SITE STATUS
Jumlah Member :
481.966 member
user online :
1712 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Asma dan Alergi obat

   

Asma dan Alergi obat
Oleh :


Dok saya mo bertanya ... saya mempunyai riwayat asma dan alergi obat .. Apakah sewaktu melahirkan harus drumah sakit dok, karna ada bilang jika alergi obat melahirkan harus di RS ..
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Alergi akan menimbulkan serangan bila Bunda terpapar oleh alergen (bahan pencetus alergi) tersebut. Maka itu, Bunda harus mengenali apa penyebab atau alergen dari alergi obat tersebut. Pada umumnya jenis obat yang sering menimbulkan reaksi alergi adalah antibiotik ( terutama penicilline), obat anti nyeri (misalnya antalgin) dan lain-lain tidak menutup kemungkinan jenis obat lain. Pada masing-masing individu, alergen atau penyebab alergi mereka dapat berbeda. Bila sudah diketahui obat apakah yang menjadi penyebab alergi Bunda, maka sebaiknya tidak pernah digunakan agar tidak timbul reaksi alergi obat tersebut. Pada umumnya sebelum memberikan obat-obatan suntik maupun infus (terutama anitibiotik) akan dilakukan skin test agar diketahui reaksi tubuh terhadap obat tersebut. 
Asma dapat juga menjadi penyulit pada persalinan, mungkin hal ini juga menjadi pertimbangan untuk dilakukan persalinan di rumah sakit yang lebih lengkap perlengkapan, obat-obatan, ruangan operasi dan sebagainya. Sebaiknya Bunda berdiskusi dengan dokter yang akan menolong persalinan Bunda, hal apa yang terbaik dilakukan berkaitan dengan rencana persalinan Bunda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman