SITE STATUS
Jumlah Member :
493.784 member
user online :
1048 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah ibu sakit minum ultraflu tetap

New Topic :  
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
maaf bunda2 mau tanya, bolehkah ibu menyusui minum brotowali? saya dapat info kalo brotowali bosa menyembuhkan ambeien, karna setelah melahirkan saya kena ambeien dan setiap bab rasanya sakit sampe bedarah dan ada benjolan diluar. sudah banyak resep dan obat saya coba tapi belum sembuh juga. mohon infonya. terima kasih
   


Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
malam,, saya mengandung anak pertama usia kehamilan saya 8W. pertannyaannya "bolehkah ibu hamil minum susu frisian flag di usia kandungan 8week,??" mohon bantu jawab yah dok.terimakasih 😊
   
20-08-2016 22:37:06 regumen
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
bolehkah ibu menyusui minum regumen?
   


20-08-2016 22:23:21 ibu menyusui
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
bolehkah ibu menyusui minum regumen?
   
17-01-2016 14:07:18 minum yakult
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : belum ada like
Selamat Siang, saya mau tanya bolehkah ibu menyusui minum yakult, usia anak saya 2bulan 4hari. mksh
   


17-01-2016 14:02:40 minum yakult
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : belum ada like
Selamat Siang, Saya mau tanya dok, bolehkah ibu menyusui minum yakult, usia anak saya 2bulan 4hari, terimakasih
   
24-08-2015 06:12:13 minum vermint obat demam
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
bolehkah ibu hamil minum obat demam vermint?
   
05-06-2015 15:10:26 Minum Teh
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi bunda, sharing dong bolehkah ibu hamil minum teh ? apakah ada dampak buruk buat si janin ?

   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
 saya hamil anak ke2,usia kehamilan saya 7 mggu, sampai sekarang kadang2 msh keluar flek. pdhl sy sdh dikasih obat buat penguat janin.  bolehkah ibu hamil minum obat maag?
   
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like

Halo Bunda, bagi yang sedang menjalani trimester pertamanya, selamat yah! Ini merupakan saat-saat genting dalam penentuan sang buah hati. Nah, disini aku mau ngasih tips nih bun buat ngejaga nafsu makan selama hamil, karena pastinya morning sickness yang datang bikin ga mood buat makan yang tentunya ga baik untuk perkembangan janin. Jadi, langsung aja yuk bun! 

  • Pastikan tetap makan

Beberapa jenis makananmungkin akan membuat Mum semakin mual. Meskipun susah payah, pastikan Mum tetapmengonsumsi makanan. Pilih makanan yang bisa Mum konsumsi. Usahakan memilihmakanan yang mengandung Kalsium, Zat Besi, dan Karbohidrat kompleks. Bila Mumbisa mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan susu, tentu akan lebihbaik. Pada prinsipnya, nutrisi ibu hamil danjanin harus tetap terpenuhi.

  • Hindari makanan berbau tajam

Pada awal kehamilan, Mumakan merasa tidak nyaman dengan segala sesuatu yang berbau tajam. Bau tajam inikemungkinan akan semakin memicu rasa mual. Oleh karena itu, hindari makananyang berbau tajam, termasuk makanan pedas dan berlemak, agar perut Mum terasa nyaman.

  • Tidak perlu memaksakan diri

Mum memang harus tetap memenuhi asupan ibu hamil dan janin. Namun, tidak perlu memaksakandiri mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya, jika hati ayam akan membuat Mumsemakin mual, pilihlah makanan lain seperti bayam sebagai sumber Zat Besi.

  • Konsumsi makanan ringan

Selain tetap memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, makanan ringan membuat Mum mungkinmerasa lebih nyaman. Pisang, yoghurt, dan biskuit gandum bisa menjadi pilihanuntuk membuat Mum kenyang lebih lama, menjaga kadar gula darah tetap stabil,dan sebagai asupan Protein dan Kalsium.

  • Makan dalam porsi sedikittetapi lebih sering

Siasat lainnya adalah, Mum dapatmengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Namun, frekuensinya lebih sering. Padasaat ini Mum memang tidak bisa makan banyak karena rasa mual yang timbul danperut terasa sakit. Cara ini membuat Mum tetap mendapat asupan makanan,sehingga ibu hamil dan janin tidak kekurangan nutrisi penting.

  • Cukup minum

Mum membutuhkan asupan cairan yangcukup selama masa kehamilan. Jadi, pastikan Mum cukup minum setiap hari.Delapan gelas air putih dalam sehari tetap harus dipenuhi. Jika sulitmengonsumsi air putih, ganti dengan minuman lain yang dapat meredakan mual,misalnya air jahe.

  • Penuhi kebutuhan Vitamin

DHA yang rutin dikonsumsi sebagai Vitaminsejak sebelum masa kehamilan dan masa pembuahan, akan memenuhi kebutuhan gizi ibuhamil pada masa-masa morning sickness.Mum juga dapat mengonsumsi Vitamin B6 atau kombinasi Vitamin B dan Antihistamin,yang dapat membantu meredakan mual serta menjaga nafsu makan. Untuk bantu penuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh Mum, susu ibu hamil bisa menjadi pilihan, lho. Namun yang terpenting adalah menu ibu hamil trimester pertama harus divariasikan biar ga bosen dan semangat untuk makan. :D 

   
18-09-2015 13:49:05 Hamil anak kedua
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

 WEANING WITH LOVE (WWL): Menyapih Dengan Cinta

Bunda si kecil sudah 2 tahun ya, aduh sudah saatnya disapih nih, bisa gak ya??

Menyusui merupakan kedekatan yang sangat intens antara ibu dan bayinya. Sehingga saat harus melalui proses menyapih, seringkali ibu merasa tak tega untuk melakukannya. Demikian pula bagi si bayi, yang juga tak rela berpisah dari ibunya. Akibatnya, proses yang sebenarnya alamiah ini, maju mundur bahkan menimbulkan masalah yang bisa menjadi momok bagi ibu dan anak.

Kapan waktu yang tepat untuk menyapih?

Menentukan kapan anak perlu disapih, terkadang bukan keputusan mudah. Walau memang sudah masanya, terkadang justru bunda belum siap untuk menyapih.

Berikut yang perlu kita perhatikan:

1. Ibu ingin menyapih, anak belum siap. Alasan ibu ingin menyapih, karena tidak menikmati kegiatan menyusui, kelelahan atau sibuk bekerja.

Saran ahli:

  • Jika anak masih di rentang usia menyusui, pikirkan kembali apakah ia perlu disapih? Bila alasannya tidak mendesak, tunda dulu niat menyapih.
  • Bila kurang menikmati kegiatan menyusui, atasi pencetus masalahnya. Semisal, bila puting ibu sakit, atasi dengan cara menyusui yang benar.

Bila menyusui terasa membosankan, ubah jadi menyenangkan sambil mendengarkan musik

2. Anak ingin disapih, ibu belum siap. Anak tidak tertarik lagi minum ASI dari payudara dan ingin minum dari cangkir. Padahal ibu masih ingin menyusui dan ASI banyak.

Saran ahli:

  • Tunda penyapihan dengan menciptakan suasana menyusui yang tenang, jauh dari rangsangan yang bisa membuyarkan konsentrasi anak
  • Jika anak sudah bisa diajak komunikasi, beri pengertian manfaat ASI dengan bahasa yang sederhana
  • Bila anak ingin tetap disapih, berpikir positif dan jangan sedih atau kecewa karena bisa mengganggu kerja hormon prolaktin dan oksitosin sehingga bisa menghambat produksi ASI.
  • Karena inisiatif datang dari anak, biasanya proses menyapih menjadi lebih mudah. Tetap berikan ASI, namun melalui cangkir

3. Ibu dan anak sama-sama tidak siap. Anjuran menyapih dari pihak luar, bukan kehendak ibu ataupun anak. Misalnya, lingkungan menganggap anak sudah besar sehingga perlu disapih.

Saran ahli:

  • Pemberian ASI dianjurkan hingga anak usia 2 tahun. Tapi jika ibu dan anak masih nyaman, boleh terus dilanjutkan. Kekurangannya, anak bisa menjadi manja, kurang mandiri, tergantung pada ibu dan jadi bahan ejekan.
  • Pada kasus ibuhamil lagi, keputusan menyapih atau tidak tergantung pada kesehatan kandungan

4. Penyapihan sementara. Bisa dialami bunda yang mendapat tugas sehingga harus meninggalkan anak. Atau bunda harus minum obat sehingga ASI "tercemar" dan tidak boleh diminumkan bayi

Saran ahli:

  • Bila bepergian lama, lakukan penyapihan sementara, setelah itu relaktasi. Selama bunda pergi anak minum ASI dari cangkir. Begitu bunda kembali, anak menyusu lagi dari payudara.
  • Jika menjalani pengobatan, ASI tetap diperah namun dibuang hanya untuk menjaga produksinya. Setelah pengobatan selesai, lakukan relaktasi.

Bagaimana tips menyapih dengan cinta?

Mestinya selama proses penyapihan itu tidak perlu terjadi saling menekan antara ibu dan anak karena proses tersebut alami. Menyapih bukan proses pemisahan hubungan antara ibu dan anak, baik secara fisik maupun emosi. Menyapih adalah bagian dari fase perkembangan yang harus dijalani oleh anak. Justru karena cinta Anda, anak harus melewati fase perkembangan ini untuk menghadapi fase perkembangan selanjutnya.

Tapi perlu diingat sebisa mungkin hindari menyapih anak dengan membohonginya. Kalau ada anjuran, olesi saja daerah areola Anda dengan buah mengkudu atau obat merah agar bayi tak ingin menyusu, abaikan saran ini. Menyapih anak dengan cara ini sama dengan melakukan kekerasan padanya. Anda mengambil paksa 'kepemilikannya', yang dapat menimbulkan luka batin.

Kerelaan Anda dan si bayi untuk mengakhiri kegiatan menyusu adalah kunci utama dari menyapih dengan cinta atau weaning with love. Lakukan sepenuh cinta dengan langkah-langkah ini:

  1. Kurangi frekuensi menyusui secara bertahap dimulai pada siang hari. Sebab pada saat inilah waktu yang tepat untuk mengenalkan dia pada sesuatu yang baru, seperti rasa, bentuk dan tekstur pada makanan pendamping ASI (MP-ASI).
  2. Tidur terpisah. Balita mau tak mau belajar menahan diri untuk tidak menyusu di malan hari. Dalam hal ini perlu kerja sama ayah seperti menemani tidur, agar balita tidak rewel ketika pisah dengan ibunya.
  3. Tambah pemberian MP-ASI sebanyak 3-4 kali sehari untuk mengurangi pemberian ASI pada siang hari.
  4. Tetapkan tempat menyusui hanya pada satu tempat, misalnya di kamar. Gunanya agar si kecil tidak meminta susu di sembarang tempat sekaligus mengajaknya untuk belajar mengenal aturan.
  5. Tunjukkan perhatian dan kasih sayang selama proses menyapih, misalnya mendekap, mengusap atau mencium agar anak tahu bahwa Anda tetap menyayangi dia meski Anda sudah tidak menyusuinya lagi.
  6. Ajak bicara. Sekalipun masih kecil, sedikit-sedikit balita bisa mengerti maksud kita, asalkan dijelaskan dengan bahasa sederhana dan lemah lembut
  7. Bulatkan tekad. Artinya Anda benar-benar siap untuk melepaskan aktivitas ini. Bila Anda ragu-ragu, Anda akan kesulitan sendiri. Keraguan Anda terbaca oleh anak. Alhasil, anak pun tidak rela disapih.
  8. Sapih anak saat ia dalam keadaan sehat, karena dalam keadaan sakit ia akan semakin butuh kelekatan dengan Anda.  
  9. Libatkan suami sebagai orang yang mampu menghibur dan mengalihkan perhatian anak ketika rewel minta ASI.
  10. Berikan penjelasan pada anak mengapa ia harus disapih. Misalnya, “Ayo, kamu sudah besar, sudah tidak perlu lagi menyusu bunda. Makan kue saja yuk. Atau minum susu di cangkir?” Lakukan dengan sabar, lembut dan cinta Anda. Jangan pernah bosan untuk memberikan alasan padanya.
  11. Ganti aktivitas menyusu dengan membaca buku atau mendongeng sebelum tidur. Aktivitas ini tidak jauh berbeda saat Anda menyusuinya bukan?

Ada aturannya? Pernyataan WHO dan UNICEF di Geneva pada tahun 2001, “Tidak ada keharusan anak disapih pada usia 2 tahun. Benar bila ibu menyusui bayi secara eksklusif di enam bulan pertama kehidupannya. Kemudian ASI dapat dilanjutkan secara bersamaan dengan MP-ASI hingga anak berusia 2 tahun. Tapi tidak ada keharusan kapan harus menyapih.” Penelitian Dewey KG, Pediatric Clinics of North American, tahun 2001, ASI masih boleh diberikan pada anak usia 2 tahun karena masih mengandung: 43% protein, 36% kalsium, 75% vitamin A, dan 60% vitamin C. 

Saat proses penyapihan terjadi, sebenarnya anak sedang berada pada fase alami untuk:

  • Belajar mengenal aneka ragam rasa dan tekstur makanan.
  • Latihan mengunyah makanan padat karena gigi dan rahangnya 'diuji' agar dapat berkembang secara optimal.
  • Latihan kemandirian, sebab anak tidak harus bergantung lagi pada ASI setiap ia merasa lapar atau haus. Dia sudah bisa menikmati makanan padatnya.
  • Latihan percaya pada orang lain dalam pemenuhan kebutuhannya. Saat ini Anda bukanlah satu-satunya orang yang bisa memenuhi kebutuhannya. Selain itu anak juga sedang berlatih untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Bagaimana jika anak tidak mau disapih?

Bagi anak, menyusu bukan sekadar kegiatan yang mengenyangkan perut. Menyusu juga memenuhi kebutuhan emosi anak. Berhenti menyusu bisa jadi masalah jika anak tidak siap untuk disapih dengan alasan:

  1. Tidak mau kehilangan kedekatan bersama ibu. Dia sudah mengerti kalau dia bisa memiliki perhatian dan waktu Anda seluruhnya hanya saat menyusu.
  2. Menikmati kontak kulit. Lewat sentuhan dan pelukan, dia merasa dicintai.
  3. Memberi ketenangan. Bagi balita Anda yang selalu aktif, saat menyusu adalah waktu dimana dia bisa tenang di tengah rasa ingin tahunya yang tinggi.
  4. Memberi kenikmatan oral dan bonusnya dia bisa mendapat susu.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan? Upayakanlah agar anak berhenti menyusu tanpa membahayakan perkembangan fisik dan emosinya.  Kuncinya mudah saja, beri anak hubungan dekat dan rasa cinta yang sama seperti pertama kali Anda menyusui dirinya.

Ini kiatnya! Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua ketika anak menolak untuk disapih:

1. Jelaskan alasan Anda menyapihnya. Biasanya strategi yang Anda gunakan ketika ingin menyapih anak adalah dengan menjauhi anak. Namun pesan yang sampai pada anak berbeda, dia justru merasa Anda tidak ingin bersamanya lagi. Untuk menhindari hal ini, anak perlu penjelasan dan anak usia 2 tahun  sudah bisa mendengarkan dan memahami penjelasan Anda.

2. Alihkan perhatiannya. Anak  tidak bisa berhenti memikirkan tentang menyusu kecuali kesempatan tersebut muncul. Anda adalah orang yang bisa tahu kapan anak ingin menyusu pada Anda. Setiap kali dia mendekati Anda untuk meminta menyusu, segera ajak dia bermain atau melakukan kegiatan menyenangkan yang bisa membuat dia lupa tujuan awalnya mendekati Anda.

3. Tinggalkan kebiasaan saat menyusui. Bila Anda terbiasa menyusui dia sebelum tidur ganti ritual tersebut dengan membacakan dia dongeng. Jika Anda punya sudut favorit untuk menyusui anak, misalnya di sofa kamar, hindari duduk di sofa tersebut di jam-jam di mana Anda biasa menyusui anak.

4. Siap dengan camilan sehat pengganti ASI. Jika Anda ingin menyapih anak, pastikan Anda sudah menyediakan  camilan lezat dan sehat yang bisa memuaskan rasa laparnya.

5. Beri waktu. Anda tidak bisa langsung berhenti menyusuinya seketika. Lakukan secara perlahan-lahan karena jika tidak Anda justru bisa membuat anak mengalami kecemasan saat berpisah. Biasanya anak lebih mudah untuk mengurangi menyusu pada Anda, bila dia masih bisa mendapat jaminan di waktu menyusu favoritnya, misalnya pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Yuk tunjukkan kasih sayang kita kepada anak, sapihlah dengan cinta dan antar anak ke gerbang masa depan gemilangnya dengan cinta.

   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like

berikut informasi yang saya kutip dari artikel Infobunda "Amankah Menyusui di kala Bunda Sakit?"

Bayi yang menyusu dari wanita yang tengah sakit bisa tertular penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit dan jamur. Proses penularan bisa melalui udara, kontak kulit, dan juga melalui cairan tubuh termasuk ASI. Tetapi jangan lupa, ASI mengandung antibodi yang dibutuhkan bayi sehingga menghindarinya tertular penyakit turunan seperti diabetes, hipertensi, dll.
Jika Bunda menderita sakit yang disebabkan virus, bakteri dan jamur, seperti flu, hepatitis, cacar air, TBC Bunda masih bisa menyusui. Tetapi Bunda harus menggunakan masker mulut dan hidung untuk menghindarinya tertular. Urungkan niat untuk menciumnya. Bila menderita cacar air sebaiknya berikan saja ASI perah, apalagi kalau terdapat cacar di sekitar payudara dan areola.

dan kutipan dari Tanya Apoteker yang berjudul "meminum obat saat menyusui"
Oleh : Catur.Arizky
bolehkah ibu menyusui meminum obat2an untuk menghilangkan sakit kepala, batuk, pilek & yang lain ?
jika ibu menyusui minum obat tersebut bolehkah menyusui bayi nya atau harus ada jangka waktu untuk menyusui ?
adakah efek samping buat si bayi jika ibu menyusui meminum obat2an tersebut ?
terima kasih
      
Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda, Terima kasih atas pertanyaannya.

Jika sakit, bunda dapat mengkonsumsi obat-obatan yang aman untuk ibu menyusui. Obat-obatan ini tidak akan diekskresi ke ASI sehingga tidak berbahaya untuk anak.

Obat penghilang nyeri yang mengandung parasetamol tergolong aman untuk ibu hamil dan menyusui. Obat batuk seperti obat batuk hitam atau obat herbal (misal dengan madu) aman untuk dikonsumsi saat menyusui.

Sakit pilek sebenarnya disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Saat pilek saya sarankan untuk banyak istirahat, penuhi kebutuhan nutrisi, banyak minum air putih atau jus buah. Jika perlu, konsumsi suplemen vitamin C dan Zink.

   
28-09-2012 06:22:07 ASI mengendap?apa itu?
Jumlah Posts : 100
Jumlah di-Like : 2
karena gak ada topik ASI, jd saya posting di sini aja :D
gini bunda-bunda...karena cari pembantu sekarang susahnya luar biasa, akhirnya babyku di bawa pulang ke tempat eyangnya karena saya harus lanjut kuliah sehingga tidak ada yg menjaga si kecil saat saya pergi. nah, alhamdulillah kuliah saya cuma hari senin sampai rabu. jadi tiap kamis sampai minggu saya mudik untuk menjenguknya. nah, selama saya tinggal, ASI selalu saya perah walaupun hanya untuk dibuang karena saya khawatir tidak bagus lagi kualitasnya kalaupun saya simpan dalam freezer karena ada jarak perjalanan yg cukup jauh. sampai dirumah eyang, sikecil saya susuin langsung (puting saya bersihkan dulu dengan air hangat). tapi kenapa banyak orang-orang disekitar saya mengatakan, ASI saya sudah mengendap karena lama tak menyusui, tidak boleh diberikan pada bayi. Apa itu ASI mengendap? kenapa banyak sekali orang yang mengatakan demikian? Meski demikian saya kukuh memberikan ASI saya karena menurut saya, ASI itu anugerah Allah yg terindah untuk para ibu dan bayinya. Tapi ada 1 masalah, produksi ASI saya menurun drastis...minum pil katuk, jamu, tambah darah, banyak makan dan minum, tapi tetap saja 1 hari cuma bisa menyusui saat siang dan malam, itupun cuma sedikit sampai PD saya terasa sakit dan lecet-lecet...gimana ya bunda?
   
07-12-2009 15:08:10 Masih Mual banget yah....
Jumlah Posts : 43
Jumlah di-Like : 5
Dear Bunda Rinree dan bunda Ve Pie...
Sebelumnya slamat atas kehamilan bunda :)
Benar kata Bunda Vinnoo dan bunda Icha klo kondisi kehamilan tiap orang itu berbeda-beda. Jadi qta saling sharing saja.

Saya sekarang hamil 26 minggu, dan waktu hamil 3 bulan pertama saya termasuk yang parah ngidamnya. Bukan cuma pagi waktu bangun, tapi setiap gosok gigi, setiap jam makan (sarapan, siang, malam), tiap mau BAB (seperti kasus Bunda Rinree), dan klo tetangga lg masak, pasti saya langsung muntah". Setelah masuk bulan ke 4 sih sudah banyak berkurang dan bulan ke 5 dah hilang sama sekali. Namun yang masih terbawa-bawa sampai sekarang setiap gosok gigi dan kalau tetangga lagi masak.. nah masih saja suka mual dan muntah.

Waktu 3 bulan pertama itu saya hampir tidak sarapan dan makan teratur karena sama sekali tidak nafsu makan. Gitu lihat makanan langsung mual. Dan selama 3 bulan pertama saya bedrest total (karena kondisi badan saya lemah dan pernah ada riwayat keguguran 1x). Berat badan juga turun 3kg. Untuk menjaga supaya tetap ada asupan gizi yg masuk ke tubuh cuma andalkan susu ibu hamil yang emesis (diformulasikan kepada yang parah mualnya) dan sebelum makan makanan berat (seperti nasi, bubur, dll walau jumlahnya kecil) saya harus minum obat dari dokter dulu. Untuk menjaga jangan sampai sakit maag saya tetap makan makanan kecil seperti sereal dan biskuit yang tidak terlalu manis, makan buah-buahan dan sayuran hijau.

Syukurlah setelah bulan ke 4 saya sudah bisa makan seperti biasanya dan mencukupi kekurangan gizi sebelumnya.

Untuk Bunda Rinree, perbanyak minum air putih dan konsumsi sayuran dan buah-buahan setiap harinya ya Bun biar pencernaannya membaik. Karena dilihat dari gejala pipis bunda yang sedikit dan berbau tajam tandanya bunda kekurangan air. Kan kasihan kalo si kecil dehidrasi. Jangan karena bunda kurang nyaman karena sering pipis, jadi mengurangi konsumsi air minum. Semua ibu hamil pasti mengalami sering pipis koq.

Semoga membantu dan semoga Bunda-Bunda dan Baby nya sehat-sehat selalu :)
Salam,

   
31-03-2009 11:46:34 Alhamdulillah aku hamil
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

Pengen cerita tentang hubungan eratku dengan produk K-Link. Aku udah nikah cukup lama, hampir 3.5 tahunan deh. Dari awal merit dah puengen punya baby. Udah setahun-an nikah baru dinyatakan hamil (padahal upayanya dah cukup gencar lhoo, intensif lahhh ehhehe). Sayangnya aku Cuma dikasih kesempatan hamil sampai 8 minggu saja karena harus menjalani kuret.

Sediih banget waktu itu…

Aku cukup rajin mencatat kapan aku dateng bulan supaya tau kapan ovulasi blah blah blah segala teori kuhafal lah supaya bisa terjadi pembuahan. Ditambah lagi long distance marriage. Selama itu aku slalu menyalahkan long distance sebagai sebab aku ngga hamil2 lagi. Suamiku kerja di tambang di Kalimantan yang ngga memungkinkan aku untuk ikut. Padahal waktu cuti selalu diatur sedemikian rupa supaya ‘pas’.

Akhirnya, … kami memutuskan untuk segera menyudahi hubungan jarak jauh ini, walopun ada risiko suami jadi pengangguran (heyyy cari kerja tau sndiri downg susah bangettt). Jadwal dateng bulanku waktu itu juga teratur sehingga aku cukup yakin akan berhasil hamil.

Tapi enggak juga 

Perjalanan perjuangan ini juga dibantu oleh teori-teori bagaimana terkabulnya doa, dalam buku yang nyerempet2 law of attraction. Sebagai muslim, bukan teori baru sebenernya. Buku itu hanya merefresh hal hal yang sebenernya udah jadi esensi doa dalam islam. Doa yang serius. Yakin. Nggak boleh berprasangka buruk sama Allah.

Pada suatu saat datenglah seorang temen yang silaturahmi. Well, ujung2nya bliau ini memang promosi K-Link sekaligus nyari jaringan buat bisnisnya. Bliau juga membicarakan masalah momongan. Walopun aku biasanya kabur kalo diprospek bgini, tapi saat itu aku hanya positive thinking dan menganggap dia bisa jadi perantara datangnya pertolongan Allah.

Bliau bawa2 alat namanya hand acupuncture. Deteksi penyakit melalui tangan. AKu juga kurang ngerti prinsipnya, tapi itu alat ilmiah lahh, bukan klenik2, hehe.., pake probe logam gitu lah.
Kalau organ tubuh kita yang direfleksikan oleh titik di tangan memiliki masalah, maka alat itu akan berbunyi. Dan.. teng tooong, alat itu berbunyi di 2 titik tanganku, yaitu titik refleksi sistem organ pencernaan dan reproduksi.

SIngkat kata singkat cerita, beliau merekomendasikan aku rajin konsumsi Liquid Chlorophyll, K Omega Squa, dan Gamat Emulsion. Bliau minjemin buku-nya K-Link yang isinya anjuran pemakaian, spesifik terhadap masalah kesehatan tertentu. Misalnya nihhh ‘pengen hamil’, maka paketnya adalah minum klorofil, omega, dan gamat 3 kali sehari. Memang sih ya lebih banyak dari anjuran umum yang tertera di kemasan.

‘COba deh selama 3 bulan aja, insha Allah dehh…’, begitu kira kira katanya.

Lalu kuhitung hitung deh ‘modal’nya buat beli paket untuk 3 bulan. Weksss, lumayan juga euy. Mahal bo! Tapi inget pepatah orang Jawa, ana rega ana rupa, ada harga ada rupa, yang berkualitas biasanya memang agak2 mahal yeee, walopun gak jauh2 juga sih daripada harga suplemen di apotek gitu. Walahhhh suami baru resign kok disuruh beli yang mahal2 gini ya (garuk garuk pala).

Berbekal tekad untuk berusaha dan doa yang kuat, subhanallah, nggak lama kemudian dapet rejeki nomplok dari almarhum papa. Loh kok almarhum tapi bisa kasih rejeki??

Jadiii… eyang tiba tiba manggil aku dan bilang kalo papa dulu pernah pesan, bahwa hasil pembayaran listrik si mbak yang nyewa sebuah spot di garasi buat jualan makanan, itu buat rika (maksutnya rika itu sayah, hehe). Hasil bayaran listrik setahun diitung itung ya bu, pak… pas banget buat paket 3 bulan itu. Nah loh, gimana nggak percaya tuh sama kuasa Allah.

Mungkin kisahku ini terlalu sempurna buat yang baca. Too good to be true?? Wah ya maaf dehh.. kenyataannya 3 bulan kemudian setelah aku rajin konsumsi ketiga produk K-Link itu, aku memang dinyatakan hamil! Dan nggak lama setelah hamil, suamiku dapet kerja yang cukup baik dan nggak perlu ke luar pulau lagi 

Kehamilanku berjalan sangat sehat dan anakku lahir dalam keadaan sehat. Perkembangannya termasuk pesat, mungkin karena pengaruh aku masih rajin konsumsi omega squa slama hamil dan menyusui ini. Alhamdulillah..

Semua kehendak memang terjadi atas izin Allah. Tapi izin Allah di bumi terjadi –mostly- melalui perantara. Obat batuk jadi perantara orang yang sakit batuk untuk sembuh. Untuk kasusku, aku sangat yakin Allah mengabulkan doaku lewat perantaraan si tukang jual K-Link. Dan… aku ingin juga jadi perantara buat orang lain. Sekalian ingin menjadi ibu produktif tapi bisa tetap ngawasin anak di rumah. Create the best generation from home. Yeahhhhh!!!

silakan ke: warungklink.multiply.com untuk mencoba