SITE STATUS
Jumlah Member :
485.585 member
user online :
1400 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Nyeri, kista dan hubungan intim

   

Nyeri, kista dan hubungan intim
Oleh :


dok, saya mau bertanya. saya setelah melahirkan 7 bulan yang lalu saya tidak pernah melakukan hub intim lagi. tetapi kemarin ketika saya melakukannya lagi ke esokannya tiba² terasa sakit di perut bagian bawah kiri, dan semakin kesini semangin sakit menusuk sampai ke tulang belakang rasanya.. dan kemaren saya sudah cek ke USG ternyata di sebelah kanan terdapat kista ringan (lingkaran hitam) tp aneh nya yang sakit nya itu di sebelah kiri.. ketika saya memberi tahu sakitnya itu di sebelah kiri, dokternya malah ngejawab yang menjalur ke kista ringan tersebut. padahal yang sakit nya itu di sebelah kiri..
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Adanya kista pada organ reproduksi dapat mengganggu kesehatan namun bila ukurannya tidak besar terkadang tidak memerlukan terapi dan tidak menimbulkan tanda serta gejala. Tidak semua kista menimbulkan tanda dan gejala serta pengobatan. Banyak juga pasien yang mengetahui adanya kista setelah melakukan screening kesehatan (misalnya USG) bukan karena timbulnya gangguan organ reproduksi seperti nyeri menstruasi, gangguan siklus haid, masalah kesuburan dan lain-lain. Dalam kasus Bunda, bisa jadi nyeri yang ditimbulkan adalah seperti yang dokter Bunda jelaskan, yaitu referred pain, nyeri yang ditimbulkan di lokasi lain dan bukan di lokasi penyebabnya. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa nyeri yang Bunda rasakan tidak berhubungan dengan kista tersebut, namun secara tidak sengaja diketahui adanya kista karena dilakukan pemeriksaan USG (tidak bergejala).

Kecemasan dapat mempengaruhi libido dan juga berkurangnya pelumas pada vagina saat berhubungan intim. Bila hal ini terjadi maka dapat terjadi ketidaknyamanan bahkan kemungkinan terjadinya luka lecet karena kurangnya pelumas pada saluran vagina sehingga terjadi nyeri saat dan setelah berhubungan intim. Berhubungan intim memerlukan kesiapan mental dan kenyamanan. Bila Bunda merasa tidak nyaman dan belum siap, maka dapat mempengaruhi produksi pelumas pada daerah vagina dan juga dapat merasakan nyeri. Pemanasan atau foreplay sebelum kegiatan hubungan intim dapat membantu Bunda dalam hal ini.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman