SITE STATUS
Jumlah Member :
493.670 member
user online :
1121 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: antibiotik mengurangi produksi asi

New Topic :  
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Mungkin dapatditanyakan kembali kepada dokter yang memberikan keterangan tersebut karena beliau yang memeriksa teman Bunda mengenai ASI dan keadaan Bunda tersebut. Namun pada umumnya yang terjadi adalah, jika ASI dikeluarkan baik di susukan maupun diperah maka rangsangan untuk produksi ASI akan tetap terjadi meskipun gerakan mulut bayi dalam menghisap ASI merupakan rangsangan yang terbaik untuk memberikan sinyal dalam memproduksi ASI.

ASI akan keluar apabila ada rangsangan secara fisikal dan psikologi pada ibu. Untuk merangsang secara fisikal, tetap berikan puting susu ibu kepada bayi agar gerakan menghisap dapat merangsang syaraf pada daerah payudara untuk memproduksi hormon yang nantinya juga merangsang produksi ASI, dan tanamkan pada pikiran ibu bahwa secara rileks susu akan keluar demi terpenuhi nya nutrisi bayi anda. Berikan suasana nyaman dan tenang kepada ibu ketika sedang menyusui, sehingga ibu dapat berkonsentrasi dalam pemberian ASI. Pijat payudara ibu dengan gerakan memutar dan lembut.

Untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI , anda dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: • Hindari keadaan stress , karena akan menimbulkan kegelisahan bagi anda dan mengurangi produksi ASI anda. • Minum banyak air, terutama ketika anda sedang menyusui bayi anda.  Ada pendapat yang menyarankan menghentikan menyusui sebelum bayi benar-benar kenyang karena salah satu faktor dalam produksi ASI adalah rangsangan menyusu dari bayi, apabila bayi anda terlalu kenyang dan tidak mau menyusu, maka tubuh anda akan mulai mengurangi jumlah produksi ASI (namun hal ini tergantung dari pola menyusui bayi anda, masing2 bayi memiliki kebiasaan yang berbeda). • Berikan pijatan pada payudara anda, ini dapat dilakukan ketika anda sedang mandi ataupun ketika menyusui, hal ini akan memberikan sinyal kepada tubuh anda bahwa bayi sedang menyusu dan akan terus memproduksi ASI. • Konsumsi makanan bergizi dan menghindari fast food (junk food) serta caffeine. Ganti makanan cemilan anda dengan buah-buahan atau sayuran. Bila perlu, anda dapat mengkonsumsi supplement multivitamin.

Pada kasus teman Bunda. apakah memeras ASI nya dilakukan secara rutin? agar ASI di produksi terus menerus maka memerasnya harus rutin.

   


Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Mungkin dapatditanyakan kembali kepada dokter yang memberikan keterangan tersebut karena beliau yang memeriksa teman Bunda mengenai ASI dan keadaan Bunda tersebut. Namun pada umumnya yang terjadi adalah, jika ASI dikeluarkan baik di susukan maupun diperah maka rangsangan untuk produksi ASI akan tetap terjadi meskipun gerakan mulut bayi dalam menghisap ASI merupakan rangsangan yang terbaik untuk memberikan sinyal dalam memproduksi ASI.

ASI akan keluar apabila ada rangsangan secara fisikal dan psikologi pada ibu. Untuk merangsang secara fisikal, tetap berikan puting susu ibu kepada bayi agar gerakan menghisap dapat merangsang syaraf pada daerah payudara untuk memproduksi hormon yang nantinya juga merangsang produksi ASI, dan tanamkan pada pikiran ibu bahwa secara rileks susu akan keluar demi terpenuhi nya nutrisi bayi anda. Berikan suasana nyaman dan tenang kepada ibu ketika sedang menyusui, sehingga ibu dapat berkonsentrasi dalam pemberian ASI. Pijat payudara ibu dengan gerakan memutar dan lembut.

Untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI , anda dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: • Hindari keadaan stress , karena akan menimbulkan kegelisahan bagi anda dan mengurangi produksi ASI anda. • Minum banyak air, terutama ketika anda sedang menyusui bayi anda.  Ada pendapat yang menyarankan menghentikan menyusui sebelum bayi benar-benar kenyang karena salah satu faktor dalam produksi ASI adalah rangsangan menyusu dari bayi, apabila bayi anda terlalu kenyang dan tidak mau menyusu, maka tubuh anda akan mulai mengurangi jumlah produksi ASI (namun hal ini tergantung dari pola menyusui bayi anda, masing2 bayi memiliki kebiasaan yang berbeda). • Berikan pijatan pada payudara anda, ini dapat dilakukan ketika anda sedang mandi ataupun ketika menyusui, hal ini akan memberikan sinyal kepada tubuh anda bahwa bayi sedang menyusu dan akan terus memproduksi ASI. • Konsumsi makanan bergizi dan menghindari fast food (junk food) serta caffeine. Ganti makanan cemilan anda dengan buah-buahan atau sayuran. Bila perlu, anda dapat mengkonsumsi supplement multivitamin.

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

ASI akan keluar apabila ada rangsangan secara fisikal dan psikologi pada ibu. Untuk merangsang secara fisikal, tetap berikan puting susu ibu kepada bayi agar gerakan menghisap dapat merangsang syaraf pada daerah payudara untuk memproduksi hormon yang nantinya juga merangsang produksi ASI, dan tanamkan pada pikiran ibu bahwa secara rileks susu akan keluar demi terpenuhi nya nutrisi bayi anda. Berikan suasana nyaman dan tenang kepada ibu ketika sedang menyusui, sehingga ibu dapat berkonsentrasi dalam pemberian ASI. Pijat payudara ibu dengan gerakan memutar dan lembut.

Untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI , anda dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: • Hindari keadaan stress , karena akan menimbulkan kegelisahan bagi anda dan mengurangi produksi ASI anda. • Minum banyak air, terutama ketika anda sedang menyusui bayi anda. • Hentikan pemberian susu sebelum bayi anda benar-benar kenyang, sehingga ia akan mau menyusu kembali ketika anda berikan ASI di waktu berikutnya. Salah satu faktor dalam produksi ASI adalah rangsangan menyusu dari bayi, apabila bayi anda terlalu kenyang dan tidak mau menyusu, maka tubuh anda akan mulai mengurangi jumlah produksi ASI. • Berikan pijatan pada payudara anda, ini dapat dilakukan ketika anda sedang mandi ataupun ketika menyusui, hal ini akan memberikan sinyal kepada tubuh anda bahwa bayi sedang menyusu dan akan terus memproduksi ASI. • Konsumsi makanan bergizi dan menghindari fast food (junk food) serta caffeine. Ganti makanan cemilana anda dengan buah-buahan atau sayuran. Bila perlu, anda dapat mengkonsumsi supplement multivitamin.

   


Jumlah Posts : 44
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bunda". aku jg melahirkan melalui proses sesar, aku ga pernah minum obat cina merk apapun, tp jahitan luar kering sendiri bun, dan boleh mandi seminggu setelah lahir, karna yg aku tau dr temen" yg minum obat cina, itu bisa mengurangi produksi Asi bun, . itu aja sh yg aku tau :)
   
21-04-2014 13:31:55 suntik kb sebelum mens
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Untuk Ibu yang menyusui ASI, gunakan KB suntik 3 Bulan (depo) atau pil KB LAKTASI (khusus untuk Ibu menyusui) ataupun KB IUD agar tidak mengurangi produksi ASI.

   


12-02-2014 20:11:03 obat pilek ibu menyusui
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Saya selama ini kalau pilek gak minum obat apapun,bund.Cuman sering maem yg anget+berkuah dan perbanyak asupan vit C aja :)
Kalau batuk baru minum obat.Soalnya,pernah baca di TATC pseudoefedrin yg biasanya ada dalam obat flu kok malah mengurangi produksi asi :/

Bund Dina,dosis pemberian obat demam disesuaikan dengan bb bayi,bund.Jadi,buat anak bunda,bisa diberi 0,85ml sekali minum :)
   
12-02-2014 20:10:31 obat pilek ibu menyusui
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Saya selama ini kalau pilek gak minum obat apapun,bund.Cuman sering maem yg anget+berkuah dan perbanyak asupan vit C aja :)
Kalau batuk baru minum obat.Soalnya,pernah baca di TATC pseudoefedrin yg biasanya ada dalam obat flu kok malah mengurangi produksi asi :/

Bund Dina,dosis pemberian obat demam disesuaikan dengan bb bayi,bund.Jadi,buat anak bunda,bisa diberi 0,85ml sekali minum :)
   
15-01-2014 13:20:54 kb suntik 3 bulan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok mau tanya nih..2bln yg lalu saya kb suntik 3 bulan..karena saya menyusui bidan anjurkan saya kb suntik 3 bulan katanya tidak mengganggu asi..tetapi 1bln setelah suntik saya mens yg pertama selama 2 mggu tetapi setelah itu masih sering ngeflek..kata bidan itu efek yg wajar selama 3 bln..yg jadi masalahnya asi saya tiba2 agak bening baby saya jg gak mau asi..klo mau dikasih asi selalu memalingkan wajahnya sambil menangis..sedih rasanya..padahal sebelumnya baby saya klo nyusu bisa sampe setengah jam 1 kali nyusu..saya berusaha utk memberikan asi tp baby nolak terus..jd terpaksa bantu sufor..gimana nih dok solusinya..ada gak cara agar asi saya balik lg..skrg asi saya jd sedikit krna baby gak mau..paling diisep sebentar2 aja..

Dari : Fujiwara Chiaki

Jawaban:

Dear Bunda,



Untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI , anda dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:



• Hindari keadaan stress , karena akan menimbulkan kegelisahan bagi anda dan mengurangi produksi ASI anda.



• Minum banyak air, terutama ketika anda sedang menyusui bayi anda.



• Hentikan pemberian susu sebelum bayi anda benar-benar kenyang, sehingga ia akan mau menyusu kembali ketika anda berikan ASI di waktu berikutnya. Salah satu factor dalam produksi ASI adalah rangsangan menyusu dari bayi, apabila bayi anda terlalu kenyang dan tidak mau menyusu, maka tubuh anda akan mulai mengurangi jumlah produksi ASI.



• Berikan pijatan pada payudara anda, ini dapat dilakukan ketika anda sedang mandi ataupun ketika menyusui, hal ini akan memberikan sinyal kepada tubuh anda bahwa bayi sedang menyusu dan akan terus memproduksi ASI.



• Konsumsi makanan bergizi dan menghindari fast food (junk food) serta caffeine. Ganti makanan cemilana anda dengan buah-buahan atau sayuran. Bila perlu, anda dapat mengkonsumsi supplement multivitamin.











 Warna dan kandungan ASI adalah berlapis-lapis, bening yang Bunda temukan bukan berarti kandungan ASI tersebut tidak baik. Dikenal istilah foremilk dan hindmilk yang menunjukkan bahwa ASI awal berbeda kandungannya dengan ASI yang keluar pada waktu belakangan di dalam payudara. Maka itu, susukan ASI dari awal sampai akhir pada satu payudara sebelum berpindah ke payudara lainnya agar nutrisi dan kandungan ASI yang lengkap tersalurkan pada bayi Anda.






   
Jumlah Posts : 67
Jumlah di-Like : belum ada like
halo bunda2, mau tanya gmn caranya mengurangi produksi ASI? debay q dah 3 bln Dan jam tdr mlm sdh lama jd Susunya mengeras krn debay g minum2 n tetep harus q peras. klo bunda2 gmn? makasih..
   
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
itu dia bunda fine, dedenya udh keenakan pake dot, krn tanpa usaha debay ngenyot, air keluar dgn sendirinya tnpa d kenyot..debay nya udh bingung puting berarti..bingput ada 2 mcm bund, pertama bayi akan sangat menolak kl di tawarin puting, nah yg kedua debay tetep mau nenen, tapi tanpa di sadari bunda, sebenernya keaktifan ngenyotnya berkurang, ini jg yg dpt mengurangi produksi asi kita menurun..sbnrnya dot sngt amat tdk di anjurkan bun, cb deh pake sendok atau cup feeder..tetap semangat asi ysh bunda.
   
Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda titi & bunda deby.. klo pengalaman aq kmrn flu banyak minum vitamin c sama minum obat laserin (maaf sebut merk) katanya sih obat itu bahannya lbh banyak herbal jd gpp ke asi..
katanya jg klo pilih obat jgn pilih yg mint, krn mint bsa mengurangi produksi asi..
   
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
ada yg bilang KB suntik 3 bulan mengurangi produksi asi..pengalaman bunda desita gmna? ngalamin kayak gt gak?
   
23-04-2013 10:28:39 asi
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8
Dear bunda Sila Cipit,
Sebenarnya produksi ASI tidak akan berkurang, selama bunda sering menyusui langsung dari payudara / putting sering dihisap oleh bayi. Untuk melihat berapa banyak produksi ASI, bunda dapat melakukan pengukuran dengan cara memerah payudara sampai payudara terasa kosong, kemudian ukur berapa banyak ASI yang didapat.
Bila tiap malam bayi sering rewel saat menyusu, mungkin bayi mengalami kolik, bunda dapat membalurkan minyak telon pada perut dan punggungnya kemudian lakukan pemijatan dari punggung sampai bokong.
Usahakan bunda untuk tidak panik, karena selain dapat mengurangi produksi ASI, panik juga dapat membuat bayi tidak nyaman.
Jadikan waktu menyusui sebagai waktu yg menyenangkan.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga membantu.
   
27-01-2012 16:29:18 produksi asi
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dokter yth, saya penasaran krn ketika baru melahirkan anak lakilaki 18 Agustus 2011 Asi keluar sedikit sekali. Obat dokter utk melancarkan Asi pun tidak bisa. Ada info utk diurut tapi tidak ada perubahan. Saya sudah minum susu khusus ibu menyusui, banyak makan, pijat sendiri payudara setiap hari. Dokter faktor usia mempengaruhi produksi Asi atau tidak? Terimakasih

Dari : Atun Kuswarini Putri

Jawaban:

Dear Bunda,

Untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI , anda dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
• Hindari keadaan stress , karena akan menimbulkan kegelisahan bagi anda dan mengurangi produksi ASI anda.
• Minum banyak air, terutama ketika anda sedang menyusui bayi anda.
• Hentikan pemberian susu sebelum bayi anda benar-benar kenyang, sehingga ia akan mau menyusu kembali ketika anda berikan ASI di waktu berikutnya. Salah satu factor dalam produksi ASI adalah rangsangan menyusu dari bayi, apabila bayi anda terlalu kenyang dan tidak mau menyusu, maka tubuh anda akan mulai mengurangi jumlah produksi ASI.
• Berikan pijatan pada payudara anda, ini dapat dilakukan ketika anda sedang mandi ataupun ketika menyusui, hal ini akan memberikan sinyal kepada tubuh anda bahwa bayi sedang menyusu dan akan terus memproduksi ASI.
• Konsumsi makanan bergizi dan menghindari fast food (junk food) serta caffeine. Ganti makanan cemilana anda dengan buah-buahan atau sayuran. Bila perlu, anda dapat mengkonsumsi supplement multivitamin.
   
07-01-2011 17:24:01 bagaimana melancarkan asi ?
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Met Sore Dokter......????
Dokter bagaiman supaya asi selalu lancar karan bertambahnya umur bayiku kayanya produksi asi ku sudah nggag lancar lg???
Terima Kasih.

Dari : Mom

Jawaban:

Dear Bunda Nur Rofiatun,

Untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI , anda dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
• Hindari keadaan stress , karena akan menimbulkan kegelisahan bagi anda dan mengurangi produksi ASI anda.
• Minum banyak air, terutama ketika anda sedang menyusui bayi anda.
• Hentikan pemberian susu sebelum bayi anda benar-benar kenyang, sehingga ia akan mau menyusu kembali ketika anda berikan ASI di waktu berikutnya. Salah satu factor dalam produksi ASI adalah rangsangan menyusu dari bayi, apabila bayi anda terlalu kenyang dan tidak mau menyusu, maka tubuh anda akan mulai mengurangi jumlah produksi ASI.
• Berikan pijatan pada payudara anda, ini dapat dilakukan ketika anda sedang mandi ataupun ketika menyusui, hal ini akan memberikan sinyal kepada tubuh anda bahwa bayi sedang menyusu dan akan terus memproduksi ASI.
• Konsumsi makanan bergizi dan menghindari fast food (junk food) serta caffeine. Ganti makanan cemilana anda dengan buah-buahan atau sayuran. Bila perlu, anda dapat mengkonsumsi supplement multivitamin.