SITE STATUS
Jumlah Member :
493.768 member
user online :
1212 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bayi umur 1 tahun boleh minum energen

New Topic :  
05-07-2013 09:02:55 propranolol
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4
Dear Bunda,

Terima kasih atas pertanyaannya.
Hemangioma adalah benjolan merah pada kulit, sering terjadi pada bayi umur 1 tahun kebawah dan akan mengecil dengan berjalannya waktu. Hemangioma biasanya tidak ganas. Penggunaan propanolol digunakan untuk mengecilkan benjolan tersebut.
Ikuti perintah dokter, berikan obat sesuai anjuran dari dokter.

Semoga bayinya lekas sembuh ya bunda.
Terima kasih
   


01-05-2009 08:07:56 Flek Paru pada Anak Balita
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
aloo....
ikutan curhat ya,,,, anakku jg kena flek nie... 1 bulan yang lalu pas usianya genap 6 bulan.. g batuk jg, cm lemes n bb nya turun, susu n makannya jadi berkurang. pas aku bawa ke ke dokter, disuruh  rongent, lab, n mantoux. hasilnya positif TB. 5 hari anakku dirawat di RS. hiks.. hiks... sedih banget rasanya, liat ayes kecilku di tusuk2 jarum ambil darah n infus.. T_T
terapinya OAT 6 bulan.
saya pernah ditawarin susu kolostrum sapi. mmg bagus si untuk kesehatan. tp untuk bayi dibawah 1 tahun boleh ga ya.... anakku skrg dah 7 bulan.
mohon infonya ibu2....
n minta doanya semoga ayesku cepet sembuh.... tq
   
28-05-2010 01:36:01 Susu formula untuk ibu hamil
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
Dear bunda,

Kalau soal susu, menurut saya yang paling baik susu kacang kedelai dan UHT. Sufor boleh-boleh saja dikonsumsi asal dicampur air pada temperatur yang tepat. 

Kakak saya lebih percaya susu UHT, dan babynya begitu lahir kukunya panjang dan ujungnya putih, menandakan mendapatkan kalsium dalam jumlah yang cukup. Sedangkan saya konsumsi sufor dan kacang kedelai bergantian. Hasilnya, kuku baby saya tidak begitu panjang dan putih ujungnya, tapi saya rasa dia masih dalam hitungan cukup kalsiumnya. Yang amazing itu adalah... tidak ada tahi lalat atau tanda lahir sama sekali. Saya sampai bolakbalik dan rasanya senang sekali melihatnya, apalagi kulitnya sangat halus sekali (daripada yang konsumsi UHT).

Padahal banyak yang suruh saya minum air kelapa, tapi saya hanya minum 2 gelas, itu pun waktu awal hamil saja, dan tidak saya teruskan, karena dilarang Mama saya (nurut mode on). Air kelapa baiknya diminum saat hamil tua, untuk mencegah dehidrasi (gerah banget kalo hamil tua itu) dan menjaga jumlah air ketuban cukup.

Jadi kalo kata orang minum air kelapa biar bayinya bersih dan putih itu cuma mitos belaka.

@Bunda Xavier,

Peristiwa langka ya bayi lahir dengan gigi.
Tapi saya rasa, bukan karena kelebihan kalsium. Bagaimana dengan nasib anak yang pertumbuhan giginya lambat sekali (ada bayi teman saya yang umur 1 tahun baru tumbuh)? Tidak bisa dibilang kurang kalsium, karena dia menyusui bayi terus.
   


Jumlah Posts : 43
Jumlah di-Like : belum ada like
pagi Bunda... bunda... anak saya umur 1 tahun, 10 Mei kemarin. setelah itu pas hari berikutnya anak saya mogok makan. Nasi lemes sama sayur makan cuma separo porsi. saya coba kasih bubur bayi lagi tapi bosen ga mau, bubur bayi instant juga mau sdikit stlh itu mulut dikunci. maunya minum, Dan makan buah.. itu kenapa ya Bunda-Bunda...??? adakah yg ngalamin seperti ini juga??? makasi Bunda... sedih bgt rasanya anak ga mau makan :'(
   
24-06-2016 17:00:24 anak diare
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
dok mau tanya nih anakku umur 1 tahun dia diare kata dokter A. dia terlalu banyak saya kasih biskuit gitu jadi perutnya belum terima alhasil dia diare deh udah 3 hari
hari pertama dia pupnya air haribke 2 udah mulai berserat tapi belum berbau nah hari ke 3 udah mulai ada seratnya lagi dan mulai berbau dan dia makan lahap minum susu juga lahap dan tidak lemas nah apa boleh ya dok saya kasih air kelapa muda hijau buat pengganti ION karnakan mungkin kalo diare gak cepat sembuhnya tapi bertahap kira-kira berapa lama ya dok kalo anak diare bisa pulih lagi pupnya
   


Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

ibu2 yg
ngeluh anaknya susah makan lalu
minta rekomendasi vitamin. Setelah
ditelusuri ternyata anak2 itu
kebanyakan minum susu.
Yaiyalaaahhhh.. ga usah curhat di
sini pasti ibunya dah tau anaknya ga
mau karena kebanyakan susu. Dan
anak2 kebanyakan susu biasanya
karena minum susu pakai botol.
Kalau memang niat anaknya pinter
makan, sekarang mulai merubah
kebiasaan jelek jadi kebiasaan yg
baik.
1. Sejak bayi mulai makan mpasi,
belajar minum apapun (susu, air
putih, jus buah)pakai sendok. Kalau
sudah bisa duduk dan pegang
cangkir maka belajar minum pakai
cangkir.
2. Mulai usia 2 bulan bayi bisa
dilatih utk bangun siang dan tidur
malam. Bangun malam bukan buat
main tapi hanya menyusu.
3. Setelah mulai mpasi bayi diajari
minum air putih
4. Setelah usia 1 tahun tidak
menyusu malam lagi (kecuali asi).
Kalau haus ya minum air putih.
5. Setelah usia 1 tahun TIDAK WAJIB
MINUM SUSU (kecuali yg masih asi,
sampai usia 2 thn)
6. Di atas 1 tahun maksimal minum
susu hanya 500 ml sehari (sudah
termasuk asinya)
7. Anak yg tdk mau makan bukan
susu solusinya, jadi tetap batasi susu
max.500 ml sehari.
8. Di atas usia 1 tahun TIDAK LAGI
MINUM PAKAI DOT, tapi PAKAI GELAS.
9. Anak ngadat minta susu melebihi
jatah JANGAN DITURUTI. Tunggu
sampai nangisnya selesai lalu peluk,
kasih tau ibu sayang dia, jelaskan
kenapa ga boleh minum susu.
10. Yang namanya makan TIDAK
HARUS MAKAN NASI. Banyak
pengganti karbohidrat seperti roti,
singkong, kentang, ubi, spageti,
makaroni, bihun, mie. Lengkapi dgn
lauk pauk dan sayur dan buah.
11. PEDIASURE dan sejenisnya bukan
makanan utk anak sehat yg tidak
mau makan. Pediasure juga bukan
susu. Pediasure adalah makanan cair
yg diberikan pada ANAK SAKIT yg
TIDAK BISA MAKAN karena sakit.
12. Vitamin bukan solusi anak tidak
mau makan. TIDAK ADA yg namanya
vitamin penambah napsu makan.
Vitamin yg tidak perlu hanya akan
dibuang lewat urin (vitamin larut air)
atau menumpuk dan meracuni tubuh
(vitamin larut lemak)
13. Di atas usia 1 tahun sudah boleh
makan apa saja seperti menu
keluarga, olahan apapun, bumbu
apapun. Samakan makanan anak dgn
makanan keluarga. Kalau dibeda2kan
maka anak tidak doyan makan karena
bosan dan merasa sendiri.
By ibu dokter Fransiska Sri Susanti
Semoga bermanfaat

   
08-04-2014 11:59:08 ciri ciri alergi susu
Jumlah Posts : 87
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda ghege maaf ya.. apa.asinya sudah tidak.diberikan? anakq dulu setahun baru ketahuan.alergi coz waktu usia 3 bulan ak kasih tambahan sufor tapi asi masih jalan.. kata dokter dsuruh.pake merk isomil coz banyak.anak.yg bisa nerima.rasanya.. tapi ibu juga kudu menghindari alergen penyebab bayi alergi.. ga boleh ikutan minum susu sapi.. pemberian madu untuk.bayi dbawah 1 tahun tidak.danjurkan bunda.. bahkan anakq yg dah 2 tahun aj juga ga disarankan.minum madu sama dsa nya..
   
14-02-2014 20:57:07 mogok nge dot knp ya?
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Media Pemberian ASIP
By Aimi on Monday, 26 November 2012 at 10:18

MEDIA PEMBERIAN ASIP
1. CUP FEEDER (GELAS SLOKI)Langkah-langkahyang dilakukan jika ingin memberikan ASIP melalui gelassloki adalah:1. Gendong bayi di pangkuan dan posisikan bayi dengan kepala agak tegak,gunakan tangan untuk menopang bahu dan leher bayi.2. Gunakan gelas sloki kecil.3. Tempelkan bibir gelas sloki ke bibir bayi.4. Miringkan gelas sloki hingga ASIP menyentuh bibir bawah bayi dan biarkan bayimenyeruput seperti kucing yang sedang minum. Jangan menuangkan ASIP kemulut bayi.5. Penting untuk menjaga aliran ASIP agar bayi tetap dapat menyeruput secaraterus menerus.6. Lakukan perlahan karena bayi dan pemberi ASIP sedang sama-sama belajar.7. Coba lakukan langkah-langkahdiatas berkali-kali hingga bayi dan pemberi ASIPsama-sama merasa nyaman.2. SPOON FEEDERPemberian susu melalui sendok sudah ada sejak dahulu kala, mungkin sejak botol dandot belum ditemukan karena sendok adalah peralatan yang sangat mudah ditemukan.Ketika tiba-tiba seorang ibu harus keluar rumah dan meninggalkan bayinya denganorang lain maka sendok adalah peralatan yang pasti ada di rumah.Pemberian ASIP dengan sendok pada intinya sama dengan penggunaan gelas sloki.Posisikan bayi agak tegak, kemudian tempelkan sendok yang telah diisi ASIP ke bibirbayi, biarkan mulut bayi terbuka dan sendokkan ASIP ke dalam mulut bayi. Resiko ASIPberceceran lebih banyak karena pemberi ASIP harus membawa sendok yang berisiASIP dari gelas ke bibir bayi.3. PIPET dan SPUIT FEEDER.Pipet yang digunakan adalah pipet yang terbuat dari plastik, hindari pipet yang terbuatdari kaca karena khawatir akan melukai bayi. Cara penggunaan pipet adalah masukkanujung pipet ke mulut bayi kemudian teteskan beberapa tetes ASIP, tunggu hingga bayimenelan ASIP nya kemudian ulangi lagi.Spuit yang digunakan adalah spuit ukuran besar tanpa jarum suntiknya. Isi spuit denganASIP kemudian dekatkan ujung spuit ke mulut bayi hingga mulut bayi terbuka, kemudiantuangkan sedikit-sedikitke mulut bayi dan bayi akan menelan ASIPnya.Bentuknya hanpir seperti spuit besar hanya saja ujungnya lebar seperti ujung gelassloki. Cara pemakaiannya, isi tabungnya dengan ASIP kemudian tekan ujung tabungyang dekat mulut softcup hingga ASIP mengalir ke mulut softcupnya, kemudian samaseperti cup feeder, tempelkan ke bibir bawah bayi dan biarkan dia menyeruput, jikaASIP yang di mulut softcup sudah habis tekan kembali tabungnya hingga ASIP mengalirkembali.Yang perlu diingat ketika memberikan ASI Perah melalui media-media ini adalah:1. Berikan ketika bayi dalam keadaan tidak terlalu haus atau lapar. Karena kalau bayisudah sangat lapar maka bayi menjadi tidak sabaran dan akhirnya menangis, apalagijika bayi dan pemberi ASIP masih sama-sama belajar.2. Serahkan tugas memberi ASIP kepada orang lain selain ibu. Karena bayi memilikikecenderungan untuk mengenali sekali ibunya dan ia akan memilih untuk menyusulangsung dibanding meminum ASIP.3. Latih bayi sedini mungkin karena semakin sering latihan maka bayi akan semakin mahirmeminum ASIP dan yang memberikan ASIP juga mengetahui apa yang nyaman dantidak nyaman bagi dirinya.4. Mintalah orang yang akan memberikan ASIP mencoba semua media yang ada, cup,sendok, pipet ataupun spuit dan biarkan ia memutuskan media apa yang paling nyamanbuat dia dan bayi kita.5. Masih banyak orang yang menganggap memberikan ASIP tanpa dot adalah sesuatuyang ribet dan menyusahkan dan karena kita merasa tidak enak meninggalkan bayikita pada mereka kita akan mudah menyerah dan membiarkan bayi diberi ASIP melaluidot, pada kasus saya, saya ajak ibu saya ke klinik laktasi dan biarkan konselor laktasimenjelaskan panjang lebar mengenai keuntungan memberikan ASIP tanpa dot dan ialebih percaya (dibanding dengan anaknya sendiri yang ngomong). Dan terbukti saat inibaik ibu saya maupun si mbak yang di rumah menyatakan jauh lebih enak ketika anakterbiasa untuk minum dari gelas dari bayi, di umur 1 tahun 5 bulan ini dia sudah bisaminum menggunakan gelas apapun juga, tidak sibuk mensteril dan mencuci botol dandot.Sumber:http://aimi-asi.org/2010/10/bayi-botol-dan-dot-benarkah/
   
09-01-2014 12:23:37 minyak ikan untuk bayi
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok, bayi saya usia 4 bulan dan mengkonsumsi susu formula sejak lahir, apa boleh diberi minyak ikan? Jika boleh, kira-kira merk apa yang paling cocok? Terimakasih dok...

Dari : Sekar Waty

Jawaban:

Dear Bunda, 



Bayi di bawah usia 6 bulan hanya boleh diberikan ASI, bila terpaksa menggunakan susu formula maka hanya diberikan susu formula saja. Makanan setengah padat dapat diberikan setelah bayi menginjak usia 6 bulan sebagai MPASI.

Untuk pemberian tambahan suplemen atau vitamin dapat diberikan pada anak setelah umur 1 tahun. Untuk pemberian minyak hati ikan, berhati-hatilah terhadap reaksi allergy, perhatikan apabila timbul gejala allergy pada anak Anda. Apabila timbul bercak kemerahan, gatal atau gejala lainnya , segera hentikan pemberian suplemen tersebut dan kunjungi dokter Anda. Demikian jawaban saya.



 


   
28-11-2012 12:42:49 alergi susu
Jumlah Posts : 53
Jumlah di-Like : 1
Iya Bunda coba Nan Ha aja, emang sih, bayi saya juga masih ga gampang minum itu, paling sehari, dr jam 8 pagi sampe aku pulang kerja, kira2 jam 8 malem, Nan HA nya cuma keminum 300 ml, untung masih bisa stok ASI 200 ml per hari, Pas pulang kerja buru2 mandi biar bisa nyusuin, sekarang saya lagi rutin makan sayur katuk :P berharap bisa keluar banyak asinya. saya pernah minta dicampur Nan Ha sama susu sapi biasa, tp kata DSAnya jangan dulu, tunggu si Dede umur 1 tahun, takutnya belum bisa trus makin parah, nanti Nan Ha nya malah ga bisa harus yg Preges****l, lebih pait dan lebih mahal  :(. Info yang saya denger, nutrilon ha lebih enak dari Nan Ha, tapi barang kadang2 susah dicari Bun, nti pas anaknya udh cocok dan keenakkan, tiba2 barang ilang dari peredaran, kita juga yang suseh. Nan Ha gampang didapet, di toko kaya alfamart dan indomaret aja ada. jadi kalo tiba2 abis, bisa beli kesitu...

Salam Kenal

Titik
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
selamat pagi dokter saya mau tanya
ai dari jakarta umur 28 tahun saya punya putri namanya nabila umur 1 tahun 7 bulan sekarang sedang sakit yg saya tanyakan
1. apakah bila orang tuanya sakit asma anak saya akan asma gimana cara pencegahannya?
2. bayi boleh di akufuntur gak efek samping apa bila di akufuntur?
3. wajar gak bila bayi setiap bulan sakit?
4. berat badan bayi seumuran nabila yg normalnya berapa?
5. ciri-ciri anak kena flek paru-paru gimana?
maaf ya dokter kebanyakan soalnya saya takut anak saya sering sakit.
makasih

Dari : siti aisah

Jawaban:

Dear Bunda siti aisah (nbila),

Untuk mengetahui perkembangan normal anak anda, dibutuhkan data berat badan, umur, dan tinggi badan. Menurut WHO/ NCHS, berat badan normal pada anak perempuan usia 18 bulan adalah 10,8 kg dan tinggi badan normal adalah 80,9 cm.

Penyakit asma dapat diturunkan secara genetik, jadi apabila salah satu atau kedua orang tua atau sanak famili yang sedarah mempunyai penyakit asma, maka anak anda beresiko mempunyai sakit asma. Mengenai kondisi bayi yang setiap bulannya sakit, pada normalnyasetiap manusia harus selalu sehat, tidak ada batas kewajaran untuk menderita sakit pada tiap bulannya. Selalu jaga nutrisi anak anda dan jauhkan dari orang dewasa yang sedang sakit.

Mengenai akupuntur pada bayi, silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk informasi lebih lanjut. Ciri-ciri anak yang menderita flek paru ( istilah TBC pada umumnya) adalah penurunan berat badan, demam ringan pada malam hari, penurunan nafsu makan , batuk yang tidak sembuh lebih dari 2 minggu, anak rewel dan sensitif cepat menangis. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
salam kenal dokter tanti..
saya mau tanya kira2 usia anak memasuki usia berapa mulai bisa bicara lancar..
soal nya anak saya sekarang dah umur 1 tahun 7 bulan tapi masih lom bisa ngomong..??
padahal saya udah ajarin ngomong misal nya makan atau minum..tapi tetap aja anak saya gak bisa ikut kata2 saya..
terus kalo panggil mama anak saya udah bisa dikit2 tapi tetap aja kadang anak saya gak bisa lancar panggil nya..
apakah anak saya telat ngomong nya dok..??


Dari : enny jenova

Jawaban:

Dear bunda enny jenova (bundanya winston),

Pada umumnya, bayi mulai berbicara pada usia 18 bulan, dengan menyebutkan 10 kata sederhana dan menunjuk objek atau bagian tubuh yang kita sebutkan namanya. Anak akan menyebutkan suara atau kata-kata setelah anda menyebutkannya. Misalnya akhir atau awal pada sebuah kalimat, seperti ketika kita menyebut “makan” si kecil akan menyebut “maam”.

Jangan terlalu khawatir dengan keadaaan anak anda saat ini, yang terpenting adalah teruslah bicara pelan-pelan dan lembut kata demi kata yang mudah untuk diikuti oleh anak anda. Bacakanlah cerita kepada anak anda untuk melatih pengertian dan perkembangan kata-kata. Nyanyikanlah lagu anak kepada putra anda. Berikan cinta kasih dan pujian atas setiap perkembangannya.

Perhatikan pada saat anda memanggil namanya apakah ia akan menoleh atau tidak menghiraukan panggilan anda. Dampingilah anak anda ketika menonton TV. Bila anda menemukan kecurigaan bahwa anak anda tidak fokus dan mendengar panggilan anda, segeralah konsultasikan dengan dokter anda. Kemungkinan akan dilakukan tes pendengaran atau terapi bicara. Tapi tidak luput dari kemungkinan lainnya seperti kelainan autism atau kelainan konsentrasi, untuk hal ini diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.
   
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Hai Nia....

Setahu aku sih imunisasi campak memang tidak boleh diberikan kepada bayi yang dinilai kurang gizi, karena bayi tetap tidak akan kebal terhadap campak. Karena bayi yang mengalami kurang gizi, tubuhnya tidak dapat mengeluarkan respon imun seperti sewajarnya.
Kalo untuk bayi yang Berat Badan kurang dari 7,5 kg ini malah aku baru denger .

Maksimal imun campak sih sampe anak berusia 1 tahun, nah kalo sampe umur 1 tahun belom dapet juga, ina sebaiknya mendapatkan imunisasi MMR.
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Aku lagi bingung nie...
Anakq,Syabil udah sejak bayi minum susu formula (Vitalac1) + ASI,trus pas umurnya 7 bln susunya q ganti Vitalac2. Tapi koq abis minum dia langsung muntah2 abis itu diare. Akhirnya opname di RS gara2 ketakutan kekurangan cairan.. Pas di RS dikasih tau ama perawatnya kalo mau pindah susu ke tahap 2 harus dioplos dulu ama yang tahap 1 biar perut bayi ga kaget. Tapi pas dicoba dioplos dia males minum susunya, padahal biasanya kalo ga dioplos (cm tahap 1 aja) langsung habis 1 botol. Sampai sekarang (usia 8 bln) syabil masih minum susu tahap 1 yang dicampur sedikit susu tahap 2.
Sebenernya susu tahap 1 itu bisa diminum sampai umur 1 tahun ga ya??? Atau sebaiknya ganti susu aja?
Mohon bantuannya ya Bunda....