SITE STATUS
Jumlah Member :
493.646 member
user online :
1113 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: amankah bayi baru lahir memakai diapers

New Topic :  
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
DIAPERS YANG BISA DICUCI BERULANG ULANG HARGA @ MULAI DARI BELASAN RIBU RUPIAH SAJA !!! http://nayyarashop.multiply.com/   Kini hadir ditengah-tengah anda semua. Disposable Diapers/celana sistem lampin yang tentu sangat jauh lebih hemat jika dibandingkan memakai diapers untuk bayi anda.

Fitur produk :
1. Bahan lembut dan aman bagi bayi
2. Bagian dalam mengandung plastik jas baby yang sangat lembut dan aman bagi kulit bayi
3. Bahan lampin (penyerap) mengandung busa penyerap sebagai penahan air pipis dan dilapisi kain permukaan yang lembut
4. Tahan hingga 3 kali waktu pipis bayi
5. Aman buat lingkungan karena dapat dipakai ulang dan dicuci
6. Tidak mengandung bahan kimia (tdk pakai gel)
7. Mudah digunakan : pasang lampin di atas lapisan celana

Detil produk :

Celana plastik 1 bh
Lampin 1 bh

Dijual terpisah :
Refil lampin isi 3 dan isi 6

Tersedia ukuran :

S : Bayi baru lahir (2 - 7 kg)
M : 6 bulan (7 - 10 kg)
L : 9 bulan (11 - 13 kg)

Warna :

Merah muda, biru atau kuning

Model :

3 kancing
Perepet & 1 kancing
Celana

Tips untuk penggunaan pertama:
Rendam lampin dalam air untuk memaksimalkan fungsi serapan     WASHABLE BREAST PAD AVENT PHILIP http://nayyarashop.multiply.com/   Detail Produk :
6 washable breast pad atau 3 pasang
1 laundry bag
Kelebihan Breast Pad Avent Philips :
1. Bahan lebih lembut dan menyerap.
2. Alas yang menyerap akan melembutkan kulit serta tidak mudah bocor .
3. Dapat digunakan ulang dengan bahan katun halus.
4. Brushed cotton lining – halus dan lembut di kulit.
5. Dapat dicuci dengan mesin dan dikeringkan.
6. Anti-slip lapisan renda luar.
7. Lapisan luar terbuat dari renda yang mempercantik dan mencegah selip .
8. Terbuat dari kain yang dapat dicuci sehingga akan ramah lingkungan.

Cara Perawatan :
Pada saat mencuci dengan mesin cuci, masukan terlebih dahulu breast pad ke dalam laundry bag.



*PEMBELIAN PARTAI BANYAK/RESELLER ADA HARGA KHUSUS http://nayyarashop.multiply.com/http://nayyarashop.multiply.com/http://nayyarashop.multiply.com/http://nayyarashop.multiply.com/http://nayyarashop.multiply.com/
   


Jumlah Posts : 107
Jumlah di-Like : 4

dear bunda

Seperti disarankan dokter, lebih baik diberikan asi terus , atau sufor hanya sebagai pendamping, diusahakan bunda supaya bayinya lebih sehat dan kuat, imunitas anti body nya bisa terbentuk alami, apalagi bayi baru lahir dan di bawah 3-6 bulan, saya kalo diberi kesempatan waktu itu , maunya asi sampai setahun bahkan 2 tahun seperti sunah nabi , tapi ternyata setelah diusahakan tidak bisa sampai 2 tahun, sekitar 1 tahun sudah tidak bisa dan anak saya tidak mau lagi. Banyak riset mengatakan bahwa anak bayi yang mendapat asi walaupun tidak full pun lebih tinggi imunitas terhadap penyakit antara lain maningitis dll , walaupun tetap dianjurkan mendapatkan imunisasi BCG dll yang standar tapi umumnya bisa kelihatan anak-anak yang mendapat asi (walau tidak full pun) lebih kuat anti body nya , plus lebih tinggi daya tangkap belajarnya ...mari kita coba lihat .

Bahkan WHO sekarang banyak menganjurkan ibu-ibu di LN untuk memakai asi ketimbang langsung sufor, karena sangat disayangkan, tidak bisa dipungkiri sufor mengandung gula lebih banyak dari asi sehingga berdampak anak akan kegemukan dsb. Hal ini berbeda dengan asi, so pasti gulanya terkendali karena langsung dari tubuh ibunya, plus sari nya 100% berguna bagi tubuh bayi , maka langsung diserap tubuh bayi , dapat dilihat dari BAB nya yang biasanya bisa mencapai 3-4 hari sekali. Begitu pendapat saya bunda...

   
Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : belum ada like
deterjen khusus bayi pa bund?memang bayi baru lahir sdh blh pakai diapers..
   


19-01-2014 20:17:27 GG cloth diapers (popok kain)
Jumlah Posts : 349
Jumlah di-Like : belum ada like
Kelebihan popok kain (Cloth diapers) 1. Bentuknya menyerupai popok sekali pakai. 2. Popok kain lebih nyaman dan sehat karena terbuat dari bahan yang lembut dan bersikulasi udara. 3. Popok kain lebih ekonomis karena bisa dipakai dari bayi baru lahir hingga usia 2tahun dengan berat badan maksimal 14kg. 3. Popok kain lebih ramah lingkungan karena bisa di pakai berulang kali seperti mencuci pakaian dan tidak menyampah. 4. Lapisan dalam terbuat dari microfleece, highly breathable lembut,cepat kering hal ini menghindarkan buah hati dari ruam popok 5. Noda tidak mudah menempel dan pup mudah di bersihkan. Free ongkir untuk wilayah jabodetabek.. Garansi Berlaku untuk 1 tahun sejak pembelian dilengkapi nota pembelian berlaku untuk kancing, elastis (karet), velcro (perekat). Fast respon add PIN BB 76935217 Whats'up 08888454320
   
06-01-2014 14:39:11 Bayi Tersenyum, Ibu Senang
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like

Pertanyaan dari Bunda latifah.mukri :

Ikutan bertanya ya bunda....amankah popok sekali pakai digunakan untuk bayi yang baru lahir? Seberapa sering harus menggantinya?

Jawaban :

Popok sekali pakai aman dipakai untuk bayi baru lahir. Sebaiknya pilih yang bahannya lembut dan daya serapnya baik sehingga tidak lembab pada kulit bayi. Untuk menyerap pup juga lebih higienis menggunakan popok sekali pakai karena kotoran tidak tersebar ke mana-mana sehingga berisiko terkena tangan bayi. Untuk penggantian, disarankan tiap 3-4 jam. Khusus pada Merries, ada alarm penanda pipis berupa garis kuning yang akan berubah menjadi biru bila sudah penuh, untuk memudahkan Bunda mengetahui kapan saat mengganti popok.

   


Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
 1. Bayi baru lahir tidak  perlu memakai gurita. Perawatan bayi dengan mengenakan gurita perlahan kini sudah mulai ditinggalkan. Penggunaan gurita pada bayi justru akan menekan bagian perut bayi dan membuat bayi kesulitan bernafas. Seandainya ibu ingin tetap mengenakan gurita sebaiknya ikatan harus longgar. Jangan khawatir bahwa tali pusat bayi akan tergeser dan cemas bayi akan kesakitan.   2. Perawatan bayi dengan bedong Bayi baru lahir memang membutuhkan kehangatan, namun bukan dengan membungkusnya rapat-rapat dengan kain bedong. Bila ingin memberi kehangatan, sebaiknya lipatan kain jangan terlalu erat. Sangat disarankan untuk lebih sering membebaskan bayi dari bedong agar bayi dapat bergerak bebas. Merawat bayi dengan  membungkus kain bedong menjadi kebiasaan sebagian orangtua selain untuk kehangatan juga karena mereka cemas bila melihat bayinya seperti ada reflek terkejut atau dalam bahasa medis disebut hynogogic startles. Gerakan seperti refleks terkejut terlihat pada tangan dan kaki bayi seperti kejang dan gemetar namun hanya beberapa detik. Hal ini normal dan akan menghilang sendiri ketika bayi memasuki usia 3 bulan. Cara mengatasinya memberi kehangatan dan kenyamanan dengan memeluk, meletakkan telapak tangan ibu di dada bayi dengan lembut jika terkejut karena suara keras dan memperbaiki posisi tidurnya agar nyaman. Mungkin, ibu khawatir kaki bayinya akan bengkok. Tak perlu cemas. Bayi baru lahir memang kakinya cenderung bentuknya agak bengkok dan menekuk.   3. Penggunaan bedak bayi. Bayi baru lahir sebaiknya tidak perlu diberi bedak tabur seluruh tubuh usai mandi. Resiko terhirup serbuk halus dari bedak tabur akan  masuk paru -paru dan mengganggu pernafasan bayi. Bila memang ingin memberi bedak sebaiknya gunakan bedak padat dengan spon lembut. Cukup usap tipis pada daerah  lipatan paha, lipatan bawah lutut,  ketiak,  dan leher. Jaga kebersihan saat bayi mandi dengan menyabuni daerah ketiak dan lipatan leher dengan cermat. Akan lebih baik jika bayi setiap selesai mandi kulit bayi tidak diberi bedak tabur atau talk sama sekali.   4. Penggunaan popok yang aman. Sebaiknya, perawatan bayi menggunakan popok kain yang berbahan katun lembut. Bila terpaksa mengunakan pampers saat berpergian, sebaiknya sering diperhatikan kondisi pampers. Ganti setiap basah. Anjuran terbaik adalah gunakan popok kain dari bahan katun yang lembut. Popok kain selain ramah lingkungan juga aman untuk bayi. Bayi terhindar dari resiko alergi dan  infeksi  dan ruam popok. Salam hangat semoga bermanfaat.   Tips Cara Bermain Dengan Bayi Baru Lahir
   
10-11-2010 07:47:48 benjolan di leher bayi ku
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
Bantu copas agar bisa di baca semuanya.

Benjolan di Leher Bayi

Tanya:

Dokter yang terhormat, anak pertama saya yang masih berusia 2,5 bulan ketika berusia 3 minggu, terlihat benjolan di leher sebelah kanan sehingga menoleh ke arah kiri terus-menerus. Seorang dokter anak di Baturaja mengatakan tidak ada obat bagi penyakit ini dan menyarankan bantal bayi terbuat dari beras sehingga bantal bagian kiri dibuat gelembung lebih besar, sehingga dapat menghadap lurus ke depan.

Dokter kedua mengatakan benjolan itu karena peradangan otot dan menyarankan dilakukan fisioterapi untuk melembutkan otot yang meradang. Selain itu dilakukan pengompresan dengan air hangat dan pengolesan salep thrombophop heparin ointment.

Pertanyaan saya, apa penyebab pembesaran pada leher anak kami? Berbahayakah fisioterapi bagi perkembangan anak kami karena fisioterapi dilakukan dalan jangka waktu yang cukup lama? Amankah fisioterapi jika berbarengan dengan jadwal imunisasi anak kami? Jika fisioterapi sudah selesai, apakah di masa mendatang peradangan pada leher anak kami bisa muncul kembali? Terima kasih dokter atas jawabannya.

Ari Iswadi

Bardatu, Way Kanan

Jawaban dari dr. Ruskandi M., Sp.A. (Spesialis Anak)

Terima kasih Bapak Ari atas pertanyaannya. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan inti dari bapak yaitu penyebab pembengkakan di leher sebelah kanan, sehingga bayi menoleh ke arah kiri terus-menerus.

Kemungkinan waktu proses melahirkan bayi bapak mengalami trauma pada otot lehernya yang bernama muskulus sterno cleido mastoideus. Otot ini melintang dari tulang rahang di bawah telinga ke arah bawah ke tulang sternum bagian atas atau di tengah atas dada. Hal ini sebagai akibat proses persalinan yang agak susah. Trauma pada otot ini sering menyebabkan gejala klinis yang disebut torticollis yaitu suatu keadaan di mana otot tadi memendek akibat trauma, sehingga kepala bayi menjadi miring ke arah torticollis tadi dan dagu agak memutar ke arah yang berlawanan.

Torticollis bisa terjadi karena berbagai sebab. Pada bayi tersebut mungkin akibat trauma persalinan karena istri bapak mengalami proses persalinan agak sulit, sehingga terjadi perdarahan di otot (hematoma) dan lama-lama di tempat hematoma atau darah beku itu terbentuk jaringan padat yang disebut fibrosis. Fibrosis lama-lama mengkerut menyebabkan perubahan bentuk yaitu otot tadi menjadi lebih pendek dan ada benjolan pada tempat fibrosis tadi, sehingga menyebabkan kepala tertarik dan tampak miring ke arah otot tadi. Benjolan pada leher bayi kebanyakan mulai muncul teraba saat bayi mulai berumur 1--2 bulan, benjolan teraba keras dan melekat pada jaringan ototnya (tidak dapat digerakkan). Biasanya benjolan akan bertambah besar dalam 1--2 bulan ke depan sehingga kepala bayi terlihat lebih miring. Tetapi selanjutnya jendolan secara bertahap akan mengecil kembali kemudian menghilang dan kelak tidak miring lagi.

Proses mengecilnya fibrosis ini akan dipercepat bila dilakukan serial fisioterapi. Bila jendolan tetap besar/tidak mengecil, baiknya konsultasi dengan ahli ortopedi karena kadang-kadang pada sedikit kasus mungkin bayi menderita torticillis jenis lain yang tidak ada hubungannya dengan proses persalinan dan memerlukan koreksi bedah oleh ahli bedah ortopedi. Tapi kebanyakan menderita torticillis pada bayi baru lahir adalah hematoma sehingga dalam 3--4 bulan akan kembali normal. Semoga cepat membaik.


salam

putri a.k.a zach mom's
   
14-11-2008 15:45:49 sulit tidur
Jumlah Posts : 52
Jumlah di-Like : 1
adek bara kini berusia 4.5 bln, dan setiap malam rewel, susah tidur, guling sana guling sini. awalnya sih kukira kecapekan lantaran baru pertama kali masa tengkurap, tapi lama kelamaan kok tetep aja ya, banyak menjerit trus ada memerah dikulit kadang kulit kepala, kadang pipi...   dugaanku mulai ke susah tidur akibat gatal, akhirnya kucari artikel di internet, alangkah kagetnya ketika kutemukan artikel mengenai alergi dan pengaruhnya terhadap otak, dengan ciri2 yang mengejutkan, karena hampir sama dengan yang adek bara alamin.  

HEALTHY PARENTING

ALERGI MAKANAN

MENGGANGGU SEMUA ORGAN TUBUH  TERMASUK OTAK DAN PERILAKU ANAK

MANIFESTASI KLINIS YANG BERKAITAN DENGAN ALERGI PADA BAYI :

o       Kulit sensitif, sering timbul bintik atau bisul kemerahan terutama di pipi, telinga dan daerah yang tertutup popok. Kerak di daerah rambut.Timbul bekas hitam seperti tergigit nyamuk. Kotoran telinga berlebihan. Kulit Kepala Berkerak

o       Sering muntah/gumoh, kembung,“cegukan”, sering buang angin, sering “ngeden /mulet”, sering REWEL atau  GELISAH atau COLIK terutama malam hari), Sering buang air besar (> 3 kali perhari), tidak BAB tiap hari, BERAK DARAH.

o       Lidah/mulut sering timbul putih, mulut berbau

o       Napas grok-grok, kadang disertai batuk ringan, TIDUR KADANG BERBUNYI (NGOROK)

o       Sesak bayi baru lahir disertai kelenjar thimus membesar (TRDN/TTNB)

o       Sering bersin, pilek, kotoran hidung banyak, BILA TIDUR kepala sering miring ke salah satu sisi karena hidung buntu SEBELAH. Minum ASI sering tersedak atau minum dominan hanya satu sisi bagian payudara.

o       Mata sering berair atau sering timbul kotoran mata (belekan) salah satu sisi/kedua sisi.

o       Sering berkeringat (berlebihan)

o       Berat Badan lebih/kegemukan (umur <1tahun) atau berat badan turun setelah usia 4-6 bulan.

o       Hernia Umbilikalis (pusar), Scrotalis, inguinalis

o       Kepala, telapak tangan atau telapak kaki sering teraba sumer/hangat.

o       Gangguan hormonal : keputihan/keluar darah dari vagina, timbul bintil merah bernanah, pembesaran payudara, rambut rontok.

o       Mudah kagetbila ada suara yang mengganggu. Gerakan tangan, kaki dan bibir sering gemetar

MANIFESTASI KLINIS YANG BERKAITAN DENGAN ALERGI PADA ANAK

·         Sering batuk, batuk lama (>2 minggu), pilek, (TERUTAMA MALAM DAN PAGI HARI siang hari hilang) sinusitisbersin,mimisan.  tonsilitis (amandel), sesak, suara serak.

·         Pembesaran kelenjar di leher dan kepala belakang bawah.

·         Sering lebam kebiruan pada kaki/tangan seperti bekas terbentur.

·         Kulit timbul bisul, kemerahan, bercak putih dan bekas hitam seperti tergigit nyamuk. Sering menggosok mata, hidung atau telinga. Kotoran telinga berlebihan.

·         Nyeri otot & tulang berulang malam hari. Sering kencing, Bed wetting (Ngompol)

·         Sering muntah , nyeri perutSULIT MAKAN disertai berat badan kurang (biasanya setelah umur 4-6 bulan).

·         Sering sariawan, lidah sering putih/kotor nyeri gusi/gigi, mulut berbau, air liur berlebihan, bibir kering.

·         Sering Buang air besar (> 2 kali/hari), sulit buang air besar (obstipasi), kotoran bulat kecil hitam seperti kotoran kambing, keras, sering buang angin, berak di celana.

·         Tidur larut malam/sering terbangun.

·         Kepala,telapak kaki/tangan sering teraba hangat.Sering berkeringat (berlebihan)

·         Mata gatal, timbul bintil di kelopak mata, mata sering berkedip, memakai kaca mata sejak usia sangat muda (usia 6-12 tahun).

·         Gangguan hormonal : tumbuh rambut berlebihadi kaki/tangan, keputihan.

·         Sering sakit kepala, migrain.

ALERGI DAPAT MENYEBABKAN GANGGUAN OTAK/PERILAKU

(“BRAIN ALLERGY” / CEREBRAL ALLERGY)

·         GERAKAN MOTORIK BERLEBIHAN

usia < 6 bulan: mata/kepala bayi sering melihat ke atas. Tangan dan kaki bergerak berlebihan, usia > 6 bulan bila digendong sering minta turun atau sering bergerak/sering menggerakkan kepala ke belakang-membentur benturkan kepala. Sering bergulung-gulung di kasur, menjatuhkan badan di kasur (“smackdown”}, sering memanjat. Perilaku “TOMBOY” pada anak perempuan

·         GANGGUAN TIDUR  (biasanya MALAM-PAGI) gelisah/bolak-balik ujung ke ujung, bila tidur posisi “nungging”, berbicara/tertawa/berteriak dlm tidur, sulit tidur, PADA ANAK LEBIH BESAR malam sering terbangun/duduk,mimpi buruk, “beradu gigi”

·         AGRESIF sering memukul kepala sendiri,orang atau benda di sekitarnya. Sering menggigit, menjilat, mencubit, menjambak (spt “gemes”)

·         GANGGUAN KONSENTRASI : GANGGUAN KONSENTRASI DAN GANGGUAN BELAJAR : CEPAT BOSAN terhadap sesuatu aktifitas (kecuali menonton televisi, baca komik atau main game),  TIDAK BISA BELAJAR LAMA, terburu-buru, tidak mau antri, TIDAK TELITI, sering kehilangan barang atau sering lupa, nilai pelajaran naik turun drastis. Nilai pelajaran tertentu baik, tapi pelajaran lain  buruk. Sulit menyelesaikan pelajaran sekolah dengan baik.Sering mengobrol dan mengganggu teman saat pelajaran.  ANAK TAMPAK CERDAS DAN PINTAR.

·         GANGGUAN KOORDINASI :

BOLAK-BALIK, DUDUK, MERANGKAK tidak sesuai usia. Berjalan sering terjatuh dan terburu-buru, sering menabrak, jalan jinjit, duduk leter W/kaki ke belakang. Jalan Pincang.

·         KETERLAMBATAN BICARA Tidak mengeluarkan kata umur < 15 bulan, hanya 4-5 kata umur 20 bulan, kemampuan bicara hilang dari yang sebelumnya bisa, biasanya > 2 tahun membaik.

·         IMPULSIF : banyak bicara/tertawa berlebihan, sering memotong pembicaraan orang lain)

·         Memperberat gejala ADHD (hiperaktif) dan AUTISME (hiperaktif, keterlambatan bicara, gangguan sosialisasi)

KOMPLIKASI

·         Sering mengalami infeksi saluran napas berulang. Infeksi sal kencing.

·         Gangguan organ tubuh (paru,ginjal, otak,mata, kulit, saluran kencing, otot dll)

·         Efek samping dari minum obat yang sering dan berkepanjangan

·         KADANG GEJALA KLINIS ALERGI  MIRIP PENYAKIT TBC , SEHINGGA SERING DIOBATI ANTIBIOTIKA JANGKA PANJANG (PADAHAL DIAGNOSIS  TBC BELUM TENTU BENAR)

·         GIZI GANDA (berat badan kurang/kurang gizi atau Berat badan lebih) & KESULITAN MAKAN (berat badan sulit naik

·         Gangguan perkembangan (gangguan belajar, gangguan konsentrasi, agresif, keterlambatan bicara, perilaku/ hiperaktif/ autisme dll)

 

bunda, ada yang tahu ngga? bener ga sih seperti artikel itu? hik hik

   
Jumlah Posts : 94
Jumlah di-Like : belum ada like
Kiat Bijak GUNAKAN POSPAK



Zaman sekarang segalanya serbapraktis. Lantaran itulah diaper atau pospak (popok sekali pakai) begitu diminati. Selain dapat mengurangi jumlah cucian, pospak dapat juga meredam kelelahan para ibu karena tak perlu sering menggonta-ganti celana bayi yang basah. Pemakaiannya juga berguna agar pipis dan feses bayi tidak "ke mana-mana" dan mengotori. Apalagi di saat bepergian. Namun saking praktisnya, pospak kerap membuat para ibu terbuai dan lalai melakukan toilet learning pada bayinya.



Apalagi "teknologi" pospak saat ini memiliki daya serap air yang tinggi karena sudah dilapisi dengan lembaran tahan air dan lapisan semacam gel yang juga berfungsi sebagai bahan pe-nyerap. Gara-gara itu, pemakaian pospak pun terus berlanjut sampai di usia yang lebih besar lagi.



RUAM POPOK



Meski bayi pipis, bahan pospak yang baik mampu menahan cairan sehingga kulit bayi tetap kering selama berjam-jam. Akibatnya, kadang pospak tidak diganti sampai seharian. Boleh jadi permukaan bagian dalam pospak terasa kering, tetapi asal tahu saja pospak yang telah menampung urine dan tinja merupakan sarang bibit penyakit. Risikonya selain gangguan kulit adalah infeksi saluran kencing bayi.



Jadi, jangan mentang-mentang si kecil tampak tenang, lalu pospaknya tidak sering diganti.



Ketahuilah, kulit yang terbungkus pospak terlalu lama berisiko mengalami peningkatan kelembapan kulit. Padahal kondisi kulit yang terlalu lembap rentan gesekan (misalnya gesekan kulit dengan diaper), lecet dan pada akhirnya memicu iritasi. Asal tahu saja, kulit kering pun sebetulnya memiliki bakteri dan jamur. Begitu ada pemicu berupa kondisi lembap dan iritasi dengan urine atau feses maka jamur dan bakteri yang sudah ada menjadi aktif dan menyebabkan penyakit.



Jadi bijaklah memakai pospak. Apalagi pada bayi yang mempunyai bakat alergi atau kulit sensitif, pemakaian pospak bisa menjadi pemicu iritasi. Akibatnya akan timbul kemerahan baik di kulit ataupun di lipatan-lipatannya seperti bokong dan daerah kemaluan. Inilah yang disebut dengan ruam popok. Selain tanda-tanda kemerahan ringan di kulit pada daerah pemakaian popok, bayi juga biasanya rewel karena rasa tak nyaman dan juga ada rasa gatal maupun pedih. Jika seperti itu biasanya pemakaian diaper harus dihentikan.



Ruam popok dapat diperparah dengan adanya infeksi, apakah karena jamur atau bakteri. Ciri-cirinya, lecet-lecet yang basah terutama pada lipatan kulit dan kadang-kadang disertai bintil-bintil kecil yang berisi nanah.



AGAR TAK TELANJUR PARAH



Tentu yang terbaik adalah mencegah terjadinya ruam popok. Caranya mudah, yakni sekali lagi dengan sering mengganti pospak si kecil. Kapan perlu diganti? Tergantung pada frekuensi pipis bayi (lebih sering ia pipis maka semakin cepat pospak mesti diganti). Itulah mengapa pospak si kecil mesti sering dicek sudah penuh atau belum. Lalu bagaimana lagi mencegah terjadinya ruam popok?



* Pilihlah pospak yang baik.



Dengan pemakaian yang tepat umumnya popok sekali pakai tidak akan menimbulkan ruam popok karena mengandung bahan yang dapat menyerap cairan.



* Perhatikan frekuensi buang air kecil. Mungkin saja dalam sehari bisa sampai 20 kali. Jadi, paling tidak setiap 3-4 jam pospak harus diganti.



* Setiap si kecil BAB, pospak harus langsung diganti.



* Setelah diganti, bersihkan area tubuh bayi yang tertutup pospak dengan air bersih. Bisa juga dilap dengan waslap lembut basah dari bagian depan ke belakang jika tak ada air. Tak perlu menggunakan cairan antiseptik, karena justru berisiko menimbulkan alergi (terlebih pada bayi yang memiliki kulit sensitif). Kemudian keringkan dan diamkan untuk diangin-anginkan. Tak perlu menggunakan bedak karena bedak tidak mencegah berkembangbiaknya jamur dan bakteri. Serbuk bedak juga malah berpeluang mengganggu pernapasan bayi.



* Oleskan krim khusus pencegah ruam popok di kulit yang tertutupi diaper sebelum mengenakannya. Oleskan krim dari bagian depan (selangkangan) ke belakang (bokong) secara merata setiap kali mengganti diaper dan setelah kulit dikeringkan. Pemberiannya tak perlu berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi.



* Bayi yang menderita ruam popok disarankan untuk sementara tidak memakai diaper. Sedangkan, bayi yang memang alergi bahan pospak harus menghindarinya demi kesehatan.



* Ruam popok yang disebabkan jamur, bakteri, maupun virus perlu diatasi dengan obat antiinfeksi yang sesuai. Umumnya berupa racikan yang mengandung antibiotik maupun obat pengurang rasa gatal.



* Jika ruam popok tak reda dalam 2-3 hari setelah diolesi krim bayi, waspadai terjadinya infeksi. Bijaklah dengan membawa bayi ke dokter untuk diobati lebih lanjut.



POSPAK Untuk BAYI BARU LAHIR?



Sebetulnya tidak ada patokan umur kapan bayi mulai boleh dipakaikan diaper. Namun, bayi baru lahir disarankan menggunakan popok dari kain katun ketimbang popok sekali pakai. Kulit bayi baru lahir masih sangat tipis, sensitif, dan rentan teriritasi. Bahan popok sekali pakai yang umumnya bersifat sintetis mudah membuat kulit bayi teriritasi ketimbang popok dari bahan kain.



Pospak bagi bayi baru lahir boleh-boleh saja asalkan tidak sepanjang hari. Batasi pemakaiannya, hanya pada saat bepergian atau tidur malam. Sering-seringlah mengecek kondisi pospaknya.





   
Jumlah Posts : 368
Jumlah di-Like : 1
dear bunda, ada artikelnya neh, smg bs membantuu yah..

=======================================================

Kotoran Bayi yang Baru Lahir kok Hijau

Pada orangtua yang baru pertama kali memiliki seorang bayi, feses berwarna hijau tentu saja memunculkan rasa terkejut dan khawatir. Bila feses berwarna hijau tua dan agak lengket tersebut muncul saat bayi baru lahir, itu sah-sah saja. Feses seperti itu disebut mekonium. Teksturnya benar-benar lengket sehingga sulit dibersihkan dari popoknya bahkan dari kulit. Karena itu, sebagian orangtua lebih memilih untuk memakai popok sekali pakai pada hari-hari pertama tersebut.

Mekonium telah dibentuk saat bayi masih berada dalam kandungan. Berbeda dengan urin yang dilepaskan ke dalam cairan amnion, feses umumnya tidak dilepaskan saat bayi masih dalam kandungan. Tetapi dalam keadaan tertentu, misalnya kekurangan oksigen, mekonium bisa keluar dan akibatnya cairan amnion yang tercemar oleh mekonium. Inilah yang sering disebut air ketuban berwarna hijau. Tanda ini merupakan tanda peringatan dimana orang tua dan dokter harus lebih waspada.

Beberapa hari setelah lahir, feses dari bayi yang mendapat ASI umumnya akan berwarna kuning, berbau manis, dan sangat lunak. Bila bayi itu mendapat susu formula, umumnya feses akan lebih padat dan berwarna lebih kecoklatan. Beberapa jenis formula bayi membuat feses bayi berwarna sedikit kehijauan.

Warna hijau pada feses yang terkadang muncul baik pada bayi yang mendapat ASI maupun susu formula umumnya bukan merupakan hal yang perlu dikhawatirkan. Apalagi bila tingkah laku, aktivitas fisik, keceriaandan tumbuh kembangnya tetap baik.

Tapi bila warna hijau tersebut menetap, atau bentuk feses berubah menjadi tidak baik (seperti berbusa, berdarah atau berlendir), konsultasikan segera dengan dokter Anda.

=========================================================

Array
   
09-01-2018 05:55:40 popok
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
sy sih apa aja merknya.. lbh seneng yg ada diskonnya.. haha.. asal jgn yg bahannya plastik aja.. kasihan kulit debaynya.. klo bayi baru lahir, sy lbh cocok pakai popok kain biasa sih.. spy ga lama2 tu kotoran nempel d kulit.. kecuali klo lg pergi2an.. baru deh pakein popok sekali pakai..
   
13-05-2017 06:51:41 ibu nenyusui
Jumlah Posts : 1450
Jumlah di-Like : belum ada like
itu bingung puting bun namanya..maka dr itu tdk disarankan pemberian pake dot pd bayi baru lahir..solusinya stop dot sama sekali, lbh telaten lg dibiasakan dgn payudara..klo terpaksa pake sufor, kasih pake sendok, cup feeder, pipet, atau spuit (yg pntng jngn dot)..baiknya kunjungi klinik laktasi atau cari konselor menyusui..
   
18-02-2017 11:35:00 Perlengkapan bayi baru lahir
Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like
Bund, perlengkapana bayi baru lahir itu apa saja ya bund? Khmlnku 34 w bund, mau nyiapin dr skrg tapi gak tahu yg penting harus dibeli itu apa dan berapa jmlhnya, khawatr mubadzir bun, itung2 mminimalisir budget
   
Jumlah Posts : 93
Jumlah di-Like : belum ada like
kl banyak itu namany muntah bunda, kurang lama d tepuk2 punggungnya kl bundany berani ditengkurepin/dimiringkan k kiri itu lebih cepet bikin dede sendawa. yg telaten ya bun. pencernaan bayi itu kecil bgt ukurannya sedangkan nafsu nyusunya besar krn bayi merasa nyaman dalam dekapan bundanya. namanya bayi baru lahir wajar begadang krn belum bisa menyesuaikan, justru bundanya yg harus latih agar dede ada aktifitas d siang hari dan tidur nyenyak pada malam harinya.
   
Jumlah Posts : 44
Jumlah di-Like : belum ada like
sy juga bunda sdh punya air susu yg bening tapi itu asi yg paling bagus untuk bayi baru lahir.Karna sy sdh 2x lahiran jadi masih ingat kata dokter.Kalo geraknya kurang lincah itu wajar bunda.lama2 juga akan lincah.Tapi lebih bagus tanya bidannya masing2!!