SITE STATUS
Jumlah Member :
484.258 member
user online :
2166 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kepala sakit, dari belakang sampai kedepan sebelah kiri

   

Kepala sakit, dari belakang sampai kedepan sebelah kiri
Oleh :


Siang Dok, saya mau tanya dok, akhir- akhir ini saya amat sangat terganggu, karna kepala bagian belakang saya tersa sakit sekali, dan sebelah kiri sakit y terama serasa mau pecah,kehamilan saya menginjak 15w, pemeriksaan bln lalu saya baik2 saja... dan sya sering merasakan keram dan kesemutan pada tangan, ini kenapa ya dok? bahayakah bagi janin dan kesehatan kami berdua .. terimakasih dokter
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, 
Sakit kepala pada kehamilan seringkali disebabkan karena adanya perubahan hormonal. Selain itu kemungkinan lain penyebabnya adalah stress, kurangnya tidur, kurangnya asupan makanan, kadar gula darah yang rendah ataupun karena perubahan postur tubuh. Untuk mengetahui pasti penyebab sakit kepala dan pengobatannya sebaiknya bunda memeriksakan diri pada dokter kandungan Anda. Posisikan tubuh anda dalam suasana yang relax, berikan pijatan lembut pada kepala dan pundak anda, perhatikan asupan makanan dan pola istirahat Anda.
Ketika hamil, banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri Bunda. Perubahan tersebut termasuk bertambahnya volume cairan di dalam tubuh, bertambahnya berat badan dan beban yang di topang oleh tubuh juga perubahan hormonal. 
Bertambahnya volume cairan di dalam tubuh dapat memberikan beban dan menumpuk pada ujung-ujung alat gerak tubuh Bunda seperti tangan dan kaki. Hal ini dapat menimbulkan bengkak ataupun sensasi kesemutan dan kaku. Tidak perlu di khawatirka bila keadaan tekanan darah  dan protein urin dalam batas normal. Angkat dan tinggikan kaki Bunda saat beristirahat, lakukan gerakan memompa seperti menekuk dan meluruskan kembali kaki Bunda serta berjalan-jalan ringan. Begitu juga dengan tangan, Bunda dapat memberikan kompres dingin bila terasa nyeri, menggerakkan telapak tangan, mengurangi asupan garam dan minum air yang cukup.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman