SITE STATUS
Jumlah Member :
493.812 member
user online :
1215 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: cara mengatasi stres saat harap harap cemas menanti kehamilan

New Topic :  
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
Usia kandungan Q 3 bulan... gmn yh bunda cara mengatasi anemia saat hamil..
   


28-06-2015 01:09:21 keputihan saat hamil
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
gmna y cara mengatasi keputihan..saat ni saya hamil 7bln..minta saranx dong bumil..
   
22-06-2014 18:08:37 kembar air
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
sore dok, kmrn sy usg ternyata sy kelebihan air ketuban, usia kandungan saya 27 mggu, ada gak dok cara mengatasi kelebihan air ketuban, sy cemas dok ktnya kelebihan air ketuban salah satu penyebabnya krn kelainan pd bayi.. mohon solusinya dok...
   


Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal...
bunda2 smua ada yg tau ga cara mengatasi keputihan saat hamil ? kehamilan sy baru 6minggu, trs kl pake pentyliner boleh ga ? makasih
   
01-03-2014 20:10:24 dehidrasi saat hamil
Jumlah Posts : 90
Jumlah di-Like : belum ada like
bund,cara mengatasi dehidrasi saat hamil gimana ya?
   


25-12-2013 18:33:59 pegal2 saat hamil.
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
bagaimana cara mengatasi pegal saat hamil? dan apakah itu tdk berpengaruh bagi janin?
   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
Hallo bunda semua,,,

Kaya nya yang lagi harap2 cemas menanti kehamilan mengalami hal demikian ya sama kaya aku. Aku sebelumnya nggak pernah pakai nge flek, sekarang semenjak menikah sudah 5 bulan jadi seperti itu kalau mau datang bulan pakai mual2, pusing2 dan susah makan dilanjutkan dengan flek2 selama 3-4 hari. Aku pikir mau hamil ngak taunya pasti malah jadi haid beneran deh. Sedih banget tapi katanya nggak boleh jadi pikiran, dibawa santai semoga bulan depan jadi hamil, amin..
Untuk bunda semua semoga cepat hamil ya
   
26-01-2011 11:17:02 Tanda-tanda awal kehamilan
Jumlah Posts : 147
Jumlah di-Like : 3
Semoga para bunda yg lg H2C (harap-harap cemas), secepatnya dapat kepastian bahwa bunda dah hamil yah..
Aku punya artikel mengenai tanda2 awal kehamilan.
Semoga bisa membantu ya bun.

9 tanda -tanda kehamilan

Jakarta
- Tidak sedikit wanita yang terlambat mengetahui kalau dirinya hamil. Untuk para wanita yang tengah menanti kehamilan, sembilan tanda ini perlu diketahui, siapa tahu terjadi pada diri Anda.

1. Payudara bengkak dan lembut
Nyeri atau kesemutan di payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena mereka mempersiapkan diri untuk menghasilkan susu. Payudara pun bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Namun perlu dicatat, menurut ahli laktasi, Teresa Pitman, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama
jika mereka telah menggunakan pil KB.

2. Areola lebih gelap
Untuk banyak wanita, perubahan hormon bisa menyebabkan pada perubahan pada areola (lingkaran sekitar puting). Areola akan menjadi lebih lebar dan berwarna lebih gelap pada wanita hamil. Ini adalah tanda kalau payudara tengah mempersiapkan diri untuk menyusui.

3. Spotting/Bercak
Biasanya 5-10 hari setelah pembuahan, pada beberapa wanita akan timbul bercak darah seperti ketika haid. Bercak darah ini bukan berarti sesuatu yang buruk, karena hal itu bisa saja efek akibat menempelnya embrio di dinding rahim.

4. Buang Air Kecil Semakin Sering & Konstipasi
Saat Anda hamil, janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Bukan hanya buang air kecil, wanita hamil ada juga yang mengalami konstipasi atau sembelit. Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon tersebut selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

5. Mudah Lelah
Di awal kehamilan, Anda akan merasa mudah lelah. Rasanya Anda ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya makhluk baru.

6. Mual
Mual adalah gejala kehamilan yang paling umum. Rasa mual itu terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Biasanya rasa mual ini akan pergi seiring Anda memasuki trimester kedua kehamilan.

7. Sensitif Pada Bau
Sama seperti mual, gejalan sensitif pada bau ini juga salah satu tanda umum dalam kehamilan. Sejumlah peneliti menduga, gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak mudah makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya.

8. Terlambat Haid
Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas adalah terlambat datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal.

9. Sakit Kepala
Wanita hamil kerap merasakan pusing dan sakit kepala. Dua hal tersebut terjadi bisa karena beberapa sebab seperti kelelahan, mual, lapar dan rendahanya tekanan darah. Namun tidak semua wanita hamil merasakan keluhan tersebut. Malah ada yang merasa sakit kepala dan pusing jauh berkurang selama hamil.

Tanda-tanda kehamilan yang sudah dijelaskan di atas, terjadi berbeda-beda pada setiap wanita. Belum tentu, Anda mengalami semuanya, namun ada juga yang merasakan kesembilan hal tersebut. Agar tidak semakin bingung, jika 9 tanda kehamilan tersebut sudah Anda rasakan, lakukan tes kehamilan dan periksa ke dokter.
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Kami menikah tgl 12 november 2012,tidak ada sedikitpun niat di antara kami berdua untuk menunda kehamilan,tp sampai 1tahun 5 bulan usia prnikahan kami,belum ada juga tanda tanda krhamilan.Setiap bulan mnjelang waktu menstruasi,saya dn suami selalu harap harap cemas dan tiap bulan slalu coba testpeck,meski belum telat karena sangat berharap hasil positip.Kebetulan saya seorang bidan,saya selalu rajin tanya tanya dokter ttg promil serta browsing dn baca buku buku promil juga.
Saya mulai dengan gaya hidup sehat,istirahat teratur,mengurangi setress dengan cara berlibur bersama dengan suami saya.Setiap hari saya dan suami saya menkonsumsi madu 3x sehari 1 sendok madu do campur ke dalan 1 gelas air putih biasa.Saya juga rajin konsumsi daun kemangi,ini saran dari salah seorang pasien saya,saya coba konsumsi setiap hari sebagai lalapan.Suami saya jg selain konsumsi madu setiap hari rajin minum jus setiap hri,tidak di khususkn pd 1 jus saja,tp sgala jenis buah2an,kami benar benar memulai gaya hidup sehat,dan kami menghindari makanan2 cepat saji.
Puji Tuhan tgl 18 april 2014 kemarin promil kami berhasil,testpack positip dn kami cek ke dokter,saya positip hamil dan kami berdua sgt bahagia dn sukacita,akhirnya kerinduan dn doa kami d jawab Tuhan,dan saat ini usia kehamilan saya 24w,dan stiap bulan kami cek ke dokter,Puji Tuhan sehat debay nya.Semoga sampai dengan tanggal persalinan nanti ibu dan bayi sehat,dan bunda bunda yg lagi promil segera menyusul ya,jgn pernah putus asa,tetap berdoa dan berusaha,semua akan indah pada waktuNYA.
   
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
Salam kenal bunda irra...
bunda irra .... bener tuh apa yg udah disaranin sama bunda2...  ga usah terlalu cemas apabila hamil mengendari motor.. Aku juga bund dr sebelum hamil dan selama hamil selalu naik motor.. dibonceng suami jarak dari rumah k kantor cukup jauh... perjalanan bisa 1 jam bahkan lebih.., tapi janinnya sehat sampai lahir.Alhamdulillah anakku sehat dan aktif sekarang anakku sudah 3 bulan bund. Mungkin memang ada faktor2 yg menyebabkanhal itu terjadi pada bunda irra.Aku ada sedikit info niy bund mungkin bisa sedikit membantu menenangkan suami dan berhati2 saat nanti mempersiapkan kehamilan bunda berikutnya.
Perempuan hamil yang menderita depresi klinis atau serangan stres yang ekstrim membutuhkan perawatan medis ekstra. Sebab, kondisi psikologis ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janinnya. Demikian ungkap Dr. Miguel A. Diego, seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Miami, Amerika Serikat.

