SITE STATUS
Jumlah Member :
493.749 member
user online :
1161 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: apa saja yang perlu dihindari saat terke

New Topic :  
03-11-2014 12:57:38 kaki bengkak
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
hai bun slm knl...
knpa ya aku hamil sdh 35 wk kaki ku sdh mulai bngkak, padahal setiap hari sdh sring jlan pagi,,,,
apa saja yang harus dihindari saat kaki sdh membengkak...
   


Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
siang bu dok/bu bid. mau tanya barang-barang apa saja yang perlu dipersiapkan atau dibawa saat lahiran?
   
Jumlah Posts : 105
Jumlah di-Like : belum ada like
habis browsing nemu ini bun terus aku share deh
semoga bermanfaat ya bund<<
10 Jurus Cepat Hamil Proses kehamilan melibatkan sejumlah faktor: usia, keturunan, anatomi organ tubuh, kondisi kesehatan fisik dan mental, serta waktu yang tepat. Sejumlah kiat berikut diharapkan membantu mewujudkan keinginan Anda dan pasangan untuk cepat-cepat punya momongan. Selamat mencoba!
  1. Pola makan harus sehat. Dari lahan yang baik akan dihasilkan hasil panen yang baik pula. Tingkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan, dan air putih untuk kelancaran proses metabolisma tubuh Anda. Bila perlu, konsumsi suplemen, misalnya 0,4 mg setiap hari selama 3-4 bulan sebelum hamil, akan menurunkan risiko janin menderita gangguan tabung saraf, misalnya spina bifida sebesar 70%. Pola makan sehat dan bergizi seimbang juga membantu Anda menjaga berat badan tetap dalam kisaran normal.
  2. Tinggalkan  kebiasaan buruk. Tubuh Anda juga harus bebas dari berbagai senyawa kimia yang dapat mengganggu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma, dan proses tumbuh kembang janin kelak. Tinggalkan rokok dan minuman beralkohol. Kebiasaan merokok, misalnya, terbukti meningkatkan risiko keguguran.  
  3. Kompak! Selain calon bunda, calon ayah pun harus prima kesehatannya. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sel-sel sperma, calon ayah sebaiknya menghindari pakai celana dalam yang ketat dan terbuat dari bahan sintetis, mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, dan berhenti merokok.
  4. Bergerak.  Olahraga maupun aktivitas fisik lainnya yang dilakukan rutin, selain membuat tubuh jadi bugar, juga menjaga kestabilan berat badan. Sebab, kelebihan berat badan pada wanita akan menyebabkan produksi hormon estrogennya berlebihan sehingga mempersulit kehamilan. Sementara pada pria akan menurunkan jumlah dan kualitas sel sperma.
  5. Berjemur.  Kecukupan vitamin D di dalam tubuh mempengaruhi tingkat kesuburan pria maupun wanita. Para pria dengan kadar vitamin D di bawah normal, terbukti meningkatkan kadar sejenis asam amino di dalam darah, yakni homosistein, yang bisa mengganggu proses pembentukan sel-sel baru, termasuk sel sperma. Hal serupa terjadi pada wanita. Selain mengonsumsi makanan atau minuman sumber viatamin D, kebutuhan vitamin ini juga bisa dengan berjemur di pagi hari selama kurang lebih 20 menit.  
  6. Bebas Infeksi. Penyakit infeksi, seperti tosksoplasma dan penyakit menular seksual, yang tidak diobati dapat menghambat terjadinya kehamilan. Untuk memastikan Anda bebas dari berbagai penyakit infeksi yang mungkin tidak Anda sadari, periksalah kondisi kesehatan organ reproduksi Anda ke dokter kandungan. Apalagi, bagi Anda yang belum juga dikaruniai momongan setelah setahun menikah. Anda juga dapat meminta saran jenis-jenis vitamin apa saja yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.
  7. Cek masa subur. Hubungan intim sebaiknya dilakukan pada saat Anda dalam masa subur atau masa dimana sel-sel telur di dalam indung telur (ovarium) sudah matang dan siap dibuahi.
  8. “Intim” sebelum masa subur. Begitu masuk ke dalam tubuh Anda, sel-sel sperma sebaiknya langsung bertemu dengan sel-sel telur yang sudah matang. Karena itu, hubungan intim sebaiknya dilakukan tepat sebelum masa subur tiba, atau menjelang masa subur, sehingga sel-sel telur matang memiliki kemungkinan besar untuk dibuahi. Ini mengingat sel-sel telur hanya bertahan 24 jam, dan bila tidak dibuahi akan keluar sebagai haid.   
  9. Posisi tepat. Pilihlah posisi hubungan intim yang memungkinkan Anda berfungsi sebagai “mangkuk” yang menampung sel-sel sperma. Posisi Anda di bawah dan pasangan di atas adalah pilihan tepat. Bila perlu, letakkan bantal di bawah panggul untuk memudahkan Anda bertahan pada posisi tersebut, paling tidak selama 20-30 menit. Jangan langsung bangun dan berdiri begitu selesai berhubungan intim.
  10. Cukup 3 kali seminggu. Pria kadangkala membutuhkan jeda sekitar 3 hari sebelum tubuhnya mampu menghasilkan sel-sel sperma dalam jumlah yang optimal untuk melakukan pembuahan. Untuk itu, hubungan intim tidak perlu dilakukan setiap hari karena justru akan melemahkan sel-sel sperma yang dihasilkan. Jadi, hubungan intim sebanyak 3 kali dalam seminggu sudah cukup. Nikmati saja dan bersikaplah santai.


   


Jumlah Posts : 52
Jumlah di-Like : belum ada like
Hai bunda smart..
kebetulan kemarin aku googling ttg tokso jg niy.. yg aku dapetin, igG itu artinya riwayat kita pernah/tdk terjangkit torch, selama bbrp kurun waktu kebelakang.. sedangkan igM artinya apakah kita sdg terjangkit virus torch saat ini ..

jd klo igG(-) artinya dimasa lalu kita tdk terjangkit, klo (+) berarti kita sebelumnya sdh terjangkit torch... sedangkan klo igM(-) artinya saat ini kita bebas torch (tp ttp perlu diwaspadai), kalo igM(+) artinya saat ini kita sedang terjangkit torch..

Berikut aku paste-kan artikelnya ya bund :
Apakah toxoplasmosis itu ?
Toxoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa (hewan bersel satu) Toxoplasma gondii


Siapa saja yang bisa terkena ?
Semua orang (wanita & pria) bisa terkena penyakit ini.


Siapa saja yang perlu diperiksa Toxoplasma ?
" Wanita yang akan hamil
" Wanita yang baru / sedang hamil (bagi yg belum pernah atau hasil sebelumnya negatif)
" Bayi baru lahir yg ibunya positif terinfeksi toksoplasma pada saat hamil
" Penderita yg diduga terinfeksi


Bagaimana mengenali gejala infeksi toxoplasma ?
Pada umumnya infeksi ini tidak menunjukkan gejala, kalaupun ada, gejalanya tidak khas/spesifik, sehingga sering dokter atau yang bersangkutan tidak mengenalinya.


Adakah cara lain untuk mendiagnosa infeksi ini ?
Ada. Diagnosa sangat tergantung pada pemeriksaan laboratorium
Pemeriksaan laboratorium :
a. pemeriksaan parasit secara langsung : rumit, tidak praktis, butuh waktu lama, mahal.
b. pemeriksaan antibodi spesifik Toxoplasma : IgG, IgM dan IgG affinity


Apakah IgM dan IgG Toxoplasma ?
IgM adalah antibodi yang pertama kali meningkat di darah bila terjadi infeksi Toxoplasma.


IgG adalah antibodi yang muncul setelah IgM dan biasanya akan menetap seumur hidup pada orang yang terinfeksi atau pernah terinfeksi.


Apakah IgG affinity itu ?
Adalah kekuatan ikatan antara antibodi IgG dengan organisme penyebab infeksi.


Apa manfaat IgG affinity ?
Pada keadaan IgG dan IgM positif diperlukan pemeriksaan IgG avidity untuk memperkirakan kapan infeksi terjadi, apakah sebelum atau pada saat hamil


Infeksi yang terjadi sebelum kehamilan tidak perlu dirisaukan, hanya infeksi primer yang terjadi pada saat ibu hamil yang berbahaya, khususnya pada TriMester I


' Perlu diketahui kapan pemeriksaan dilakukan pada kehamilan

Tes toksoplasma apa saja yang perlu dilakukan ?
idealnya :
" Sebelum hamil ' tes IgG
" Saat hamil, sedini mungkin (bila belum pernah atau hasil sebelumnya negatif) IgG dan IgM Toxoplasma .


Bila hasil negatif, diperlukan pemantauan setiap 3 bulan pada sisa kehamilan


Bagaimana Interpretasinya ?


a. bila IgG (-) dan IgM (+)
Kasus ini jarang terjadi, kemungkinan merupakan awal infeksi.
Harus diperiksa kembali 3 mgg kemudian dilihat apakah IgG berubah jadi (+).
Bila tidak berubah, maka IgM tidak spesifik, yang bersangkutan tidak terinfeksi Toxoplasma.


b. bila IgG (-) dan IgM (-)
Belum pernah terinfeksi dan beresiko untuk terinfeksi.
Bila sedang hamil, perlu dipantau setiap 3 bulan pada sisa kehamilan (dokter mengetahui kondisi dan kebutuhan pemeriksaan anda).
Lakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi infeksi.


c. bila IgG (+) dan IgM (+)
Kemungkinan mengalami infeksi primer baru atau mungkin juga infeksi lampau tapi IgM nya masih terdeteksi (persisten=lambat hilang).
Oleh sebab itu perlu dilakukan tes IgG affinity langsung pada serum yang sama untuk memperkirakan kapan infeksinya terjadi, apakah sebelum atau sesudah hamil.


d. bila IgG (+) dan IgM (-)
Pernah terinfeksi sebelumnya
Bila pemeriksaan dilakukan pada awal kehamilan, berarti infeksi nya terjadi sudah lama (sebelum hamil) dan sekarang telah memiliki kekebalan, untuk selanjutnya tidak perlu diperiksa lagi.


Bila ada pertimbangan lain, Dr anda akan meminta izin untuk pemeriksaan lanjutan sesuai kebutuhan.


Rangkuman
" Toxoplasmosis berbahaya bagi janin bila ibu terinfeksi pada saat hamil, khususnya pada Trimester I
" Gejalanya tidak spesifik' perlu pemeriksaan laboratorium
" Pemeriksaan awal kehamilan
o Bila IgG & IgM negatif, hindarilah sumber infeksi yang dapat menyebabkan ibu tertulat dan selanjutnya perlu dilakukan pemantauan sepanjang kehamilan.
o Bila IgG dan IgM positif belum tentu terinfeksi ' tes lanjutan IgG avidity ' dpt memperkirakan kapan infeksi terjadi (sebelum atau pada saat hamil)


Dengan deteksi sedini mungkin dokter dapat segera memberikan pengobatan/ melakukan tindakan yang diperlukan.


Sumber : www.kucingkita.com
http://dinimantap.multiply.com/reviews/item/3

Mhn maap klo blm bnyk membantu yaa :)
smg kita smua sehat2 aja dan dalam lindunga Allah sll,amiin
   
21-01-2011 14:02:05 pijat pada ibu hamil
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
Pijat sangat bermanfaat mengurangi stres dan merilekskan badan. Bagi ibu hamil, pijat akan membantu meredakan kejang otot dan kram akibat beban ekstra yang harus dibawa oleh ibu hamil dan perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan. Pijat untuk ibu hamil agak berbeda, sebab ada beberapa bagian tubuh tertentu yang harus dihindari, serta ada bagian yang sebaiknya mendapat perhatian lebih.

Bagian tubuh yang perlu dihindari:
Saat kehamilan, hampir seluruh bagian tubuh mulai dari dinding lambung, kulit, payudara hingga sistem pernafasan, akan mengalami perubahan. Berikut beberapa bagian tubuh yang memerlukan perhatian khusus.

Perut
Otot dan kulit pada dinding perut akan mengalami peregangan. Karena itu, hindari melakukan pijatan langsung di area perut.

Payudara
Payudara akan membesar dan sensitif sehingga sebaiknya juga dihindari pijatan langsung.

Kaki
Ukuran jantung akan membesar, terjadi perluasan pembuluh darah, volume darah meningkat hingga 30-50%, terjadi peningkatan sel-sel darah merah dan darah putih. Selain itu, volume cairan interstitial juga akan meningkat sebanyak 40% pada trimester ke-3, sehingga memicu edema. Di samping itu, perempuan yang mengalami masalah jantung juga berisiko paling besar mengalami gagal jantung pada trimester ke-3.

Karena itu, berhati-hatilah saat melakukan pijatan di area kaki karena bisa meningkatkan pengentalan darah. Otot-otot yang perlu direlakskan adalah otot-otot adductor (otot yang menarik kaki dan tangan ke arah garis pusat tubuh) sehingga otot-otot panggul juga ikut relaks. Selain itu, pastikan Anda berada dalam posisi menyamping.

Posisi saat dipijat:
Kondisi badan Anda berbeda dengan perempuan yang tidak hamil. Karena itu, tempat pijat juga akan diatur sedemikian rupa sehingga Anda berada dalam posisi setengah berbaring. Posisi ini mungkin tidak terlalu nyaman bagi Anda, tapi aman untuk bayi. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk mengubah posisi menghadap ke sisi kanan atau kiri sehingga terapis bisa memijat area punggung dan pinggang. Selain itu, akan ada tambahan bantal pengganjal untuk membuat Anda merasa lebih nyaman.

Sumber: www.lintasberita.com





Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan online, dari rumah atau dari mana pun saja, hanya 2 jam per minggu dari depan komputer anda. Klik www.dBCN-KerjadiRumah.com/





   


12-09-2016 21:34:08 Sukses PROMIL
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
Assalamualaikim Bun, Sedikit share tentang suksesnya promil yang aku jalani. 2008-2011 saya pernah menderita gastritis kronis (maag kronis), tiap bulan kerjaannya rawat inap muli di rs, selain itu juga saya sempat terkena infeksi dinding rahim, sedihnya.... :'( karena ini juga haid saya ga lancar, bisa-bisa 2 atau 3 bulan sekali baru haid. 2012-2014 mulai memperbaiki pola hidup, dimulai dari puasa senin kamis sampai daud saya lakukan krn saya ingin sembuh, dan takut sekali u/ tdk bs hamil ataupun lama hamil. Walaupun sering puasa, BB tetap saja melebihi batas normal, krn saat itu masih blm bisa kontrol makan makanan yg sehat. Lalu 2015 awal merencanakan menikah, dstu saya mulai berfikir u/ promil sebelum menikah, krn saya tau saya punya riwayat infeksi dinding rahim. Mulailah saya promil. Apa saja yang saya lakukan saat promil??? 1. Mulai diet sehat, ganti nasi dengan beras merah, full makan sayur dan buah tiap hari, minyakpun saya ganti dengan minyak canola, syano to "gorengan", saya juga tidak makan gula sama sekali (saya ganti semuanya dengan buah yg manis). Diet berjalan lancar, BB pun turun hingga akhirnya badan saya dinyatan ideal 2. Olahraga teratur, setiap pagi saya selalu jogging, setiap jum'at atau seminggu sekali saya selalu zumba, ga cuma itu bahkan saya juga fitness 2x seminggu 3. No junkfood, udah ga kenal lagi sama yg namanya makanan junkfood bahkan say no to "indomie" hehehe 4. memasuki 2016, saat-saat menegangkan selalu kepikiran apakah saya akan cepat hamil? Semua kuasa Allah, saya hanya bisa berusaha. Tetap diet dan olahraga rutin, benar-benar menjaga pola makan yang sehat. 5. 3 Bulan menjelang pernikahan, saya mulai mengkonsumsi prenagen esensis. banyak perubahan yg saya dapat, haid saya benar2 lancar dan tepat waktu, hormon progresteron saya meningkat drastis dan ini berefek ke wajah (timbul banyak jerawat), kerena hal inilah saya mulai jarang minum dan saya ganti dengan minum folavit rutin tiap malam 1x1 4. menjelang pernikahan saya konsul ke dokter, banyak tanya2 tentang masa subur. lalu 30 juli lalu saya menikah, dan 2 agustusnya saya haid selama seminggu. Alhamdulillah ternyata topcer bgt, langsung jadi.. dan kini saya sedang hamil 6weeks . . doakan ya bunda semua agar baby nya sehat dan tumbuh sempurna, semoga saya bisa menjaga amanat allah ini, aamiin. . terimakasih, semoga bisa membantu bunda2 yg lagi promil :) waasalamualaikum
   
18-09-2015 20:46:54 Gejala di UK 34 week
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
Assalamu'alaykum.. bunda" Adakah bunda disini yang sekarang UK nya 34 week sama seperti saya? Gejala apa saja yang bunda rasakan saat ini?
   
11-04-2014 20:19:52 program hamil
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

salam kenal bunda-bunda ... sy hampir 6 blan menikah nmn blum hamil ... untuk bisa cepat hamil apa saja yang perlu di konsumsi? 

   
26-11-2012 07:50:30 Jual Buku Tips Hamil
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like


BUKU INI BISA BUNDA DAPATKAN DI WEB RESMI TIPS HAMIL  


Dalam buku ini, saya menjelaskan semua hal yang PENTING untuk Anda dan pasangan Anda ketahui. Diantaranya adalah:
  • Saya akan mengajak Anda mempelajari, faktor apa yang membuat Anda sulit hamil dan memberikan solusi berdasarkan faktor masalah tersebut
  • Saya akan memperlihatkan pada Anda: faktor apa saja yang bisa membuat suami tidak subur. Ini penting karena ketidaksuburan bukan hanya dialami istri saja
  • Saya akan memberikan daftar makanan dan minuman apa saja yang bisa membantu agar Anda bisa cepat hamil
  • Saya juga memberikan daftar makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya DIHINDARI
  • Saya akan membeberkan Tips Rahasia Cepat Hamil yang telah terbukti secara medis mampu meningkatkan peluang hamil
  • Saya akan mengajarkan cara menghitung masa subur dengan akurat (Ingat!! Sangatlah penting untuk menghitung masa subur dengan tepat!)
  • Saya akan memberikan tips-tips dalam berhubungan seks, untuk menjawab pertanyaan: "Gaya bercinta manakah yang memperbesar peluang hamil?"
  • Saya akan membagikan tips bagaimana memperbesar peluang Anda mendapatkan anak dengan jenis kelamin yang Anda harapkan
  • Bagi Anda yang mengalami kegemukan (obesitas), saya akan membantu Anda bagaimana meningkatkan peluang hamil (disertai Tips Diet lengkap!)
  • Saya akan menjelaskan pada Anda tentang obat-obatan penyubur
  • Saya akan memberikan Anda petunjuk kapan waktu yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter dan melakukan serangkaian tes
  • Saya akan menjelaskan jenis-jenis pemeriksaan dan terapi yang biasa dilakukan untuk mempercepat kehamilan
  • Dan masih banyak lagi 'RAHASIA' lain yang selama ini menjadi pertanyaan-pertanyaan Anda dan pasangan Anda.
 

BUKU INI BISA BUNDA DAPATKAN DI WEB RESMI TIPS HAMIL  
   
12-08-2012 04:03:45 Memasuki usia 7 bulan
Jumlah Posts : 49
Jumlah di-Like : 1
Apa sajakah yang perlu disiapkan saat usia janin memasuki 7 bulan?
Share dong....
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
salam kenal dok...
saya ingin bertanya, sebab dari terjadinya pendarahan pasca melahirkan itu diakibatkan apa dok???
usia kandungan saya sendiri masih 33 minggu, jadi saya merasa cemas mempersiapkan persalinan nanti,dan saya merasa takut bila itu terjadi nanti dengan saya, maka dari itu saya ingin tahu apa saja yang perlu dijaga agar tidak terjadi pendarahan pasca melahirkan nanti.
mohon jawaban yang jelas ya dok....
terima kasih sebelumnya dok..
feryni_

Dari : Ferynie Hidayatie

Jawaban:

Dear Bunda,
Perdarahan pasca persalinan (Perdarahan post partum) dapat disebabkan oleh atonia uteri (tidak adanya kontraksi rahim), robekan jalan lahir, retensio plasenta, sisa plasenta dan kelainan pembekuan darah. Bunda tidak perlu khawatir, diskusikanlah dengan bidan atau dokter kandungan bunda mengenai rencana persalinan bunda nanti, ikutilah petunjuk dan aba-aba dari dokter atau bidan anda dalam persalinan nanti dengan baik, agar dapat menghindari terjadinya komplikasi pada persalinan. Demikian jawaban saya.
   
07-12-2010 16:41:51 Ternyata Saya Hamil..
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Terima kasih ya bun..
Sampai sekarang saya belum periksa ke dokter kandungan...kira-kira apa saja yang perlu ditanyakan ya ke dokter kandungan? untuk bayi yang sehat apa yg perlu diperhatikan? terima kasih ya bun...
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Mrs....

saya mo tanya,
sebaiknya apa saja yang perlu dipersiapkan untuk lahiran?

Brgds,
And_Ria
   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal anggrek

nih bunda dea punya filenya.



TANDA-TANDA AWAL PERSALINAN

Bagaimana Mengenali Gejala-Gejala Persalinan

Inilah masa-masa yang paling mengkhawatirkan selama kehamilan seorang wanita. Melahirkan dapat menjadi hal yang sangat menyakitkan, dan juga membutuhkan banyak waktu. Bagi beberapa wanita, proses melahirkan hanya membutuhkan beberapa jam saja, sedangkan pada beberapa wanita lain bisa menghabiskan waktu lebih dari 24 jam. Dibawah ini anda akan menemukan hal-hal apa saja yang perlu diketahui. Berikut ini adalah tanda-tanda dan gejala-gejala awal persalinan. Bersiaplah, sebentar lagi anda akan melahirkan dan akan memiliki seorang anak!



Tanda-Tanda Awal Persalinan – Apakah Persalinan Sudah Dekat?

Banyak wanita mulai merasakan tanda-tanda dan gejala-gejala persalinan sehari bahkan seminggu sebelum sang bayi benar-benar lahir. Tanda-tanda ini memberitahukan anda bahwa persalinan sudah dekat, dan membantu tubuh anda untuk menyiapkan diri. Jika anda adalah seorang calon ibu untuk yang pertama kalinya, tanda-tanda awal persalinan dapat terjadi beberapa minggu sebelum persalinan yang sesungguhnya. Sedangkan untuk kehamilan berikutnya, tanda-tanda ini mungkin akan dirasakan ketika sudah mendekati persalinan. Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa persalinan sudah dekat:



Engagement atau Turunnya Bayi ke Panggul

Ketika persalinan sudah mendekati, kepala bayi anda sudah mulai turun ke area tulang panggul (pelvic inlet). Kejadian ini merupakan akibat dari melunaknya uterus anda. Engagement atau turunnya kepala bayi membuat anda bisa bernafas lebih lega. Heartburn yang pernah anda alami juga mulai berhenti. Turunnya bayi anda dapat terjadi kapan saja sejak dua hingga empat minggu sebelum bayi anda benar-benar lahir. Jika anda telah merasakan tanda-tanda awal persalinan ini, maka anda dapat meyakinkan diri bahwa proses memiliki seorang bayi sedang dimulai. Kehamilan anda akan segera memasuki tahap akhir, dan tanda awal persalinan yang tengah anda rasakan adalah benar.



Tekanan Panggul (Pelvic)

Setelah bayi anda turun dengan kepala berada di dalam panggul, anda mungkin akan merasa kurang nyaman. Sakit yang anda rasakan ini merupakan akibat dari adanya tekanan panggul, dan anda akan lebih sering berkemih serta lebih sering buang air besar karena meningkatnya aktivitas usus. Ini merupakan salah satu tanda persalinan yang jelas. Adanya relaksasi tulang sendi beserta ikatan-ikatannya, dapat menyebabkan nyeri di punggung belakang. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri tiba-tiba karena bayi anda menekan dasar panggul anda. S elain itu, kaki anda mungkin membengkak sebagai akibat meningkatnya tekanan terhadap pembuluh darah yang melewati panggul. Berbaring ke kiri, dapat membantu anda meringankan tanda-tanda awal persalinan ini.



Vaginal Discharge / Keputihan

Jangan kaget jika vagina anda lebih banyak mengeluarkan cairan, yang biasa disebut keputihan. Hal ini merupakan akibat dari melunaknya rahim anda. Cairan dapat berwarna putih, dan kadang berwarna merah muda. Ini adalah salah satu dari tanda awal persalinan yang tidak nyaman bagi anda. Keputihan yang berwarna kuning atau berbusa, bisa merupakan tanda terjadinya infeksi. Jika cairan mengalami perubahan warna, beritahukanlah dokter anda.



Naluri ‘Bersarang’ (Nesting Instinct)

Selain tanda-tanda fisik, anda dapat juga merasakan suatu naluri, yang biasa disebut naluri ‘bersarang’ (nesting instinct). Ini merupakan tanda emosional seb aga i tanda awal persalinan, yang biasanya ditandai dengan kegiatan membereskan lemari, membersihkan kamar mandi, mengepel lantai, dan kegiatan-kegiatan membersihkan lainnya. Naluri keibuan ini bisa merupakan suatu pertanda bahwa sebentar lagi anda akan memiliki seorang bayi. Ketika anda melakukan pekerjaan yang cukup menguras energi ini, janganlah mengerjakannya dengan terlalu berlebihan. Meskipun hal ini cukup penting untuk menyambut kehadiran buah hati anda, akan tetapi anda harus menyimpan energi anda, mengingat tanda awal persalinan ini masih akan diikuti dengan tanda-tanda persalinan lainnya.



Kontraksi Braxton Hicks

Tanda dan gejala awal persalinan ini diberi nama berdasarkan nama dokter yang pertama kali mengenali tanda-tanda ini. Kontraksi Braxton Hicks, memang benar-benar merupakan sebuah kontraksi, meskipun semu. Kontraksi ini dirancang untuk menyiapkan tubuh anda untuk melahirkan sang bayi.

Pada kebanyakan kasus, kontraksi semu berjalan tidak teratur, durasi biasanya pendek (kurang dari 45 detik). Nyeri dari kontraksi dapat terasa di berb aga i bagian tubuh seperti di lipat paha (selangkangan) dan perut bagian bawah atau punggung. S edangkan pada kontraksi sebenarnya, kontraksi rahim menimbulkan nyeri yang berawal pada bagian atas rahim dan menyebar ke seluruh rahim, lewat pinggang terus panggul.

Kontraksi Braxton Hicks meregangkan bagian bawah rahim anda, yang memungkinkan kepala bayi anda berada di tulang panggul. Anda boleh mengganggap hal ini seb aga i tanda-tanda bahwa kelahiran sudah semakin dekat, ketika kontraksi Braxton Hicks semakin intensif, dan menyebabkan abdomen anda semakin menegang. Biasanya ketidaknyamanan ini akan berkurang jika anda berbaring.



Mengigil

Tanda awal persalinan lainnya adalah menggigil tanpa sebab yang jelas. Hal ini dapat terjadi tanpa adanya perasaan dingin atau karena anda lemah, dan dapat terjadi akibat hormon stres atau adanya perubahan kadar hormon progesteron dalam tubuh anda. Menggigil merupakan salah satu tanda awal kelahiran bayi anda.



Diare

Suatu gejala dan tanda awal persalinan yang tidak menyenangkan adalah diare. Pelepasan suatu unsur kimia dalam tubuh yang disebut dengan prostaglandins dapat terjadi dalam proses awal suatu persalinan. Pemicu ini dapat mengakibatkan meningkatnya aktivitas usus (loose bowel movement). Dibawah ini adalah tanda dan gejala persalinan akan segera terjadi, dan anda harus segera bersiap-siap ke rumah sakit.



TANDA AWAL PERSALINAN AKAN S EGERA TERJADI

Penyebab pasti lahirnya seorang bayi sampai sekarang masih belum diketahui. Teori yang berkembang pada s aat ini menyatakan bahwa bayi dalam kandungan membantu memproduksi unsur-unsur tertentu yang kemudian berubah menjadi hormon-hormon kehamilan. Berikut ini adalah tiga tanda dan gejala utama yang khas terjadi dan dapat menunjukkan bahwa sebentar lagi anda akan melahirkan dan memiliki seorang bayi.

Penyumbatan Mucus atau Perdarahan

Kelahiran akan dimulai dengan pelunakan leher rahim. Ketika hal ini terjadi, leher rahim mulai membesar, sejumlah mucus (lendir) menyumbat, menutupi leher rahim dan kehamilan anda akan segera berakhir. Cairan berwarna kemerahan atau kecoklatan mungkin saja akan muncul, dan hal ini disebut dengan perdarahan. Meskipun hal ini dapat disimpulkan bahwa sebuah kelahiran akan segera terjadi, akan tetapi perdarahan bisa terjadi pada beberapa minggu sebelum kelahiran yang sesungguhnya. Oleh karena itu, tanda-tanda ini tidak dapat dijadikan satu-satunya tanda dan gejala persalinan.



Pecah Membran

Juga dikenal sebagai “pecah ketuban”, terjadi ketika kantung amniotic pecah. Ini merupakan tanda awal persalinan yang paling umum terjadi. Jika ketuban telah pecah, maka anda dapat menduga bahwa persalinan akan terjadi dalam waktu 24 jam. Ketika ketuban pecah, biasanya kontraksi akan terjadi lebih intensif, dan bayi anda akan semakin dekat ke arah pelebaran rahim. Jika anda mengalami pecah ketuban di rumah, ingatlah kapan kejadian ini berlangsung, konsistensi dan jumlah cairan ketuban yang telah keluar. Cairan ketuban pada umumnya berwarna bening dan tidak berbau, dan akan terus keluar sampai pada s aat anda melahirkan. Dokter akan meminta anda untuk menj aga vagina bebas dari benda-benda asing untuk menj aga resiko terjadinya infeksi. Pecah ketuban adalah salah satu tanda persalinan yang paling umum terjadi.



Kontraksi Regular

Salah satu tanda umum yang paling sering terjadi dan salah satu cara untuk mengetahui bahwa persalinan akan segera terjadi adalah konsistensi kontraksi. Leher rahim yang telah melunak akan semakin melebar dan akan terus berlanjut hingga proses persalinan selesai. Hal ini merupakan sebuah tanda persalinan yang nyata, dan berarti bayi anda akan segera lahir. Kontraksi akan terjadi lebih teratur, intensitas dan lamanya kontraksi juga akan berlangsung lebih lama. Kontraksi mengawali sebuah proses yang mendorong bayi anda keluar secara perlahan-lahan melalui uterus bawah, sehingga kelahiran menjadi semakin dekat. Kontraksi ini, bersama tanda-tanda lainnya, merupakan tanda-tanda persalinan yang jelas, dan sebentar lagi anda akan memiliki seorang bayi!

   
22-01-2008 16:50:13 mau tanya nih bunda
Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : belum ada like
saya mau tanya nih ama bunda2 yang udah pengalaman Array

sekarang usia kandungan saya 34 minggu, saya pengen belanja untuk calon baby saya, kira - kira apa saja yang perlu di beli ya bun truz jumlahnya brapa? coz saya bingung Array saya sudah catat di agenda apa saja yang mau dibeli saya tapi ragu.......mudah2n bunda tidak bosan memberikan masukkannya buat calon bunda ini.



makasih sharingya





azahra