SITE STATUS
Jumlah Member :
486.024 member
user online :
1552 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Cara menyembuhkan borok

   

Cara menyembuhkan borok
Oleh :


pagi dok :) saya kena knalpot luka nya susah sembuh dan malah menjadi borok. saya menggunakan obat bioplacenton tapi tetap saja gk ada perubahan. dan sekarang saya berpaling ke obat sulfanilamide. apakah itu aman dok.? bagaimana cara menggunakan nya.? dan kalo ada obat lain yg bisa cepet mengeringkan luka saya dan cepet sembuh obat apa yah dok.?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Setiawan,
Saya tidak dapat menilai luka yang Anda alami karena tidak melihatnya secara langsung. Mengobati luka, bila hanya terjadi luka yang ringan cukup dibersihkan setiap hari (2-3 kali sehari) dan diganti pembalut atau kain kassa secara teratur. Bersihkan luka dengan aquades atau air yang bersih (bila di rumah bisa dengan air matang yang bersih), setelah itu keringkan luka dengan kain kassa steril. oles dan bersihkan luka dengan cairan antiseptik povidone-iodine. Bila bepergian dapat Anda tutup luka tersebut dengan kassa steril yang diberi cairan povidone-iodine. Rawat luka dengan baik sampai akhirnya luka mengering dan sembuh. Pada kasus tertentu misalnya luka bakar, pemberian gel Bioplacenton dapat membantu penyembuhan luka (mengandung ekstrak plasenta dan antibiotik topikal). Lebih baik Anda tidak mengganti obat tanpa pemeriksaan dokter kembali. Obat topikal sulfonamide tergolong antibiotik, juga dapat memiliki resiko alergi obat, maka itu harus menurut nasihat dokter untuk pemberiannya.

Agar cepat pulih dari luka, Anda harus memperhatikan kebersihan luka tersebut, menghindari gesekan atau perlukaan kembali di daerah tersebut, makan makanan yang bergizi (protein, vitamin dan antioksidan).
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman