SITE STATUS
Jumlah Member :
253.407 member
user online :
2383 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

IUFD

   

IUFD
Oleh :


Met sore dok... Sy baru ngalami iufd 19 feb 2015. Usia kandungan 33 week. Proses kelahiran dilakukan secara normal melalui proses induksi. Baby lahir dg jk: perempuan bb: 1,1 kg tb: 33 cm. Kondisi plasenta n tali pusar bagus, tidak terpintir maupun pengspuran. Jadi penyebab pasti tdk diketahui. Yg sy mau tanyakan : 1.Biasanya iufd disebabkan oleh apa? 2.Apakah suntik obat pematangan paru dpt menyebabkan iufd? 3.Kapan sy boleh program untuk hamil kembali? Apakah setelah nifas, sy sdh blh promil?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear bunda,
Saya turut berduka cita atas apa yang Bunda alami. Stillbirth (IUFD) memang sulit diketahui penyebab pastinya. Dapat dicurigai oleh adanya kelainan bawaan, faktor plasenta, adanya infeksi, adanya kelainan sistim imun, faktor tali pusat, keadaan dalam kehamilan seperti diabetes kehamilan atau preeklampsia dan lain-lain. IUFD tidak selalu dapat diketahui penyebabnya (idiopatik). 
Untuk melakukan program kehamilan berikutnya, ada baiknya bila Bunda juga melakukan screening (misalnya pemeriksaan TORCH) dan konsultasi secara langsung kepada dokter Bunda untuk waktu yang tepat menjalankan program hamil sesuai dengan keadaan Bunda (bila sudah pulih). Pada umumnya masa nifas terjadi selama 40 hari atau 6 minggu, dan sudah bisa terjadi kesuburan setelah masa itu.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman