SITE STATUS
Jumlah Member :
494.739 member
user online :
4039 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah minum obat demam setelah menkonsumsi mie instant

New Topic :  
24-08-2015 06:12:13 minum vermint obat demam
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
bolehkah ibu hamil minum obat demam vermint?
   


05-02-2015 11:57:40 Tanya obat
Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : belum ada like
Mba Rachel, saya ibu dng usia kehamilan 28w. mau tanya, kalau flu dan demam, sebaiknya apa yg saya lakukan ya Mba? Bolehkah minum obat? Kalau boleh, obat apa yg aman ya Mba? Terima kasih sblmnya
   
19-10-2013 19:57:22 ibu demam dan pengaruh ke asi
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda2.. ada yang tau gak? karna kurang tidur akibat begadang ngurusin bayi saya, kepala saya suka pusing dan sempat demam.. bolehkah minum obat utk sakit kepala dan bayi nya boleh tetap di kasih asi??
   


Jumlah Posts : 72
Jumlah di-Like : belum ada like
aq dlu pernah minum obat itu, setelah 4 hari, baru mens bun
   
16-01-2016 23:03:40 DPT PANAS
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
bund sharing dong , diRSB anakku DPT nya panas dan harus minum obat demam seperti sanmol , sementara anakku kayanya gak cocok dgn obat generik , setiap habis diminumin sanmol dia pup terus bisa sampai 3x , tp kan anak saya tetap harus diminumin obat karna panas , bagaimana solusinya bund?
   


31-08-2015 13:45:08 Setelah keguguran
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like

Saya wanita berumur 23 th , saya pernah mengalami keguguran mungkin jika tidak keguguran anaknya saya sudah lahir.. setelah keguguran tersebut saya mengalami menstruasi yang tidak teratur, bahkan terkadang mens tersebut keluar hanya 1 atau 2 tetes setiap hari selama periode mens, saya sempat konsul kedokter dan katanya harus kuret, saya mengikuti saran dokter tersebut untuk kuret dan minum obat tapi setelah kuret mens saya tidak berubah sama sekali.. sekarang saya sangat ini sekali memiliki bayi dan terkadang saya benar-benar sedih ketika mengingat kegagalan kehamilan saya yang pertama sedangkan seseorang yang bisa hamil harus mens teratur terlebih dulu.. saya benar-benar tidak tau harus berbuat apa lagi.. saya menjalani olah raga rutin, makan pun saya tidak sembarangan karna ingin segera memiliki momongan, bunda apa diantara kalian pernah mengalami hal yang sama seperti saya?

   
09-08-2015 09:05:09 obat procalma dan folaplus
Jumlah Posts : 24
Jumlah di-Like : belum ada like
ibu bidan perkenalkan nama saya winda,, saya mw tny bolehkah minum obat procalma dan folaplus secara bersamaan??
   
04-03-2015 20:36:22 HPL Bbln october 2015
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
Salam kenal bun, aq juga HPL bln oktober. Kmrin aq juga batuk pilek g berani minum obat macam", setelah diminumi perasan jeruk nipis+ kecap, Alhamdulillah sembuh bun.
   
04-03-2015 20:36:22 HPL Bbln october 2015
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
Salam kenal bun, aq juga HPL bln oktober. Kmrin aq juga batuk pilek g berani minum obat macam", setelah diminumi perasan jeruk nipis+ kecap, Alhamdulillah sembuh bun.
   
Jumlah Posts : 69
Jumlah di-Like : belum ada like
saya pendwrota maag , yg kadang bila maag nya mulai sakit , saya langsung minum obat maag polycrol forte .. di saat hamil sekarang , msh bolehkah minum obat maag ? soalnya belakangan ini maag saya sering kambuh
   
29-12-2014 10:22:14 yang Hpl januari ada gag?
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
iya bunda leny... ini anak pertama Jd agak kwatir.. . boleh minum obat demam ga sey
   
16-11-2014 22:07:34 minum vegeta herbal
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
saya sedang menyusui..dah 4 hari ini suli BAB bolehkah minum obat pencahar seperti vegeta herbal?
ty
   
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3
@indica : maaf bun ak baru nulis diforum .. iya bun aku bantu doa biar proses kelahiran bunda lancar dan normal ..amin yra..
awalnya juga ak takut klw sampai caesar tapi ternyata ga sakit koe bun bahkan sampai saat ini pun alhamdulillah tdk ada keluhan sama sekali apa mungkin tergantung rmh sakit dan dokternya kali ya? xixixixixxi.. sehari setelah caesar aku udah bisa jalan2. hari ke 2nya aku dah bisa mandi sendiri.. ternyata ga seseram dibayangkan...
aku dirawat 5 hari (sesuai dengan paket di rumah sakit) masalah sembuhnya sepertinya langsung sembuh ya walaupun ak ga tau kondisi dalemnya (aku minum obat cina setelah operasi) jgn takut ya bunda, klw kata aku cih lebih tkut lahir normal hehehehe
semangat ya bunda banyak berdoa aj....

@ucie : slam kenal bunda
amin amin yra maksih ya bunda doanya ... iya bunda aku ad kistanya sebelum hamil jadi sekalin di ambil melalui SC lagian bun baby aku melintang bun dengan letak kepala disebelah kanan dan kaki di sebelah kiri ..... setau ak kita liat dulu jenis kista dan letaknya itu kistannya.. klw memungkinkan bisa keluar sendiri berbarengan baby keluar tapi kadang ada juga bun kista yg menutup jalan lahir nah itu susah buat melahirkan secara normal. tapi kasus kista bisa keluar sendiri bersamaan bayi itu jarang sekali terjadi dech bun...
saran aku lebih baik kista diangkat aj sekalia caesar biar ga 2kali masuk rumah sakit bun lagian ga sakit koe bun operasinya.... emang bunda punya kista ya???
Semangat ya bunda ucie .....


****** AYU ANDHIKA *****



   
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda dita: salam kenal juga bunda dita....:)
selamat bergabung disini...hehe...wah wah...ALhmdlh bunda baek2 aja y hamilnya..smoga selalu sehat smuanya....amien...pengen anak cow y bun?kalo aq seh pengennya cew bun, dr dulu gemes aja lihat baby cew...tapi apapun tu yang penting sehat n normal aja pastinya kita dah seneng banget y bun...anyway...selamat y bundapat banyak rezeki...smoga ALLAh sellau limpahkan rezeki yang banyak buat kita smua...amien...

@bunda indica: ya bun, aq jg masih minum obt maag, tapi skrng udah serng gak minum, krna udah agak kurang juga muntahnya...takut juga seh sering2 konsumsi obat, walaupun kata dokter gpp..alias klo dah gak butuh banget....aq ga minum lagi,,..wah senneg banget y bun, lihat dedek selalu...smoga sehat n baek2 aja y bun...:)

@bunda silpie: kata dokter seh blh aja mnm obt maag klo emg bth banget bun, tapi kalo emg bs tahan ya g ush diminum lbh baek kyknya bun, dulu aq juga pernh demam pas minggu ke 11 hamil. tapi aq g minum obat demam, alami aja...minum air putih yang banyak n istirahat...ALhamdulillah baekan ndiri...cuma muntanya aja ne yg perlu obat...hehe..mungkin krn da maag nya y bun...trus pert emng yang nyaman banget...kadang kalo mau tidr juga kayak ada sesuatu gitu dalam pert...da dedek ya bun...hehe...jadi lucu kalo mikir...subhnalllah...smoga smuanya baek2 n sehat aja y bun....amien...

btw< bunda2 smua ada nyeri ulu hati or skit kepala gak? kadang aq ngerasa gitu...walau gak sering...:)

thanks y bun dh mau share disni...hehe...

happy pregnant...wish us all the best...n be happy...amien...:D
   
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

ASI Lancar, Puasa Tak Lewat

(Sumber dari: AIMI *dengan perubahan seperlunya*)

Bulan Ramadhan hampir tiba. Bulan penuh ibadah bagi umat muslim di dunia. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim yang telah baligh (cukup umur) adalah berpuasa. Nah, bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui?

Puasa Ramadhan hukumnya tetap wajib bagi ibu hamil dan menyusui. Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu atau membayar fidyah.

Yang pertama, dikembalikan kepada motivasi atau niat. Jika ibu hamil dan menyusui tidak melakukan ibadah puasa karena mengkhawatirkan kesehatan dirinya, maka dia menganggap dirinya seperti orang sakit. Sehingga cara mengganti puasa sama dengan mengganti puasa dikala orang sakit, yaitu dengan berpuasa di hari lain. Namun, jika mengkhawatirkan bayinya, dianggap seperti orang tua yang tak punya kemampuan sehingga cara menggantinya selain membayar puasa-seperti cara orang tua-yaitu dengan membayar fidyah.

Yang kedua, ibu hamil atau menyusui cukup membayar fidyah saja tanpa harus berpuasa. Karena keduanya tidak berpuasa bukan karena sakit, melainkan karena keadaan yang membuatnya tidak mampu puasa. Kasusnya lebih dekat dengan orang tua yang tidak mampu berpuasa.

Apa dan bagaimana cara membayar Fidyah? Fidyah adalah memberi makan orang fakir miskin. Satu hari puasa diganti dengan satu kali fidyah. Ukuran memberi makan adalah sebesar porsi kita makan 3 kali sehari, yakni sekitar 1 mud atau 600 gram. Jika dirupakan uang, sebesar biaya kita makan 3 kali sehari.

Ketika memberikan fidyah, ada tata caranya juga. Salah satu yang harus diingat adalah jangan lupa mengucapkan berita serah terima/ijab kabul. Misalnya “Saya membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Jika meminta orang lain yang menyerahkan maka, “Ibu A membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Untuk detailnya, silakan konsultasi dengan pemuka agama di lingkungan Anda. 

Nah, bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa bagaimana? Selama kondisi ibu dan bayi sehat, maka diperbolehkan berpuasa. Namun, jika dikuatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kekurangan gizi, produksi ASI berkurang, sakit, dan lain sebagainya, maka Islam menyarankan untuk tidak berpuasa.

Manajemen Laktasi Ibu Menyusui Yang Sedang Berpuasa

Dengan perubahan jadwal makan, bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsipun ikut berubah. Yang penting, ibu menyusui tetap makan 3 kali sehari dan secara disiplin mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang, yaitu dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak.

Kemudian, hal-hal berikut dapat dilakukan untuk memastikan bahwa produksi ASI selama ibu berpuasa tetap lancar dan berkualitas:

Asupan menu dengan gizi seimbang

Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak. Jangan terlambat berbuka dan jangan makan secara asal yang penting makan ya :)

Ada beberapa tips mengenai asupan ibu menyusui selama berpuasa:

Pertama,boleh mencoba konsumsi sumber karbohidrat kompleks agar bisa membantu membuat ibu menyusui tidak lemas di tengah hari. Karbo kompleks seperti beras merah lebih lama diproses tubuh sehingga pelepasan gula menjadi energi berlangsung bertahap. Kondisi ini dapat lebih menjamin kebutuhan energi ibu sampai berbuka. 

Kedua, konsumsi sayur dan buah lebih banyak saat berbuka atau malam hari dan konsumsi protein lebih banyak saat makan sahur. Protein menjadi sumber energi, yang diolah terakhir setelah karbohidrat dan lemak. Asupan protein ini sesuai bagi busui yang membutuhkan banyak cadangan energi. Sementara serat pada buah dan sayur membantu menjaga asupan vitamin dan menjaga kesehatan pencernaan ibu selama menyusui. Usahakan stop makanan instant selama puasa ini ya, karena makanan seperti mie instant biasanya hanya mengandung kalori yg membuat kenyang tetapi minim nilai gizinya. 

Ketiga, silakan konsumsi suplemen vitamin dan mineral jika diperlukan. Tanyakan kepada dokter suplemen apa yang baik untuk ibu menyusui saat berpuasa karena saat ibu menyusui berpuasa, yang terpengaruh biasanya adalah kadar micro nutrients (elemen-elemen nutrisi yang diperlukan dalam jumlah yang kecil seperti zinc, magnesium, dan potassium), namun itu bukanlah masalah.  

Perbanyak konsumsi cairan, mulaidari berbuka hingga sahur

Jika bisa minum air putih sebanyak dua liter (sekitar 10-12 gelas sehari), ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, teh manis hangat dan susu. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui. Jika bisa, hindari teh dan kopi saat sahur karena bersifat diuretik, yang menyebabkan ibu sering buang air kecil. Akibatnya ibu berisiko kekurangan cairan akibat seringnya cairan dibuang. 

Istirahat yang cukup

Merasa lemas saat berpuasa itu hal yang lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin

sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Ibu Bekerja

Ibu bekerja yang memerah ASI di tempat kerjanya disarankan untuk tetap melakukan kegiatan memerah ASI seperti biasa dengan tetap memperhatikan tips-tips seperti yang sudah disebutkan diatas ini. Kembali berpegang pada prinsip demand and supply, semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi. Apabila ibu menyusui yang biasa memerah menghentikan kegiatan memerahnya selama bulan puasa, maka ASI yang diproduksi dapat berkurang, yang bukan disebabkan oleh kegiatan berpuasa tetapi karena mengurangi kegiatan memerah tadi.

Bagaimanapun, mendapatkan ASI adalah hak bayi. Jadi, dahulukan kepentingan bayi. Untuk ibu yang memiliki bayi di bawah 6 bulan, memang dianjurkan untuk tidak berpuasa karena bayi sedang dalam tahap ASI Eksklusif dan belum memperoleh makanan tambahan apapun kecuali ASI. Ada dua alasan kenapa ibu dalam fase ASIX tidak dianjurkan berpuasa dulu: pertama, pada masa ASIX, terutama di dua bulan pertama adalah fase pemantapan menyusui. Jika proses menyusui ibu sudah mantap dan ingin mencoba puasa silakan. Tetapi jika ibu masih berjuang untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan produksi, sebaiknya tunda dulu puasanya. Kedua, bayi di bawah 6 bulan sering mengalami fase percapatan pertumbuhan (growth spurts) yang membuatnya tiiba-tiba jadi sangat sering menyusu. Jika Anda mulai kewalahan di saat fase GS ini, pertimbangkan untuk stop puasa dulu.

Kondisi yang Harus Diperhatikan

Jika si kecil masih dalam fase ASIX (atau bahkan setelahnya) dan ibu ingin berpuasa, ada hal penting yang tidak boleh diabaikan: perhatikan sinyal sinyal yang dikirimkan tubuh Anda dan tubuh bayi. 

Apa yang harus diperhatikan dari kondisi ibu?

-Merasa sangat haus (terutama pasca menyusui/memerah).

- Urine/ air seni berwarna pekat (kuning tua/cokelat) serta bau yangtajam.

- Merasa sangat pusing dan berkunang-kunang, apalagi jika pusing tidak hilang setelah ibu beristirahat

Adalah wajar jika ibu merasa lemas.  Oleh karena itu usahakanlah untuk beristirahat paling tidak satu kali di siang hari. Atau bila tidak memungkinkan untuk tidur siang, upayakan untuk sekadar duduk,

berbaring dengan rileks. Istirahat akan sangat membantu agar hormon Oksitosin yang berfungsi untuk mengeluarkan ASI bekerja secara optimal. Jika Anda mulai pusing atau air seni Anda mulai pekat, sebaiknya hentikan dulu puasanya. Apa yang harus diperhatikan dari kondisi bayi?- Frekuensi BAK bayi sudah kurang dari 6 kali per 24 jam, warna urine bayi juga mulai pekat- Ada gejala2 dehidrasi lain pada bayi, seperti mulut yag kering, bayi terlihat sangat lemas, kulit tidak lentur, dsb.- Bayi kelihatan gelisah seharian, rewel atau berperilaku di luar kebiasaan normalnya. - Bayi mengalami diare atau demam yang mana membutuhkan extra asupan ASI agar tidak dehidrasi, terutama di masa ASIX.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan salam ASI :)