SITE STATUS
Jumlah Member :
489.534 member
user online :
893 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sering minum obat maag (antasida)

   

Sering minum obat maag (antasida)
Oleh :


dear dokter Tanti, memasuki usia kehamilan saya 27-28 minggu, kadang saya mengalami nyeri ulu hati sampai sesak dada karena asam lambung yang naik. dari artikel yang saya baca, saya terkena heartburn. tapi karena saya punya riwayat maag, jadi saat "kumat" bisa bertambah nyeri dan kalau tidak minum obat maag (antasida), sakitnya tidak reda Dok. apakah aman saya sering minum obat maag tersebut (tiap kali heartburn & maag kambuh) karena diobati dengan istirahat tidak cukup? bagaimana solusi terbaiknya dokter. terimakasih.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
     Masalah pada lambung seperti tingginya asam lambung dapat dinetralkan dengan obat-obatan golongan antasida. Pada keadaan hamil masalah ini dapat bertamba parah karena adanya perubahan hormonal dan desakan dari rongga rahim ke arah rongga perut sehingga memperburuk iritasi lambung. Pada umumnya obat-obatan antasida tergolong aman untuk ibu hamil namun sebaiknya Bunda memeriksakan diri dan atas saran dokter untuk meminum obat ini. Sebaiknya Bunda memodifikasi pola hidup dan pola makan sebelum memutuskan untuk meminum obat ini.
      Pola makan dan pola hidup sangat mempengaruhi keadaan lambung. Bunda dapat mengatur waktu makan menjadi lebih sering dengan porsi yang lebih kecil agar lambung tidak kosong sama sekali. Hindari makanan pedas, minuman berkarbon (soda) atau yang mengandung gas (kol, nangka, durian dan lain-lain). Bunda dapat mencoba memakan makanan tinggi protein pada malam hari misalnya susu, keju, kacang-kacangan  dan polong-polongan. Pada pagi hari makanlah pisang atau roti gandum. Perbanyaklah jumlah kegiatan makan dengan porsi yang sangat kecil, perbanyak juga meminum cairan atau makanan dalam bentuk cair (sup, jus buah dan jus sayur). Bunda dapat mengurangi rasa mual dengan memasukkan beberapa daun mint ke dalam air minum dingin maupun hangat. Selain daun mint, menggunakan jahe dan kayu manis juga bisa membantu mengurangi mual.
         Ketika asam lambung naik melalui saluran pencernaan menuju mulut, Bunda kerap merasakan rasa terbakar dan asam. Netralkan asam tersebut dengan cara meminum susu. Bila cara ini tidak berhasil maka kemungkinan di perlukan obat antasida. 
Posisikan kepala selalu lebih tinggi dari daerah lambung Bunda baik ketika duduk dan posisi tidur. Tinggikan kepala dengan menumpuk bantal agar tidak terjadi refluks asam lambung.
       Makanlah secara teratur, menghindari stress atau beban pikiran yang berlebihan serta istirahatlah yang cukup.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman