SITE STATUS
Jumlah Member :
492.758 member
user online :
396 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: arti range pada hasil usg

New Topic :  
09-09-2015 13:26:03 gallau,belum lahiran juga
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
kalo usg pas lewat dr tm 1 biasanya berubah" bunda. pengalaman aku sih waktu itu karena pas mau lahiran 3x pindah dokter 3 3 nya berpatokan pada hasil usg pas tm 1. kalo bunda masih ada hasil usg pas tm 1 coba aja diliat"
   


Jumlah Posts : 57
Jumlah di-Like : belum ada like
terimakasih atas penjelasannya bu, saya sudah ganti dokter untuk 2nd opinion kata dkter yg baru Bpd baby saya 9,2 dan masih dikatakan normal. jadi saya bingung harus berpatokan pada hasil USG yg mana.

apa yg ibu2 biasanya rasakan kalau panggul tidak bisa dilewati kepala janin??
   
Jumlah Posts : 268
Jumlah di-Like : 3
Bunda Rina,,,
bener kata bunda Alginda,,,
hitungan yang biasa dipake emang HPHT tapi hitungan itu berlaku kalo haid kita teratur dan siklusnya normal 28 hari-30 hari,,,
tapi kalo siklus bunda lebih panjang dan kurang teratur,, maka hitungan HPHT ga berlaku bun,,, makanya berpatokan pada hasil USG dari dokter,,,,
hasil USG biasanya lebih tepat,,, karena usia kandungan dihitung dari lingkar kepala, panjang janin, dan berat janin,,, (kalo ga salah),,, baru dapetlah hitungan usia kehamilan,,,,

tapi kalo memang selisih antara HPHT dan USG hanya berkisar 1-2 minggu,,, katanya masih bisa ditolerir bun,,, kita kudu siap2 aja bun,,, untuk menyiapkan semua perlangkapan 2-3 minggu menjelang kelahiran,,, karena kalo udah ada tanda2 kontraksi tinggal angkut deh barang2nya,,, hehehehe,,,

tapi,, semoga kehamilan kita semua lancar yach bun,,
dede'nya tumbuh sehat,,, kuat dan sempurna,,,
AMin,, met pregnant bun,,,
   


18-06-2013 15:14:43 bingung dg catatan dr bidanku
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
Wa'alaykumussalam bunda Sadewa Danang,
Perbedaan antara usia kehamilan dari hari pertama haid terakhir dengan usia kehamilan dari hasil USG sampai dengan 2 minggu, hal ini masih dianggap wajar. Ini disebabkan karena sulit untuk menentukan kapan terjadinya pembuahan dan kehamilan, kecuali pada program bayi tabung.
Untuk arti catatan USG bunda, adalah :
1. Tunggal artinya satu janin.
2. Dii  (+) ( mungkin maksudnya DJJ ) artinya denyut jantung janin positif terdengar.
3. Intrauterin artinya dalam rahim.
4. CRL  ( crown rump lenght ) 6,1 cm artinya ukuran janin dari puncak kepala ke bokong janin adalah 6,1 cm
5.  Plasenta yang menutupi artinya posisi plasenta masih menutupi jalan lahir.
Jadi arti keseluruhan hasil USG adalah janin tunggal hidup dalam rahim, terdengar detak jantung janin, dan ukuran panjang janin 6,1 cm, posisi plasenta masih menutupi jalan lahir.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.
   
15-03-2011 14:14:52 5 bulan sudah nendang2
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

Hii bunda semua semoga Artikel ini dapat membantu bunda semua ya

Arti Tendangan Bayi

Bagaimana rasanya?
Tidak seorang pun dapat mengatakan secara jelas kepada calon ibu yang baru pertama kali hamil, tentang apa yang akan dirasakannya pada saat kehamilannya itu terjadi. Bisa jadi seratus wanita akan memberikan seratus gambaran yang berbeda. Mungkin gambaran yang paling umum adalah “terasa getaran di perut”, “seperti ada kupu-kupu di lambung”, “seperti ada orang yang memukul perutku”, “seperti suara gelembung-gelembung yang pecah”, “sakit melilit”, “seperti diputar-putar pada alat bermain di taman hiburan”. Bahkan gerakan pertama ini sering disalahartikan sebagai adanya das atau bunyi perut lapar.

Kapan bisa dirasakan?
Perasaan adanya kehidupan yang sangat berkesan ini, biasanya terjadi pada minggu ke-18 sampai 22 kehamilan. Variasi waktu memang busa terjadi. Seorang ibu yang pernah memiliki anak sebelumnya akan lebih cepat mengenali getaran janin ini (karena ia tahu apa yang ia tunggu dan otot rahimnya sudah lebih lemas, sehingga lebih mudah merasakan gerakan) daripada mereka yang baru pertama kali hamil. Seorang wanita yang ramping akan dapat merasakan gerakan-gerakan yang lemah lebih awal, sedangkan wanita gemuk mungkin tidak menyadarinya sampai gerakan tersebut sudah lebih keras. Bisa juga gerakan tidak terasa karena kesalahan deteksi umur kehamilan. Meski normal-normal saja jika janin tidak “terasa” bergerak sampai usia kehamilan 20 minggu, anda bisa meminta tolong dokter melakukan USG (ultrasonografi) untuk memeriksa kondisi bayi. Yang penting, hasil USG menunjukkan bahwa denyut jantung janin tetap kuat dan aktivitas bayi terlihat normal. Jadi tidak perlu khawatir ya! Kenapa janin yang semula bergerak tiba-tiba diam?
Setelah janin mulai bergerak, timbullah kecemasan baru jika sewaktu-waktu gerakan janin tiba-tiba menghilang atau tidak cukup sering. Frekuensi gerakan memang sangat bervariasi dan bisa kacau. Meskipun janin sebenarnya bergerak setiap saat, namun hanya beberapa gerakan cukup kuat yang dapat anda rasakan. Gerakan-gerakan lainnya tidak bisa anda rasakan karena mungkin posisi janin menghadap dan menendang ke dalam. Bisa juga anda tertidur pada saat bayi anda aktif, karena banyak bayi yang waktu aktifnya adalah tengah malam.
Yang jelas, janin juga manusia. Dan layaknya kita, kadang-kadang janin punya hari giat ketika ia menggerak-gerakkan tumitnya, lengan dan tungkai. Juga hari yang pasif saat ia lebih ingin bersantai. Kegiatan janin sering berhubungan dengan apa yang anda lakukan. Seperti bayi yang baru lahir janin menyukai buaian.
Jadi ketika anda sibuk sepanjang hari janin pun tenang, seolah-olah terbuai oleh aktivitas gerak anda, dan anda cenderung tidak merasakan gerakannya. Begitu anda berhenti bekerja janin mulai aktif bergerak. Inilah sebabnya mengapa benyak wanita hamil lebih sering merasakan gerakan janin di tempat tidur pada malam atau pagi hari. Keaktifan janin juga dapat bertambah setelah ibunya makan. Hal ini diperkirakan sebagai reaksi atas naiknya gula darah. Sebagian wanita hamil juga merasakan peningkatan kegiatan janin saat mereka sedang gembira atau gugup, mungkin janin terangsang oleh respon adrenalin ibunya.

Perlu diperiksa
Gerakan janin biasanya menjadi lebih teratur dan menetap, batas masa aktif dan istirahatnya menjadi lebih jelas, pada usia kehamilan 28 sampai 32 minggu. Dan dari hasil penelitian dianjurkan agar sejak minggu ke-28 ibu hamil sebaiknya gerakan bayinya dua kali sehari.
Sekali pada pagi hari saat geraknnya cenderung lebih sedikit dan sekali pada malam hari saat gerakannya biasanya lebih banyak. Caranya, perhatikan jam ketika anda menghitung. Hitung setiap gerakan janin yang terjadi (tendangan, kedutan, desisi, bergulir). Berhentilah menghitung ketika anda mencapai angka 10, dan catat waktunya. 10 gerakan ini seringkali bisa didapatkan dalam waktu 10 menit. Kadang-kadang lebih lama dari itu. Bila anda belum mencapai angka 10 dalam waktu satu jam, minumlah susu atau makan makanan ringan, kemudian berbaring, bersantailah dan mulai menghitung kembali. Bila dalam satu jam belum terjadi 10 gerakan, segera hubungi dokter anda. Meskipun kepasifan janin belum tentu merupakan masalah kadang-kadang hal ini menunjukkan adanya stres pada janin. Dalam kondisi seperti ini perlu segera dilakukan tindakan perawatan.

Tendangannya makin bertenaga
Ketika janin anda sudah lebih matang di dalam rahim, ia juga semakin kuat sehingga gerakannya yang dulu seperti kupu-kupu, kini makin bertenaga. Jangan heran bila kadang-kadang tulang rusuk, perut atau leher rahim anda mendapat tendangan keras dan menyakinkan. Bila anda mendapat “serangan” seperti ini, cobalah berganti posisi. Hal ini bisa mengubah keseimbangan janin sehingga ia bisa berhenti “menyerang”. Selain itu meskipun terkadang anda terasa ditendang dari segala arah atau merasa dipukuli oleh selusin kepalan tangan, sebenarnya hampir pasti bahwa hanya sepasang tangan saja yang “menyerang” ke segala arah, ditambah siku, lutut, dan kaki-kaki mungil.

Jadi nikmatilah gerakan janin anda dan jangan membandingkannya dengan janin orang lain, karena setiap janin adalah unik, masing-masing memiliki kekhususan pola aktivitas dan perkembangannya sendiri.

*AYU ANDHIKA*
   


Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda2 semua😊
bunda berat badan q d usia 21 week udah naik 10kg nih😔
kalau bunda2 yg lain udah pada naik brp kg ni?
jadi stress kalo lagi nimbang bb....
kmren juga baru usg nih bun janin q kata dkter nya 100% laki2, ap mungkin dokter salah prdiksi hasil usg nya? pngen ny emang laki2 sih tp tkut aja dah happy2 eh mlah salah pridksi.
   
09-07-2016 18:58:01 hasil usg
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
malam dokter saya mau tanya bagaimana cara membaca hasil usg yah dokter??
biar mengerti detailnya : hasil usg saya uterus antefleksi besar dan bentuk normal,cavum uteri berisi kantung gestasi dengan crl:0.4cm djj:126x/mnt
sesuai dengan kehamilan 6 minggu miometrium homogen.
endocerviks dan portio dalam batas normal ke2 ovarium normal .tidak tampak masa pada kedua adnesa .kesan: 6 minggu .janin tunggal.hidup.intrauterin..
   
27-05-2016 17:54:25 Jenis Kelamin
Jumlah Posts : 28
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda semua.... ada kah yg punya pengalaman JK hasil USG tdk ssi pada saat janin sudah lahir....
   
24-04-2016 21:09:04 HPL april 2016 merapat ^_~
Jumlah Posts : 48
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda lili sma kyk aq. aq lagi cemas.. usg kmren smua hasil usg pada nunjukin tgl 23 dan 24 , smpai lewat hpl gk ada acra pecah ktuban yg ada cuma punggung sakit gara" trlalu bnyk aktvts kyk nya. wktu tgl 4 sama doktr kandungan di kasi jalan pembukaan 1 tp sampe skrg gk lahir". tp sma bidanku di suruh nunggu tgl 29 klo tgl 29 gk lahir" di suruh priksa lagi.. ada yg pnya solusi ndak bunda buat aq.
   
29-03-2016 20:51:20 keguguran
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Nurul Uzmiyati,

Turut berduka dengan kondisi kehamilan bunda. Apabila Hasil USG menunjukkan kondisi rahim telah bersih dari sisa kehamilan, maka kemungkinan flek atau darah yang keluar adalah dari jalan lahir ataupun karena faktor hormonal. Sebaiknya periksakan kembali keadaan bunda pada dokter yang menangani bunda, apabila flek masih keluar dan semakin bertambah banyak. Masa berlaku KB spiral maksimalnya adalah 8 tahun, tetapi jika bunda berkeinginan memiliki anak kembali, maka spiral dapat dicabut tanpa harus menunggu akhir masa berlakunya.

   
10-03-2016 21:52:40 9 week ngeflek
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Anthy OndEnk,

Banyak faktor yang dapat menyebabkan keluar flek coklat darah coklat saat hamil muda, antara lain adanya implantasi yang tidak sempurna, ketidakseimbangan hormon, hasil konsepsi yang tidak sempurna, kelainan kromosom dengan respon tubuh yang mengeluarkan flek. Solusinya adalah periksakan keadaan ini pada dokter, USG diperlukan untuk mencari penyebab timbulnya flek, sehingga terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan. Namun mengingat keluhan flek tidak lebih dari 24 jam, dan tidak ada keluhan nyeri perut dan kontraksi hebat yang menyertai, dan juga jarak yang sangat jauh dari tenaga medis, tindakan yang harus dilakukan adalah melakukan istirahat total dan menjaga asupan nutrisi. Disarakan untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan agar dapat terpantau pertumbuhan serta perkembangan janin, dan juga kesehatan bunda.

   
24-01-2016 19:54:55 ukuran janin
Jumlah Posts : 129
Jumlah di-Like : belum ada like
*Membaca foto di USG*

Bagi bunda yang baru sekali check up ke dokter dan menjalani USG, mungkin masih bingung dengan singkatan bahasa ilmiah yang ada di foto USG. Terkadang, dokter juga tidak menjelaskan detil, bagaimana pertumbuhan janin yang ada di kandungan.

Selain gambar janin, foto USG juga terdiri dari beberapa tabel atau angka-angka yang diukur dari pengukuran dokter terhadap tungkai lengan, kaki, dan diameter kepala. Semua itu bisa menghasilkan rumus yang menunjukkan berapa berat janin di dalam kandungan. Beberapa istilah yang umum ada di hasil foto USG antara lain:
1. GA = Gestational Age. Ini menunjukkan perkiraan umur kehamilan Anda, berdasarkan panjang tungkai lengan, tungkai kaki ataupun diameter kepala. Jika salah satu dari GA di foto USG Anda menunjukkan besaran yang tidak normal, dokter langsung bisa mendeteksinya sebagai kelainan. Terutama GA di bagian kepala.
2. GS: Gestational Sac. Yaitu ukuran kantung kehamilan, berupa bulatan hitam. Ini biasanya muncul pada hasil foto USG trisemester awal.
3. CRL: Crown Rump Length. Yaitu ukuran jarak dari puncak kepala ke ‘ekor’ bayi. Ini juga biasa digunakan dokter untuk mengukur janin di usia kehamilan trisemester awal.
4. BPD: Biparietal diameter. Ini adalah. ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Biasa digunakan untuk mengukur janin di trisemester 2 atau tiga
5. FL: Femur Length. Merupakan ukuran panjang tulang paha bayi.
6. HC: Head Circumferencial atau lingkaran kepala.
7. AC: Abdominal Circumferencial. Ukuran lingkaran perut bayi. Jika dikombinasikan dengan BPD akan menghasilkan perkiraan berat bayi.
8. FW: Fetal weight atau berat janin.
9. F-HR: Fetal Heart Rate atau frekuensi jantung bayi.

Dan jika bunda penasaran dengan berat normal janin, bisa kok minta dokter kandungan untuk mencetak hasil tabel perkiraan berat badan janin seperti gambar berikut ini:

Sementara itu, untuk panduan bunda memahami berat badan normal janin, berikut tabelnya:
Gestational age Length (US) Weight (US) Length (cm) Mass (g)
(crown to rump) (crown to rump)
8 weeks 0.63 inch 0.04 ounce 1.6 cm 1 gram
9 weeks 0.90 inch 0.07 ounce 2.3 cm 2 grams
10 weeks 1.22 inch 0.14 ounce 3.1 cm 4 grams
11 weeks 1.61 inch 0.25 ounce 4.1 cm 7 grams
12 weeks 2.13 inches 0.49 ounce 5.4 cm 14 grams
13 weeks 2.91 inches 0.81 ounce 7.4 cm 23 grams
14 weeks 3.42 inches 1.52 ounce 8.7 cm 43 grams
15 weeks 3.98 inches 2.47 ounces 10.1 cm 70 grams
16 weeks 4.57 inches 3.53 ounces 11.6 cm 100 grams
17 weeks 5.12 inches 4.94 ounces 13 cm 140 grams
18 weeks 5.59 inches 6.70 ounces 14.2 cm 190 grams
19 weeks 6.02 inches 8.47 ounces 15.3 cm 240 grams
20 weeks 6.46 inches 10.58 ounces 16.4 cm 300 grams
(crown to heel) (crown to heel)
20 weeks 10.08 inches 10.58 ounces 25.6 cm 300 grams
21 weeks 10.51 inches 12.70 ounces 26.7 cm 360 grams
22 weeks 10.94 inches 15.17 ounces 27.8 cm 430 grams
23 weeks 11.38 inches 1.10 pound 28.9 cm 501 grams
24 weeks 11.81 inches 1.32 pound 30 cm 600 grams
25 weeks 13.62 inches 1.46 pound 34.6 cm 660 grams
26 weeks 14.02 inches 1.68 pound 35.6 cm 760 grams
27 weeks 14.41 inches 1.93 pound 36.6 cm 875 grams
28 weeks 14.80 inches 2.22 pounds 37.6 cm 1005 grams
29 weeks 15.2 inches 2.54 pounds 38.6 cm 1153 grams
30 weeks 15.71 inches 2.91 pounds 39.9 cm 1319 grams
31 weeks 16.18 inches 3.31 pounds 41.1 cm 1502 grams
32 weeks 16.69 inches 3.75 pounds 42.4 cm 1702 grams
33 weeks 17.20 inches 4.23 pounds 43.7 cm 1918 grams
34 weeks 17.72 inches 4.73 pounds 45 cm 2146 grams
35 weeks 18.19 inches 5.25 pounds 46.2 cm 2383 grams
36 weeks 18.66 inches 5.78 pounds 47.4 cm 2622 grams
37 weeks 19.13 inches 6.30 pounds 48.6 cm 2859 grams
38 weeks 19.61 inches 6.80 pounds 49.8 cm 3083 grams
39 weeks 19.96 inches 7.25 pounds 50.7 cm 3288 grams
40 weeks 20.16 inches 7.63 pounds 51.2 cm 3462 grams
41 weeks 20.35 inches 7.93 pounds 51.7 cm 3597 grams
42 weeks 20.28 inches 8.12 pounds 51.5 cm 3685 grams

*sebagai patokan saja berat badan baby inside bisa lebih besar atau kecil mendekati dari angka yg tertera tiap minggunya

Semoga bermanfaat ^_^ .....

*dicopast & save dinotepad pas hamil Fey, dicari lg link sdh ga ada krn dari multiply dapatnya waktu itu.

*Foto by Google
   
18-11-2015 23:14:23 hasil usg dan hpht beda
Jumlah Posts : 172
Jumlah di-Like : belum ada like
kalo mau liat hpl dari usg di usahakan pada trimester pertama,,tdk di anjurkan melihat hpl dr hasil USG di trimester 2 atau ke 3,karena dokter melihat hpl dari berat bobot janin dan pnjg janin...bkn dri hpht,sdgkn kalo di bidan berpatokan dri hpht...coba saja bandingkan hasil USG dri trimester awal dan akhir,perbedaan hpl nya hampir 2/3 minggu..
   
04-11-2015 07:59:25 keluar flek sebelum haid
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
dokter,sy mau tanya..sy hamil 14 minggu keluar flek merah kecoklat-coklatan dan sy langsung ke dokter kandungan hasil USG ny janin sy berkembang dg baik.cuma plasentanya agak sedikit kebawah.sblmnya pada usia kehamilan 7 minggu dan 9 minggu jg pernah flek sedikit.. pertanyaan sy:
1.setelah di USG dan janin dinyatakan tidak apa2 dan berkembang dg baik apakah itu bisa dijadikan pedoman donk? krn sampai skg sy msh takut.
2.apakah plasenta dpt berubah posisi kembali ke atas?
mksh sblmnya dok..
   
06-07-2015 14:37:36 Air Ketuban Agak Keruh
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
aku lg bingung nih bun...hasil usg kemarin menunjukan air ketubanku mulai keruh..kata dokter itu karna si baby mulai ganti kulit dan katanya gpp..tp aku takut berpengaruh buruk pada baby bun..aku harus gmn :'(