SITE STATUS
Jumlah Member :
493.641 member
user online :
1155 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah sgm llm di berikan pada bayi prematur

New Topic :  
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bila ASI sudah dikeluarkan dari freezer dan terkena udara bebas, maka sebaiknya tidak terlalu lama di biarkan (sekitar 2-3 jam). Bila selama perjalanan dimasukkan ke dalam tas atau container pembeku , maka masih bisa di bekukan lagi tetapi perhatikan juga bila ASI itu menjadi tidak segar atau basi akan memberikan perubahan dan bunda akan mengetahuinya seketika itu maka sebaiknya tidak di berikan pada bayi. 

Penyimpanan ASI sebaiknya dengan botol kaca. Bila akan menggunakan botol plastik, pastikan aman di gunakan, food grade dan dapat di panaskan.

   


17-12-2013 08:45:02 Jadwal vaksinasi bayi & anak
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
selamat pagi Dokter....
kalo vaksinasi tambahan HIB di berikan pada bayi berapa bulan ya?
makasih....
   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Pengertian MP-ASI

MP-ASI adalah makanan atau minuman yang mengandung gizi di berikan kepada bayi/anak untuk memenuhi kebutuhan gizinya. MP-ASI di berikan mulai usia 4 bulan sampai 24 bulan. Semakin meningkat usia bayi/anak, kebutuhan akan zat gizi semakin bertambah karena tumbuh kembang, sedangkan ASI yang di hasilkan kurang memenuhi kebutuhan gizi. MP-ASI merupakan makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga.

MP-ASI merupakan makanan tambahan bagi bayi. Makanan ini harus menjadi pelengkap dan dapat memenuhi kebutuhan bayi. Hal ini menunjukan bahwa MP-ASI berguna untuk menutupi kekurangan zat gizi yang terkandung dalam ASI. Dengan demikian, cukup jelas bahwa peranan makanan tambahan bukan sebagai pendamping ASI tetapi untuk melengkapi atau mendampingi ASI.

MP-ASI (Makanan Pendamping ASI) adalah makanan bayi yang di berikan di samping ASI, dengan tekstur dan kepadatan sesuai kemampuan cerna bayi. WHO dan sebagian besar organisasi kesehatan lain merekomendasikan pemberian MP-ASI pada usia sekitar 6 bulan. ini artikel yg saya baca bun. apakah sebaiknya tanya dokter?
   


25-08-2015 10:05:14 apakah imunisasi perlu ?
Jumlah Posts : 543
Jumlah di-Like : belum ada like
kalo d RS ada imunisasi combi(3imunisasi jd 1) dan jenisnya ada imunisasi bs panas/demam stelah d suntik dan ada yg gak panas stelah d suntik..Beda jenis beda harganya tp yg ga panas emg benaran buat bayinya ga panas/demam stelah d suntik...
Dan sebenarnya semua imunisasi itu apabila di berikan pd bayi sesuai dgn waktunya sukses kq bund,ga ush khwatir panas ato tidaknya..cm ya mmg agak repot di kita orgtua kl anaknya sakit 😊


Kalo mslah perlu ato tidaknya ya balik lgi ke pikiran orgtua masing2,meskipun ada penyuluhan,ikut forum dan d ksh contoh dampak tdk imunisasi yg di galakan pemerintah, tp ya ttp teguh pada pendiriannya kan susah juga..Tp kalo ada penyakit aneh2 d 10tahun mendatang konsekuensinya ga bs nyalahin pemerintah jg dgn bilang pemerintah ga tanggap darurat..Imunisasi itu efek kelihatannya bkn saat ini tp bbrapa tahun kemudian.
   
25-08-2015 10:04:17 Suntik TT
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, 


Suntikan vaksinasi untuk ibu hamil dapat di berikan pada awal kehamilan dan kemudian diberikan booster (suntikan yang ke-2) setelah 4 minggu dari penyuntikan yang pertama.

Suntik imunisasi tetanus ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum pada bayi ketika ia dilahirkan. Semakin majunya dan membaiknya sanitasi lingkungan serta terjaminnya sterilitas alat-alat kesehatan dalam persalinan, banyak dokter yang berpendapat imunisasi ini tidak begitu penting karena minimnya infeksi tetanus. 

Vaksin TT aman diberikan pada ibu hamil, dan sebaiknya dilakukan sebagai pencegahan dari infeksi tetanus.

   


Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Kalo baca judulnya pasti pada bingung, kenapa? Kan makanan utama bayi adalah susu, masa jangan dikasih susu?hehe Terus dikasih apa supaya bayi kita bisa dapet asupan makanan?

Justru karena susu itu makanan utama dari bayi, jadi kita juga ga boleh asal ya bun untuk kasih ke bayi kita. Selain jadi makanan utama bayi, kita sampai besarpun pasti masih ada beberapa yang suka mengkonsumsi susu ini, karena emang baik proteinnya buat badan kita.

Nah, tapi ada satu susu nih yang dikenal baik untuk di konsumsi dan proteinnya lebih tinggi dari pada susu sapi yaitu susu kambing bun. Kalo kita dengr sesuatu yang berprotein tinggi, asumsi kita pasti itu bagus untuk badan kan. Tapi ternyata ngga dengan susu kambing ini.

Jadi kenapa berbahaya? Karena kadar protein yang terlalu tinggi di dalam susu kambing itu dan di berikan ke bayi bunda, maka bayi bunda malah akan dehidrasi. Makannya sangat ga dianjurkan ya bun untuk kasih susu kambing ini kepada bayi.

Sumber

   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like

Bayi prematur itu bukan hal yang harus disedihkan ya bun, dan kalaupun bunda memiliki bayi prematur, bunda harus cari tau ekstra tentang apa aja yang dibutuhkan dalam perawatan bayi prematur dan pasti tips-tips agar bayi bunda bisa bertumbuh dengan sehat.

Ini ada beberapa fakta yang dikutip dari WHO PBB di bulan November tahun 2012 lalu :

Kutipan :

1. Hampir setiap tahun angka kelahiran bayi prematur terus meningkat di dunia. Jumlah bayi prematur yang lahir setiap tahunnya kurang lebih mencapai 15 juta bayi. Angka ini mewakili perbandingan 1 dari 10  bayi di mana diantara 10 bayi yang lahir, ada 1 bayi yang lahir prematur.

2. Sekitar 1 juta bayi yang lahir belum cukup umur meninggal akibat terjadinya komplikasi saat sedang dilahirkan.

3. Kasus kelahiran bayi prematur menjadi penyebab utama kasus kematian pada bayi yang baru lahir.

4. Kelahiran bayi prematur lebih sering terjadi di Benua Afrika dan wilayah Asia Selatan mengingat kedua wilayah ini tingkat kesadaran akan pentingnya kesehatan saat menjalani kehamilan sangatlah kecil.

5. Indonesia menjadi negara urutan kelima  dari 10 negara yang memiliki jumlah kasus kelahiran bayi prematur tertinggi.

6. Penyebab terjadinya kelahiran prematur antara lain pecahnya air ketuban secara dini, komplikasi, dan tanda-tanda preklampsia.

7. Bayi yang lahir prematur akan tinggal lebih lama di dalam incubator bila dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup umur.

8. Bayi yang lahir membutuhkan asupan suplemen khusus selain ASI. Suplemen khusus tersebut berupa asam folat dan zat besi untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan bayi.

9. Bayi prematur membutuhkan ruangan khusus bersuhu hangat seperti incubator. Jika tidak, bayi akan mudah kedinginan dan bisa saja mengalami hipotermia. Maka dari itu penting sekali bagi Moms yang baru saja melahirkan bayi yang prematur untuk selalu memberinya pakaian yang hangat. Bila perlu pakaikan kaos kaki dan penutup kepala untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat.

10. Metode perawatan terbaik untuk bayi premature adalah Kangoroo Mothercare (KMC) di mana sang ibu menggendong bayinya di bagian depan hingga seluruh tubuh bayi menempel pada tubuh bagian depan ibunya. Metode ini sangat efektif untuk menjaga kehangatan tubuh si bayi.

11. Bayi prematur tidur lebih lama bila dibandingkan dengan bayi biasa. Oleh karena itu Moms perlu popok bayi yang memiliki daya serap tinggi dan nyaman dipakai oleh bayi yang baru lahir. Contohnya popok bayi Merries.

Sumber

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Tinja saat diare pada bayi bisa muncul dalam tekstur, warna dan bau yang berbeda-beda. Perbedaan tekstur tinja seperti ini biasanya tergantung dari apa yang dimakan bayi misalnya ASI, susu formula atau makanan padat.

Tinja encer satu atau dua kali keluar tidak perlu dikhawatirkan. Itu biasa terjadi di minggu atau bulan pertama. Tapi, kalau terlalu sering atau hebat, sebaiknya segera bawa bayi ke dokter. Diare disebabkan oleh banyak faktor misalnya :

  1. Gangguan pencernaan jika diare yang terjadi disertai dengan muntah, sakit perut, demam, dan menggigil.
  2. Adanya infeksi bakteri jika ada darah dalam kotoran bayi
  3. Masalah makanan atau susu jika diare terjadi setelah bayi mengkonsumsi susu formula atau terlalu banyak makanan tertentu.
  4. Infeksi parasit jika diare disertai oleh perut kembung, gas, dan kotoran yang seperti berminyak
  5. Efek samping dari obat yang dikonsumsi jika diare terjadi setelah mengkonsumsi obat tertentu seperti antibiotik atau obat lainnya.

Diare dapat mengganggu keseimbangan normal dari air dan elektrolit pada bayi. Saat air dan elektrolit ini hilang dalam jumlah banyak karena diare, bayi akan mengalami dehidrasi. Pada bayi, dehidrasi bisa terjadi sangat cepat, bisa langsung terjadi saat dia diare atau besoknya, dan ini bahaya. 

Penanganan tepat mengatasi diare pada bayi

1.Beri asupan cairan yang cukup

Jika bayi masih tergantung pada ASI, teruslah menyusui bayi secara teratur. Jika tidak, berikan bayi banyak cairan untuk menjaga tubuh mereka tetap terhidrasi.

2.Oralit

Buatkan campuran garam, gula, dan air menjadi larutan yang disebut oralit, dan berikan pada bayi sehingga tubuh mereka dapat mengganti garam atau elektrolit tubuh yang hilang karena diare

3.Berikan makanan yang mudah dicerna

Seperti misalnya nasi lembut, pisang atau bubur. Jangan beri makanan yang terbuat dari sereal atau yang semacam itu karena susah dicerna.

4.Pijat gusi bayi

Kadang, diare juga disebabkan karena rasa sakit saat tumbuh gigi. Dalam hal ini, berikan bayi mainan yang aman buat dikunyah. Bunda juga bisa memijat gusinya dengan jari untuk meringankan rasa sakitnya.

5.Beri air

Ini salah satu solusi paling umum mengatasi diare pada bayi. Berikan air agar rasa sakit di perutnya reda dan juga dapat melepaskan gas di perutnya.

Semoga bermanfaat buat bunda dan bayi bunda sehat-sehat selalu yah bun. Buat bunda yang bayinya terkena diare, semoga cepat sembuh yah bun.

sumber : health.detik, merdeka, medkes

   
25-09-2014 16:35:46 alergi protein pada bayi
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda dapat terus melatih dan merangsang produksi ASI dengan memeras ASI. Niatkan yang kuat bahwa Bunda siap dan dapat memeberikan ASI pada anak Bunda. peras ASi setiap 2-3 jam bila tidak sedang di susukan pada bayi. Bekukan ASI perah tersebut catat waktu membekukannya agar dapat digunakan lebih dahulu. Makanlah makanan bernutrisi, bila perlu tambahan susu dan asam folat serta zat besi bagi Bunda. Istirahat yang cukup. Berikan pijatan secara sirkular pada kedua payudara setiap Bunda mandi dan sebelum neyusukan ASI melalui payudara Bunda.

   
29-04-2014 06:47:31 makanan tambahan
Jumlah Posts : 86
Jumlah di-Like : belum ada like
UNTUK mencapai pertumbuhan optimal, seorang bayi
memerlukan semua zat gizi makro dan zat gizi mikro
yang sesuai antara jumlah dengan kebutuhannya.
Tak dapat dipungkiri, kebutuhan nutrisi terbaik untuk
bayi berusia 0 ? 6 bulan adalah ASI.
Tapi begitu menginjak usia 6 bulan ke atas, asupan
bayi harus ditambah dengan Makanan Pendamping
ASI (MPASI). Nah, berikut panduan soal MPASI yang
perlu Anda ketahui!
Terlalu Cepat vs Terlambat
Jangan memberikan MPASI terlalu cepat (sebelum
usia 6 bulan). Di samping pencernaannya belum
sempurna, tindakan itu hanya akan memperbesar
potensi bayi terkena alergi makanan.
Juga, pemberian MPASI terlalu cepat akan
menyebabkan insting bayi untuk mengisap akan
menurun sehingga jumlah ASI yang dikonsumsi juga
menurun. Kekurangan gizi banyak terjadi karena
pemberian MPASI yang terlalu dini.
Jangan pula berikan MPASI terlambat (hanya ASI saja
setelah 6 bulan ke atas). Tak baik bagi
pertumbuhannya. Bayi bisa menderita kekurangan
gizi, berat dan panjangnya tidak sesuai dengan yang
seharusnya dicapai. Karena ASI sesudah usia 6 bulan
tidak bisa mencukupi kebutuhan bayi lagi.
Mulai Usia 6 Bulan
Berikan MPASI saat bayi berusia 6 bulan ke atas.
Mengapa? Biasanya saat itu, bayi sudah bisa
menopang kepalanya sendiri secara tegak dan
menegakkan dadanya. Dengan demikian bisa
dikatakan proses menelannya sudah lebih baik.
Sedangkan jika kepalanya masih goyang-goyang,
ditakutkan proses menelannya belum sempurna,
maka dikhawatirkan akan tersedak. Juga, fungsi
pencernaan bayi pada usia tersebut sudah lebih baik.
Tanda Bayi Siap MPASI
Berikut tanda bayi yang siap MPASI:
- Mampu duduk tegak walau masih harus dibantu
- Mampu menegakkan kepala dengan baik
- Tampak tertarik melihat makanan, sendok dan
garpu
- Tidak lagi memiliki ?refleks menolak dengan lidah?
setiap kali makanan padat disuapkan ke mulutnya
- Mampu menerima makanan yang disuapkan dengan
sendok, yang mungkin terjadi bila bayi telah mampu
menggerak-gerakkan lidahnya maju-mundur dan ke
kiri-kanan
Tunjang Berat Badan Bayi
MPASI diharapkan dapat menunjang berat badan bayi
agar sesuai dengan Kartu Menuju Sehat (KMS),
yakni: pada triwulan pertama, penambahan berat
badan bayi sebanyak 750-1000 gr/bln, triwulan
kedua sebanyak 600 gr/bln, triwulan ketiga sebanyak
400 gr/bln, dan triwulan keempat sebanyak 200-300
gr/bln.
Bubur Susu
Perkenalkan jenis MPASI kepada bayi secara
bertahap. Itulah yang dianjurkan oleh semua Dokter
Spesialis Anak (DSA).
Sebagai tahap awal, bayi yang sudah berusia 6 bulan
dapat diberikan makanan bertekstur lunak dan cair
seperti bubur susu, yaitu tepung beras plus susu.
Pemberian bubur susu ini dimulai dari 1x sehari, dan
bertahap sampai 2x dalam sehari.
Berikan pada bayi satu jenis makanan baru selama
3-4 hari berturut-turut untuk mengetahui apakah
bayi cocok dengan makanan tersebut atau tidak.
Selain bubur susu, pure buah juga dapat diberikan.
Cairan pure yang dapat digunakan adalah ASI, susu
formula atau air matang . Caranya, berikan 1-2
sendok makan pure kepada bayi. Jika tidak ada
masalah, tingkatkan secara bertahap.
Jenis buah yang dapat diberikan berupa pisang
(pisang raja atau pisang ambon), alpukat, labu dan
pepaya. Setiap jenis buah diberikan 3-4 hari
berturut-turut agar bayi dapat mengenal rasa.
Setelah itu, baru mencoba buah yang lain.
Nasi Tim Saring
Dengan bertambahnya usia bayi, maka makanan yang
diasup bayi juga akan meningkat. Setelah bubur
susu, sebaiknya bayi mulai dikenalkan dengan
makanan yang berbentuk bubur atau nasi tim saring.
Makanan ini terdiri dari beras, lauk pauk (hewani
atau nabati), dan sayur.
Pemberiannya pun bergantian antara bubur susu dan
tim saring. ?Pada frekuensi awal, bubur susu
diberikan 1-2 kali sehari. Namun ketika usia bayi 7
bulan, mengalami peningkatan, dimana bubur
susunya 2x, sedangkan tim saringnya diberikan satu
kali sehari. Ketika usia 8 bulan, bubur susu diberikan
hanya sekali, tim saringnya menjadi dua kali dengan
isi yang lebih beragam. Begitu usia bayi 9-10 bulan,
baru diberikan tim saring sebanyak 3 kali sehari,?
papar dr Tinuk Agung Meilany SpA.
Nasi Lembek
Sesudah semua tahapan tersebut, baru anak
diberikan nasi putih biasa. Disarankan nasinya masih
berupa nasi yang lembek. Namun, ada juga anak
yang tidak bermasalah diberikan nasi biasa. Jadi,
bergantung kemampuan masing-masing anak, sebab
usia lebih dari 8 bulan, anak sudah tumbuh gigi,
otomatis lebih pandai mengunyah.
Satu Macam Sayur Dulu
Pemberian sayur untuk anak pun sangat disarankan.
Sayur yang baik adalah mengandung vitamin dan
mineral, biasanya terdapat pada sayuran berwarna
hijau atau orange (bayam, kacang, buncis, wortel).
Tapi, bukan berarti sayuran berwarna lain tidak
bergizi, hanya saja kandungannya lebih rendah.
Tahapannya mulai dari 1 macam sayur, jangan
langsung 3 macam. Sebab anak bisa diare. Bayi
harus harus beradaptasi dulu dengan makanan
barunya.
Bakat Alergi: Tunda Telur
Begitu anak makan bubur boleh mulai diberikan
telur. Tapi harus diperhatikan untuk anak-anak yang
punya bakat alergi, disarankan untuk memperlambat
pemberian telur, yaitu pada usia lebih dari setahun
atau lebih bagus saat usia 2 tahun.
Selain itu, pemberian telur sebaiknya dimulai dari
kuning telur terlebih dahulu, karena alergen biasanya
berasal dari protein yakni putih telurnya, sementara
kuning telur banyak mengandung lemak dan vitamin.
Ikan: Menjelang Satu Tahun
Pada dasarnya, makanan yang diberikan untuk bayi
adalah makanan yang sehat, yang terdiri atas beras,
lauk-pauk (hewani dan nabati), buah-buahan dan
tambahan susu. Sama halnya dengan memberikan
makanan padat, lauk-pauk pun harus diberikan
secara bertahap. Mulai dari daging ayam yang
dihaluskan, lalu diselingi dengan daging sapi,
sampai ketika usianya mendekati satu tahun, si kecil
sudah boleh diberi ikan.
Tahapan MPASI
Ditegaskan dr Endang Peddyawati MS SpGK MARS,
pemberian MPASI dimulai dari bentuk makanan encer
menuju ke bentuk kental secara bertahap. Semuanya
itu disesuaikan dengan usia bayi dan kemampuan
bayi menerima makanan serta kebutuhan bayi akan
kecukupan zat gizinya. Perinciannya sebagai berikut:
- Umur 6 ? 8 bulan dapat diberikan ASI, buah dan
bubur susu/ biskuit.
- Usia 8 ? 10 bulan, dapat diberikan ASI, buah,
biskuit, bubur susu, bubur saring. Bila perlu, berikan
makanan selingan seperti finger foods (makanan
yang mudah dipegang). Misalnya, wortel yang masih
mentah atau direbus setengah matang, potongan
buah apel atau pir, kentang goreng dan lainnya.
Pada usia ini, makanan bayi sudah boleh dibubuhi
kuning telur atau ayam masak.
- Usia 10 ? 12 bulan dapat diberikan ASI, buah,
biskuit, bubur susu, nasi tim lembek.
- Pada usia 1 tahun ke atas di samping masih
mengonsumsi ASI juga sudah bisa diberikan nasi
dengan lauk pauk dan buah.
Sumber: Mom & Kiddie
   
12-11-2013 15:48:46 air susu menyembur
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
bagaimana dengan jumlah asi yang terlalu banyak yang menyebabkan bayi susah menelan nya sampai2 tersedak

Dari : Islahiyah Farhani Hanipah

Jawaban:

Dear Bunda,



Bila persediaan ASI telah menumpuk banyak, maka dapat terjadi "kebocoran" ASI (ASI keluar atau menetes dengan sendirinya) ataupun menyembur saat di berikan kepada bayi. Untuk mengatasi hal ini, Bunda sebaiknya sesering mungkin memberikan ASI sebelum payudara benar-benar penuh. BIla payudara telah penuh, Bunda dapat memompa terlebih dahulu ASI tersebut , dan diberikan kepada bayi setelah susu ASI pada payudara telah habis, atau bisa juga untuk persediaan ASI (simpanlah di dalam lemari pembeku Anda).


   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
maaf ya bunda..Saya sedikit menambaahkan..warna asi yg mengandung kolostrum itu adalah warna putih kekuningan..sering sekali dianggap oleh orang awam susu basi..kebanyakan org dahulu membuangnya...sebelum di berikan kepada bayi..takut bayinya sakit perut.dan asi yg mengandung kolostrum yaitu asi pertama kali keluar. makanyaa bunda..banyak sekali demo2 dr nakes untuk pengetahuan ibu2 tentang kolostrum. kolostrum tdk tersedia sampai 6bulan bunda...tp maksud dr 6 bulan itu adalah penerapan pemberian asi ekslusif...
karena asi jauh lebih hebat dr pada susu formula. ..dan klo masalah usaha...
pemberian asi puting susu tdk akan lecet jika ibu bs nengatur posisi yg baik...saya pernah melakukan penelitian nya bunda.
   
14-06-2013 16:06:24 imunisasi ibu hamil
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dok.. saya lg hamil 16 minggu.. kata bidan aku bln ini imunisasi.. tp td aku cek hamil bukan di bidan tp di dokter umum kata dokter imunisai ga perlu itu klo di lakukan di daerah kampung". aku jd bngung dok.. sebenarnya imunisai di haruskan apa gal si dok.. dan apa dampak klo ga imunisaai buat ibi hamil. aki uh hamil 16 minggu knpa berat badan aki msh aja blm naik.. msh 60 kg aja.. normal hal dok.?

Dari : Nur Janah

Jawaban:

Dear Bunda, 







Suntikan vaksinasi untuk ibu hamil dapat di berikan pada awal kehamilan dan kemudian diberikan booster (suntikan yang ke-2) setelah 4 minggu dari penyuntikan yang pertama.

Suntik imunisasi tetanus ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum pada bayi ketika ia dilahirkan. Semakin majunya dan membaiknya sanitasi lingkungan serta terjaminnya sterilitas alat-alat kesehatan dalam persalinan, banyak dokter yang berpendapat imunisasi ini tidak begitu penting karena minimnya infeksi tetanus. 


Vaksin TT aman diberikan pada ibu hamil, dan sebaiknya dilakukan sebagai pencegahan dari infeksi tetanus.


Secara umum, ketika mencapai usia kehamilan 16 minggu, kenaikan berat badan ibu adalah sebesar 2,3 -2,7kg. Namun bila Bunda belum mendapati kenaikan berat badan, tetaplah konsumsi nutrisi yang baik, karena masih ada kesempatan kenaikan yang mendekati pada umumnya di masa-masa berikutnya.
   
05-04-2013 11:50:02 imunisasi tt pada kehamilan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
selamat siang dok, saya baru hamil anak yg pertama usia kandungan saya sudah 5 minggu dan saya mau nanya, Berapa kali imunisasi TT nya selama masa kehamilan dan memasuki bulan keberapa saja untuk TT tersebut.............???????????

Dari : mimi mariani

Jawaban:

Dear Bunda, 



Suntikan vaksinasi untuk ibu hamil dapat di berikan pada awal kehamilan dan kemudian diberikan booster (suntikan yang ke-2) setelah 4 minggu dari penyuntikan yang pertama.



Suntik imunisasi tetanus ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum pada bayi ketika ia dilahirkan. Semakin majunya dan membaiknya sanitasi lingkungan serta terjaminnya sterilitas alat-alat kesehatan dalam persalinan, banyak dokter yang berpendapat imunisasi ini tidak begitu penting karena minimnya infeksi tetanus. 



Vaksin TT aman diberikan pada ibu hamil, dan sebaiknya dilakukan sebagai pencegahan dari infeksi tetanus.



   
22-03-2013 10:15:32 suntik tt
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
saya saat ini sdg hamil 10mgu,untuk melanjutkan melakukan suntik TT sebaiknya ketika usia kandungan memasuki umur brp?
terimakasih

Dari : Sesilia Citra Indah

Jawaban:

 Dear Bunda, 



Suntikan vaksinasi untuk ibu hamil dapat di berikan pada awal kehamilan dan kemudian diberikan booster (suntikan yang ke-2) setelah 4 minggu dari penyuntikan yang pertama.



Suntik imunisasi tetanus ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum pada bayi ketika ia dilahirkan. Semakin majunya dan membaiknya sanitasi lingkungan serta terjaminnya sterilitas alat-alat kesehatan dalam persalinan, banyak dokter yang berpendapat imunisasi ini tidak begitu penting karena minimnya infeksi tetanus. 



Vaksin TT aman diberikan pada ibu hamil, dan sebaiknya dilakukan sebagai pencegahan dari infeksi tetanus.