SITE STATUS
Jumlah Member :
492.707 member
user online :
1487 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: adakah pengaruhnya minum air es terhadap

New Topic :  
28-12-2016 19:05:44 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda-bunda semua kenaikan berat badan hampir 10kg ya bun. kalo saya awal hamil bb 39kg, lingkar lengan atas 21.5cm, sedangkan normalnya kan 23,5cm.
uk minggu ini 23w, bb saya cuma 44,5kg. takut aja bun kok saya cuma bisa naik 5,5kg. tapi selama usg semua normal sih bun, malah berat janin saya kelebihan 20gram (alias lebih gemuk).
apa karena faktornya asupan nutrisi saya langsung diserap janin ya bun, makanya saya nggak gemuk, malahan ukuran janin yg membesar. hehehe

adakah saran untuk menambah nafsu makan ? sejak hamil saya nggak doyan susu khusus ibu hamil cuma minum di trimester 1 itupun terpaksa, di trimester 2 ini saya ganti minum jus, kadang susu kemasan (ultra/frisan flag), sering minum air es juga akhir-akhir ini. 😁😁
   


30-01-2015 16:36:23 Bumil Muda ?
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

Salam kenal ya Bunda Amelia, 

Semoga Bunda dan calon debay nya senantiasa alam keadaan sehat yaa...

saya bantu mengutip dari artikel infobunda yang berjudul : Perhatikan Nutrisi Prakehamilan Bunda
"
Berikut beberapa makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi prakehamilan Bunda;

1.     Dairy Foods
Bunda perlu memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari karena Kalsium dapat meningkatkan sistem reproduksi. Dairy Foods atau makanan hasil olahan susu (termasuk susu itu sendiri) seperti keju, yoghurt dan es krim dapat memenuhi nutrisi prakehamilan yang Bunda butuhkan. Dairy Foods kaya akan protein yang bisa meningkatkan kesuburan. Bunda bisa memilih susu kedelai yang mengandung protein tinggi bila Bunda alergi terhadap susu sapi.

2.     Vitamin E
Mengonsumsi Vitamin E dapat meningkatkan produksi Enzim yang akan berpengaruh pada hormon pria untuk membentuk sperma. Meski banyak yang berpikir Vitamin E hanya untuk pria, ternyata pada wanita Vitamin E berperan penting untuk melindungi sel telur. Vitamin E terdapat pada kacang hijau, tauge, salada, daging, unggas, dll.

3.     Alpukat
Alpukat mengandung Vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan hormon pria. Pada wanita, kandungan Potassium pada alpukat dapat mengatur tiroid wanita.

4. Makanan berserat tinggi
Ganti makanan karbohidrat olahan dan banyak gula yang biasa Bunda konsumsi dengan makanan berserat tinggi. Pilih roti gandum, sayuran dan buah-buahan untuk sarapan.

5. Tiram Laut
Tiram laut mengandung banyak Zing atau zat seng yang kaya akan L-Carnitine dan L-Ariginine. Zat-zat di dalam tiram laut dapat meningkatkan kualitas dan produksi sperma supaya volume ejakulasi meningkat."

untuk makanan pedas, bunda bisa baca selengkapnya di Tanya Bidan dengan judul : Dada sering berdebar kencang dan pengaruh bagi ibu hamil makan pedas dan minum air es?
"
Untuk makanan pedas aman dikonsumsi, tidak mempengaruhi perkembangan janin, tapi sebaiknya agak dikurangi ya bunda, semua yang lebih tidak baik kan bunda. Untuk konsumsi air es, boleh - boleh saja bunda, asalkan tidak manis ya."

Happy pregnant ya Bunda ^_^

   
02-08-2014 08:06:13 minum es saat hamil
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Dari beberapa sumber yg saya baca, ndak apa-apa kalau Bunda yg sedang hamil minum air es karena tidak berpengaruh terhadap ukuran bayi. Yang tidak diperbolehkan adalah apabila Bunda beli minuman dingin dgn es yg tidak hiegienis yg berasal dari es balok, khawatirnya Bunda sakit batuk.. Utk minuman manis ndak apa-apa diminum utk sesekali, jangan berlebih karena takut bunda mengalami diabetes saat kehamilan...
   


Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
saya sering skali sakit perut skrg sy sdg hamil 16w, apakah ini ada pengaruhnya karena saya sering makan sambel dan air es, sblumnya saya ga pernah mrasakan skit perut ktika makan dan minum air es. thanks mhon jwaban nya
   
Jumlah Posts : 268
Jumlah di-Like : 3
bunda baby plus,,,

ia bun,,, nanti saya akan cek ke dokter,,,
apa ada pengaruhnya sama puasa ya,,,

bunda linchie,,,

oh gitu ya bun,,,
mungkin juga tensi darahku turun kali ya bun,,
karena 6 hari yang lalu aku puasanya selalu full,,,
tapi ga terlalu suka makan nasi waktu berbuka,,,
juga suka minum air es,,, mungkin karena itu pengaruhnya tensiku turun,,,

Alhamdulillah bun sekarang ga pusing lagi,,,
kayaknya aku masuk angin karena pola makanku yang ga baik,,

aku juga disuruh istirahat puasa jadi,,, sekarang ga puasa dulu,,,
tapi tetep aku akan periksa in kedokter,,,
semoga si dede' ga kenapa2 ya bun,,,

makasih bun untuk sarannya,,,
   


Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

Mitos Vs Kenyataannya

•  Mitos: Jangan minum air es sebab bayi akan gemuk nantinya

Kenyataannya: Air es tidak mengandung kalori atau karbohidrat, jadi tak menyebabkan gemuk. Jika minum air es dicampur sirup, barulah Anda berisiko kegemukan dan melahirkan bayi gemuk. Bukankah sirup mengandung gula?

•  Mitos: Minum rebusan kacang hijau agar rambut bayi lebat

Kenyataannya: Ini bukan mitos, karena kandungan protein pada kacang hijau memang cukup tinggi, dan protein diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

•  Mitos: Persalinan bisa lancar kalau minum minyak goreng

Kenyataannya: Hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan hal itu.

Antara Mitos & Fakta

Beberapa mitos seputar kehamilan dan persalinan ternyata bisa dinalarkan, dan ini dia, faktanya. 

“Biar proses persalinan lancar, minumlah minyak kelapa,” kata nenek kita dulu. Anda mungkin tersenyum simpul mendengarnya. Ya, saluran persalinan dengan saluran pencernaan ‘kan berbeda! Tapi asal tahu saja, jika  kebanyakan lemak, perut akan terasa mulas dan kita jadi sering buang air besar. 
Memang, banyak mitos yang tinggal mitos. Tapi, ada juga “mitos” yang ternyata bisa dinalarkan dan ada faktanya. Yuk, kita intip beberapa mitos berikut ini.
 
Mitos:
Morning sickness  adalah tanda janin yang Anda kandung sehat.

Fakta:  
Menurut Dr. Evan Saunders, spesialis Obstetri dan Ginekologi dari University of Winconsin School of Medicine, Amerika, gangguan mual tersebut disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang terjadi pada awal kehamilan. Ini berarti tubuh Anda sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk janin yang sedang tumbuh di dalam rahim. 
Selain itu, dalam penelitiannya terhadap dua kelompok ibu yang mengalami mual dan tidak mengalami mual, Sunders menemukan kelompok kedua ternyata menunjukkan angka keguguran yang lebih besar dibanding kelompok pertama.

Mitos:
Bentuk perut, lebar atau mancung, dan denyut jantung janin menunjukkan jenis kelaminnya.

Fakta:  Belum ada bukti penelitian yang membenarkan hal itu. Yang jelas, lebar dan mancungnya perut ibu hamil biasanya dipengaruhi oleh posisi bayi, serta kandung kemih.
Sementara denyut jantung janin dalam rahim, biasanya antara 110–180 kali per menit dan bervariasi setiap waktu. Jadi, mungkin saja perut si ibu mancung dan denyut jantung janinnya keras, tapi bayi yang dilahirkannya perempuan, sementara pada kehamilan berikutnya dengan “tanda-tanda” yang mirip ternyata bayinya laki-laki. 

Mitos:
Penggunaan komputer, microwave, atau pemeriksaan metal detector pada waktu hamil tidak aman untuk pertumbuhan  janin.  

Fakta: Penelitian Dr. Saunders menunjukkan, penggunaan komputer dan microwave tidak berbahaya bagi janin. Demikian pula pemeriksaan dengan metal detector di hotel, pusat perbelanjaan atau airport, aman bagi janin. 

Mitos : 
Jika mengoleskan krim yang tepat, Anda tidak akan mengalami stretch marks (garis-garis di perut atau paha yang terjadi akibat kehamilan).

Fakta:  Sampai sekarang, berbagai krim itu hanya bisa mengurangi garis-garis yang muncul serta mengurangi rasa gatal yang mungkin menyertainya. Sebab, stretch marks itu lebih dipengaruhi oleh faktor gen.  Kalau kita memang sudah membawa bibit untuk mengalami stretch marks, ditambah dengan berat badan yang meningkat luar biasa selama hamil, maka krim yang kita oleskan tak berarti  banyak.
Menghilangkan stretch marks bisa dengan operasi laser (stretch marks laser surgery), yang tindakannya sangat ringan. Namun, tindakan ini belum tentu juga bisa menghilangkan stretch marks, karena tergantung seberapa parah robekan jaringan kulit tersebut.

Mitos:
Jika kehamilan sudah cukup bulan dan Anda ingin segera mengalami proses persalinan, coba saja berhubungan intim dengan suami. 

Fakta:Mitos itu ada benarnya juga. Sebab, hormon prostaglandin yang ada di  cairan semen (cairan yang dikeluarkan pria ketika ejakulasi), dapat  menimbulkan kontraksi rahim dan melembutkan leher rahim. Dengan demikian, proses persalinan mungkin saja terjadi lebih cepat.
Selain itu, orgasme juga bisa memicu timbulnya kontraksi rahim. Tapi, kalau memang belum waktunya melahirkan, berhubungan intim beberapa kali pun tak akan membuat Anda segera melahirkan. Jadi, Anda memang perlu menunggu sampai waktu melahirkan sudah dekat.

Mitos:
Mengonsumsi makanan pedas menyebabkan ibu yang hamil tua jadi cepat melahirkan. 

Fakta:  Sebenarnya, ibu hamil tidak punya pantangan makanan tertentu. Tapi, ada makanan yang sebaiknya dihindari, seperti makan yang berasal dari keju yang sangat lembik atau keju dari susu mentah. Makanan-makanan ini dikhawatirkan cepat busuk, sehingga mengandung bakteri yang disebut lysteria. Bakteri inilah yang sering dihubungkan dengan kemungkinan penyebab keguguran atau persalinan dini.

Mitos : 
Persalinan normal akan menyebabkan lemahnya fungsi kandung kemih.

Fakta: Mungkin, ada wanita yang pernah melahirkan dengan proses persalinan normal (melalui vagina) dan kebetulan mengalami kerusakan otot dan jaringan ikat rongga panggul, sehingga menyebabkannya tak bisa menahan keluarnya air kencing. Asal tahu saja, kondisi ini  sebenarnya jarang sekali ditemui. 
Jika Anda takut, lalu merencanakan untuk operasi caesar hanya karena menganggap bahwa operasi lebih aman daripada melahirkan secara normal, maka Anda harus berpikir dua kali. Sebab, operasi caesar merupakan operasi besar yang juga berisiko (termasuk kemungkinan teririsnya kandung kemih ketika dilakukan operasi).  
Sebenarnya, untuk menguatkan otot panggul yang menyangga kandung kemih, Anda  juga dapat melakukan latihan Kegel. Latihan itu dapat dilakukan ketika hamil dan seminggu setelah Anda melahirkan. Caranya, kerutkan otot seputar vagina, lakukan usaha seperti menahan kencing dan tahan sekitar 10 detik, kemudian lepaskan lagi.  Lakukan hal ini sepuluh kali setiap hari.   

Mitos: 
Begitu cairan ketuban pecah, bayi akan segera lahir. 

Fakta: Pada umumnya, setelah air ketuban pecah, masih membutuhkan waktu berjam-jam untuk kontraksi sampai bayi lahir. Namun, dengan pecahnya ketuban, proses persalinan memang harus segera dilaksanakan. Karena, dikhawatirkan bakteri di vagina akan masuk ke rahim dan menyebabkan infeksi pada janin.
Lebih baik lagi jika Anda datang ke rumah sakit atau rumah bersalin sebelum ketuban pecah. Dokter atau bidan biasanya akan membantu memecahkan kantung ketuban, agar kepala bayi bisa masuk ke rongga panggul pada saat yang tepat.    

Mitos: 
Ketika Anda mulai diinduksi (dirangsang agar terjadi kontraksi), tak lama kemudian Anda akan langsung melahirkan.

Fakta:  Setelah diinduksi, mungkin saja kontraksi baru terjadi beberapa jam kemudian. Bahkan, bisa saja tak terjadi kontraksi sama sekali. Asal tahu saja, pada akhir kehamilan, leher rahim biasanya mulai melunak untuk persiapan proses persalinan. Lalu ketika diinduksi, biasanya obat yang diberikan akan melembutkan dan memipihkan jaringan leher rahim, sehingga terjadi  kontraksi. 
 Dalam proses induksi semacam itu, dokter biasanya memberikan pitocin, yaitu hormon sintetis. Namun, karena banyak faktor yang dapat menyebabkan proses persalinan berlangsung lancar atau macet, maka induksi pun belum tentu merupakan cara yang pas untuk memacu persalinan. Buktinya, ada juga ibu hamil yang sudah “lewat waktu” persalinannya, setelah diinduksi selama 24 jam ternyata hanya mengalami pembukaan beberapa cm saja. Dalam kondisi yang langka seperti itu, proses persalinan harus berakhir di meja operasi.

Mitos:
Jika susah melahirkan, minum saja rendaman rumput fatimah.

Fakta:  Rumput fatimah yang juga dikenal dengan nama Labisia pumila ini, berdasarkan kajian atas obat-obatan tradisional di Sabah, Malaysia, tahun 1998, dikatakan mengandung hormon oksitosin, yang dapat membantu menimbulkan kontraksi. Biasanya, rumput fatimah ini direndam dalam air hingga mengembang, kemudian air rendamannya diminum. Di Malaysia, air rendaman rumput ini juga digunakan oleh para ibu setelah persalinan, untuk membantu pemulihan kontraksi rahim pasca persalinan. Namun, karena obat ini merupakan obat tradisional, maka takarannya pun belum jelas.

Sekarang, mitos mana yang masih menimbulkan tanda tanya bagi Anda?      Untuk diingat, sebelum bisa dijelaskan dengan akal sehat, jangan terlalu terpengaruh dengan berbagai mitos yang justru bisa makin membingungkan Anda. 

   
06-03-2017 12:39:41 makan bakso
Jumlah Posts : 93
Jumlah di-Like : belum ada like
kurang tau ya bun menurut penjelasan medisnya, saya cuma share pengalaman aja ketika hamil gaada makanan yg pantang hanya saja tidak berlebihan, dari sebelum hamil ketika hamil dan setelah melahirkan saya selalu minum air es alhamdulillah tidak ada keluhan apapun dan bayi lahir sehat dan sempurna..
ketika ada keluhan setelah konsumsi apapun baiknya dikonsultasikan dengan obgyn atau bidan yg biasa menangani bunda..
   
20-01-2017 18:16:22 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
Sama mbak risti sy jg suka minum air es. Tp katanya gpp minum air es. yg bikin bayi besar itu justru kl kita minum yg manis2.
   
30-12-2016 19:11:13 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
saya 24w bun,, tengorokan saja juga terasa kering tapii minum air es aja bun kata bidanxa gpp asal airnxa baik
   
13-12-2016 10:01:16 janin besar, hpl desember
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda mau tnya donk saya hamiL anak pertama usia12w .. apakah minum air es yg tidak berasa tidak akan mempengaruhi janin besar atau tidaknya .. soalnya kata org org kaLo minum es baby ntar besar susah mau keLuar normal .. ?mohon bantuannya
   
07-11-2016 15:06:11 Minum es
Jumlah Posts : 60
Jumlah di-Like : belum ada like
Tanyaaa ya bunda...sy hamil 8minggu 6hari...Suka minum air es sama es sirup terus Bun. susu hamil pun sya kasih es. g bisa kalo minum gak dingin atau gak manis...Bahaya gak ya Bun? klo g dingin dn g manis langsung muaaal parah..Bangun tidur pagi dn tengah malem minus es sirup terus Bun...
   
04-11-2016 10:08:28 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
Aminn bunda. Takut cuman saya aja yg kek gini... Terus kalo minum air es boleh gak sih bun?? Saya gak bisa kalo gak minum air es. Banyak yg bilang gak boleh. Pedes juga, padahal saya doyan pedes. Gimana itu bun??
   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
iya aq jg berfikiran bgtu..tp ibu ku ngomel2 aja klo aq minum es..orang tua dlu katanya begitu..hhehehe..aq sih ga prcy ..skrg udh 37 w 5 d ,aq msh suka minum air es..klo gak dingin rasanya mual gt..diperut gak enak
   
13-10-2016 17:42:07 Gerak bayi uk 36week
Jumlah Posts : 169
Jumlah di-Like : belum ada like
betul tuch bunda rosalia... q nich seneng minum air es... tiap usg ditegur dktrx coz ketubanq kebanyakan karna minum air es... bisa menyebabkan pendarahan...
   
28-09-2016 05:50:34 Minum Es
Jumlah Posts : 57
Jumlah di-Like : belum ada like
yg paling pengaruh itu yg manis2 nya bunn. klo air es nya itu mitos. kecuali bunda minum air es nya berbentuk teh manis. syrup. es campur. kalo gula dicampur es gulkosa nya itu bertambah dan itu yg bikin dde bayi bertambah berat