SITE STATUS
Jumlah Member :
492.602 member
user online :
1574 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah bayi pilek batuk mandi

New Topic :  
10-09-2008 10:07:38 air dingin membuat bayi kuat
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Bunda2   heheh...iya kemarin salah posting kehamilan dah terlanjur, tp aku juga masuk ke posting mau tanya dunk...dan ada bunda yg kirim artikel dibawah ini aku jadi bingung.....nich karena aku juga udah baca di kinbaby intinya tidak diperbolehkan...tapi setelah aku baca artikel dibawah ini berbeda...........so mana yg benar ya karena aku dipaksa untuk mandiin di usia 5 bulan nich....secara aku sebenarnya sangat tidak tega mandiin anakku pake air dingin.....:(,       BAYI TIDAK MUDAH KEDINGINAN Jelas sudah, dengan bekal jaringan lemak cokelatnya, bayi tidak mudahkedinginan. Sebaliknya, mudah kepanasanOleh dr. H. M. Hadat, Sp.A., Spesialis anak di JakartaNiat mulia tak selamanya berbuah positif. Memberi kehangatan berlebihan padabayi, misalnya, bisa jadi bumerang.Selama ini orangtua begitu takut bayinya kedinginan, sehingga merasa perlumempersenjatai putra-putri tersayang dengan baju hangat, selimut, topi,sarung tangan, sampai kaus kaki tebal. Bahkan ada orangtua yang sampaimenutup rapat-rapat pintu, jendela, lubang angin, melarang pemakaian kipasangin, mematikan AC hanya agar bayinya selamat dari bahaya "masuk angin".Tak ketinggalan, kebiasaan membaluri minyak telon atau minyak kayu putih ditubuh bayi. Padahal di samping bikin kepanasan, minyak-minyak itu juga bisamengubah kulit bayi menjadi kehitaman dan hangus. Pendek kata, banyakorangtua tak sadar, kepungan "sarana dan prasarana penghangat" justrumenjadi penyebab bayi menangis lantaran kegerahan.Gerah membuat bayi banyak mengeluarkan keringat, sehingga kehilangan banyakair dengan garam-garamnya. Alhasil, dia jadi gampang haus, badan lemahsehingga mudah terkena batuk-pilek. Jadi, banyak orangtua (mungkin termasukAnda) selama ini memperlakukan bayinya secara salah alias salah kaprah?Begitulah kira-kira. Mengapa? Karena bayi punya jaringan asam cokelat!Begini penjelasannya:Setiap manusia butuh energi untuk melakukan beragam aktivitas. Energi itudatang dari hasil pembakaran gula, lemak, maupun protein. Kelebihan guladalam darah, misalnya, diubah oleh hormon insulin menjadi glikogen, sehinggakadar gula darah tetap dalam batas-batas normal. Glikogen ini menjadicadangan energi yang terutama disimpan di dalam otot, jantung, dan hati.Cadangan energi glikogen hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan energi tubuhselama 24 jam. Hal ini berbeda dengan cadangan energi dari lemak yang dapatmemenuhi kebutuhan energi tubuh selama beberapa pekan. Karena tidak larutdalam air, pembakaran lemak jadi lebih stabil dan lebih dapat diandalkanketimbang pembakaran gula yang larut dalam air. Itu sebabnya, jika ada bebanpekerjaan nan berat, jantung dan otot lebih banyak memakai energi darilemak.Selanjutnya, kelebihan lemak dalam darah akan disimpan di jaringan lemak.Jaringan lemak sendiri ada dua macam. Pertama, jaringan lemak putih yangmenyimpan lemak dalam selnya, dan tersebar di seluruh tubuh, terutama ronggaperut dan jaringan di bawah kulit. Kedua, jaringan lemak cokelat, terutamaterdapat pada bayi yang lahir cukup bulannya dan terbatas ada di jaringanbawah kulit leher dan punggung.Jaringan lemak cokelat ini makin berkurang dan menyusut pada anak yang lebihbesar dan hanya tertinggal sedikit pada orang dewasa. Dia bisa membuangkelebihan energi, misalnya akibat makan berlebihan, dengan membakarnyamenjadi panas. Keistimewaan lain, selnya dapat menyimpan sampai 40% lemakbayi. Kenaikan suhu tubuh oleh jaringan ini bisa mencapai tiga kali lipatketimbang kenaikan suhu yang disebabkan aktivitas olahraga.Jelas sudah, dengan bekal jaringan lemak cokelatnya, bayi tidak mudahkedinginan. Sebaliknya, mudah kepanasan. Dibandingkan dengan orang dewasamuda, daya tahan bayi terhadap udara dingin lebih tinggi sekitar 50C. Jadi,jika orang dewasa sudah menggigil pada suhu 20C, bayi tidak merasakan halyang sama. Buat bayi suhu 20C setara dengan 25C. Sebaliknya, suhu 25Cyang cukup dingin buat orang dewasa bisa bikin bayi kegerahan. Sebab,25C-nya orang dewasa sama dengan 30C-nya bayi.Itu sebabnya, meski berada di ruang ber-AC, bayi belum tentu kedinginan.Juga tak perlu dipanasi dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Susu puntidak perlu selalu dicampur air hangat. Bayi berumur beberapa bulan bahkanlebih suka susunya didinginkan di lemari es. Kalau boleh memilih, bayi pastilebih suka mandi dengan air dingin, apalagi kalau udara sedang panas.Kesimpulannya, jangan membandingkan kondisi bayi dengan kita, orang dewasa!(intisari)sun plukBunda Freya fey(41) 09-09-2008
   


Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Batuk itu bukan suatu penyakit. Batuk hanya sebuah reflek pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang bagi bayi dirasa cukup mengganggu yang adanya di saluran pernapasan bayi.

Tapi, biarpun bukan suatu penyakit, ada beberapa jenis batuk yang perlu diwaspadai. Ini beberapa jenis batuk yang dimaksud, coba perhatikan bayi bunda seperti ini kah batuk yang dialami?

  • Batuk menyalak/batuk kering

Disebabkan oleh croup, yaitu suatu peradangan yang terdapat pada larings dan trakea karena suatu alergi, adanya perubahan suhu di malam hari dan adanya infeksi pernafasan akibat virus. Khusus pada bayi, saluran pernafasan yang kecil ini akan semakin menyempit saat mengalami peradangan. Di beberapa kasus, pita suara akan membengkak yang menyebabkan anak-anak kesulitan untuk bernafas.

  • Batuk rejan

Seringkali diakhiri dengan seolah-olah ingin muntah. Batuk rejan ini umumnya disebabkan oleh bakteri pertussis, bakteri ini secara khusus dapat menular melalui percikan cairan yang keluar karena bersin, tertawa atau batuk. Jadi, sebisa mungkin jika bunda menemukan ada yang kena batuk rejan, jauhkan si bayi dari mereka yah.

  • Batuk dengan mengi

Batuk mengi ini ditandai dengan ada bunyi mengi saat si bayi mengeluarkan napas. Batuk ini sendiri menandakan ada suatu sumbatan pada jalan napas bawah. Penyumbatan ini bisa saja disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi akibat infeksi pernapasan, misalnya bronkiolitis atau pneumonia, karena asma dan ada yang nyangkut di jalan napas si bayi.

  • Stridor

Sedikit beda dengan batuk mengi, stridor ini justru lebih mirip suara napas yang berisik dan kasar. Suara ini akan terdengar saat si bayi menghirup udara. Kalau terdengar stridor, sebaiknya bunda segera bawa ke dokter, karena stridor ini paling sering disebabkan karena ada pembengkakan pada jalan napas karena croup.

Agar bayi gak batuk, sebaiknya bunda selalu pastikan bayi dalam kondisi hangat dan terhindar dari penyebab batuk. Bunda bisa mengoleskan minyak telon yang hangat untuknya saat sehabis mandi atau saat di malam hari.

sumber

   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
hai bunda's ankku damia pernah pilek batuk. rewell bgt sampe makannya berkurang.. tp sm aku gk dikasih obat cukup dijemur jam 7-8 trus kasih ASI trusm. alhmdllah seminggu hilang.. bayi dibwh 1 thn memang mudah terserang batuk flu.. coba de bun dikurangi minum obat nnti ank kita anti bodynya kurang.
   


05-08-2014 11:27:18 baby qu pilek
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Bayi dan balita rentan terinfeksi oleh virus yang menyebabkan batuk dan pilek. Batuk dan pilek ini akan sembuh sendiri meskipun dapat juga menetap lebih lama tergantung dari kondisi tubuh sang anak. Seperti infeksi virus pada umumnya, batuk dan pilek yang disebabkan oleh infkesi virus dapat disertai oleh demam ringan serta ditularkan oleh orang lain. Apabila anak Anda mengalami batuk dan pilek tanpa demam, hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu terutama udara dingin atau ruangan penuh debu, maka dapat dicurigai sebagai reaksi alergi. Apabila terjadi reaksi alergi, maka sebaiknya menghindarkan benda-benda yang menjadi alergen (penyebab alergi) tersebut. Pengobatan akan bersifat supportif symptomatik untuk meringankan rekasi atau gejala yang timbul. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

   
08-03-2014 07:16:49 bayi baru lahir sering rewel
Jumlah Posts : 203
Jumlah di-Like : belum ada like
pokok na imunisasi na jgn smpe lupa bund.. buat terhindar dr berbagai virus.. maaf bund.. klo msh asi eksklusif mending jgn dkasih obat2an dulu k baby na.. kcuali klo emank parah bgt.. klo dh dr kecil kasih obat2an bisa2 nanti na ktergantungan obat.. bayi sya flu pilek batuk cm sy mkan jeruk atau esther C udh teratasi..
   


Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : belum ada like
aku jg awalnya campur asi plus sufor bun, krn asi gak kluar. trs begitu udh kluar, bayi msih ketagihan sufor krn asi ku sering seret keluarnya. tapi syukurlah skrg asi full. dsa ku sih gak blg bikin imun krg gara2 campur sufor n asi sih, cm emng dianjurkan asi aja klo bs, klo bayi sakit, seperti pilek, batuk, mencret, obatnya cuma perlu banyakin mnum asi kata dokterku, krn di dlm asi udh ada antibody utk nyembuhin sakitnya bayi, mgkin aja itu salah 1 strategi merk susu tsb biar full sufor hahaha... klo secara logika justru klo gak dpt asi sama sekali yg bikin tubuh kurang anti body. bukannya anti sufor sih. cm kok kyknya gak masuk akal klo full sufor malah lbh baik dr pd nyampur asi n sufor. cmiw
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
malam dok.. saya mau tanyaa, apakah makanan yg kitaa makan mempengaruhi ASI? misal kita tdk boleh minum dingin taakut baaby pilek, dll apakah kuantitas ASI jg dipengaruhi makanan kita? klo kita mkn sedikit, apa ASI jg sedikit mksh dok

Dari : Alisha PY

Jawaban:

Dear Bunda,
Seorang Ibu menyusui harus mendapatkan asupannutrisi yang baik dan cukup, agar pembentukan ASI nya juga cukup baik. Asupan makanan yang dimakan oleh Bunda dapat mempengaruhi sedikti rasa pada ASI, maka itu bayi yang menyusu dari Ibu yang rajin memakan sayuran ketika menyusui, akan mengenal rasa sayuran tersebut dan lebih mudah menerima jenis-jenis makanan ketika mulai memasuki masa MPASI. memakan makanan dingin atau panas tidak mempengaruhi keadaan bayi. Pilek atau batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau alergi juga bakteri, bukan dari makanan yang Bunda makan.
   
22-03-2013 10:05:28 batuk tak kunjung sembuh
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
salam kenal, saya mempunyai anak berusia 4 tahun, Saat ini sedang terserang flu n batuk. sudah berobat Ke dokter specialis anak jg. tp tak kunjung sembuh jg, menurut dokter anak saya mengalami alergi. bagaimana caranya agar batuknya cepat sembuh ya?

Dari : Retno Bundaalifya

Jawaban:

Dear Bunda,

Bayi dan balita rentan terinfeksi oleh virus yang menyebabkan batuk dan pilek. Batuk dan pilek ini akan sembuh sendiri meskipun dapat juga menetap lebih lama tergantung dari kondisi tubuh sang anak. Seperti infeksi virus pada umumnya, batuk dan pilek yang disebabkan oleh infkesi virus dapat disertai oleh demam ringan serta ditularkan oleh orang lain. Apabila anak Anda mengalami batuk dan pilek tanpa demam, hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu terutama udara dingin atau ruangan penuh debu, maka dapat dicurigai sebagai reaksi alergi. Apabila terjadi reaksi alergi, maka sebaiknya menghindarkan benda-benda yang menjadi alergen (penyebab alergi) tersebut. Pengobatan akan bersifat supportif symptomatik untuk meringankan rekasi atau gejala yang timbul. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

   
22-02-2013 15:55:30 imunisasi dpt
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok, anak saya belum imunisasi DPT3, sudah 9,5 bulan mau 10 bulan. Karena tiap mau diimunisasi selalu ada saja halangan : pilek, batuk, panas. Masih bolehkah imunisasi DPT3?

