SITE STATUS
Jumlah Member :
487.973 member
user online :
2058 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Psikosomatik

   

Psikosomatik
Oleh :


Mau tanya Dok, 1. Untuk penyakit maag, apakah aman untuk mengkonsumsi Coklat, sperti Silverqueen. 2. Untuk Psikosomatik, apakah bisa hilang tanpa mengkonsumsi obat2an sperti anti depresan, dsb. terimakasih sebelumnya Dok...
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Irwank,
Keadaan psikosomatik dapat berupa timbulnya keluhan pada fisik yang sehat diakibatkan adanya beban pikiran ataupun ataupun kejiwaan, misalnya karena stress dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari, masalah pribadi yang tidak terpecahkan dan lain-lain. Atau dapat juga sebenarnya sudah ada suatu penyakit pada fisik orang tersebut namun diperberat karena beban pikiran, stress berlebihan ataupun masalah faktor kejiwaan.
Untuk menangani masalah psikosomatik, pasien tersebut haruslah diobati bukan hanya penyakit pada organnya saja, namun dibantu juga sumber permasalahan kejiwaannya. Tidak selalu dengan obat-obatan, masalah gangguan pada bidang kejiwaan juga dilakukan dengan konseling ataupun konsultasi, baik oleh dokter psikiater maupun dengan psikolog. Penggunaan obat-obatan di bidang kesehatan jiwa (psikiatri) tergantung dari kasus jenis gangguannya tersebut, bila masih bisa dilakukan hanya dengan konseling dan perubahan gaya hidup maka mungkin juga tidak memerlukan obat-obatan untuk masalah kejiwaannya.
Bila Anda merasakan timbulnya masalah pencernaan setiap kali setelah memakan jenis makanan tertentu (contohnya dalam hal ini Anda menyebutkan cokelat batangan) maka sebaiknya menghindari bahan makanan tersebut. Kandungan di dalam cokelat batangan dapat terdiri dari cokelat bubuk, susu (laktosa), bahan pewarna atau penambah rasa dan lain-lain. Bila timbul masalah setiap kali memakan cokelat batangan, maka mungkin Anda memiliki alergi terhadap salah satu kandungan di dalamnya. Cokelat dan susu merupakan bahan yang banyak juga menimbulkan alergi bagi manusia. Tidak menutup kemungkinan terjadi alergi juga pada Anda disebabkan bahan-bahan tersebut. Apakah bila meminum susu saja atau cokelat tanpa tambahan susu juga mengalami gangguan pada lambung Anda? Hal ini membutuhkan pengamatan dan percobaan yang mungkin Anda bisa lakukan sendiri.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman