SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3328 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Perut turun

   

Perut turun
Oleh :


selamat siang dok, Saat ini saya tengah hamil 7 bulan/ sekitar 28 minggu, teman - teman saya mengatakan bahwa perut saya sudah kelihatan turun ...gimana ya dok .... bingung saya maklum anak pertama.so, ga punya banyak pengalaman. Saat ini saya lebih banyak bekerja duduk didepan komputer, sejak hamil hingga sekarang saya tidak pernah mengalami banyak masalah mulai dari ngidam, mual2, pusing atau apapunlah ya .... jadi saya merasa aman untuk menjalani pekerjaan saya. setiap pagi saya melakukan jalan pagi dan memasak untuk bekal kekantor, kadang saya merasa sangat kelelahan, apa itu ada hubungannya dg turun perut. Terima kasih. Mohon jawabnya ya dok??
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

 Untuk mengetahui keadaan perkembangan kehamilan dan janin Bunda, dapat dilakukan dengan cara memeriksakan kehamilan (ANC/ Antenatal Care) setidaknya 4 kali selama kehamilan. Lakukan ANC pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan Bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti mengukur tinggi fundus, melakukan timbang berat badan Bunda, memperkirakan berat badan janin, pemeriksaan tensi darah, pemberian suplemen asam folat dan zat besi, pemberian imunisasi Tetanus (TT), USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi. 

Pemeriksaan Tinggi Fundus Uteri dan pemeriksaan USG dapat membantu menilai perkembangan kehamilan Bunda salah satunya untuk mengetahui apakah besarnya perkembangan rahim sesuai dengan usia kehamilan Bunda, taksiran berat badan janin dan untuk melihat apakah ada masalah dalam perkembangan kehamilan Bunda. Bila Bunda rutin memeriksakan keadaan Bunda dan dinyatakan sehat maka tidak perlu merasa khawatir. Bentuk tubuh antara bunda yang satu dengan bunda yang lainnya tentu bervariasi dan tidak semata dinilai dari tampak luarnya saja. Rawatlah kehamilan Bunda dengan memenuhi asupan nutrisi yang baik dan cukup serta beraktivitas dan beristirahat yang seimbang.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman