleh sembarangan. Jadi, tidak asal memutar. "Bahaya sekali melakukan tindakan pemutaran kalau kita tak tahu persis apa penyebab bayi itu menjadi sungsang," ungkap Dwiana.

Larangan pun berlaku bagi dokter atau bidan yang tak terampil melakukan pemutaran. "Yang melakukannya harus dokter atau bidan terlatih." Sebab, kalau penyebab janin sungsang adalah lilitan tali pusat, tindakan memperbaiki akan menyebabkan bayinya malah tambah terjerat. Dalam kondisi seperti ini, kepala bayi tak akan bisa turun. Seandainya dipaksakan pun, bayi akan makin terjerat. "Biasanya dokter atau bidan akan membiarkannya dalam posisi seperti ini. Kemungkinannya, persalinan dilakukan dengan jalan bedah sesar."

Dwiana lantas menggambarkan cara memutar bayi sungsang dengan tangan yang dikenal dengan versi luar. Pertama-tama, si ibu dalam posisi terlentang, kondisi relaks, dan belum ada kontraksi. "Bila sudah terjadi kontraksi, maka pemutaran tak dapat dilakukan karena rahim sudah tak relaks lagi dan ibu sudah siap melakukan persalinan."

Kemudian, "Perlahan-lahan bayi kita geser dengan tangan dari luar." Pemutaran bayi boleh diteruskan bila tak terasa sakit. Bila terasa sakit, pemutaran harus dihentikan untuk mencegah terjadi luka di rahim, misal, plasenta putus atau rahim robek. "Biasanya, pemutaran dilakukan antara 10 sampai 15 menit dalam satu kali pemutaran." Pemutaran tak dapat dilakukan setahap demi setahap. Misal, hari ini bayi diputar setengah kemudian besok setengahnya lagi.

Bagaimana dengan pengurutan? Dwiana dengan tegas melarang, "Sebaiknya jangan melakukan urut-mengurut. Ibu tak diperkenankan melakukan pemijatan di daerah perut apalagi rahim." Meskipun pengurutan dilakukan ahlinya, tetap dilarang. Apalagi bila ahli itu tak mengerti medis.

BAYI SUNGSANG HARUSKAH DILAHIRKAN SESAR?

Asalkan usia kehamilan masih di bawah 32 minggu, posisi sungsang masih dapat diperbaiki.

Dokter menyatakan janin Anda sungsang? Itu berarti, si janin dalam posisi memanjang dengan kepala di bagian atas rahim (fundus uteri) dan bokongnya ada di bagian bawah. Umumnya pada kehamilan trimester kedua, posisi sungsang sudah dapat dideteksi. Kandungan terasa penuh di bagian atas dengan gerakan janin terasa lebih banyak di bagian bawah. Ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya akan merasa kehamilan sekarang terasa berbeda. Namun untuk memastikan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Untuk langkah awal, lakukanlah pemeriksaan luar. Caranya dengan meraba bagian bawah rahim. Apakah ada bagian yang keras dan bulat menyerupai kepala di situ? Bila tidak ada, maka kemungkinan posisi janin sungsang. Jangan keliru dengan bagian bokong yang juga terasa berbentuk bulat. Cara membedakan kepala dan bokong adalah dengan menggerak-gerakkan bagian tersebut secara perlahan. Jika tak mau bergerak atau terasa sulit sekali bergerak, dapat dipastikan itu adalah bokong. Kepala lebih mudah digerakkan daripada bokong.

Selanjutnya, cobalah raba bagian atas rahim. Andaikan posisi janin memang sungsang, maka akan teraba kepalanya pada bagian ini. Denyut jantung janin pun akan teraba di posisi setinggi atau sedikit lebih tinggi daripada pusar ibu. Bila masih ragu, lakukan pemeriksaan dalam atau dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

PENCETUS SUNGSANG

Letak janin bergantung pada proses adaptasinya di dalam rahim. Jadi, tak perlu keburu khawatir jika posisi sungsang terjadi di bawah usia kehamilan 32 minggu. Pada usia kehamilan ini, jumlah air ketuban relatif lebih banyak sehingga janin masih dapat bergerak bebas. Dari yang posisinya sungsang lantas berputar menjadi melintang lalu berputar lagi sehingga posisi kepala di bagian bawah rahim. Jangan heran kalau pada kehamilan belum cukup bulan, frekuensi letak sungsang menjadi lebih tinggi.

Memasuki usia kehamilan 37 minggu ke atas, posisi sungsang sudah sulit untuk berubah karena bagian terendah janin sudah masuk ke pintu atas panggul. Namun semestinya di trimester ketiga, bokong janin dengan tungkai terlipatyang ukurannya lebih besar daripada kepala akan menempati ruangan yang lebih besar yakni di bagian atas rahim. Sedangkan kepala berada dalam ruangan yang lebih kecil, di segmen bawah rahim. Masalahnya, mengapa posisi sungsang masih dapat terjadi hingga usia kehamilan cukup bulan?

Multiparitas

Ibu telah melahirkan banyak anak sehingga rahimnya sudah sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk berputar hingga minggu ke-37 dan seterusnya.

Hamil kembar

Adanya lebih dari satu janin dalam rahim menyebabkan terjadinya perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang lebih nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar (yakni bokong janin) berada di bagian bawah rahim.

Hidramnion (kembar air)

Jumlah air ketuban yang melebihi normal menyebabkan janin lebih leluasa bergerak walau sudah memasuki trimester ketiga.

Hidrosefalus

Besarnya ukuran kepala akibat kelebihan cairan (hidrosefalus) membuat janin mencari tempat yang lebih luas, yakni di bagian atas rahim.

Plasenta previa

Adanya plasenta yang menutupi jalan lahir dapat mengurangi luas ruangan dalam rahim. Akibatnya, janin berusaha mencari tempat yang lebih luas yakni di bagian atas rahim.

Panggul sempit

Sempitnya ruang panggul mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang.

Kelainan bawaan

Jika bagian bawah rahim lebih besar daripada bagian atasnya, maka janin cenderung mengubah posisinya menjadi sungsang.

4 POSISI SUNGSANG

Presentasi bokong

Pada pemeriksaan dalam yang dapat teraba hanya bokong bayi saja. Terjadi karena janin meluruskan (ekstensi) kedua sendi lututnya, sehingga kedua kaki mengarah ke atas dan kedua ujungnya sejajar dengan bahu atau kepala.

Presentasi bokong kaki sempurna

Kala pemeriksaan dalam dilakukan, bokong dan kedua kaki dapat teraba.

Presentasi bokong kaki tidak sempurna

Bagian bokong teraba dengan satu kaki di sampingnya, sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas.

Presentasi kaki

Yang teraba lebih dulu adalah salah satu atau kedua kaki karena posisi kaki berada di bagian paling rendah.

MENGUBAH POSISI SUNGSANG

Cara termudah dan teraman untuk mengubah posisi janin sungsang adalah dengan bersujud (knee chest position) secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore. Masing-masing selama 10 menit. Biasanya bayi akan berputar dan posisinya kembali normal, yaitu kepala berada di sebelah bawah rahim. Pada saat kontrol kandungan, mintalah bidan atau dokter memeriksa posisi janin. Jika belum berhasil, maka ulangi latihan setiap hari. Namun, latihan ini hanya efektif jika usia kehamilan maksimal 35­36 minggu.

Cara lain yakni dengan memutar posisi janin dari luar. Tentu tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh ahli dan tidak semua dokter kandungan mahir melakukannya. Tindakan yang dikenal dengan nama versi luar ini berisiko. Bila tali pusat terlalu panjang dapat me-lilit. Sedangkan jika tali pusat pendek, plasenta bisa lepas akibat tarikan. Lantaran itu, tindakan versi luar saat ini jarang dipraktikkan.

SAAT PERSALINAN

Posisi janin sungsang tentunya dapat memengaruhi proses persalinan. Jika yang terjadi adalah presentasi bokong murni, maka persalinan normal masih relatif mudah dilakukan. Namun, ini pun hanya berlaku bagi ibu yang sudah memiliki pengalaman melahirkan per vaginam. Sedangkan jika yang terjadi adalah presentasi kaki, pada saat ketuban pecah spontan mungkin saja tali pusat ikut keluar (prolapsus tali pusat). Jika tidak segera dilakukan persalinan, janin mungkin tidak terselamatkan. Untuk mencegahnya, persalinan dapat dilakukan dengan cara sesar.

Proses persalinan yang salah jelas dapat menimbulkan risiko, seperti janin mengalami pundak patah atau saraf di bagian pundak tertarik (akibat salah posisi saat menarik bagian tangannya ke luar), perdarahan otak (akibat kepalanya terjepit dalam waktu yang lama), patah paha (akibat salah saat menarik paha ke luar), dan lain-lain. Untuk itu biasanya dokter menggunakan partograf, alat untuk memantau kemajuan persalinan. Jika persalinan dinilai berjalan lambat, maka harus segera dilakukan operasi (seksiosesaria).

Untuk ibu yang baru pertama kali hamil atau terdapat faktor penyulit pada kehamilan seperti ketuban pecah dini atau janin besar (di atas 3,5 kg) maka persalinan sesar merupakan jalan terbaik. Dalam hal ini, serahkan keputusan terbaik kepada dokter yang menangani.

   
23-06-2008 09:20:19 tes Mantoux
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Dear Bunda Abdurahman...   Berikut saya carikan artikel mengenai Test Mantoux ya... Mudah-2an Berguna :D

Ada sejumlah pemeriksaan untuk memastikan TBC, tapi yang paling menentukan adalah tes Mantoux

TBC merupakan penyakit yang disebabkan kuman Mycrobacterium tuberculosis. Kuman ini ditemukan oleh Robert Koch pada tahun 1882. Bisa juga disebabkan oleh kuman Mycobacterium bovis yang terdapat pada susu sapi yang tidak dipasteurisasi. Sayangnya, menegakkan diagnosis TBC secara pasti pada anak sangat sulit. Saking sulitnya sering terjadi overdiagnosis, dimana dokter terlalu cepat memvonis padahal data yang dimilikinya masih minim.

Hal ini kemudian sering kali diikuti overtreatment alias pengobatan yang berlebihan. Akibatnya, konsekuensi yang diterima anak tidak ringan. Pasalnya, anak harus mengonsumsi 2-3 jenis obat sekaligus minimal selama 6 bulan atau bahkan lebih. Pengobatan yang tidak tepat ini tentu saja amat berisiko mengganggu fungsi hati, saraf pendengaran dan organ-organ tubuhnya yang lain.

Di lain pihak ditemukan juga underdiagnosis alias diagnosis yang terlambat hingga berbuntut menjadi undertreatment. Hal ini sama-sama bisa membahayakan anak. Soalnya, anak penderita TBC perlu mendapat penanganan segera secara tepat. Bila tidak, jiwa anak pun menjadi taruhannya.

Untuk mendapatkan diagnosis tepat, tes Mantoux dilakukan jika anak menujukkan gejala-gejala berikut:

1. MMBB (Masalah Makan dan Berat Badan)

Bila anak sulit makan dan memiliki berat badan yang kurang dari rata-rata anak seusianya, orangtua patut waspada. Atau, ada peningkatan berat badan tapi tak sesuai alias masih di bawah jumlah yang semestinya (tidak sesuai dengan yang tertera pada KMS/Kartu Menuju Sehat).

2. Mudah sakit

Anak sakit batuk pilek wajar saja. Bedanya, anak yang terinfeksi TB akan lebih mudah tertulari penyakit. Jika orang di lingkungan sekitarnya batuk pilek, anak mudah tertulari atau sebulan sekali mesti sakit. Kondisi ini patut mendapat perhatian.

3. Lemah, letih, lesu dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas

Anak-anak dengan TB, umumnya terlihat berbeda dari anak kebanyakan yang sehat dalam beraktivitas. Ia tampak lemah, lesu dan tidak bersemangat.

4. Reaksi cepat BCG

Pada lokasi suntik vaksin BCG akan timbul tanda menyerupai bisul. Jika reaksi ini muncul lebih cepat, misalnya seminggu setelah pemberian, berarti tubuh anak sudah terinfeksi TB. Padahal normalnya, tanda itu paling cepat muncul pada 2 minggu setelah anak divaksinasi BCG. Namun rata-rata, benjolan pada kulit muncul setelah 4­6 minggu.

