SITE STATUS
Jumlah Member :
486.022 member
user online :
1947 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kaki merah dan gatal

   

Kaki merah dan gatal
Oleh :


Apakah normal jika memasuki hampir 20 minggu kehamilan saya, kaki saya sering pegal, merah-merah dan gatal? Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Saya tidak dapat menilai apa yang Bunda maksudkan dengan keadaan merah-merah pada daerah kaki Bunda apakah merah di bawah kulit dan menjadi memar?  Pada kehamilan, memang ada keadaan gestational thrombocytopenia (keadaan rendahnya trombosit berhubungan dengan kehamilan) meskipun tidak terjadi pada semua ibu hamil. Bila kemerahan menjadi memar yang Bunda alami membaik dan tidak terulang lagi, maka tidak perlu khawatir. Ada baiknya saat Bunda nanti periksa kehamilan, infokan pada dokter atau Bidan agar dapat diperiksa dan dipertimbangkan apakah keadaan ini membutuhkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut atau tidak. Penuhi kebutuhan nutrisi Bunda dengan baik karena adanya anemia, defisiensi vitamin K dan asam folat  dapat juga mempengaruhi pembekuan darah. Contoh makanan yang mengandung vitamin K, zat besi dan asam folat misalnya daun-daunan hijau, hati, buah-buahan, olahan susu (keju) dan daging.
Saat hamil kerap kali bunda akan mengalami rasa gatal pada kulit atau perubahan lainnya seperti perubahan warna kulit, timbul flek kecoklatan pada kulit ataupun garis-garis halus pada kulit yang di akibatkan perubahan hormone saat kehamilan. Perubahan-perubahan tersebut pada umumnya bersifat sementara sampai pada berakhirnya kehamilan bunda. Bunda dapat mengoleskan pelembab yang aman untuk di gunakan pada saat kehamilan untuk mencegah kulit dari kekeringan yang dapat mengakibatkan bertambahnya rasa gatal tersebut. Apabila bunda merasakan bahwa rasa gatal tersebut sangat mengganggu, maka bunda dapat berkonsultasi dengan dokter OBSGYN anda. Demikian jawaban saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman