SITE STATUS
Jumlah Member :
492.611 member
user online :
941 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: 4 bulan janin berpindah pindah

New Topic :  
17-02-2015 11:52:19 bayi aktif bgt dalam perut
Jumlah Posts : 70
Jumlah di-Like : belum ada like
trs untuk menghitung kandungan bunda pake yg mana ?
Soalnya kan bun di usia janin 120 hari tepatnya 4 bulan janin baru di tiupkan rohnya, rencana tepat di usia kandungan 4 bln mau ngadain tasyukuran doa bersama......jadi bingung
mohon solusinya donk bun
   


Jumlah Posts : 21
Jumlah di-Like : belum ada like
siang dok...saya mau tanya..umur kandungan saya 4bulan..tp kata bodan saya janin pada rahim masih berada di posisi bawah...saya khawatir..dan ingin tau apa wajar dan normal dalam usia 4 bulan janin masih di bawah..karena saya punya riwayat keguguran..
   
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
Placenta kok bisa jalan-jalan ya Bu ? Aneh bener hehehe ...

Secara sederhana, rahim berbentuk segitiga terbalik, atau bisa juga dibayangkan seperti daun waru (clover) terbalik dengan tangkai di bawah. Bagian "tangkai" ini berbentuk seperti tabung atau corong (dikenal sebagai leher rahim) dengan ujung terbuka (dikenal sebagai mulut rahim).

Normalnya plasenta terletak di bagian fundus (bagian puncak/atas rahim), bisa agak ke kiri atau ke kanan sedikit, tetapi tidak sampai meluas ke bagian bawah apalagi menutupi jalan lahir.

Patokan jalan lahir ini adalah ostium uteri internum (disingkat OUI, yaitu mulut rahim bila dilihat dari bagian dalam rahim). Kalau dilihat dari luar - dari arah vagina - disebut ostium uteri eksterum.

Placenta-previa artinya "plasenta di depan" (previa=depan). Artinya, plasenta berada lebih "depan" daripada janin yang hendak keluar. Angka kejadiannya sekitar 3-6 dari 1000 kehamilan.

Terhadap jalan lahir ada 4 kemungkinan jenis plasenta previa :

1. Placenta previa totalis, bila plasenta menutupi seluruh jalan lahir. Pada posisi ini, jelas tidak mungkin bayi dilahirkan per-vaginam (normal/spontan/biasa), karena risiko perdarahan sangat hebat.

2. Placenta previa partialis, bila hanya sebagian/separuh plasenta yang menutupi jalan lahir. Pada posisi inipun risiko perdarahan masih besar, dan biasanya tetap tidak dilahirkan melalui per-vaginam.

3. Placenta previa marginalis, bila hanya bagian tepi plasenta yang menutupi jalan lahir. Bisa dilahirkan per-vaginam tetapi risiko perdarahan tetap besar.

4. Low-lying placenta (plasenta letak rendah, lateralis placenta atau kadang disebut juga dangerous placenta), posisi plasenta beberapa mm atau cm dari tepi jalan lahir. Risiko perdarahan tetap ada, namun bisa dibilang kecil, dan bisa dilahirkan per-vaginam dengan aman, asal hat-hati.


Diagnosa ini mulai dipastikan sejak kira-kira umur kehamilan 26-28 minggu, dimana mulai terbentuk SBR (Segmen Bawah Rahim). Dengan terbentuknya SBR, leher rahim yang semula masih berbentuk seperti corong pojok kanan atas), akan mulai memipih, untuk nantinya saat menjelang persalinan mulai membuka (sudah biasa mendengar "pembukaannya sudah berapa cm" begitu kan?)

Dari perubahan inilah bisa terjadi plasenta "berpindah" atau lebih tepatnya bergeser secara relatif menjauhi jalan lahir, seolah-olah bergerak ke atas. Itulah sebabnya, sebelum masuk trimester terakhir, sekitar 28 minggu/7 bulan, dibiarkan saja dulu asal tidak terjadi perdarahan yang tidak bisa dikendalikan. Diharapkan nanti setelah 7 bulan, beruntung bisa "pindah" ke atas seperti penjelasan sebelumnya.

Tentu saja, penilaian paling optimal dan menentukan adalah saat mendekati persalinan, untuk memastikan benar-benar dimana posisi plasenta. Itulah mengapa, keputusan cara persalinan bisa berubah di menit-menit terakhir.

Begitu pula, jangan lantas menyebut bahwa diagnosa placenta-previa pada usia kehamilan muda dianggap "positif palsu".

Apa sih sebabnya terjadi kelainan tempat plasenta ? Bisa karena kelainan bawaaan pada bentuk rahim, adanya tumor rahim, atau bekas operasi sebelumnya yang meninggalkan jaringan parut di rahim. Bisa sebabnya faktor rahim : kehamilan ganda/kembar, ada kelainan bawaan rahim. Tidak ada hubungannya dengan saat hamil naik turun tangga atau banyak jungkir balik misalnya.

Tindakan ditentukan oleh jenis plasenta previanya. Biasanya ditunggu sampai sekitar 7 bulan untuk memastikan benar dimana posisi plasenta. Karena itu, walau Ibu hamil tidak "nungging", kalau dasarnya memang bukan tipe previa ya tetap akan "bergeser" ke atas.

Risiko dari kelainan posisi ini, paling utama tentu perdarahan. Perdarahan bisa terjadi menjelang/saat persalinan. Ini dihindari/diantisipasi dengan penentuan cara persalinan operatif.

Bisa terjadi perdarahan saat mulai terjadi pembentukan segmen bawah rahim, dimana ada bagian plasenta yang "robek" oleh pergeseran jaringan di sekitar mulut rahim. Bila ini terjadi, yang terganggu adalah kesejahteraan janin, dan bisa juga memicu persalinan prematurus.

Bisa juga terjadi perdarahan oleh tekanan kepala janin saat mulai memasuki segmen bawah rahim sebagai persiapan menuju persalinan.

Apa yang menjadi faktor risiko plasenta-previa?

1. Wanita lebih dari 35 tahun, 3 kali lebih berisiko.
2. Multiparitas, apalagi bila jaraknya singkat. Secara teori plasenta yang baru berusaha mencari tempat selain bekas plasenta sebelumnya.
3. Kehamilan kembar.
4. Adanya gangguan anatomis/tumor pada rahim sehingga mempersempit permukaan bagi penempelan plasenta.
5. Adanya jaringan parut pada rahim oleh operasi sebelumnya. Dilaporkan, tanpa jaringan parut berisiko 0,26%. Setelah bedah sesar, bertambah berturut-turut menjadi 0,65% setelah 1 kali, 1,8% setelah 2 kali, 3% setelah 3 kali dan 10% setelah 4 kali atau lebih.
6. Adanya endometriosis (adanya jaringan rahim pada tempat yang bukan seharusnya, misalnya di indung telur) setelah kehamilan sebelumnya.
7. Riwayat plasenta previa sebelumnya, berisiko 12 kali lebih besar.
8. Adanya trauma selama kehamilan.
9. Kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol.

Selain placenta previa, ada juga perdarahan akibat solusio plancentae. Terjadi bila penempelan plasenta di tempat yang normal tetapi terlepas dari dinding rahim. Penyebab terlepas bisa karena perubahan anatomis/tumor pada rahim, karena tali plasenta pendek sehingga tertarik oleh gerakan janin, atau karena daya dukung plasenta memang sudah sangat berkurang, sehingga rapuh.

Akibatnya terjadi perdarahan. Secara mudah, pada placenta previa perdarahan tidak diikuti nyeri perut. Tetapi pada solusio plasenta, perdarahan diikuti nyeri perut yang hebat.

Karena itu, posisi plasenta adalah salah satu hal yang penting diperiksa saat menjalani USG. Ini lebih penting daripada soal apa jenis kelaminnya (bukan berarti nggak boleh lho ya nanya jenis kelamin, hanya rasional dong, mana yang lebih penting seharusnya didahulukan).
   


Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

bunda semua ini artikel mungkin bisa membantu :

Keluhan selama kehamilan: Nyeri perut bawah, kembung dan perut tampak kecil ?

Submitted by dr. Prima Progestian, SpOG

1. Perut kembung bisa disebabkan adanya beberapa faktor : pertama, pengaruh hormonal selama hamil. Meningkatnya kadar hormon progesteron dan estrogen selama kehamilan membuat pergerakan usus menjadi lambat sehingga makanan dan gas yang diproduksi menjadi lebih lama transit di lambung dan usus sehingga dapat mengakibatkan kembung dan rasa penuh di perut.Kedua, adanya bayi yang semakin membesar mengakibatkan tekanan pada sistem pencernaan sehingga pergerakan usus juga berkurang. Selain itu tekanan pada lambung dapat mengakibatkan asam lambung yang diproduksi berada lebih lama di lambung, akibatnya rasa perih di lambung bertambah dan dapat pula menyebabkan “heart burn” atau rasa terbakar /nyeri di sekitar lambung, dada hingga ke tenggorokan. Apabila hal ini terjadi ibu dapat minum obat maag.

2. Rasa nyeri di bagian bawah perut bisa disebabkan karena : pertama, kehamilan yang semakin membesar membuat ligamentum penggantung rahim dengan dinding perut menjadi melar dan tertarik sehingga terasa nyeri. Karena lokasinya ada di kanan dan kiri rahim maka nyerinya pun bisa dirasakan pada kedua sisi atau salah satu dan berpindah-pindah. Kedua, nyeri bisa disebabkan adanya tekanan pada kandung kemih karena membesarnya rahim. Kandung kemih berlokasi di bagian bawah perut. Tekanan pada kandung kemih juga dapat membuat urin berada lebih lama di sana sehingga mengakibatkan timbulnya infeksi saluran kemih. Keluhan yang timbul bisa berupa rasa anyang-anyangan, berkemih menjadi sedikit-sedikit, sering dan nyeri, nyeri perut bawah hingga ke punggung, bahkan dapat menyebabkan timbulnya kontraksi. Ketiga, nyeri bisa dirasakan saat janin bergerak. Dengan semakin besar janin maka gerakan kepala, badan dan tendangan kakinya akan semakin kuat. Gerakan janin yang timbul bisa menyebabkan adanya kontaksi, namun kontraksi yang tidak berbahaya sehingga dapat menyebabkan persalinan. Disebut juga sebagai kontraksi Braxton-Hicks atau kontraksi palsu.

3.untuk perut kelihatannya kecil pada usia kehamilan 5 bulan bisa karena tubuh ibu yang tinggi sehingga belum jelas terlihat perut yang membuncit, semakin besar usia kandungan akan semakin jelas terlihat nantinya. Apabila  ibu memeriksakan ke dokter kandungan apakah besar janin saat ini sesuai dengan usia kehamilan? Dokter pasti akan melakukan pemeriksaan USG untuk memastikannya. Jika sesuai maka ibu tidak perlu khawatir.


   
20-10-2017 21:11:12 kehamilan 7w di vonis BO
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
saya juga pernah mengalami hal yang sama bund, usia 7 minggu janin saya tidak berkembang, g ada detaknya, padahal waktu itu g nyeri, pendarahan atau sebagainya dan malah sebelum kuret saya piknik di bali dulu, pulang dari piknik langsung kerumah sakit utuk kuret, kalo bayangin kuret emang ngeri bun tp ternyata g sakit sama sekali karena saya dibius total, setelah obat biusnya habis dan kondisi fit saya bisa langsung pulang, dan 4 bulan kemudian saya hamil lagi, ni udah masuk minggu ke 12,
   


19-01-2017 11:06:37 mohon sharing nyaa..
Jumlah Posts : 733
Jumlah di-Like : belum ada like
pernah bun saya alami waktu kehamilan pertama tespek negatif. terus kecapean di kirain ku haid pas ke dokter itu bukan haid tp km keguguran. pas waktu periksa kehamilan kedua janin tak berkembang jd pendarahan keguguran spontan. kosong 1 bulan terus hamil lagi dan sama janin tak berkembang keguguran spontan dan kosong 8 bulan terus hamil lagi tp sayang janin tak berkembang lagi jd keguguran spontan dan sampai kena 4 botol di infus. Setelah pasca keguguran berani kan tuk troch di prodia dpt surat rujukan dari dokter rsia Amanda. Pas 3 hari baru ada hasil lab. dan pas saya buka buat sok dan down karna positif troch ( cmv dan toxo. ternyata penyebab keguguran karna ada virus. Dah mw 3 bulan terapi troch. dan dah konsultasi sm dokter klo saya dah boleh hamil lagi kan dah kosong 4 bulan jd rahim sudah ga trauma
   
Jumlah Posts : 733
Jumlah di-Like : belum ada like
waktu bulan agustus pas 8w usg kantong janin membesar dan gumpalan darah juga besar ternyata janin tak berkembang. gumpalan virus ternyata. mang lum rezeki. setelah pendarahan berhenti keluar flek2 cokelat. ternyata janin na dah lepas. jd keguguran spontan dan saya nangis pas lihat gumpalan darah dah kaya ati. nih gi terapi virus 3 bulan. dan dah kosong 4 bulan.
   
18-01-2017 20:54:58 Terapi troch
Jumlah Posts : 733
Jumlah di-Like : belum ada like
Ternyata 4 kli keguguran dan janin tak berkembang akibat terinfeksi virus toxo dan cmv. Sekarang dah kosong 4 bulan moga bulan ni dpt tiket Hamil
   
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like
bun andik.. klo saran saya jgn di usg dlu bun, krna janin masih rentan kena sinarnya. bunda bisa tunggu 2 minggu dr telat haid, habis itu bunda testpack lgi. dan bunda bisa konsul dlu ke bidan. saya pun bgtu bun, meski udh telat sebulan, setelah saya testpack hasilnya positif, krna kurang yakin saya tunggu 2 minggu kemudian hasilnya masih sama, dan minggu berikutnya saya periksa ke bidan dan di tespack lagi. alhamdulillah bidan bilang positif hamil, saya juga usg setelah uk 4 bulan /16w bunda, krna itu usg yg pas skaligus bisa liat jenis kelamin si debay bun :)
   
30-04-2016 05:43:04 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
kalau flu bund Ghieta,insyaallah aman,tp jgn asal minum obat,lbh baik konsul ke dokter obat yg amn tu bumil. bund Ernanda,,kalau kt dokter ku hmil jnin ga berkembang tu krn hormon kehamilannya tdk ad (hormon progesteron) rendah,jd nutrisi ke janin kurang. krn di 3 bulan pertama kt dokter,janin tu makan dr hormon ibu sbgai perantara nutrisi,jd klo kurang hormonnya ya tdk ad perantara nutrisi,lain kalau sdh 4 bulan,placenta sudah ada. utk ngecek hormon kehamilan,biasa dokter nya aku lgsng cek lab,utk antisipasi kekurangan hormon,,jika kurang disuntik terapi hormon bun,,itu yg aku alami skrg...maap kepanjangan semoga membantu
   
05-04-2016 17:12:23 UK 22 week merapat 😉
Jumlah Posts : 38
Jumlah di-Like : belum ada like
sama bunda dhea aku jg orang2 nyangka nya UK 3/4 bulan padahal udah 22week😢😢 tp kata dokter dan menurut buku yg aku baca sih bb janin sama kenaikan berat badan ku itu sesuai sama uk nya jd gak dibawa pusing sihh hehehe
   
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
ga usah kawatir bunda rika.. aku baru kelihatam perut gede pas 6bulan keatas kok. selama dokter ngomong janin yg didalam baik bbj nambah setiap bulan ga usah kawatir bunda. setiap wanita hamil beda" bunda kalo peka dr 4 bulan uda terasa gerakan ddnya kalo engga nanti sekitar 20w keatas juga uda kerasa tendangannya. tetap positive thinking aja 😊
   
02-01-2016 15:57:26 positif di bulan desember
Jumlah Posts : 733
Jumlah di-Like : belum ada like
bun timi@ sabar klo baru hamil bisa merasakan 4 bulan gerakan janin na. terus ajak ngobrol dd na semangat y bun. mungkin naluri keibuan aku dah peka bun sehat terus :)
   
Jumlah Posts : 733
Jumlah di-Like : belum ada like
bun dedhe@ kan dah 3 kli hamil aku bun lum na tp keguguran ni hamil yg ke empat anak pertama. klo dd na di cuekin perut langsung kenceng tp klo di ajak ngaji n ngobrol gerak kya kupu2 terbang beda2 sh bun terus jak ngobrol j. klo baru hamil bsa merasakan gerak janin 4 bulan tp klo dah pernah hamil lebih cepat karna otot rahim sudah lemas gt
   
31-12-2015 14:35:05 Berhubungan
Jumlah Posts : 733
Jumlah di-Like : belum ada like
kan mw jln 4 bulan jd msh kaya darah cm kya ati gt. ni baru 2 bulan dah buncit cz mmpi di rahim da 2 kantong janin moga itu petunjuk baru mw usg nnti januari Insya Allah bun erlly