"Hasil penelitian yang muat dalam Psychosomatic Medicine Journal ini mengungkapkan bahwa ukuran bayi yang dilahirkan seorang ibu yang sedang stres atau depresi cenderung lebih kecil, baik berat badan maupun panjang tubuhnya dibandingkan bayi yang dilahirkan dari ibu yang tidak mengalami stres," demikian tulis reuters.com.

Dr. Miguel A. Diego dan timnya menemukan bahwa hormon kortisol yang dihasilkan kelenjar adrenalin saat stres menjadi faktor penyebabnya. Dr. Miguel A. Diego menggunakan alat ukur ultrasonografi (USG) untuk melihat perkembangan janindalamkandungan 98 perempuan pada usia kehamilan 16 hingga 29 minggu. Mereka mengukur level hormon dan melakukan evaluasi keseluruhan untuk mengukur tingkat stres ibu. Semakin berat tekanan yang dialami ibu hamil, semakin kecil kemungkinan bayi untuk berkembang. Analisa statistik menunjukkan bahwa kadar hormon kortisol yang tinggi sebanding dengan stres yang dialami dan berat tubuh yang turun.

Untuk mengatasi stres pada ibu hamil, dibutuhkan terapi psikologi atau dukungan sosial yang baik. Sebab pengaruh penggunaan obat-obatan antistres untuk perempuan hamil juga masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan ahli kesehatan. "Selain Janintidakberkembang, stres pada perempuan hamil dapat memicu kelahiran prematur," ujar Dr. Miguel A. Diego
Ada dua jenis janintidakberkembang, yaitu :

1. Janin yang dari awal tidak tampak.
Hanya ada kantong kehamilan yang bahasa medisnya disebut blighted ovum (kantong kosong). Tidak tampak janin sama sekali, yang ada hanya semacam suatu rongga di dalam rahim. Pada USG akan tampak gambaran hitam, berisi cairan, dan tidak tampak bayangan calon janin sama sekali.

2. Sudah mulai tampak bayangan calon janin.
Gambarannya biasanya pipih dan kecil berada di dalam rahim. Disebut tidakberkembang kalau memang diameter dan panjang janintidak sesuai dengan usia kehamilan. Biasanya pemeriksaan kehamilan ini dilakukan secara serial, yaitu minimal dua kali dengan jarak dua minggu. Bilamana didapatkan ukuran janintidak bertambah atau bertambah tetapi sesuai dengan pertambahan usia kehamilan, itu yang disebut dengan janintidakberkembang.

PENYEBABNYA BERAGAM

Ada beberapa penyebabjanintidakberkembang, antara lain :

1. Genetik
Ini adalah faktor utama. Bukan faktor keturunan, melainkan dari sperma atau sel telur. Dalam hal ini kualitas dan kuantitas sperma serta sel telur tidak baik sehingga saat penyatuan keduanya hasilnya tidakberkembang secara prima.
Menurut Anita, hal ini biasanya mengarah ke blighted ovum. “Yang jelas, kalau bicara tentang blighted ovum, kita bicara juga tentang kualitas dan kuantitas. Faktor ini bisa berulang dan bisa tidak, tergantung ada masalah produksi sperma dan sel telur atau tidak,” ungkapnya. Penyebab kualitas sperma dan sel telur macam-macam, tergantung dari produksi “pabriknya” (sel telur dari indung telur dan sperma dari produksi spermanya).
Jadi, otomatis gangguan dari proses pembentukan itu bisa bermacam-macam dan tidak bisa dipastikan, dari faktor higienis atau infeksi. Bisakah dicegah? “Susah. Karena sel telur dan sperma sudah ada sejak kita di kandungan ibu. Gangguan-gangguan itu muncul begitu kita lahir.”

2. Infeksi TORCH
Infeksi disebabkan oleh toksoplasma, rubella, CMV atau cito megalo virus, herpes simplex I dan simplex II. Dalam hal ini yang dilihat adalah reflek di tubuh kita, yaitu terbentuknya antibodi terhadap kuman dan virus ini. Jika diasumsikan bermasalah harus segera diterapi. Sebaiknya pemeriksaan ini dilakukan sebelum hamil agar tidak menganggu kondisi si ibu.
Jika sudah hamil sebaiknya dilakukan terapi sepanjang kehamilan. Untuk faktor yang disebabkan infeksi semua terapinya dengan oral atau obat yang diminum.

3. ACA (anticardiolipin) atau pembekuan
Terbentuknya faktor pembekuan yang menyumbat pembuluh-pembuluh darah yang arahnya ke janin sehingga akhirnya pertumbuhan janin terhenti.
Penyebabnya karena faktor imun dimana tergantung pada sensitivitas masing-masing orang. “Semisal, kakak kandung kita memiliki ACA tinggi, walaupun bersaudara belum tentu kita memiliki ACA tinggi. Orang yang tadinya tidak memiliki ACA tinggi, di kemudian hari bisa memiliki ACA tinggi,” jelas Anita.
Jadi, begitu ada kehamilan dia mengangap kehamilan ini musuhnya dan langsung terbentuk pembekuan. Darah membeku dan menyumbat daerah-daerah yang arahnya ke janin. Janin otomatis tidak mendapat suplai baik makanan, minuman, maupun oksigen.
Jika terjadi seperti ini harus segera diterapi, yaitu dengan memberikan obat anti pembekuan darah (bisa berupa obat minum atau suntik, tergantung seberapa berat kasus).
Jika si ibu dikondisikan sudah normal kembali, pada saat hamil pun biasanya dalam pengawasan ketat dan tetap diterapi sampai bayi lahir. Pasalnya, sewaktu-waktu bisa terjadi pembekuan lagi yang menganggu suplai makanan sehingga mengakibatkan janintidakberkembang atau pertumbuhan bayi terhambat.


tidak semua janin dapat berkembang dengan sempurna, ada kalanya terjadi kelainan-kelainan pada janin,

Kelainan-kelainan pada janin


Malformasi atau cacat dapat terjadi melalui tiga cara yaitu:

1. Pengaruh bahan berbahaya dari lingkungan luar selama periode awal perkembangan

2. Penerusan abnormalitas genetik dari induknya.

3.Aberasi kromosom yang terdapat pada salah satu gamet atau yang timbul pada pembelahan pertama.

Kelainan-kelainan pada janin diantaranya adalah :


Teratoma

Teratoma adalah tumor yang mengandung jaringan derivat dua, tiga lapis benih. Terjadi saat janin masih embrio. Terjadinya teratoma adalah karena embrio awal (tingkat clivage, blastula, awal grastula) lepas dari kontrol organizer. Ia seperti tubuh yang kembar tidak seimbang yang satu dapat tumbuh normal yang lain hanya gumpalan jaringa yang tdak utuh atau tidak wajar. Teratoma disebut juga fetus in fetu atau bayi dalam bayi.

Sindrom Down

Sindrom down merupakan kelainan fisik janin dengan ciri ciori yang khas seperti retardsi mental, kelainan jantung bawaan, otot-otot melemah (hypotonia), leukimia, hingga gangguan penglihatan dan pendengaran,. Kelainan ini terjadi karena kelainan pada kromosom yaitu pada kromosom 21. Pada penderita ini memiliki tiga unting kromosom 21 (Corebima, 1997).

Sindrom edward

Adalah kelainan pada janin karena kromosom janin mengalami kelainan. Kelainan ini terjadi karena kromosom 18nya mengalami kelebihan yaitu terdapat tiga untai kromosom 18. ciri kelaian janin ini adalah retardasi mental berat, gangguan pertumbuhan, ukuran kepala dan pinggul kecil, kelaianan pada tangan dan kaki.

Sindrom patau

Nama lain dari kelaianan janin ini adalah trisomi 13. hal ini karena terjadi kelainan pada kromosom ke13 dari pendeita tersebut, yaitu memiliki tiga untai kromosom 13. Ciri dari kelainan ini adalah bibir sumbing, ganggaun berat pada perkembangan otak, jantung, ginjal, tangan dan kaki.biasanya jika gejalanya sangat berat janin akan mati setelah beberapa saat dari kelahiran.

Talasemia

Talasemia adalah salah satu kelainan pada janin. Talasemia ini memiliki ciri dimana tubuh kekurangan salah satu zat pembentuk hemoglobin (Hb) sehingga penderita mengalami anemia berat akibatnya harus transfusi darah seumur hidup

Fenilketinoria

Adalah gangguan metabolisme salah satu jenis asam amino pembentuk protein yaitu fenilalanin yang menyebabkan hambatan atau radiasi mental. Kelainan ini jika dideteksi sejak dini dapat diminimalkan dengan cara memberi asupan fenilalanin yang banyak terdapat pada keju, susu, telur, ikan, daging, pemberian obat atau vitamin tertentu.

Semoga bermanfaat ya bund... Jangan terlalu cemas ya... Semangat  ya bund  untuk persiapan kehamilan berikutnya hehehe ^_^
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
dear bunda-bunda...

tgl.31 agustus 09 yang lalu, dini hari, saya keguguran dan sampai detik ini masih dengan harap-harap cemas menanti jadwal kunjungan ke dokter yg baru ada lusa. saya tidak tahu apa yg harus diperbuat pada saat kejadian itu berlangsung maupun setelah nya. sempat terjaga hingga pagi -ga bisa tidur karena shock kali ya- lalu tidur sebentar.. yg saya rasakan pada 10 jam pertama setelah keguguran yaitu pendarahan yg cukup hebat, tidak seperti haid biasa. namun setelah itu, pendarahan seperti haid pada waktu hari ke-2 dan ke-3, namun warna nya tidak terlalu gelap. apakah memang seperti ini seharusnya yah bunda?

sementara itu, sembari menunggu jadwal dokter, saya mencari banyak informasi mengenai keguguran. saya juga membaca banyak blog tentang peng-kuret-an (yang bikin saya ngilu bacanya) tapi itu penting yah, secara kudu bersih kan rahimnya.. ga mau ada "bangkai" yg tertinggal di dalam rahim... kemudian baru saja saya tahu ada alternatif lain, yaitu dengan mengkonsumsi suatu obat yg akan membantu meluruhkan sisa-sisa kotoran di rahim hingga bersih-sebersih2nya.

pada awalnya saya terbangun untuk buang air & disitu saya menemukan ada 2 bercak noda merah di *maaf* celana saya & warna merahnya tidak seperti haid biasa & tidak berbau. kemudian pada saya membersihkan, terdapat lendir dengan sedikit bercak darah. mulailah panik pada saat itu. pada saat yg bersamaan kebetulan pencernaan saya kurang OK, jadilah saya sering ke toilet. tidak lama, saya merasakan dingin -menggigil- namun badan terasa hangat, sudah diselimuti dengan selimut tebal tidak mempan. sekitar 1 jam setelah 'penemuan' pertama tiba-tiba dari *maaf* vagina saya keluar air dalam jumlah yg cukup banyak. beserta bercak2 darah -kaya nuangin air dari ember- apakah itu yg disebut air ketuban? saya segera lari ke kamar mandi, walau ada yg menetes, dan saya langsung shock ketika darah segar mengalir dari selangkangan ke lantai... lama saya berdiri di bawah shower, memikirkan apa yg seharusnya saya lakukan... pada saat saya berjongkok, keluarlah gumpalan darah kurang lebih sebesar kepalan tangan dan di sampingnya ada seperti kepingan berwarna krem -dan pada saat saya tau itu adalah janin, saya langsung terisak... lama saya terduduk dibawah shower... kemudian pada saat saya berusaha membersihkan genital saya, keluar lagi gumpalan darah dengan kurang lebih ukuran yang sama.. saya berusaha membersihkan terus-terusan genital saya -karena darahnya bagaikan keran, tidak berhenti keluar- lalu ada seperti lendir lagi yg pada saat saya menyentuhnya, itu seperti sebuah kantung (apakah ini yg namanya plasenta?) dengan perasaan tidak karuan, saya berusaha menarik kantung tersebut, dan akhirnya keluar... lama saya mencoba membersihkan genital, namun tampaknya tidak henti2nya keluar pendarahannya. lalu saya memutuskan untuk memakai pembalut saja.

perlu diketahui, kemarin saya tidak ngantor, dan hari ini sudah masuk kembali.

yang membuat saya galau saat ini yaitu :
1. tidak sabar untuk bertemu dengan dokter untuk meng-usg rahim, bagaimana kondisi & tingkat kebersihannya
2. apakah kebanyakan dokter akan meng-kuret setiap keguguran yg akan/telah terjadi?
3. apakah sebagai pasien saya bisa meminta untuk memakai alternatif pengobatan (meminum obat, daripada kuret)?
4. suami mengusulkan untuk minum obat tsb baru temui dokter.
5. adakah tips2 dari bunda-bunda dalam menghadapi situasi ini?

terima kasih bunda-bunda :)
   
15-05-2016 19:51:16 Kelahiran Pada Bulan Mei 2016
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda windawati hpl nya tgl brp?
menanti harap harap cemas yaa bunda2
   
26-04-2015 19:03:31 sudah terlihat kantong
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
Hai bunda semua, mau nanya nih mungkin ada yang pernah mengalami,...saya mens terakir tgl 26 maret sampe saat ini belum haid,..saya TP pakai 3 merk akurat,sensitif,onemed semua hasilnya sama 1 garis terang 1 lagi samar samar...lalu aku pergi ke SPOG untuk USG ternyata dinding rahim sudah tebal dan sudah terlihat kantong nya....tapi masih belum pasti karena belum terlihat janin nya...saya di beri 2 obat asfolat dan ultrageston...dan 2 minggu di minta untuk kembali di usg lagi......tapi saya harap harap cemas nih ga sabar tunggu 2 minggu besok...hehehe maklum lagi pengen banget hamil.....bunda bunda disini ada yang pernah mengalaminya ga yah....menurud bunda semua apakah saya positif apa ga yah?
   
10-02-2015 15:52:55 hpl februari
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda Widya lagi H2C (Harap-harap Cemas) yaa krn nunggu calon debaynya :) ...senengnyaa.....

saya bantu kutip info yaa dari tanya bidan : "janin masuk panggul" ( http://www.infobunda.com/pages/tanyabidan/question.php?qid=245&subjek=janin-masuk-panggul )

Oleh Bunda Retno Setyaningsih
bu bidan mau tanya,cara tau kalau bayi sudah msuk panggul gmna ya? apa bisa dkenali sndiri tanda2nya...
Bidan menjawab
Dear bunda Retno Setyaningsih,
Untuk mengetahui apakah janin sudah masuk kedalam panggul harus dilakukan pemeriksaan dengan cara USG dan palpasi /perabaan yang dapat dilakukan oleh bidan atau dokter, tanda2nya tidak dapat bunda kenali sendiri.

   
07-05-2014 06:11:22 Kelahiran Pada Bulan Mei 2014
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : belum ada like
iya bunda riyana sama, aku juga masih harap-harap cemas ni menanti tanggal 17 mei, semoga persalinan kita lancar ya seperti bunda2 yang lain.amiinnnnn.untuk bunda2 yg sudah melahirkan, selamat yaaa