SITE STATUS
Jumlah Member :
492.646 member
user online :
1276 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bagaimana proses terjadinya pecah perawa

New Topic :  
22-10-2009 11:26:50 umur kandungan
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
di umur kandungan baru 60 hari,apakah kita bisa buat program untuk menghasilkan bayi kembar?
Bagaimana proses terjadinya bayi kembar?
   


25-07-2015 19:31:09 pecah keteuban 29 minggu
Jumlah Posts : 437
Jumlah di-Like : belum ada like
Ketuban pecah dini adalah suatu keadaan dimana ketuban pecah sebelum terjadinya persalinan. Kondisi seperti ini harus segera dilakukan penanganan. Karena jika dibiarkan akan menimbulkan permasalahan pada kesehatan sang ibu dan janin yang dikandungnya. Terkadang hal ini menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi sebagian ibu hamil. Karena pastinya semua ibu hamil akan mengharapkan proses kehamilan berlangsung dengan normal hingga melahirkan anaknya kelak.



Kecemasan tersebut sebenarnya cukup wajar terlebih dialami oleh ibu muda yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui penanganan dan beberapa hal yang menjadi mitos yang beredar di kalangan masyarakat mengenai ketuban yang pecah yang seharusnya tidak menjadikan mitos tersebut menjadi momok yang menakutkan bagi setiap ibu hamil.

Ketuban pecah dini atau yang biasa disingkat dengan KPD, dalam ilmu medis bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu:

KPD Prematur Yaitu ketuban pecah dini yang terjadi sebelum umur kehamilan dari sang ibu mencapai 37 minggu.
KPD Cukup Bulan Yaitu ketuban pecah dini yang terjadi pada saat kehamilan yang telah mencapai umur lebih dari 37 minggu.
PENYEBAB KETUBAN PECAH DINI

Penyebab terjadinya ketuban pecah dini ada banyak hal. Diantaranya adalah :

Terjadinya pecah pada selaput dikarenakan kondisi mulut rahim yang lemah. Kondisi membran yang lemah disebabkan adanya infeksi pada rahim atau vagina.
Adanya kelainan pada otot leher rahim. Otot leher rahim tersebut terlalu lemah dan lunak. Sehingga mengakibatkan terbukanya leher rahim pada saat masa-masa kehamilan dan desakan janin yang membesar.
Faktor psikologis. Adapun faktor psikologis yang menyebabkan pecahnya ketuban misalnya trauma hubungan seksual. Hubungan intim yang tidak wajar (disertai kekerasan dan posisi yang tidak lazim) mengakibatkan trauma pada ibu hamil. Terlebih lagi jika sampai terjadi pendarahan pada vagina.
Infeksi selaput ketuban. Adanya infeksi bakteri pada selaput ketuban mengakibatkan ketuban mudah pecah.
Sebelumnya pernah mengalami kelahiran secara premature
Kebiasaan merokok ketika hamil dan kurangnya perawatan kandungan saat kehamilan.


Ibu hamil yang mungkin mengalami ketuban pecah dini tidak perlu panik. Atau bahkan mempercayai mitos-mitos kuno yang dikarang oleh sebagian orang yang tidak bertanggungjawab pada kondisi ketuban pecah dini. Sebaiknya segera dibawa ke dokter spesialis kandungan atau pun bidan. Dengan mendapatkan perawatan yang lebih cepat diharapkan resiko buruk tidak akan terjadi pada sang ibu dan janin. Melakukan pemeriksaan secara rutin juga bisa untuk memonitoring dan memperkecil terjadinya ketuban pecah dini. Menjaga pola hidup bersih dan sehat serta menghindari hal-hal yang dapat membahayakan janin seperti bekerja terlalu berat, merokok atau bahkan menghindari hubungan intim untuk sementara waktu jika ada indikasi mulut rahim yang lemah.



smg bermanfaat ..
   
24-07-2015 14:06:35 ketuban pecah dini?
Jumlah Posts : 437
Jumlah di-Like : belum ada like
Ketuban pecah dini adalah suatu keadaan dimana ketuban pecah sebelum terjadinya persalinan. Kondisi seperti ini harus segera dilakukan penanganan. Karena jika dibiarkan akan menimbulkan permasalahan pada kesehatan sang ibu dan janin yang dikandungnya. Terkadang hal ini menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi sebagian ibu hamil. Karena pastinya semua ibu hamil akan mengharapkan proses kehamilan berlangsung dengan normal hingga melahirkan anaknya kelak.



Kecemasan tersebut sebenarnya cukup wajar terlebih dialami oleh ibu muda yang baru pertama kali mengalami kehamilan. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui penanganan dan beberapa hal yang menjadi mitos yang beredar di kalangan masyarakat mengenai ketuban yang pecah yang seharusnya tidak menjadikan mitos tersebut menjadi momok yang menakutkan bagi setiap ibu hamil.

Ketuban pecah dini atau yang biasa disingkat dengan KPD, dalam ilmu medis bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu:

KPD Prematur Yaitu ketuban pecah dini yang terjadi sebelum umur kehamilan dari sang ibu mencapai 37 minggu.
KPD Cukup Bulan Yaitu ketuban pecah dini yang terjadi pada saat kehamilan yang telah mencapai umur lebih dari 37 minggu.
PENYEBAB KETUBAN PECAH DINI

Penyebab terjadinya ketuban pecah dini ada banyak hal. Diantaranya adalah :

Terjadinya pecah pada selaput dikarenakan kondisi mulut rahim yang lemah. Kondisi membran yang lemah disebabkan adanya infeksi pada rahim atau vagina.
Adanya kelainan pada otot leher rahim. Otot leher rahim tersebut terlalu lemah dan lunak. Sehingga mengakibatkan terbukanya leher rahim pada saat masa-masa kehamilan dan desakan janin yang membesar.
Faktor psikologis. Adapun faktor psikologis yang menyebabkan pecahnya ketuban misalnya trauma hubungan seksual. Hubungan intim yang tidak wajar (disertai kekerasan dan posisi yang tidak lazim) mengakibatkan trauma pada ibu hamil. Terlebih lagi jika sampai terjadi pendarahan pada vagina.
Infeksi selaput ketuban. Adanya infeksi bakteri pada selaput ketuban mengakibatkan ketuban mudah pecah.
Sebelumnya pernah mengalami kelahiran secara premature
Kebiasaan merokok ketika hamil dan kurangnya perawatan kandungan saat kehamilan.


Ibu hamil yang mungkin mengalami ketuban pecah dini tidak perlu panik. Atau bahkan mempercayai mitos-mitos kuno yang dikarang oleh sebagian orang yang tidak bertanggungjawab pada kondisi ketuban pecah dini. Sebaiknya segera dibawa ke dokter spesialis kandungan atau pun bidan. Dengan mendapatkan perawatan yang lebih cepat diharapkan resiko buruk tidak akan terjadi pada sang ibu dan janin. Melakukan pemeriksaan secara rutin juga bisa untuk memonitoring dan memperkecil terjadinya ketuban pecah dini. Menjaga pola hidup bersih dan sehat serta menghindari hal-hal yang dapat membahayakan janin seperti bekerja terlalu berat, merokok atau bahkan menghindari hubungan intim untuk sementara waktu jika ada indikasi mulut rahim yang lemah.
   


Jumlah Posts : 127
Jumlah di-Like : belum ada like
hai bundaa... ada ga yang seperti saya??

saya punya anak umur 21 bulan dan skrg sedang hamil 33w...
dr awal kami hanya merencanakan memiliki 1 anak dulu tapi Tuhan berkehendak lain.. Kami diberikan anak lg..

Secara pribadi, saya sebenernya ragu bisa menjadi ibu dr 2 anak..krn merawat 1 anak anak dan urus rumah saja, saya sudah kewalahan dan capek..

40 hari lg, saya akan menjalani operasi SC untuk anak ke 2..
Mungkin untuk para bunda tau bagaimana proses penyembuhan SC...
Saya bisa merasakan tekanan yg ada dalam diri saya bahwa saya takut sekali menjalani semua ini..
Orangtua saya tidak bisa membantu saya..
Suami pun hrs bekerja untuk kebutuhan kami..
Mencari pembantu pun susah, apalg yg jujur di jaman skrg ini..
Saya juga ud sharing ke suami masalah ini, dia menguatkan dan meyakinkan bahwa saya pasti bisa...tp ga tau knp saya ms ga yakin sama diri saya sendiri..

Apa bunda ada yg mengalami sperti saya??
1.Dimana anak bunda yg pertama dapat diblng sedang memasuki masa emasnya yang dia ingin tau sgalanya dan waktu untuk dia akan terbagi lg dengan adanya adiknya.
2.Semua harus dikerjakan sendiri stlh operasi SC.

Mohon sarannya para bunda..
   
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
alhamdulillah dah lairan mll proses panjang ...pecah ketuban duluan jumat siang ...alhamdulillah bisa normal meski dipacu
   


20-03-2015 11:02:29 Lama Proses pembuahan
Jumlah Posts : 80
Jumlah di-Like : belum ada like
Dok. mau tanya
Saat berhub.intim di masa subur, apakah bisa lgsg terjadi pembuahan.??
kira2 brpa lama proses terjadinya pembuahan tsb.?
trima kasih
   
10-03-2015 16:19:25 pra kehamilan
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi Bunda Eni Nuraeni Hasanah  , salam kenal ^_^..semoga Bunda segera diberikan momongan ..amiin...

saya share info ya bunda dari tanya bidan tentang "masa subur"

oleh : Bunda dhiny.adja
Ass. Bu bidan aku mau tanya,kenapa ya setelah menikah haid aku sering telat waktu itu baru baru nikah telat 10 hari aku kira hamil,eh malah M sedih , padahal pengen sekali cepat cepat hamil,cara menghitung masa subur yang haid nya tidak teratur gimana ya bu bidan? Saya haid tgl 11 april 2014 saat ini,masa subur paling baik buat aku kapan ya dok?
Makasih.
 
Bidan menjawab
Dear Bunda Dhiny,
Masa subur adalah hari ke 11 sampai dengan hari ke 14, dihitung dari hari pertama haid. Disarankan untuk melakukan hubungan pada hari ke 11 & 13, atau hari ke 12 & 14. Untuk mendapatkan keturunan diperlukan kerjasama yang baik antara ayah dan bunda, karena kesuburan bukan semata - mata milik istri, suami pun berandil besar dalam proses terjadinya kehamilan. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi serta banyak mengandung vitamin C, E dan B complek ( terutama B6 ), hindari rokok dan minuman yang mengandung alkohol, serta tidak melakukan hubungan yang terlalu sering, frekwensi yang disarankan adalah 2 hari sekali atau 3x dalam seminggu, terutama pada saat masa subur.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.

semoga bermanfaat ^_^

   
01-03-2015 13:10:37 pengen cepet dapet debay ...
Jumlah Posts : 58
Jumlah di-Like : belum ada like
nah kan blm ada 20 :D jgn stres stres bun,, takutnya saking pngen punya anak bundanya kpkiran smpe stres,, krn itu pengaruh juga utk proses terjadinya kehamilan,, klo masih muda insya allah masih sehat"nya bun cuma mngkin kmbali k tuhan lagi yg masih blm bisa kasih kpercyaan k bunda utk jadi org tua,, ntar klo dh saatnya psti dpt kok bun, amin... sy sndri prnah hamil 7 bln lalu tapi keguguran, dari situ sy ambil positifnya aja mngkin tuhan masih blm kasih kpercyaan penuh k sy & suami. :) semangat bun yaa...
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Kalau ini terjadi pada bayi bunda, artinya bayi bunda mengalami masalah dalam bernafas saat tidur. Dan mendengkur pada bayi ada sebabnya bunda, dan ini perlu diwaspadai bun. Nih beberapa penyebabnya :

  • Karena pilek

Salah satu peyebab paling lazim yang membuat saluran pernafasan tersumbat akibat cairan ingus. Cairan ingus dari hidung dapat mengalir ke arah tenggorokan ataupun tertelan dan menimbulkan suara mendengkur saat proses bernafas terjadi ketika bayi tidur.

  • Alergi

Sumbatan atau gangguan yang terjadi pada saluran pernafasan juga bisa disebabkan karena bayi mengalami alergi. Akibat dari kasus alergi yang paling sering ditemui adalah keluarnya cairan dari hidung ataupun memicu saluran pernafasan mengalami penyempitan. Nah cairan dan penyempitan saluran pernafasan akan memicu dengkuran pada bayi saat dia tidur.

  • Makanan atau susu tidak tertelan sempurna

Dapat mengganggu saluran pernafasan dan inilah penyebab bayi mendengkur. Jadi bunda pastikan bayi menelan makanan atau susu dengan sempurna yah bun sebelum dia tidur. Perlu diingat juga jangan sampai bayi tertidur saat dia tengah minum susu. Ini juga bisa jadi pemicu bayi tiba-tiba mendengkur saat dia tidur.

  • Pembengkakan amandel atau adenoid

Ini juga dapat menjadi penyebab bayi mendengkur ketika tidur, proses terjadinya dengkuran sama seperti penyebab lainnya yaitu jalan udara yang bergerak ketika bernafas mengalami gangguan penyempitan karena amandel atau adenoid yang mengalami pembengkakan.

Note : kasus mendengkur yang parah dapat menimbulkan otak bayi mengalami kekurangan oksigen ketika tidur. Hal ini dapat memicu berbagai masalah yang kompleks seiring pertumbuhan dan perkembangan bayi.

sumber

   
09-05-2014 14:49:51 cara cepat hamil
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Dalam artikel yang saya temukan:
Pada beberapa pasangan yang ingin segera memiliki buah hati ditemukan beberapa kesulitan. Sulitnya mencapai kehamilan dipengaruhi beberapa faktor seperti yang telah Infobunda paparkan minggu lalu. Kesulitan itu bisa diatasi dengan mengetahui faktor kondisi ideal terjadinya kehamilan, yakni :
• Hubungan seksual normal (2-3 kali seminggu)
• Hubungan seksual tepat waktu (khususnya pada saat masa subur atau Ovulasi)
• Mulut rahim dan cairan mulut rahim dalam kondisi baik
• Saluran telur dapat berfungsi normal
• Rahim atau dinding rahim normal
• Adanya sperma dengan jumlah dan kualitas yang baik

(http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=312&catid=17&catname=Mempersiapkan-Kehamilan&title=Berbagai-Upaya-Mempercepat-Kehamilan#ixzz2d8nE55nU)

Dalam kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 25 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.
Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
(http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=4343&subjek=Siklus-menstruasi-dan-masa-subur-#ixzz2d8nMBvIi)

Dalam kasus sebelumnya, bidan kami mengatakan:
Untuk mendapatkan keturunan, diperlukan kerja sama yang baik antara ayah dan bunda, kesuburan bukan hanya semata mata milik istri, suami pun juga berandil besar dalam proses terjadinya kehamilan.
Beberapa tips yg mungkin dapat membantu :
1. jaga berat badan ( terlalu kurus / gemuk dapat menimbulkan gangguan proses ovulasi ).
2. pilih waktu berhubungan yg tepat ( pada saat bunda dalam masa subur ).
3. pilih posisi senggama yang tepat.
4. jangan bersenggama terlalu sering, frekwensi yang disarankan 2 hari sekali, atau 3x dlm seminggu.
5. menikmati hubungan dengan menciptakan suasana yang romantis.
6. makan makanan yang bergizi serta babyak mengandung vitamin C, E dan B complek ( terutama B6 ).
7. Hindari minuman beralkohol, rokok serta memakai pakaian yang terlalu ketat ( terutama untuk ayah ).
Saran saya, tidak ada salahnya bunda dan ayah melakukan pemeriksaan pada dokter ahli kebidanan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta dapat merencanakan program kehamilan.
(http://www.infobunda.com/pages/newforum/posts.php?topic=19278&start=0&topik=aku-ingin-cepat-hamil-s&forum=Diskusi-Bersama-Bidan#ixzz2d8qX4i3S)

   
10-02-2014 18:50:39 sering keputihan
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda, tdi tiara baru plng dari rs fatmawati. waktu kehamilan anak pertama ada keluhan keputihan sampe akhirnya terkena infeksi dan sampe terjadinya pecah ketuban d usia kehamilan 33 minggu dan harus d cecar bunda dan dd'y meninggal saat usia ya 4 hari. skrng tiara lgi hamil lgi udah 7 minggu dan dktr nyaranin untuk USG 4 dimensi?? ada rekomen g bun untuk tmpt USG yg bagus dan dktr yg nyaman d buat ngobrol???
   
15-12-2013 09:07:06 sperma keluar lg
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Kehamilan terjadi ketika sel sperma yang masuk ke dalam rahim seorang perempuan membuahi sel telur yang telah matang(siap untuk dibuahi).Seorang laki-laki ketika ejakulasi rata-rata mengeluarkan air mani atau cairan semen sebanyak 3 cc, dan setiap 1 cc air mani yang normal akan mengandung sekitar 100 juta hingga 120 juta buah sel sperma. Setelah air mani ini terpancar (ejakulasi) ke dalam pangkal saluran kelamin istri, jutaan sel sperma ini akan berlarian melintasi rongga rahim,saling berebut untuk mencapai sel telur matang yang ada pada saluran tuba di seberang rahim.Namun,hanya satu sel sperma yang dapat membuahi satu sel telur yang telah matang.

Pada saat ovulasi, lapisan lendir di dalam serviks (leher rahim) menjadi lebih cair, sehingga sperma mudah menembus ke dalam rahim. Sperma bergerak dari vagina sampai ke ujung tuba falopii yang berbentuk corong dalam waktu 5 menit. Sel yang melapisi tuba falopii mempermudah terjadinya pembuahan dan pembentukan zigot (sel telur yang telah dibuahi).

Pembuahan hanya terjadi jika sel sperma yang subur membuahi sel telur yang sudah matang.Jadi ketika sel sperma bertemu dengn sel telur matang maka akan terjadi kehamilan.Pada proses pembuahan, hanya bagian kepala sperma yang menembus sel telur dan bersatu dengan inti sel telur.Bagian ekor yang merupakan alat gerak sperma akan melepaskan diri. Sel telur yang telah dibuahi akan mengalami pengerasan bagian luarnya. Ini menyebabkan sel telur hanya dapat dibuahi oleh satu sperma.

Setelah adanya pembuahan ini,30 jam kemudian maka inti sel telur akan mengalami pembuahan menjadi dua bagian. 20 jam kemudian inti sel telur ini kembali membelah menjadi empat bagian.Tiga sampai empat hari setelah pembuahan, sel akan sampai di bagian uterus.Dalam jangka waktu satu minggu setelah perubahan, akan dihasilkan suatu massa sel yang berbentuk ola sebesar pentol jarum, yang disebut (blastocyt). Dalam proses selanjutnya, yaitu sekitar 5 hari berikutnya, blastosis akan menempel dan terimplantasi kedalam endometrium.

Selama dua hingga empat minggu pertama perkembangan, blastosis medapatkan nutrien dari endometrium. Pada masa perkembangan ini, akan berbentuk plasenta. Plasenta merupakan organ berbentuk cakram yang mengandung pembuluh darah maternal (ibu) dan embrio. Melewati plasenta inilah, embrio akan mendapatkan nutrisi dari maternal. Melalui plasenta ini juga terjadi pertukaran gas-gas respirasi dan pembuangan limbah metabolisme embrio. Darah dari embrio mengalir ke plasenta melalui arteri tali pusar dan kembali melalui vena pusat dan melewati hati embrio.

Anatomi uterus wanita memiliki peran vital dalam proses terjadinya kehamilan.Uterus wanita terdiri dari beberapa bagian yang sangat penting,yaitu uterus,ovarium,cervix,vulva,dan vagina.Setiap bagian tersebut memiliki peran masing-masing yang sangat penting dalam proses pembuahan.
   
12-07-2013 19:17:17 menentukan masbur
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
Dear bunda Fitri Quenik Craft,
Masa subur adalah hari ke 11 sampai dengan hari ke 14, dihitung dari hari pertama haid. Disarankan untuk melakukan hubungan pada hari ke 11 & 13, atau hari ke 12 & 14.
Untuk mendapatkan keturunan diperlukan kerjasama yang baik antara ayah dan bunda, karena kesuburan bukan semata - mata milik istri, suami pun berandil besar dalam proses terjadinya kehamilan. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi serta banyak mengandung vitamin C, E dan B complek ( terutama B6 ), hindari rokok dan minuman yang mengandung alkohol, serta tidak melakukan hubungan yang terlalu sering, frekwensi yang disarankan adalah 2 hari sekali atau 3x dalam seminggu, terutama pada saat masa subur.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.


   
15-06-2013 06:04:58 inpeksi saluran kencing
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
Wa'alaykumussalam bunda Yayank Thea,
Terjadinya ISK ( Infeksi Saluran Kencing ) tidak berhubungan dengan kesuburan yang menyebabkan tertundanya kehamilan.
Untuk mendapatkan kehamilan diperlukan kerjasama yang baik antara ayah dan bunda, karena kesuburan bukan hanya semata - mata milik istri, suami juga berandil besar dalam proses terjadinya kehamilan.
Saran saya, sebaiknya bunda serta ayah berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan, agar dapat dilakukan pemeriksaan serta program kehamilan.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.
   
17-04-2013 10:06:44 aku ingin cepat hamil s
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
Dear bunda Rahma.i.agung,
Untuk mendapatkan keturunan, diperlukan kerja sama yang baik antara ayah dan bunda, kesuburan bukan hanya semata mata milik istri, suami pun juga berandil besar dalam proses terjadinya kehamilan.
Beberapa tips yg mungkin dapat membantu :
1. jaga berat badan ( terlalu kurus / gemuk dapat menimbulkan gangguan proses ovulasi ).
2. pilih waktu berhubungan yg tepat ( pada saat bunda dalam masa subur ).
3. pilih posisi senggama yang tepat.
4. jangan bersenggama terlalu sering, frekwensi yang disarankan 2 hari sekali, atau 3x dlm seminggu.
5. menikmati hubungan dengan menciptakan suasana yang romantis.
6. makan makanan yang bergizi serta babyak mengandung vitamin C, E dan B complek ( terutama B6 ).
7. Hindari minuman beralkohol, rokok serta memakai pakaian yang terlalu ketat ( terutama untuk ayah ).
Saran saya, tidak ada salahnya bunda dan ayah melakukan pemeriksaan pada dokter ahli kebidanan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta dapat merencanakan program kehamilan.
Semoga membantu.