SITE STATUS
Jumlah Member :
492.686 member
user online :
451 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bahaya atau tidak minum obat lancar menstruasi lagi menyusui

New Topic :  
04-01-2013 14:55:14 kontrasepsi
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
saya tlah memakai kb iud slama -+ 3thn,keluhannya haid saya yg berkepanjangan,yg sekarang saya masih mengalami haid selama satu bulan.apakah itu normal dok?
karna saya sudah konsultasi ke bidan maupun ke dokter,dan jaeabanya sama karna hormon,dan hanya diberikan obat,tapi selama saya minum obat tersebut,pendarahannya berenti,tpi bila saya tidak minum obat pendarahannya keluar lagi??
kenapa ya dok???

Dari : Re R Ra

Jawaban:


Dear Bunda,

Gangguan perdarahan uterus disfungsional  (PUD) dapat berupa  adanya menstruasi yang lama melebihi siklus normal, bervolume lebih dari normalnya, ataupun mengalami menstruasi beberapa kali dalam 1 bulan.  Gangguan ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti  masalah hormonal, masalah organik seperti adanya tumor atau kista ataupun adanya benda asing  dan lain-lain. Saat ini Bunda memakai metode kontrasepsi IUD, yang sebenarnya oleh tubuh akan dianggap sebagai benda asing. Selain itu IUD sebagai alat kontrasepsi  juga dapat menjadi salah satu penyebab PUD meskipun tidak terjadi pada semua pengguna metode ini.

Yang sebaiknya dilakukan adalah melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan untuk memeriksa apakah ada masalah organik atau lainnya pada organ reproduksi Anda, pemeriksaan USG juga kerap dilakukan. Bila setelah pemeriksaan ternyata tidak ditemukan kelainan, maka kemungkinan besar penyebab dari PUD adalah masalah hormonal. Terapi PUD yang disebabkan oleh masalah hormonal adalah dengan menggunakan obat-obatan yang mengandung hormon. Pada umumnya menggunakan obat yang mengandung estrogen maupun kombinasi estrogen dengan progesterone dan diminum selama 21 hari. Setelah itu akan terjadi perdarahan putus obat (withdrawal bleeding) sebagai menstruasi buatan. Terapi ini dilakukan selama 3-4 siklus kemudian dihentikan dengan tujuan menstruasi alami akan terjadi mengikuti siklus buatan tersebut. Selama terapi ini, tidak diperlukan penggunaan kontrasepsi lainnya karena telah memiliki efek kontrasepsi dari obat tersebut.


   


08-06-2011 15:59:36 Hamil to Gak?
Jumlah Posts : 211
Jumlah di-Like : 5
Bener apa kata bunda nisa....

jangan buru2 minum obat lancar menstruasi ya.. tunggu telat seminggu baru cek TP lagi.. siapa tahu udah sret-sret dua garis merah..
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2...saya mau tanya, seluruh badan saya merah2 seperti biangkringat gitu tp ini banyak ampe ke muka..klo udara panas duhh gatalnya, udh coba pakai bedak baby,bedak salisil, salap oles ,mandi air garam & mandi air sirih tetap aja masih gatal2..saya takut minum obat krn saya lagi menyusui . mohon dunk sarannya bunda? trima kasih
   


Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Dokter,Hari senin kemarin USG kmbali,Ternyata Kandungan Saya Kmbali Normal Seperti Biasany,Dn Saya dinyatakan Keguguran dikit demi sedikit,Saya dikasih Obat Penguras Agar Plek saya Bersih,Karna Dn pagi td Keluar Plekny seperti Lendir,Mengumpal.dn tespek Saya Menunjukkan Hasilny (-)Dicek O'dokter senin kmrin Pertanyaan Saya dok,Saya takut U'Minum obat Penguras itu kata dokter sakitny sedikit seperti Orang Mau Menstruasi..Jdny belum Berani saya Minum..Saya Tidak Minum obat kok bisa Keluar dn Skrg Tidak Mengeluarkan plek lagi..Saya bingung Dok Saya harus Bagaimana..Makasih Ya dok.
   
17-09-2012 12:26:05 KESEHATAN TIDAK DAPAT DIBELI
Jumlah Posts : 254
Jumlah di-Like : belum ada like

Salam semua nya…dan terimakasi bagi yang sudah membaca

Saya mau berbagai cerita sedikit semoga bisa membantu dan bermafaat bagi semua.

Anakku Kevin usia  6 tahun, dari kecil kalo di gigit nyamuk bekas susah hilang dan karna gatal di garuk terus sama dia jadi luka, lama kelamaan jadi  bekasnya susah hilang,(dan dia suka nanggis kalo liat kaki nya banyak bekas hitam2 gitu) berbagai macam obat, salep sudah dipakai kan ke dia, hasilnya memang ada berkurang dikit, nanti digigit nyamuk atau luka begitu lagi,waktu dia usia 5 tahun, dia keluar cacar air itu saya stress karna bekas luka cacar itu lebih banyak dari gigitan nyamuk,dengan rutin kita pakai salep dan kasi minum obat dari dokter lama2 bekas sembuh.(padahal Kevin  tidak pernah absen imunisasi dr lahir sampai 3 thn)sembuh dr cacar Kevin sekarang sering mengalami  gatal2 diseluruh badan, dan sering muncul bentol 2 seperti di gigit nyamuk gitu,itu kalo 2hari dia tidak minum obat gatal pasti akan muncul bentol2 merah yg buat digatal.begitu di minum  sehari kemudian bentol2 merahnya  hilang.

Itu juga saya  jaga makanan nya dia, saya selalu berpikir mau sampai kapan anakku minum obat gatal ini, bagaimana kalo obat ini tidak di produksi lagi,gimana nasib anakku nanti padahal sekarang baru usia 6 thn,

Sampai teakhir , sekitar 5 bulan yang lalu ada saudara yang anjurkan supaya Kevin minum Bhitosan , akhirnya Kevin saya kasi minum teratur setiap hari 1 kapsul selama 1 bln, hasilnya selama 1bln gatalnya hilang dan bekas luka dibadan, kakinya lama2 menghilang, dan saya pernah coba hampir 2 minggu kita tidak minum Bhitosan, hasilnya penyakit gatalnya itu tidak muncul.

Sekarang  semua keluargaku minum Bhitosan, soalnya  Bhitosan ini bukan hanya mengatasi penyakit gatal Kevin, Bhitosan ini mempunyai banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita:

Soalnya semakin hari di lingkungan hidup kita semakin tidak sehat, apalagi kalo anak2 senang banget makan dan minuman modern sekarang, padahal kita semua tau itu tidak sehat, mau gimana lagi kita semua susah untuk menghindarinya,

Mengapa saya berani kasi anak2 dan semua keluarga saya minum, karna waktu saya liat demo produk bhitosan, saya langsung berkata dihati saya pokoknya semua orang yang saya dicintai harus minum Bhitosan ini, karna saya dan keluarga saya, dan kita semua tidak bisa mehindari jaman modern ini.

Apa itu BHITOSAN,?? BHITOSAN adalah Produk yang dipercayai masyarakat Jepang sebagai makanan kesehatan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia,

BHITOSAN mengandung 50% chitosan yang telah diakui oleh seluruh Negara khasiat dan manfaatnya baiknya dan “molokheiya” sejenis sayuran yang mudah larut dalam air dan dengan struktur molekul  menyerupai selulosa(serat pada sayuran dan buah-buahan) sehingga mudah diserap oleh tubuh.

BHITOSAN bekerja mendetoksifikasi tubuh,membantu membuang  bahan-bahan toksin di dalam tubuh dan memperbaiki fungsi-fungsi tubuh ,untuk meningkatkan kesehatan dan memperlambat proses penuaan. Dan bersifat anti oksida yang dapat mengahambat perkembangan sel-sel kanker.

Penelitian ilmiah membuktikan salah satu kandungan terbaik dari produk Bhitosan ialah Chitosan dapat mengendalikan penyerapan kolesterol,dan dapat mingikat lemak dan menghambat penyerapan lemak oleh tubuh dan mengurangi LDL yang dikenal oleh masyarakat sebagai kolesterol jahat ,sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol darah secara efektif dan aman, tanpa efek samping.

Semua orang pasti mau hidup sehat, karna kesehatan tidak dapat dibeli dangan apapun di dunia ini,

Bhitosan  Mengatasi: Penyakit Kulit, Kanker,metabolism tubuh, hormonal,

ATURAN MINUM:

 Bulan Pertama minum 2 kapsul secara teratur, dan selanjutnya 1 kapsul 1 hari

1 BOtol isi 30 kapsul  Rp. 350.000(harga blom termasuk Onkir)

Untuk Info lebih lanjut bisa hub saya

Yanti

081519185518 pin BB 26DEAFF1

trims

Semua orang pasti mau hidup sehat, karna kesehatan tidak dapat dibeli dangan apapun di dunia ini,


   


Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
Salam kenal ya bunda n calon bunda......buat Bunda Ina mending langsung ke dokter aja bun daripada was-was dan khawatir terus.....soalnya darah yang bunda keluarin banyak dan deras. sekalian sharing nih bun....tanggal 27 agustus ini bangun pagi tiba2 aku ngeflek cuma sedikit dan aku tidak khawatir...pas siang eh ngeflek lagi langsung deh ke dokter kandungan.......kemudian di usg transvaginal usia janinku 8 minggu tapi tidak ada detak jantungnya sehingga harus dikeluarkan karena ukurannya pun kecil sekali untuk usia 8 minggu dan tidak ada kemungkinan untuk berkembang......dikasih resep gynaecosid ama dokter untuk mengeluarkan janinnya....tapi tidak saya minum karena masih ada harapan siapa tahu ada keajaiban ( ini kehamilan ke tiga...yang ke dua BO dan harus dikuret 15 bulan yang lalu)......ternyata walau tidak minum obat penggugur kandunganpun flek tambah banyak dan kemarin sudah deras...akhirnya saya yakin kalau memang tidak bisa dipertahankan saya minum deh obatnya...dan tadi malam keluar gumpalan-gumpalan sebesar bakso....mungkin sudah keluar ya bun janinnya....saran saya kalau memang ada flek segera saja ke dokter bun supaya bisa langsung terdeteksi ada masalah apa dan secepatnya mendapat solusi. saat ini saya sedang menunggu hasil tes TORCH dan setelah hasilnya keluar akan langsung checkup ke dokter lagi sekaligus melihat rahim saya sudah bersih atau belum.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
salam dok, saya mau tanya apakah bahaya meminum obat cacing saat sedang menyusui? jika tidak bahaya, jenis obat cacingnya apa ya dok yg bisa menghancurkan cacing dr dalam?(karena saya fobia dgn cacing) mksh tuk jwbnnya

Dari : bunda ifad

Jawaban:

Dear Bunda,
Pada masa kehamilan harus berhati-hati dalam menggunakan obat-obatan. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kepada dokter dahulu dan tidak menggunakan pengobatan cacingan tanpa rekomendasi dokter anda. Pada keadaan cacingan tanda-tandanya adalah ditemukan minimal 2000 telur/gram tinja.
Gejala-gejala cacingan antara lain:
1. Gatal-gatal sekitar anus
.2. Muntah ada cacing.
3. Cacing dalam kotoran.
4. Anemia atau kurang darah.
5. Penyumbatan usus.
6. Fesesnya encer, kadang bercampur lendir dan darah, cacing tampak keluar dalam feses.
Pada kondisi hamil, selama sepertiga pertama kehamilan (trimester pertama) sebaiknya tidak minum obat yang membunuh cacing. Namun, langkah-langkah kebersihan saja dapat bekerja. Cacing mati setelah sekitar enam minggu.Dengan syarat ibu hamil tidak menelan telur baru, maka tidak ada cacing baru yang akan tumbuh. Selama 6 minggu tersebut ibu hamil dianjurkan untuk menjaga kebersihan untuk mematahkan siklus cacing sehingga tidak terjadi re-infeksi
   
Jumlah Posts : 362
Jumlah di-Like : 8
Dear bunda maisya...
Maaf ikutan nimbrung y...
Usia kehamilan pertamaku alhamdulillah udah 4 bulan lebih 1 minggu...
Waktu usia kehamilanku seperti bunda...yg kita rasaian sama banget bund...
Mual n muntaku juga alhamdulillah berangsur sedikit demi sedikit menghilang ketika usia 13w...
Iya bunda, mungkin karena adeknya masih terlalu kecil di usia 3 bulan itu jadi detak jantungnya masih belum begitu terasa.....trus diperut terkadang tuh sperti ada yang lewat2 gitu....hihihi..lucu subhanallah...


@airella: sekesar sharing y bunda...g usah khawatir bund...aku dulu juga gitu kok mulai usia kandungan 8w udah mual n muntah akhirnya puncaknya pada usia 10w aku didiagnosis terkena hyperemesis gravidarium (mual n muntah berlebihan jadi harus dirawat di rumah sakit, waktu itu ampe 3 hari..).
N mual plus muntahku berlangsung sampai usia kandunganku 13w.....dan selama itu pula aku minum obat anti mual dari dokter supaya tetap ada makanan yang bisa masuk buat adeknya...
Sampai usia kandunganku 14w aku masih mengkonsumsi obat anti mual itu tapi aku kurangin frekuensinya klo g mual banget aku g minum....trus ketika usia 16w aku periksa k dokter dan kata dokter jangan minum obat anti mual itu lagi....dan alhamdulillah sejak usia 16w ampe sekarang saya g mengkonsumsi obat itu lagi...tapi sampai sekarangpun mual n muntak saya masih tetap ada bund..tapi g sesering dulu....tapi saya usahakan untuk tidak minum obat itu....
Dan sekarang klo muntahpun itu karena maag saya yang memang semakin parah setelah hamil ini....^^ jadi saya disarankan untuk minum mylantha sebelum makan...
Jadi bunda airella jangan begitu khawatir y tentang mual n muntahnya, karena tiap kondisi ibu dan bayinya itu berbeda-beda...teman satu kantorku juga ada yang g mual n muntah sama sekali n g mengalami semua keluhan kehamilan...
Saranku bund..tetap makan apa ajah yang bisa masuk...jangan sampai perutnya kosong....kasian adeknya n takut juga klo misal terkena maag....Allahuakbar...sakit banget bund....

Semoga kehamilan sampai kelharian bayi kita semua bisa berjalan dengan lancar y bund...
Amin ya Robbal'alamin....^^
   
24-12-2010 19:03:00 kaki bengkak, bahayakah?
Jumlah Posts : 651
Jumlah di-Like : 3
pada dasarnya kaki bengkak memang biasa terjadi pada ibu hamil. banyaklah jalan kaki pagi, konsumsi kalsium, hindari duduk dengan kaki menjuntai, kurangi garam dan mandilah dengan air hangat untuk menghindari kaki bengkak. senam hamil juga bisa membantu

kalo mau minum obat, konsultasi dulu dengan dsog nya.
terlepas dari bahaya atau tidak, kaki bengkak tentu sangat mengganggu.
mudah2an cepat sembuh ya bund...
   
12-11-2007 10:22:23 PENYEBAB SESAK NAFAS BAYI
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
Banyak penyebab sesak napas pada bayi. Yang jelas, segera bawa ke dokter atau rumah sakit karena bisa fatal akibatnya.
Kasus sesak napas pada usia bayi banyak terjadi. Bisa saat pertama lahir, maupun beberapa hari atau bulan setelah kelahirannya baru mengalami sesak napas ini. Dalam istilah kedokteran, kata Muljono Wirjodiardjo, M.D., PhD, "Yang disebut sesak napas adalah jika frekuensi napasnya betul-betul tinggi, ada suara napas yang berbeda dari biasanya (stridor), seperti suara menggorok atau kucing mendengkur. Fatalnya, jika muka sampai tampak membiru."

Sedangkan menurut pendekatan orang awam, definisi sesak napas lebih mudah lagi yaitu terlihat dari gejalanya. Jadi, kalau anaknya susah napas disebut sesak napas. Begitu juga kalau napasnya berbunyi.

ANEKA PENYEBAB

Penyebab sesak napas pada bayi, lanjut spesialis anak dari RS Internasional Bintaro ini, banyak sekali. Bisa karena kelainan bawaan, penyakit infeksi, maupun noninfeksi seperti tersedak. Gejalanya hampir sama. Misalnya untuk derajat ringannya, ada napas yang berbunyi atau batuk berlendir, disertai tak mau makan-minum dan rewel. Sementara kalau derajatnya makin berat, fungsi paru-parunya sudah terganggu sehingga sesak napas dan sampai membiru.

Jadi, derajat sesak napas berbeda-beda. Ada yang mulanya ringan dan makin berat dan ada juga sesak napas yang kejadiannya tiba-tiba atau mendadak. Berikut uraian Muljono mengenai hal-hal yang bisa menyebabkan sesak napas pada bayi:

Kelainan bawaan/kongenital jantung atau paru-paru.
Bila bayi mengalami sesak napas begitu lahir atau 1-2 hari kemudian, biasanya disebabkan adanya kelainan jantung atau paru-paru. Hal ini bisa terjadi pada bayi dengan riwayat kelahiran normal atau bermasalah, semisal karena ketuban pecah dini atau lahir prematur.

Pada bayi prematur, sesak napas bisa terjadi karena adanya kekurangmatangan dari organ paru-paru. Paru-paru harusnya berfungsi saat bayi pertama kali menangis, sebab saat ia menangis, saat itu pulalah bayi mulai bernapas. Tapi pada bayi lahir prematur, karena saat itu organnya tidak siap, misalnya gelembung paru-paru tak bisa mekar atau membuka, sehingga udara tidak masuk. Itu sebabnya ia tak bisa menangis. Ini yang namanya penyakit respiratory distress syndrome (RDS). Tidak membukanya gelembung paru-paru tersebut karena ada suatu zat, surfactan, yang tak cukup sehingga gelembung paru-paru atau unit paru-paru yang terkecil yang seperti balon tidak membuka. Ibaratnya, seperti balon kempis.

Gejala pada kelainan jantung bawaan adalah napas sesak. Ada juga yang misalnya sedang menyusui atau beraktivitas lainnya, mukanya jadi biru dan ia jadi pasif. Jadi, penyakitnya itu utamanya karena kelainan jantung dan secondary-nya karena masalah pernapasan. Jadi, biasanya sesak napas yang terjadi ini tidak bersifat mendadak. Walaupun demikian, tetap harus segera dibawa ke dokter.

Kelainan pada jalan napas/trakea.
Kelainan bawaan/kongenital ini pun paling banyak ditemui pada bayi. Gejalanya, napas sesak dan napas berbunyi "grok-grok". Kelainan ini terjadi karena adanya hubungan antara jalan napas dengan jalan makanan/esophagus. Kelainan ini dinamakan dengan trackeo esophageal fistula. Akibat kelainan itu,ada cairan lambung yang bisa masuk ke paru-paru. Tentunya ini berbahaya sekali. Sehingga pada usia berapa pun diketahuinya, harus segera dilakukan tindakan operasi. Tak mungkin bisa menunggu lama karena banyak cairan lambung bisa masuk ke paru-paru.

Sebelum operasi pun dilakukan tindakan yang bisa menolong jiwanya, misal dengan dimasukkan selang ke jalan napas sehingga cairan dari lambung tak bisa masuk. Biasanya sesak napasnya tampak begitu waktu berjalan 1-3 jam setelah bayi lahir. Nah, bila ada sesak napas seperti ini, prosedur yang harus dilakukan adalah dilakukan foto rontgen segera untuk menganalisanya.

Tersedak air ketuban.
Ada juga penyakit-penyakit kelainan perinatologi yang didapat saat kelahiran. Bukankah saat dalam kandungan bayi minum dan buang air dalam air ketuban? Nah, karena suatu hal, misalnya stres pada janin, ketuban jadi keruh dan air ketuban ini masuk ke paru-paru bayi. Hal ini akan mengakibatkan kala lahir ia langsung tersedak.

Bayi tersedak air ketuban akan ketahuan dari foto rontgen, yaitu ada bayangan "kotor". Biasanya ini diketahui pada bayi baru lahir yang ada riwayat tersedak, batuk, kemudian sesak napasnya makin lama makin berat. Itulah mengapa, pada bayi baru lahir kita harus intensif sekali menyedot lendir dari mulut, hidung atau tenggorokannya. Bahkan kalau tersedak air ketubannya banyak atau massive, harus disedot dari paru-paru atau paru-parunya dicuci dengan alat bronchowash. Lain halnya kalau air ketubannya jernih dan tak banyak, tak jadi masalah. Biasanya dengan obat saja sudah sembuh, tak usah dicuci paru-parunya.

Namun kalau air ketubannya hijau dan berbau, harus disedot dan "dicuci" paru-parunya. Sebab, karena tersedak ini, ada sebagian paru-parunya yang tak bisa diisi udara/atelektasis atau tersumbat, sehingga menyebabkan udara tak bisa masuk. Akibatnya, jadi sesak napas. Biasanya kalau di-rontgen,bayangannya akan terlihat putih.

Selain itu, karena tersumbat dan begitu hebat sesak napasnya,ada bagian paru-paru yang pecah/kempes/pneumotoraks. Ini tentu amat berbahaya. Apalagi kejadiannya bisa mendadak dan menimbulkan kematian. Karena itu bila sesak napas seperti ini, harus lekas dibawa ke dokter untuk mendapatkan alat bantu napas/ventilator.

Seram sekali, ya, Bu-Pak? Karena itulah kala melahirkan si kecil, sebaiknya kita didampingi dokter anak, sehingga dia bisa menilai sistem pernapasan anak, apakah baik atau tidak.

Pembesaran kelenjar thymus.
Ada lagi napas sesak karena beberapa penyakit yang cukup merisaukan yang termasuk kelainan bawaan juga. Gejalanya tidak begitu kuat. Biasanya bayi-bayi ini pun lahir normal, tak ada kelainan, menangisnya pun kuat.

Hanya saja napasnya seperti orang menggorok dan semakin lama makin keras, sampai suatu saat batuk dan berlendir. Kejadian ini lebih sering dianggap karena susu tertinggal di tenggorokan. Namun ibu yang sensitif biasanya akan membawa kembali bayinya ke dokter. Biasanya kemudian diperiksa dan diberi obat. Bila dalam waktu seminggu tak sembuh juga, baru dilakukan rontgen.

Penyebabnya biasanya karena ada kelainan pada jalan napas, yaitu penyempitan trakea. Ini dikarenakan adanya pembesaran kelenjar thymus. Sebetulnya setiap orang punya kelenjar thymus. Kelenjar ini semasa dalam kandungan berfungsi untuk sistem kekebalan. Letaknya di rongga mediastinum (diantara dua paru-paru). Setelah lahir karena tidak berfungsi, maka kelenjar thymus akan menghilang dengan sendirinya. Namun adakalanya masih tersisa: ada yang kecil, ada juga yang besar; baik hanya satu atau bahkan keduanya. Nah, kelenjar thymus yang membesar ini akan menekan trakea. Akibatnya, trakea menyempit dan mengeluarkan lendir. Itu sebabnya napasnya berbunyi grok-grok dan keluar lendir, sehingga jadi batuk.

Pengobatannya biasanya dilakukan dengan obat-obatan khusus untuk mengecilkan kelenjar thymus agar tidak menekan trakea. Pemberian obat dalam waktu 2 minggu. Kalau tak menghilang, diberikan lagi pengobatan selama seminggu. Sebab, jika tidak diobati, akan menganggu pertumbuhan si bayi. Berat badan tak naik-naik, pertumbuhannya kurang, dan harus banyak minum obat.

Kelainan pembuluh darah.
Ada lagi kelainan yang gejalanya seperti mendengkur atau napasnya bunyi (stridor), yang dinamakan dengan vascular ring. Yaitu,adanya pembuluh darah jantung yang berbentuk seperti cincin (double aortic arch) yang menekan jalan napas dan jalan makan. Jadi, begitu bayi lahir napasnya berbunyi stridor.

Terlebih kalau ia menangis, bunyinya semakin keras dan jelas. Bahkan seringkali dibarengi dengan kelainan menelan, karena jalan makanan juga terganggu. Pemberian makanan yang agak keras pun akan menyebabkannya muntah, sehingga anak lebih sering menghindari makanan padat dan maunya susu saja.

Pengobatannya, bila setelah dirontgen tidak ditemui kelenjar thymus yang membesar, akan diminta meminum barium untuk melihat apakah ada bagian jalan makan yang menyempit. Setelah diketahui, dilakukan tindakan operasi, yaitu memutuskan salah satu aortanya yang kecil.

Tersedak makanan.
Tersedak atau aspirasi ini pun bisa menyebabkan sesak napas. Bisa karena tersedak susu atau makanan lain, semisal kacang. Umumnya karena gigi mereka belum lengkap, sehingga kacang yang dikunyahnya tidak sampai halus. Kadang juga disebabkan mereka menangis kala mulutnya sedang penuh makanan. Atau ibu yang tidak berhati-hati kala menyusui, sehingga tiba-tiba bayinya muntah. Mungkin saja sisa muntahnya ada yang masih tertinggal di hidung atau tenggorokan. Bukankah setelah muntah, anak akan menangis? Saat menarik napas itulah, sisa makanan masuk ke paru-paru.

Akibatnya, setelah tersedak anak batuk-batuk. Mungkin setelah batuk ia akan tenang, tapi setelah 1-2 hari napasnya mulai bunyi. Bahkan bisa juga kemudian terjadi peradangan dalam paru-paru. Anak bisa panas karena terjadi infeksi. Yang sering adalah napas berbunyi seperti asma dan banyak lendir.

Biasanya setelah dilakukan rontgen akan diketahui adanya penyumbatan/atelektasis. Pengobatan dapat dilakukan dengan bronkoskopi, dengan mengambil cairan atau makanan yang menyumbatnya.

Selain makanan, akan lebih berbahaya bila aspirasi terjadi karena minyak tanah atau bensin, meski hanya satu teguk. Ini bisa terjadi karena kecerobohan orang tua yang menyimpan minyak tanah/bensin di dalam botol bekas minuman dan menaruhnya sembarangan. Bahayanya bila tersedak minyak ini, gas yang dihasilkan minyak ini akan masuk ke lambung dan menguap, kemudian masuk ke paru-paru, sehingga bisa merusak paru-paru. Akan sangat berbahaya pula kalau dimuntahkan, karena akan langsung masuk ke paru-paru. Jadi, kalau ada anak yang minum minyak tanah/bensin jangan berusaha dimuntahkan, tapi segera ke dokter. Oleh dokter, paru-parunya akan "dicuci" dengan alat bronkoskop.

Infeksi.
Selain itu sesak napas pada bayi bisa terjadi karena penyakit infeksi. Bila anak mengalami ISPA (Infeksi saluran Pernapasan Akut) bagian atas, semisal flu harus ditangani dengan baik. Kalau tidak sembuh juga, misalnya dalam seminggu dan daya tahan anak sedang jelek, maka ISPA atas ini akan merembet ke ISPA bagian bawah, sehingga anak mengalami bronkitis, radang paru-paru, ataupun asmatik bronkitis. Gejalanya, anak gelisah, rewel, tak mau makan-minum, napas akan cepat, dan makin lama melemah. Biasanya juga disertai tubuh panas, sampai sekeliling bibir biru/sianosis, berarti pernapasannya terganggu. Penyebabnya ini akan diketahui dengan pemeriksaan dokter dan lebih jelasnya lagi dengan foto rontgen. Pengobatan dilakukan dengan pemberian antibiotika. Biasanya kalau bayi sudah terkena ISPA bawah harus dilakukan perawatan di rumah sakit. Setelah diobati,umumnya sesak napas akan hilang dan anak sembuh total tanpa meninggalkan sisa, kecuali bagi yang alergi.
   
20-11-2016 17:18:33 ada yang pernah mengalami
Jumlah Posts : 162
Jumlah di-Like : belum ada like
oia bun tapi aku kalau minum susu prenagen mual pusing aku beli mana 400gr kebuang akhirnyaa . oia bun aku mau tanya kalau usia kehamilan baru 2 bulan aku sering bgt ngulet itu bahaya atau tidak
   
Jumlah Posts : 60
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda" sya mau tanya... sekarang usia kndungan 32w4d & skrng sya lagi batuk"... tapi setiap sya batuk perut sebelah kiri atas rasanya sakit banget bun... apa itu bahaya?? saya sudah minum obat silex bun
   
Jumlah Posts : 583
Jumlah di-Like : 5

para bunda,

sejak saya nulis di atas ... udh ga pernah sakit lagi loh ... mungkin krn pengaruh diet kali ya .. malah seminggu kmrn berat badanku berkurang 1 kilo loh dan badan terasa lebih ringan.. malah asyiiikk jadinya, dari urusin anak termasuk antar jemput sekolah, masak, cuci piring bersih2 ... malah jadi aktif kembali saya hahaha ... 

sekedar info utk para bunda yg mungkin merasa sakit pinggang/punggung sampe ke kaki .. kalian bisa berendam di bak mandi pake air hangat (kalo tersedia), atau bisa minum obat yg diijinkan dokter atau diolesi minyak dikit dan diurut pelan2 ... dan harus beristirahat biar 20 menit... serta kurangi makan makanan yg mengandung gula ... 

cuma saya jg kadang suka nyeri di selangkangan (spt pegelll gituuu..) tp kl hbs duduk lama doang, kl gak sih ga ada sakit apa2..

kalo tidur, mau pindah ke samping, perutnya kudu dipegangin hahahaa...gatal2 di perut jg iya, tp ga saya garuk, cuma dielus2 dikit... 

btw, ada yg sudah siap2in baju atau kamar atau nama utk si baby ?? ... 

   
Jumlah Posts : 25
Jumlah di-Like : belum ada like
assalamualaikum bund. aku saat ini sedang nifas dan sudah masuk 1 bulan, tapi sudah 2 hari ini darah keluar lagi dan berwarna hitam padahal beberapa hari yg lalu sudah kekuningan tapi malah keluar darah hitam. bahaya atau tidak ya bun? saya takuttttttt. apa ada yg pernah ngalamin hal yg sama?
   
02-04-2015 10:49:45 batuk saat hamil
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Coba minum perasan jeruk nipis ditambah madu n air hangat bun. Atau kalo tidak, minum obat batuk yg aman untuk ibu hamil. Kalo dokter saya nyaranin minum OBH yg biasa. Smoga segera berkurang batuknya :)