SITE STATUS
Jumlah Member :
485.614 member
user online :
1735 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bagian Perut Gatal dan suka Kedutan

   

Bagian Perut Gatal dan suka Kedutan
Oleh :


Selamat siang dr. uk saya 20week.. akhir2 ini bagian perut saya suka gatal dan berasa kedutan sesering mungkin.. kira2 itu kenapa yah dok ? dan bahaya utk janin / tdk ? trims..
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Karena perubahan hormonal dan juga tertariknya kulit seiring bertambahnya berat badan Bunda dan besarnya kehamilan, keluhan gatal pada kulit seringkali ditemukan. Bila gatal ini menganggu Bunda, hindari mandi air panas, berikan kelembapan pada kulit dengan cara memakai pelembab yang aman bagi wanita hamil, kompres dengan air dingin pada bagian yang gatal bila perlu. Makanlah makanan bergizi dan asupan air minum yang cukup agar tidak dehydrasi dan memperparah kulit kering. Periksakan pada dokter Bunda bila keluhan gatal sangat menganggu.

Pada kehamilan awal kedutan atau kram pada kandungan merupakan hal normal yang disebabkan oleh perubahan hormon. Pada tahap usia kehamilan berikutnya, kedutan pada kehamilan mengindikasikan pertumbuhan kandungan. Kedutan yang dianggap tidak normal (bertambah parah) atau diikuti perdarahan melalui vagina bisa merupakan tanda-tanda kehamilan di luar kandungan, ancaman aborsi, atau aborsi yang tidak diketahui. Jadi apabila kedutan yang bunda alami intensitasnya sering dan amat kencang terutama disertai perdarahan melalui vagina, segeralah mengunjungi dokter spesialis kandungan yang biasa menangani anda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman