SITE STATUS
Jumlah Member :
493.733 member
user online :
1538 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bila minum antimo 3 butir apa tidur nyen

New Topic :  
18-09-2015 13:49:05 Hamil anak kedua
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

 WEANING WITH LOVE (WWL): Menyapih Dengan Cinta

Bunda si kecil sudah 2 tahun ya, aduh sudah saatnya disapih nih, bisa gak ya??

Menyusui merupakan kedekatan yang sangat intens antara ibu dan bayinya. Sehingga saat harus melalui proses menyapih, seringkali ibu merasa tak tega untuk melakukannya. Demikian pula bagi si bayi, yang juga tak rela berpisah dari ibunya. Akibatnya, proses yang sebenarnya alamiah ini, maju mundur bahkan menimbulkan masalah yang bisa menjadi momok bagi ibu dan anak.

Kapan waktu yang tepat untuk menyapih?

Menentukan kapan anak perlu disapih, terkadang bukan keputusan mudah. Walau memang sudah masanya, terkadang justru bunda belum siap untuk menyapih.

Berikut yang perlu kita perhatikan:

1. Ibu ingin menyapih, anak belum siap. Alasan ibu ingin menyapih, karena tidak menikmati kegiatan menyusui, kelelahan atau sibuk bekerja.

Saran ahli:

  • Jika anak masih di rentang usia menyusui, pikirkan kembali apakah ia perlu disapih? Bila alasannya tidak mendesak, tunda dulu niat menyapih.
  • Bila kurang menikmati kegiatan menyusui, atasi pencetus masalahnya. Semisal, bila puting ibu sakit, atasi dengan cara menyusui yang benar.

Bila menyusui terasa membosankan, ubah jadi menyenangkan sambil mendengarkan musik

2. Anak ingin disapih, ibu belum siap. Anak tidak tertarik lagi minum ASI dari payudara dan ingin minum dari cangkir. Padahal ibu masih ingin menyusui dan ASI banyak.

Saran ahli:

  • Tunda penyapihan dengan menciptakan suasana menyusui yang tenang, jauh dari rangsangan yang bisa membuyarkan konsentrasi anak
  • Jika anak sudah bisa diajak komunikasi, beri pengertian manfaat ASI dengan bahasa yang sederhana
  • Bila anak ingin tetap disapih, berpikir positif dan jangan sedih atau kecewa karena bisa mengganggu kerja hormon prolaktin dan oksitosin sehingga bisa menghambat produksi ASI.
  • Karena inisiatif datang dari anak, biasanya proses menyapih menjadi lebih mudah. Tetap berikan ASI, namun melalui cangkir

3. Ibu dan anak sama-sama tidak siap. Anjuran menyapih dari pihak luar, bukan kehendak ibu ataupun anak. Misalnya, lingkungan menganggap anak sudah besar sehingga perlu disapih.

Saran ahli:

  • Pemberian ASI dianjurkan hingga anak usia 2 tahun. Tapi jika ibu dan anak masih nyaman, boleh terus dilanjutkan. Kekurangannya, anak bisa menjadi manja, kurang mandiri, tergantung pada ibu dan jadi bahan ejekan.
  • Pada kasus ibuhamil lagi, keputusan menyapih atau tidak tergantung pada kesehatan kandungan

4. Penyapihan sementara. Bisa dialami bunda yang mendapat tugas sehingga harus meninggalkan anak. Atau bunda harus minum obat sehingga ASI "tercemar" dan tidak boleh diminumkan bayi

Saran ahli:

  • Bila bepergian lama, lakukan penyapihan sementara, setelah itu relaktasi. Selama bunda pergi anak minum ASI dari cangkir. Begitu bunda kembali, anak menyusu lagi dari payudara.
  • Jika menjalani pengobatan, ASI tetap diperah namun dibuang hanya untuk menjaga produksinya. Setelah pengobatan selesai, lakukan relaktasi.

Bagaimana tips menyapih dengan cinta?

Mestinya selama proses penyapihan itu tidak perlu terjadi saling menekan antara ibu dan anak karena proses tersebut alami. Menyapih bukan proses pemisahan hubungan antara ibu dan anak, baik secara fisik maupun emosi. Menyapih adalah bagian dari fase perkembangan yang harus dijalani oleh anak. Justru karena cinta Anda, anak harus melewati fase perkembangan ini untuk menghadapi fase perkembangan selanjutnya.

Tapi perlu diingat sebisa mungkin hindari menyapih anak dengan membohonginya. Kalau ada anjuran, olesi saja daerah areola Anda dengan buah mengkudu atau obat merah agar bayi tak ingin menyusu, abaikan saran ini. Menyapih anak dengan cara ini sama dengan melakukan kekerasan padanya. Anda mengambil paksa 'kepemilikannya', yang dapat menimbulkan luka batin.

Kerelaan Anda dan si bayi untuk mengakhiri kegiatan menyusu adalah kunci utama dari menyapih dengan cinta atau weaning with love. Lakukan sepenuh cinta dengan langkah-langkah ini:

  1. Kurangi frekuensi menyusui secara bertahap dimulai pada siang hari. Sebab pada saat inilah waktu yang tepat untuk mengenalkan dia pada sesuatu yang baru, seperti rasa, bentuk dan tekstur pada makanan pendamping ASI (MP-ASI).
  2. Tidur terpisah. Balita mau tak mau belajar menahan diri untuk tidak menyusu di malan hari. Dalam hal ini perlu kerja sama ayah seperti menemani tidur, agar balita tidak rewel ketika pisah dengan ibunya.
  3. Tambah pemberian MP-ASI sebanyak 3-4 kali sehari untuk mengurangi pemberian ASI pada siang hari.
  4. Tetapkan tempat menyusui hanya pada satu tempat, misalnya di kamar. Gunanya agar si kecil tidak meminta susu di sembarang tempat sekaligus mengajaknya untuk belajar mengenal aturan.
  5. Tunjukkan perhatian dan kasih sayang selama proses menyapih, misalnya mendekap, mengusap atau mencium agar anak tahu bahwa Anda tetap menyayangi dia meski Anda sudah tidak menyusuinya lagi.
  6. Ajak bicara. Sekalipun masih kecil, sedikit-sedikit balita bisa mengerti maksud kita, asalkan dijelaskan dengan bahasa sederhana dan lemah lembut
  7. Bulatkan tekad. Artinya Anda benar-benar siap untuk melepaskan aktivitas ini. Bila Anda ragu-ragu, Anda akan kesulitan sendiri. Keraguan Anda terbaca oleh anak. Alhasil, anak pun tidak rela disapih.
  8. Sapih anak saat ia dalam keadaan sehat, karena dalam keadaan sakit ia akan semakin butuh kelekatan dengan Anda.  
  9. Libatkan suami sebagai orang yang mampu menghibur dan mengalihkan perhatian anak ketika rewel minta ASI.
  10. Berikan penjelasan pada anak mengapa ia harus disapih. Misalnya, “Ayo, kamu sudah besar, sudah tidak perlu lagi menyusu bunda. Makan kue saja yuk. Atau minum susu di cangkir?” Lakukan dengan sabar, lembut dan cinta Anda. Jangan pernah bosan untuk memberikan alasan padanya.
  11. Ganti aktivitas menyusu dengan membaca buku atau mendongeng sebelum tidur. Aktivitas ini tidak jauh berbeda saat Anda menyusuinya bukan?

Ada aturannya? Pernyataan WHO dan UNICEF di Geneva pada tahun 2001, “Tidak ada keharusan anak disapih pada usia 2 tahun. Benar bila ibu menyusui bayi secara eksklusif di enam bulan pertama kehidupannya. Kemudian ASI dapat dilanjutkan secara bersamaan dengan MP-ASI hingga anak berusia 2 tahun. Tapi tidak ada keharusan kapan harus menyapih.” Penelitian Dewey KG, Pediatric Clinics of North American, tahun 2001, ASI masih boleh diberikan pada anak usia 2 tahun karena masih mengandung: 43% protein, 36% kalsium, 75% vitamin A, dan 60% vitamin C. 

Saat proses penyapihan terjadi, sebenarnya anak sedang berada pada fase alami untuk:

  • Belajar mengenal aneka ragam rasa dan tekstur makanan.
  • Latihan mengunyah makanan padat karena gigi dan rahangnya 'diuji' agar dapat berkembang secara optimal.
  • Latihan kemandirian, sebab anak tidak harus bergantung lagi pada ASI setiap ia merasa lapar atau haus. Dia sudah bisa menikmati makanan padatnya.
  • Latihan percaya pada orang lain dalam pemenuhan kebutuhannya. Saat ini Anda bukanlah satu-satunya orang yang bisa memenuhi kebutuhannya. Selain itu anak juga sedang berlatih untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Bagaimana jika anak tidak mau disapih?

Bagi anak, menyusu bukan sekadar kegiatan yang mengenyangkan perut. Menyusu juga memenuhi kebutuhan emosi anak. Berhenti menyusu bisa jadi masalah jika anak tidak siap untuk disapih dengan alasan:

  1. Tidak mau kehilangan kedekatan bersama ibu. Dia sudah mengerti kalau dia bisa memiliki perhatian dan waktu Anda seluruhnya hanya saat menyusu.
  2. Menikmati kontak kulit. Lewat sentuhan dan pelukan, dia merasa dicintai.
  3. Memberi ketenangan. Bagi balita Anda yang selalu aktif, saat menyusu adalah waktu dimana dia bisa tenang di tengah rasa ingin tahunya yang tinggi.
  4. Memberi kenikmatan oral dan bonusnya dia bisa mendapat susu.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan? Upayakanlah agar anak berhenti menyusu tanpa membahayakan perkembangan fisik dan emosinya.  Kuncinya mudah saja, beri anak hubungan dekat dan rasa cinta yang sama seperti pertama kali Anda menyusui dirinya.

Ini kiatnya! Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua ketika anak menolak untuk disapih:

1. Jelaskan alasan Anda menyapihnya. Biasanya strategi yang Anda gunakan ketika ingin menyapih anak adalah dengan menjauhi anak. Namun pesan yang sampai pada anak berbeda, dia justru merasa Anda tidak ingin bersamanya lagi. Untuk menhindari hal ini, anak perlu penjelasan dan anak usia 2 tahun  sudah bisa mendengarkan dan memahami penjelasan Anda.

2. Alihkan perhatiannya. Anak  tidak bisa berhenti memikirkan tentang menyusu kecuali kesempatan tersebut muncul. Anda adalah orang yang bisa tahu kapan anak ingin menyusu pada Anda. Setiap kali dia mendekati Anda untuk meminta menyusu, segera ajak dia bermain atau melakukan kegiatan menyenangkan yang bisa membuat dia lupa tujuan awalnya mendekati Anda.

3. Tinggalkan kebiasaan saat menyusui. Bila Anda terbiasa menyusui dia sebelum tidur ganti ritual tersebut dengan membacakan dia dongeng. Jika Anda punya sudut favorit untuk menyusui anak, misalnya di sofa kamar, hindari duduk di sofa tersebut di jam-jam di mana Anda biasa menyusui anak.

4. Siap dengan camilan sehat pengganti ASI. Jika Anda ingin menyapih anak, pastikan Anda sudah menyediakan  camilan lezat dan sehat yang bisa memuaskan rasa laparnya.

5. Beri waktu. Anda tidak bisa langsung berhenti menyusuinya seketika. Lakukan secara perlahan-lahan karena jika tidak Anda justru bisa membuat anak mengalami kecemasan saat berpisah. Biasanya anak lebih mudah untuk mengurangi menyusu pada Anda, bila dia masih bisa mendapat jaminan di waktu menyusu favoritnya, misalnya pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Yuk tunjukkan kasih sayang kita kepada anak, sapihlah dengan cinta dan antar anak ke gerbang masa depan gemilangnya dengan cinta.

   


16-10-2008 20:04:02 Obat Tradisional Untuk Bayi
Jumlah Posts : 74
Jumlah di-Like : belum ada like
Dapet info dari Mbak Julia di Tanjung Redeb Kaltim (multiply ID Rogiviab) Thanks yah Mbak   * Penurun panas, batuk, dan pilek Parut bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil sedikit diurut. Juga pusar dan ubun-ubun. Untuk ramuan minum: air kelapa satu cangkir ditambah 1 sendok teh madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini diberikan untuk bayi 8 bulan ke atas. Bila usia anak di bawah 8 bulan, cukup dengan pemberian ASI atau ibunya yang minum ramuan tersebut. Pada anak yang agak besar, gunakan ramuan minum berupa air kunyit dan madu. Setengah sampai satu ruas jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dikerik kulitnya, diparut, lalu diberi air matang 1/2 cangkir, peras, kemudian diendapkan. Campur bagian air kunyit yang tanpa endapan dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian disuapkan pada anak. Ramuan ini bisa untuk penurun panas seperti pada sakit cacar air, flu, atau apa saja.   * Perut kembung Parut bawang merah dan tambahkan minyak telon. Kemudian tapelkan bawang yang sudah diparut tersebut di bagian pusar. Bisa juga, gunakan daun jarak pagar yang dihangatkan. Olesi dengan minyak kelapa, pilin-pilin, lalu tempelkan pada pusar si kecil.   * Diare Sediakan 1/2 jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dipotong-potong, 7 pucuk daun jambu biji, air 2 gelas, dan garam 1/4 sendok teh, rebus dengan api kecil. Minum airnya, 1 sendok teh satu jam sekali. Untuk mengusir gas, maka pusarnya ditapeli dengan parutan bawang merah yang sudah diberi minyak telon. Untuk anak yang sudah agak besar, boleh juga dengan mengunyah halus pucuk daun jambu klutuk yang sudah bersih ditambah garam lalu ditelan.   * Muntah-muntah Muntah bisa disebabkan perut mual atau kembung. Sediakan 1/2 sendok teh ketumbar, 3 butir kapulaga, 5 butir adas hitam, dan air setengah gelas. Kemudian direbus. Setelah dingin, berikan ke anak sedikit-sedikit, sesering mungkin atau 2 jam sekali. Boleh juga dibuatkan air beras kencur. Caranya, cuci 1 sendok makan beras dan direndam sebentar. Sangrai beras tersebut sampai berwarna kecokelatan, lalu ditumbuk halus bersama dengan 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari kunyit, dan 1/4 sendok teh adas manis. Setelah itu diseduh dengan air panas, tambahkan gula merah, sedikit garam, dan asam jawa. Saring, lalu diminumkan pada anak agar tubuhnya hangat.   * Batuk Sediakan air jeruk nipis 1 sendok makan ditambah madu 2 sendok makan dan air matang 2 sendok makan. Masukkan dalam cangkir dan kukus. Setelah agak dingin, minumkan pada anak sebanyak 1-2 sendok teh. Berikan sehari 5 kali.   * Batuk seratus hari Sediakan umbi bidara upas sebesar 1/2 jempol yang sudah bersih, parut dan seduh dengan air panas, lalu aduk-aduk dan dinginkan. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum sampai habis. Buatlah ramuan ini 3 kali sehari. Bisa juga gunakan ramuan lidah buaya. Lidah buaya dikupas kulitnya dan ambil bagian dagingnya sebanyak dua jari, kemudian dicacah. Tambahkan air hangat dan madu, lalu diminumkan pada anak 1-2 kali sehari.   * Batuk karena angin atau dahak susah keluar Sediakan 1 butir bawang merah diparut, 1 ruas jari jahe diparut dan diperas airnya, 7 butir adas manis, 1 ruas jari kunyit diparut dan diperas airnya, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan 1/2 gelas air. Masukkan semua bahan di cangkir, kemudian kukus dan setelah itu saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2 sendok teh.   * Batuk berlendir Campurkan air jahe 1 sendok makan, air kunyit 1 sendok makan, bawang putih 1 siung diparut, air jeruk nipis 1 sendok makan, madu 1 sendok makan, dan 3 sendok makan air matang, kemudian dikukus. Diminumkan 3-4 kali sehari 2 sendok teh.   * Pilek Siapkan bawang merah yang diparut, lalu tapelkan pada tulang leher ketujuh (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak setelah sebelumnya diolesi minyak kayu putih. Beri juga minuman yang hangat-hangat, seperti minuman beras kencur. Selain itu, jemur anak di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7 atau di bawah jam 9 pagi. Panaskan bagian dada seperempat jam dan kemudian punggung seperempat jam. Ini bisa dilakukan sambil jalan-jalan pagi.   * Mata bintitan Ambil getah dari batang tanaman patikan kebo atau getah dari batang pohon meniran. Tempelkan sedikit pada kapas, lalu oleskan pada bagian bintitnya, sedikit saja, jangan sampai terkena mata.   * Mata merah Taruh 3 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih pada wadah mangkok. Seduh dengan air panas. Setelah airnya dingin, minta anak untuk mengedip-ngedipkan matanya dalam air tersebut.   * Sariawan Ambil sebuah tomat matang, seduh dengan air panas dan kupas kulitnya. Haluskan tomat tersebut dengan menggunakan sendok, saring dan tambahkan sedikit gula. Beri anak minumam sari tomat tersebut.   * Tak nafsu makan Menurut Endah, hilangnya nafu makan dapat disebabkan cacingan atau hal lain seperti masuk angin. Cara mengatasinya, bersihkan 1 lembar daun jarak pagar, setelah itu hangatkan sebentar di atas tutup panci. Beri olesan minyak kelapa pada daun tersebut dan dipilin, kemudian tempelkan daun tersebut di atas pusar anak, yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak telon. Bila usia anak sudah lebih dari setahun, coba berikan ramuan 1 telapak tangan daun pepaya, 1 ruas jari temu hitam/temu ireng, seruas jari tempe bosok (tempe kemarin), dan sedikit garam. Semua bahan ditumbuk halus, lalu peras pakai kain dan masukkan ke mulut anak. "Khasiat temu hitam untuk mengeluarkan cacing, sedangkan daun pepaya untuk menambah nafsu makannya, dan tempe bosok untuk stamina atau kekuatan tubuhnya. Untuk menambah nafsu makan anak bisa juga dengan ramuan: 1 ruas jari temulawak, gula merah, air secukupnya, dan sedikit garam, kemudian rebus dan saring. Minumkan pada anak 1-2 sendok makan sehari   * Mimisan Selembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dipilin dan disumpalkan ke hidung anak. Untuk pengobatan dari dalam tubuh lakukan dengan ramuan: 1/2 jempol umbi bidara upas yang sudah bersih diparut dan diseduh dengan 1 cangkir air panas, kemudian disaring, dan setelah dingin diminumkan ke anak ditambah sedikit madu.   * Benjol karena benturan Rendam 1 sendok makan beras. Tumbuk bersama kencur dan beri sedikit garam. Setelah halus, tempelkan ke bagian yang benjol. Bisa juga diberi ramuan: bawang putih diparut dan diberi ramuan: bawang putih diparut dan diberi madu, setelah itu dioleskan ke bagian yang benjol.   * Keringat buntet Sesering mungkin dibedaki tepung kanji.   * Congekan Cuci bersih 3 lembar daun miana atau 7 lembar daun samiloto segar atau lengkuas merah muda, lalu tumbuk halus. Peras pakai kain bersih dan teteskan air perasannya ke telinga. Lakukan dua kali sehari, masing-masing 3 tetes.   * Panu Dua jari langkuas merah diparut dan diberi sedikit cuka, oles-oleskan pagi dan sore atau malam hari pada bagian tubuh yang berpanu tersebut.   * Koreng atau borok kepala Batang brotowali dipotong-potong sebanyak 5 jari. Rebus dengan sedikit air, oleskan pada bagian kepala. Bisa juga diberi ramuan: daun brotowali, parutan kunyit dan sedikit garam ditumbuk halus. Oleskan ke kepala. Boleh juga hanya dengan kunyit saja.   * Sakit gigi Bawang putih diparut, ditambah sedikit garam, kemudian sumpal ke gigi yang sakit karena berlubang.   * Digigit nyamuk Hilangkan bekas gigitannya dengan tanaman sambiloto yang diremas-remas dan dioleskan ke bagian bekas gigitan tersebut. Kalau tak ada sambiloto bisa digunakan minyak sereh.   * Asma Sepuluh siung bawang putih diparut, ditambah madu 1 gelas, kemudian dikukus. Berikan pada anak sebanyak 1 sendok teh, dua kali sehari. Bisa juga, 10 siung bawang putih diparut, 1 ons gula batu, direbus bersama 1 gelas air.   * Luka-luka berdarah Cuci bersih daun jambu biji atau daun bandotan, kemudian remas-remas. Tapelkan pada luka tersebut. Darah akan berhenti segera.   * Keracunan Minum air kelapa hijau muda 3 kali sehari 1/4 gelas.   * Biduran atau kaligata Balurkan tubuh dengan minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon. Untuk ramuan minum: 1 jari temulawak dipotong-potong, beri sedikit gula merah, dan garam direbus dengan 1 gelas air. Saring dan bila sudah dingin diminumkan 3 kali sehari 1/4 gelas.   semoga bermanfaat ...  
   
07-04-2008 17:05:04 Dokter Anak
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Masalah yang biasa ditemukan dengan Dokter Anak

( Jumat, 10/08/2007 11:18 )



COMMON PROBLEMS IN PEDIATRICS



Beberapa negara, terutama negara maju, telah menerapkan konsep partnership atau kemitraan antara dokter dan konsumen medis (pasien). Kondisi ini suka atau tidak suka masih belum membudaya di negara kita, Indonesia. Sistem yg berlaku relatif paternalistik. Sementara itu di era komunikasi ini, konsumen banyak sekali dibantu dengan kemudahan teknologi yg ada. Melalui internet, konsumen medis dapat belajar lebih jauh untuk memahami masalah kesehatan. Sehingga pasien yg aktif berpartisipasi dalam menangani masalah kesehatannya merupakan hal penting dalam layanan kedokteran yang baik. Karenanya, istilah Konsumen Medis jauh lebih tepat dibandingkan “pasien”. Konsumen terkesan lebih aktif dibandingkan dg pasien yg terkesan pasif dan pasrah. Ingat, sebagai konsumen medis/kesehatan, kita memiliki hak, bukan hanya kewajiban.



Apa hak konsumen kesehatan? Memperoleh informasi yang benar dan obyektif. Hal ini sesuai dengan tugas seorang tenaga kesehatan. Tugas dokter bukan hanya KURATIF (mengobati kondisi sakit), melainkan juga EDUKATIF PROMOTIF (penyuluhan kesehatan) dan upaya PREVENTIF (Pencegahan).



Apa kewajiban konsumen? Learn as much as possible. Salah satunya adalah mencari informasi, mempelajari dasar-dasar kesehatan dan mempelajari segala sesuatu perihal penyakit yang sedang dialami. Manfaatkan kemajuan teknologi yanga ada. Cari informasi kesehatan melalui internet, tetapi selektiflah memilih situs yang dipercaya. Be active, speak up terutama saat medical visit. Jika perlu cari 2nd opinion.



Topik pertemuan kali ini adalah berbagai masalah kesehatan yang umum terjadi pada anak. Selain demam, alasan terbanyak orangtua membawa anaknya ke dokter adalah batuk pilek, radang tenggorokan, dan diare. Orang tua panik, anak memperoleh berbagai macam obat yang belum tentu diperlukan, yang juga belum tentu tanpa efek samping. Sedihnya lagi, tak jarang anak diberikan antibiotik. Padahal sebagian besar penyebabnya adalah virus, yang tidak bisa "dilawan" oleh antibiotik.



Demam, batuk-pilek, radang tenggorokan, diare, merupakan kondisi langganan anak-anak. Pelajarilah, agar dapat bertindak dengan tenang dan rasional, agar tidak tergopoh-gopoh mengambil obat dan mengobati gejala-gejala tersebut.



Semoga melalui sharing dan materi ini kita, para orang tua, akan jauh lebih bijak dalam menyikapi masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak.



SLIDE 1. Common Problems in Pediatrics : Title

Peran seorang pasien (tepatnya konsumen medis) sangat berpengaruh dan menentukan dalam kinerja tenaga medis. Konsumen medis yang aktif berpartisipasi dalam menangani masalah kesehatannya, akan sangat membantu kinerja dokter dan tenaga medis lainnya. Terutama kinerja dokter untuk tetap berpegang pada prinsip pola pengobatan yang rasional (Rational Use of Drugs / RUD) . Pola pengobatan yang rasional adalah AMAN dan COST EFFECTIVE. Perlu kita ketahui banyak faktor yang berperan dalam pemberian obat. Paling tidak ada 3 faktor yang dominan berperan kuat, yaitu dokter (penulis resep), konsumen (pasien) dan industri obat.



Intinya, konsumen (pasien) yang tidak rasional akan mendorong iklim layanan kesehatan yang tidak rasional pula. Demikian pula sebaliknya.



SLIDE 2. IRRATIONAL USE OF DRUGS (IRUD)

Pola pengobatan yang irrational menjadi concern seluruh dunia.



Minimal ada dua masalah utama perihal IRUD yaitu polifarmasi dan pemberian antibiotik yg berlebihan/tidak pada tempatnya.



Masalah polifarmasi tanpa disadari sering terjadi, terutama saat anak sakit.



Evaluasi kembali buku kesehatan / kartu berobat putra/I bapak/ibu.



Perhatikan berapa kali dalam 1 th kita membawa anak berobat karena sakit.



Coba jawab pertanyaan berikut :





· Berapa kali dalam kunjungan ke dokter, ibu tidak memperoleh obat ?

Tidak juga antibiotik ?

· Apakah setiap kali berobat anak mendapatkan obat puyer ?

· Berapa jumlah obat dalam tiap puyer ?



Umumnya para dokter mengajukan minimal 3 alasan mengapa mereka cenderung “abusive”, yaitu :



1. LACK OF CONFIDENCE.

Kebanyakan dokter sering tidak yakin atau merasa kurang PEDE untuk menyatakan bahwa pasien tsb sakit akibat infeksi virus, yang tidak membutuhkan antibiotik. Para dokter juga merasa “insecure” takut pasien pindah ke dokter lain.

2. PATIENT PRESSURE.

Tidak sedikit pasien, tanpa disadari, memilih bersikap pasif dan menganggap dokter tahu yg terbaik. Sehingga obat yang diberikan dokter pasti yang terbaik. Padahal dokter dapat bisa saja salah memberikan obat.



Pasien yang irasional, sering menuntut dokter untuk memberikan antibiotik , karena menganggap antibiotik merupakan “obat dewa” yang bisa menyembuhkan segala kondisi. Pasien irrasional sering “menuntut” dokter sebagai “tukang sihir”, yang dapat memberikan obat yang cespleng.



DOCTOR is a kind of MAGICIAN sehingga setiap kita ke dokter kita selalu berharap segera sembuh. Hal ini juga menimbulkan beban tersendiri bagi para dokter.



3. COMPANY PRESSURE.

Dalam Doctor-patient partnership, dokter sangat bergantung/membutuhkan pasien sebagaimana pasien bergantung / membutuhkan dokter. Tindakan pasien akan sangat mempengaruhi tindakan sang dokter. Pasien yang irrasional akan mendorong dokter menjadi irrasional. Intinya adalah tanggung jawab atau kewajiban menyehatkan anak bukan hanya di bahu seorang dokter, tetapi juga orangtua sbg konsumen medis.



SLIDE 3. IMMUNE SYSTEM

Sejak lahir Tuhan telah melengkapi kita dengan sistem imun (daya tahan tubuh) yang sempurna & canggih. Diantaranya ASI.



Secara garis besar, sistem imun terdiri atas 2 bagian, yaitu :

1. Bagian yang langsung “membunuh” kuman/virus/parasit, dll yang menyerang tubuh kita dan membuat tameng / proteksi untuk “serangan” serupa.



Sistem imun yang bertugas langsung membasmi “musuh” tsb adalah Sel Darah Putih atau LEUKOSIT. Leukosit juga membentuk antibodi, suatu zat untuk menetralisir “musuh” bila suatu saat kita kembali terserang oleh infeksi yang sama.



2. Bagian atau sel-sel yang bertugas membantu sel leukosit sehingga leukosit jauh lebih efektif “serangan”nya.



SLIDE 4. BACTERIA & VIRUS

Kedua makhluk tersebut amat dangat kecil tetapi memiliki canggih & lihai agar dapat lolos dari serangan sistem imun tubuh kita.

· Bakteri.

Bakteri ada dimana-mana, di alam, dan di sekitar kita. Bahkan tubuh kita dipenuhi oleh bakteri. Bahkan ASI mengandung bakteri.



Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas bakteri TIDAK JAHAT, bahkan menguntungkan. Kita justru membutuhkan bakteri tsb di dalam usus seperti untuk :



a) Mencernakan makanan menjadi zat-zat bergizi

b) Mengolah makanan menjadi vitamin B & K

c) Melindungi kita agar tidak terinfeksi oleh kuman yang jahat.

d) Membantu pencernaan agar kita tidak sembelit



Berdasarkan sifat kimiawinya, bakteri dibagi dua yaitu bakteri Gram Positif dan bakteri Gram negatif.



1. Bakteri Gram positif

a. umumnya lebih mudah di”lawan” dibandingkan bakteri Gram negatif.

b. dapat diatasi oleh antibiotik yang ringan (narrow spectrum antibiotik)

c. umumnya menyebabkan Infeksi di bagian atas diafragma



2. Bakteri Gram negatif

a. menyebabkan infeksi di bagian bawah diafragma



Broad spectrum antibiotics adalah antibiotik yang menyerang kedua kelompok bakteri di atas



INGAT :

- Pemberian antibiotik yang terlalu sering dan terlalu lama akan mematikan kuman yang baik. Hal ini akan menganggu pencernaan misalnya diare akibat munculnya banyak jamur, kekurangan vitamin B & K.

- Semakin sering kita memakan antibiotik, semakin sering kita jatuh sakit.

· Virus.

Virus jauh lebih kecil daripada bakteri. Virus tidak dapat dibunuh oleh obat, antibiotik sama sekali tidak bekerja terhadap virus. Virus hanya bisa dibasmi oleh sistem imun atau daya tahan tubuh kita.



SLIDE 5. RADANG / INFLAMMATION - ITIS

Kita sering menyalahartikan istilah radang sebagai suatu keadaan akibat infeksi kuman.

Radang atau inflamasi artinya MERAH, BENGKAK, dan SAKIT. Radang tenggorokan, artinya tenggorokannya merah, sakit, dan mungkin agak membengkak (amandelnya).

v Radang karena INFEKSI.

Radang akibat infeksi dapat dibagi2, yaitu :

1. Radang karena kuman

2. Radang karena virus.

85% radang tenggorokan pada bayi/anak disebabkan oleh infeksi VIRUS - sehingga tidak perlu antibiotik.

v Radang BUKAN INFEKSI.

Biasanya disebabkan oleh kondisi seperti ALERGI, TRAUMA, AUTOIMMUN, TEETHING, dll. Kesemuanya, sekali lagi, tidak dapat diobati dengan antibiotik. Upaya terbaik mengatasi alergi adalah avoidance- mengurangi kemungkinan exposure hal2 yang bisa menimbulkan alergi (debu, karpet, binatang berbulu, mainan berbulu, AC, makanan tertentu dengan pewarna, pengawet, perasa sintetik, permen, sea food, dll).

v Demikian halnya dengan DEMAM.



Demam dapat disebabkan oleh infeksi dan juga bukan karena infeksi.



Sekali lagi, penyebab demam terbanyak pada anak adalah infeksi virus. Demam itu sendiri merupakan salah senjata tubuh untuk melawan infeksi. Dengan perkataan lain, kalau ada infeksi, tubuh kita memproduksi panas sebagai bagian dari sistem imun untuk melawan infeksinya. Tetapi demam juga bisa dikarenakan hal lain yg tidak ada hubungannya dg infeksi.



SLIDE 6. FEVER

Demam adalah alasan terbanyak orangtua membawa anaknya ke dokter. Apalagi jika orangtua tidak memiliki ilmu yang cukup mengenai demam, penyebab demam & tatacara merawat anak demam.



Bahayakah demam itu ? Burukkah demam itu ?



Tidak ada sesuatu yang 100% buruk atau 100% baik. Demikian juga dengan demam. Tuhan pasti memiliki maksud dibalik fenomena demam.



There is something for many reasons.



Tubuh kita diciptakan oleh Tuhan dengan dilengkapi mekanisme pengaturan yang canggih, termasuk mekanisme pengaturan suhu.



Di otak kita terdapat termostat bernama hipotalamus yang mengatur mekanisme ini. Tepatnya terdapat pusat pengaturan suhu disebut juga SET POINT. Pengatur suhu tubuh ini akan memastikan tubuh kita senantiasa pada suhu konstan (sekitar 37C) .



Demam adalah kondisi dimana otak (melalui Set Point) memasag suhu diatas setting normal yaitu > 38C. Namun demikian demam yang sesungguhnya adalah bila suhu >38.5C. Akibat kenaikan setting suhu tubuh tsb, maka tubuh akan memproduksi panas melalui tahapan : menggigil hingga mencapai suhu puncak à suhu demam stabil à suhu mulai turun.



Bagaimana dan mengapa timbul demam ?

Peningkatan suhu tubuh ini disebabkan oleh beredarnya molekul kecil dalam tubuh, yaitu PIROGEN – suatu zat pencetus panas.



Apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan pirogen ?

Penyebabnya antara lain : infeksi, radang, keganasan, alergi. Teething, dll. Pada saat terserang infeksi, sistem imun tubuh kita akan membasmi infeksi tsb dengan serangan leukosit (sel darah putih).



Agar tugas leukosit tsb efektif dan tepat sasaran, dibutuhkan dukungan banyak pihak termasuk pirogen, yang ebrtugas :

1. Mengerahkan sel darah putih (leukosit)

2. Menimbulkan demam yang akan membunuh virus. Karena virus tidak dapat hidup di suhu tinggi. Sementara itu virus akan tumbuh subut di suhu rendah.



Perhatikan hal berikut :

1. Selama infeksi masih berlangsung, memang harus ada demam.

2. Demam merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh untuk membasmi infeksi.

3. Prinsip utama adalah cari penyebab timbulnya demam. Dengan mengetahui sumber masalahnya, maka kita dapat bertindak secara rasional. Pada anak penyebab utamanya adalah infeksi virus.

4. Beri minum lebih banyak dari biasanya. Waspadai kemungkinan terjadinya komplikasi dehidrasi.



American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasi tatacara penanganan demam. Berikut kondisi kapan orang tua harus menghubungi dokter :

v Bila bayi berusia < 3 bulan dengan suhu tubuh > 38C

v Bila bayi berusia 3 – 6 bulan dengan suhu tubuh > 38.3C

v Bayi dan anak berusia > 6 bulan, dengan suhu tubuh > 40C



Konsultasikan juga dengan dokter jika terdapat kondisi berikut :

v Sama sekali tidak mau minum atau sudah dehidrasi; Gelisah, muntah, diare

v Iritabel atau menangis terus menerus, tidak dapat ditenangkan

v Tidur terus menerus, lemas dan sulit dibangunkan (lethargic)

v Kejang; Kaku kuduk leher; Sakit kepala hebat

v Sesak napas

v Gelisah, muntah, daire



SLIDE 7. TREATING FEVER



Point-point utama yang harus diperhatikan selama merawat anak demam adalah :



1. Mencari penyebab demam dan memperhatikan pola perilaku anak.

Amati tingkah laku anak. Jika perilaku anak hampir sama seperti biasanya, maka kita tidak perlu khawatir. Karena pada dasarnya demam itu bukan hal yang membahayakan.



2. Cegah dehidrasi.

Demam akan meningkatkan penguapan cairan tubuh. Karenanya bayi dan anak beresiko mengalami dehidrasi. Berikan cairan lebih banyak. Berikan air, air sup, jus buah segar yang dicampur air, es batu, es krim.

Bila muntah atau diare, berikan minuman elektrolit : pedialyte, oralit.



3. Ruangan dijaga agar tidak panas, pasang kipas angin. Anak memakai baju yang tipis.



4. Kompres air hangat atau berendam di ari hangat.



5. Biarkan anak memakan apa yang diinginkan. Jangan dipaksa. Hindarkan makanan berlemak, karena sulit dicerna oleh tubuh.



6. Meskipun anak dianjurkan untuk tidak masuk sekolah, bukan berarti ia harus berada di tempat tidur seharian.



7. Pemberian obat penurun panas mengikuti aturan berikut :

104 (>40C) : Beri obat penurun panas, kompres hangat, hubungi dokter.



Ingat: DO NOT TREAT LOW GRADE FEVER (< 38.3C)



SLIDE 8. COLDS AND FLU

Penyebabnya infeksi virus. Umumnya berlangsung selama 5 hari (3 – 14 hari rentangnya) tergantung daya tahan tubuh dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau di sekolah. Jika bai dan anak memiliki saudara kandung yang lebih besar dan sudah bersekolah, maka ia sangat potensial sering mengalami colds & flu.



Tidak ada obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh anak terhadap infeksi virus flu akan meningkat sejalan dengan waktu



Tatalaksana:

v Yang paling dibutuhkan adalah cairan, sering minum meski sedikit2.

v Supaya ”ingus” tidak kental dan menyumbat jalan nafas, berikan air garam steril sebagai tetes hidung. Air garam steril ini tidak akan menimbulkan efek samping. Menghirup uap air panas juga banyak membantu saat mengalami colds & flu.

v Apabila pada malam hari tiak dapat tidur karena hidung tersumbat, beri tetes hidung untuk menghilangkan pembengkakan di dalam hidung (Breathy).

v Humid environment, jangan kering seperti dalam ruangan berAC. Kalau perlu, taruh satu ember berisi air mendidih setelah anak tidur.

v Paracetamol – bila bayi/anak uncomfortable atau high fever (>38.5)

v Di lain pihak, kita sering mengacaukan alergi dengan flu. Pada alergi yg mengenai hidung, anak juga akan ”meler” tetapi anak tidak demam, tetap aktif bermain. Bukan berarti juga anak menderita infeksi virus flu.



Pencegahan:

v Sering cuci tangan

v Hindari kontak erat dengan penderita flu

v Jaga kebersihan rumah seperti di kamar mandi, dapur, dsb.



Kapan menghubungi dokter?

v Persistent cough, fever > 72 hours

v Sesak nafas, kuku dan bibir tampak biru

v Luar biasa rewel, atau luar biasa mengantuk (sangat sulit dibangunkan)



Ingat: Tidak ada obat pilek yang efektif untuk bayi dan anak.



SLIDE 9. SORE THROAT / PHARYNGITIS (Radang tenggorokan & infeksi amandel)

v Umumnya disebabkan oleh infeksi virus. ARTINYA: akan sembuh sendiri – self limiting; dan samasekali tidak memerlukan antibiotik.

v Hanya sekitar 15% saja yg infeksinya disebabkan oleh kuman Streptococcus dan umumnya menyerang anak usia 4 – 7 tahun. Dengan catatan, diagnosisnya harus berdasarkan biakan usap tenggorokan.



Tatalaksana



Banyak minum; minuman yg hangat akan memberikan rasa nyaman di tenggorokan.



Untuk anak yg lebih besar, bisa diajarkan untuk kumur2 atau mengisap lozenges.



Kalau panas atau kesakitan, berikan paracetamol (seperti panadol atau tempra).



Kalau hidung tersumbat, dapat diberikan tetes hidung NaCl dan menghirup uap panas. Kalau anak sangat terganggu, dapat diberikan Nasal decongestant.



SLIDE 10. COUGHS



Jika kita membaca literaratur kedokteran, sering diungkapkan bahwa batuk merupakan suatu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang mengganggu saluran nafas kita, seperti dahak, riak, benda asing (kacang, dsb). Batuk sebagai anugerah terindah dari Tuhan sering disikapi dengan tidak bijak oleh mereka yang tidak memahaminya.



Andaikan kita perhatikan sejenak para pada penderita stroke misalnya. Karena adanya gangguan dalam otak, refleks batuknya terganggu. Akibatnya dahak menumpuk di paru2 dan ybs umumnya mengalami pneumonia. Hingga berefek fatal kematian pada penderita tsb.



Batuk bukanlah momok. Melalui batuk, kita tetap dapat bernafas, karena lendir yang mengganggu saluran nafas akan dikeluarkan saat batuk. Dengan batuk, kita terhindari dari bahaya tersedak benda asing yang masuk ke saluran nafas kita.



Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa penyebab batuk. Infeksi kah atau bukan infeksi.



Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.



Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sd 2 minggu. Bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada anak lain yang lebih besar yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi. Alergi yang dimaksud bisa dalam bentuk alergi hidung (Allergic rhinitis), asma, alergi suatu zat dari lingkungan. Penyebab lainnya adalah sinusitis, reflux, pneumonia.



Tatalaksana :

M Cari PENYEBAB batuk.



Jika batuk disebabkan oleh produksi dahak yang berlebihan, maka upaya yang perlu dilakukan adalah mengurangi produksi lendir. Melalui cara :

v Minum banyak yang hangat misalnya lemon

v Jangan ada asap rokok

v Rangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air panas biarkan beberapa lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air panas mendidih, atau pasang humidifier)

v Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi

v NO – ANTIBIOTICS. Ingat ! Kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik

v NO cough suppressant. Jangan mengkonsumsi obat penekan refleks batuk (seperti DMP). Anehnya, anak kita sering mendapatkan obat racikan / puyer yang salah satu kandungannya codein (sejenis narkotika) yang tidak diketahui manfaatnya.



Pada dasarnya, TIDAK ADA yang namanya obat batuk itu.

Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya !



SLIDE 11. BRONCHITIS (INFEKSI SALURAN NAFAS)



Penyebab banyak, tetapi yang tersering adalah alergi (Allergic rhinitis, asthma, environmental exposures). Bisa juga karena sinusitis, refluks, reaksi obat, kelainan bawaan saluran napas, tersedak “benda asing”, pneumonia (virus, jamur). Mohon diingat – pneumonia belum tentu karena infeksi bakteri. Jadi - belum tentu perlu antibiotik. Biasanya ditandai dengan batuk lama.



Tatalaksana :

v Mencari penyebab. Bila karena alergi – modifikasi lingkungan sekitar untuk mengurangi eksposur pada anak

v Humidifikasi

v Ekstra cairan, dll



Jika anak kita dinyatakan menderita bronkitis, maka kita harus segera berpikir bahwa -itis di sini artinya radang – inflamasi. Penyebabnya belum tentu infeksi bakteri - mayoritas bronkitis pada anak tidak perlu antibiotik.



SLIDE 12. EAR INFECTION



Penyebab :

v Umumnya karena infeksi virus

v Pasca infeksi hidung atau radang tenggorokan seperti cold / flu

v Tooth problem



Gejala:

v Sakit telinga (biasanya 1 sisi), demam, pilek dengan hidung buntu, rewel, telinga di-tarik2, nafsu makan menurun

v Kadang2 tampak cairan kuning keluar dari telinga, kadang2 juga anak mengalami sedikit gangguan pendengaran

v Rata-rata setiap anak mengalami infeksi minimal 1 x sebelum usia 5 tahun.



Tatalaksana :

v Penghilang rasa sakit

v Posisi tegak/upright position,

v Jangan ada yang merokok

v Jangan minum susu dari dot-botol sambil tiduran

v Air hangat di botol, bungkus kain perca, taruh di atas telinga

v Kalau perlu minum obat decongestant (mengurangi hidung buntu)



Pencegahan: berikan ASI selama mungkin



Hubungi DOKTER / penggunaan ANTIBIOTIK :

v Bila berkepanjangan, lebih dari 2 minggu atau

v Bila infeksi berat dan anak kesakitan hebat



SLIDE 13. DIARRHEA - VOMITING

Hampir serupa dengan batuk, diare & muntah adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan pada manusia. Diare & muntah adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan racun, virus/kuman yang masuk ke dalam tubuh. Diare & muntah itu ibarat alarm tubuh untuk memberitahukan bahwa ada sesuatu yg tidak beres dalam tubuh kita.



Yang perlu dilakukan adalah mencari PENYEBAB nya.



Tidak perlu diberikan obat anti muntah atau obat untuk “mampet”kan diarenya. Obat-obat tsb memang akan mengurangi/menghentikan diare/muntah, tetapi tidak mengobati penyakitnya.



Perbaikan tersebut bersifat “semu”. Ibarat bom waktu. Kita terkecoh seolah anak membaik, padahal penyakitnya masih terus berlangsung. Selain itu, obat2 tersebut juga bukan tanpa risiko / efek samping.





PENYEBAB:



v >80% penyebabnya pada anak, terutama bayi, adalah virus. Dikenal juga dengan ROTAVIRUS.

v Food poisoning

v Alergi makanan,

v Pemakaian antibiotik.



TATALAKSANA – CEGAH DEHIDRASI - Minum banyak

v ASI diteruskan, campur dg Oral rehydration Solution (ORS) seperti pedialit atau oralit.

v Perbanyak minum.

v Bila diare hebat, fokus pada upaya rehidrasi (menjaga agar tidak dehidrasi). Kalau perlu, untuk sementara waktu tidak perlu makan sampai dehidrasi teratasi











Kapan menghubungi dokter?

v Ada darah di tinja atau tinja berwarna hitam

v Tanda-tanda dehidrasi berat : tidak buang air kecil > 8 jam, bibir kering, air mata kering ketika menangis, skin turgor menurun (jika tangan dicubit, tidak akan kembali seperti semula), mata cekung, abdomen (sekitar perut) cekung, fontanelle (ubun-ubun) pada bayi cekung.

v Luar biasa mengantuk, sulit dibangunkan

v Luar biasa lemas, layu



PRINSIP:

v Umumnya tidak perlu diberi antibiotik, antibiotik hanya bila tinja berdarah (butuh evidence/lab). Pada banyak kasus, antibiotik justru akan memperparah diarenya. Belum lagi pemakaian antibiotik tidak pada tempatnya akan menyebabkan infeksi tambahan oleh jamur/fungus/candida

v Jangan minum obat untuk menghentikan diare seperti primperan, motilium, juga tidak perlu minum Kaopectate, smecta, ensim, dsb.

v Pada diare biasa, tidak perlu mengganti susu formula.

- INGAT - Jangan memberikan obat anti muntah!!!!



SLIDE 14. KONSTIPASI



PENYEBAB:

Penyebab utama biasanya pola perilaku, khususnya pola konsumsi makanan yang low-fiber, high-fat & high-sugar.



Pola makan kita dulu sarat dengan sayur dan buah (serat), sekarang beralih ke fast food yang bukan hanya rendah serat, tetapi juga tinggi garam dan lemak. Penyebab lainnya adalah:

v Kurang minum

v Ignoring the urge (anak mengacuhkan rasa ingin buang air besar dan justru menahannya)

v Kurang gerak/olah raga, banyak duduk

v Penyakit: Hypothyroidism (kelenjar gondok kurang berfungsi, jarang, ada gejala lain sejak bayi seperti retardasi mental), retardasi mental



GEJALA:

v Sakit perut, melilit, mules, kembung

v Nafsu makan menurun

v Rewel

v Celana dalam ada berkas tinja (Soiled underwear)

v Tinja keras, tinja ada goresan/bercak darah (Large/blood streaked stools)

v Sering buang air kecil



TATALAKSANA :

v Minum banyak

v Pola makan yang kaya serat

v Lebih memperhatikan bowel’s habit dari anak.

v Melatih anak akan kebersihan.

v Berbicara & diskusi dengan anak.

   


Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda, kolik sebenarnya bukan penyakit yang serius bunda. Tapi kalau bayi nangis lebih dari 3 jam sehari dan ini terus terjadi 4 hari dalam seminggu bisa jadi bayi bunda terserang kolik.

Gangguan kolik ini terjadi saat bayi baru lahir sampai bayi menginjak usia 3-4 bulan. Ada banyak hal yang menyebabkan bayi menangis terus menerus, dan bisa jadi itu dari popok yang tak nyaman. Jika begitu, pilih saja yang nyaman misalnya merries

Penyebab kolik sih belum pasti bunda. Kolik sering dikaitkan dengan adanya gangguan pada saluran pencernaan, misalnya akibat mengejangnya otot di dinding usus atau ada udara dalam usus. Mungkin juga kolik terjadi karena bayi mengalami intolerensi laktosa atau alergi dengan susu sapi/susu formula.

Tidak ada cara yang tepat untuk mencegah kolik, tapi bunda tetap bisa mencoba meminimalkan penyebabnya. Misalnya saja, bunda bisa memeriksa apa posisi mulutnya sudah pas saat menyusui, dan bayi sendawa dengan benar sehabis menyusi sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalam usus.

Gejala kolik yang patut diwaspadai

  1. Sehabis minum atau saat baru bangun tidur bayi menangis secara berlebihan terutama di malam hari, tetapi sebelumnya bayi tetap normal dan sehat selain waktu-waktu itu.
  2. Tangisnya sulit dihentikan saat serangan terjadi
  3. Saat menangis, wajahnya jadi kemerahan dan kakinya diangkat-angkat (lutut ditekuk ke arah dadanya).
  4. Perut kembung

Coba Lakukan Ini Bun

  1. Pastikan kebutuhan bayi terpenuhi. Misal, jangan sampai dia terlalu lapar atau harus menunggu lama untuk disusui.
  2. Peluk agar bayi merasa aman. Nikmati saja kontak kulit ke kulit dengan bayi.
  3. Usap punggungnya dengan kereta dorong atau naik mobil agar bayi merasa tenang.
  4. Mandikan dengan air hangat dan ciptakan suasana rileks di malam hari.
  5. Ayun-ayun si kecil sambil nyanyikan atau putar lagu favoritnya.

sumber : ayahbunda

   
Jumlah Posts : 323
Jumlah di-Like : belum ada like

www.obatfruitplant.com / Hub 082113202202 BB 238AF029

3 GREEN HWI 

Harga  Rp. 200.000
Isi   60 Kapsul

3 Green merupakan produk kesehatan keluaran PT HWI dan sudah terdaftar BPOM TR.103319281. 

3 GREEN mengandung tiga sumber nutrisi terbaik yang disebut Natural Superfoods yaitu : Spirulina, Chlorella dan Barley. 

Kaya akan protein nabati, Asam lemak tak jenuh Gamma Linolenic (GLA), asam amino, vitamin, mineral dan enzim.

1 botol Three Green (3 green) berisi 60 kapsul dan bisa digunakan untuk konsumsi dua mingguan sampai dengan satu bulan untuk pemakaian rutin.

Kandungan Utama 3 Green HWI :

1. Spirulina adalah ganggang ber sel satu berwarna hijau-biru, dikenal sebagai Natural Superfood, karena memiliki spectrum nutrisi paling luas. Spirulina dicanangkan sebagai makanan terbaik untuk masa depan dalam Konferens Makanan Sedunia PBB, pada tahun 1974

2. Chlorella, salah satu jenis ganggang hijau air tawar yang telah ada di bumi sejak sekitar 25 miliar tahun ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. CGF (Chlorella Growth Factor) merupakan zat penting dalam chlorella yang berperan dalam pertumbuhan sel-sel.Dengan mengkonsumsi CGF, maka penyediaan asam nukleat yang tinggi dan tercukupi akan menunda proses penuaan sel

3. Barley Green telah dimanfaatkan selama bertahun-tahun sebagai suplemen makanan karena kandungannya yang kaya akan vitamin, mineral, asam lemak esensial, enzim aktif, klorofil, berbagai antioksidan dan banyaknya kandungan fitonutrien yang diperlukan tubuh manusia. Barley Green juga mengandung komposisi nutrisi seimbang dan mudah dicerna tubuh. 


Produk ini merupakan makanan yang bersifat basa tinggi. Bila dikonsumsi dalam jangka panjang akan sangat membantu memperkuat kesehatan tubuh

Manfaat Utama 3 Green :

1. Meningkatkan fungsi otak dan system syaraf pusat
2. Mencegah penyakit degeneratif
3. Memperlambat proses penuaan (anti aging)
4. Meningkatkan sirkulasi darah
5. Meningkatkan imunitas tubuh
6. Membantu tubuh melakukan detosifikasi logam berat (mercury, cadmium, dll)
7. Menjaga keseimbangan RNA/DNA
8. Mempercepat penyembuhan luka keseimbangan
9. Mengurangi rasa sakit akibat radang
10.Melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas
11.Meningkatkan pertumbuhan bakteri baik (probiotic)
12.Membantu mengurangi lemak tubuh dan menurunkan kolestrol
13.Membantu menormalkan gula darah, baik untuk penderita diabetes maupun hipoglicemia
14.Menetralkan keasaman tubuh
15.Menyeimbangkan berat badan


Aturan Konsumsi 3 Green :

1 tablet x 2 kali sehari ( cukup buat 1bln 3Green)
Pemakaian untuk anak : 1/2 dosis dari orang dewasa
Jadi 3 GREEN berfungsi sebagai sahabat sekaligus pelengkap dari produk lain PT HWI yaitu Chlorophyll Mint Powder. 
Kombinasikan CMP dengan 3 GREEN untuk mendapatkan hasil yg lebih maksimal.

Cara minum 3 green + CMP:

pagi sebelum sarapan konsumsi 2 kapsul 3 green
sebelum makan siang konsumsi 1 sachet CMP + 300 ml air
sebelum makan sore konsumsi 1 sachet CMP + 300 ml air + 2 kapsul 3 green
sebelum tidur konsumsi 1 sachet CMP + 300 ml air
NB : jam 7 malam keatas tidak boleh makan berat dan minum air putih yang banyak

   


09-05-2014 09:40:29 JUAL STROLLER COCOLATTE TRIP
Jumlah Posts : 397
Jumlah di-Like : belum ada like



http://toko.semuada.com/baby-stroller/jual-stroller-cocolatte-trip-murah


#JUAL STROLLER COCOLATTE TRIP

INFORMASI DAN PEMESANAN
SMS Only/Whatsapp: 081310623755
PIN BB: 794bfea0
BBM Channel: C003AEA89

[b]KAMI HANYA MENJUAL BARANG READY STOCK DAN BARANG 100% BARU[/b]

[spoiler=HARAP DIBACA]
- TIDAK ADA BBM GROUP! Semua produk bisa lihat di web, facebook, instagram atau BBM Channel
- Harga dapat berubah sewaktu2. Harga yg berlaku adalah harga yg di website
- Stok terbatas, silahkan tanyakan stok dulu sebelum memesan
- Tidak ada sistem booking, siapa cepat dia dapat
- Transaksi sebelum jam 3 sore barang dikirim pada hari yg sama
- Untuk pos batas transaksi jam 10 pagi, lewat dari jam 10 pagi kirim hari berikutnya
- Pengiriman melalui Cargo hanya hari Senin, Rabu, dan Jumat
- Menerima pemasangan iklan di website kami (Syarat dan Ketentuan berlaku)
[/spoiler]

Harga: Rp. 1,546,000
Item ID: 1135
Usia -> 0bln - 3th
Berat bayi -> max 18kg
 
 
- Canopy
- Keranjang barang
- Pijakan Kaki
- Sandaran punggung bisa diatur sesuai keinginan
- Posisi kemiringan dapat diatur sebanyak 3 posisi yaitu tidur rata, setengah tidur dan duduk.
- Three Wheeler Lightweight Baby Stroller
- 5 titik sabuk pengaman
- Removable Safety Bar
- Ukuran kecil bila dilipat dan bisa berdiri
- Ada pengungci roda depannya
- Aluminium alloy body, the body light


http://toko.semuada.com/baby-stroller/jual-stroller-cocolatte-trip-murah


Website: http://toko.semuada.com
Testimoni: http://toko.semuada.com/testimoni
Resi: http://toko.semuada.com/resi
HappyCustomer: http://toko.semuada.com/gallery

#bayi #anak #baby #babyshop #newborn #Indonesia #gendongan #carriers #jakarta #bouncer #stroller #playmat #potty #reseller #dropship #promo #breastpump #asi #walker #mainan #olshop #onlineshop #onlinebabyshop #murah #anakku #batita #balita

[spoiler=Social Media]
Facebook: Bunda Salsabila Babyshop (https://www.facebook.com/bunda.salsabilla)
Twitter: @bundasalsabilla
Instagram: @bundasalsabilla
Kaskus: http://www.kaskus.co.id/search?f=&q=bunda.salsabila
[/spoiler]

[spoiler=Pilihan Jasa pengiriman]
Pilihan Jasa pengiriman:
? POS
? JNE
? Wahana
? Pahala
? Dakota
? Sentral Cargo
[/spoiler]

[spoiler=Menerima pesanan dan pengiriman dari dan ke seluruh Indonesia] Jakarta ? Tangerang ? Serang ? Cilegon ? Tangerang Selatan ? Bandung ? Banjar ? Bekasi ? Bogor ? Cimahi ? Cirebon ? Depok ? Sukabumi ? Tasikmalaya ? Magelang ? Pekalongan ? Salatiga ? Semarang ? Surakarta ? Tegal ? Klaten ? Batu ? Blitar ? JKW4P ?Kediri ? Madiun ? Malang ? Mojokerto ? Pasuruan ? Probolinggo ? Surabaya ? Yogyakarta ? ori ? original ? Banda Aceh ? Jaminan ? Beli ? Langsa ? Lhokseumawe ? Sabang ? Subulussalam ? Binjai ? Gunungsitoli ? Medan ? Padang Sidempuan ? Pematangsiantar ? Sibolga ? Toko Mainan Online ? Termurah ? Kaskus ? Tanjungbalai ? Tebing Tinggi ? Bengkulu ? Jambi ? Sungaipenuh ? Dumai ? Kampanye ?Pekanbaru ? Bukittinggi ? Padang ? Padangpanjang ? Pariaman ? Payakumbuh ? Sawahlunto ? Solok ? Lubuklinggau ? Pagar Alam ? Palembang ? Prabumulih ? Bandar Lampung ? Metro ? Pangkal Pinang ?  cod ? cash on delivery ? Batam ? Tanjung Pinang ? Pontianak ? Singkawang ? Banjarbaru ? Banjarmasin ? Palangka Raya ? Balikpapan ? Bontang ? Jokowi ? Samarinda ? Tarakan ? Nusa Tenggara ? Denpasar ? Bima ? Mataram ? Kupang ? Sulawesi ? Gorontalo ? Makassar ? Palopo ? Parepare ? Bau-Bau ? Kendari ? Palu ? Bitung ? Kotamobagu ? Manado ? Tomohon ? Maluku ? Ambon ? Tual ? Ternate ? Tidore ? Papua ? Jayapura ? Sorong[/spoiler]

[spoiler=Lain-lain, dibaca juga y]
- Dapat dolar dari perpendek link » http://smua.in/3rc «
- Mendatangkan devisa tanpa harus jadi TKI, pakai saja perpendek url ini » http://smua.in/3rc «
- #Testimoni » http://smua.in/testimoni « #bayi #anak #baby #newborn #babyshop #olshop #termurah #Indonesia #jakarta
- #HappyCustomer » http://smua.in/365 « #bayi #anak #baby #newborn #babyshop #olshop #termurah #Indonesia #jakarta
- Menerima pemasangan #iklan  » http://smua.in/2 « #bayi #anak #baby #newborn #babyshop #olshop #termurah #Indonesia #jakarta
- Untuk Informasi dan Pemesanan hubungi BBM 794bfea0 / Whatsapp 081310623755 #bayi #anak #newborn #babyshop #Indonesia #jakarta
- Berbagi hal baru & dapat #uang » http://smua.in/3pz « #indonesia
- Berbagi hal baru di akun media sosial & dapat #uang #tunai » http://smua.in/3pz « #indonesia
- Jadi yg #pertama berbagi #video Youtube, trailer film, konser & lainnya » http://smua.in/3pz « #indonesia
- Cara cepat, mudah & seru mendapatkan #uang tambahan » http://smua.in/3pz « #indonesia
- Luangkan waktumu & dapatkan #uang tambahan dg mudah » http://smua.in/3pz « #indonesia
- Asia Next Top Model Versi Anak2 :D » http://smua.in/3qa « #indonesia
- Kalau Anak2 jadi model » http://smua.in/3qa « #indonesia
- Tukang ngintip sih... » http://smua.in/3qn « #Indonesia
- Rumput tetangga memang selalu lebih hijau :D » http://smua.in/3qn « #Indonesia
- Ke #Lampung, Nicholas Saputra menemui #ayah & #anak ini » http://smua.in/3qs « #Indonesia
- Kisah inspiratif dalam secangkir #kopi » http://smua.in/3qs « #Indonesia
- Selalu ada kisah dalam secangkir #kopi » http://smua.in/3qs « #Indonesia
- 10 Foto yang mengajarkanmu makna kemanusiaan » http://smua.in/3r8 « #Indonesia
- 15 jenis komentar orang Indonesia di Facebook. Kamu termasuk yang mana? » http://smua.in/3r9 « #Indonesia
- Wanita ini sangat brilian! » http://smua.in/3re « #Indonesia
- Wanita ini berhasil mengubah kualitas hidup wanita #Indonesia » http://smua.in/3re «
- Semua bermula dari sisa-sisa kain tak terpakai » http://smua.in/3re « #Indonesia
- Sekali kamu ikutan ini, kamu tidak akan bisa menjauhkan diri dari komputer » http://smua.in/3rf « #Indonesia
- Surat Terbuka Untuk George Clooney :D » http://smua.in/3rg « #Indonesia
- Buat cewek2 yg frustrasi George Clooney akan menikah hrs lihat ini :D » http://smua.in/3rg « #Indonesia
- Ini cara pilih smartphone yg benar » http://smua.in/3rj « #Indonesia
- Apa alasanmu memilih smartphone? » http://smua.in/3rj « #Indonesia
- Siapa yg Bertanggungjawab Terhadap Cita-cita Anak-anak Ini? » http://http://smua.in/3ro « #Indonesia
- orang kreatif bisa dapat duit dari mana aja, tp yg satu ini sangat brilian! » http://smua.in/3rh « #Indonesia
- Inilah 20 cover kaset pilihan dari 3 dekade hasil karya musisi Indonesia! » http://smua.in/3rl «
- Inilah 20 cover kaset yang pernah hits di era 70-an, 80-an dan 90-an » http://smua.in/3rl « #Indonesia
- Ketika kaset masih merajai industri musik Indonesia » http://smua.in/3rl « #Indonesia
[/spoiler]
   
08-05-2014 14:35:28 kandungan lemah
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

ikutan sharing aja ya bunda...kebetulan saya juga sedang carin info unutk sepupu saya yang sedang promil, cari2 info di sini juga, ketemu di "Helpdesk menu" ( http://www.infobunda.com/info/2908-promil.html ) :

Dalam artikel yang saya temukan:
Apakah Anda sedang merencanakan program kehamilan dan ingin segera memiliki momongan? Bila ya, berikut ini adalah beberapa asupan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda.

Bayam
Makanan tokok kartun si popeye ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya kaya akan antioksidan, zat besi, vitamin E, vitamin B, asam folat, sayuran berwarna hijau ini bisa menambah asam folik di dalam tubuh manusia. Bila asam folik meningkat maka akan dapat membantu proses pembentukan sperma serta indung telur. Dengan mengkonsumsi bayam juga baik untuk sistem reproduksi Anda.
Infobunda : http://www.infobunda.com/brt/277-Makanan-yang-Disarankan-dalam-Program-Kehamilan.html#ixzz2m0HXPgRw


Tips :
- Hindari makanan yang rentan terkena pencemaran. Ada beberapa jenis makanan laut yang dicurigai tercemar polutan merkuri, seperti kerang. Buah-buahan dan sayur juga terkadang tercemar dengan bahan kimia (umumnya pestisida). Jangan lupa untuk selalu mencuci bersih sayur dan buah sebelum dikonsumsi.
- Beberapa ahli telah melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa kafein memiliki dampak negatif terhadap infertilitas wanita. Meskipun belum jelas apa pengaruh pastinya, tetapi dicurigai kafein yang terkandung dalam kopi dapat mempengaruhi produksi hormon estrogen yang berhubungan dengan masalah kesuburan. Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya Bunda hanya minum 2-3 cangkir kopi saja perharinya (300 mg kafein).
Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/423-Mau-hamil-Konsumsi-Jenis-Makanan-Ini.html#ixzz2m0IVbDnS

Atau bunda dapat melihat link saran lainnya yang berkaitan dengan pertanyaan bunda, pada pertanyaan yang sama di fitur helpdesk, yaitu :
http://www.infobunda.com/info/2521-vitamin-yang-tepat-saat-progam-hamil.html#ixzz2owrn0CMY atau cara cepat hamil pada link http://www.infobunda.com/info/1866-cepet-hamil.html "

semoga bisa membantu ^_^

   
Jumlah Posts : 397
Jumlah di-Like : belum ada like



http://toko.semuada.com/baby-stroller/jual-stroller-cocolatte-trip-murah


#JUAL KERETA DORONG BAYI STROLLER COCOLATTE TRIP

INFORMASI DAN PEMESANAN
SMS Only/Whatsapp: 081310623755
PIN BB: 794bfea0
BBM Channel: C003AEA89

[spoiler=HARAP DIBACA]
- TIDAK ADA BBM GROUP! Semua produk bisa lihat di web, facebook, instagram atau BBM Channel
- Harga dapat berubah sewaktu2. Harga yg berlaku adalah harga yg di website
- Stok terbatas, silahkan tanyakan stok dulu sebelum memesan
- Tidak ada sistem booking, siapa cepat dia dapat
- Transaksi sebelum jam 3 sore barang dikirim pada hari yg sama
- Untuk pos batas transaksi jam 10 pagi, lewat dari jam 10 pagi kirim hari berikutnya
- Pengiriman melalui Cargo hanya hari Senin, Rabu, dan Jumat
- Menerima pemasangan iklan di website kami (Syarat dan Ketentuan berlaku)
[/spoiler]

Harga: Rp. 1,546,000
Item ID: 1135
Usia -> 0bln - 3th
Berat bayi -> max 18kg
 
 
- Canopy
- Keranjang barang
- Pijakan Kaki
- Sandaran punggung bisa diatur sesuai keinginan
- Posisi kemiringan dapat diatur sebanyak 3 posisi yaitu tidur rata, setengah tidur dan duduk.
- Three Wheeler Lightweight Baby Stroller
- 5 titik sabuk pengaman
- Removable Safety Bar
- Ukuran kecil bila dilipat dan bisa berdiri
- Ada pengungci roda depannya
- Aluminium alloy body, the body light


http://toko.semuada.com/baby-stroller/jual-stroller-cocolatte-trip-murah


Website: http://toko.semuada.com
Testimoni: http://toko.semuada.com/testimoni
Resi: http://toko.semuada.com/resi
HappyCustomer: http://toko.semuada.com/gallery

#bayi #anak #baby #babyshop #newborn #barulahir #Indonesia #gendongan #carriers #jakarta #bouncer #stroller #playmat #potty #reseller #dropship #promo #breastpump #kursi #kursimakan #kursigetar #asi #jalan #walker #mainan #olshop #onlineshop #onlinebabyshop #murah

[spoiler=Social Media]
Facebook: Bunda Salsabila Babyshop (https://www.facebook.com/bunda.salsabilla)
Twitter: @bundasalsabilla
Instagram: @bundasalsabilla
Kaskus: http://www.kaskus.co.id/search?f=&q=bunda.salsabila
[/spoiler]

[spoiler=Pilihan Jasa pengiriman]
Pilihan Jasa pengiriman:
? POS
? JNE
? Wahana
? Pahala
? Dakota
? Sentral Cargo
[/spoiler]

[spoiler=Menerima pesanan dan pengiriman dari dan ke seluruh Indonesia] Jakarta ? Tangerang ? Serang ? Cilegon ? Tangerang Selatan ? Bandung ? Banjar ? Bekasi ? Bogor ? Cimahi ? Cirebon ? Depok ? Sukabumi ? Tasikmalaya ? Magelang ? Pekalongan ? Salatiga ? Semarang ? Surakarta ? Tegal ? Klaten ? Batu ? Blitar ? JKW4P ?Kediri ? Madiun ? Malang ? Mojokerto ? Pasuruan ? Probolinggo ? Surabaya ? Yogyakarta ? ori ? original ? Banda Aceh ? Jaminan ? Beli ? Langsa ? Lhokseumawe ? Sabang ? Subulussalam ? Binjai ? Gunungsitoli ? Medan ? Padang Sidempuan ? Pematangsiantar ? Sibolga ? Toko Mainan Online ? Termurah ? Kaskus ? Tanjungbalai ? Tebing Tinggi ? Bengkulu ? Jambi ? Sungaipenuh ? Dumai ? Kampanye ?Pekanbaru ? Bukittinggi ? Padang ? Padangpanjang ? Pariaman ? Payakumbuh ? Sawahlunto ? Solok ? Lubuklinggau ? Pagar Alam ? Palembang ? Prabumulih ? Bandar Lampung ? Metro ? Pangkal Pinang ?  cod ? cash on delivery ? Batam ? Tanjung Pinang ? Pontianak ? Singkawang ? Banjarbaru ? Banjarmasin ? Palangka Raya ? Balikpapan ? Bontang ? Jokowi ? Samarinda ? Tarakan ? Nusa Tenggara ? Denpasar ? Bima ? Mataram ? Kupang ? Sulawesi ? Gorontalo ? Makassar ? Palopo ? Parepare ? Bau-Bau ? Kendari ? Palu ? Bitung ? Kotamobagu ? Manado ? Tomohon ? Maluku ? Ambon ? Tual ? Ternate ? Tidore ? Papua ? Jayapura ? Sorong[/spoiler]

[spoiler=Lain-lain, dibaca juga y]
- #Testimoni »http://smua.in/testimoni« #bayi #anak #baby #newborn #babyshop #olshop #termurah #Indonesia #jakarta
- #HappyCustomer »http://smua.in/365« #bayi #anak #baby #newborn #babyshop #olshop #termurah #Indonesia #jakarta
- Menerima pemasangan #iklan  »http://smua.in/2« #bayi #anak #baby #newborn #babyshop #olshop #termurah #Indonesia #jakarta
- Untuk Informasi dan Pemesanan hubungi BBM 794bfea0 / Whatsapp 081310623755 #bayi #anak #newborn #babyshop #Indonesia #jakarta
- Berbagi hal baru & dapat #uang »http://smua.in/3pz« #indonesia
- Berbagi hal baru di akun media sosial & dapat #uang #tunai »http://smua.in/3pz« #indonesia
- Jadi yg #pertama berbagi #video Youtube, trailer film, konser & lainnya »http://smua.in/3pz« #indonesia
- Cara cepat, mudah & seru mendapatkan #uang tambahan »http://smua.in/3pz« #indonesia
- Luangkan waktumu & dapatkan #uang tambahan dg mudah »http://smua.in/3pz« #indonesia
- Motion picture ada, screensplay jg bagus, visual efek jg #keren »http://smua.in/3q0« #indonesia
- Iklan Joe Taslim yg ini #keren banget »http://smua.in/3q0« #indonesia
- Asia Next Top Model Versi Anak2 :D »http://smua.in/3qa« #indonesia
- Kalau Anak2 jadi model »http://smua.in/3qa« #indonesia
- Bukan buzzers, tapi kamu bisa dapat uang saku dari social media. Begini caranya »http://smua.in/3ql« #Indonesia
- Tukang ngintip sih... »http://smua.in/3qn« #Indonesia
- Rumput tetangga memang selalu lebih hijau :D »http://smua.in/3qn« #Indonesia
- Ke #Lampung, Nicholas Saputra menemui #ayah & #anak ini »http://smua.in/3qs« #Indonesia
- Kisah inspiratif dalam secangkir #kopi »http://smua.in/3qs« #Indonesia
Selalu ada kisah dalam secangkir #kopi »http://smua.in/3qs« #Indonesia
- Tanpa perlu cari downline/presentasi, bisa mendapat passive income. Begini caranya »http://smua.in/3q4« #Indonesia
- Kapan terakhir kali kamu makan #martabak yg benar2 #enak? »http://smua.in/3qw« #Indonesia
- Tempat ini benar-benar ada di Jakarta loh »http://smua.in/3qw« #Indonesia
- Ini mah yg salah yg bikin soal, kasian anaknya cuma korban »http://smua.in/3qz« #Indonesia
- Trus klo udah begini yang salah anaknya gitu? »http://smua.in/3qz« #Indonesia
- Ternyata selama ini ada #rahasia yg disembunyikan dari kita »http://smua.in/3r0« #Indonesia
- Apa yang anda lakukan jika anak anda mencoret-coret muka anda seperti ini? »http://smua.in/3q9« #Indonesia
- Ada yang Membekas di Hati Setelah Saya Selesai Melihat Yang Ini! »http://smua.in/3q9« #Indonesia
- 10 Foto yang mengajarkanmu makna kemanusiaan »http://smua.in/3r8« #Indonesia
- 15 jenis komentar orang Indonesia di Facebook. Kamu termasuk yang mana? »http://smua.in/3r9« #Indonesia
[/spoiler]
   
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
Dear bunda Yustina Jia,

Sebelumnya saya ucapkan selamat atas kehamilannya, semoga sehat sampai saat bersalin.
saya akan coba menjawab pertanyaan bunda
1. Otot yang menopang rahim akan melebar dan meregang selama kehamilan. Kram perut perut masih dianggap wajar, namun bila kram perut dirasakan semakin mengganggu sebaiknya konsultasikan keluhan bunda bidan atau dokter spesialis kandungan yang menangani kehamilan bunda.
2. Untuk konsumsi Calcium dan Zink, atau Vit C redoxon, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan Bidan atau dokter spesialis kandungan yg menangani kehamilan bunda, karena biasanya terapi kalsium sudah diberikan, hal ini untuk menghindari terjadinya kelebihan konsumsi terapi tersebut.
3. Konstipasi / susah BAB / sembelit pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh faktor hormonal, bunda dapat menambah asupan serat dan cairan, serta melakukan gerak fisik / olah raga, untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk konsumsi obat - obatan selama kehamilan sebaiknya diminimalkan, bila memang keluhan dirasakan sangat mengganggu sebaiknya konsultasikan keluhan bunda pada bidan / dokter untuk penanganan dan terapi yang sesuai.
4. Biasanya berat badan akan meningkat saat memasuki trimester 2 & 3 kehamilan, karena pada saat itu keluhan mual dan muntah telah mulai berkurang.
5. Aktifitas seksual pada saat hamil umumnya tidak membahayakan janin, kecuali bunda & ayah melakukan beberapa manuver tertentu. Penyemprotan sperma kedalam vagina bunda aman dilakukan. Bila bunda mengalami keluhan flek atau kontraksi sebaiknya aktivitas fisik diistirahatkan terlebih dahulu.
6. Untuk persalinan normal yang dibutuhkan adalah luas panggul. Biasanya bidan / dokter akan melakukan pemeriksaan serta pengukuran panggul untuk menentukan apakah bunda dapat melahirkan secara normal ( spontan ) atau tidak.
7. Istirahat tidur yang baik adalah 7 - 8 jam. Pola tidur bunda saat ini sangat tidak direcoment. Tips yang mungkin dapat membantu, minum 1 gelas susu sebelum tidur, ciptakan suasana kamar tidur yang tenang & nyaman, usahakan tidur jam 9 malam dan bangun pada pukul 4-5 pagi. Untuk merubah pola tidur memang agak sulit namun bila bunda melakukannya setiap hari, dalam 1-2 minggu kedepan biasanya pola tidur bunda sudah dapat teratasi.

Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.

   
19-04-2013 17:46:17 Pembesar Mr.P untuk Suami
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like

Penting

Sekali memahami anatomi penis sehingga anda yakin latihan apa yang harus anda lakukan.
Dalam pedoman online ini terdapat beberapa diagram.
Anda harus tahu persis bentuk penis, setidaknya kami berharap anda mengamatinya melalui diagram yang kami sediakan.
Baca dan pelajarilah diagram ini, pasti akan berguna.

KLIK WEB KAMI :

www.vimax-herbals.com

Vimax kapsul
 adalah suplement herbal alami yang kuat untuk pria yang membantu untuk menambah ukuran panjang dan lebar penis, meningkatkan gairah seksual dan daya tahan. Diformulasikan dari rempah-rempah atau tumbuhan yang khusus dipilih dan ditemukan di seluruh dunia, ketika dikonsumsi setiap hari Vimax original telah terbukti dapat meningkatkan kinerja seksual pria, membantu pria mencapai ereksi lebih panjang, besar kuat dan tahan lama.
Di Polinesia telah dilaporkan bahwa rata-rata pria suku Mangaian berhubungan seksual tiga kali dalam semalam, setiap malamnya! Formula herbal vimax dibuat dari beberapa jenis yang sama dari bahan herbal alami yang secara teratur dikonsumsi oleh suku Mangaian. Meskipun Anda mungkin tidak ingin melakukan hubungan seks sesering mereka, bukankah melegakan untuk mengetahui bahwa kinerja seksual Anda bisa meningkat dengan pesat.

Khasiat VIMAX dan Cara minumnya
1. Kapan saya bisa melihat khasiatnya?
Karena Herbal non Kimia, hasil Vimax tidak bisa Instan, namun aman dan permanen. Cepat / lambatnya hasil berbeda untuk tiap orang. Pola makan, metabolisme, lifestyle, riwayat kesehatan masing-masing orang berbeda.
- Dalam bulan Pertama ( 1 BOTOL ):
Ini adalah tahap awal (Building Phase) Dalam tahap ini, Penis anda akan menjadi lebih lebar dan ereksi tahan lama serta Libido yang naik.
- Dalam bulan Kedua ( 2 BOTOL) :
Ini adalah tahap kedua (Building Phase) Dalam bulan kedua ini, Anda akan melihat perubahan dalam panjang penis anda dan lagi Anda akan melihat penis lebih tebal dan berotot. Ketika Anda berdiri di depan cermin Anda akan kagum bagaimana, bahkan tanpa ereksi, penis anda akan 'menggantung' panjang dan tebal.
- Setelah Bulan Ketiga dan seterusnya : Setelah melewati masa Building phase , maka bila Anda ereksi, Anda akan melihat perubahan yang sangat mencolok. Tidak hanya dalam ukuran, tetapi penis anda akan terlihat lebih kencang, keras dan lebih besar dari Anda pernah impikan.
Setelah Anda mendapat hasil yang anda inginkan (rata-rata 1 cm tiap bulannya) Anda bisa berhenti minum Vimax dan hasilnya akan permanen.

2. Apakah Hasilnya Permanen?
Ya hasilnya akan permanen setelah 3 bulan. Ukuran dan kekerasan ereksi akan permanen, namun Stamina & Libido akan kembali normal.

3. Berapa isi satu botol Vimax dan bagaimana cara minumnya?
1 Botol Vimax berisi 30 kapsul untuk pemakaian selama 1 bulan (30 hari) . Cukup diminum 1 kapsul setiap pagi hari , 30 menit setelah sarapan.

4. Bagaimana bila saya tidak biasa sarapan, apa boleh diminum saat perut kosong?
Bila anda tidak biasa sarapan, Vimax boleh diminum 30 menit setelah Makan Siang / Sore. Harap jangan diminum malam hari karena kandungan "Ginseng" pada Vimax bisa membuat kita terjaga / tidak ngantuk.
Diusahakan untuk tidak minum saat perut kosong krn bisa mengganggu lambung.

5. Setelah saya minum, apa saya akan merasakan efek tertentu satu jam kemudian?
Tidak, berbeda dengan obat kimia , Vimax tidak menimbulkan efek samping setelah diminum. Tidak ada efek "muka tebal, merah, jantung berdebar-debar dsb. Vimax 100% herbal diformulasikan oleh para Dokter.

6. Apakah boleh diminum dengan Susu atau Air hangat?
Vimax boleh diminum bersamaan dengan Susu atau air (hangat/dingin) maupun Teh dan sebagainya. Namun sebaiknya tidak diminum bersamaan dengan Alkohol.

7. Bagaimana seandainya saya minum selama 1 bulan, kemudian berhenti dan bulan ke tiga baru lanjut minum lagi?
Untuk Masa building phase (bulan 1-2) sebaiknya diminum rutin tanpa berhenti agar proses bisa efektif dan optimal

8. Apakah Vimax ada masa kadaluarsanya?
Ya ada. Untuk Lot terbaru masa kadaluarsanya sampai October 2014

9.. Siapa yang tidak boleh mengkonsumsi Vimax ?
Bagi penderita Hipertensi dan Diabetes dianjurkan tidak mengkonsumsi Vimax sebelum berkonsultasi terlebih dahulu pada Dokter.

10.. Apa ada tips untuk mendapat hasil maksimal?
1. Istirahat yang cukup
2. Minum air putih yang banyak
3. Kurangin Alkohol
4. Pakailah Celana dalam yang longgar (seperti Boxer)

Survey Membuktikan!
Lebih dari 9.000 pemakai Vimax secara acak telah dipilih untuk disurvei tentang pengalaman mereka selama mengkonsumsi pil Vimax. Hasil yang menakjubkan mengungkapkan bahwa, dari mereka yang disurvei:

Hasil survei ini jelas menunjukkan bahwa Vimax telah membantu ribuan orang untuk meningkatkan kinerja seksual mereka dan meningkatkan ukuran ereksi mereka. Dengan lebih dari 80% pelanggan yang disurvei melaporkan kenikmatan yang lebih besar selama berhubungan seksual, tidaklah mengherankan bahwa pelanggan Vimax terus datang kembali.

Pesanan Bisa Melalui Telp / SMS di:

081 905 266 662
0813 1004 3002


Via Yahoo Messenger



Klik WEB Kami :
www.pelangsing-herbal.com
www.queen-healthy.com

* PEMESANAN DI LUAR KOTA / LUAR PULAU BARANG KAMI KIRIM VIA PAKET JASA PENGIRIMAN: TIKI, JNE, EMS, POS, JAYA EXPRESS dan lain-lain sesuai dengan kesepakatan. Dalam 1-2 hari sampai di tempat tujuan.
* PEMBAYARAN BISA LEWAT TRANSFER BANK
( BRI - BNI - BCA - MANDIRI )
   
Jumlah Posts : 1049
Jumlah di-Like : belum ada like

www.ilonashop.com

http://ilonashop.com/puera-rose-pani...-payudara.html



Contains : 15 pcs
Price : Rp. 225.000


Generasi terbaru Puera Panic, dengan tambahan bahan-bahan baru yang akan membuat payudara jauh lebih indah. Produk ini mempengaruhi ukuran payudara dengan komposisi kandungannya yg rendah kalori. Komposisi utamanya adalah Pueraria Mirifica, yaitu tanaman dari Thailand yang bertahun-tahun sudah dipercaya dan terbukti dapat membesarkan payudara. Bahan terbarunya Puerarexx dan Rose Oil yang juga dapat membantu proses pembesaran payudara.

Jangka waktu yg diperlukan untuk mulai melihat perkembangan? Setiap individu mempunyai reaksi yang berbeda terhadap supplemen. Pembesaran akan mulai terasa setelah konsumsi rutin lebih dari 3 minggu. Setelah anda mencapai hasil yang diinginkan, anda tidak perlu mengkonsumsi kembali untuk mempertahankan hasil yg anda capai.

Saran pemakaian sehari minum 1 butir sebelum tidur disertai dengan konsumsi air putih. Untuk hasil yang baik gunakan selama minimal 2 bulan. Pemakaian rutin selama 3-4 minggu, efeknya akan terasa, dada terasa lebih kencang, sakit dan membesar.. ^^

INGREDIENTS:Pueraria mirifica, Puerarexx, rose oil, Wildyam ectract, saw palmetto ectract, ekstrak biji delima, ekstrak kedelai, ekstrak black cohosh, trehalosa, selulosa, kalsium stearat, vitamin B6.

PUERARIA MIRIFICA
Salah satu komposisi pembesar payudara yang sudah terkenal didunia. Berisi banyak isoflavon yg merangsang hormon wanita. Mengandung isoflavon lebih dari 40 kali yang terkandung dalam isoflavon kedelai, yang merangsang pembesaran payudara.PUERAREXX
Komponen pembesar payudara terbaik didunia yang dikembangkan oleh pemerintah Thailand. Efek pembesaran payudara lebih dari 10 kali Pueraria mirifica. Kompenen ini cepat diserap oleh tubuh sehingga hasilnya lebih efektif.

WILDYAM
Mengandung Diosgenin yang menghasilkan banyak hormon estrogen pada wanita, memperkaya kecantikan dan kesehatan wanita, dengan kekencangan pada kulit dan payudara serta membesarkan payudara.

BLACK COHOSH
Membantu meningkatkan level hormon wanita, diwarnai dengan fisik feminin, mendapatkan payudara yang sempurna.

KEDELAI
Mengandung isoflavon meransang hormon wanita.

SAW PALMETTO
Untuk menekan aksi mengganggu hormon pria dengan payudara dalam tubuh, yang menyediakan tubuh feminin yang indah.

BIJI DELIMA
Kaya flavonoid antioksidan kuat yang mencegah oksidasi LDL/ kolesterol jahat dalam tubuh, memperbaiki sel yang rusak, perlindungan dari penyakit, kanker dan penuaan dini.

ROSE OIL
Mengatasi masalah kulit seperti keriput, kering, iritasi, alergi, jerawat, bekas luka dan lainnya. Melembabkan kulit, melancarkan sirkulasi darah, untuk kecantikan dan keindahan kulit.

VITAMIN B6
Melancarkan metabolisme dan mengurangi masalah kewanitaan.

Larangan penggunaan : selama haid, wanita hamil/menyusui, penderita penyakit yg berhubungan dengan payudara dan rahim.

Untuk pemesanan hubungi :
IlonaShop
Mobile : 0817-6017885 (sms only)
Website : www.ilonashop.com


Tidak melayani COD, ambil di tempat, ketemuan dan sejenisnya.

Cara Pemesanan :
1. Sms dengan menyebutkan barang yang akan di pesan + lokasi pengiriman.
2. Ilona Shop akan menginfokan ongkos pengiriman, total yang harus di bayar beserta no rekening bca / mandiri yang di gunakan untuk pembayaran.
3. Lakukan konfirmasi pembayaran via sms dengan menyebutkan :
- Metode pembayaran (transfer dari rekening Bank xxxx xatas nama xxxxx / setor tunai)
- Jumlah pembayaran
- Bank tujuan
- Barang yang di pesan
- Alamat pengiriman
4. Pengiriman setiap hari Senin – Jumat via Indologistik / Jne. Hari libur tidak ada pengiriman yak
5. Barang di kirim 1 hari setelah konfirmasi pembayaran / hari pengiriman terdekat berikutnya.
6. Ilona Shop menjamin semua barang sampai ke alamat penerima.
7. HAPPY SHOPPING GIRLS ^-^

   
Jumlah Posts : 480
Jumlah di-Like : belum ada like

Puera Panic SOS



Size : 15 tablets
Price : Rp 185.000


Puera Panic Sos merupakan produk dari F Cup Series yang berasal dari Jepang. Produk ini mempengaruhi ukuran payudara dengan komposisi kandungannya yg rendah kalori. Komposisi utamanya adalah Pueraria Mirifica, yaitu tanaman dari Thailand yang bertahun-tahun sudah dipercaya dan terbukti dapat membesarkan payudara. Puera Panic SOS tiap tabletnya mengandung 400 mg pueraria mirifica. Puera Panic SOS terbukti sangat efektif.



Jangka waktu yg diperlukan untuk mulai melihat perkembangan?
Setiap individu mempunyai reaksi yang berbeda terhadap supplemen. Pembesaran akan mulai terasa setelah konsumsi rutin lebih dari 3 minggu. Setelah anda mencapai hasil yang diinginkan, anda tidak perlu mengkonsumsi kembali untuk mempertahankan hasil yg anda capai.

Saran pemakaian : sehari minum 1 butir sebelum tidur disertai dengan konsumsi air putih. Untuk hasil yang baik gunakan selama minimal 2 bulan. Pemakaian rutin selama 3-4 minggu, efeknya akan terasa, dada terasa lebih kencang dan membesar.. ^^

Komposisi Bahan :
Pueraria, Wairudoyamu drying extract, saw palm extract, pomegranate seed extract, a soybean embryo extract, black cohosh extract, trehalose, cellulose, Stare calcium phosphate, vitamin B6

Pueraria Mirifica
Mengandung isoflavon 40x lebih banyak daripada yang terkandung dalam kedelai. Berfungsi merangsang produksi hormon estrogen.

Wildyam
Mengandung Diosgenin yang menghasilkan banyak hormon estrogen pada wanita, memberi efek mengancangkan dan memperbesar ukuran payudara.

Black Cohosh
Membantu meningkatkan level hormon estrogen, membuat wanita tampak lebih feminim dan menarik dengan payudara yang sempurna.

Kedelai
Mengandung isoflavon yang merangsang produksi hormon estrogen.

Saw Palmetto
Menekan produksi hormon testetoron dalam tubuh wanita dan meningkatkan hormon estrogen.

Biji Delima
Kaya akan flavonoid, antioksidan kuat yang mencegah oksidasi LDL/ kolesterol jahat dalam tubuh, memperbaiki sel yang rusak, perlindungan dari penyakit, kanker dan penuaan dini

Vitamin B6
Melancarkan metabolisme dan mengurangi masalah kewanitaan

Keuntungan lain mengkonsumsi Puera Panic SOS :
- kulit dan rambut lebih lembut dan mengkilat
- peremajaan kulit
- kulit yang lebih elastis terutama kulit di sekitar payudara
- melancarkan peredaran darah
- mengurangi kerut dan jerawat
- menambah ukuran payudara

Dilarang untuk penggunaan :
- selama menstruasi,
-ibu hamil ataupun yg sedang menyusui,
-dan pasien yg divonis penyakit yg berhubungan dengan payudara dan rahim

Untuk pemesanan silakan hubungi:
Sms : 0819-11798837
Email : rahasiacantik@ymail.com
Web : rahasiacantik.com

   
Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : 1
Dear Bunda,

Akhirnya jumat kmrn aku udah ke dokter.. kehamilan aku 6 minggu usianya... :) seneng bgt pas liat di usg... kantung kehamilannya uda ada dan didalamnya uda keliatan meski msh kyk spot kecil bgt (bnr ga sih aku bilangnya... maklum masih baru nih.. ) ....

Pas mau dikasih vitamin, aku kasihtau ke dokter kalo selama merencanakan kehamilan, aku minum 3 vitamin; vitamin C, vitamin E 400iu dan asam folat yg biasa di beli di apotik... dan karena masih ada... sama dokter aku cuma dikasih:

Prolacta
Elkana
Neurosanbe

Mo tanya dong bun..

1. ini vitamin2 utk apa aja... dan aku lupa kasihtau klo asam folat yg aku minum tinggal 6 butir, padahal aku kontrol dokter masih sebulan lagi.... apa aku beli asam folat yg di apotik aja? ato lsg blk ke dokter nanti pas abis?

2. Vitamin yang dikasih dokter ini boleh ga sih aku minum barengan sama vitamin C dan vitamin E yang aku punya? Ada ga efek ibu hamil kebanyakan vitamin? aku kurang tau vitamin2 mana yg paling penting dikonsumsi oleh ibu hamil....

3. Aku juga konsumsi Susu Anmun sejak merencanakan kehamilan.. Jadi kebanyakan asupan ga sie buat janinnya?

Mohon bantuan infonya yah kalo para bunda mengetahui soal ini dan boleh di sharing jg dong pas awal kehamilan bunda2 konsumsi vitamin apa aja?

Terimakasih sebelumnya,

Salam,
maur
   
06-03-2009 11:07:37 udah gede suka ngompal
Jumlah Posts : 70
Jumlah di-Like : 1
Salam kenal agneu...
Wuah biasanya nak perempuan berhenti nompol umur 5 tahun ke atas klo anak laki2 umur 6 tahun keatas dah berhenti ngompol. Jadi biasanya nak2 dah ga ngompol umur 5-6 tahun.
Penyebabnya bisa macem2 tapi klo itu karena faktor keturunan memang lebih sulit untuk disembuhkan.

Penyebab anak-anak masih ngompol biasanya :

1. Toilet training yang terlalu dini. Ternyata melatih si kecil toilet training teratur terlalu dini membuat anak memiliki kebiasaan mengompol di kemudian hari.

2. Mengabaikan toilet training. Jika anak tidak dilatih untuk buang air kecil karena kurangnya perhatian orang tua akan membuat si kecil untuk pipis sembarangan alias mengompol. Dengan mengompol si anak akan mendapat perhatian orang tua walau sebentar. Perhatian yang berupa amarah atau mengurusnya sering kali dinikmati sang anak karena biasanya ia tidak diperhatikan. Coba dekati anak anda dengan berbicara baik-baik dan tidak memaksa, tapi mengingatkan si kecil untuk buang air kecil. Ingat, orang tua yang memaksa dan mengingatkan sangat berbeda dan efeknya juga akan berbeda pada psikologis anak. Bersabarlah.

3. Gangguan emosional. Biasanya anak-anak yang mengalami gangguan emosional yang muncul di rumah atau di lingkungannya akan memicu anak untuk mengompol. Biasanya anak-anak yang mengalami ketegangan, ketakutan dan stress mengalami hal ini. Jika anak anda mengalaminya, segera cari tahu masalahnya dan tenangkan dirinya. Hindari anak untuk merasa stress.

4. Faktor organik dalam tubuh. Faktor ini berkaitan dengan organ tubuh si anak, terutama saluran kencingnya, ada anak yang saluran kemihnya gampang sekali terangsang sehingga sebentar sebentar ia bisa buang air kecil dalam jarak waktu yang berdekatan.

5. Kurang cepatnya si anak untuk pergi ke toilet dapat menyebabkan ia gampang sekali mengompol.


Beberapa tips supaya anak tidak sering ngompol :

* Tidak mengabaikan toilet training.

* Jangan menghukum atau memarahi si anak karena akan membuat si kecil merasa bersalah dan tegang, hindari keinginan untuk menghukum si kecil sejauh mungkin.

* Mengajaknya bicara, katakan mengompol bukanlah suatu penyakit, tapi sebuah kebiasaan, jadi ia bisa terbebas dari masalah mengompol jika si kecil mau lebih berusaha.Komunikasikan hal ini dengan penuh kasih saying, sehingga anak memiliki hasrat yang kuat untuk keluar dari kebiasaan yang satu itu.

* Mengurangi minum pada malam hari sebelum tidur. Biasakan 2 jam sebelum tidur, si kecil sudah tidak minum apa apa lagi dan biasakan untuk mengingatkan si kecil untuk buang air kecil sebelum tidur.

* Mencari sumber stress anak. Ini sangat penting untuk membantu proses mengatasi masalah.

* Memberikan kasih sayang dan perhatian terhadap anak sebelum tidur.

* Latihlah ia jika ia termasuk anak yang sering sekali buang air kecil. Misalnya dalam 5 menit sekali ia ingin buat air kecil, coba untuk menahannya selama 2 menit dan meningkatkan jarak waktunya dengan terus memberikannya latihan. Tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan disiang hari dan sebelum tidur.

* Jika kebiasaan ngompol ini tidak dapt dihentikan juga, konsultasikan pada dokter urology untuk mengetahui penyebabnya dan pengobatan yang tepat.

Semoga bermanfaat...
Pindri,bundana najla

   
23-05-2008 14:43:30 Sakit dan nyeri
Jumlah Posts : 1000
Jumlah di-Like : 11
BILA ANDA HAMIL: 2/11/2008 Tanda dan Gejala Kelahiran Prematur Dan Apa Yang Harus Dilakukan Apakah yang dimaksud dengan kelahiran prematur? Kelahiran prematur atau kelahiran sebelum waktunya terjadi saat Anda melahirkan sebelum kehamilan Anda genap 37 minggu. Saat itu masih terlalu dini bagi bayi Anda untuk dilahirkan. Bayi yang dilahirkan terlalu dini biasanya sering mengalami masalah kesehatan atau mengalami masalah kesehatan yang membahayakan hidupnya. Apakah kelahiran prematur dapat dihentikan? Banyak bumil yang diberi obat untuk memperlambat atau menghentikan kelahiran prematur. Pada beberapa kasus, kelahiran dapat diperlambat cukup lama sehingga bumil dapat dibawa ke rumah sakit yang memiliki neonatal intensive care unit (NICU) – unit perawatan khusus untuk bayi yang baru lahir. Para ibu juga diberi obat-obatan yang dapat meningkatkan kesehatan sang bayi, meskipun bayi mereka lahir lebih cepat. Tanda-tanda bahaya Berikut ini adalah tanda-tanda bahaya: Terjadinya kontraksi (perut Anda mengeras seperti kepalan tangan) setiap 10 menit atau lebih sering lagi. Terjadi perubahan pada cairan vagina (adanya cairan yang merembes atau pendarahan dari vagina Anda) Tekanan pada panggung—ada rasa bahwa janin Anda mendorong ke bawah Rasa kebas di punggung bagian bawah Kram seperti Anda sedang haid Kram perut dengan atau tanpa diare Apa yang harus saya lakukan bisa saya merasa akan mengalami kelahiran prematur? Segera hubungi penyedia jasa kesehatan Anda (perawat, dokter, atau bidan) atau segera pergi ke rumah sakit bila Anda merasa Anda akan mengalami kelahiran prematur, atau bila Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda di atas. Tetap lakukan hal yang sama seperti di atas meskipun Anda hanya mengalami salah satu tanda di atas. Petugas kesehatan Anda mungkin akan meminta Anda untuk: Segera datang ke tempat prakter atau ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Menghentikan kegiatan Anda. Istirahat selama 1 jam dengan posisi miring. Minum 2-3 gelas air atau jus (bukan kopi atau soda). Bila gejala-gejala ini makin bertambah atau tidak hilang dalam waktu satu jam, hubungi lagi petugas kesehatan atau segera berangkat ke rumah sakit. Bila gejala-gejalanya membaik, istirahatlah sepanjang hari. Adakah Perawatan Untuk Mencegah Kelahiran Prematur? Selama bertahun-tahun, para dokter telah mencoba berbagai kiat untuk membantu mencegah terjadinya kelahiran prematur, termasuk bedrest, perawatan prenatal (sebelum kelahiran) intensif untuk perempuan berisiko tinggi, dan terapi obat untuk menghentikan terjadinya kontraksi rahim. Namun tak satupun dari kiat-kiat di atas yang efektif, meskipun pada individu-individu tertentu tindakan tersebut dapat membantu. Namun demikian, pada tahun 2003, dua buah studi yang menggembirakan menunjukkan bahwa perawatan dengan menggunakan hormon progesteron dapat mengurangi kejadian kelahiran prematur pada bumil yang sudah pernah mengalami kelahiran prematur sebelumnya. Kelompok ini merupakan kelompok yang berisiko tinggi untuk kembali mengalami kelahiran prematur. Menurut American College of Obstretricians and Gynecologists (ACOG), perawatan dengan progesteron (terkadang disebut 17p) harus diberikan hanya pada bumil yang memenuhi semua kriteria di bawah ini: Pernah mengalami kelahiran prematur untuk satu orang bayi (bukan kembar dua, tiga atau lebih) Kelahiran dimulai secara alami (bukan dengan induksi) Sedang menjalani kehamilan lagi dengan 1 janin Para peneliti terus menyelidiki apakan perempuan lain yang juga berisiko tinggi, termasuk para perempuan yang menjalani kehamilan kembar dua atau lebih juga mendapatkan keuntungan dengan adanya terapi 17p. Sejumlah penelitian menitikberatkan pada efektivitas pemberian antibiotik dalam mengurangi risiko terjadinya kelahiran prematur. Perawatan dengan antibiotik kelihatannya membantu memperpanjang masa kehamilan pada bumil yang mengalami robekan prematur (kantung ketuban pecah sebelum 37 minggu). Kondisi ini (juga disebut sebagai PROM) seringkali menyebabkan terjadinya kelahiran prematur. Antibiotik juga diberikan pada perempuan yang mengalami infeksi vaginal, seperti bacterial vaginosis (BV) dan trichomoniasis. Ibu hamil yang mengalami gangguan ini mungkin sekali mengalami peningkatan risiko kelahiran prematur. Namun sebagian besar studi tidak dapat menunjukkan bahwa antibiotik mengurangi risiko kelahiran dini pada sebagian besar perempuan dengan infeksi genital seperti ini. Ada beberapa studi yang mengatakan bahwa sebuah prosedur yang disebut cerclage (dimana dokter melakukan jahitan pada rahim agar tetap tertutup) juga dapat membantu mengurangi risiko kelahiran prematur pada bumil yang sebelumnya pernah mengalami kelahiran prematur dan juga memiliki abnormalitas tertentu pada rahim. Dokter akan membuka jahitan tadi pada saat kehamilan mencapai usia sekitar 37 minggu. Saat ini para ibu yang mengalami kelahiran sebelum kehamilannya berusia 34 minggu seringkali menjalani perawatan dengan beberapa obat-obatan (yang disebut tocolytics). Obat-obatan ini seringkali dapat memperlambat kelahiran selama sekitar 48 jam—sehingga memberikan waktu tambahan untuk dapat memberikan perawatan dengan obat-obatan kortikosteroid pada bumil. Kortikosteroid akan mempercepat pematangan paru-paru serta organ lainnya pada janin, mengurangi risiko kematian bayi dan komplikasi serius lainnya yang disebabkan oleh kelahiran prematur, termasuk sindrom stres pada organ respiratori (masalah pernapasan) dan perdarahan pada otak. Para dokter merekomendasikan kortikosteroid bila bumil kemungkinan akan mengalami kelahiran sebelum 34 minggu. Memprediksi kelahiran prematur Beberapa tes cukup akurat untuk dapat mengidentifikasi bumil yang berisiko tinggi untuk mengalami kelahiran prematur, sementara tes lainnya terbukti tidak efektif. Panjang leher rahim. Panjang leher rahim diukur dengan menggunakan USG vaginal. Perempuan yang memiliki leher rahim yang lebih pendek dari rata-rata dan rahimnya memendek dalam beberapa pemeriksaan yang dilakukan secara berturut-turut memiliki risiko tinggi akan mengalami kelahiran prematur. Tes ini cukup akurat dalam menentukan bumil mana yang memiliki risiko rendah untuk mengalami kelahiran prematur. Fetal Fibronectin. Fibronectin adalah lem biologis yang membantu menempelkan kantung janin pada dinding rahim. Fetal fibronectin normalnya dapat dilihat dalam cairan vagina hingga kehamilan berusia 22 minggu, kemudian menghilang hingga satu atau dua minggu sebelum kelahiran. Uji usap dapat dilakukan untuk mengambil sampel cairan vagina pada kehamilan usia 22 dan 34 minggu. Bila terlihat adanya fibronection, bumil tersebut memiliki risiko tinggi akan mengalami kelahiran prematur. Tes ini menunjukkan keberhasilan yang cukup tinggi dalam meramalkan siapa bumil yang tidak akan mengalami kelahiran prematur. Pada kasus tertentu, tes ini dapat dikombinasikan dengan pengukuran panjang leher rahim untuk meningkatkan akurasi. Salivary estriol. Karena tingkat hormon ini dalam air ludah terlihat meningkat tepat sebelum terjadinya kelahiran, dilakukanlah usaha untuk melakukan pengukuran kadar hormon ini. Studi menunjukkan bahwa tes ini tidak akurat. Monitoring urin di rumah. Bumil yang berisiko tinggi terkadang dimonitor apakah ia mengalami kontraksi tanpa rasa sakit dalam usaha untuk mendiagnosis apakah ia akan mengalami kelahiran prematur, pada saat kehamilannya masih dalam perawatan. Sejumlah studi menunjukkan bawa monitor urin di rumah tidaklah efektif untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur. Jadi Siapa yang Berisiko Tinggi? Kelahiran prematur sebelum waktunya dapat terjadi pada bumil manapun. Namun kejadian seperti ini ini lebih sering terjadi pada perempuan-perempuan tertentu dibandingkan dengan perempuan lainnya. Para peneliti terus melakukan studi mengenai kelahiran prematur ini. Mereka berhasil mengindentifikasi beberapa faktor risiko, namun masih belum dapat memprediksikan perempuan yang seperti apa yang akan mengalami kelahiran dini. Memiliki satu faktor risiko tidak berarti seorang perempuan akan mengalami kelahiran dini atau kelahiran prematur. Ada tiga kelompok perempuan yang memiliki risiko paling besar akan mengalami kelahiran prematur: Perempuan yang sebelumnya pernah mengalami kelahiran prematur Perempuan yang menjalani kehamilan kembar dua, tiga atau lebih Perempuan yang memiliki rahim atau saluran rahim yang abnormal. Bila seorang perempuan memiliki salah satu dari tiga faktor risiko ini, penting baginya untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala kelahiran prematur dan apa yang harus dilakukan bila ia mengalami gejala tersebut. Risiko Gaya Hidup dan Lingkungan Beberapa penelitian menemukan bahwa faktor gaya hidup tertentu dapat membuat seorang perempuan memiliki risiko tinggi akan mengalami kelahiran prematur. Faktor-faktor ini termasuk: Perawatan prenatal yang terlambat bahkan tidak menjalani perawatan prenatal sama sekali Merokok Minum minuman keras Menggunakan obat-obatan terlarang Terpapar pengobatan DES Kekerasan dalam rumah tangga, termasuk penganiayaan secara fisik, seksual maupun emosional Tidak adanya dukungan sosial Tingkat stres yang sangat tinggi Jam kerja yang panjang dengan periode berdiri yang sangat lama Risiko Medis Beberapa kondisi medis tertentu selama kehamilan dapat meningkatkan kemungkinan seorang perempuan mengalami kelahiran prematur. Kondisi ini termasuk: Infeksi (saluran kencing, vaginal, penularan seksual; dan lain-lain) Diabetes Tekanan darah tinggi Kelainan pembekuan darah (thrombophilia) Pendarahan dari vagina Kelainan tertentu pada janin Kehamilan dengan satu janin setelah pembuahan in vitro (IVF-bayi tabung) Terlalu kurus sebelum hamil Obesitas Jarak kehamilan yang terlalu pendek (kurang dari 6-9 bulan antara kelahiran anak pertama dan dimulainya kehamilan yang kedua) Para peneliti juga telah berhasil mengidentifikasi faktor risiko yang lain. Misalnya, perempuan keturunan Afrika-Amerika, perempuan yang usianya lebih muda dari 17 tahun atau lebih tua dari 35 tahun, dan para perempuan miskin memiliki risiko yang lebih besar daripada perempuan-perempuan lainnya. Para ahli tidak sepenuhnya memahami mengapa dan bagaimana faktor-faktor di atas meningkatkan risiko sehingga seorang perempuan dapat mengalami kelahiran prematur. (WM) Sumber: Sidelines National Support Network memberikan bantuan pada para perempuan yang mengalami kelahiran prematur. Artikel ini ditulis berdasarkan sebagian dari Buletin Praktek ACOG, nomor 43 (Mei 2003) yang diterbitkan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists