SITE STATUS
Jumlah Member :
493.860 member
user online :
889 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah minuman mizone untuk ibu hamil

New Topic :  
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, kadar kafein yang diperbolehkan untuk di konsumsi pada wanita hamil saat ini masih merupakan perdebatan. Namun ada pendapat yang mengatakan bahwa kadar kafein di atas 600mg per hari (sekitar 14 cangkir teh pada umumnya) dapat mengakibatkan keguguran. Minuman yang berasal dari daun teh memiliki kadar kafein meskipun tidak setinggi kandungan kafein kopi. Kadar kafein pada daun teh bervariasi tergantung dari lamanya proses fermentasi (semakin lama proses fermentasi, kafein semakin tinggi). Jenis teh hijau di percaya memiliki banyak kandungan zat yang baik untuk kesehatan, namun sebisa mungkin sebaiknya kafein dihindari ketika anda sedang hamil, karena kafein dapat menembus sawar plasenta dan janin belum dapat memetabolisme kafein selayaknya pada orang dewasa. Kafein tidak hanya terdapat di dalam teh dan kopi, namun berbagai jenis makanan dan minuman ada yang mengandung kafein maka itu perhatikan label kemasan makanan dan minuman.

Suplemen untuk ibu hamil pada umumnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam folat yang sangat penting pada kehamilan terutama awal kehamilan. Asam folat dapat mencegah kejadian keguguran serta kecacatan pada janin.
Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh.  Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini. Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain. 

Susu kehamilan maupun tablet suplemen adalah bentuk dari suplemen makanan, bila Bunda tidak dapat meminum susu maka bisa meminum tablet suplemen sebagai alternatif. Perhatikan kandungannya agar dapat mencukupi kebutuhan Bunda.

   


17-07-2015 14:08:00 bolehkah ibu hamil makan sate
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Home » Kehamilan » Makanan » Pantangan » Bolehkah Daging Kambing untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya! Bolehkah Daging Kambing untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya! dr. Retno Add Comment Kehamilan, Makanan, Pantangan Minggu, 22 Februari 2015 Saat hamil, ada kalanya seorang ibu mengidamkan untuk makan berbagai olahan daging kambing, seperti sop atau sate kambing. Olahan daging kambing memang terasa sangat nikmat apa lagi dimakan ketika masih hangat. Kendati demikian, adanya mitos yang menyebut jika makan daging kambing selama kehamilan adalah hal yang memicu bahaya, tak ayal membuat kebanyakan mereka merasa gentar dan memutuskan untuk mengurungkan keinginannya ini. Nah, pada tulisan kali ini ibu-hamil.web.id akan mengupas kebenaran dari mitos tersebut. Benarkah daging kambing untuk ibu hamil dapat menyebabkan bahaya? Berikut ini jawabannya! Daging Kambing untuk Ibu Hamil Daging Kambing untuk Ibu Hamil Daging kambing memang merupakan salah satu jenis makan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Bukan hanya berdasar mitos, kajian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia baru-baru ini menemukan fakta bahwa daging kambing memang berisiko jika dikonsumsi oleh ibu hamil terutama di usia kehamilan trimester pertama. Beberapa bahaya yang bisa timbul akibat konsumsi daging kambing selama kehamilan tersebut antara lain toksoplasmosis, darah tinggi, masalah pencernaan, dan kolesterol. 1. Toksoplasmosis Daging kambing, sapi, dan hewan memamah biak lainnya memang tergolong jenis daging yang biasa menjadi inang bagi bakteri toksoplasma. Bakteri ini bagi orang biasa memang tidak menimbulkan masalah serius, namun bagi ibu hamil toksoplasma bisa menyebabkan banyak komplikasi kehamilan seperti bayi lahir prematur, keguguran, bayi lahir cacat, dan bayi terlahir dengan penyakit pada jaringan hatinya. Mengkonsumsi daging kambing selama kehamilan berarti meningkatkan potensi masuknya bakteri berbahaya ini ke dalam tubuh Anda. Dan ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Risiko infeksi bakteri toksoplasma akan menjadi lebih tinggi bila daging kambing yang Anda makan hanya diolah setengah masak, misalkan seperti dibuat sate misalnya. Sedangkan olahan kambing yang diolah hingga benar-benar masak menggunakan air mendidih seperti sop kambing atau gulai kambing cenderung lebih aman. Bakteri toksoplasma adalah bakteri yang bisa mati karena suhu tinggi. Oleh karenanya mengolah daging kambing hingga benar-benar matang adalah salah satu bagian penting yang tidak bisa terlewat jika Anda ingin bayi Anda terhindar dari toksoplasmosis. gambar tekanan darah tinggi akibat daging kambing untuk ibu hamil 2. Darah Tinggi Daging kambing memang tidak secara langsung menyebabkan naiknya tekanan darah, hanya saja perpaduan bumbu dan makanan penyerta lain dalam penghidangannya membuat risiko ini tetap ada dan justru menjadi sangat tinggi. Gambar darah tinggi pada ibu hamil Ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi daging kambing terutama jika diolah bersama kecap dan banyak garam, mengingat perpaduan olahan tersebut dapat memicu darah tinggi selama kehamilan. Darah tinggi sendiri merupakan salah satu faktor risiko kehamilan yang harus segera di atasi untuk menjaga janin Anda dari masalah serius. Darah tinggi dapat membuat transportasi nutrisi dari ibu ke janinnya terhambat sehingga meningkatkan risiko bayi lahir prematur. 3. Masalah Pencernaan Keluhan selanjutnya yang dapat ditimbulkan daging kambing untuk ibu hamil adalah masalah pencernaan. Daging kambing mengandung lemak tak jenuh yang dapat membuat penyerapan nutrisi di usus halus Anda berjalan dengan lambat. Hal ini kemudian mempengaruhi rentang waktu proses buang air besar rutin sehingga akan menimbulkan masalah sembelit (susah buang air besar). Padahal selama kehamilan, ibu disarankan untuk segera mengatasi sembelit karena keluhan ini dapat meningkatkan risiko kontraksi rahim dan wasir. 4. Kolesterol Kolesterol memang zat yang berbahaya bagi tubuh namun justru ia akan menjadi bermanfaat bagi pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil. Kolesterol membantu dalam baik dalam bentuk kolesterol “baik” (High Density Lipoproteins atau LDL) maupun dalam bentuk kolesterol “jahat” (Low Density Lipoproteins atau LDL) merupakan bahan penting dalam produksi hormon-hormon yang bermanfaat bagi kehamilan. Akan tetapi jumlah kolesterol yang terlalu berlebih juga tidak baik bagi kesehatan jantung. Ia akan memacu kerja jantung menjadi lebih keras sehingga membuat ibu hamil sering merasa berdebar-debar dan memacu tekanan darah tinggi –kondisi yang cukup berisiko bagi kehamilan. Dari 4 bahaya konsumsi daging kambing untuk ibu hamil yang telah dibahas di atas, Anda kini tentu tahu akan risiko yang bisa ditimbulkannya jika Anda tetap memaksa untuk makan daging ini. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk berusaha menghindari makan makanan ini.

 

   
06-10-2008 14:06:03 Sari Kurma AL-JAZIRA
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear all…   Saya mau menawarkan produk Sari Kurma AL-JAZIRA …     Khasiat utama dari kurma itu sendiri antara lain: 1. Mengandung zat penguat rahim pada bulan-bulan akhir kehamilan untuk membantu proses kelahiran
2. Membantu meminimalkan pendarahan setelah melahirkan
3. Makanan dan minuman terbaik untuk ibu hamil, menyusui dan pasca melahirkan untuk menstabilkan kembali darah dan nutrisi yang sempurna untuk bayi melalui asi ibu yang menkonsumsi kurma. 4. Menstimulasi keluar ASI dan meningkatkan kualitas ASI
5. Mengatasi trombosit dalam darah dan mengatasi DBD
6. Mengobati anemia, lesu dan letih
7. Menambah berat badan anak
8. Meningkatkan vitalitas
9. Memperlancar saluran kencing
10.Mencegah tubuh dari bakteri dan kanker
11.Memelihara dari kerabunan
12.Menstabilkan kejiwaan bagi anak dan lansia
13.Memperlambat penuaan tubuh
14.Menyehatkan kulit
15.Membantu pertumbuhan tulang
16. Cocok untuk diet
17. Mengatasi wasir dan rheumatik 18. Mencegah stroke 19. Memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit 20. Mencegah osteoporosis 21. Melancarkan buang air besar 22. Memudahkan keluarnya dahak 23. Aman dikonsumsi anak-anak maupun dewasa 24. Aman bagi penderita diabetes (bila tidak berlebihan)
Sari Kurma AL-JAZIRA terbuat dari kurma murni dan pilihan, diproses secara higienis, modern tanpa bahan kimia dan pengawet. Sari Kurma adalah makanan dan minuman terbaik bagi kesehatan sesuai Sunnah Nabi, enak, lezat dan berkhasiat bagi kesehatan dan obat berbagai macam penyakit.   Legalitas Sari Kurma Al-Jazira pun telah teruji oleh: 1. Lembaga Penelitian Obat dan Makanan (LP.POM MUI) 2. Balai Besar Industri Agro (BBIA) dan Dinas Kesehatan Bogor   Saat ini harga Sari Kurma Al-Jazira turun menjadi rp.22.000/330gr belum termasuk ongkir.   Sari kurma dengan harga baru ini untuk mulai pengiriman 10 Oktober 2008, namun pemesanan bisa dilakukan dari sekarang.    Untuk pemesanan silahkan hubungi saya di nomor: 0815-9458325 atau di alamat email: ekaa@nhm.co.id   Ayo, beli sekarang dan rasakan manfaat Sari Kurma AL-JAZIRA ....   Terima kasih, ditunggu pesanannya …   Regards, Eka A.  
   


09-02-2016 08:41:51 Tekanan darah tinggi
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
Kalau saya boleh beri saran, lebih baik coba datang ke tenaga kesehatan jika keadaan tekanan darah (TD) bunda masih dalam keadaan tinggi.
Tapi sebelum itu, coba cek TD bunda untuk yang kedua kalinya, 15 menit setelah bunda melakukan cek TD yang pertama tadi. Usahakan selama 15 menit tersebut bunda beristirahat sejenak, barang kali TD yang naik tersebut di akibatkan karena aktivitas bunda yang melelahkan.
Jika kondisi TD bunda masih tetap tinggi, bunda boleh berkonsultasi dengan pihak tenaga medis.
Untuk obat-obatan penurunan TD yang aman untuk janin biasanya akan diberikan oleh dokter sp. Kandungan tersendiri.
Jika dari pihak kebidanan, biasanya memberikan asuhan berupa saran dalam konsumsi makanan (misalnya sayur, buah, daging tanpa lemak, dan susu rendah lemak. Hindari makanan yang mengandung garam tinggi), hindari pula merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, terapkan selalu gaya hidup sehat saat hamil, dan rutin berolahraga yang aman untuk ibu hamil.
   
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
Selamat pagi dok..
Saya saat ini hamil uk 28w.. saya mw tanya bolehkah ibu hamil mengkonsumsi susu kedelai hingga persalinan nanti ya dok?
Mengingat banyak sekali pro dan kontra tentang susu kedelai..
Apa ada efek sampingnya untuk ibu hamil yg rutin mengkonsumsi susu kedelai?
Terimakasih
   


01-07-2015 10:37:07 blh gg minum fanta ???
Jumlah Posts : 290
Jumlah di-Like : belum ada like

minum air kelapa murni aja bunda yg manfaat nya bagus juga untuk ibu hamil ada elektrolitnya biar gak dehidrasi, kalo minum minuman kemasan jgn sering2 bunda kuatir yg kaya di jelasin bunda nisful berat badan jnin kita gede, aku aja sering minum air kelpa sama susu Lovamil aja kok lagi hamil ini

   
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

bukan karna takut bayi ny keriput ya bun,,,nie penjelasan jls ny dr sisi medis

 Bolehkah ibu hamil kerokan?

Apa saja efek yang ditimbulkan dari kerokan di saat hamil? Berikut ini pemaparannya. Bolehkah Ibu Hamil Kerokan? Ibu hamil dengan segala kondisinya adalah orang yang paling rentan dan sensitif terhadap perubahan-perubahan baik yang terjadi di dalam maupun di luar tubuh. Dikatakan demikian karena segala yang terjadi pada ibu hamil berhubungan dengan kesehatan 2 orang yaitu ibu hamil dan janin yang dikandung. Bolehkah Ibu Hamil Kerokan Terkait masalah kerokan, ibu hamil sebaiknya TIDAK melakukan hal ini. Beberapa masalah yang tidak diinginkan dapat saja terjadi bila ibu hamil memaksakan diri untuk tetap melakukan kerokan. Masalah yang dapat timbul antara lain terjadinya kontraksi dini, bayi prematur, serta meningkatnya risiko infeksi bakteri dan virus.

1. Menyebabkan Kontraksi Dini Kontraksi dini dapat terjadi seketika setelah ibu hamil dikerok. Hal ini karena perubahan hormon di dalam tubuh ibu hamil sebagai respon terhadap reaksi penolakan tubuh terhadap aktivitas gesekan yang terjadi diluar kulit berlangsung dengan sangat cepat. Penolakan tubuh ini diwujudkan dengan produksi zat cytokines yang kemudian memicu pelepasan hormon prostaglandin. Hormon prostaglandin inilah yang menyebabkan kontraksi dini pada rahim. Risiko terjadinya konstraksi dini akibat kerokan umumnya sangat tinggi ketika ibu hamil telah mencapai usia kehamilan trimester tiga.

2. Menyebabkan Bayi Prematur Kerokan pada ibu hamil yang dilakukan dengan intensitas sangat jarang sejatinya hanya menimbulkan kontraksi dini dengan risiko yang masih dapat ditoleransi oleh janin Anda. Namun, bila kerokan dilakukan dengan sering, hal ini berarti kontraksi dini juga akan berlangsung lebih sering. Dengan begitu janin umumnya akan merespon dengan ketidaknormalan yang terjadi dalam pertumbuhannya. Oleh karena itulah maka kerokan bisa saja menyebabkan bayi Anda lahir prematur.

3. Infeksi Bakteri Dan Virus Kerokan membuat pori kulit terbuka lebar untuk beberapa saat. Saat pori tersebut terbuka, angin yang ada dalam tubuh keluar dengan cepat. Namun seiring hal tersebut, bakteri dan virus yang terdapat di sekitar ibu hamil memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori tersebut. Infeksi bisa saja menyebabkan penyakit serius, namun hal tersebut tentu sangat bergantung pada jenis mikro organisme, jumlah, dan akumulasinya. Nah, demikianlah pemaparan kami terkait boleh tidaknya ibu hamil melakukan kerokan saat masuk angin. Sebagai saran, kami menganjurkan ketika Anda masuk angin lebih baik gunakan beberapa obat alami masuk angin untuk ibu hamil yang terbukti aman dari pada harus melakukan kerokan yang penuh risiko. Semoga bermanfaat.

 

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

     Masalah pada lambung seperti tingginya asam lambung dapat dinetralkan dengan obat-obatan golongan antasida. Pada keadaan hamil masalah ini dapat bertamba parah karena adanya perubahan hormonal dan desakan dari rongga rahim ke arah rongga perut sehingga memperburuk iritasi lambung. Pada umumnya obat-obatan antasida tergolong aman untuk ibu hamil namun sebaiknya Bunda memeriksakan diri dan atas saran dokter untuk meminum obat ini. Sebaiknya Bunda memodifikasi pola hidup dan pola makan sebelum memutuskan untuk meminum obat ini.

      Pola makan dan pola hidup sangat mempengaruhi keadaan lambung. Bunda dapat mengatur waktu makan menjadi lebih sering dengan porsi yang lebih kecil agar lambung tidak kosong sama sekali. Hindari makanan pedas, minuman berkarbon (soda) atau yang mengandung gas (kol, nangka, durian dan lain-lain). Bunda dapat mencoba memakan makanan tinggi protein pada malam hari misalnya susu, keju, kacang-kacangan  dan polong-polongan. Pada pagi hari makanlah pisang atau roti gandum. Perbanyaklah jumlah kegiatan makan dengan porsi yang sangat kecil, perbanyak juga meminum cairan atau makanan dalam bentuk cair (sup, jus buah dan jus sayur). Bunda dapat mengurangi rasa mual dengan memasukkan beberapa daun mint ke dalam air minum dingin maupun hangat. Selain daun mint, menggunakan jahe dan kayu manis juga bisa membantu mengurangi mual.

         Ketika asam lambung naik melalui saluran pencernaan menuju mulut, Bunda kerap merasakan rasa terbakar dan asam. Netralkan asam tersebut dengan cara meminum susu. Bila cara ini tidak berhasil maka kemungkinan di perlukan obat antasida. 

Posisikan kepala selalu lebih tinggi dari daerah lambung Bunda baik ketika duduk dan posisi tidur. Tinggikan kepala dengan menumpuk bantal agar tidak terjadi refluks asam lambung.

       Makanlah secara teratur, menghindari stress atau beban pikiran yang berlebihan serta istirahatlah yang cukup.

   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like

berikut informasi yang saya kutip dari artikel Infobunda "Amankah Menyusui di kala Bunda Sakit?"

Bayi yang menyusu dari wanita yang tengah sakit bisa tertular penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit dan jamur. Proses penularan bisa melalui udara, kontak kulit, dan juga melalui cairan tubuh termasuk ASI. Tetapi jangan lupa, ASI mengandung antibodi yang dibutuhkan bayi sehingga menghindarinya tertular penyakit turunan seperti diabetes, hipertensi, dll.
Jika Bunda menderita sakit yang disebabkan virus, bakteri dan jamur, seperti flu, hepatitis, cacar air, TBC Bunda masih bisa menyusui. Tetapi Bunda harus menggunakan masker mulut dan hidung untuk menghindarinya tertular. Urungkan niat untuk menciumnya. Bila menderita cacar air sebaiknya berikan saja ASI perah, apalagi kalau terdapat cacar di sekitar payudara dan areola.

dan kutipan dari Tanya Apoteker yang berjudul "meminum obat saat menyusui"
Oleh : Catur.Arizky
bolehkah ibu menyusui meminum obat2an untuk menghilangkan sakit kepala, batuk, pilek & yang lain ?
jika ibu menyusui minum obat tersebut bolehkah menyusui bayi nya atau harus ada jangka waktu untuk menyusui ?
adakah efek samping buat si bayi jika ibu menyusui meminum obat2an tersebut ?
terima kasih
      
Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda, Terima kasih atas pertanyaannya.

Jika sakit, bunda dapat mengkonsumsi obat-obatan yang aman untuk ibu menyusui. Obat-obatan ini tidak akan diekskresi ke ASI sehingga tidak berbahaya untuk anak.

Obat penghilang nyeri yang mengandung parasetamol tergolong aman untuk ibu hamil dan menyusui. Obat batuk seperti obat batuk hitam atau obat herbal (misal dengan madu) aman untuk dikonsumsi saat menyusui.

Sakit pilek sebenarnya disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Saat pilek saya sarankan untuk banyak istirahat, penuhi kebutuhan nutrisi, banyak minum air putih atau jus buah. Jika perlu, konsumsi suplemen vitamin C dan Zink.

   
Jumlah Posts : 30
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda Risqii, coba diliat di kemasan larutannya.. kan suka ada tuh minuman yg ada tulisan "Tidak dianjurkan untuk ibu hamil". kalo ga ada brrti gpp minum larutan.
   
17-04-2015 15:46:35 posisi tidur yg baik gimana??
Jumlah Posts : 60
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi bunda saya coba sharing ya dikutip dari artikel infobunda mengenai " posisi tidur ibu hamil " http://www.infobunda.com/dokter/7-POSISI-TIDUR-IBU-HAMIL.html

" Oleh Yaty : 

Aku mau tanya ini kan khamilan pertama aku, sebaiknya posisi tidur yang seperti apa yang baik untuk ibu hamil seperti aku, karena sering kali aku merasa tidak nyaman dengan posisi tidur aku soalnya takut kenapa-napa dengan baby nya. lalu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi untuk aku?

dr. Tanti menjawab : 

Dear Bunda yaty, Posisi tidur yang terbaik bagi ibu hamil adalah SOS (Sleep On Side) yaitu tidur dengan posisi miring. Lebih baik apabila miring dengan sisi kiri bertumpu pada tempat tidur. Tidur dengan posisi tersebut akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi anda. selipkan bantal di antara kedua lutut anda dan rapatkan kedua tungkai kaki anda dengan posisi lutut menekuk. Bila anda mengalami sakit pada punggung anda dapat mengganjal punggung anda dengan bantal senyaman mungkin sambil melakukan posisi SOS. Posisi tidur yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil adalah posisi telentang karena dapat mengakibatkan sakit punggung, sulit bernafas, masalah pada sistem pencernaan, hemmorhoids (ambeien), tekanan darah rendah dan menurunnya sirkulasi darah ke jantung anda dan bayi. Posisi lainnya yang harus dihindari adalah tidur dengan perut anda sebagai tumpuan (telungkup), apabila kehamilan anda semakin besar perut anda akan mengalami perubahan fisik dan akan menimbulkan ketidaknyamanan tidur dengan posisi ini. Adapun makanan yang sebaiknya dihindari pada masa kehamilan adalah: Sayur-sayuran mentah (lalapan, salad mentah, jus yang tidak dipasteurisasikan), hati, dan daging-dagingan yang tidak masak benar ( daging sapi, daging unggas, dan telur). Hal ini dikaitkan dengan bakteri salmonella species dan Escherichia coli. Berhati-hatilah pada bahaya keracunan makanan. Dengan cara memasak yang benar akan membunuh berbagai bakteri. Maka itu pastikan masakan anda benar-benar matang. Jangan mengkonsumsi telur yang mentah (makanan dan minuman yang mengandung telur mentah). Jangan lupa mencuci tangan setelah anda memasak dan sebelum anda makan. Ada beberapa ahli yang berpendapat untuk menghindari konsumsi ikan yang berasal dari sumber yang dicurigai tercemar polutan terutama merkuri."

Semoga bermanfaat ya bunda...

   
24-03-2015 14:11:05 bahaya jamu untuk bumil
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda nenny, saya bantu share aja yaa...dari jawaban yang ada di Tanya Dokter  ^_^ soal minum jamu:

"Jamu untuk ibu hamil" yang ditanyakan oleh Bunda "ennik"
dok saya mau tanya, apakah selama hamil boleh minum jamu,,, biasanya yg d pakai daun luntas, kunyit, asem,,,, semua bahannya dari herbal. katanya d percaya bisa mengurangi rasa mual di awal kehamilan. terimakasih
 
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Ramuan jamu atau minuman herbal, memang kerap digunakan oleh masyarakat khususnya di Asia untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan maupun menjaga kesehatan. Untuk beberapa akar dan daun-daunan memang sudah diakui khasiatnya seperti jahe, kunyit, serai dan lain-lain. Bila Bunda meminum jamu yang berasal dari akar dan daun-daunan melalui rebusan, maka berhati-hatilah karena tidak diketahui dosis pasti yang aman untuk diminum terutama ibu hamil. Untuk mengambil manfaat dari tanaman tersebut maka dapat digunakan sebagai bumbu atau pelengkap masakan. Bila Bunda merasa mual dapat meminum air jahe yang dapat dibuat sendiri atau mencium bau kulit jeruk.

semoga dapat membantu ^_^


 

   
Jumlah Posts : 327
Jumlah di-Like : belum ada like
kl pake usg transvaginal katanya 4minggu jg udh keliatan, aku wktu itu c kliatan 8minggu. dijaga aja bun jgn makan bakar"an, minuman bersoda, dll yg ga disarankan untuk ibu hamil pokonya
   
Jumlah Posts : 47
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda lastri Ada banyak hal
menyebabkan kaki dan pergelangan kaki
menjadi bengkak atau edema. Misalnya
gara-gara obesitas, tekanan darah tinggi,
atau ibu sedang hamil. Edema sendiri
merupakan kondisi yang terjadi saat tubuh
mengalami masalah melawan gravitasi,
sehingga darah dan cairan berkumpul di
area kaki.
Edema memang tidak berbahaya, tetapi rasanya
cukup tidak nyaman jika digunakan untuk berjalan.
Untuk menyembuhkannya, cobalah dengan cara alami
seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.
Suplemen magnesium
Kekurangan magnesium bisa memicu bengkak pada
kaki. Jadi cobalah untuk mengonsumsi suplemen
magnesium secara teratur. Namun jika sedang hamil,
ada baiknya mengonsultasikan masalah tersebut
dengan dokter.
Yoga
Olahraga mampu meningkatkan sirkulasi darah,
sementara yoga adalah salah satu cara untuk
menggerakkan tubuh dan fokus pada sistem
sirkulasi. Beryoga pun cukup fleksibel untuk
dilakukan, misalnya dengan belajar sendiri dari video
atau mengambil kelas yoga.
Air tonik
Rendam kaki pada air tonik (minuman berkarbonasi
yang mengandung kina). Cara alami ini mampu
mengurangi inflamasi yang terjadi pada kaki dan
pelan-pelan menyembuhkan bagian yang bengkak.
Minyak grapefruit
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk
menyembuhkan kaki bengkak dengan minyak buah
grapefruit. Pertama, mandi berendam dalam air
yang diberi beberapa tetes minyak grapefruit. Atau
menggosokkan langsung minyak grapefruit pada kaki
yang bengkak.
Air garam
Sama seperti minyak grapefruit, air garam juga bisa
dijadikan alternatif untuk menyembuhkan kaki
bengkak. Jika bengkak cukup parah, pilihan mandi
berendam lebih baik agar kaki bisa sembuh seperti
sedia kala.
Massage
Jangan malu menceritakan masalah kaki bengkak
Anda pada ahli massage. Mereka akan tahu cara
untuk menyembuhkannya dalam waktu singkat. Untuk
ibu hamil, cobalah menghubungi ahli massage atau
pijat yang khusus menangani ibu hamil.
Stocking kesehatan
Ada banyak stocking kesehatan yang dijual di
pasaran dan memang disarankan untuk dipakai demi
mengatasi kaki bengkak. Anda bisa
mempertimbangkan untuk membeli stocking kesehatan
ini.
Mengangkat kaki
Karena gravitasi adalah penyebab edema, cobalah
untuk mengangkat atau memposisikan kaki lebih
tinggi dari bagian tubuh. Misalnya berbaring di
kasur dan kaki diberi penyangga bantal yang agak
tinggi.
Berenang
Berenang juga membantu Anda menyembuhkan kaki
yang sedang bengkak. Sebab berenang membuat kaki
terus bergerak dan mengapung di air membantu
tubuh melawan gravitasi dengan lebih baik.
Minum
Terakhir, jangan malas minum air agar kaki tidak
bengkak. Jika bosan dengan air putih, Anda bisa
menambahkan mentimun dan lemon ke dalamnya.
Sebab kedua makanan tersebut adalah agen anti
inflamasi yang baik.
Itulah berbagai cara alami untuk menyembuhkan
kaki bengkak. Jika sakit berlanjut, jangan segan
menghubungi dokter.