SITE STATUS
Jumlah Member :
492.776 member
user online :
1646 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: belum telat setelah hamil 2 bulan baru mengkonsumsi asam folat

New Topic :  
22-05-2015 03:41:39 keguguran diusia 4week
Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5

hello para bunda,

iya biasa yah, usia semester pertama kehamilan fragile banget.... tanda org keguguran itu mengeluarkan darah banyak sekali ... minimal spt haid, tp kl parah ... bisa tiap 2 jam ganti pembalut yg tebal. dan jgn tunggu lama2... ntr spt teman saya dia ga tau kl dia hamil dia pikir dia haid tp keluar gumpalan, dan akhirnya 3 thn dia ga pernah hamil krn belum bersih ... kl sdh pendarahan segera ke RS/klinik biar gak kelamaan di dalam gak bagus...  Saya pernah mengalami 2 kali pendarahan ... yg pertama di usia7w gak tahu apa sebabnya tiba2 keluar darah tp janin ga keluar bhkn setelah di USG saya dengar detak jantungnya, kirain sdh aman, tp gak tahunya janin saya "meninggal" di dlm selama 3 bln, akhirnya di kuret deh (ada di blog saya yg paling awal, thn 2009 kl ga salah) .. dan yg terakhir itu saya dikuret awal januari 2014 di usia 10w (pdhl 1 mggu lagi bakal USG), mgkn krn terlalu capek, stres dan sakit2an (anak sakit cacar hbs itu muntaber yg jangkit ke saya muntabernya) jadi jam 9 mlm kami ke RS krn pendarahan (sedih bnget pastinya...) tp sampe di sana nunggunya lamaa bangettt sampe tengah malam (anakku sampe teler,ngantuk berat)... dan di RS dlm wkt 1 jam saya habis persediaan pembalut yg selalu saya bawa di dlm tas bhkn celana dalam pun penuh dengan darah .. saya nginap di RS dan besoknya lgsg di kuret dan malamnya lgsg pulang.

biasanya setelah kuret, justru gak boleh hamil dulu .... krn rahim masih stress istilahnya. minimal 3-4 bln kosongkan saja dulu, sambil persiapan hamil bunda2 bisa cek kesehatan (periksa rahim sdh bersih blm? pap smear, ada bakteri gak di seputar vagina??) suntik TORCH (dan suntik ini ga boleh lgsg hamil juga, ..tunggu 3 blnan), periksa gigi ... make sure giginya ga bolong ..ntr kl hamil pas sakit gigi,.. bakal nunggu sampe lahiran booo .. 

Setelah itu para bunda bisa mengkonsumsi asam folat sambil makan sayur bening (bayam, toge), nah kl sdh semua, baru program deh "kayak kelinciiii" hehehee... :D  :D 

ayo semangat ya bundas  ;)

   


Jumlah Posts : 273
Jumlah di-Like : 6
hi bunda , mau berbagi juga nich...
kalo sy tidak diapers ato clodi sejak lahir hingga usia 1 bulan, setelah memasuki 2 bulan baru pakai diapers, tapi gonta ganti merk krn tidak tahu juga mana yang cocok..
sy kurang tahu kl clodi kekurangannya tapi kelebihannya yang pasti hemat..
kl diapers praktis krn sesuai tertulis jd tdk kemana2 pipisnya..
tp kl bunda ada yang bantu2 untuk mencuci, pakai clodi/popok kain saja; tp kl tidak ada yg bantu mencuci pake diapers..
awal lahir memang sangat repot, sehari bisa 6-10x pipis belum lagi bab bisa sampe 3xsehari; kadang tengah malam harus bangun untuk mengganti bila menggunakan popok kain yah (pengalaman pribadi)..
sekarang bayi sy sejak usia 5 bulan murni pake diapers, syukurnya tidak iritasi/ruam..
waktu usia 2-5 bulan kadang2 pakai diapers; kadang2 pakai popok kain..

- happy pregnant -
* salam kenal bundanya Alvin *


   
Jumlah Posts : 200
Jumlah di-Like : 2
kalau baru lahir enakan pakai popok kain.bahkan saat tidur malam sekalipun tetap saya pakiakan popok kain. setelah usia 2 bulan baru saya pakaikan clodi. Alhamdulillah tidak ada masalah, tidak iritasi ataupun rewel malah kalau pakai pospak kulitnya ada merah2nya.
kelebihan clodi sih yang jelas hemat ya... trus untuk pencucian juga tidak terlalu masalah. kalau mau lebih tau banyak tetang clodi bisa join di milis popok_kain. lumayan lho nambah pengetahuan tentang clodi.
   


23-07-2010 14:25:37 Stop asam folat?
Jumlah Posts : 139
Jumlah di-Like : 1
sy ada artikel ttg asam folat bun, semoga bermanfaat ...

Pengertian Asam Folat
Folasin dan folat adalah nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama dengan asam folat. Ikatan-ikatan ini berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan-pecahan karbon-tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini adalah tetra hidrofolat.

Fungsi Asam Folat
Fungsi utama koenzim folat (THFA) adalah memindahkan atom karbon tunggal dalam bentuk gugus formil, hidroksi metil atau metal dalam reaksi penting metabolisme beberapa asam amino dan sintesis asam nukleat. THFA berperan dalam sintesis purin-purin guanin dan adenin serta pirimidin timin, yaitu senyawa-senyawa yang digunakan dalam pembentukan asam-asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat acid (RNA). Folat juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sumsum tulang dan untuk pendewasaannya. Folat berperan sebagai pembawa karbon tunggal dalam pembentukan hem. Suplementasi folat dapat banyak menyembuhkan anemia pernisiosa.

Sumber/ Penghasil Asam folat
Folat terutama terdapat dalam sayuran hijau (istilah folat berasal dari kata latin folium, yang berarti daun hijau), hati, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk. Vitamin C yang ada dalam jeruk menghambat kerusakan folat. Bahan yang tidak banyak mengandung folat adalah susu, umbi-umbian, dan buah kecuali jeruk.Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kahamilan. Oleh sebab itu digantikan oleh susu, karena susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat tinggi.

Defisiensi Asam Folat
Kekurangan asam folat menyebabkan gangguan metabolisme DNA. Akibatnya terjadi perubahan dalam morfologi intisel terutama sel-sel yang cepat membelah, seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel-sel epitel lambung dan usus, vagina, dan servik rahim. Kekurangan folat menghambat penyembuhan, menyebabkan anemia megaloblastik dan gangguan darah lain, peradangan lidah (glositis) dan gangguan saluran cerna. Alkohol mengganggu absorbsi dan menungkatkan ekskresi folat. Kekurangan folat dapat terjadi karena kurangnya konsumsi, terganggunya absorbsi, kebutuhan metabolisme yang meningkat akan vitamin ini atau pada pembelahan sel yang berjalan sangat cepat. Pengaruh obat-obatan dan kecanduan alkohol. Kurangnya konsumsi folat terutama terjadi pada masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak dapat memperoleh makanan kaya folat secara teratur. Kurang konsumsi dapat juga terjadi pada manula yang susunan makanannya terbatas. Penggunaan folat dapat mengganggu pada kekurangan protein dan pada keadaan dimana kebutuhan meningkat, seperti pada kehamilan, anemia hemolitik, leukemia, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Gangguan absorbsi terjadi pada kerusakan saluran cerna, pada penyakit coeliac atau pada sprue tropis. Kebutuhan folat meningkat pada kehamilan, menyusui, anemia hemolitik dan leukemia.

Bagi ibu hamil
Pada ibu hamil, kekurangan asam folat menyebabkan meningkatnya resiko anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu dan pucat serta bisa menyebabkan keguguran. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram/ hari atau sama dengan 2 (dua) gelas susu. Mengkonsumsi asam folat tidak hanya ketika hamil, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan mengkonsumsi asam folat. Asam folat juga penting dalam membantu pembelahan sel. Asam folat bisa mencegah anemia dan menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Deffects) dan sebagai antidepresan. Bagi janin, kekurangan asam folat pada ibu hamil, bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi lahir dengan berat badan rendah, Down’s Syndrome, bayi mengalami kelainan pembuluh darah, rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah, menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya. Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan, saat dewasa tidak mengalami menstruasi.

Referensi
Almatsier, S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia: Jakarta, 2004.


   
Jumlah Posts : 48
Jumlah di-Like : 1
@ bunda ucie :

aku jg sebenernya baru ngerasain sakit perut bagian bawah itu kira2 sebulan sebelum aku tau kalo aku hamil. pertama mikirnya malah usus buntu..sebelum nikah, kalo pas lg mens hari pertama, pasti deh sakit bgt perutku. nungging2 doank di tempat tidur saking sakitnya. mens jg ga teratur. pernah sampe 2 bulan baru mens... tp setelah nikah, mens ku ga pernah sakit kaya biasanya. paling cuma nyeri2 dikit. telat mens jg palingan 2 mingguan doank..

sempat shock jg wkt dokter blg ada kistanya. takut kenapa2 sm janinku,. tp alhamdulillah skrg udah ga apa2. kalaupun krg perut bawah suka sakit, itu krna si dede lg muter2 trs
sudah hamil brp minggu bund?


@ bunda imud :

tetap berpikir positif ya bund. sambil cek ke dokter. tuh bunda ucie jg bilang masih aman kan kalo belum melebihi 5 cm?
jangan dibawa stress, tar malah pusing sendiri..
btw, bunda imud sdh pny baby atau sedang hamil nih?
   


20-04-2011 13:57:26 hamil si kembar
Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
hehehehe... hamil kembar yaa??
Jadi inget pengalaman setahun yang lalu... Buat saya, hamil kembar benar-benar membuat kaget. Kaget karena tidak ada keturunan kembar, tidak pernah terbayangkan ingin punya anak kembar, tidak pernah punya bayangan ingin hamil kembar secepat ini.  Saya menikah 15 Oktober 2009. 25 Oktober 2009, saya masih Menstruasi. Tapi bulan November saya sudah telat mens. Di TP, ada 2 garis dengan 1 garis samar. usia kandungan 2 bulan baru USG, belum kliatan bayi kembar. Masuk usia 6 bulan baru kelihatan kalo kembar, dengan 2 kantung ketuban dan 1 ari-ari. kaget, bingung, seneng, surprised, campur jadi 1. Dokter sudah mewanti-wanti untuk mengurangi kegiatan, stop jalan2 pagi, banyak istirahat. Karena berbagai faktor dan memang sudah ketentuan Tuhan akhirnya bayi kembar saya memang harus lahir prematur, melalui persalinan spontan, normal. Masing-masing lahir dengan berat: Kara (1500gr-41 cm), Kira (2010gr,43cm). Karena berat yang kurang maka mereka harus menginap di inkubator untuk sementara waktu. keesokan harinya ditemukan pendarahan pada lambung Kira akibat kurang sempurnanya organ pencernaan, maka dilakukan serangkaian terapi. Dengan bantuan dari berbagai pihak, Alhamdulillah Kira-Kara sekarang sudah mulai tumbuh normal setelah menginap 38 hari di RS.
Pertumbuhan bayi prematur memang tidak seperti bayi normal pada umumnya. Ada beberapa hal keterlambatan, apalagi dengan bawaan pencernaan yang masih harus terus dilakukan terapi untuk mencegah efek samping jangka panjangnya.
Dengan segala kerepotan, dengan segala keribetan, dengan segala keruwetan, maka anugrah, rejeki, karunia kami pun juga bertambah dobel berkali-kali lipat. Jadi... hari ini genap 9 bulan 28 hari saya menjadi bunda dari si kembar Kira Elysia Setyadi dan Kara Kalani Setyadi.
Begitulah suka duka saya bersama si kembar. Sepertinya bagus nih kalo kita bikin grup bunda bayi kembar, apalagi kalo ada teman psikolog yang mendampingi. Karena jujur saya lagi banyak belajar tentang pola asuh bayi kembar nih. sapa tahu bisa saling bertukar pengalaman... hehehe...

-wiwid-
Bunda Kira-Kara
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
selamat pagi, saya mau tanya. saya sudah telat mens hampir 2 Bulan, pas usg d w 4 dokter bilang belum kliatan apa2, setelah usg d w 8 baru kelihatan kantung telurnya saja. kenapa ya?
   
Jumlah Posts : 47
Jumlah di-Like : belum ada like
wah..kemarin sy juga sempat didiagnosa gangguan hormon, haid sy gak teratur, kata dokter faktor stres juga. bahkan sy sampai diberi obat biar hormon sy kembali normal, obatnya dimakan tiap hri slaama 3 bln, trus baru 2 bulan, sy brenti gara2 bosan makan obt trus. 5 bulan kemudian, sy masih belum hamil2 juga. kemudian, sy mencoba mengkonsumsi asam folat dan vit e setiap hari, eh,, haid saya masih belum tratur juga. hingga akhirnya mulai promil ke dokter ahli kandungan. sy diberi obt berbagai macam,hehehe. sy mulai promil skitr bln 2... dan kini sdh hamil slama 7 miggu. alhamdulillah
   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like

mlm dok mau tanya? saya baru menikah 2 bulan baru nikah saya langsung di kb suntik selama 1 bulan setelah menikah 2 minggu saya di tinggal suami kerja tapi sampai sekarang belum mens juga udah saya tes pk TP hasil nya negatip pertanyaan sayah apa kah sayah hamil atau tidak sayah udah minum jamu pelancar haid tapi msih belum juga hamil mohon info nya dok

terimakasih

   
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : belum ada like
hai bunda...
kalau aku sampai 4 bulan belum datang bulan karena takut hamil maka aku pilih kb suntik yg 3 bulan agar ASI nya tidak terpengaruh.
Emang sich kalau kb suntik yg 3 bln tsb membuat ga datang bulan.
Ya sampai sekarang pun ( umur babyku 10 bln ) aku belum datang bulan. Mungkin setelah babyku 2 tahun baru ganti kb.
   
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : 1
hamil bun insya alloh, cuma memang kalo baru telat blm keliatan banget, aku malah disaranin setelah telat 2 bulan baru cek ke dokter, yg penting jaga makanan dan minum vitamin bun aku sih wktu itu rajin minum susu aja sama minum folic acid sehari 1 butir..
   
25-05-2016 07:08:09 tanda kehamilan
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like

amiinnn,,, 

saya HPHT 18 Februari, tapi bulan april janin baru berumur 4 minggu, dokternya bilang mungkin ovulasi saya yang telat,,, jadi pembuahannya baru sekitar awal Maret,,, saya tespek setelah telat 2 bulan baru jelas garis 2 nya,,,

Insya Allah positif bun,,, yang penting d jaga jangan kerja berat dulu,,,

   
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
waktu aku hamil anak ke empat ke marin gitu sis . udah berapa kali aku tespek negatif yg aku rasakan sama mual dan cape dan pusing..aku pikir aku turun berok pas aku urut gak tau nya aku udah hamil 2 bulan sis ...bisa jadi belum bisa ke lihatan dari tespek nya kalau gak tunggu jarang sebulan baru ke dokter
   
20-08-2014 13:18:07 suntikan kb 3 bulan
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
dok saya mau tanya saya pakai suntikan kb yg 3 bulan dari bulan 1 saya besuntik masi dpt men tp setelah jalan 2 bulan tidak men lg sampai bulan 3 belum jga men sampai lha bulan 8 ini belum juga men sebenar nya saya ini hamil apa enggak si dok