SITE STATUS
Jumlah Member :
493.859 member
user online :
1310 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: cara membersihkan botol yang benar ala d

New Topic :  
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Infounda telah memberikan beberapa tips melalui artikel mengenai ASI dan ASIP, berikut ini Bunda dapat membacanya :

Kesibukan harus membuat ibu menyusui yang bekerja memutar otak agar Air Susu Ibu (ASI) eksklusif tetap bisa diberikan pada sang buah hati namun tak mengganggu aktivitas. Nah, berikut ini penjelasan bagaimana menyimpan ASI agar nilai gizinya tidak hilang.

 

Kesibukan harus membuat ibu menyusui yang bekerja memutar otak agar Air Susu Ibu (ASI) eksklusif tetap bisa diberikan pada sang buah hati namun tak mengganggu aktivitas. Nah, berikut ini penjelasan bagaimana menyimpan ASI agar nilai gizinya tidak hilang.

Cara menyimpan ASI yang baik merupakan langkah selanjutnya yang dilakukan oleh bunda setelah melakukan kegiatan memerah ASI, sehingga ASI dapat bertahan dengan maksimal dan dalam waktu yang lama atau ideal untuk digunakan kepada buah hati. Jika cara menyimpan asinya salah, maka kadar dan zat ASI yang terkandung akan rusak. Namun masih banyak bunda yang belum mengerti dengan cara menyimpan ASI yang benar sehingga terkadang ASI yang sudah diperah menjadi terbuang karena melebihi batas masa penyimpanan ditempatnya. ASI yang telah diperah bisa disimpan di lemari es bawah atau di bagian freezer. Penting untuk diingat, sekali dihangatkan, semua ASI yang tersisa harus dibuang. Jadi sebaiknya simpan ASI dalam jumlah sekali minum (± 60 s/d 125 ml). Perhatikan juga wadah yang digunakan untuk menampung ASI, sebaiknya terbuat dari bahan yang mudah disterilkan, seperti botol bertutup rapat yang terbuat dari kaca yang tahan panas, karena tidak merubah unsur yang terdapat didalam ASInya, mudah untuk dibersihkan setelah pemakaian, dapat digunakan kembali berulang-ulang, dan dapat disterilkan berkali-kali sebelum digunakan. Beri tanggal dan jam pada masing-masing wadah. Dinginkan dalam refrigerator (kulkas) atau freezer. Jangan lupa untuk mengecek tanggal dan jam yang tertera agar tahu dengan pasti sudah berapa lama ASI disimpan dan mencegah ASI rusak atau basi.

Kisaran waktu yang dibutuhkan untuk menyimpan ASI  tanpa merusak atau basi menurut Organisasi Laktasi Internasional, yaitu :

                     a.      Suhu ruang (suhu 19 – 22 °C ) : Lama penyimpanan 4 sampai 10 jam.

b.      Kulkas bawah ( suhu 0 – 4 °C) : Lama penyimpanan 2 sampai 3 hari.

c.    Freezer kulkas berpintu satu (suhu variatif < 4°C ) : Lama penyimpanan bisa sampai 2 minggu.

d.    Freezer pd kulkas berpintu dua (suhu variatif < 4 °C ): Lama penyimpanan 3 sampai 4 bulan.

e.      Freezer khusus ( suhu -19 °C) : 6 bulan atau lebih

 Cara memberikan ASI perah yang telah disimpan:

  1. Berikan ASI yang disimpan berdasarkan waktu pemerahan ASI, ASI perahan pertama harus diberikan dulu.
  2. Hangatkan ASI yang disimpan di kulkas dengan meletakkan botol di wadah berisi air hangat selama 15 menit, sambil dikocok perlahan.
  3. ASI yang dibekukan dalam freezer harus dipindahkan ke kulkas semalam sebelumnya, setengah jam sebelum waktu menyusui, hangatkan di dalam wadah berisi air hangat. Periksa suhu ASI sebelum diminumkan kepada bayi Ibu dengan cara meneteskannya ke punggung tangan. Setelah dicairkan, berikan ASI sesegera mungkin.

 Perlu diingat, jangan melelehkan atau menghangatkan ASI di microwave karena banyak zat-zat penting dalam ASI akan hancur. Selain itu, panas yang ditimbulkan dari microwave tidak rata, sehingga dikhawatirkan akan berbahaya bagi bayi karena terlalu panas.



Infobunda : http://www.infobunda.com/brt/384-Cara-menyimpan-ASI-untuk-Bunda-Yang-Bekerja.html#ixzz2hwqq724y

   


Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

ini bun kalo cara memandikan bayi yang benar. semoga bisa membantu :) 

Pertama, bukalah baju bayi Anda dan bungkus dengan handuk di pangkuan Anda. Usap matanya dengan kapas yang dibasahi dengan air matang dingin, bersihkan sekitar wajah dan mulut bayi.

Kedua, bersihkan mata dari luar ke dalam dengan kapas yang sudah dibasahi. Harap melakukannya dengan lembut dan pelan dalam membersihkan kotoran di sekitar mata bayi.

Ketiga, Setelah membersihkan daerah luar, seperti wajah dan mata, mulailah memasukkan bayi ke dalam bak mandi. Masukkan secara perlahan dengan menopang badannya dengan menggunakan satu tangan diletakkan dibawah pundak dan tangan lainnya di pantat bayi.

Keempat, topang leher dan pundak bayi, basuhlah dengan pelan kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung dan tungkai bayi. Perhatikan juga daerah lipatan seperti leher, ketiak, daerah selangkangan dan paha. Basuhlah seraya membersihkannya dengan hati-hati.

Kelima, setelah semua bagian selesai dibasuh, mulailah mengusap sabun ke bayi Anda. Sabun yang digunakan hendaklah sabun dengan PH seimbang agar tidak perih di mata bayi. Sabunilah kepala dan badan bayi dengan wash lap. Lakukan dengan hati-hati, usahakan agar sabun tidak terkena mata bayi.

Keenam, keramasi rambut bayi dengan posisi memegang kepalanya di atas bak mandi. Untuk shampoo bayi, gunakan juga shampoo dengan PH yang seimbang agar tidak perih di mata bayi saat dibilas. Usapkan secara halus rambut bayi dengan shampoo dan bilas dengan lembut.

Ketujuh, setelah keramas, keringkan dan bungkus dengan handuk. Tepuk-tepuk bayi dengan pelan agar kering tubuhnya. Biarkan bayi terbungkus dengan handuk saat memakaikan popok dan baju. Sebelumnya, gunakanlah baby cream dan baby oil untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Setelah bayi memakai baju yang rapi, maka sempurna lah proses memandikan bayi yang benar

   
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
cara memijat dan membersihkan payudara yang benar dan baik gimana yaaaa ? tolong dibantu .
   


Jumlah Posts : 200
Jumlah di-Like : 2
kalau di RS tempat saya melahirkan, tidak menyediakan botol susu, dot dan susu formula. Karena RS ini sangat mendukung IMD, ASI X dan rooming in, jadi semua ibu yang baru melahirkan normal maupun sesar di'paksa' untuk memberikan ASI X untuk bayinya. jadi dari bayi lahir sampai dikamar dokter dan perawat akan selalu mengontrol apakah ibu sudah bisa menyusui bayinya. bahkan pada jam2 tertentu akan ada konsultan laktasi yang datang untuk membantu dan mengajarkan kita bagaimana cara menyusui bayi yang benar. Anak saya lahir jam 7 pagi tapi baru bisa menghisap ASI setelah jam 3 sore , padahal ASI saya sudah keluar. ALhamdulillah tidak apa2, karena memang bayi lahir tidak dalam keadaan lapar.  Dan sampai saat ini anak saya sudah berusia 13 bulan belum pernah sekalipun menggunakan botol susu apalagi minum sufor.
   
14-07-2008 07:30:51 diaper or pampers
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Halo semua,   Berikut aku kutip artikel dari : http://www.tabloid-nakita.com/artikel.php3?edisi=07315&rubrik=bayi   NYAMAN DAN AMAN PAKAI POSPAK

Nyaman karena bayi tak perlu basah oleh urinnya. Aman jika kita memakaikannya secara tepat.

"Baru juga kencing, sudah kencing lagi!" keluh seorang ibu mengenai bayinya yang masih berumur tiga bulan. Dengan terpaksa dia harus kembali mengganti celana bayinya yang basah. "Kalau begini terus, cucian numpuk deh," sesalnya. Banyak kan keluhan seperti itu keluar dari mulut ibu atau ayah baru. Memang repot rasanya apalagi karena itu pulalah tidur si bayi jadi terganggu.

Jika kemudian ayah dan ibu memutuskan memakaikan popok sekali pakai (pospak) pada bayinya, tentu saja cara ini sangatlah praktis. Bayi dapat tidur lebih tenang dan cucian tidak menumpuk. Hanya saja, tahukah Anda seluk beluk pemakaian pospak agar tak merugikan?

Dr. Ari Muhandari Ardhie, Sp.KK., ahli kulit anak dari RSAB Harapan Kita Jakarta mengungkapkan, "Orang tua perlu menyadari bahwa pospak adalah produk yang didesain untuk melindungi air seni bayi atau tinja agar tidak keluar atau bocor. Nah, bahan yang tidak bocor ini tidak memiliki pori-pori sehingga membuat kulit tidak bisa bebas bernapas."

Padahal, lanjut dokter yang biasa disapa Ari, kulit sangat butuh bernapas karena salah satu fungsinya adalah untuk penguapan atau membuang sisa-sisa metabolisme di dalam tubuh yang tidak terpakai. Kalau kulit tertutup terus-menerus maka proses penguapan akan terganggu dan membuat kulit lembap serta muncul iritasi. "Jangankan kontak dengan urin, dengan keringat pun bayi akan mengalami iritasi. Pada anak yang berbakat atopik hal ini bisa menimbulkan iritasi yang cukup hebat."

Kebutuhan bernapas, menurutnya, sangat relatif pada setiap bayi. Kalau kulitnya sangat sensitif mungkin kebutuhan untuk bernapasnya jauh lebih banyak daripada anak umumnya. "Tetapi sangat baik kalau kita memberikan sebanyak mungkin kebebasan pada kulit bayi untuk bebas bernapas agar pertumbuhannya lebih sehat."

Memang, pada saat ini sulit bagi kita untuk menghindari penggunaan pospak. Ketika ingin mengajak bayi pergi atau supaya nyaman, ia butuh pospak agar pakaiannya tetap bersih dan air seninya tidak ke mana-mana. Namun, tentu saja ini bukan alasan untuk memakaikan pospak sepanjang hari. Orang tua perlu membuat aturan bijaksana. Mungkin ketika akan pergi, setelah mandi pagi atau mandi sore dimana kita ingin mengajaknya jalan-jalan, boleh saja kita memakaikan pospak. "Yang penting, berikan sesekali waktu kepada bayi untuk bebas dari pospak sehingga kulitnya bisa bernapas dengan baik."

MENGHINDARI IRITASI

Memang, pospak saat ini sudah dibuat sedemikian rupa agar aman dan nyaman digunakan bayi. "Di dalam pospak ada satu bahan semacam gel yang akan menangkap urin. Bila urin sudah berada di dalam gel maka tidak bisa keluar lagi. Hal ini akan mengurangi dampak negatif penggunaannya," kata Ari. Namun begitu, demi keamanan kulit bayi, sangat baik bila kita memperhatikan beberapa tip berikut agar bayi terhindar dari iritasi.

* Daya tampung pospak

Penting sekali memperhatikan daya tampung pospak karena hal ini dapat kita jadikan acuan kapan kira-kira pospak perlu diganti. "Pospak yang beredar di pasaran kan beragam jenisnya. Ada yang tahan sampai sepuluh kali si bayi kencing, tapi ada juga yang hanya tahan lima kali kencing," ungkap Ari.

Nah kalau kita menyamaratakan bahwa semua produk pospak tahan hingga sepuluh kali kencing atau hingga 4 jam, mungkin kita terlambat mengganti. Padahal, mungkin pospak sudah penuh dan harus diganti satu jam yang lalu karena sudah tidak bisa menampung urin bayi. Bila demikian mungkin saja hal ini akan menimbulkan iritasi. Pokoknya, pada prinsipnya jangan sampai air kencing melebihi daya tampung pospak.

Juga, perhatikan volume kencing si kecil. Ada bayi yang volume kencingnya sedikit sehingga pemakaian pospak bisa lebih lama, tetapi ada juga bayi yang volume kencingnya sangat banyak. Maksudnya agar kita bisa mengontrol penggantian pospak, misalnya bila aturan yang tertera hingga sepuluh kali kencing mungkin pada bayi yang volume kencingnya banyak kita bisa perkirakan hingga delapan kali kencing saja.

* Setelah BAB langsung ganti

Berbeda dari urin, maka pospak yang sudah terkena feses harus langsung diganti. Feses atau tinja ini tidak bisa diserap masuk ke dalam gel yang ada di lapisan pospak dan sifatnya pun sangat iritan buat kulit bayi. Juga kemungkinan terjadi infeksi pada vagina gara-gara fases masuk ke dalamnya.

Biasanya, ketika buang air besar, sebagian bayi menunjukkan kegelisahan, seperti mengangkat-angkat pantat. Hal ini membuat kita mudah menerka kalau si bayi mungkin sedang atau baru selesai BAB. Tetapi beberapa bayi lainnya sama sekali tidak menunjukkan kegelisahan, sehingga perlu tindakan dari kita untuk sering-sering memeriksa pospak, terutama pada waktu-waktu dimana bayi biasa BAB.

* Kontak dengan urin harus dibilas

Pospak tidak berfungsi membersihkan urin tetapi hanya menampungnya. Sisa-sisa urin tetap menempel di kulit bayi. Nah setelah kencing berkali-kali dan pospak dilepas, maka selangkangan dan kemaluan bayi perlu dicuci dengan air bersih agar nantinya tidak muncul iritasi.

MENGATASI RUAM POPOK

- Hindari pospak

Kalau ruam popok sudah telanjur terjadi, pospak harus dihindarkan dahulu sampai kulit bayi benar-benar sembuh. Tujuannya agar kulit bayi bisa bernapas dan tidak lembap sehingga sembuh lebih cepat.

Ruam popok ditandai dengan kemerahan pada kulit yang muncul di daerah selangkangan hingga pantat. "Bila sudah muncul demikian, selain tidak dianjurkan memakaikan pospak, penanganan pun perlu segera dilakukan," kata Ari.

- Diangin-anginkan

Penanganan di hari pertama dan kedua bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mengangin-anginkan bagian selangkangannya karena prinsip penyembuhan ruam adalah kulit harus bersih dan kering.

- Diolesi krim bayi atau bedak

Baby cream pencegah dan pereda ruam popok bisa dibeli di apotik. Bedak tabur yang bisa menyerap sisa-sisa kelembapan kulit bisa juga dipakai sehingga gesekan-gesekan pada kulit berkurang. Namun, penggunaan bedak tabur harus lebih hati-hati, tidak boleh mengenai kulit yang terbuka/luka dan selaput lendir atau kemaluan bayi perempuan. Jadi, gunakan hanya pada permukaan kulit yang tidak luka. "Bila masih ada bagian yang lecet sebaiknya jangan gunakan bedak. Dikhawatirkan partikel bedak masuk ke kulit sehingga bisa membahayakan."

Cara menggunakannya pun perlu dilakukan secara tepat. "Letakkan di atas telapak tangan ibu lalu gesekkan dengan tangan yang lain, barulah diusapkan ke kulit bayi," kata Ari.

Namun, kalau hingga tiga hari iritasi dan ruam popok tidak kunjung sembuh, sebaiknya bayi segera dibawa ke dokter karena biasanya ruam sudah ditumpangi jamur. Umumnya ditandai dengan infeksi di sela-sela paha. Penanganan lebih intensif perlu dilakukan agar tidak meluas dan semakin membahayakan.

KIAT MEMILIH POSPAK

- Ukuran

Pilihlah pospak yang seukuran dengan berat bayi dan jangan terlalu besar. Bagaimanapun, fungsi pospak adalah mencegah urin meluber. Bila ukurannya terlalu besar maka fungsinya jadi tidak efektif karena pospak tidak lekat ke tubuh bayi. Selain itu, pospak yang kebesaran pun membuat bayi tidak nyaman bergerak.

Bayi yang tumbuh dengan kaki berbentuk O juga semakin diperburuk oleh pemakaian pospak yang kebesaran. "Saya punya pasien yang memang tulangnya berbakat O, kemudian memakai pospak besar, jalannya pun jadi mengangkang," ujar Ari.

- Kualitas

Kualitas pospak juga perlu diperhatikan. Kita bisa menilainya dari kemasan, bahan yang digunakan apakah berpori atau tidak, serta penjelasan yang diberikan oleh produsen yang biasanya tertera di kemasannya.

CARA MEMBUANG POSPAK YANG BENAR

Kerapkali, orang tua keliru memperlakukan pospak bekas. Biasanya kita langsung membuang begitu saja pospak yang di dalamnya masih terdapat feses atau tinja. Seharusnya, kata Ari, sebelum pospak dibuang bersihkan dulu dari feses yang menempel di permukaannya. Tentu saja, feses dibuang ke tempat semestinya di kloset.

Setelah bersih, lipat popok dengan benar. Gel atau lapisan penampung air seni harus berada di bagian dalam dan tertutup oleh bagian luar pospak. "Hal ini sudah dihimbau oleh WHO sejak beberapa tahun lalu demi kesehatan," tutur Ari. Alasannya, sampah pospak yang bercampur tinja akan mencemari lingkungan rumah kita. "Bayangkan kalau tempat sampah yang ada di dalam rumah kita terisi oleh pospak yang di dalamnya ada tinja, selain bau menyengat lalat pun biasanya akan datang mengerubung."

POSPAK TRADISIONAL

Sebagian orang tua mungkin masih menggunakan popok dari lipatan kain untuk mengatasi bocornya urin bayi. Umumnya, popok ini relatif lebih aman dibanding pospak pabrikan karena memiliki pori-pori yang lebih lebar sehingga kulit lebih leluasa bernapas. Selain itu, sensitivitas kulit tetap terjaga karena bayi akan merasakan ketidaknyamanan saat kencing. Alhasil, orang tua cepat tanggap karena ketika bayi menangis kita dituntut untuk segera mengganti popoknya. Kelemahannya, popok jenis ini tidak praktis karena harus melipat-lipat kain dan memasangkannya secara pas. Belum lagi dengan posisinya yang mudah bergeser sehingga urin bayi tetap saja meluber.

Irfan Hasuki. Foto: Ferdi/nakita

   


Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like

kalo ingin memiliki kulit bayi yang halus dan lembut mah harus dari dasarnya bun. dari cara memandikan bayi yang benar contohnya 

   
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

pijat bayi memang bagus untuk stimulasi otak, asalkan dengan cara memijat bayi yang benar juga yaa, supaya efek pijatnya optimal

   
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like

salam kenal bunda2 semua. dari tadi saya cari thread tentang cara memandikan bayi yang benar ga nemu, makanya saya mulai thread ini... mau nanyain, sebenernya untuk cara memandikan bayi yang benar gimana ya bun? katanya untuk bayi yang baru lahir sebaiknya di lap2 aja pake kain basah karena masih sensitif, tapi ada juga yang bilang harus dimandiin kaya biasa di bak mandi bayi gtu. tapi aku cuma kagok bun, kan bayi kecil gitu rapuh banget kayanya. hehe share pengalamannya ya bun. :) 

   
02-06-2016 21:54:41 perjalanan jauh dgn si kecil
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

iya bun, ketika membawa si kecil dalam perjalanan yang jauh, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tubuh nya dengan melakukan cara memijat bayi yang benar yah

   
31-05-2016 16:58:15 pijat bayi tradisional
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

dibanding mencari tukang pijat yang belum tentu cocok sama bayi kita mendingan nyoba cari tau cara memijat bayi yang benar bun. untuk bunda ulumika, aman ko bun selama sesuai aja tekanannya agar janin di dalam tidak merasa begitu sakit. 

   
24-05-2016 14:49:51 Bayi kembar
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

senangnya bun memiliki bayi kembar. tentunya bunda harus tau juga dong cara memandikan bayi yang benar untuk kedua buah hati. 

   
24-05-2016 14:49:50 Bayi kembar
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

senangnya bun memiliki bayi kembar. tentunya bunda harus tau juga dong cara memandikan bayi yang benar untuk kedua buah hati. 

   
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi bun, mau tambahin share info perawatan bayi nih. berikut cara memandikan bayi yang benar ya bunda bunda :) semoga berguna 

   
16-05-2016 16:18:07 Bayi mandi air dingin..
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

gaada umur pastinya sih bun kyknya, tergantung kondisi babynya aja. tapi cara memandikan bayi yang benar tetep perlu diperhatikan ya bun, misalnya airnya jgn kedinginan biar gak kaget..

   
29-04-2016 12:06:13 pijat bayi
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

bunda, dengan cara memijat bayi yang benar, manfaat nya banyak sekali. Pastinya, ngga bisa cuma sekali dilakukan, kalau bisa justru rutin. Pijatnya kan juga kan yang ringan ringan aja.