SITE STATUS
Jumlah Member :
494.739 member
user online :
4014 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah makan kerang setelah melahirkan

New Topic :  
12-03-2015 16:44:50 Pengalaman nifas
Jumlah Posts : 38
Jumlah di-Like : belum ada like
Kalo soal nifas itu ky mens biasa aja.. proses bersihnya tiap orang beda2. ga usah ada pantangan makan soalnya setelah melahirkan kita byk keluar darah jd harus banyak makanan yg sehat.. Ga usah bingung soal nifas nanti kalo udah ngelewatin masanya. ya semua biasa ajaa.
   


07-07-2017 16:27:59 ibu hamil makan kerang
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
bagi pengalamannya donk bunda. bolehkah ibu hamil muda makan kerang sungai?
   
09-06-2016 11:30:25 sakit gigi saat hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, Masalah pada gusi ketika hamil kerap terjadi. Hal ini di karenakan adanya perubahan hormonal pada ibu hamil. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya bunda memeriksakan diri pada dokter gigi dan melakukan perawatan gusi. Bila ada hal lain seperti gigi berlubang, maka akan dinilai apakah bisa ditunda tindakan pencabutan atau perawatannya sampai setelah melahirkan. Selain itu, senantiasa menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi 2 kali sehari serta membersihkan gigi setelah makan. Bunda dapat berkumur dengan air garam. Bila masalah gigi Anda adalah gigi berlubang, maka sebaiknya dilakukan perawatan gigi karena infeksi pada gigi dapat menyebar secara lokal ataupun sistemik.

   


20-04-2016 15:23:06 susu formula pendamping asi
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

secara teori, banyaknya ASI tergantung dari banyaknya permintaan dan rangsangan untuk produksi ASI. JAdi walau ukuran payudara kecil, bisa menghasilkan ASI.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi produksi ASI, seperti :

  • Gizi
    Apa yang bunda makan sudah pasti mempengaruhi produksi ASI. Pastikan asam folat, protein, kalsium dan zat besi selalu ada dalam menu makanan sehari-hari. Bunda juga perlu mengonsumsi vitamin. Setelah melahirkan disarankan mengonsumsi susu untuk ibu menyusui.
     
  • Psikis
    Stress karena rasa takut dan cemas yang berlebihan menjelang melahirkan bisa menghambat kerja hormon prolaktin (hormon yang merangsang kelenjar air susu), sehingga saat melahirkan produksi ASI berkurang. Dukungan dari suami bisa membuat bunda lebih rileks.
     
  • Perawatan Payudara
    Melakukan perawatan payudara (saat usia kehamilan 6-9 bulan) bisa merangsang kelenjar air susu yang memperlancar ASI nantinya. Selain itu juga melenturkan dan menguatkan puting susu yang bisa memudahkan si kecil menyusu. Ibu bisa melakukan pijat payudara sendiri di rumah asalkan tahu tehnik memijatnya.
   
23-02-2016 13:06:36 usai melahirkan
Jumlah Posts : 60
Jumlah di-Like : belum ada like
setelah melahirkan bolehkah tidur d siang hari ?
   


Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5

bun Athia : wkt anak pertama saya juga tidak suka makan manis tp doyan dengan buah2an ... tapi tetap divonis diabet gesta juga wkt itu hehehe...tp saat itu vonisnya rada telat, krn janin saya sdh besar duluan di dlm. dan setelah melahirkan sih sejauh ini saya dan anak saya sehat ya ... cuma kehamilan yg skrg saya demen makan manis (rakus ...wesss), otomatis DG kembali lagi (krn ada riwayat DG dikehamilan sblmnya).. tp untungnya cepat ketahuan jadi janin ga sempat membesar banget ... bbj yg skrg beda jauh dgn kakaknya wkt di dlm perut. hehehe ... 

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dari artikel Infobunda

Payudara Kecil Tidak Bisa Berikan ASI?

Seringkali kita mendengar keluhan tentang produksi ASI yang dinilai terlalu sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali, khususnya dari para bunda yang memiliki payudara berukuran kecil. 

Lalu bagaimana yang sebenarnya, apakah penyebab muculnya keluhan-keluhan tersebut? Benarkah ukuran payudara mempengaruhi banyaknya ASI yang dihasilkan? Supaya tidak terjadi kesalah pahaman, yuk kita cari tahu penyebabnya!

Menurut dr. Martina Claudia, SpOG dari Siloam Hospital memang secara logika bentuk payudara yang kecil menandakan kelenjar susu yang kecil. Tapi itu bukan berarti bunda yang memiliki payudara kecil tidak dapat memberikan ASI secara optimal.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi produksi ASI, seperti :

  • Gizi
    Apa yang bunda makan sudah pasti mempengaruhi produksi ASI. Pastikan asam folat, protein, kalsium dan zat besi selalu ada dalam menu makanan sehari-hari. Bunda juga perlu mengonsumsi vitamin. Setelah melahirkan disarankan mengonsumsi susu untuk ibu menyusui.
     
  • Psikis
    Stress karena rasa takut dan cemas yang berlebihan menjelang melahirkan bisa menghambat kerja hormon prolaktin (hormon yang merangsang kelenjar air susu), sehingga saat melahirkan produksi ASI berkurang. Dukungan dari suami bisa membuat bunda lebih rileks.
     
  • Perawatan Payudara
    Melakukan perawatan payudara (saat usia kehamilan 6-9 bulan) bisa merangsang kelenjar air susu yang memperlancar ASI nantinya. Selain itu juga melenturkan dan menguatkan puting susu yang bisa memudahkan si kecil menyusu. Ibu bisa melakukan pijat payudara sendiri di rumah asalkan tahu tehnik memijatnya.

Nah, sekarang bunda tidak perlu berkecil hati. Selama tiga faktor di atas diperhatikan dengan baik, maka ASI tetap dapat diproduksi. “Rileks saja dan percaya kalau bunda pasti bisa memberikan ASI untuk buah hati.” pesan dr. Claudia.

   
Jumlah Posts : 70
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda fha : wihh gede banget yah bun babynya.hehehe.. babynya doyan makan tuh makanan dr mamanya diserap smua sama debay nya.. wah, semoga hbnya cpt normal yah bun semoga smua lancar dan sehat ibu+babynya..
@bunda non : bawaan bayi tuh bund, cowo ya debay nya? katanya hamil cowo bawaannya gitu, kuliy jd kotor.. saya jg nih bund.. di ketiak, perut, payudara, leher, banyak kutil dan bercak hitam.. katanya 3bln setelah melahirkan baru hilang smua..
   
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

ASI Tidak Cukup vs ASI Berlebih

Oleh AIMI

ASI Tidak Cukup

“Payudara saya lembek, tidak terasa penuh dan kencang lagi, saya khawatir ASI saya kurang”

“Si kecil menangis terus, sepertinya ASI saya sedikit. Perlukah saya berikan susu formula?”

ASI tidak cukup atau ASI yang DIPERSEPSIKAN tidak cukup adalah masalah yang paling umum ditemui pada ibu menyusui. Ada beberapa tanda bahwa ASI tidak cukup. Tanda ini dibagi dua, yaitu: Tanda PASTI dan tanda MUNGKIN.

Tanda “PASTI” ASI Tidak Cukup

Tanda “PASTI” ASI tidak cukup artinya ASI memang BENAR BENAR kurang. Hal ini ditandai dengan frekuensi BAK yang kurang (kurang dari 5-6 kali per 24 jam) dan biasanya warna urine bayi cenderung kuning pekat serta kenaikan berat badan yang kurang (misal: berat badan bayi yang baru lahir tidak kembali ke berat lahirnya dalam waktu 2 minggu setelah kelahiran atau pola peningkatan berat badannya tidak menunjukkan kurna peningkatan sesuai dengan growth chart bayi ASI dari WHO).

Penyebab ASI PASTI tidak cukup biasanya ada beberapa, antara lain: posisi dan pelekatan menyusui yang kurang efektif, menyusui yang dijadwal dan bukan sesuai dengan permintaan bayi, ataupun kelainan fisik bayi seperti tali lidah pendek (tongue tie), atau bisa juga karena kondisi ibu yang mengalami stress atau depresi berat setelah melahirkan. Apa yang harus dilakukan jika hal ini yang terjadi? Segera cari bantuan. Silakan bertemu konselor menyusui atau mengunjungi klinik laktasi atau dokter /bidan yang paham tentang manajamen laktasi.

Tanda “MUNGKIN” ASI Tidak Cukup

Tanda “MUNGKIN” ASI tidak cukup. Tanda “MUNGKIN” ini artinya adalah ASI sebetulnya cukup, tetapi ibu mendapati berbagai tanda yang dianggap merupakan tanda ASI tidak cukup. Tanda-tanda itu antara lain adalah: bayi menjadi sering menyusu, bayi sering menangis, bayi sering terbangun, bayi menyusu sangat lama, dan payudara ibu terasa lembek terus.

Yang sering menjadi masalah adalah, tanda “MUNGKIN” ASI tidak cukup. Mari kita bahas bersama-sama bahwa tanda-tanda MUNGKIN tidak selalu benar.

Pertama, menangis adalah cara bayi berkomunikasi. Bayi menangis tidak selalu karena lapar. Bisa karena kepanasan, kedinginan, lembab, ingin dipeluk, bosan atau merasa sendirian.  Untuk lengkapnya tentang berbagai kemungkinan makna tangisan bayi lihat dokumen grup tentang “Bayi Sering Menangis – Apakah Ini Tandanya ASI Tidak Cukup?”.

Bayi yang hanya mengkonsumsi ASI juga akan lebih sering bangun ketimbang bayi yang mengkonsumsi sufor. ASI mudah dicerna sehingga bayi cepat lapar dan cepat terbangun kembali. Jika diberi susu formula, bayi akan tidur lebih panjang karena susu formula sulit dicerna. Analoginya sama seperti kita yang makan banyak dan kekenyangan. Rasanya mata akan selalu mengantuk. Kasein dalam susu formula kadarnya sangat tinggi dan sulit dicerna. Kasein membentuk gumpalan seperti karet dan mengendap di usus bayi. Sekali mengkonsumsi susu formula maka kasein bisa mengendap di usus selama 7 hari ke depan.

Kedua, bayi sering sekali menyusu juga belum tentu tanda ASI tidak cukup karena sifat ASI yang sangat mudah diserap sehingga bayi akan mudah merasa lapar kembali. Apalagi bayi yang baru lahir memiliki ukuran lambung yang sangat kecil yang membuatnya cepat kenyang tetai cepat lapar kembali.

Untuk perbandingan:

Di hari pertama hingga hari ketiga, ukuran lambung bayi sebesar kelereng.

Di hari ketiga hingga ke-6, ukuran lambung bayi adalah sebesar bola bekel

Di usia satu minggu, ukuran lambung bayi adalah sebesar bola pingpong

Sejak umur satu minggu, ukuran lambung bayi akan berkembang secara bertahap dari ukuran bola pingpong hingga seukuran bola tenis.

Ketiga, payudara yang terasa lembek bukan berarti tidak ada ASI. Tapi itu tandanya produksi ASI sudha mengikuti kebutuhan bayi. Masih ingat bahwa produksi ASI mengikuti demand/kebutuhan bayi? Di awal-awal fase menyusui, payudara kita akan sering terasa penuh dan kencang karena produksi ASI sedang mencari keseimbangan dengan demand/kebutuhan bayi. Ketika demand dan produksi sudah bertemu, payudara justru akan jarang terasa penuh dan kencang.

ASI Berlebih (Hiperlaktasi)

Yang harus dipahami adalah, jangan buru2 melabel Anda mengalami hiperlaktasi. Produksi ASI yg berlebih biasanya umum terjadi di dua bulan pertama usia bayi. Itu wajar karena produksi ASI sedang mencari keseimbangan supply dan demand. Biasanya, begitu keseimbangan supply dan demand tercapai, maka tidak lagi akan terjadi produksi berlebih. Kalau untuk para ibu yang masih di fase ini, cara mengatasinya adalah dengan: perah dulu sblm menyusui langsung dan menyusui dengan posisi IMD atau posisi semi rebahan.

Tapi, kalau setelah bayi berusia dua bulan produksi msh berlebih, ada kemungkinan ibu mengalami apa yg disebut hiperlaktasi. Hiperlaktasi sebabnya bisa beragam. Bisa karena ketidakseimbangan hormon, ada yg karena banyaknya jumlah kelenjar produksi ASI.

Cara Penanganan Hiperlaktasi

Untuk mereka yg mengalami hiperlaktasi, memang harus mengakali proses menyusuinya.

Pertama, variasi posisi, dengan posisi IMD atau semi rebahan yang intinya melawan gravitasi.

Kedua, beri kompres dingin atau beri lembar kol dingin pada saat menyusui. Kompres dingin punya efek yang berseberangan dengan kompres hangat. Kalau kompres hangat bisa melancarkan aliran, kompres dingin bisa membantu memperlambat aliran.

Ketiga, metode block feeding. Hanya menyusui dari satu payudara di beberapa sesi menyusu tanpa pindah payudara. Yang sebelahnya bisa diperah kalau mulai bengkak, tidak usah sampai habis. Yang penting cukup untuk mengurangi rasa penuh dan mencegah bengkak. Terkait point ketiga tentang block feeding yang sudah jelaskan di atas, coba dulu untuk durasi 2-4 jam. Artinya dalam 2-4 jam itu hanya menyusui di payudara yang sama, meski untuk beberepa sesi menyusui. Tujuannya sebetulnya untuk menghambat produksi yang terlalu kencang sekaligus memastikan si kecil dapat hindmilk yang cukup. Jadi sampai kurang lebih 4 jam, setiap bayi minta menyusu susui dari payudara yang sama. Sementara yang satunya kalau penuh hanya boleh diperah sedikit saja, max. 1 menit cuma untuk mengurangi penuh dan bengkak. Nanti setelah 4 jam, baru pindah susui yang satunya dan lakukan hal yang sama untuk yang ini, susui dengan payudara yg sama sampai 4 jam. Kalau ternyata masih kencang juga, perpanjang sampai setengah hari.

Keempat, kalau block feeding tidak berhasil juga, masih ada cara terakhir. Sejam sebelum menyusui, perah keduanya sampai habis. Sejam kemudian baru susui bayi. Lalu terapkan metode block feeding utk bbrp jam pakai payudara yang sama utk beberapa sesi menyusui,. Setelah sebelahnya mulai penuh, baru pindah payudara.

Kelima, jika mencoba strategi pertama yg modifikasi berbagai posisi menyusui, pastikan ibu menggunakan jari ibu membentuk seperti gunting menekan areola untuk membantu membatasi aliran ASI.

Ingat bahwa bayi kita TIDAK BUTUH ASI YANG BERLEBIHAN ATAU MELIMPAH. Kita hanya butuh produksi ASI yg SESUAI DENGAN KEBUTUHAN BAYI. Hoperlaktasi bukanlah sebuah kondisi yang menyenangkan, baik bagi ibu dan bayi. Ibu dengan hiperlaktasi itu sangat rentan mastitis, sangat rentan mengalami payudara bengkak. Dan kalau manajemen menyusuinya tidak benar, bayi yg ibunya mengalami hiperlaktasi juga rentan mengalami ketidakseimbangan foremilk dan hindmilk. Bayi yang ibunya menglamai hiperlaktasi juga cenderung kesulitan menyusu, selalu rewel saat menyusu dan sering tersedak.

   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda Riez dan bunda Seqar .itu normal aja mba. setelah melahirkan stiap wanita berbeda2 datang haidnya dsebabkan karena pengaruh Hormon penghasil ASI. bunda2 sdh menggunkan Metode Amenorea Laktasi (MAL).Namun efektifnya itu cma sampe 6 bulan.karena 6 bln lebih bayi sdh makan MP ASI sehingga frekuensi menyusu berkurang. lebih 6 bln sebaiknya gunakan Alat kontrasepsi lain.kalau bunda2 sampe 1 thn lebih blm haid jg brarti hormon prolaktin nya (penghasil ASI )msh tinggi. sehingga menekan hormon estrogen n progesteron (hormon untuk haid).namun hati2 karena tdk jarang ibu2 lain yg blm jg haid ,msh menyusui namun sdh subur lagi artinya bisa hamil lagi.^_^.demikian yg bisa saya share bunda2.semoga bermanfaat^_^.
   
03-05-2015 15:11:03 memberi susu formula
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Jangan keburu dikasih sufor,bun.Kemarin gak pakai imd kah?

ASI Baru Lahir Sedikit?
May 16, 2012
By Ayah ASI in Kultwit 7 Comments



Bayi nangis itu ga berarti lapar





@ID_AyahASI: Pagiiii?banyak yang baru lahiran yah? Selamaaaat, Biasanya suka khwatir karena ASI belum keluar?bahas dikit yuuuk#ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Banyak yg parno ASInya ga keluar pas habis melahirkan..kalo pas hamil belum keluar tambah bikin parno lagi..knp ga prlu khawatir? #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: ASI memang udah mulai di produksi di kala hamil dan emang harusnya ga keluar pas hamil..tp kok ada yg keluar? Itu cuma bocor aja kok #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Karena bocor,jd buat yg ASInya ga keluar pas hamil ga perlu khawatir..krn harusnya emang keluar stl melahirkan..tp kok H1 blum keluar nih? #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Hari 1-3 setelah melahirkan bayi hanya butuh kolostrum, jangan ngebayangin si kolostrum ini bakal 1/2 botol ato sebotol yak..doi emang dikit #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Meski dikit, kolostrum maha penting kandungannya buat bayi, ada Immunoglobin yg bantu kekebalan, biar kaya super hero di The Avengers :)) #ASIbaruLahir


@ID_AyahASI: Bayi baru lahir itu dikasih bekel makanan sama emaknya, ransum si bayi itu cukup utk 72 jam,itu berarti doi bisa bertahan selama itu tnp ASI #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Tapi si baby nangis min? Kelaperan? Nah, siapa yang di awal kelahiran bayinya tertawa terbahak-bahak sampe guling-guling? Hehe, ga ada kan? #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Di dalam kandungan itu nyaman bgt buat bayi,doi nangis karena dunia pada rempong..suara suster, suhu dingin AC,cahaya lampu,suara PING! :) #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Dia cuma pengen kenyamanan kaya waktu didalam kandungan..ga mau jauh2 dari emaknya..itu knp rooming-in dan skin2skin contact jg penting #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Kolostrum pasti keluar min? PASTI..jgn bilang ga keluar kalo pas diperah/pompa sgt sedikit hasilnya..tp itu normal? NORMAL #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Nenenin bayi tiap 2-3 jam setelah melahirkan, ASI pasti merembes..itu kolostrum, pasti bikin kenyang bayi..tau dari mana min? #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Ukuran lambung bayi usia 1-3 hari itu masih segede gundu, kolostrum yg sedikit itu udah bisa bikin dia kenyang..cuma butuh 1 sendok teh kok #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Jadi kalo ada suster yang bilang, ?ASInya soalnya sedikit? jawab aja: emang masih sedikit kok..kan
lambung bayi jg masih kecil :) #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Rangsang payudara utk keluarkan ASI..pijat lembut, nenenin bayi tiap 2-3 jam (hisapan bayi beri rangsang sempurna), perah tangan/pompa #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Lakukan rangsang itu sesering mungkin..perasaan senang, tenang dan girang sangat penting..tugas Suami nih utk pastikan Istri ga parno! #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Dulu pas malem pertama juga dirangsang suami kan? Hehe..diawal,payudara emang perlu sering dirangsang utk keluarkan ASI #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Bentuk sugesti positif, misalnya: dgn minum vitamin pelancar ASI, makan sayuran yg dipercaya bikin ASI lancar atau semur jengkol :) #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Biasanya setelah 72 jam ASI agak mulai banyak..tapi ingat ini: HASIL PERAH/POMPA BUKAN TANDA PRODUKSI ASI SEDIKIT..syukuri brpapun hasilnya #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Rangsangan yg berbeda pada payudara akan keluarkan ASI yang berbeda jumlahnya juga..mood kita juga ga bisa di set seneng terus kan? #ASIbaruLahir

@ID_AyahASI: Kuncinya: konsisten keluarkan ASI (nenen/perah),syukuri berapapun hasil perah/pompa dan pikiran positif.Demikian, smoga ga parno-an lagi :) #ASIbaruLahir
   
Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like
Alhamdulillah td abis kontrol usia kandungan 34 wk bbj 2,3 kg, tp kata dokter kurangi makan manis", td sy blng " msh boleh gk dok mkn coklat sm ice cream" kt dokter nnti aj, d tunda dl y setelah melahirkan.., sedih dech :/ o iy, bunda ramandha minum susu milo y ? berarti apa boleh y sy minum susu olvatine ? soalnya sy eneg bnget kalo minum susu hamil :(
   
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi Bunda KesatriaGIRL.AMAYsincay,

sharing info dari artikel infobunda yaa, judulnya "Payudara Kecil Tidak BIsa Berikan ASI ?" ( http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=166&catid=15 )

"Menurut dr. Martina Claudia, SpOG dari Siloam Hospital memang secara logika bentuk payudara yang kecil menandakan kelenjar susu yang kecil. Tapi itu bukan berarti bunda yang memiliki payudara kecil tidak dapat memberikan ASI secara optimal.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi produksi ASI, seperti :

  • Gizi
    Apa yang bunda makan sudah pasti mempengaruhi produksi ASI. Pastikan asam folat, protein, kalsium dan zat besi selalu ada dalam menu makanan sehari-hari. Bunda juga perlu mengonsumsi vitamin. Setelah melahirkan disarankan mengonsumsi susu untuk ibu menyusui.

     
  • Psikis
    Stress karena rasa takut dan cemas yang berlebihan menjelang melahirkan bisa menghambat kerja hormon prolaktin (hormon yang merangsang kelenjar air susu), sehingga saat melahirkan produksi ASI berkurang. Dukungan dari suami bisa membuat bunda lebih rileks.

     
  • Perawatan Payudara
    Melakukan perawatan payudara (saat usia kehamilan 6-9 bulan) bisa merangsang kelenjar air susu yang memperlancar ASI nantinya. Selain itu juga melenturkan dan menguatkan puting susu yang bisa memudahkan si kecil menyusu. Ibu bisa melakukan pijat payudara sendiri di rumah asalkan tahu tehnik memijatnya.
    "

Semoga membantu ya BUnda ^_^..

   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
maaf bunda2 mau tanya, bolehkah ibu menyusui minum brotowali? saya dapat info kalo brotowali bosa menyembuhkan ambeien, karna setelah melahirkan saya kena ambeien dan setiap bab rasanya sakit sampe bedarah dan ada benjolan diluar. sudah banyak resep dan obat saya coba tapi belum sembuh juga. mohon infonya. terima kasih
   
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Kamu salah satu yang termasuk dalam golongan ibu muda? Bingung harus makan dan minum apa untuk kembalikan kondisi tubuh setelah melahirkan? Aku baru baca info asupan yang baik untuk kamu konsumsi bagi pemulihan kondisi tubuh kamu, bagus juga untuk menstabilkan mood dan meningkatkan kualitas ASI kamu. Langsung aja simak apa saja asupan yang baik tersebut :

Protein

Saran aku sih banyakin makan ikan, kacang-kacangan, telur, daging. Kalaupun makan daging pilih yang mengandung banyak protein misalnya daging domba. Aku pernah baca daging domba tuh kolestrol dan lemaknya sedikit, tapi proteinnya banyak, mom. Protein baik untuk perkembangan otak dan memberikan efek tenang pada otak.

Omega 3

Makanan yang mengandung omega 3 baik untuk membantu menangani depresi dan meningkatkan fungsi pada otak. Jadi mom perbanyak deh konsumsi makanan yang mengandung omega 3

Buah-buahan

Setelah melahirkan pasti butuh lebih asupan vitamin C dibandingkan saat sedang hamil. Jadi agar mom cepat pulih dan pencernaan lancar, perbanyak konsumsi buah-buahan.

Sayur-sayuran hijau

Misalnya bayam, brokoli, buncis, dan sayuran hijau lainnya yang mengandung vitamin C dan zat besi. Penting untuk memperlancar aliran darah.

Susu

Ini penting banget mom, bukan hanya buat si kecil tapi juga membantu badan mom sehat dan bugar lagi. Sebaiknya mom konsultasi ke dokter kira-kira susu yang cocok apa saja.

Air putih

Nah ini yang gak boleh lupa, minum deh 8 gelas air tiap hari, agar terhindar dari dehidrasi, terutama untuk ibu menyusui nih.

Sumber