SITE STATUS
Jumlah Member :
493.601 member
user online :
814 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: biolisin anak 1 tahun 6 bulan

New Topic :  
11-07-2014 04:58:48 Kelahiran Pada Bulan Mei 2014
Jumlah Posts : 92
Jumlah di-Like : belum ada like
ini judul bahasannya masalah M lagi yah,..klu pengalamanku, dulu anak pertama dan ke 2 dapat M nya setaahun setelah melahirkan dan itu sya g pake alat kontrasepsi, akhirx hamil anak ke2 pas usia anak pertama 1 tahun 6 bulan, seperti itu katax karna asi full, jadi asi eksklusif bisa jadi KB alami bunda, tapi beda2 setiap org.
   


11-03-2011 15:36:50 bayi selalu menoleh ke kanan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Anak perempuan umurnya 1 tahun 6 bulan.dari kecil kepalanya maunya neoknya kekanan trus,padahal kl tidur posisinya sudah diputar kekiri,ke kanan,bolak balik gtu deh dok.karna kan kata orang kl gak diganti ganti posisinya bisa peyang.anehnya kl menyusu saat digendong atau apapun tengok kekanannya kenceng banget.walaupun sudah sering diurut,sampai skrng tetap saja kelihatan kepalanya masih nenggleng kekanan sedikit,saya mrasa sedih,mrasa tdk bisa mrawatnya dengan baik dan kasihan melihatnya apalagi dia kan anak perempuan dok.bagaimana cara mngatasinya ? terima kasih

Dari : tri widya

Jawaban:

Dear bunda,

Sebaiknya bunda menemui dokter spesialis anak untuk memeriksakan apakah anak anda memiliki kelainan postural ataukah hanya kebiasaan dalam posisi menengok ke kanan. Sebaiknya bunda tidak melakukan urut pada bayi anda bila tidak dilakukan oleh ahli yang direkomendasikan oleh dokter anda, untuk mencegah terjadinya trauma pada sendi maupun otot anak anda. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
Sist, Ibu2 semuanya, hallo salam kenal. Boleh tanya gak ya? Memangnya kalau lagi hamil 5 minggu / muda, gak boleh kebanyakan gendong ya? aku punya anak usia 1 tahun 6 bulan. Yang akhir2 ini kenapa jadi aleman alias minta digendong mulu. Aman gak buat si janin yang di perut? kalau ga aman? amannya diusia kehamilan berapa ya? atau ga amannya bagaimana untuk si janin? Tolong nasihat dan masukannya. Terima kasih.
Salam...
   


03-06-2016 00:00:50 PANAS DALAM ANAK 1 TAHUN
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like

Mau tanya dong, obat panas dalam buat anak 1 tahun 4 bulan apa ya yg cocok ???

   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like

selamat pagi, mohon bantuan buat bunda semua disini aku punya baby umur 1 tahun 6 bulan dan sampai saat ini masih belum bisa berbicara, cuma bisa ngomong bahasa planet gak jelas, trus anaknya cuek banget. kalo dah nonton ato diempun dipanggil jarang mau noleh, trus fokus banget. sering nangis tiba-tiba kalo ada sesuatu misalnya main game ato ada suara menang game ato yang sejenisnya gitu.

aku sedikit khawatir tentang tumbuh kembang anakku. mohon bantuan ya bun

   


12-09-2013 07:35:40 Kelahiran Pada Bulan Mei 2014
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
setelah menunggu 1 tahun 6 bulan saya buka kontrasepsi, saya positif... sangat bersyukur sekali. sdh lama saya nantikan, putri pertama saya sdh 3 tahun 7 bulan.
tiap hari yg ditanya kapan punya dedek. tp skrng dia sdh senang.
thanks bun buat info2nya yaaa..
   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Jangan pernah membandingkan bayi Bunda dengan bayi tetangga yang chubby dan gemuk. Membandingkan bayi sendiri dengan bayi lain bukan langkah tepat. Bayi dilahirkan dengan ukuran dan ciri yang berbeda. Rata-rata berat badan bayi yang baru dilahirkan berkisar antara 2,5 – 4,5 kg.

 

Ukuran dan berat badan bayi dapat ditentukan berdasarkan keturunan dari orangtua, kesehatan Ibu, dan nutrisi yang Ibu konsumsi selama masa kehamilan. Perlu diketahui Bunda, berat badan bayi saat baru dilahirkan bukanlah hal yang paling penting dalam pertumbuhannya. Yang terpenting adalah berapa berat badan yang dapat dicapai setelah ia dilahirkan.

Oleh sebab itu, daripada "galau" melihat bayi lain, lebih baik mengacu pada grafik pertumbuhan bayi bersumber dari WHO untuk memonitor berat badan dan panjang bayi si kecil setiap bulannya melalui kartu menuju sehat (KMS) yang dapat bunda dapatkan pada posyandu atau dokter spesialis anak (DSA).

Menurut WHO yang disebut berat badan ideal untuk usia 3 bulan adalah yang masuk dalam range 5,1 kg - 8,0 kg dan untuk anak 3 tahun adalah 11,4 kg - 18 kg.

CARA MENGHITUNG BERAT BAYI IDEAL :

1. Untuk anak dibawah 12 bulan : BBI = (n : 2) + 4 atau (umur (bln) : 2 ) + 4

     a.  Untuk usia 1-6 bulan dapat menggunakan rumus : BBL(gr) +(usia x 600 gram)

     b. Untuk usia 7-12 bulan dapat menggunakan rumus :

-  BBL (gr) + (usia x 500 gram )

-  (usia/2) +3

2. Untuk anak 1-10 thn : BBI = (2 x n) + 8 atau (2 x umur (thn)) + 8

CONTOH :

Anak balita usia 2 tahun 10 bulan, berarti ditulis dengan n = 2,10 dan selanjutnya dikali dengan 2 (sebagaimana rumus 2n), jadi hasilnya adalah 4,20.

Hasil ini jangan langsung ditambah dengan 8, karena 4,20 diartikan 4 tahun 20 bulan, 20 bulan artinya 1 tahun 8 bulan, jadi 4 + 1,8 = 5.8

4,20 berubah menjadi 5,8, baru kemudian ditambah dengan 8. Maka Berat badan Idealnya adalah 13,8 kg.

* BBL adalah Berat Badan Lahir Usia dinyatakan dalam bulan

Tabel Berat Badan Anak Sesuai Usia menurut WHO (to big for handphone):



Infobunda : http://www.infobunda.com/brt/412-Berat-Badan-Ideal-Si-Kecil.html#ixzz2qWon9Vai

   
Jumlah Posts : 39
Jumlah di-Like : 3
salam kenal y bunda andyn...

aQ kmrn baru melahirkan tgl 3 juni alhmdlh dg proses lahiran normal,,
kebetulan pengalaman ini uda aQ alamin.. yg baru lahir ini anak kedua.kmrn ank pertmaku caesar,,,ketika ank prtamaku umurnya baru 5 bulan aQ dah kebobolan hamil lagi sekarang adeknya dah lahir dia uda 1 tahun 2 bulan...

kmrn sempet kawatir n was2 juga bund,,,pada saat aQ br melahirkan bbrp bulan da hamil lagi.. mw periksain kedokter n coba mintain obat supaya jgn dijadiin tapi lagi gak py uang.akhrnya mau gak mau dijadiin aja.pas usia kandungan ku masuk 4 bulan  baru aQ USG,setelah dokternya tau dokternya marah2 n malah dia nakut2tin aQ,tapi semua aQ serahin ma yg diatas,,solusi doketrnya sich nnt nglahirinnya harus operasi lagi.tapi aQ berkeyakinan kuat supaya bisa normal,,,kata dokternya sich kemungkinan kecil untuk bs normal karn bs2  ntar rahimnya robek... taapi asalkan kondisi kandungan bagus bekas caesarnya gak bermasalah n pas saat bulannya kepala bayinya uda dipanggul insy bs normal.tapi klo melahirkan dirumah sakit pasti lgsg disuruh caesar gak boleh normal.

aQ lnjutin ceritanya y,,nah ketika itu juga aQ berkeyakin untuk bs lahiran normal krn untuk operasi lagi harus butuh biaya besar,,,dan resiko nya setelah melahirkan sangat berat dibandingkan dg lahiran normal... akhirnya aQ cblah periksain kandunagn ke dokter lain..

kebetulan aQ dapet info dr temen bidan yg bagus untuk melahirkan.sekaligus sih USGnya juga dstu soalnya ada dokter SPOGnya jg,,dstu pndpt dktrnya jg sm dg dktr yg sblmnya..
akhrnya aQ psrh aja ntr klo mank ujung2nya opersi lg itu uda takdir..
ehh..pas jumat subuh tgl 3 kmrn perutku dah agak lain rasanya,,sampai jam 2 siang smkin lama semikn sakit.yaudah lgsg aja aQ menuju kerumah bidannya,,pas diperiksa ternyata uda bukaan 3 n kt perawatnya insy malam lahir katanya..  bis mgrib diperiksa lagi trnyata uda bukaan 6 duh dalam hati seneng tp was2 jg krn br 1 x merasakan sakitnya mlhrkn normal gak tahan.. akhrnya jm 8 air ketubannya baru pecah lgsg aQ dbw keruang lahiran bidan yg nanganin aQ baik bgt dia sabar aQ smpet gak tahan juga nahan sakitnya sempet mw nyerah tp kluarga ma bidannya nyemangatin aQ.. pas uda bukaan 8 bidannya konsultasi sama dktrnya dia nlfn dktrnya,,dia blglh klo aQ dah mw nglahirin uda bukaan 8,tau gak apa dokternya.di blg ttp aja aQ gak bs normal harus dicaesar karn takut rahimnya robek ntr.bidannyapun bgg,gila aja dah bukaan 8 masa' ujung2nya operasi juga.. akhirnya kontraksiku semakin lama semakin kuat sampai uda bukaan sempurna de2knya dah mw keluar,,,akhrnya bidannya mengusahakan untuk normal.pas aQ denger bakaln dioperasi lagi aQ dah lemes bgt  rasanyya tenaga ku uda gak ada lagi....
lagi2 bidannya ma keluargaku mnyemangati aQ lagi gak bbrp lama de2knya lahir deh...
jam 21.30 tepat de2knya keluar,,aQ bersyukur bgt mlm itu....   
aQ msh bgg aja knp sich y para dktr skrg gmpg bgt ngsh keputusan yg belum tntu itu yg trbaik.. tapi untung aja aQ nemuiin bidan yg bener2 ngerti n uda pengalaman sabar lagi orgnya.... n pada saat proses lahiran juga gak da mslh apa2 tuh ma jahitan bekas caesarku.

so... bunda andyn  gak usah takut klo kita yakin n kita byk2 berdoa psti kita diberikan yg terbaik.pada saat hamil aQ rajin banyak gerak pas hamil tua sering jalan pagi biar ntar lahirannya lancar n byk meminta n berdoa ma tuhan.

semoga infonya bermanfaat y...
owya kmrn lahiran caesar krn apa bun andyn???
   
Jumlah Posts : 39
Jumlah di-Like : 3
bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund. bunda saya mau tnya,,,
sekarang saya lagi hamil,,kandungan saya uda masuk 6 bulan,,kemarin saya melahirkan anak 1 saya caesar bulan april 2010 kemarin.setelah 5 bulan rupanya saya hamil lagi...
saya masih kawatir dg kehamilan saya,apakah akan membahayakan ato tidak,,,soalnya belum ada 2 tahun saya uda hamil lagi.. apalgi sewaktu melahirkan kemarin saya bisa caesar karena ada virus di jalan keluar bayinya makanya dokter menyarankan untuk caesar...
saya masih was2 nanti apakah lahirnya caesar juga ato bisa melahirkan normal!!!
kata dokternya takut nanti jahitan bekas operasinya robek....
tolong kasih solusi y bund,,,
makasih bund.
   
11-02-2011 16:52:37 asi selama kehamilan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dear dokter tanti
anak saya yang pertama umur 1 tahun 3 bulan, dan sekarang masih ASI, dengan campur sufor hanya 60 - 90 ml sehari. sekarang saya hamil 6 minggu.. bagaimana proses menyusui saya. bisakah saya terus menyusui? adakah dampak kehamilan terhadap keringnya ASI? biasanya hingga umur kehamilan berapa ASI bisa terus diberikan? adakah saran agar saya bisa etap menyusui dalam waktu yang maskimal?
terima kasih untuk jawabannya karena akan sangat bermanfaat buat saya..

Dari : Era Ladyna

Jawaban:

Dear Bunda,

Meskipun ada kontroversi bahwa menyusui saat hamil akan mengurangi nutrisi pada janin, tetapi banyak yang berpendapat bahwa tidak ada pengaruh buruk bagi bayi yang di susui maupun yang di kandung bila bunda menyusui saat hamil. Saran saya, tidak apa menyusui anak anda selama anda mengandung anak berikutnya. Biasanya anak dapat disusui ASI sampai ia berusia 2 than bahkan lebih, sampai ia sudah tidak ingin menyusu ASI, usia terpenting anak dalam menyusu ASI adalah sampai ia berusia 6 bulan. Demikian jawaban saya.
   
18-08-2010 09:55:18 buah buat bayi
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
Hallo bunda"s..

Aqila sekarang dah 5 bulan 11 hari,pas 5 bulan dah mulai aku kasih milna1/2+sufor,ternyata dia suka dan kurang,akhirnya klo pagi pk 6 aku kasih milna 1 keping+sufor,jam10 pisang ambon diblender+sufor, jam 12 kentang 1/2 diblender + sufor,,ntar jam 2 siang biskuit lagi,jam 4 sore kentang lagi,ternyata dia lebih suka makan/disuapi dari pada minum susunya,tapi tetap susunya aku kasih klo dia mo tidur siang/malam,karena aku perhatii sejak makan klo pup udah gak cair lagi tapi ada ampasnya,seperti pup anak 1 tahun,susah sih gak pupnya dan biasanya 1 or 2 x sehari.
Rencananya pas 6 bulan baru mo dikasih bubur saring buatan sendiri dengan sayur dan buah yg bervariasi.Alhasil baru belajar makan beberapa hari aja tidurnya klo malam jadi lebih nyenyak dari pada waktu minum susu aja.
   
15-06-2010 12:48:05 Haruskah Imunisasi IPD?
Jumlah Posts : 144
Jumlah di-Like : 10
@ bunda lely

bunda...imunisasi IPD itu dijelasin gak kegunaannya sama DSA anak bunda.
dari penjelasan DSA bunda bisa ambil kesimpulan kapan mau dilakukan imunisasi tsb.
waktu anak saya usia 6 bulan, saya minta penjelasan dari DSA anak saya..kegunaan dari IPD itu....dan DSA tidak terlalu menganjurkan harus di imunisasi pada usia sekian bulan

DSA hanya bilang...klo di IPD di bawah 1 tahun harus di imun sebanyak 2 kali (klo tidak salah DSA bilang intervalnya dari yang pertama ke yang ke dua 4 minggu)...tapi kalau IPD di atas 1 tahun cukup sekali..mengingat sekali suntik biayanya lumayan mahal..sekitar 800rb sekali suntik belum termasuk jasa dokter.

bunda...semuanya bunda yang memutuskan.

maaf bila tidak membantu
   
14-01-2009 08:19:57 Vitamin untuk bayi
Jumlah Posts : 159
Jumlah di-Like : 3
alo bunda...   Sebetulnya yang saya tau sih, klo bayi di bawah 6 bulan blom butuh vitamin karena makannya kan masih tergantung sama ASI atau sufor aja...asal bersih, sehat aman...klo 6 bulan ke atas dirasa makanan dan asupan gizinya kurang baru perlu vitamin..   Niswa waktu itu dikasih Vitaplex sama DSA nya...   trus bun yang saya tau madu itu baru boleh dikasih ke anak 1 tahun lebih, karena kandungan dalam madu belum bisa  dicerna oleh pencernaan bayi di bawah setahun...(info aja ya bun)....   salam Niswa & mom...
   
13-06-2008 13:20:52 bayiku kurus
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
Assalammualaikum Geulis... Ini Bunda Rafa ada satu artikel soal bayi kurus, mungkin bisa buat masukan.   BAYI KURUS BERARTI KURANG GIZI ?Selama ini ada anggapan, bayi kurus berarti kekurangan gizi atau menderita penyakit tertentu.Padahal, penyebabnya bisa macam-macam. "Periksa ke dokter, deh, siapa tahu anakmu ada penyakit tertentu. Badannya kurus sekali." Nasehat semacam ini sering kita dengar atau justru berikan pada teman yang anaknya terlihat kurus. Padahal, untuk menentukan bayi kurus tidaknya bayi, tak cukup dilihat dari penampilannya saja. "Cara yang tepat adalah dengan mengukur dan membandingkan antara berat dan tinggi badannya, kendati tiap bayi punya berat dan tinggi badan yang berbeda," terang dr. Alinda Rubiati, Sp.A, spesialis anak dari RS Fatmawati, Jakarta. Begitu pula untuk urusan memantau kurus atau tidaknya anak, harus secara kontinyu. "Ada satu kurva atau grafik untuk melihat apakah bayi menjadi lebih kurus atau tidak," ungkap Alinda. Pencatatan biasanya dilakukan setiap bulan, sehingga akan tampak bagaimana grafik pertumbuhan badan si bayi. ACUAN KURUS Normalnya, berat badan (BB) bayi baru lahir harus mencapai 2.500 gram. Tidak terlalu besar, juga tak kelewat kecil. Sebab kalau terlalu kecil, dikhawatirkan organ tubuhnya tak dapat tumbuh sempurna sehingga dapat membahayakan sang bayi sendiri. Sebaliknya, terlalu besar juga ditakutkan sulit lahir dengan jalan normal dan mesti lewat operasi sesar. Nah, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 - 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan. Jelas terlihat,triwulan I pertambahan BB berlangsung lebih cepat dibanding dengan triwulan II, III, dan IV. "Ini wajar karena pertumbuhan BB di bulan berikutnya lebih rendah dari bulan sebelumnya. Namun bila pertumbuhan BB berkurang secara drastis, bisa dijadikan ancang-ancang untuk melakukan tindakan lanjutan." Umumnya, jelas Alinda, acuan untuk melihat normal-tidaknya BB adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. "Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau ia termasuk bayi kurus." NUTRISI & PERIKSA RUTIN Bayi kurus adalah yang saat lahir BB-nya rendah atau di bawah 2.500 gram. "Penyebabnya dipengaruhi saat masih berada dalam kandungan. Inilah yang sangat menentukan karena di situlah pembentukan dan pertumbuhan organ tubuh dimulai." Kandungan yang sehat ditentukan oleh ibu yang sehat. Bila ibu menderita penyakit, semisal infeksi paru, kondisi janin pun ikut terpengaruh. Darah yang tersuplai ke tubuh janin bisa saja menjadi jalan untuk mewarisi penyakit yang diderita ibunya. "Saat lahir, bayi bisa saja menderita penyakit atau kelainan organ tubuh. Akhirnya, bayi tak sehat dan bertubuh kurus." Faktor penyebab lain adalah asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu ketika hamil. Biasanya, berkurangnya nutrisi yang dikonsumsi si ibu, otomatis berkurang pula asupan nutrisi pada janin yang ditransportasikan lewat plasenta. Kekurangan ini bisa disebabkan karena ibu sulit sekali untuk mengkonsumsinya kala sakit selama hamil atau memang malas memperhatikan nutrisi yang diperlukan semasa hamil. Gara-gara kurang nutrisi inilah, bayi bisa mengalami BB rendah dan tampak kurus. Itu sebabnya selama hamil ibu harus kontinyu memeriksakan kandungan sebulan sekali. "Makin tua usia kandungan, pemeriksaan harus dilakukan lebih sering." Selain itu,ibu juga harus melakukan pengawasan terhadap kandungan dengan lebih saksama, sehingga bila terjadi sesuatu pada diri ibu maupun janinnya, dapat segera diketahui dan dapat dilakukan tindakan preventif sejak dini. "Yang jelas,pemeriksaan juga harus dibarengi dengan asupan gizi yang cukup dan seimbang," tegas Alinda. BERAT MANDEK Meski saat lahir BB-nya normal, belum tentu juga selanjutnya perkembangan BB-nya akan normal sesuai dengan pertumbuhannya. "Pada fase tertentu, ada kecenderungan pertambahan berat badan bayi akan melambat." Antara 1 sampai 6 bulan, pertambahan BB bayi terbilang cepat, "Tapi di atas 6 bulan, pertambahannya melambat. Ini terjadi hampir pada seluruh bayi. Salah satu penyebabnya, karena pada tahap ini biasanya bayi sudah lebih banyak bergerak dan pertumbuhannya mengarah ke pertinggian badan." Bila pertambahan BBbayi di usia 6 bulan, misalnya, menjadi tidak normal alias tidak bertambah atau malah berkurang, "Perlu dilihat penyebabnya," terang Alinda. Mungkin ada penyakit yang bersarang di tubuhnya semisal penyakit infeksi terutama TBC dan diare. "Penyakit membuat nafsu makan anak berkurang dan akhirnya BB-nya tak mau naik." Selain itu, bayi kurus juga bisa mengindikasikan kekurangan gizi. Ini umumnya karena kebiasaan di keluarga di mana kadang ibu tak cermat memberi nutrisi yang tepat untuk bayi. Padahal,bayi perlu asupan nutrisi yang seimbang. Bisa juga karena si bayi bosan dengan makanan yang itu-itu saja dan akhirnya emoh makan."Di sisi lain, kondisi psikis bayi menentukan pula keinginannya untuk makan. Kalau ia merasa tertekan karena sering dipaksa, misalnya, bisa saja nafsu makannya berkurang." Padahal, bayi dengan BB rendah berisiko terserang penyakit lebih besar dibanding dengan yang punya BB normal. "Meski belum tentu begitu jika memang kesehatannya baik-baik saja." Tapi yang jelas, saran Alinda,"Jaga BB bayi pada kondisi normal. Bila terlalu kurus, segera konsultasi ke dokter." Soalnya, lanjutnya, "Untuk mengembalikannya menjadi normal kita harus melihat apa yang menjadi sebabnya." Bila karena penyakit, harus disembuhkan dansambil menyembuhkan penyakitnya, kita pun harus melakukan konsultasi gizi untuk mengetahui gizi yang tepat bagi bayi. Untuk kembali ke kondisi normal, kata Alinda, waktu yang diperlukan sangat relatif. Bila penanganannya dilakukan dengan kontinyu dan serius, mungkin lebih cepat. Begitu pula sebaliknya. Yang jelas, bila bayi kurus tak segera diobati, dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi. "Bahayanya, sih, memang tidak langsung melainkan melalui proses. Karena kurang gizi, bayi jadi rentan terhadap aneka penyakit. Nah, karena sakit-sakitan, ia jadi tambah kurus." KIAT MENGATASI Jika memang penyebabnya karena penyakit, tak ada cara lain, si penyakit harus disembuhkan secara total. Pada saat yang sama pula, bayi diberi nutrisi yang cukup agar ia tidak jadi kurus. Sebab, jika bayi kena infeksi dan dibiarkan tanpa ada tindakan tepat hingga akhirnya menimbulkan masalah kekurangan gizi, misalnya, bakal sulit meningkatkan BB-nya. Penanganannya pun akan menjadi lebih kompleks. Ciri-ciri bayi malnutrisi, jelas Alinda, bisa dilihat dari fisiknya. "Bila parah hanya tinggal kulit dan tulang saja." Pemberian gizi tidak hanya satu segi saja, tetapi harus seimbang antara pemberian protein, karbohidrat, lemak, kalori, dan vitamin. Sumbernya pun tidak harus yang mahal, lebih baik dari yang murah. "Seperti protein, tak harusdari hewani saja. Dari nabati pun bisa. Misalnya anak diberitahu dan tempe." Jika berbagai upaya sudah dilakukan tapi bayi tetap kurus,"Berarti ada masalah utama yang tidak teratasi," tegas Alinda. Karena itu mencari penyebabnya menjadi sangat penting agar dapat dilakukan tindakan yang tepat. "Mungkin tidak hanya faktor penyakit infeksi atau nutrisi, pengetahuan ibu dalam hal pemberian makanan, lingkungan yang tidak mendukung, juga penting untuk diketahui." Pada kasus lain,bayi sulit makan sehingga gizi yang dibutuhkannya pun sulit sekali masuk. "Di sini perlu tindakan khusus orang tua. Kalau perlu, konsultasikan ke dokter." Mungkin karena anak alergi, kurang cocok dengan makanannya, atau ada hal lain yang menyebabkan makanan sulit masuk ke dalam tubuhnya. "Kalau memang makanannya tak cocok, ibu, kan, bisa membuatkan variasi makanan yang lain."   Bunda Rafa :)  
   
18-12-2007 11:32:35 Jus Buah Untuk Anak?
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Sebagai orang tua, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa soft drinks dan minuman bersoda bukan pilihan yang terbaik bagi anak Anda karena kandungan nutrisi yang rendah, berkalori yang tinggi, dan dapat menyebabkan obesitas dan pengeroposan igi. Tapi Anda mungkin terkejut saat mengetahui bahwa jus buah, yang sering dianggap sebagai bagian penting dati makanan bayi dan anak anda, bukanlah pilihan yang terbaik pula.

The American Academy of Pediatrics (AAP) Committee on Nutrition telah melakukan penelitian mengenai konsumsi jus buah pada bayi, balita, anak dan remaja. Jus buah didefinisikan sebagai jus murni, yang pada umumnya terdiri dari air dan juga karbohidrat (gula), sedikit protein dan mineral, serta vitamin dan kalsium.

Jus buah tidak mengandung protein, lemak, mineral, atau vitamin selain vitamin C dalam jumlah yang signifikan. Jus buah mempunyai kandungan karbohidrat (gula) yang besar, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, dapat menyebabkan diare, nyeri perut, kembung dan gas dalam perut/usus. Selain itu, kebanyakan jus tidak mengandung serat jadi jus buah tidak memberikan keuntungan nutrisi yang berarti dibandingkan buah segar. Selain itu konsumsi jus buah dapat mengganggu kemampuan anak untuk mengembangkan kebiasaan makan buah-buahan. Jadi, jangan jadikan jus buah sebagai pengganti kebutuhan anak Anda terhadap nutrisi dalam buah-buahan. jangan dijadikan pengganti buah-buahan.

Sebagian jus buah atau minuman sari buah yang dijual di pasaran diberikan tambahan kalsium untuk menghasilkan gigi dan tulang yang sehat dan kuat. Tetapi konsumsi jus buah dapat menyebabkan pengeroposan gigi jika anak diperbolehkan untuk memegang jus dalam botol, cangkir atau kemasan kotak sepanjang hari atau saat waktu tidur. Selain itu, minuman sari buah yang bukan jus buah murni dapat mengandung pemanis tambahan, perasa buatan dan bahan-bahan lainnya.

Studi AAP menunjukkan bahwa pemberian jus buah pada anak usia 4-6 bulan terutama yang pernah mengalami kolik - sebelum mereka diperkenalkan dengan makanan padat, dapat mengakibatkan kesulitan penyerapan karbohidrat. Anak yang rentan terhadap kolik akan menjadi rewel, mengalami gangguan tidur dan memiliki lebih banyak gas dalam usus/perut, setelah meminum jus tertentu, seperti apel dan pear.

Dalam laporannya, komite tersebut juga menyatakan bahwa anak dapat terkena penyakit akibat makanan, dikarenakan mengkonsumsi jus yang tidak terparturisasi.

Pemberian jus buah pada bayi yang belum mendapatkan makanan padat dapat menyebabkan malnutrisi jika jus tersebut digunakan sebagai pengganti ASI atau susu formula yang mengandung lebih banyak protein, zat besi, kalsium, dan lemak daripada jus.

Selain itu, jika jus diminum langsung dari botol atau cangkir, maka gula yang terkandung dalam jus akan menyebabkan pengeroposan gigi. Anak balita cenderung mengkonsumsi jus buah secara berlebihan karena rasanya yang lezat, hal ini dapat berakibat dengan pengeroposan gigi, diare, obesitas, atau malnutrisi. Walaupun remaja dan anak yang lebih dewasa cenderung mengkonsumsi jus dalam jumlah yang lebih sedikit, mereka juga dapat terkena obesitas jika mereka mengkonsumsi jus secara berlebihan.

AAP memberikan rekomendasi terbarunya mengenai pemberian/konsumsi jus buah pada bayi dan anak-anak:

* Jus buah tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 6 bulan.
* Setelah 6 bulan, bayi tidak boleh mengkonsumsi jus buah dari botol dan cangkir, yang menyebabkan mereka dapat dengan mudah meminumnya sepanjang hari. (Jangan biarkan anak menghisap jus buah dari botol dan cangkir, berikan jus buah saat waktu makan)
* Bayi tidak boleh diberikan jus buah saat waktu tidur.
* Untuk anak usia 1 sampai 6 tahun , konsumsi jus harus dibatasi sebanyak 4-6 ons per hari (kira-kira 110-165 ml per hari).
* Untuk anak usia 7 sampai 18 tahun, konsumsi jus harus dibatasi sebanyak 8-12 ons per hari (kira-kira 230-330 ml per hari).
* Anak-anak harus didorong untuk mengkonsumsi buah-buahan (potong).

AAP menyatakan bahwa jus buah murni adalah sehat jika diberikan dalam jumlah yang tepat bagi bayi dan anak-anak. Konsumsi jus buah yang berlebih menyebabkan malnutrisi, diare, berbagai penyakit perut, dan pengeroposan gigi.

Jika anak Anda susah makan, perhatikan jumlah jus buah yang dikonsumsinya, ia mungkin kenyang karena minum jus sehingga tidak ada ruang lagi untuk makanan yang lebih sehat.

Jika anak Anda terlalu banyak mengkonsumsi jus buah, Anda bisa mengurangi jumlah konsumsinya dengan secara bertahap menambahkan air pada jus. Dan ingat, air dan susu (sapid an kedelai) adalah minuman yang lebih sehat untuk anak Anda.

Sumber

* www.disabilityuk.com/health/obesity/health10.htm
* www.aap.org/advocacy/archives/maystudies.htm
* www.aap.org/mrt/May01.htm