Tq

Dari : anne kurnia nurhasanah

Jawaban:


Dear Bunda,


Pemberian Imunisasi yang terlambat dari jadwal, sebaiknya tetap di lakukan. Pemberian imunisasi bertujuan memberikan kekebalan terhadap jenis penyakit yang diberikan vaksinnya, dan pemberian imunisasi ulangan akan memnjadi booster kekebalan vaksinasi sebelumnya. Agar terjadi kekebalan yang baik, maka tetap lakukan imunisasi sesuai dengan tahapannya meski sedikit terlambat.
   
23-05-2011 09:20:03 Bayi kena flu
Jumlah Posts : 14
Jumlah di-Like : belum ada like
Sama bun waktu itu Baby Fatih ku juga gtu usia 27 hari kena batuk tapi ngga pilek, aku malah di omelin DSAnya ko anak bayi bisa batuk, soalnya di rumah kena flu semua jadinya dia ikutan flu degh... Yang parah lagi aku di omelin gara2 ngga menyusui ASI. Aku pdh bilang "Asiku ngga keluar dok, sudah aku pijit pijet n dia cuma hisap sebentar trus nangis karna ga keluar apa apa".... malah di jawab "jangan nyerah bu, mosok ibu kalah sama anak bayi, susui sesering mungkin, ada loh pasien saya yang ngadopsi anak tapi bisa menyusui, padahal ngga hamil, kuncinya di hati ibu sendiri yaitu niat, kalau di susui Asi kan bisa membantu daya tahan tubuhnya, jadi ngga flu seperti ini".... Tapi aku pasrah aja dokter nasihatin itu, tetep aja asiku ngga keluar n babyku minum obat dari DSA nya... Trus babynya selain minum obat dari dokter, aku jemur tiap hari n aku rutin pijat bayi seminggu sekali ke dukun bayi, alhamdulillah sudah usai 9 minggu ini Fatih ngga kena sakit lagi...
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
bun...

mau tanya donk, obat batuk & pilek untuk bayi 3 bln yg bagus apa y? kemarin aku disaranin untuk kasih pimtrakol, ada yg tau ga itu bagus apa ngga.

trus aku jg baca2 kt ny klo bayi itu tdk disarankan untuk diberi obat pilek/batuk. tapi aku ga tega bgt tiap mlm anak ku susah nafas ny karena hidung ny mampet, jadi lebih2 ky org ngorok tidurny.

tolong share ny ya.....
   
10-12-2009 16:07:42 mengatasi batuk pilek bayi
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : 3
 dear bunda...
saya minta sharingnya gimana cara mengatasi bayi yang batuk pilek.... 
Anak saya batuk + pilek dan kalau malam kayaknya hidungnya mampet susah bernapas... saya minta sharing para bunda2 gimana cara mengatasinya agar anak saya bisa tidur dengan nyenyak tanpa gangguan ingus yang tersumbat di hidungnya...
terima kasih.
mama dzaki
   
20-01-2009 08:02:55 Batuk & pilek pada bayi
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

Duh, enggak tega rasanya bila melihat si kecil yang masih bayi terserang batuk dan pilek. Kalau hidungnya tersumbat, tidurnya jadi tak nyenyak. Dari dadanya juga terdengar suara grok...grok...grok. Harus bagaimana, ya?

Imbauan ASI eksklusif jelas tidak main-main. Kalau bayi dilahirkan dengan kondisi sehat, pertumbuhan berat badannya sesuai standar dan ia memperoleh ASI eksklusif selama 6 bulan, boleh dijamin ia akan terbebas dari segala macam penyakit. "Kalaupun sakit, biasanya sangat ringan dan bisa diredakan dengan pemberian ASI saja. Apalagi pada bulan-bulan pertama, bayi masih memiliki antibodi milik ibunya yang diperoleh lewat ari-ari. Jadi sebenarnya ia bisa bebas dari penyakit," ungkap dr. Waldi Nurhamzah, Sp.A.

Tradisi yang tidak mengizinkan bayi keluar sebelum usia 40 hari ada benarnya karena membuatnya jadi tak terpajan pihak luar. Lewat usia 6 bulan biasanya lingkungan bayi makin meluas. Nah, setelah usia 6 bulan barulah penyakit biasanya mulai menjangkiti si kecil. Mengapa? Pertama, saat usia 6 bulan peran ASI mulai berkurang dengan adanya makanan tambahan semipadat. Kedua, setelah usia 6 bulan, bayi mulai mengenal lingkungan luar selain keluarganya.

Bahkan pada kenyataannya, sebelum usia 6 bulan banyak bayi yang sudah terserang batuk pilek. Penyebabnya, apalagi kalau bukan karena ia tak mendapat ASI eksklusif dengan berbagai alasan. "Akhirnya jumlah antibodi dalam tubuh bayi berkurang dan bayi jadi gampang sakit," ujar staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta ini.

PENYAKIT RINGAN

Namun sekali lagi, penyakit yang menjangkiti bayi biasanya merupakan penyakit ringan dan penyebabnya adalah virus. "Karena penyebabnya virus, mestinya batuk-pileknya tidak buru-buru diberi antibiotik. Antibiotik tidak dapat membunuh virus," tukasnya.

Tak perlu juga buru-buru memberinya obat karena obat yang dibilang ringan pun selalu memiliki efek samping. "Jangan lupa, organ tubuh bayi belum matang. Oleh sebab itu, bila penyakitnya tidak berbahaya tak perlu diberi obat," saran Waldi.

Sebagai langkah awal, cari penyebab batuk si kecil. Pemicu batuk yang paling sering adalah polutan seperti asap atau debu. Walau polutannya hanya sedikit tetap saja bisa menyebabkan bayi batuk. Oleh sebab itu, hindari merokok di dekat bayi atau di dalam rumah.

Air conditioner (AC) atau penyejuk ruangan bisa juga merupakan biang keladi batuk pilek pada bayi, karena ia sebenarnya "didesain" untuk tidak berada dalam ruangan ber-AC. Jadi, bayi sebenarnya lebih senang berada di udara hangat ketimbang dingin. "Yang senang udara dingin, kan, orang tuanya, maka dipasanglah AC," kata Waldi.

Menurutnya, ruangan ber-AC yang biasanya tertutup sangat memungkinkan virus yang ada di dalamnya tidak bisa dienyahkan. Walaupun katanya ada AC yang sanggup memfiltrasi kuman, tidak dijamin kuman yang menempel di pegangan pintu atau tepi tempat tidur bisa terhapus. Kalau seseorang di dalam ruangan itu sakit, ia akan dengan mudah menulari orang lain yang masuk ke kamar tersebut. "Namun bukan berarti bayi tidak boleh berada di ruangan ber-AC, hanya saja setiap hari jendela dan pintu ruang itu harus dibuka lebar-lebar sebagai jalan pergantian udara, dan tidak lupa membersihkan semua perabot di kamar itu secara teratur."

BERI BANYAK MINUM

Nah, bagaimana dengan penanganan batuk-pilek si kecil? Untuk memperlancar hidung bayi yang tersumbat tetesi dengan larutan NaCl fisiologis yang bebas dibeli di mana saja dengan harga relatif sangat terjangkau. Larutan tersebut berfungsi mencairkan lendir dan biasanya dijual dengan kemasan 25 ml dan bertuliskan Sodium Chloride 0,9 %. "NaCl fisiologis bukan obat tapi larutan yang sama dengan cairan tubuh, sehingga dapat diteteskan pada hidung bayi sesering mungkin tanpa menimbulkan efek samping."

Batuk berdahak bisa diatasi dengan memberi bayi minum lebih banyak daripada biasanya. Tujuannya agar dahak menjadi encer dan mudah keluar. "Balsam boleh-boleh saja dibalurkan karena uap yang terhirup dapat memberi wangi yang enak pada bayi. Tapi waspadai zat-zat yang terkandung di dalamnya karena bisa menimbulkan reaksi pada kulit bayi. Sebagai percobaan, oleskan balsam sedikit. Bila tidak ada reaksi seperti merah-merah pada tubuh bayi bisa dioleskan pada dada dan punggungnya."

Suara grok-grok yang biasanya terdengar saat bayi tidur tak perlu dikhawatirkan. Suara tersebut muncul karena ada lendir yang terkumpul di jalan napas bagian atasnya. Selama bayi dapat tidur nyenyak, asupan makan dan minumnya tak terganggu, serta tumbuh kembangnya setiap bulan tampak baik berarti ia hanya terjangkit penyakit ringan. Dahak pada manusia, kata Waldi, sebenarnya tidak perlu selalu dikeluarkan lewat mulut karena akan dikeluarkan secara alamiah oleh saluran napas. Contohnya, karena bayi belum memiliki kemampuan untuk meludah, dahak yang sudah keluar di rongga belakang mulut (farings) akan tertelan dengan sendirinya masuk ke dalam saluran cerna.

GEJALA RAWAN

Sebagai informasi, penyakit saluran napas seperti batuk pilek biasanya berlangsung selama 3 hingga 10 hari. Bila dalam batas waktu tersebut bayi masih terserang batuk pilek tanpa penyebab yang jelas tentu perlu segera diperiksakan ke dokter. "Kadang-kadang orang tua terlalu khawatir. Saat mendengar bayinya batuk langsung panik. Padahal bayi batuk sekali dua kali, kan boleh-boleh saja karena mungkin tenggorokannya kemasukan sesuatu."

Lain bila batuk pilek yang dialami sampai menyebabkan si kecil rewel, tidak bisa tidur, dan tidak bisa minum atau makan. "Nah, ini jelas serius sehingga harus dibawa ke rumah sakit, " ujar Waldi. Gejala penyakit lain yang mengharuskan bayi ditangani serius adalah (1) tidak mau makan-minum (2) napas cepat, dan (3) muntah-muntah. Kalau sampai bayi tidak mau makan dan minum, hal ini menunjukkan penyakit yang serius.

Tak mau makan dan minum bisa dikarenakan napas bayi yang sudah memburu. Patokan frekuensi napas yang sudah masuk kategori berbahaya adalah lebih atau sama dengan 50 kali permenit untuk bayi higga usia 1 tahun. Untuk itulah orang tua mesti menghitung jumlah napas bayi saat ia terlihat tersengal-sengal. "Agar hitungannya tidak salah, lakukan saat bayi dalam keadaan tenang sambil dipangku, misalnya. Bila jumlahnya sampai 50 kali setiap menit atau lebih, segera larikan bayi ke rumah sakit. "

Muntah-muntah juga merupakan gejala yang perlu dicermati. Walau agak sulit menentukan frekuensi yang sudah dianggap rawan, sebagai patokan bila muntah itu terjadi setiap kali bayi diberi asupan minuman dan makanan, berarti kondisinya cukup serius. Kalau bayi sudah muntah-muntah sekitar 3-4 kali dalam sehari, lebih baik bawa dia ke dokter. Yang dikhawatirkan, akibat muntah-muntah yang dialami, bayi tidak mendapat asupan gizi yang cukup. Muntah sendiri bisa menunjukan gejala penyakit pada saluran napas, saluran cerna, penyakit saraf pusat dan lainnya. Nah, kalau ini yang terjadi, bawalah segera bayi Anda ke dokter yang berkompeten.

IMUNISASI TETAP BERLAKU

Yang perlu diketahui, anggapan bahwa bayi sakit tak boleh diimunisasi sebenarnya kurang tepat. Jika bayi terjangkit penyakit ringan seperti batuk pilek, maka secara teori jadwal imunisasinya tak perlu terganggu. Saran Waldi, kalau sudah tiba jadwal imunisasi, walau sedang flu, sebaiknya bayi tetap dibawa ke dokter. "Biar dokter yang memutuskan melalui pemeriksaan. Bila kondisi bayi baik, dokter akan tetap memberi imunisasi. Sebaliknya bila sakitnya ternyata agak berat, imunisasi akan ditunda."

Lain halnya dengan bidan yang umumnya akan menunda imunisasi bila orang tua melaporkan kondisi si kecil sedang tak sehat. "Ini wajar karena bidan tidak bisa menentukan ringan tidaknya penyakit yang diderita bayi."

   
Jumlah Posts : 118
Jumlah di-Like : 2
Dear Bunda Nenni, Ini ada artikel mengenai Campak, semoga membantu

Penyebab

Campak, rubeola, atau measles Adalah penyakit infeksi yang sangat mudah menular atau infeksius sejak awal masa prodromal, yaitu kurang lebih 4 hari pertama sejak munculnya ruam. Campak disebabkan oleh paramiksovirus ( virus campak). Penularan terjadi melalui percikan ludah dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak (air borne disease ). Masa inkubasi adalah 10-14 hari sebelum gejala muncul.

Kekebalan terhadap campak diperoleh setelah vaksinasi, infeksi aktif dan kekebalan pasif pada seorang bayi yang lahir ibu yang telah kebal (berlangsung selama 1 tahun). Orang-orang yang rentan terhadap campak adalah: - bayi berumur lebih dari 1 tahun - bayi yang tidak mendapatkan imunisasi - remaja dan dewasa muda yang belum mendapatkan imunisasi kedua.

Gejala

Gejala mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi, yaitu berupa: - Panas badan - nyeri tenggorokan - hidung meler ( Coryza ) - batuk ( Cough ) - Bercak Koplik - nyeri otot - mata merah ( conjuctivitis )

2-4 hari kemudian muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam (bintik Koplik). Ruam (kemerahan di kulit) yang terasa agak gatal muncul 3-5 hari setelah timbulnya gejala diatas. Ruam ini bisa berbentuk makula (ruam kemerahan yang mendatar) maupun papula (ruam kemerahan yang menonjol). Pada awalnya ruam tampak di wajah, yaitu di depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping. Dalam waktu 1-2 hari, ruam menyebar ke batang tubuh, lengan dan tungkai, sedangkan ruam di wajah mulai memudar.

Pada puncak penyakit, penderita merasa sangat sakit, ruamnya meluas serta suhu tubuhnya mencapai 40° Celsius. 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang.

Demam, kecapaian, pilek, batuk dan mata yang radang dan merah selama beberapa hari diikuti dengan ruam jerawat merah yang mulai pada muka dan merebak ke tubuh dan ada selama 4 hari hingga 7 hari.

Komplikasi

Pada anak yang sehat dan gizinya cukup, campak jarang berakibat serius. Beberapa komplikasi yang bisa menyertai campak:

  1. Infeksi bakteri : Pneumonia dan Infeksi telinga tengah
  2. Kadang terjadi trombositopenia (penurunan jumlah trombosit), sehingga pendeita mudah memar dan mudah mengalami perdarahan
  3. Ensefalitis (inteksi otak) terjadi pada 1 dari 1,000-2.000 kasus.

Diagnosa

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan ruam kulit yang khas.

Pemeriksaan lain yang mungkin perlu dilakukan: - pemeriksaan darah, pemeriksaan darah tepi - pemeriksaan Ig M anti campak - Pemeriksaan komplikasi campak :

*       enteritis

*       Ensephalopati,

*       Bronkopneumoni

Pengobatan

Tidak ada pengobatan khusus untuk campak. Anak sebaiknya menjalani tirah baring. Untuk menurunkan demam, diberikan asetaminofen atau ibuprofen. Jika terjadi infeksi bakteri, diberikan antibiotik.

Pencegahan

Vaksin campak merupakan bagian dari imunisasi rutin pada anak-anak. Vaksin biasanya diberikan dalam bentuk kombinasi dengan gondongan dan campak Jerman (vaksin MMR/mumps, measles, rubella), disuntikkan pada otot paha atau lengan atas.

Jika hanya mengandung campak, vaksin dibeirkan pada umur 9 bulan. Dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun.

 Diambil dari : Wikipidia

 
   
14-02-2008 16:00:13 Bayi terkena Pilek
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Felicia minggu lalu juga kena bapil, sekarang sudah sembuh

Array

kalau bayi lagi batuk pilek, memang betul harus dijaga jangan sampai dehidrasi, jadi tetap harus diberi minum, kalau hidung mampet memang harus pakai cara disendok, supaya tidak tersedak kalau pakai dot.

Trus sering-2 kasih air putih hangat, supaya dahaknya encer.

Dada digosok balsem yang khusus untuk bayi, supaya napasnya lega, terus kalau pagi usahakan dijemur dipanas pagi hari, supaya cepat meredakan gejala flunya.