4. Batuk berulang

Batuk berkepanjangan merupakan gejala yang paling dikenal di kalangan masyarakat sebagai pertanda TBC. Batuk yang awalnya berupa batuk kering kemudian lama-kelamaan berlendir dan berlangsung selama 2 minggu lebih, merupakan salah satu tanda TBC. Gejala ini akan muncul bila sudah terdapat gangguan di paru-paru. Hanya saja, bedakan dari batuk alergi dan asma.

5. Benjolan di leher

Pembesaran kelenjar getah bening di leher samping dan di atas tulang selangkangan bisa saja merupakan tanda TBC. Soalnya, kelenjar getah bening merupakan salah satu benteng pertahanan terhadap serangan kuman. Kelenjar ini akan membesar bila diserang kuman. Namun, meski merupakan salah satu gejala TB, tidak semua pembengkakan kelenjar getah bening adalah gejala penyakit TB. Bisa jadi pembengkakan itu karena adanya infeksi atau radang di tenggorokan.

6. Demam dan berkeringat di malam hari

Gejala awal TBC biasanya muncul demam pada sore dan malam hari, disertai keluarnya keringat. Gejala ini dapat berulang beberapa waktu kemudian. Namun hal ini tetap belum dapat memastikan kalau anak menderita TBC. Tidak selalu anak-anak yang berkeringat di malam hari menderita TB. Keringat tidur justru merupakan pertanda sistem metabolisme yang sedang aktif bekerja. Tak heran, pada saat tidurlah anak-anak mengalami metabolisme yang pesat.

7. Diare persisten

Diare akibat TBC biasanya tidak kunjung sembuh dengan pengobatan biasa. Sebagai orangtua, kita bisa membantu dokter untuk menjelaskan apakah gejala-gejala di atas memang muncul pada anak atau tidak; berapa lama berlangsungnya, dan seberapa sering gejala-gejala tersebut muncul. Nah, dari pengamatan kita sehari-hari ini dokter akan sangat terbantu untuk mendiagnosis penyakit anak serta memutuskan apakah perlu dijalani tes Mantoux atau tidak.

PROSES TES

Tes Mantoux dilakukan dengan cara menyuntikkan protein dari kuman Mycobacterium tuberculosis pada lengan bawah anak. Agar hasilnya akurat, penyuntikannya harus benar-benar teliti. Bahan yang dimasukkan harus dengan dosis tepat dan masuk sepenuhnya ke dalam kulit, bukan di bawah kulit. Kemudian, reaksi yang dihasilkan harus dibaca tepat waktu.

Untuk memastikan anak terinfeksi kuman TBC atau tidak, akan dilihat indurasinya setelah 48-72 jam. Indurasi ini ditandai dengan bentuk kemerahan dan benjolan yang muncul di area sekitar suntikan. Bila nilai indurasinya 0-4 mm, maka dinyatakan negatif. Bila 5-9 mm dinilai meragukan, sedangkan di atas 10 mm dinyatakan positif.

Setelah hasil Mantoux dinyatakan positif, anak sebaiknya diikutkan pada serangkaian pemeriksaan lainnya. Salah satunya adalah rontgen yang bertujuan mendeteksi TBC lebih detail lewat kondisi paru yang tergambar dalam foto rontgen dan dan tes darah. Tes mantoux dilakukan lebih dulu karena hasil rontgen tidak dapat diandalkan untuk menentukan adanya infeksi kuman TB. Bercak putih yang mungkin terlihat pada hasil foto bisa memiliki banyak penyebab. Anak yang sedang menderita batuk pilek pun kemungkinan memiliki bercak putih di paru. Jadi, tes Mantoux sangat perlu, tak cukup hanya rontgen paru.

Namun dokter juga harus mencermati adanya tanda negatif palsu. Mungkin saja hasil tes menunjukkan negatif, tapi sebenarnya anak menderita TBC. Hal ini bisa terjadi pada anak-anak yang kondisi tubuhnya sangat buruk, seperti anak yang mengalami kekurangan gizi atau sedang menderita sakit berat. Disamping pemeriksaan di atas, ciri-ciri lain dari TBC pun harus dicermati. Misalnya apakah anak kurus, sering sakit, mengalami pembesaran kelenjar getah bening dan sebagainya.

TES BAYI BARU LAHIR

Bila saat mengandung si ibu menderita TBC bisa saja bayi akan terkena TBC begitu dilahirkan. Ini disebut dengan TBC kongenital dan bayi harus segera dites Mantoux pada usia sekitar 1 bulan. Usahakan jangan di bawah 1 bulan karena dapat memberi reaksi negatif meski boleh jadi si bayi tersebut menderita TBC. Itu karena sistem imun bayi usia ini masih belum baik. Kendati kasusnya sangat jarang ditemui, setidaknya orangtua dapat segera mengatasinya bila bayinya memang positif TBC.

Narasumber:

dr. Ema Nurhaema, Sp.A dari RSUP Persahabatan, Jakarta

dr. Darmawan Budi Setyanto, SpA(K), Ahli Respirologi Anak dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta

Sumber Artikel : http://bud1nugroho.wordpress.com/2007/03/05/saat-tepat-tes-mantoux/

   
22-10-2016 10:32:39 hpl bln februari 2017
Jumlah Posts : 30
Jumlah di-Like : belum ada like
katanya di dalemnya ada bakteri tokso bun. . yang bahaya buat janin. . ngeri deh bun kalo baca postibgan di google. . pada tau gak bun. . gejala awal. . atau ciri ciri kita terjangkit toksoplasma
   
Jumlah Posts : 182
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda bunda kalau ngerasain sakit perut yang sering disertai dengan sakit kepala,mata kunang kunang cepat diperiksa ke dokter bun karna bisa jadi preklamsia(keracunan kehamilan)..
waktu aku hamil aku juga sering sakit perut sebelah kiri disertai sakit kepala dan mata berkunang tapi saya kira hanya darah rendah biasa karna hb saya juga rendah jadi saya tidak hiraukan tapi ternyata mendekati melahirkan ternyata ciri ciri yg saya alami selama hamil adalah preklamsia setelah di usg plasenta saya copot didalam dan harus segera di sesar.pulis sudah harapan saya melahirkan normal
bukan menakuti saya hanya berharap tidak ada lagi ibu hamil lain yang mengalami seperti saya karna kalau waktu itu saya lambat ditangani nyawa saya dan baby bisa melayang
semoga bermanfaat
   
28-01-2016 09:07:27 bahaya keputihan
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
Keputihan menjadi salah satu tanda atau gejala adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan tersebut dapat berupa infeksi, polip leher rahim, keganasan (tumor dan kanker) serta adanya benda asing. Namun, tidak semua infeksi pada saluran reproduksi wanita memberikan gejala keputihan.keputihan dapat disebabkan oleh adanya jamur candida albicans.Gejalanya adalah keputihan berwarna putih susu, bergumpal seperti susu basi,disertai rasa gatal dan kemerahan pada kelamin dan disekitarnya. Pada keadaan normal, jamur ini terdapat di kulit maupun dalam liang kemaluan wanita. Namun, pada keadaan tertentu jamur ini meluas sehingga menimbulkan keputihan. Terjadinya keputihan pada vagina wanita dewasa tedapat bakteri yang baik yang disebut dengan basil doderlein. Dalam keadaan normal jumlah basil ini cukup dominan dan membuat lingkungan vagina bersifat asam sehingga vagina mempunyai daya proteksi yang cukup kuat. Ciri ciri keputihan yang tidak normal dan cukup serius adalah : Keluarnya cairan berlebihan seperti menstruasi.Cairannya kental dan berbau busuk Berwarna kuning hingga kehijauan Menimbulkan rasa gatal di sekitar vagina. hal ini dikarnakan bnyaknya bakteri jahat yang ada divagina yang kembali akan mmbuat sperma tidak bertahan hidup lama, jika dibiarkan berlarut" akan menjadikan pnyakit yang lebih parah lagi misalnya kanker mulut rahim, ataupun perlengketan pada tuba falopi.
   
Jumlah Posts : 62
Jumlah di-Like : belum ada like
.dear para bunda cantik.. share dong.. ciri ciri baby masuk panggul kayak gimana ya.? biasa nya weeks ke berapa baby muali masuk panggul.?