SITE STATUS
Jumlah Member :
482.176 member
user online :
2408 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: betul sprite bisa mencegah kehamilan

New Topic :  
19-05-2008 17:29:00 apakah baby saya aman?
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
salam bunda2..   saya calon ibu usia 20 thn. ini adalah kehamilan pertama saya. sebelumnya saya ingin cerita sedikit, kalau kehamilan saya ini tidak melalui pernikahan yang resmi. dan atas permintaan  dari bapak dari calon bayi saya,saya harus mencegah kehamilan saya karena hubungan kami yang belum resmi itu . dan dari terkhir menstruasi sampai 1 bulan setelahnya saya selalu minum jamu untuk memperlancar datang bulan dengan niat untuk mencegah kehamilan.tapi sampai saat ini saya tidak medpt menstruasi dan hamil.sekitar 2 minggu yg lalu saya sempat meminum tablet yg kata teman saya bisa mencegah kehamilan,tapi tidak ada efek.   saat ini usia kehamilan saya sekitar 7 minggu, dan yang ingin saya tanyakan apakah bayi saya tetap aman dan sehat setelah apa yang saya lakukan(meminum obat anti hamil)?   apakah kehamilan bisa terjadi hanya dengan sekali hubungan intim? karena saat itu saya melakukannya 1 hari setelah menstruasi.   terima kasih bunda2 atas sharingnya.. dan saya harap support dari bunda2 buat saya,mungkin saya sudah jahat karena sempat berfikir untuk membuang bayi yang saya kandung tapi sebenarnya saya sangat senang dengan kehamilan saya..   salam, sammy
   


Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
" Lomba STW "

Dear bunda yg sedang menjalani promil ataupun baru akan promil.semangat terus ya... :)
Sy mau share sedikit tentang program kehamilan saya.
Yg akan sy ceritakan disini yaitu program kehamilan sy yg secara alami alias tanpa bantuan dokter. Sebelum menikah sy dan suami sudah bercerita banyak hal tentang keinginan kami untuk segera mempunyai momongan setelah menikah, apalagi suami saya yg sudah "ngebet" kepengen punya dede nya hehehe. Nah akhirnya kami benar-benar mempersiapkannya jauh2 hari bahkan sebelum menikah, eits tapi jangan mikir aneh2 dulu. Maksud sy mempersiapkan nya yaitu pola makan, asupan dan gaya hidup yg sehat.
Kami menikah pada tanggal 16 Agustus 2014, jadi tepat 1 hari tuh sebelum dirgahayu RI, biar dirgahayu juga nih usia pernikahan kita hehehe. Nah udah pasti tau kan apa yg dilakukan sepasang mempelai yg baru aja sah jadi pasutri :) . Yap, di malam pengantin baru kita melakukan hubungan suami istri. Kami tidak terlalu memperhatikan posisi saat berhubungan karna kurang tau juga tentang posisi2 yg tepat agar kehamilannya berhasil. Kami bismillah aja deh. Kami berharap semoga di malam pertama kami berhasil untuk kehamilan sy.oh iya ada yg lupa sy ceritakan. Seminggu sebelum tanggal pernikahan(16 agustus 2014) itu sy sedang menstruasi. Jadi pas deh waktu malam pertama itu sy udah kelar mens nya. Jadi kami sangat berharap semoga berhasil promilnya. Oh iya ini ada lagi yg belum di ceritain tentang asupan dan pola makan sehat sebelum hamil yg sy ceritakan di awal tadi. Sy dan suami waktu itu udah komitmen kalo emang pengen cepet punya debay nya yuk makan sehat. Nah sy mau share sedikit ya apa aja nih makanannya.
1. Sayur bayam
Sy kan hobi browsing tuh, waktu sy cari2 tentang makanan yg bisa mempercepat kehamilan salah satunya bayam. Karena bayam mengandung zat besi yg berguna untuk meningkatkan sel darah merah apalagi buat calon ibu yg anemia. Wah, kebetulan nih sy doyan banget bayam, apalagi dimasak bening bayam tuh, hmmm suegerrrrr
2. Makanan yg mengandung vit. B6
Ini juga hasil browsing, katanya vit B6 merupakan keharusan kalo pengen cepat hamil. Soalnya nutrisi ini merupakan pendukung dan pengatur hormon reproduksi/ kesuburan. Biasanya terdapat pada sereal atau gandum. Nah setelah tau ini sy langsung otw minimarket buat beli oat instant itu tuh. Jadi sering banget sarapan oat sebelum nikah dulu (sekarang juga sih)
3. Asam folat
Nah ini nih, sering banget kan denger produk yg berhubungan dengan kehamilan yg mengandung "asam folat" . Asam folat ini sangat dibutuhkan untuk mencegah kelainan dan perkembangan tabung otak bakal janin. Asam folat terkandung dalam sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang kacangan, brokoli, asparagus, kacang polong, kacang kapri, jus jeruk), atau tersedia dalam tablet siap pakai (sy sih ga pakai tablet ya, cz sy kan yg alami2 aja hehe :D ). Kalo makanan yg mengandung nutrisi ini sy konsumsi setelah menikah. Soalnya kata nya lebih tepat di konsumsi beberapa bulan pertama setelah terjadinya kehamilan. Oh iya sy juga belum cerita ya kapan tepatnya sy positif hamil. Ntar yaa di bawah, setelah sy selesai share tentang makanan sehat ini :)
4. Vitamin C
Ini juga penting karena termasuk unsur untuk meningkatkan kesuburan. Terutama bagi si calon Ayah. Nah waktu itu sy suruh si calon suami (skrg udah jadi suami hehehe ) biar sering makan buah. Mangga kek, jeruk kek, jambu kek. Yg penting yg ada kandungan vit.C nya getooo. Dy manut aja sih :D
5. Air
Nah ini juga jgn di anggap spele. Kan kadang banyak tuh orang yg susah banget minum air putih. Mau nya yg berasa manis2 aja *hadewwwwww. Ternyata air ini berpotensi meningkatkan produksi hormon-hormon kesuburan, testosterone dan estrogen. Dianjurkan minum 8-10 gelas air per harinya.

Selain 5 makanan sehat di atas masih ada banyak yg ga bisa sy jelaskan satu per satu ntar yg baca malah bosen hehehe, seperti wortel, tauge, kacang-kacangan, jus buah2an, strawberi, ikan yg mengandung omega 3 dll. Mending bu ibu browsing2 aja ya sendiri biar seru :) and jgn lupa olahraga juga ya.
Oh iya satu lagi, suami sy gak merokok dan gak minum kopi emang udah dari sono nya, dan itu emang juga kurang baik untuk pasutri yg lagi promil.

Nah sy dan suami kan udah menjalani pola makan yg sehat tuh baik sebelum maupun sebuah pernikahan, selanjutnya kita pasrahkan aja hasilnya sama Allah.
ehemmm, setelah sebulan berlalu sy kok merasa ada yg gak biasa sama emosi ku , and udah telat juga mens nya. Akhirnya kita suami ku beli TP ternyata hasilnya positif tuh garis dua yeee ih senang n kaget n masih belum percaya juga nih. Akhirnya kita ke dr. SpOG trus di USG tuh untuk pertama kalinya rasanya dag dig dug plus geli juga perut sy di puter2 pake alatnya itu hihihihi. Ternyata..... eng ing eng...... benar positif Alhamdulillah.
Yaudah sy dan suami komitmen untuk terus melanjutkan pola hidup sehat dan asupan yg bergizi kita. Tapi ternyata sy nya malah mual muntah terus. Ternyata masih banyak rintangan ya setelah Allah mempercayai sy dgn menitipkan janin di perut ini. Tp tetap semangat deh bu ibu. Semua akan indah pada waktunya. Seperti sekarang anak sy sudah 10 bulan dan lagi gemes2nya. Comel banget ahh :*

udah dulu ya sharing nya bu ibu tentang masa promil sy yg Alhamdulillah tidak terlalu lama, karna komitmen sy dan suami, dan juga jgn lupa pelajari masa subur nya ya bu ibu agar pembuahan terjadi di waktu yg tepat, karena tiap wanita juga berbeda tergantung siklus haid nya ... tetap semangat, terus berdoa. Dan jgn putus asa. Cerita di atas sedikit tentang pengalaman pribadi sy dan suami. Semoga bermanfaat.

Salam ibu seperjuangan ^_^
   
10-11-2015 14:45:26 alat kontrasepsi
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Apakah Bunda sedang menyusui ASI eksklusif? Bila iya, maka Bunda bisa mendapati adanya gangguan siklus menstruasi yang umum terjadi dialami oleh para Bunda yang menyusui ASI eksklusif karena adanya pengaruh hormonal. Namun biasanya gangguan haid ini adalah berhentinya haid sama sekali atau hanya berupa flek. Bila Bunda menggunakan suntik KB 3 bulan atau pil KB laktasi, gangguan haid juga bisa di alami. Pada ibu yang menyusui ASI hendaknya menggunakan KB suntik per 3 bulan, pil KB laktasi, IUD ataupun kondom untuk mencegah kehamilan dan tidak mempengaruhi produksi ASI. 

   


03-11-2015 12:05:10 alat kontrasepsi
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Apakah Bunda sedang menyusui ASI eksklusif? Bila iya, maka Bunda bisa mendapati adanya gangguan siklus menstruasi yang umum terjadi dialami oleh para Bunda yang menyusui ASI eksklusif karena adanya pengaruh hormonal. Namun biasanya gangguan haid ini adalah berhentinya haid sama sekali atau hanya berupa flek. Bila Bunda menggunakan suntik KB 3 bulan atau pil KB laktasi, gangguan haid juga bisa di alami. Pada ibu yang menyusui ASI hendaknya menggunakan KB suntik per 3 bulan, pil KB laktasi, IUD ataupun kondom untuk mencegah kehamilan dan tidak mempengaruhi produksi ASI. 

   
30-12-2014 14:16:32 suntik kb
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

mencegah kehamilan dengan cara sanggama terputus (mengeluarkan sperma di luar vagina) tetap memiliki resiko kehamilan, karena tidak ada yg bisa memastikan apakah ada sperma yg terbawa di dalam cairan semen yang keluar sebelum ejakulasi atau tidak 

Kontrasepsi untuk ibu yang menyusui dapat menggunakan pil KB 3 bulan, pil KB laktasi ataupun IUD (spiral). Bila pemakaian kontrasepsi bukan pada saat menstruasi maka dianjurkan menggunakan kondom untuk 7 hari awal pemakaian pil KB suntik dan pil KB laktasi.

   


26-10-2014 11:28:32 cara minum pil kb
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
ass dok.. saya mau tanya dong
saya sedang menyusui anak saya umur 6bln.. yang saya mau tanyakan sudah dua bulan ini saya mengkonsumsi alat kontrasepsi berbentuk pil .. ada yang bilang kalo ibu menyusui pun itu bisa jadi alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan apa bener dok ?
terus gimana urutan jam untuk minum pil kb dok ? terima kasih yaa dok..
wass..
   
28-08-2014 11:53:35 hitung masa subur
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25

Hai Bunda, cara menghitung masa subur dengan siklus haid atau biasa dikenal dengan sistem kalender tidak banyak yang tahu, bagaimana sih sebenarnya mengetahui siklus haid dengan sistem kalender ini? yuk kita simak artikel di Infobunda yang berjudul "Hitung Masa Subur dengan Sistem Kalender!" :

Bunda ingin cepat memiliki momongan? Atau sebaliknya... ingin mencegah kehamilan? Salah satu solusinya bisa dengan cara menghitung masa subur dengan siklus haid atau biasa dikenal dengan sistem kalender. 

Tentunya Bunda pernah mendengar tentang hal ini, namun tidak banyak yang tahu bagaimana sih sebenarnya mengetahui siklus haid dengan sistem kalender ini. Dr. Martina Claudia, SpOG yang praktek di Eka Hospital dan Siloam Hospital berbaik hati menerangkannya untuk para Bunda.

Dr. Claudia menjelaskan umumnya orang menggunakan metode masa subur dimulai pada hari ke-14 menstruasi. Itu bisa saja dilakukan dengan catatan siklus haid Bunda teratur 28 hari. Meski pun begitu biasakan memajukan dan memundurkan 2 hari (hari ke-12 sampai hari ke-16 mestruasi). Kenapa? Karena usia sperma yang masuk bisa sampai 48 jam dan sel telur hidup sampai 24 jam.

Namun dr. Claudia mengaku sekarang ini sulit menemukan wanita dengan siklus haid teratur 28 hari. “Karena faktor gaya hidup, pola makan (fast food) dan stress berlebihan yang mempengaruhi hormon membuat siklus haid Bunda tidak teratur. Sehingga penghitungan hari ke-14 sulit digunakan.” paparnya. Solusinya Bunda harus melakukan penelitian pada siklus haid selama enam bulan, catat kapan siklus haid terpendek dan terpanjang Bunda. 

Kalkulasikan dengan menggunakan rumus :
Hari terpendek – 18 = merupakan hari pertama masa subur
Hari terpanjang – 11 = merupakan hari terakhir masa subur

Misalnya selama enam bulan siklus haid terpendek Bunda 28 hari, maka 28 – 18 = 10, dan siklus haid terpanjang Bunda 33 hari, maka 33 – 11 = 22
Jadi, masa subur Bunda ada di hari ke-10 sampai hari ke-22 menstruasi.

Selamat mencoba!

   
30-06-2014 10:36:07 grup promil
Jumlah Posts : 100
Jumlah di-Like : belum ada like
cuma sekedar share topik : nutrisi persiapan kehamilan yaa bun .. :-)
Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan kehamilan, salah satunya adalah konsumsi nutrisi yang tepat. Salah satu nutrisi yang penting untuk pertumbuhan janin adalah asam folat. Sayangnya sebagian besar wanita baru mengetahui kehamilannya setelah berusia 4-6 minggu. Padahal saat 4 minggu pertama, terjadi pembentukan tabung saraf otak janin. Asam Folat merupakan bahan utama pembentuk tabung saraf janin, sehingga kebutuhan asam folat sebaiknya dipenuhi sedini mungkin.
Asam folat juga bisa mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf seperti kelainan pada tulang belakang dan otak yang tidak terbentuk. Calon ibu disarankan meminum asam folat sebelum kehamilan untuk mengurangi risiko cacat tabung sarat. Konsumsi asam folat sekitar 0.4-0.8 mg per hari bisa menurunkan risiko cacat tabung  saraf sebanyak 80 persen. Asam folat bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Setiap harinya wanita harus mengonsumsi karbohidrat, protein, sayur hijau, dan buah-buahan secara seimbang. Untuk melengkapi kebutuhan asam folat, calon ibu juga bisa didapatkan dari  suplemen dan susu yang sudah difortifikasi dengan asam folat.
   
Jumlah Posts : 86
Jumlah di-Like : belum ada like
jangan dipaksa utk makan bun babynya ntar malah bikin babynya stress bahkan trauma setiap kali jam makan. bs berbahaya lhoo bun arik pemberian mpasi dini.

bahaya / kerugian pemberian MPASI
dini:
1. Bayi lebih rentan terkena berbagai penyakit.
Saat bayi menerima asupan lain selain ASI, maka
imunitas/kekebalan yang diterima bayi akan berkurang.
Pemberian MPASI dini berisiko membuka pintu gerbang
masuknya berbagai jenis kuman, belum lagi jika MPASI
tidak disajikan secara higienis. Banyak penelitian yang
menyatakan pemberian ASI eksklusif melindungi bayi
dari berbagai penyakit seperti penyakit pernafasan,
infeksi telinga dan penyakit saluran pencernaan yang
umum diderita anak-anak seperti diare.

2. Berbagai reaksi akibat sistem pencernaan bayi belum
siap.
Bila MPASI diberikan sebelum sistem pencernaan bayi
siap untuk menerimanya, maka makanan tersebut tidak
dapat dicerna dengan baik dan bisa menimbulkan
berbagai reaksi seperti diare, sembelit/konstipasi,
timbulnya gas, dll.
Tubuh bayi belum memiliki protein pencernaan yang
lengkap. Berbagai enzim seperti amylase, enzim yang
diproduksi pankreas belum cukup ketika bayi belum
berusia 6 bulan. Begitu pula dengan enzim perncerna
karbohidrat (maltase, sukrase), dan lipase serta bile
salts untuk mencerna lemak.

3. Bayi berisiko menderita alergi makanan.
Memperpanjang pemberian ASI eksklusif menurunkan
angka terjadinya alergi makanan. Usia 4-6 bulan kondisi
usus bayi masih ?terbuka?, antibodi (sIgA) dari ASI
bertugas melapisi organ pencernaan bayi & memberikan
kekebalan pasif, mengurangi terjadinya penyakit dan
reaksi alergi sebelum penutupan usus terjadi. Bayi mulai
memproduksi antibodi sendiri & penutupan usus terjadi
saat bayi berusia 6 bulan.

4. Bayi berisiko mengalami obesitas/kegemukan.
Pemberian MPASI dini sering dihubungkan dengan
meningkatnya kandungan lemak dan berat badan pada
anak-anak.

5. Produksi ASI Mama dapat berkurang.
Makin banyak makanan padat yang diterima bayi maka
berpotensi bayi akan mengurangi permintaan untuk
menyusu. Bayi yang makan makanan padat pada usia
yang lebih muda cenderung lebih cepat disapih.

6. Persentasi keberhasilan KB/pengaturan kehamilan
alami menurun.
Pemberian ASI eksklusif biasanya sangat efektif dalam
mencegah kehamilan secara alami. Saat MPASI sudah
diberikan maka bayi tidak lagi menyusu secara eksklusif
sehingga persentasi keberhasilan KB metoda alami ini
akan menurun.

7. Bayi berisiko tidak mendapatkan nutrisi optimal
seperti ASI.
Umumnya MPASI dini yang diberikan bentuknya bubur
encer/cair yang mudah ditelan bayi. MPASI seperti ini
mengenyangkan bayi tapi dengan nutrisi yang tidak
memadai.

8. Bayi berisiko mengalami Invaginasi usus/intususepsi.
Invaginasi usus/intususepsi adalah keadaan di mana
suatu segmen usus masuk ke dalam bagian usus lainnya
sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan
serius dan bila tidak segera ditangani dapat
menyebabkan kematian. Walau penyebab pasti penyakit
ini belum diketahui, namun hipotesa yang paling kuat
karena pemberian MPASI yang terlalu cepat.
   
Jumlah Posts : 86
Jumlah di-Like : belum ada like
ini adalah bahaya / kerugian pemberian MPASI
dini:
1. Bayi lebih rentan terkena berbagai penyakit.
Saat bayi menerima asupan lain selain ASI, maka
imunitas/kekebalan yang diterima bayi akan berkurang.
Pemberian MPASI dini berisiko membuka pintu gerbang
masuknya berbagai jenis kuman, belum lagi jika MPASI
tidak disajikan secara higienis. Banyak penelitian yang
menyatakan pemberian ASI eksklusif melindungi bayi
dari berbagai penyakit seperti penyakit pernafasan,
infeksi telinga dan penyakit saluran pencernaan yang
umum diderita anak-anak seperti diare.
2. Berbagai reaksi akibat sistem pencernaan bayi belum
siap.
Bila MPASI diberikan sebelum sistem pencernaan bayi
siap untuk menerimanya, maka makanan tersebut tidak
dapat dicerna dengan baik dan bisa menimbulkan
berbagai reaksi seperti diare, sembelit/konstipasi,
timbulnya gas, dll.
Tubuh bayi belum memiliki protein pencernaan yang
lengkap. Berbagai enzim seperti amylase, enzim yang
diproduksi pankreas belum cukup ketika bayi belum
berusia 6 bulan. Begitu pula dengan enzim perncerna
karbohidrat (maltase, sukrase), dan lipase serta bile
salts untuk mencerna lemak.
3. Bayi berisiko menderita alergi makanan.
Memperpanjang pemberian ASI eksklusif menurunkan
angka terjadinya alergi makanan. Usia 4-6 bulan kondisi
usus bayi masih ?terbuka?, antibodi (sIgA) dari ASI
bertugas melapisi organ pencernaan bayi & memberikan
kekebalan pasif, mengurangi terjadinya penyakit dan
reaksi alergi sebelum penutupan usus terjadi. Bayi mulai
memproduksi antibodi sendiri & penutupan usus terjadi
saat bayi berusia 6 bulan.
4. Bayi berisiko mengalami obesitas/kegemukan.
Pemberian MPASI dini sering dihubungkan dengan
meningkatnya kandungan lemak dan berat badan pada
anak-anak.
5. Produksi ASI Mama dapat berkurang.
Makin banyak makanan padat yang diterima bayi maka
berpotensi bayi akan mengurangi permintaan untuk
menyusu. Bayi yang makan makanan padat pada usia
yang lebih muda cenderung lebih cepat disapih.
6. Persentasi keberhasilan KB/pengaturan kehamilan
alami menurun.
Pemberian ASI eksklusif biasanya sangat efektif dalam
mencegah kehamilan secara alami. Saat MPASI sudah
diberikan maka bayi tidak lagi menyusu secara eksklusif
sehingga persentasi keberhasilan KB metoda alami ini
akan menurun.
7. Bayi berisiko tidak mendapatkan nutrisi optimal
seperti ASI.
Umumnya MPASI dini yang diberikan bentuknya bubur
encer/cair yang mudah ditelan bayi. MPASI seperti ini
mengenyangkan bayi tapi dengan nutrisi yang tidak
memadai.
8. Bayi berisiko mengalami Invaginasi usus/intususepsi.
Invaginasi usus/intususepsi adalah keadaan di mana
suatu segmen usus masuk ke dalam bagian usus lainnya
sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan
serius dan bila tidak segera ditangani dapat
menyebabkan kematian. Walau penyebab pasti penyakit
ini belum diketahui, namun hipotesa yang paling kuat
karena pemberian MPASI yang terlalu cepat.
   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

Thumbs up Cara Mudah Mencegah Kehamilan di Usia Dini
Banyak perempuan yang belum siap hamil dengan bermacam alasan. Untuk menghindari kehamilan yang tak terduga, perempuan banyak yang melakukan aneka cara usai bersenggama.
Ada beberapa gaya perempuan yang dilakukan untuk mencegah kehamilan ketika usai bersenggama.Tapi aneka gaya ini cuma mitos karena belum terbukti bisa mencegah hamil. Berikut beberapa gaya yang dilakukan perempuan untuk mencegah hamil tapi ternyata belum tentu berhasil:

1. Mengeluarkan penis sebelum ejakulasi
Menarik penis dari vagina sebelum pria ejakulasi, bukanlah cara yang tepat pengendalian kelahiran. Menurut Teen Advisor website, cara tersebut hanya 81 hingga 96 persen keberhasilannya. Banyak wanita yang berpikir bahwa jika pria mengeluarkan penis sebelum ejakulasi, sperma tidak akan mampu membuahi telur.

Tetapi pria dapat menghasilkan sesuatu yang disebut pre-ejakulasi. Kebocoran pre-ejakulasi berasal penis pria ketika mereka terangsang, dan pre-ejakulasi dapat mengandung sperma, yang dapat menyebabkan kehamilan.

2. Douching
Douching adalah tindakan menyemprotkan cairan ke dalam vagina untuk membersihkan saluran vagina. Ada mitos umum menyebutkan menggunakan douche (semprotan air obat) akan mencegah kehamilan. Tapi menyemprotkan air, cuka atau bahan lainnya ke dalam vagina tidak hanya akan tidak mencegah kehamilan, ini bahkan dapat menyebabkan infeksi jamur.

Sperma melewati leher rahim dalam hitungan detik, sehingga pada saat menggunakan douche, telur mungkin sudah dibuahi.

3. Tidak perlu orgasme
Orgasme tidak diperlukan untuk hamil. Tubuh wanita mengalami banyak perubahan selama hubungan seksual, baik dia merasakan kesenangan ataupun tidak. Dan kehamilan dapat terjadi bahkan jika ia tidak memiliki orgasme sekalipun.

4. Melakukan seks pada saat menstruasi
Meskipun benar bahwa melakukan hubungan seks selama periode menstruasi dapat sangat mengurangi kemungkinan hamil, tetapi masih bukan jaminan tidak akan hamil. Banyak wanita memiliki menstruasi yang tidak teratur, dan ovulasi dapat terjadi sangat dekat dengan waktu ketika seorang wanita mendapatkan menstruasi.

Sperma bisa juga hidup di dalam tubuh wanita selama tujuh hari, sehingga bahkan jika seorang wanita sedang menstruasi, mungkin sperma menunggunya ketika masa ovulasi berakhir.

5. Hubungan seksual pertama kali (virgin sex)
Seorang wanita bisa hamil pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Beberapa wanita percaya bahwa selaput dara (hymen) atau selaput tipis di pembukaan vagina dapat mencegah sperma dari pemupukan telur.

Tidak hanya selaput dara yang teregang selama kehamilan, tetapi juga banyak wanita yang mengalami peregangan selaput dara bahkan sebelum berhubungan seks, karena olahraga atau menunggang kuda.

6. Minum pil KB
Menurut Feminist Women’s Health Center, pil KB 92 hingga 99,7 persen efektif dalam mencegah kehamilan. Tetapi bahkan dengan pil KB, banyak wanita yang salah informasi. Pil KB tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat.

Selain itu, banyak wanita tidak berpikir mereka perlu minum pil pada waktu yang sama setiap hari. Namun, jika Anda minum pil dengan benar dan mengikuti petunjuk yang tepat, pil KB bisa lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan. Juga penting untuk dicatat bahwa pil tidak melindungi terhadap HIV atau penyakit menular seksual lainnya

tambahan :
Metode Ritmik adalah metode dimana pasangan suami istri menghindari berhubungan seksual pada saat siklus subur seorang wanita. Ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) terjadi 14 hari ± 2 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Sel telur yang telah dilepaskan hanya bertahan hidup selama 24 jam, namun sperma bisa bertahan selama 48 jam setelah melakukan hubungan seksual. Karena itu pembuahan dapat terjadi apabila hubungan seksual dilakukan 2 hari (48 jam) sebelum ovulasi dan 1 hari (24 jam) setelah ovulasi. Metode Ritmik dapat terbagi atas :

Metode ritmik kalender atau Pantang Berkala merupakan metode dimana pasangan menghindari berhubungan seksual selama periode subur wanita berdasarkan panjang siklus menstruasi, kemungkinan waktu ovulasi, jangka waktu sel telur masih dapat dibuahi, dan kemampuan sperma untuk bertahan di saluran reproduksi wanita. Periode subur seorang wanita dihitung dari : (siklus menstruasi terpendek – 18) dan (siklus menstruasi terpanjang – 11). Siklus menstruasi dicatat selama minimal 3 bulan terakhir, akan lebih baik bila dalam 6 bulan terakhir.

Contoh: bila siklus terpendek seorang wanita adalah 25 hari, dan siklus terpanjangnya 29 hari, maka periode suburnya adalah (25 – 18) dan (29 – 11) yang berarti hubungan seksual tidak boleh dilakukan pada hari ke-7 sampai hari ke-18 setelah menstruasi.

Metode lendir serviks adalah metode mengamati kualitas dan kuantitas lendir serviks setiap hari. Periode subur ditandai dengan lendir yang jernih, encer, dan licin. Abstinensia (tidak melakukan hubungan seksual) diperlukan selama menstruasi, setiap hari selama periode preovulasi (berdasarkan lendir serviks), dan sampai waktu lendir masa subur muncul sampai 3 hari setelah lendir masa subur itu berhenti.

Metode pengukuran suhu tubuh berdasarkan perubahan temperatur. Pengukuran dilakukan pada suhu basal (suhu ketika bangun tidur sebelum beranjak dari tempat tidur. Suhu basal akan menurun sebelum ovulasi dan agak meningkat (kurang dari 1° Celsius) setelah ovulasi. Hubungan seksual sebaiknya tidak dilakukan sejak hari pertama menstruasi sampai 3 hari setelah kenaikan dari temperatur.

Efektivitas
Kehamilan terjadi pada 9-25 per 100 wanita
Keuntungan
Tidak ada efek samping gangguan kesehatan,ekonomis
Kerugian
Angka kegagalan tinggi, tidak melindungi dari PMS, menghambat spontanitas, membutuhkan siklus menstruasi teratur.
 

[URL="www.obatmasakini.com"]obat aborsi-obat telat bulan[/URL]

   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

Thumbs up Cara Mudah Mencegah Kehamilan di Usia Dini
Banyak perempuan yang belum siap hamil dengan bermacam alasan. Untuk menghindari kehamilan yang tak terduga, perempuan banyak yang melakukan aneka cara usai bersenggama.
Ada beberapa gaya perempuan yang dilakukan untuk mencegah kehamilan ketika usai bersenggama.Tapi aneka gaya ini cuma mitos karena belum terbukti bisa mencegah hamil. Berikut beberapa gaya yang dilakukan perempuan untuk mencegah hamil tapi ternyata belum tentu berhasil:

1. Mengeluarkan penis sebelum ejakulasi
Menarik penis dari vagina sebelum pria ejakulasi, bukanlah cara yang tepat pengendalian kelahiran. Menurut Teen Advisor website, cara tersebut hanya 81 hingga 96 persen keberhasilannya. Banyak wanita yang berpikir bahwa jika pria mengeluarkan penis sebelum ejakulasi, sperma tidak akan mampu membuahi telur.

Tetapi pria dapat menghasilkan sesuatu yang disebut pre-ejakulasi. Kebocoran pre-ejakulasi berasal penis pria ketika mereka terangsang, dan pre-ejakulasi dapat mengandung sperma, yang dapat menyebabkan kehamilan.

2. Douching
Douching adalah tindakan menyemprotkan cairan ke dalam vagina untuk membersihkan saluran vagina. Ada mitos umum menyebutkan menggunakan douche (semprotan air obat) akan mencegah kehamilan. Tapi menyemprotkan air, cuka atau bahan lainnya ke dalam vagina tidak hanya akan tidak mencegah kehamilan, ini bahkan dapat menyebabkan infeksi jamur.

Sperma melewati leher rahim dalam hitungan detik, sehingga pada saat menggunakan douche, telur mungkin sudah dibuahi.

3. Tidak perlu orgasme
Orgasme tidak diperlukan untuk hamil. Tubuh wanita mengalami banyak perubahan selama hubungan seksual, baik dia merasakan kesenangan ataupun tidak. Dan kehamilan dapat terjadi bahkan jika ia tidak memiliki orgasme sekalipun.

4. Melakukan seks pada saat menstruasi
Meskipun benar bahwa melakukan hubungan seks selama periode menstruasi dapat sangat mengurangi kemungkinan hamil, tetapi masih bukan jaminan tidak akan hamil. Banyak wanita memiliki menstruasi yang tidak teratur, dan ovulasi dapat terjadi sangat dekat dengan waktu ketika seorang wanita mendapatkan menstruasi.

Sperma bisa juga hidup di dalam tubuh wanita selama tujuh hari, sehingga bahkan jika seorang wanita sedang menstruasi, mungkin sperma menunggunya ketika masa ovulasi berakhir.

5. Hubungan seksual pertama kali (virgin sex)
Seorang wanita bisa hamil pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Beberapa wanita percaya bahwa selaput dara (hymen) atau selaput tipis di pembukaan vagina dapat mencegah sperma dari pemupukan telur.

Tidak hanya selaput dara yang teregang selama kehamilan, tetapi juga banyak wanita yang mengalami peregangan selaput dara bahkan sebelum berhubungan seks, karena olahraga atau menunggang kuda.

6. Minum pil KB
Menurut Feminist Women’s Health Center, pil KB 92 hingga 99,7 persen efektif dalam mencegah kehamilan. Tetapi bahkan dengan pil KB, banyak wanita yang salah informasi. Pil KB tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat.

Selain itu, banyak wanita tidak berpikir mereka perlu minum pil pada waktu yang sama setiap hari. Namun, jika Anda minum pil dengan benar dan mengikuti petunjuk yang tepat, pil KB bisa lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan. Juga penting untuk dicatat bahwa pil tidak melindungi terhadap HIV atau penyakit menular seksual lainnya

tambahan :
Metode Ritmik adalah metode dimana pasangan suami istri menghindari berhubungan seksual pada saat siklus subur seorang wanita. Ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) terjadi 14 hari ± 2 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Sel telur yang telah dilepaskan hanya bertahan hidup selama 24 jam, namun sperma bisa bertahan selama 48 jam setelah melakukan hubungan seksual. Karena itu pembuahan dapat terjadi apabila hubungan seksual dilakukan 2 hari (48 jam) sebelum ovulasi dan 1 hari (24 jam) setelah ovulasi. Metode Ritmik dapat terbagi atas :

Metode ritmik kalender atau Pantang Berkala merupakan metode dimana pasangan menghindari berhubungan seksual selama periode subur wanita berdasarkan panjang siklus menstruasi, kemungkinan waktu ovulasi, jangka waktu sel telur masih dapat dibuahi, dan kemampuan sperma untuk bertahan di saluran reproduksi wanita. Periode subur seorang wanita dihitung dari : (siklus menstruasi terpendek – 18) dan (siklus menstruasi terpanjang – 11). Siklus menstruasi dicatat selama minimal 3 bulan terakhir, akan lebih baik bila dalam 6 bulan terakhir.

Contoh: bila siklus terpendek seorang wanita adalah 25 hari, dan siklus terpanjangnya 29 hari, maka periode suburnya adalah (25 – 18) dan (29 – 11) yang berarti hubungan seksual tidak boleh dilakukan pada hari ke-7 sampai hari ke-18 setelah menstruasi.

Metode lendir serviks adalah metode mengamati kualitas dan kuantitas lendir serviks setiap hari. Periode subur ditandai dengan lendir yang jernih, encer, dan licin. Abstinensia (tidak melakukan hubungan seksual) diperlukan selama menstruasi, setiap hari selama periode preovulasi (berdasarkan lendir serviks), dan sampai waktu lendir masa subur muncul sampai 3 hari setelah lendir masa subur itu berhenti.

Metode pengukuran suhu tubuh berdasarkan perubahan temperatur. Pengukuran dilakukan pada suhu basal (suhu ketika bangun tidur sebelum beranjak dari tempat tidur. Suhu basal akan menurun sebelum ovulasi dan agak meningkat (kurang dari 1° Celsius) setelah ovulasi. Hubungan seksual sebaiknya tidak dilakukan sejak hari pertama menstruasi sampai 3 hari setelah kenaikan dari temperatur.

Efektivitas
Kehamilan terjadi pada 9-25 per 100 wanita
Keuntungan
Tidak ada efek samping gangguan kesehatan,ekonomis
Kerugian
Angka kegagalan tinggi, tidak melindungi dari PMS, menghambat spontanitas, membutuhkan siklus menstruasi teratur.
 

[URL="www.obatmasakini.com"]obat aborsi-obat telat bulan[/URL]

   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

Thumbs up Cara Mudah Mencegah Kehamilan di Usia Dini
Banyak perempuan yang belum siap hamil dengan bermacam alasan. Untuk menghindari kehamilan yang tak terduga, perempuan banyak yang melakukan aneka cara usai bersenggama.
Ada beberapa gaya perempuan yang dilakukan untuk mencegah kehamilan ketika usai bersenggama.Tapi aneka gaya ini cuma mitos karena belum terbukti bisa mencegah hamil. Berikut beberapa gaya yang dilakukan perempuan untuk mencegah hamil tapi ternyata belum tentu berhasil:

1. Mengeluarkan penis sebelum ejakulasi
Menarik penis dari vagina sebelum pria ejakulasi, bukanlah cara yang tepat pengendalian kelahiran. Menurut Teen Advisor website, cara tersebut hanya 81 hingga 96 persen keberhasilannya. Banyak wanita yang berpikir bahwa jika pria mengeluarkan penis sebelum ejakulasi, sperma tidak akan mampu membuahi telur.

Tetapi pria dapat menghasilkan sesuatu yang disebut pre-ejakulasi. Kebocoran pre-ejakulasi berasal penis pria ketika mereka terangsang, dan pre-ejakulasi dapat mengandung sperma, yang dapat menyebabkan kehamilan.

2. Douching
Douching adalah tindakan menyemprotkan cairan ke dalam vagina untuk membersihkan saluran vagina. Ada mitos umum menyebutkan menggunakan douche (semprotan air obat) akan mencegah kehamilan. Tapi menyemprotkan air, cuka atau bahan lainnya ke dalam vagina tidak hanya akan tidak mencegah kehamilan, ini bahkan dapat menyebabkan infeksi jamur.

Sperma melewati leher rahim dalam hitungan detik, sehingga pada saat menggunakan douche, telur mungkin sudah dibuahi.

3. Tidak perlu orgasme
Orgasme tidak diperlukan untuk hamil. Tubuh wanita mengalami banyak perubahan selama hubungan seksual, baik dia merasakan kesenangan ataupun tidak. Dan kehamilan dapat terjadi bahkan jika ia tidak memiliki orgasme sekalipun.

4. Melakukan seks pada saat menstruasi
Meskipun benar bahwa melakukan hubungan seks selama periode menstruasi dapat sangat mengurangi kemungkinan hamil, tetapi masih bukan jaminan tidak akan hamil. Banyak wanita memiliki menstruasi yang tidak teratur, dan ovulasi dapat terjadi sangat dekat dengan waktu ketika seorang wanita mendapatkan menstruasi.

Sperma bisa juga hidup di dalam tubuh wanita selama tujuh hari, sehingga bahkan jika seorang wanita sedang menstruasi, mungkin sperma menunggunya ketika masa ovulasi berakhir.

5. Hubungan seksual pertama kali (virgin sex)
Seorang wanita bisa hamil pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Beberapa wanita percaya bahwa selaput dara (hymen) atau selaput tipis di pembukaan vagina dapat mencegah sperma dari pemupukan telur.

Tidak hanya selaput dara yang teregang selama kehamilan, tetapi juga banyak wanita yang mengalami peregangan selaput dara bahkan sebelum berhubungan seks, karena olahraga atau menunggang kuda.

6. Minum pil KB
Menurut Feminist Women’s Health Center, pil KB 92 hingga 99,7 persen efektif dalam mencegah kehamilan. Tetapi bahkan dengan pil KB, banyak wanita yang salah informasi. Pil KB tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat.

Selain itu, banyak wanita tidak berpikir mereka perlu minum pil pada waktu yang sama setiap hari. Namun, jika Anda minum pil dengan benar dan mengikuti petunjuk yang tepat, pil KB bisa lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan. Juga penting untuk dicatat bahwa pil tidak melindungi terhadap HIV atau penyakit menular seksual lainnya

tambahan :
Metode Ritmik adalah metode dimana pasangan suami istri menghindari berhubungan seksual pada saat siklus subur seorang wanita. Ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) terjadi 14 hari ± 2 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Sel telur yang telah dilepaskan hanya bertahan hidup selama 24 jam, namun sperma bisa bertahan selama 48 jam setelah melakukan hubungan seksual. Karena itu pembuahan dapat terjadi apabila hubungan seksual dilakukan 2 hari (48 jam) sebelum ovulasi dan 1 hari (24 jam) setelah ovulasi. Metode Ritmik dapat terbagi atas :

Metode ritmik kalender atau Pantang Berkala merupakan metode dimana pasangan menghindari berhubungan seksual selama periode subur wanita berdasarkan panjang siklus menstruasi, kemungkinan waktu ovulasi, jangka waktu sel telur masih dapat dibuahi, dan kemampuan sperma untuk bertahan di saluran reproduksi wanita. Periode subur seorang wanita dihitung dari : (siklus menstruasi terpendek – 18) dan (siklus menstruasi terpanjang – 11). Siklus menstruasi dicatat selama minimal 3 bulan terakhir, akan lebih baik bila dalam 6 bulan terakhir.

Contoh: bila siklus terpendek seorang wanita adalah 25 hari, dan siklus terpanjangnya 29 hari, maka periode suburnya adalah (25 – 18) dan (29 – 11) yang berarti hubungan seksual tidak boleh dilakukan pada hari ke-7 sampai hari ke-18 setelah menstruasi.

Metode lendir serviks adalah metode mengamati kualitas dan kuantitas lendir serviks setiap hari. Periode subur ditandai dengan lendir yang jernih, encer, dan licin. Abstinensia (tidak melakukan hubungan seksual) diperlukan selama menstruasi, setiap hari selama periode preovulasi (berdasarkan lendir serviks), dan sampai waktu lendir masa subur muncul sampai 3 hari setelah lendir masa subur itu berhenti.

Metode pengukuran suhu tubuh berdasarkan perubahan temperatur. Pengukuran dilakukan pada suhu basal (suhu ketika bangun tidur sebelum beranjak dari tempat tidur. Suhu basal akan menurun sebelum ovulasi dan agak meningkat (kurang dari 1° Celsius) setelah ovulasi. Hubungan seksual sebaiknya tidak dilakukan sejak hari pertama menstruasi sampai 3 hari setelah kenaikan dari temperatur.

Efektivitas
Kehamilan terjadi pada 9-25 per 100 wanita
Keuntungan
Tidak ada efek samping gangguan kesehatan,ekonomis
Kerugian
Angka kegagalan tinggi, tidak melindungi dari PMS, menghambat spontanitas, membutuhkan siklus menstruasi teratur.
 

[URL="www.obatmasakini.com"]obat aborsi-obat telat bulan[/URL]

   
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
dokter saya seorang ibu rumah tangga dgn 3 anak dan semwa secar. saya sudah melakukan steril skitar 3,5 tahun yang lalu. jujur saya belum pernah check up lagi setelah melahirkan. keluhan saya,, sdh 3 bulan ini haid saya tdk teratur dan bulan kemaren saya datang bulan hingga 3 kali tapi hanya 2-3 hari saja,, dan menstruasi saya tdk terlalu banyak hanya sdkt2. dan minggu kemaren setelah saya berhubungan dgn swami saya mengeluarkan flek tapi hanya sdkt2 itu selama 1.5 hari saja. itu kenapa yah dok ?? dan saya baca2 d google ttg kondisi saya,, apakah mungkin dok org yang sdh steril bisa hamil lagi ?? karena tante saya mengalami hal tersebut,,sudah secar slama 10tahun tapi ternyata masih bs hamil lagi. mohon informasinya dokter trima kasih.

Dari : Rosita Priyandoyo Jongkingkriwang

Jawaban:

Dear Bunda,



Sterilisasi sebagai salah satu metode kontrasepsi pada wanita termasuk efektif dalam mencegah kehamilan. Pada sterilisasi dapat dilakukan blokade saluran tuba fallopi (dengan diikat) ataupun pemotongan dan pengangkatan tuba falopi (salpingectomy). Setelah diadakan operasi baik pengikatan ataupun pengangkatan saluran tuba, maka sel telur tidak dapat bertemu dengan sperma dan akan diserap oleh tubuh. KB steril tidak mempengaruhi siklus menstruasi sehingga Bunda dapat terus mendapatkan menstruasi setiap Bulannya. Pada kasus yang amat sangat jarang terjadi, adalah gagalnya efek kontrasepsi sehingga sel telur dan sperma bertemu dan terjadi kehamilan. Bila Bunda mengalami gangguan siklus menstruasi seperti flek atau perdarahan berkepanjangan, sebaiknya kembali kontrol pada dokter untuk mengetahui penyebab dan terapi penanganan yang tepat.


   
26-03-2014 12:09:48 kb suntik 3 bulan
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
Dok, sy mau tanya dan mw tau,ini hari prtma sy melakukan suntik KB 3 bulan dlm seumur hidup sy, yg sy mau tanyakan, apakah sy bisa berhubungan setelah bru2 suntik? Apa nga akan tinggal ?takutnya nti, blm ad reaksi dri suntik KB 3 bulannya dalm 1 hari ini, truz sy lgsung berhubungan. Nti hamil ato nga ?? Tlong diblz ya dok ... Makasih

Dari : Chiytra Andiaso Manggabarani

Jawaban:

Dear Bunda,



Bila baru pertama kali melakukan metode kontrasepsi baik itu pil KB  maupun suntik KB, sebaiknya setelah penggunaan pertama kali tersebut tetap memakai kontrasepsi kondom selama 7 hari untuk berhubungan intim. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi obat untuk bekerja dan mencegah kehamilan. Pada penggunaan siklus berikutnya, bila terlambat dari jadwal yang ditentukan, maka gunakan kontrasepsi kondom selama 7 hari setelah pemberian suntikan atau minum pil KB yang terlambat tersebut. Bila Bunda tidak berada pada masa subur, kemungkinan terjadi kehamilan tidak besar terjadi, namun resiko terjadinya kehamilan masih ada bila tidak ada efek kontrasepsi sebelumnya.