SITE STATUS
Jumlah Member :
481.903 member
user online :
1733 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bayi tiba tiba tidak buang air besar ber

New Topic :  
30-06-2014 13:31:36 Warna Pup Bayi Baru Lahir
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Bun, warna pup bayi saat baru lahir bisa mengungkapkan kondisi kesehatannya loh. Gimana tuh ya? Dua puluh empat jam setelah lahir, bayi akan pup alias buang air besar. Nah kotoran pertama ini biasanya berwarna kehijau-hijauan, dan ini disebut dengan mekonium.

Mekonium ini terbentuk dari cairan ketuban yang tertelan saat bayi masih di dalam kandungan, dan berada di dalam ususnya sejak 3 bulan sebelum dilahirkan. Mekonium ini akan terdesak keluar segera setelah bayi mulai menyusu, sebab ASI merangsang sistem pencernaan bayi untuk melakukan tugasnya.

Setelah keluar mekonium, pup yang dikeluarkan bayi akan berubah-ubah warna dan bentuk sesuai komposisi senyawa di dalam ASI yang diberikan. Nih dia perubahan dan peralihan warna berdasarkan asupan gizi dari ASI, bun :

  • Berbentuk cairan berwarna hijau atau kuning

Biasanya ini adalah kotoran transisi antara mekonium dan kotoran yang terbentuk dari “sampah” ASI. Kotoran seperti ini keluar selama beberapa hari setelah bayi lahir.

  • Berbentuk mirip butiran beras, warnanya kuning cerah dan baunya agak asam

Ini merupakan kotoran yang dihasilkan setelah bayi mengkonsumsi ASI secara teratur.

  • Berbentuk agak padat warna kuning pucat atau kuning kecoklatan, bau agak asam/tajam

Ini kotoran yang dihasilkan bayi yang diberi susu formula selain ASI

  • Berbentuk cair, tanpa ampas dan warnanya hijau

Nah kalau yang ini pertanda bayi mengalami diare, bunda.

  • Berbentuk bulat seperti kotoran kambing, padat, keras dan warnanya hitam.

Kalau yang ini si bayi mengalami sembelit.

Note : jika tiba-tiba pup bayi berubah bentuk dan warna plus ditambah dengan reaksi menangis dan rewel, bunda perlu beri perhatian ekstra. Terutama beri perhatian pada makanan dan minuman yang sedang bunda makan karena ini berpengaruh pada komposisi gizi dalam ASI yang diproduksi.

sumber : ayahbunda

   


09-09-2011 16:14:06 konstipasi pada bayi
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
selamat pagi dokter yang cantik,saya mempunyai anak laki-laki berusia 4 bulan , saat ini yang merisaukan hati saya sudah hampir satu minggu ini ia tidak buang air besar.sudah saya konsiltasikan ke bidan , bidan menyaran kan menggunakan obat microlax tapi setelah digunakan anak saya tidak kunjung BAB juga,apakah keadaan seperti ini membahayakan dokter,sebelum nya terima kasih atas jawaban nya.

Dari : afifah puspita sari

Jawaban:

Dear Bunda,

Apabila anak anda menyusu ASI biasanya ASI akan terserap dengan baik secara maksimal oleh usus bayi, sehingga sangat sedikit ampas yang dapat dikeluarkan menjadi kotoran bayi, maka bayi akan jarang mengalami BAB. Perhatikan ekspresi bayi anda, apakah ada ekspresi tidak nyaman atau rintihan kesakitan, di sertai perut kembung. Apabila bayi anda tidak menunjukkan gejala tersebut maka tidak ada yang perlu di khawatirkan. Pada penggunaan susu formula juga umum di dapatkan konstipasi, pada konstipasi terlihat bahwa bayi anda mengedan namun tidak keluar kotoran. Buat lah suasana nyaman pada bayi anda, berikan sentuhan lembut pada bagian perut untuk merangsang usus sehingga terjadi gerakan usus, dengan harapan terjadi BAB. Demikian jawaban saya.
   
27-04-2010 10:37:43 Bayi tidak BAB 2 hari
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : 3
Apakah normal ya bayi tidak buang air besar selama 2 hari berturut turut ???

atas penjelasannya terima kasih...

salam
linda
   


28-11-2008 13:40:47 sembelit atau apa ya...
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

Sembelit

Masalah ini jarang terjadi pada bayi yg mendapatkan asi karena tinja mereka tidak pernah keras. Tetapi, sembelit dapat terjadi pada bayi yg mendapatkan susu formula

Gejala :
• Jarang buang air besar, dengan tinja yg keras (seringkali berupa biji2 kecil) dan sulit dikeluarkan, tetapi jarang buang air besar saja bukan merupakan tanda dari sembelit dan mungkin saja merupakan pola yg normal dari bayi anda
• Tinja mengandung noda darah, jika terjadi pecahnya kulit pada lubang anus (pecahnya kulit pada anus ini terjadi kraena tinja yg keras)
• Rasa tidak enak pada lambung dan nyeri pada perut
• Mudah marah

Penyebab :
Saluran pencernaan yg lambat fungsinya, kurang serat dalam diet, kurang gerak, atau ada celah pada anus sehingga buang air besar akan menyakitkan, kadang2 kondisi medis yg serius

Lamanya penyakit :
Meskipun sembelit bukan merupakan hal yg aneh pada bayi yg mendapatkan susu dari botol, namun gejalanya harus dilaporkan ke dokter, yg jika perlu dapat memeriksa kemungkinan adanya kelainan yg mungkin merupakan penyebabnya. Sembelit yg kadang2 atau sembelit kronis yg ringan, biasanya diobati dengan perubahan diet, meningkatkan gerak (jika anda melihat bayi anda mengalami kesulitan buang air besar, cobalah untuk mengerak2kan kakinya seperti mengayuh sepeda). Jangan memberikan laksatif (obat pencahar), enema atau obat apapun tanpa perintah dokter.

Perubahan diet :
Lakukan hal2 berikut ini hanya setelah anda berkonsultasi dengan dokter bayi :
• Beri 40-80 gram sari buah prune atau apel, melalui botol, cangkir atau sendok
• Bagi bayi yg sudah mendapatkan makanan padat, tambahkan satu sendok the”bran” pada sereal sarapannya, tingkatkan buah (bukan pisang) dan sayuran
• Pada bayi yg sudah lebih besar, kurangi susu jika setiap harinya ia minum lebih dari 3 cangkir

Pencegahan :
Ketika makanan padat mulai ditambahkan pada diet bayi, pastikan bahwa anda memberikan bijian utuh dan banyak buah dan sayuran. Berikanlah makanan yg lebih kasar, segera setelah bayi siap, dan jangan tetap memberikan makanan saring sepanjang tahun pertama. Juga pastikan bahwa bayi cukup minum dan banyak bergerak.

Komplikasi :
• Celah (pecahnya kulit) pada anus
• Kesulitan dalam melatih penggunaan toilet
• Tinja yg tidak mau keluar (tinja yg tidak mungkin dikeluarkan secara alami mungkin perlu dikeluarkan dengan bantuan tangan, dan ini dapat menyakitkan)

Kapan harus ke dokter :
Jika bayi anda tampaknya sering atau selalu mengalami sembelit; jika masalah ini muncul tiba2 padahal sebelumnya tidak pernah terjadi; atau jika terdapat darah dalam tinja

Kemungkinan kambuh :
Masalah ini dapat menjadi “kebiasaan” jika tidak ditangani segera setelah terjadi untuk pertama kalinya

Penyakit yg bergejala sama :
Sumbatan pada usus atau adanya kelainan

Sumber :
What to expect the first year

   
03-07-2014 22:30:16 bayi 2bln
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
tolong bantuannya dnk bun anak saya 2 bln s6dah 4 hri tidak buang air besar...itu kenapa ya bun
   


02-04-2014 19:47:48 jarang buang air besar
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda baby q umur hampir 5 bulan tapi jarang buang air besar,4 hari ini tidak buang air besar penyebabnya krnapa?dan soludinya gmn ya bun?
   
04-03-2014 21:23:52 BAB Bayi
Jumlah Posts : 24
Jumlah di-Like : belum ada like
malam bun..mau tanya nih bayiku skrg usia satu minggu. hari ini baby ku tidak Buang air besar.. apa itu normal atau bermasalah.. info nya ya bun...
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like

Ibu mana sih yang nggak panik ketika si buah hati yang sedang aktif-aktifnya tiba-tiba buang air besar lebih dari tiga kali sehari. Konsistensi BABnya pun tidak lunak seperti biasa tetapi cair dan terkadang disertai lendir.Bayi yang sebelumnya tertawa riang kini menjadi lemah dan lesu. Tak jarang, saking khawatirnya ibu langsung membawa sang bayi ke dokter.

Rasa khawatir yang dialami oleh ibu ketika anak mengalami mencret cukup beralasan.Di negara kita Indonesia dan negara berkembang lainnya, mencret atau diare masih merupakan penyebab utama angka kesakitan pada anak. Oleh karena itu, penanganan diare yang cepat dan tepat akan menurunkan angka kematian karena diare. Jadi, sebagai seorang ibu kiranya dapat mengetahui tentang diare, penanganan awalnya  dan keadaan seperti apakah yang membuat penyakit saluran cerna ini berpotensi untuk menjadi berat.

Sebenarnya kapan sih seorang anak dikatakan mengalami diare?

Dari definisinya, anak baru dikatakan mengalami diare jika buang air besar cair lebih dari 3 kali sehari dengan atau tanpa disertai lendir/darah.Pada dasarnya, diare adalah usaha pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kuman dan racunnya dari tubuh, tapi menjadi masalah karena sering dengan menyerap cairan di dinding usus yang mengakibatkan dehidrasi.Penyebab terjadinya diare sangat banyak, tetapi yang paling sering pada anak adalah infeksi usus yang disebabkan oleh virus. Penyebab lainnya dapat berupa adalah bahan kimia makanan, obat-obatan, psikis, alergi susu sapi/makanan, malabsorpsi makanan dan gizi buruk.

Lalu apa yang harus Ibu lakukan saat sang buah hati mengalami diare?

1. Don’t be panic! Jangan panik. Kalau Ibu panik, semuanya bisa jadi runyam.Anak yang sebelumnya tenang bisa ketakutan karena kepanikan ibu. Jadi, saat menghadapi anak yang mengalami diare atau penyakit apapun seorang ibu haruslah tenang dan berpikir jernih.

2. Tangani segera. Prinsip penanganan diare adalah mengganti cairan yang hilang secepat mungkin.Bila anak masih mau minum dan tidak muntah, maka anak tetap diberikan ASI (kalau masih minum ASI) dan segera berikan cairan rehidrasi oral (CRO).Cairan ini bisa berupa oralit atau larutan gula-garam. Cairan tersebut mempunyai komposisi yang sama dengan cairan yang dikeluarkan bersama tinja anak yang diare. Pemberian cairan ini bisa dilakukan di rumah. Bila anak kita tidak menyukai rasa cairan tersebut, bisa diganti dengan cairan lain seperti air putih. Perhitungan cairannya adalah: kalau anak mencret, maka kita harus memberikan cairan sebanyak 10cc/kgBB dan kalau munta 2-5 cc/kgBB.

Anak yang mengalami diare tidak selalu harus diinfus dan dirawat.Selama anak masih sanggup untuk minum dan tidak mengalami muntah terus-menerus, maka si anak masih bisa kita tangani di rumah.Namun, jika anak tidak mampu minum karena muntah terus-terusan, jangan tunggu lagi, segera bawa buah hati kita ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Bagaimana pencegahannya agar anak tidak terkena diare ?

Beragam upaya dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya diare antara lain :

1. Penyediaan sarana air bersih dan pembuatan MCK yang layak

2. Meningkatkan personal higiene

3. Penyapihan yang benar. Jangan terburu-buru menyapih bayi kita dan memberinya susu tambahan atau makanan tambahan. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dapat menghindarkan bayi kita dari diare yang disebabkan oleh alergi susu sapi. Susu tambahan bisa saja diberikan asalkan memang produksi ASI terbukti kurang atau ada masalah dengan puting susu ibunya.

4. Bila bayi di rumah butuh susu tambahan, maka penyiapan dan pembuatan susunya harus bersih : bersihkan botol  dan dot yang habis pakai, merebus dan merendamnya di air hangat, tidak membiasakan dot terbuka tanpa penutup sehingga terhinggapi oleh lalat atau tercampur debu. Untuk lebih jelasnya kita bisa langsung bertanya pada ahli gizi di Careline bebeclub.

Ingat kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati.Jadi, sebelum anak kita mengalami diare, maka sebagai ibu kita wajib mencegahnya.

Nah, bagi Ibu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang penanganan dini saat sang buah hati mengalami gangguan saluran pencernaan seperti diare, dan lain-lain, yuk gabung di komunitas bebeclub.  Bebeclub merupakan social network platform bagi kaum ibu. Jadi di sana, kita bisa saling berbagi berbagai informasi seputar kehamilan, persalinan, perkembangan dan kesehatan bayi, serta bisa bertanya langsung pada ahlinya lewat careline. Di sana ada bidan, ahli gizi, dan ibu-ibu yang berpengalaman yang sangat responsive menjawab pertanyaan kita. Tak hanya itu, tampilan bebeclub juga interaktif sehingga dapat diakses dengan gadget apapun.

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Buat bunda yang sedang hamil pasti ingin masa kehamilannya lancar jaya sampai saat melahirkan tiba. Tapi gimana kalau pas di tengah masa kehamilan bunda mengalami ambein? Ambein saat hamil rasanya lebih sakit ketimbang ketika mengalaminya saat sedang tidak hamil. Rasanya pegal di perut dan (maaf) di bagian belakang juga, bener gak bun?

Ambein ini bisa terjadi dikarenakan ada tekanan yang luar biasa yang disebabkan pertumbuhan janin pada vena. Kenyataannya ibu hamil rentan terkena ambein atau wasir. Selain itu ambien saat hamil juga bisa terjadi karena :

1. Ada peningkatan hormon seks sehingga dinding vena bagian anus melemah. Meningkatnya tekanan vena umumnya terjadi saat kehamilan memasuki usia 6 bulan.Vena membesar dan mulai terjadi pembengkakan, dan ini adalah proses awal terjadinya ambein.

2. Sebab lainnya saat hamil kurang makan makanan yang berserat. Jadi jangan lupa memasukkan sayur dan buah untuk makan pagi, siang dan malam yah bun. Ini juga berlaku buat bunda yang bekerja, walau waktu makan siang sempit, jangan lantas memilih makanan cepat saji, sayur dan buah harus ada di menu makan siang.

3. Kurang bergerak dan kurang minum air putih. Jadi usahakan banyak gerak misal nya saja saat hendak makan siang, jangan makan di meja kerja, pergi ke kantin membuat tubuh bergerak. Pokoknya usahakan gerak yah bunda, dan jangan lupa banyak minum air putih. Jika bunda kurang gerak dan asupan air putih nya kurang, bisa susah buang air besar, dan membuat bunda jadi mengejan terlalu keras, ini yang jadi sebab ambien.

Bagaimana cara mengatasi ambien pada saat hamil?

1. Jalani senam hamil secara rutin
Ada beberapa manfaat paling penting dari senam hamil yaitu untuk melancarkan peredaran darah, melancarkan persalinan, melatih pernafasan, dan menyehatkan ibu hamil dan janin. Nah buat bunda yang malas gerak saat kerja, pilihan senam hamil ini bagus buat bunda, jadi selama hamil bunda tetap bisa merasa bugar dan gak lemes. By the way, senam hamil bisa bikin ramping badan setelah melahirkan nanti loh bunda.

2. Gunakan obat herbal
Saat ambein kebanyakan dokter memberi obat berbentuk salep atau obat oles yang ada bahan kimianya. Daripada pakai bahan kimia, mendingan nyobain obat herbal yang aman bagi kesehatan bunda dan dede bayi di perut. Tapi memang perlu proses saat penyembuhannya. Obat herbal yang aku rekomen itu tomat dan minyak zaitun. Cara buatnya gampang kok bun.

• Buang kulit tomat, lumat hingga dagingnya hancur, lakukan terus hingga tomat halus
• Saring tomat dengan kain kasa bersih agar terpisah dengan bijinya.
• Campur sari tomat dengan minyak zaitun secukupnya dan aduk sampai tercampur

Cara penggunaanya cukup mudah : oles ke bagian anus berulang, pastikan dulu tangan bunda bersih yah.

Obat herbal ini sangat berguna terlebih saat anus sedang meradang bun. Simpan jika ada sisa, sebaiknya sih langsung dipakai setelah dibuat jadi obat herbalnya masih bersih belum tercampur zat lain jika disimpan.

Sumber: prenagen, hamilpintar

   
11-11-2011 09:05:22 pengen cepet hamil..
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like

Kenali 15 Tanda Kehamilan

Lifestyle + / Senin, 26 Juli 2010 11:17 WIB BANYAK perempuan yang merasa bingung apakah dirinya sudah hamil atau belum setelah sepekan atau dua pekan melakukan hubungan intim dengan pasangan. Apakah Anda termasuk di antaranya?

Berikut adalah 15 tanda-tanda kehamilan pada diri Anda:

1. Payudara terasa sakit atau nyeri
Menggunakan bra setelah bangun pagi akan menjadikan derita tersendiri. Payudara juga akan terasa sakit dan nyeri saat dipegang. Payudara akan membesar, hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Dalam hal ini, disarankan wanita hamil menggunakan bra yang nyaman atau berukuran lebih besar pada saat tidur yang dimaksudkan untuk memberi kenyamanan bergerak.

2. Rasa lelah yang berlebih
Rasa lelah yang berlebih akan membuat Anda cepat tertidur. Hal ini disebabkan dari perubahan hormon dan juga akibat dari kinerja organ-organ vital untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Biasanya rasa lelah ini hanya pada trimester pertama dan akan hilang saat memasuki trimester kedua.
3. Mual
Ini merupakan tanda-tanda yang paling dikenal oleh para wanita hamil. Pemicunya adalah adanya peningkatan hormon secara tiba-tiba pada aliran darah. Gejala mual ini biasanya terjadi selama enam minggu saat anda dinyatakan hamil. Biasanya mual akan datang pada pagi, siang dan malam hari. Rasa mual ini biasanya akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua. Jika, rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya periksakan dan konsultasi mengenai hal ini ke dokter Anda, karena akan mengganggu kehamilan.

4. Sering buang air kecil
Jika Anda tidak bisa tidur akibat seringnya bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, mungkin ini adalah tanda anda sudah hamil. Selama kehamilan, tubuh Anda memproduksi cairan tambahan untuk janin anda. Walaupun buang air kecil ini sering, jangan sampai membatasinya atau menahannya. Selain itu hindarkan dehidrasi dengan lebih meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh.

5. Sakit kepala
Memang terdengar aneh, karena sakit kepala sering dialami juga oleh orang yang tidak hamil. Namun akibat dari banyaknya perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga disertai juga dengan perubahan hormon yang ada di kepala. Jika Anda terbukti hamil dan mengalami sakit kepala, gunakan pg-safe acetaminophen dibandingkan dengan ibuprofen.

6. Sakit punggung
Sakit punggung yang dirasakan saat hamil dikarenakan beberapa ligamen di punggung Anda sudah tidak ada. Sakit ini akan terus berasa saat berat badan anda bertambah dan selama masa kehamilan.
7. Kram
Apakah ini PMS atau hamil. Memang kram akan dialami oleh wanita hamil karena rahim yang akan membesar dan merenggang untuk menyiapkan tempat bagi bayi Anda.

8. Ngidam
Sudah tidak asing lagi mendengar kata ini saat ada seseorang yang sedang hamil. Mau ini, mau itu lalu tiba-tiba Anda ingin makan buah-buahan yang rasanya asam, padahal sebelumnya sangat benci terhadap buah yang rasanya asam. Jika Anda menjadi pemerhati masalah makanan, mungkin ini adalah tanda-tanda sedang hamil.

9. Sembelit
Sembelit ini terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

10. Moody
Sering marah-marah pada suami, cepat mengalami perubahan pada tingkah laku. Hal ini disebabkan dari banyak munculnya hormon-hormon baru di tubuh Anda. Yakinkan pada suami Anda bahwa ini hanya terjadi selama masa kehamilan.

11. Peningkatan temperatur tubuh
Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

12. Bau Badan
Mungkin tanda ini jarang ditemui pada wanita hamil. Namun jika memang muncul bau badan, maka adanya peningkatan hormon yang berlebih sehingga menyebabkan kelenjar keringat meningkat.
13. Pusing atau pingsan
Mungkin Anda sering menonton adegan wanita hamil yang pingsan. Namun faktanya ini dapat terjadi karena kadar jumlah gula di tubuh yang rendah. Oleh karena itu, pastikan anda cukup makan dan tentunya banyak minum supaya tidak kekurangan cairan tubuh.

14. Munculnya bercak darah
Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio.

15. Hasil positif pada tes kehamilan
Anda tidak akan tahu pasti apakah anda menjadi seorang ibu sampai anda melakukan tes kehamilan. Jika Anda mendapatkan hasil negatif dan masih belum mendapatkan haid, mungkin itu hanya saja anda terlalu dini untuk melakukan tes kehamilan.

di ambil dr www.metrotvnews.com
   
Jumlah Posts : 112
Jumlah di-Like : 9
Awal-awal perut akan terasa mengembang dan sakit. Kontraksi adalah rasa sakit yang diakibat oleh rahim yang berkontraksi (menekan). Bila bayi telah bersiap untuk lahir, rahim akan berkontraksi secara periodik dan berulang-ulang untuk mendorong keluar sang bayi. Awalnya perut serasa menggembung dan ada rasa sakit seperti menstruasi yang ringan dan periodenya tidak menentu. Ini disebut “Kontraksi premonitori”, yang merupakan gejala awal kontraksi yang sesungguhnya. Setelah itu perlahan-lahan akan muncul rasa sakit yang sangat jelas dan menekan, interval antara rasa sakit yang satu dan berikutnya menjadi teratur 30 menit sekali, kemudian 20 menit sekali dan semakin lama semakin pendek. Bila kontraksi terjadi secara teratur, proses kelahiran akan segera dimulai. Biasanya secara bersamaan mulut rahim akan membuka menjadi lunak dan sedikit demi sedikit mulai membuka. Walaupun pada kontraksi premonitori anda mungkin tidak menyadarinya, namun pada kontraksi yang sesungguhnya, siapapun akan sadar dan merasakannya.

Rasa sakit yang ada saat kontraksi

  • Perut terasa sakit

        Perut bawah terasa sakit seperti sakit menstruasi, sakit -> hilang -> sakit -> hilang terus berulang-ulang. Merupakan rasa sakit akibat kontraksi rahim. Rasa sakit perlahan-lahan bertambah kuat.

  • Pinggang dan pangkal paha terasa sakit

        Tertekannya tulang pinggul mempengaruhi tubuh daerah bawah. Bayi mulai semakin turun dan menekan daerah tulang pinggul dan saraf sehingga pinggang dan pangkal paha akan terasa sakit.

  • Vagina terasa sakit

        Bayi telah turun, dan sebentar lagi kepala bayi mulai terlihat. Rasa sakit di sekitar vagina luar dan ada rasa seperti mau buang air besar (BAB) yang keras dan berukuran besar.

BIla kontraksi telah teratur, proses persalinan akan dimulai. Bila frekuensinya masih 20-30 menit, tidak perlu tergesa-gesa. Telepon ke rumah sakit kemudian jelaskan kondisinya. Tenangkan diri dan anda bisa mengambil waktu sebentar untuk mandi/shower, makan dan periksa barang2 yang akan dibawa ke rumah sakit. Biasanya beberapa jam pertama frekuensi kontraksi panjang dan maju perlahan, namun berbeda pada setiap orang. Terkadang bisa juga tiba-tiba frekuensinya menjadi 10 menit atau 5 menit sekali, karena itu perhatikan. Umumnya pada kehamilan pertama bila frekuensinya telah 10 menit, segera ke rumah sakit, untuk kehamilan berikutnya biasanya proses berjalan lebih cepat, sehingga bila frekuensinya telah 15 menit, segera ke rumah sakit. Hitunglah waktu (dengan melihat jam) untuk melihat frekuensi kontraksi.


   
06-03-2009 15:16:21 Keputihan saat kehamilan
Jumlah Posts : 70
Jumlah di-Like : 1
Sebagian perempuan hamil tidak pernah mengeluhkan keputihan yang tiba-tiba dideritanya. Hal ini karena merasa tidak merasa terganggu. Padahal, jika dibiarkan berlarut-larut keputihan tersebut bisa membahayakan kehamilannya. Tak hanya dapat menyebabkan persalinan prematur (prematuritas), keputihan pada kehamilan juga dapat menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya serta kelahiran bayi dengan berat lahir rendah (kurang dari 2500 gram).

Itu sebabnya, sangat diajurkan pada ibu hamil agar segera melakukan pemeriksaan kehamilan tatkala mendapatkan dirinya mengalami keputihan. Apalagi jika keputihan tersebut mulai timbul gejala gatal yang sangat hingga cairan berbau.

Dari bermacam keputihan, ada tiga jenis yang dapat terjadi pada kondisi hamil, yaitu :

Kandidosis vulvovaginal

Penyebab: Candida albicans. Sejenis mikroorganisme komensal yang terdapat di sekitar area genital perempuan sehat. Kandidosis Vulvovaginal dapat terjadi karena pertumbuhan berlebihan sel-sel jamur, kondisi yang memudahkan pertumbuhan tersebut antara lain: kehamilan, pemakaian kontrasepsi oral kombinasi, pemakaian antibiotika berlebihan, menstruasi, diabetes mellitus (kencing manis), penyakit-penyakit yang menurunkan daya kekebalan tubuh, kebiasaan irigasi/bilas vagina, cairan pembersih/pewangi vagina, vaginal jeli atau pemakaian celana dalam yang ketat dengan ventilasi yang kurang.

Gejalanya: Munculnya cairan kental, berbau sangat tajam dan disertai dengan rasa gatal akibat cairan keputihan sudah mengiritasi dan membuat lecet vulva. Ibu hamil juga akan merasakan nyeri saat berkemih dan saat bersenggama.

Dampaknya: Jika dibiarkan dan tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan kelahiran prematur , ketuban pecah sebelum waktunya dan bayi berat lahir rendah tidak bertambah pada keadaan ini.

Vaginosis Bakterialis

Penyebab: Adanya perubahan ekosistem dalam area genital. Yaitu keadaan menghilangnya jumlah laktobasili yang normal dan disertai oleh pertumbuhan berlebihan dari mikroorganisme lain dalam konsentrasi yang tinggi. Dibandingkan pada saat tidak hamil, frekuensi terjadinya Vaginosis Bakterialis pada perempuan hamil cukup tinggi sekitar 16-24 persen.

Gejala: Munculnya cairan kental, berbau sangat tajam. Pada kondisi parah barulah muncul rasa gatal.

Dampaknya: Jika dibiarkan dan tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan kelahiran prematur , ketuban pecah sebelum waktunya dan bayi berat lahir rendah tidak bertambah pada keadaan ini.

Trikomoniasis

Penyebab: Trichomonas Vaginalis, yaitu protozoa yang mempunyai flagel, pada manusia biasanya terdapat di uretra (saluran kemih). Ditularkan pada umumnya melalui hubungan seksual.

Gejala: Berupa iritasi pada area genital, rasa panas, gatal dan nyeri yang dapat terasa di daerah vulva dan paha, perineum (kulit diantara vagina dan anus) , dapat pula disertai nyeri saat berkemih dan senggama. Dapat juga terjadi perdarahan bercak setelah senggama akibat kontak langsung dengan leher rahim yang meradang. keluar cairan keputihan yang berbuih dan berwarna putih keabuan atau berwarna kuning kotor kehijauan serta berbau busuk yang menusuk. Dalam kondisi parah, vagina dan leher rahim dapat bengkak dan meradang kemerahan.

Dampaknya: Akibat terhadap kehamilan Trikomoniasis berhubungan dengan kejadian permaturitas dan bayi berat badan lahir rendah.

Tips untuk ibu hamil

1. Gunakan selalu pakaian dalam dari bahan katun dan hindari pakaian dalam dari bahan sintetis serta celana ketat.
2. Usahakan agar jangan menggunakan panty liner setiap hari.
3. Usai mandi usahakan area genital benar-benar kering. Gunakan pengering berupa handuk yang bersih dan jangan menggunakan tissue yang beraroma wangi.
4. Bersihkan area genital dari depan kebelakang setiap kali selesai buang air kecil atau buang air besar karena dapat membantu mengurangi kontaminasi mikroorganisme dari saluran kemih dan anus.
5. Kurangi mengkonsumsi makanan manis serta yang mengandung kafein.
Semoga bermanfaat..

Pindri, bundana najla

   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal anggrek

nih bunda dea punya filenya.



TANDA-TANDA AWAL PERSALINAN

Bagaimana Mengenali Gejala-Gejala Persalinan

Inilah masa-masa yang paling mengkhawatirkan selama kehamilan seorang wanita. Melahirkan dapat menjadi hal yang sangat menyakitkan, dan juga membutuhkan banyak waktu. Bagi beberapa wanita, proses melahirkan hanya membutuhkan beberapa jam saja, sedangkan pada beberapa wanita lain bisa menghabiskan waktu lebih dari 24 jam. Dibawah ini anda akan menemukan hal-hal apa saja yang perlu diketahui. Berikut ini adalah tanda-tanda dan gejala-gejala awal persalinan. Bersiaplah, sebentar lagi anda akan melahirkan dan akan memiliki seorang anak!



Tanda-Tanda Awal Persalinan – Apakah Persalinan Sudah Dekat?

Banyak wanita mulai merasakan tanda-tanda dan gejala-gejala persalinan sehari bahkan seminggu sebelum sang bayi benar-benar lahir. Tanda-tanda ini memberitahukan anda bahwa persalinan sudah dekat, dan membantu tubuh anda untuk menyiapkan diri. Jika anda adalah seorang calon ibu untuk yang pertama kalinya, tanda-tanda awal persalinan dapat terjadi beberapa minggu sebelum persalinan yang sesungguhnya. Sedangkan untuk kehamilan berikutnya, tanda-tanda ini mungkin akan dirasakan ketika sudah mendekati persalinan. Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa persalinan sudah dekat:



Engagement atau Turunnya Bayi ke Panggul

Ketika persalinan sudah mendekati, kepala bayi anda sudah mulai turun ke area tulang panggul (pelvic inlet). Kejadian ini merupakan akibat dari melunaknya uterus anda. Engagement atau turunnya kepala bayi membuat anda bisa bernafas lebih lega. Heartburn yang pernah anda alami juga mulai berhenti. Turunnya bayi anda dapat terjadi kapan saja sejak dua hingga empat minggu sebelum bayi anda benar-benar lahir. Jika anda telah merasakan tanda-tanda awal persalinan ini, maka anda dapat meyakinkan diri bahwa proses memiliki seorang bayi sedang dimulai. Kehamilan anda akan segera memasuki tahap akhir, dan tanda awal persalinan yang tengah anda rasakan adalah benar.



Tekanan Panggul (Pelvic)

Setelah bayi anda turun dengan kepala berada di dalam panggul, anda mungkin akan merasa kurang nyaman. Sakit yang anda rasakan ini merupakan akibat dari adanya tekanan panggul, dan anda akan lebih sering berkemih serta lebih sering buang air besar karena meningkatnya aktivitas usus. Ini merupakan salah satu tanda persalinan yang jelas. Adanya relaksasi tulang sendi beserta ikatan-ikatannya, dapat menyebabkan nyeri di punggung belakang. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri tiba-tiba karena bayi anda menekan dasar panggul anda. S elain itu, kaki anda mungkin membengkak sebagai akibat meningkatnya tekanan terhadap pembuluh darah yang melewati panggul. Berbaring ke kiri, dapat membantu anda meringankan tanda-tanda awal persalinan ini.



Vaginal Discharge / Keputihan

Jangan kaget jika vagina anda lebih banyak mengeluarkan cairan, yang biasa disebut keputihan. Hal ini merupakan akibat dari melunaknya rahim anda. Cairan dapat berwarna putih, dan kadang berwarna merah muda. Ini adalah salah satu dari tanda awal persalinan yang tidak nyaman bagi anda. Keputihan yang berwarna kuning atau berbusa, bisa merupakan tanda terjadinya infeksi. Jika cairan mengalami perubahan warna, beritahukanlah dokter anda.



Naluri ‘Bersarang’ (Nesting Instinct)

Selain tanda-tanda fisik, anda dapat juga merasakan suatu naluri, yang biasa disebut naluri ‘bersarang’ (nesting instinct). Ini merupakan tanda emosional seb aga i tanda awal persalinan, yang biasanya ditandai dengan kegiatan membereskan lemari, membersihkan kamar mandi, mengepel lantai, dan kegiatan-kegiatan membersihkan lainnya. Naluri keibuan ini bisa merupakan suatu pertanda bahwa sebentar lagi anda akan memiliki seorang bayi. Ketika anda melakukan pekerjaan yang cukup menguras energi ini, janganlah mengerjakannya dengan terlalu berlebihan. Meskipun hal ini cukup penting untuk menyambut kehadiran buah hati anda, akan tetapi anda harus menyimpan energi anda, mengingat tanda awal persalinan ini masih akan diikuti dengan tanda-tanda persalinan lainnya.



Kontraksi Braxton Hicks

Tanda dan gejala awal persalinan ini diberi nama berdasarkan nama dokter yang pertama kali mengenali tanda-tanda ini. Kontraksi Braxton Hicks, memang benar-benar merupakan sebuah kontraksi, meskipun semu. Kontraksi ini dirancang untuk menyiapkan tubuh anda untuk melahirkan sang bayi.

Pada kebanyakan kasus, kontraksi semu berjalan tidak teratur, durasi biasanya pendek (kurang dari 45 detik). Nyeri dari kontraksi dapat terasa di berb aga i bagian tubuh seperti di lipat paha (selangkangan) dan perut bagian bawah atau punggung. S edangkan pada kontraksi sebenarnya, kontraksi rahim menimbulkan nyeri yang berawal pada bagian atas rahim dan menyebar ke seluruh rahim, lewat pinggang terus panggul.

Kontraksi Braxton Hicks meregangkan bagian bawah rahim anda, yang memungkinkan kepala bayi anda berada di tulang panggul. Anda boleh mengganggap hal ini seb aga i tanda-tanda bahwa kelahiran sudah semakin dekat, ketika kontraksi Braxton Hicks semakin intensif, dan menyebabkan abdomen anda semakin menegang. Biasanya ketidaknyamanan ini akan berkurang jika anda berbaring.



Mengigil

Tanda awal persalinan lainnya adalah menggigil tanpa sebab yang jelas. Hal ini dapat terjadi tanpa adanya perasaan dingin atau karena anda lemah, dan dapat terjadi akibat hormon stres atau adanya perubahan kadar hormon progesteron dalam tubuh anda. Menggigil merupakan salah satu tanda awal kelahiran bayi anda.



Diare

Suatu gejala dan tanda awal persalinan yang tidak menyenangkan adalah diare. Pelepasan suatu unsur kimia dalam tubuh yang disebut dengan prostaglandins dapat terjadi dalam proses awal suatu persalinan. Pemicu ini dapat mengakibatkan meningkatnya aktivitas usus (loose bowel movement). Dibawah ini adalah tanda dan gejala persalinan akan segera terjadi, dan anda harus segera bersiap-siap ke rumah sakit.



TANDA AWAL PERSALINAN AKAN S EGERA TERJADI

Penyebab pasti lahirnya seorang bayi sampai sekarang masih belum diketahui. Teori yang berkembang pada s aat ini menyatakan bahwa bayi dalam kandungan membantu memproduksi unsur-unsur tertentu yang kemudian berubah menjadi hormon-hormon kehamilan. Berikut ini adalah tiga tanda dan gejala utama yang khas terjadi dan dapat menunjukkan bahwa sebentar lagi anda akan melahirkan dan memiliki seorang bayi.

Penyumbatan Mucus atau Perdarahan

Kelahiran akan dimulai dengan pelunakan leher rahim. Ketika hal ini terjadi, leher rahim mulai membesar, sejumlah mucus (lendir) menyumbat, menutupi leher rahim dan kehamilan anda akan segera berakhir. Cairan berwarna kemerahan atau kecoklatan mungkin saja akan muncul, dan hal ini disebut dengan perdarahan. Meskipun hal ini dapat disimpulkan bahwa sebuah kelahiran akan segera terjadi, akan tetapi perdarahan bisa terjadi pada beberapa minggu sebelum kelahiran yang sesungguhnya. Oleh karena itu, tanda-tanda ini tidak dapat dijadikan satu-satunya tanda dan gejala persalinan.



Pecah Membran

Juga dikenal sebagai “pecah ketuban”, terjadi ketika kantung amniotic pecah. Ini merupakan tanda awal persalinan yang paling umum terjadi. Jika ketuban telah pecah, maka anda dapat menduga bahwa persalinan akan terjadi dalam waktu 24 jam. Ketika ketuban pecah, biasanya kontraksi akan terjadi lebih intensif, dan bayi anda akan semakin dekat ke arah pelebaran rahim. Jika anda mengalami pecah ketuban di rumah, ingatlah kapan kejadian ini berlangsung, konsistensi dan jumlah cairan ketuban yang telah keluar. Cairan ketuban pada umumnya berwarna bening dan tidak berbau, dan akan terus keluar sampai pada s aat anda melahirkan. Dokter akan meminta anda untuk menj aga vagina bebas dari benda-benda asing untuk menj aga resiko terjadinya infeksi. Pecah ketuban adalah salah satu tanda persalinan yang paling umum terjadi.



Kontraksi Regular

Salah satu tanda umum yang paling sering terjadi dan salah satu cara untuk mengetahui bahwa persalinan akan segera terjadi adalah konsistensi kontraksi. Leher rahim yang telah melunak akan semakin melebar dan akan terus berlanjut hingga proses persalinan selesai. Hal ini merupakan sebuah tanda persalinan yang nyata, dan berarti bayi anda akan segera lahir. Kontraksi akan terjadi lebih teratur, intensitas dan lamanya kontraksi juga akan berlangsung lebih lama. Kontraksi mengawali sebuah proses yang mendorong bayi anda keluar secara perlahan-lahan melalui uterus bawah, sehingga kelahiran menjadi semakin dekat. Kontraksi ini, bersama tanda-tanda lainnya, merupakan tanda-tanda persalinan yang jelas, dan sebentar lagi anda akan memiliki seorang bayi!

   
12-09-2013 22:00:45 Kelahiran Pada Bulan Mei 2014
Jumlah Posts : 201
Jumlah di-Like : 2
Seperti dilansir dari BabyCenter, Selasa (23/3/2010), ada beberapa penyebab umum pusing dan pingsan selama kehamilan, yaitu:

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika seseorang duduk, darah cenderung berkumpul di ekstremitas bawah, yaitu kaki dan kaki bagian bawah. Ketika seseorang tiba-tiba berdiri, maka darah yang kembali dari kaki ke jantung tidak cukup banyak. Akibatnya, tekanan darah tiba-tiba turun, menyebabkan pusing karena jumlah darah dan oksigen di dalam otak tidak mencukupi.

Salah satu cara untuk menghindari pingsan selama kehamilan adalah dengan menghindari berdiri tiba-tiba, dan meloncat dari kursi atau tempat tidur.

Ketika berbaring, duduk perlahan-lahan dan duduk selama beberapa menit dengan kaki menjuntai di sisi tempat tidur atau sofa. Lalu perlahan-lahan bangkit dari duduk untuk berdiri.

Ketika perlu berdiri untuk waktu yang lama, gerakkan kaki untuk melancarkan sirkulasi. Mengenakan stoking juga dapat membantu sirkulasi di bagian bawah tubuh.

2. Berbaring dengan punggung (Telentang)

Saat kehamilan berlanjut, khususnya selama trimester kedua dan ketiga, pertumbuhan rahim dapat menyebabkan penurunan sirkulasi di kaki bagian bawah. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada vena kava inferior (vena besar yang mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung) dan vena panggul.

Ketika seorang wanita hamil berbaring telentang dalam waktu lama, ini bisa memperburuk masalah. Bahkan, sekitar 8 persen dari ibu hamil di trimester kedua dan ketiga mengembangkan suatu kondisi yang disebut sindrom telentang hypotensive.

Sindrom telentang hypotensive yaitu kondisi dimana telentang untuk jangka waktu lama dapat mengakibatkan peningkatan denyut jantung, penurunan tekanan darah, yang menyebabkan gejala kegelisahan, mual, sakit kepala ringan, dan lainnya.

Untuk menghindari masalah ini, berbaringlah di sisi bukan telentang. Kedua sisi lebih baik daripada telentang, walaupun sisi kiri adalah yang terbaik. Bantal yang ditempatkan di bawah punggung atau di bawah pinggul dapat membantu tetap berada di sisi, atau setidaknya cukup miring untuk menjaga rahim dari tekanan vena kava.

3. Tidak cukup makan dan minum

Banyak wanita hamil cenderung merasa mual karena morning sickness, sehingga mereka malas untuk makan atau minum. Hal itu dapat menyebabkan gula darah rendah atau yang disebut hipoglikemia, yang dapat membuat pusing atau pingsan selama kehamilan.

Selama kehamilan, terdapat peningkatan kebutuhan gizi dan oksigen dalam tubuh, dengan demikian, nutrisi yang tidak memadai dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan anak.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan pusing atau pingsan. Pastikan wanita hamil tetap sehat, dan terhindar dari hidrasi dengan meminum delapan hingga sepuluh gelas air per hari, terlebih jika sedang olahraga atau merasa panas.

Cobalah untuk menjaga gula darah agar tidak terlalu rendah dengan makan makanan kecil. Bawalah makanan ringan yang sehat sehingga bisa segera makan ketika merasa lapar.

4. Anemia

Anemia merupakan masalah umum pada kebanyakan wanita hamil. Anemia menyebabkan penurunan sel darah merah untuk membawa oksigen ke otak dan organ-organ lain. Hal ini menimbulkan perasaan pening dan pusing.

Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum anemia, jadi pastikan untuk memakan makanan yang kaya zat besi dan konsumsi vitamin dengan zat besi dan multivitamin, terutama dalam trimester kedua dan ketiga.

5. Kepanasan

Menghabiskan waktu di ruangan yang sangat panas atau mandi air panas dapat menyebabkan pembuluh darah melebar, menurunkan tekanan darah dan menyebabkan pusing dan pingsan selama kehamilan.

Jika wanita hamil merasa pusing karena terlalu panas, hindari tempat-tempat keramaian yang pengap dan berpakaian berlapis-lapis. Cukup mandi air hangat, bukan yang panas, dan mencoba untuk menjaga kamar mandi tetap dalam keadaan dingin.

6. Hiperventilasi

Olahraga berlebihan atau segala jenis aktivitas fisik yang berat dapat menyebabkan hiperventilasi. Hal ini bisa mengakibatkan kecemasan, sesak napas dan pusing, yang dapat menyebabkan pingsan selama kehamilan. Meskipun olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi darah, orang tidak boleh berlebihan, terutama jika seorang wanita tidak merasa sangat baik.

7. Vasovagal syncope

Kadang-kadang, wanita merasa pusing ketika terjadi regangan untuk batuk, buang air kecil atau buang air besar. Tindakan ini pada akhirnya mendorong suatu respon vasovagal, di mana terdapat penurunan tekanan darah akibat tindakan saraf vagus.

Hal ini menyebabkan penurunan denyut jantung, pusing dan kelelahan, juga pingsan. Jika gejala ini terjadi berulang-ulang, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter, sehingga dapat didiagnosis dan diobati.

Dehidrasi, kecemasan, dan rasa sakit juga dapat memicu reaksi jenis ini, dan wanita hamil lebih rentan terhadap itu. Peringatan ringan dan tanda-tanda seperti perasaan hangat, pucat, berkeringat, mual, menguap, dan hiperventilasi sering mendahului vasovagal syncope. Perhatikan tanda-tanda ini dan berbaring segera untuk membantu menjaga diri dari pingsan.

Tidak peduli apa pun penyebabnya, wanita hamil harus segera berbaring bila merasa pusing, sehingga tidak jatuh dan melukai diri sendiri jika terjadi pingsan.

Jika sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk berbaring, duduk dan cobalah untuk meletakkan kepala di antara lutut. Dan tentu saja, jika sedang melakukan sesuatu yang mungkin membuat si wanita hamil atau orang lain berisiko cedera, seperti mengemudi, segeralah berhenti.

Berbaring pada sisi kiri akan memaksimalkan aliran darah ke jantung dan juga otak. Kemungkinan akan menghindarkan dari kondisi pingsan dan mungkin dapat meringankan sensasi pusing tersebut.

Merasa pusing karena panas, kelaparan, atau bangun terlalu cepat mungkin menjadi bagian dari wanita hamil. Namun, jika langkah-langkah sederhana yang dibahas di atas tidak menghilangkan masalah atau jika seorang wanita hamil mempunyai keprihatinan apapun, jangan ragu untuk meminta bantuan dokter.

Jika pusing disertai sakit kepala parah, penglihatan kabur, gangguan berbicara, jantung berdebar-debar, mati rasa, kesemutan, atau perdarahan, atau jika benar-benar pingsan, segeralah hubungi dokter. Gejala-gejala tersebut dapat menjadi tanda masalah yang lebih serius yang dapat mempengaruhi ibu atau bayinya.

Awal kehamilan, sakit perut disertai dengan pusing bisa menjadi tanda kehamilan ektopik. Jika mengalami hal tersebut, juga segeralah hubungi dokter.
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
Buat bunda Tias,
selamat ya bun sbtr lagi bunda akan melahirkan. berlatih komunikasi dg si baby dlm perut ya bun. setiap saat. biarkan dia mengenali suara bunda, biasakan dia mendengar suara bunda krn hal ini akan membantu bunda saat melahirkan nanti. bunda bisa berbicara dgnnya saat proses kelahiran nti utk membantu bunda di setiap proses mengejan shg bunda dan baby saling bekerja sama. latih jg pernapasan bunda, agar bunda rileks saat tiba waktunya, coba bunda menarik napas 1x dari hidung dan 3x dari mulut utk merilekskan tubuh, yg hrs diingat saat proses kelahiran, bunda jgn sekali2 menghela napas dalam2 sampai dada terangkat, itu berbahaya krn akan membuat posisi baby maju mundur apalagi kl ketuban sudah pecah itulah yg menyebabkan baby bisa tertelan air ketuban. selain itu cara bunda mengejan sebaiknya saat mengejan bayangkan bunda seperti sedang pipis bukan sedang buang air besar, krn rata2 bunda yg mengejan spt buang air besar itulah yg membuat selaput kelamin bunda robek. kl bunda mengejan dg betul, sudah pasti anunya tdk akan dijahit. kecuali kl di RS dokter atau perawat yg menangani dan tidak sabaran, biasanya tanpa permisi dl mereka akan langsung maaf "merobek" anu kita utk mempercepat proses kelahiran. krn itu kenapa sebagian besar bunda yg melahirkan di RS anunya selalu dijahit. krn normalnya, kl mmg sudah saatnya baby itu lahir maka dg sendirinya baby itu akan keluar krn alam sudah mempersiapkan, tidak perlu dirobek. selaput kelamin wanita akan melebar dan melunak dg sendirinya bun. satu lagi bun, selama masa2 nyeri saat kelahiran baby, bunda hrs banyak makan, minumlah teh manis hangat dan simpanlah tenaga. jangan bny berteriak krn itu yg menguras tenaga bunda. mintalah org terdekat bunda utk mengelus2 bagian punggung dg baby oil utk sedikit mengurangi omelan bunda yg berasa nyeri berkepanjangan.
kl masalah bengkak, bunda bs atasi dg banyak minum air putih di siang hari dan makan buah2an ya bun.