SITE STATUS
Jumlah Member :
493.708 member
user online :
1293 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: ciri ciri keguguran janin 15 minggu dlm

New Topic :  
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : belum ada like
dok, saya mau tanya. ini adalah kehamilan pertama saya, seharusnya pada uusia janin 15 minggu 4 hari itu berat bunda seharusnya naik 2 kilo, tapi kenapa berat badan saya turun ya dok?.....
   


Jumlah Posts : 49
Jumlah di-Like : 1
 Bunda-bunda yang udah berpengalaman,...
Gimana sih ciri-ciri posisi kepala janin yang udah mapan di bawah?
Tolong di-share ya,Bun...

   
21-07-2011 18:42:10 hamil muda
Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5
hi bunda bintang ... wah selamat ya atas kehamilannya ...

waahh, baru terlambat 1 mggu udh ke dokter ?? kl menurut saya  itu terlalu cepat bun ... saya dulu nunggu mau TP sktr 2 mggu telatx ... krn bln lalux telat 1 mggu, tp akhirx dtg jg... :((. makax di bulan ke-2x saya ga mau Ge er dulu ... hamil atau nggak yaaaa ?? hehehe...

Sekedar info aja, saya USG pertama kali saat itu usia kehamilan ke-12w, sblm2x
hny kontrol dokter saja, dan beliau meminta saya tes darah utk mencek kadar darah (hCG) yg cenderung lbh akurat drpd tes urin, krn di situ akan tertulis "jumlah hCG kita jika kita hamil. jika kita tdk hamil, maka angka yg tertulis kurang dr 5 UI/l (kl ga salah). serta tes darah utk yg lainnya spt toxo, rubela,hepatitis, hiv, apa lagi ya ?? lupa ...  (krn kdg kita blm diimunisasi utk hal2 tsb ...) dan hal2 spt itu di sini amat sangat diperhatikan oleh dunia medis agar si janin bisa tumbuh sehat di dlm... kl kita hamil tp ditengah jalan ada virus rubela dsbx ... kecenderungan anak lahir cacat ... itu lbh memungkinkan bun ...

dulu wktu hamil pertama, pd saat pendarahan di usia 7w (HPHT) baru saya di usg darurat pake trans V, di situ terlihat loh bentukx dan jg terdengar detak jantungnya ... sekalipun akhirx saya ga tau kapan si janin meninggal, dan saya terus bwa selama lbh dr 3 bln di perut saya. dulu saya jg menyesal,  knp bisa bgitu ? tp setelah hamil ke-2 ini, saya mulai rajin membaca ttg dunia kehamilan ... dikatakan bhw keguguran, janin meninggal di dlm dll itu adalah proses normal dari sebuah kehamilan muda. so, jgn takut .. krn at least 80% bumil di dunia, pasti mengalaminya ... yg penting trimester pertama hrs hati2 dan di jaga betul2 ...  (bnyk istirahat dan jg jgn lupa konsumsi asam folat ya ...)

untuk sementara ini dulu ya bun ... sekali lagi selamat ya ... semoga ibu dan bayi sehat selalu. Amin.

salam kenal ;)
   


07-12-2016 19:40:47 HPL Juni 2017
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
sy 15 minggu,alhamdulilah sekarang dah jarang muntah bun...cuma migrain seharian yg bikin ga enak ngapa"n ...mual muntah ciri janin sehat lho kata dokter :) tp kl berlebihan harus lngsung k dokter ya... smoga para bunda di sini sehat selalu ibu dan bayinya ...
   
15-11-2013 09:38:20 ciri bayi tdk berkembang
Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : belum ada like
CiriCara.com ? Janin tak berkembang lagi atau gagal hidup bisa terjadi pada trisemester pertama, kedua, maupun ketiga. Kegegalan hidup pada trisemester awal hingga 20 minggu disebut keguguran atau abortus. Keguguran bisa saja terjadi karena Anda tidak menjaga janin dengan baik. Sedangkan pada trisemester ketiga, kematian janin terjadi karena beberapa faktor.

Dilansir dari tabloid Nakita, penyebab keguguran sekitar 80 persen adalah masalah kromosom akibat kelainan genetik. Paling banyak terjadi pada usia 13 minggu kehamilan.

Pada trisemester kedua, kematian janin bisa saja terjadi karena adanya suatu inkompetensi servik. Artinya tahim tak cukup kuat menyangga dan juga karena faktor adanya lilitan tali pusat. Sedangkan pada trisemester ketiga, kematian janin diantaranya terjadi pelepasan plasenta sehingga janin tak mendapatkan suplai oksigen.

Namun, jangan terlalu mengkhawatirkan kehamilan Anda. Pada prisnipnya, kematian janin yang disebabkan oleh kelainan atau infeksi dan juga faktor lainnya tak banyak terjadi, hanya sekitar 3-4 persen saja. Untuk mencegahnya, Anda disarankan agar menjaga kehamilan dengan baik.

Dilansir Female.Kompas.com, ahli kandungan, dr UF Bagazi, SpOG dari Brawijaya Women and Children Hospital mengatakan bahwa jika terjadi sesuatu pada janin, ibu hamil bisa merasakan beberapa ciri. Berikut ciri-ciri janin gagal hidup:

1. Mual dan muntah tak lagi dirasakan

Pada trisemester pertama, ibu hamil pada umumnya akan merasa mual dan muntah-muntah. Tapi, jika si janin gagal hidup, maka ibu hamil tak lagi merasakannya.

2. Muncul flek atau darah

Jika pada trisemester pertama muncul flek atau darah dari alat kelamin, maka menandakan bahwa si janin gagal hidup di dalam rahim Anda.

3. Tak merasa ada gerakan janin

Pada trisemester kedua dan ketiga, biasanya ibu hamil akan merasakan janin menendang atau memukul. Jika Anda tidak merasakan hal itu lagi, maka menandakan bahwa si janin gagal hidup. Selain itu, tinggi fundus rahim juga relatif menurun. Bahkan, muncul pula pendarahan.

4. Mengalami kontraksi rahim

Pada trisemester kedua dan ketiga, seharusnya ibu hamil tak merasakan kontraksi dalam rahimnya. Tapi, jika merasakannya, maka menandakan bahwa si janin gagal hidup. Selain itu, Anda juga selalu merasakan nyeri.

Itulah ciri-ciri janin gagal hidup di dalam rahim Anda. Jika merasakan ciri-ciri di atas, maka alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. (NR)

semoga membantu, tapi ada baiknya bunda periksa ke dokter spesialis dan agar yakib bunda boleh cari second opinion ke 2 atau 3 spesialis.
   


30-03-2012 15:57:36 keputihan saat hamil
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dr. Yanti yg saya hormati..
usia kehamilan sy 15 minggu, kira2 3 minggu yg lalu keluar cairan encer kl lama2 di CD jd wrna kuning. lama2 gatal trus ada gumpalan putih tp sdikit. kmudian sy k bidan tgl 13 maret 2012(sore) dan diberi Amoxilin (3x sehari selama 5 hr) sm 1 obat lg yg di minum 1xsehari. besok paginya keluar gumpalan putih agak kuning.
apa amoxilin tdk berbahaya bagi janin? bagaimana ciri keputihan yang berbahaya bagi janin? apabila ada cairan yang keluar saat hamil apa itu dari air ketuban? terima kasih ats jwbnya.

Dari : Feti Ziantys

Jawaban:

Dear Bunda,

Obat Amoxicillin termasuk antibioyik golongan B yaitu Studi pada reproduksi hewan belum menunjukkan risiko janin tapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau reproduksi hewan studi telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita di trimester 1 (dan tidak terdapat bukti risiko di trimesters kemudian). Dengan kata lain, obat-obatan golongan B dapat diberikan pada ibu hamil dan menyusui dengan pertimbangan bahwa manfaatnya lebih besar dari resiko nya apabila tidak diberikan obat ini. Keputihan patologis dapat membahayakn karena dapat beresiko infeksi lebih lanjut pada kehamilan, dengan ciri-ciri cairan keputihan tersebut berbau, berwarna hijau, kuning atau putih susu seperti keju , gatal bahkan terasa panas pada kulit daerah genital. Cairan yang keluar dari daerah intim tidak selalu cairan ketuban. Untuk membedakan dari cairan vagina, cairan ketuban biasanya berbau khas dan anda akan membedakan bahwa itu bukan lah bau air kencing (urine), pada umumnya berwarna bening, sedikit keruh bahkan kehijauan bila
   
23-12-2008 13:40:34 bayi sungsang
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

MEMUTAR JANIN SUNGSANG

Memutar posisi janin atau versi luar, tak bisa sembarangan. Harus dilihat dulu penyebabnya dan dilakukan oleh ahlinya.

Harusnya, pada usia kehamilan di atas 8 bulan, kepala janin berada di bawah dan bokongnya di atas. Hingga, saat persalinan nanti, pengeluaran bayi jadi lebih mudah dilakukan. Akan tetapi, pada kenyataannya tak selalu posisi demikian yang diperoleh ibu hamil. Banyak pula yang mengalami kelainan posisi janin berupa letak sungsang atau letak lintang.

Tentunya, kelainan-kelainan tersebut harus diatasi sejak mulai terdeteksi. Menurut dr. Dwiana Ocvianti SpOG. dari RS Siaga Raya, Jakarta, deteksi bisa saja datang dari si ibu. Misal, pada janin sungsang, yaitu bila posisi janin memanjang sejajar sumbu panjang rahim, dengan bokong janin berada di bagian terendah, "Ibu dapat merasakan dari tendangan si janin yang lebih banyak geraknya ke bawah."

Gerakan di bawah adalah gerakan yang didominasi oleh kaki. Dengan demikian berarti kepala dan tangannya berada di atas. Padahal normalnya, setelah usia kehamilan 7-8 bulan, ibu akan merasakan gerakan janin lebih banyak di atas pusar. Ciri lain: bagian yang keras (kepala janin) mendesak tulang iga ibu hingga menimbulkan rahim sesak atau tertekan.

Ada pula gerakan janin yang mendominasi di perut sebelah kiri atau kanan. Jika ini terjadi, kemungkinannya adalah letak janin melintang. Posisi-posisi ini jelas tak seharusnya dan ibu harus segera minta kepada dokter ahli untuk mengubahnya. "Tapi ingat, penanganan harus dilakukan oleh dokter atau bidan yang benar-benar ahli. Karena tidak sembarangan kita boleh memutar-mutar janin."

Memang, aku Dwiana, ada ibu yang tak dapat mendeteksi sendiri kelainan posisi janinnya. Dia pun tak dapat mengungkapkan secara spesifik mengenai pergerakan janin hingga perlu pemeriksaan ahlinya. "Dokter atau bidan yang terlatih biasanya hanya melakukan perabaan di perut ibu. Dari perabaan itu dapat dirasakan di mana posisi kepala dan di mana posisi bokong."

Namun, pemeriksaan seperti ini sulit dilakukan terhadap ibu yang bertubuh gemuk karena rahimnya terhalang oleh lemak. Bila dokter tak yakin dengan perabaannya, akan dilakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi.

PENYEBAB

Letak sungsang ada beberapa variasi; dari letak bokong dengan kedua tungkai kakinya ke atas dan bokong di posisi yang terendah, letak sungsang sempurna di mana kedua kaki ada di samping bokong, dan letak sungsang tak sempurna di mana selain bokong ada bagian tubuh lain seperti kaki atau lutut berada paling bawah. Pada letak sungsang tak sempurna, biasanya satu kaki menjulur ke bawah hingga ke jalan rahim.

Adapun penyebab kelainan posisi pada janin, terang Dwiana, dari si janin sendiri. "Tak ada pengaruh antara ibu yang beraktivitas tinggi, ibu yang memiliki penyakit kronis, atau ibu yang mengkonsumsi narkoba dengan kelainan posisi janin."

Dalam hal letak sungsang bisa disebabkan bayinya yang terlalu besar. "Bila tubuh bayi terlalu besar, maka kepalanya tak bisa berputar ke bawah karena tak bisa masuk ke atas panggul." Namun, kenapa si bayi terlalu besar, bisa disebabkan ibunya yang kebanyakan makan. Akibatnya, si ibu kegemukan, begitupun bayinya. "Karena itulah, ibu hamil kalau datang periksa, berat badannya ditimbang. Kalau berat badannya terlalu gemuk akan dinasihati untuk tak menambah berat badannya karena bayinya nanti terlalu besar."

Letak sungsang juga bisa terjadi saat hamil muda, di mana ukuran bayi masih kecil sementara ruangan rahim relatif luas, kepala janin akan terputar ke atas. Juga, terjadi pada ibu yang sering mengalami persalinan. Pada ibu yang sering bersalin ini, otot rahim akan molor dan ruangan rahim pada kehamilan berikutnya jadi lebih luas. Bila risiko ini ditambah lilitan tali pusat, dapat dipastikan janin akan sungsang. Lilitan tali pusat pada tubuhnya membuat dia tetap di posisi semula, kepala di atas dan bokong di bawah. "Janin yang tak bisa memutar secara alamiah ini akan sungsang hingga melahirkan nanti."

Selain itu, sungsang juga disebabkan letak plasenta di bawah hingga kepala tak bisa turun. Sekalipun janin bisa berputar, kepala akan turun setengah hingga posisinya kadang jadi melintang. Ciri-ciri janin melintang. Tubuh akan membesar ke samping dan bagian tengah terasa kosong. Posisi ini bahkan lebih berbahaya daripada sungsang. Dalam persalinan lintang dikhawatirkan, "Selain bayinya meninggal, ibunya juga. Karena kalau bayi itu melintang, dia tak bisa lahir, padahal kontraksi rahim begitu kuat. Dengan demikian, rahim bisa pecah, yang disebut ruptura uteri," jelas Dwiana.

Hal lain yang dapat menyebabkan sungsang adalah terdapat kecacatan pada bayi. Misal, yang kepalanya besar (hidrosefalus) atau kepalanya tak ada tulang tengkorak. Kelainan-kelainan dengan bagian tubuh membesar dapat pula terjadi pada organ tubuh lain, seperti bahu, perut, dan bokong.

TAK BOLEH SEMBARANGAN

Tentunya, untuk melakukan tindakan terhadap bayi sungsang harus dilihat dulu penyebabnya. Sebab, untuk melakukan pemutaran tak boleh sembarangan. Jadi, tidak asal memutar. "Bahaya sekali melakukan tindakan pemutaran kalau kita tak tahu persis apa penyebab bayi itu menjadi sungsang," ungkap Dwiana.

Larangan pun berlaku bagi dokter atau bidan yang tak terampil melakukan pemutaran. "Yang melakukannya harus dokter atau bidan terlatih." Sebab, kalau penyebab janin sungsang adalah lilitan tali pusat, tindakan memperbaiki akan menyebabkan bayinya malah tambah terjerat. Dalam kondisi seperti ini, kepala bayi tak akan bisa turun. Seandainya dipaksakan pun, bayi akan makin terjerat. "Biasanya dokter atau bidan akan membiarkannya dalam posisi seperti ini. Kemungkinannya, persalinan dilakukan dengan jalan bedah sesar."

Dwiana lantas menggambarkan cara memutar bayi sungsang dengan tangan yang dikenal dengan versi luar. Pertama-tama, si ibu dalam posisi terlentang, kondisi relaks, dan belum ada kontraksi. "Bila sudah terjadi kontraksi, maka pemutaran tak dapat dilakukan karena rahim sudah tak relaks lagi dan ibu sudah siap melakukan persalinan."

Kemudian, "Perlahan-lahan bayi kita geser dengan tangan dari luar." Pemutaran bayi boleh diteruskan bila tak terasa sakit. Bila terasa sakit, pemutaran harus dihentikan untuk mencegah terjadi luka di rahim, misal, plasenta putus atau rahim robek. "Biasanya, pemutaran dilakukan antara 10 sampai 15 menit dalam satu kali pemutaran." Pemutaran tak dapat dilakukan setahap demi setahap. Misal, hari ini bayi diputar setengah kemudian besok setengahnya lagi.

Bagaimana dengan pengurutan? Dwiana dengan tegas melarang, "Sebaiknya jangan melakukan urut-mengurut. Ibu tak diperkenankan melakukan pemijatan di daerah perut apalagi rahim." Meskipun pengurutan dilakukan ahlinya, tetap dilarang. Apalagi bila ahli itu tak mengerti medis.

BAYI SUNGSANG HARUSKAH DILAHIRKAN SESAR?

Asalkan usia kehamilan masih di bawah 32 minggu, posisi sungsang masih dapat diperbaiki.

Dokter menyatakan janin Anda sungsang? Itu berarti, si janin dalam posisi memanjang dengan kepala di bagian atas rahim (fundus uteri) dan bokongnya ada di bagian bawah. Umumnya pada kehamilan trimester kedua, posisi sungsang sudah dapat dideteksi. Kandungan terasa penuh di bagian atas dengan gerakan janin terasa lebih banyak di bagian bawah. Ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya akan merasa kehamilan sekarang terasa berbeda. Namun untuk memastikan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Untuk langkah awal, lakukanlah pemeriksaan luar. Caranya dengan meraba bagian bawah rahim. Apakah ada bagian yang keras dan bulat menyerupai kepala di situ? Bila tidak ada, maka kemungkinan posisi janin sungsang. Jangan keliru dengan bagian bokong yang juga terasa berbentuk bulat. Cara membedakan kepala dan bokong adalah dengan menggerak-gerakkan bagian tersebut secara perlahan. Jika tak mau bergerak atau terasa sulit sekali bergerak, dapat dipastikan itu adalah bokong. Kepala lebih mudah digerakkan daripada bokong.

Selanjutnya, cobalah raba bagian atas rahim. Andaikan posisi janin memang sungsang, maka akan teraba kepalanya pada bagian ini. Denyut jantung janin pun akan teraba di posisi setinggi atau sedikit lebih tinggi daripada pusar ibu. Bila masih ragu, lakukan pemeriksaan dalam atau dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

PENCETUS SUNGSANG

Letak janin bergantung pada proses adaptasinya di dalam rahim. Jadi, tak perlu keburu khawatir jika posisi sungsang terjadi di bawah usia kehamilan 32 minggu. Pada usia kehamilan ini, jumlah air ketuban relatif lebih banyak sehingga janin masih dapat bergerak bebas. Dari yang posisinya sungsang lantas berputar menjadi melintang lalu berputar lagi sehingga posisi kepala di bagian bawah rahim. Jangan heran kalau pada kehamilan belum cukup bulan, frekuensi letak sungsang menjadi lebih tinggi.

Memasuki usia kehamilan 37 minggu ke atas, posisi sungsang sudah sulit untuk berubah karena bagian terendah janin sudah masuk ke pintu atas panggul. Namun semestinya di trimester ketiga, bokong janin dengan tungkai terlipatyang ukurannya lebih besar daripada kepala akan menempati ruangan yang lebih besar yakni di bagian atas rahim. Sedangkan kepala berada dalam ruangan yang lebih kecil, di segmen bawah rahim. Masalahnya, mengapa posisi sungsang masih dapat terjadi hingga usia kehamilan cukup bulan?

Multiparitas

Ibu telah melahirkan banyak anak sehingga rahimnya sudah sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk berputar hingga minggu ke-37 dan seterusnya.

Hamil kembar

Adanya lebih dari satu janin dalam rahim menyebabkan terjadinya perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang lebih nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar (yakni bokong janin) berada di bagian bawah rahim.

Hidramnion (kembar air)

Jumlah air ketuban yang melebihi normal menyebabkan janin lebih leluasa bergerak walau sudah memasuki trimester ketiga.

Hidrosefalus

Besarnya ukuran kepala akibat kelebihan cairan (hidrosefalus) membuat janin mencari tempat yang lebih luas, yakni di bagian atas rahim.

Plasenta previa

Adanya plasenta yang menutupi jalan lahir dapat mengurangi luas ruangan dalam rahim. Akibatnya, janin berusaha mencari tempat yang lebih luas yakni di bagian atas rahim.

Panggul sempit

Sempitnya ruang panggul mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang.

Kelainan bawaan

Jika bagian bawah rahim lebih besar daripada bagian atasnya, maka janin cenderung mengubah posisinya menjadi sungsang.

4 POSISI SUNGSANG

Presentasi bokong

Pada pemeriksaan dalam yang dapat teraba hanya bokong bayi saja. Terjadi karena janin meluruskan (ekstensi) kedua sendi lututnya, sehingga kedua kaki mengarah ke atas dan kedua ujungnya sejajar dengan bahu atau kepala.

Presentasi bokong kaki sempurna

Kala pemeriksaan dalam dilakukan, bokong dan kedua kaki dapat teraba.

Presentasi bokong kaki tidak sempurna

Bagian bokong teraba dengan satu kaki di sampingnya, sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas.

Presentasi kaki

Yang teraba lebih dulu adalah salah satu atau kedua kaki karena posisi kaki berada di bagian paling rendah.

MENGUBAH POSISI SUNGSANG

Cara termudah dan teraman untuk mengubah posisi janin sungsang adalah dengan bersujud (knee chest position) secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore. Masing-masing selama 10 menit. Biasanya bayi akan berputar dan posisinya kembali normal, yaitu kepala berada di sebelah bawah rahim. Pada saat kontrol kandungan, mintalah bidan atau dokter memeriksa posisi janin. Jika belum berhasil, maka ulangi latihan setiap hari. Namun, latihan ini hanya efektif jika usia kehamilan maksimal 35­36 minggu.

Cara lain yakni dengan memutar posisi janin dari luar. Tentu tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh ahli dan tidak semua dokter kandungan mahir melakukannya. Tindakan yang dikenal dengan nama versi luar ini berisiko. Bila tali pusat terlalu panjang dapat me-lilit. Sedangkan jika tali pusat pendek, plasenta bisa lepas akibat tarikan. Lantaran itu, tindakan versi luar saat ini jarang dipraktikkan.

SAAT PERSALINAN

Posisi janin sungsang tentunya dapat memengaruhi proses persalinan. Jika yang terjadi adalah presentasi bokong murni, maka persalinan normal masih relatif mudah dilakukan. Namun, ini pun hanya berlaku bagi ibu yang sudah memiliki pengalaman melahirkan per vaginam. Sedangkan jika yang terjadi adalah presentasi kaki, pada saat ketuban pecah spontan mungkin saja tali pusat ikut keluar (prolapsus tali pusat). Jika tidak segera dilakukan persalinan, janin mungkin tidak terselamatkan. Untuk mencegahnya, persalinan dapat dilakukan dengan cara sesar.

Proses persalinan yang salah jelas dapat menimbulkan risiko, seperti janin mengalami pundak patah atau saraf di bagian pundak tertarik (akibat salah posisi saat menarik bagian tangannya ke luar), perdarahan otak (akibat kepalanya terjepit dalam waktu yang lama), patah paha (akibat salah saat menarik paha ke luar), dan lain-lain. Untuk itu biasanya dokter menggunakan partograf, alat untuk memantau kemajuan persalinan. Jika persalinan dinilai berjalan lambat, maka harus segera dilakukan operasi (seksiosesaria).

Untuk ibu yang baru pertama kali hamil atau terdapat faktor penyulit pada kehamilan seperti ketuban pecah dini atau janin besar (di atas 3,5 kg) maka persalinan sesar merupakan jalan terbaik. Dalam hal ini, serahkan keputusan terbaik kepada dokter yang menangani.

   
13-04-2016 19:36:58 Lomba STW
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Ini adalah kisahku tentang masa-masa penantian kehadiran my princess...

Aku menikah tahun 2013.
Setelah sebulan menikah, alhamdulillah aku langsung positif hamil. Namun sayang, di usia kandungan yg ke 10 minggu aku mengalami pendarahan dan setelah di USG ternyata janin yg di dlm rahimku tdk berkembang hingga akupun mengalami keguguran.
Stelah mengalami keguguran, butuh waktu dua tahun hingga aku bisa hamil lagi.
Banyak faktor yg membuat aku menjadi sulit untuk hamil lagi. Di antaranya adalah kenaikan berat badan yg sangat drastis, dari yg 40kg ke 52kg. Dokter kandunganku pun menyarankan agar berat badanku sedikit dikurangi karna kelebihan berat badan dapat mempengaruhi tingkat kesuburan.
Faktor lainnya adalah siklus haidku yg sering mengalami keterlambatan. Kata dokterku, setidaknya siklus haidku setiap bulannya harus teratur agar mudah untuk mengecek masa subur saat mau promil.
Faktor lainnya juga adalah keputihan yang sering aku alami. Banyak cara yg aku tempuh untuk membasmi keputihan, mulai dari menkonsumsi obat2an dari dokter hingga meminum ramuan muan dari daun sirih.

*Desember 2014
Promilku pun aku mulai dari menurunkan berat badan. Aku rajin berolahraga dengan melakukan joging setiap pagi dan makan teratur dengan menu yg seimbang serta mengurangi konsumsi karbohidrat. Alhasil berat badanku dalam sebulan berhasil turun 3kg.
Akupun rajin mengkonsumsi tablet asam folat, madu, serta susu rendah lemak yg mengandung asam folat.

Di samping berusaha, sebagai manusia yg percaya pada kuasa Tuhan, akupun rajin berdoa dan beribadah sambil tak henti2nya meminta agar diberi kepercayaan untuk bisa hamil lagi.

Di bulan ini aku telat lagi datang bulannya hingga 10 hari. Setelah di TP hasilnya negatif, aku langsung check up lagi ke dokter, dan hasilnya memang negatif. Dokterpun menyarankan aku untuk kembali check up lagi saat datang bulan. USG yg dilakukan saat datang bulan, untuk mengecek kalau2 dlm rahim ada kistanya atau tidak. Dan Alhamdulillah dokternya bilang,, rahimnya bagus dan sehat walafiat. Aku dan suami pun diberi resep obat penyubur kandungan dan diberitahukan tanggal2 yg tepat untuk menjalankan promil.

Januari 2015
Datang bulan lagi,, tapi gak pake telat.
Dalam hatiku; alhamdulillah kalo gak positif setidaknya gak telat datang bulannya.

Februari 2015
Datang bulan lagi,, dan gak pake telat lagi.
Kayaknya udah lancar2 aja datang bulannya. Alhamdulillah..

Maret 2015
Mestinya tanggal 20 udah datang bulan. Tapi malah gak ada. Aku pun mulai deg2an. sehari, dua hari hingga pas seminggu lewat. Aku ditemani suami membeli TP di apotik. Pas di TP, Alhamdulillah udah positif.

20 November 2015 lahirlah putri kecil kami dalam keadaan sehat walafiat. Alhamdulillah.

Buat Bunda-bunda yang lagi promil,, ayoo yang semangat yaa Bun.
Dibawa enjoy aja. Jangan risau jika masih negatif lagi negatif lagi.
Positif thinking aja sama Sang Maha Pemberi.
Semua akan ada masanya. Dan si Baby yg dirindu2kan akan datang di waktu yang tepat.
Tetap semangat.
BERUSAHA, BERDOA DAN TAWAKAL..
   
23-02-2016 22:16:16 Q U I Z
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
sebenarnya pada umumnya tdk semua ibu hamil merasakan perubahan,krn tiap org berbeda2... ada yg merasakan ngidam yg parah dan ada jg yg bahkan tdk merasakan apa2.. tp sy cba utk mnjwab tanda2 awal kehamilan yg biasa di alami bumil.
ada 15 ciri atau tanda awal kehamilan :
#1 Terlambat menstruasi
Gejala ini paling mudah dideteksi apalagi bagi Anda yang
sering mendapatkan menstruasi secara teratur.
#2 Bercak Darah
Tanda-tanda kehamilan selanjutnya, walaupun tidak
semua wanita mengalaminya, adalah timbul bercak
merah yang lebih ringan dari menstruasi.
#3 Mual
Ciri-ciri orang hamil yang satu ini paling dikenal oleh
kebanyakan wanita yang sudah pernah mengandung.
Faktor yang memicu terjadinya rasa mual karena ada
peningkatan hormon secara tiba-tiba di aliran darah.
#4 Sakit kepala
Selain rasa mual, tanda-tanda kehamilan akibat
perubahan hormon adalah sakit kepala.
#5 Mudah lelah
Rasa lelah juga merupakan salah satu pertanda ciri-
ciri orang hamil akibat peningkatan hormon di dalam
tubuh ibu hamil.
#6 Perubahan emosi
Anda merasakan perubahan mood yang tiba-tiba? Jika
YA, jangan khawatir hal itu merupakan salah satu
tanda dan gejala dalam kehamilan dimana tubuh Anda
sedang menyesuaikan diri terhadap hormon-hormon
baru.
#7 Nafsu makan meningkat atau menurun
Hal lain yang bisa dilihat dari ciri-ciri orang hamil
adalah perubahan nafsu makan yang meningkat atau
menurun.
#8 Peningkatan suhu tubuh
Apabila Anda mendapatkan suhu tubuh terus meningkat
lebih dari dua minggu, ada kemungkinan Anda sedang
hamil.
#9 Gampang terengah-engah
Tanda-tanda kehamilan lainnya adalah napas yang
mudah terengah-engah terutama saat naik tangga.
#10 Payudara membesar
Ciri-ciri orang hamil selanjutnya adalah payudara yang
semakin membesar dan daerah aerola yang bertambah
hitam.
#11 Sakit punggung
Selama masa kehamilan pula biasanya ibu hamil akan
didera sakit punggung yang diakibatkan karena
beberapa ligament di punggung sudah tidak ada.
#12 Kram
Tanda-tanda kehamilan yang satu ini terkadang sedikit
membingungkan, karena bisa dikatakan gejala
menstruasi atau justru kehamilan.
#13 Kerap buang air kecil
Jika Anda harus bolak balik terbangun dari tidur ke
kamar mandi karena perasaan buang air kecil yang kuat
bisa jadi ini salah satu ciri-ciri orang hamil juga.
#14 Konstipasi atau perut membesar
Celana kesayangan Anda mulai tidak muat? Ini adalah
tanda-tanda kehamilan berikutnya.
#15 Hidung jadi sensitif
Indera penciuman Anda semakin sensitif dengan bau-
bauan,ada kemungkinan Anda sedang mengandung.

mksih.. semoga bermanfaat info.y
   
Jumlah Posts : 96
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda suratmi..aq jg waktu itu sama seperti bunda ni'mah..usia 6w4d blum kedengeran detak jantung trus juga janin nya blum keliatan..bunda suratmi aq jg waktu itu pas hamil g pernah ngeflek bersyukur jg sih g ngeflek kata dokter klo pas hamil trismester pertama ngeflek tanda janin nya g kuat bun jd pasti di suruh bedrest..alhamdulillah aq g ngeflek mual juga baru kerasa pas usia kandungan 9week itu jg jarang bgt muntah cm 2 kali tp nafsu mkan nya aja yg g ada..dulu aq jg di suruh dokter balik lg usg pas dua minggu kemudian dr hr aq usg usia 6w4d itu. tp aq pilih buat nunggu 3 bulan aja usg lg..:( karna aq yakinin aja dlm hati debay nya pasti tumbuh sehat bnyak2 doa dan berfikir positif. nah pas 15 minggu aq usg tepat nya kemarin alhamdulillah dedek nya udah gede bgt aktif gerakin tangan dan kaki..alhamdulillah bunda klo kt berfikiran positif insa'allah kandungan nya baik2 saja..:)
   
11-04-2014 22:47:57 ciri ciri janin yang sehat
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
selamat malam bund .. saya ingin menanyakan seauatu tentang debay yang mengganggu pikiran saya sebelum tidur .. kehamilan saya sekitar 7 minggu 6 hari saya sudah cek kedokter kandungan kata dokter saya alhamdulillah debay saya sehat .. tetapi 2 minggu lagi saya disuruh balik ke rs untuk memeriksa apakah janin saya berkembang atau tidak ?

jujur saya jadi kepikiran dengan yang dikatakan oleh dokter .. saya mencari tahu ciri ciri janin tidak berkembang melalui intermet tetapi belum ada jawaban yang pas dengan saya ?

bund adakah yang bisa memberitahukan ciri ciri janin yang sehat di dalem kandungan dan tidak sehat ? *maklumbayipertama
dan fyi kenapa jerawat saya yang dimuka pada keluar semua yah padahal sewaktu saya hamil saya jarang atau bisa dikatakan tidak pernah berjerawat dan disaat hamil jerawat kecil kecil pada bertamu kerumah sayah hehehehe apakah itu wajar bund ?

mohon bantuannya yah bund terimakasih
   
Jumlah Posts : 75
Jumlah di-Like : 1

Untuk bunda yang sedang menunggu kehamilan penting nih untuk memahami mengenai hormon estrogen, pengaruhnya besar pada kehamilan. Hormon ini juga biasanya disebut hormon seks. Hormon ini ada di pria dan wanita, tapi hormon ini lebih sering dihubungkan dengan wanita. Estrogen memunculkan berbagai ciri khas kematangan seksual perempuan. Hormon ini pun juga berpengaruh pada kehamilan, terutama di trimester kedua.

Pada triwulan kedua bunda mulai merasakan perubahan yang signifikan, dan pada masa triwulan kedua ini merupakan masa yang paling menyenagkan buat bunda karena rasa mual atau morning sickness yang menjadi ciri-ciri kehamilan dan sering timbul di triwulan pertama sudah hilang. 

Hormon estrogen mulai diproduksi plasenta di minggu ke-14. Hormon ini berperan penting bagi kehamilan sehat. Lihat yuk bun fungsi nya :

  1. Meningkatkan aliran darah sehingga menjamin nutrisi bagi janin akibat pembuluh darah melebar. Kondisi ini akan berlangsung sampai akhir kehamilan.
  2. Mempertebal dinding rahim untuk mempersiapkan implantasi. Selain itu juga dapat meningkatkan ukuran rahim. Perubahan ukuran rahim memungkinkan pembesaran janin maksimal.
  3. Meningkatkan sel darah putih, penningkatan jumlah ini berfungsi untuk sistem imunitas, sehingga bunda dan bayi terjaga kesehatannya, karena bagaimanapun saat hamil tubuh bunda membawa kehidupan lain.
  4. Bukan hanya untuk kehamilan aja loh fungsi estrogen, tapi juga berfungsi saat proses persalinan. Hormon inilah yang mengurangi resiko pendarahan, tapi perlu diingat fungsi ini dapat bersifat negatif karena estrogen dapat membentuk gumpalan darah di tubuh. Ada bagian tubuh seperti tungkai kaki yang tinggi resiko gumpalannya. Untuk mengurangi resiko sebaiknya bunda konsultasikan dengan dokter yah.

sumber

   
14-02-2014 18:17:01 Masukan Pertanyaan Disini
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Sore Dok..saya mau tanya posisi janin yg benar dlm kandungan? Kaka saya hamil 15 minggu..tpi posisi janin selalu dalam posisi d jalan rahim dan menekuk..sehingga menimbulkan rasa kwatir akan perkembangan janin.pa krna beliou di dikteksi kandugan lemah?mohon penjelasan nya dok..trimksh
   
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal buat bunda2 semua, saya mimi .. saya punya pengalaman keguguran di usia kehamilan 7w . saat itu saya kurang memiliki pengetahuan tentang kehamilan, ketika itu saya merasa mengeluarkan keputihan yg banyak tetapi setelah di cek ternyata ada flek yg keluar .. saat itu saya memutuskan ke bidan dan usg .. bidan blng bayi saya blm ada detaknya, setau saya 4w sudah ada detaknya. akhirnya suami membawa saya ke rmh sakit, dan dktr mngatakan bayi saya sudah tidak berdetak. saat itu saya hhanya bisa menangis, saya pun di anjurkan untk kuretasi, tetapi saya meminta waktu untk plng agar bs persiapan.. saat sampai di rmh org tua ternyata beberapa kali keluar gumpalan tanpa merasakan reaksi sakut atau mulas. kemudian saya dan ibu cek usg keesokan harinya alhmdlh sdah bersih akhirnya saya tidak di kuretasi. setelah 3bln dr keguguran saya menyadari klau saya telat haid .. setelah di tespeck ternyata positif sayapun ke dktr dan alhmdlh mmang ada janin yg tumbuh dlm rahim saya dan sehat, saya pun mrasa baik2 saja .. tetapi 1 minggu setelah ke dkter saya keliar flek lagi seperti dlu .. hal itu membuat saya lemas dan suami lngsung mmbwa ke dkter lg .. setwlah usg ternyata mmang ada pendarahan di dlam tetapi janin saya masih berdetak, saya diberi obat untk diminum dan yg dimasukan ke dalam vagina untk 5hari .. stelah itu dianjurkan cek lagi 1mnggu .. alhmdlh flek hanyak keluar 1hari saja, setelah seminggu saya cek ke dktr sudah tdk ada pendarahan di dalam, skrg usia kehamilan saya 13w .. mdahan bs sehat terus bunda, saya minta doa'nya .. saya jg mendoakan smga bnda yg pernah mngalami keguguran dan blm hamil bs segera hamil dgn sehat, dan bunda yg sedang hamil kita bisa sehat terus dan anak2 kita kelak akan lahir dgn normal, bayinya pun sehat, normal jasmani dan rohani, aminn .. saya sangat senang membaca info2 dr bunda2 smua .. mnjdi motivasi untk saya .. trima kasih bunda semua ..