SITE STATUS
Jumlah Member :
484.346 member
user online :
1814 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pusing dan sering BAK saat kehamilan

   

Pusing dan sering BAK saat kehamilan
Oleh :


Dok saya bru hamil pertama usia kehamilan saya memasuki 16 minggu.. Mual mual saya sudah hilang tpi masih sering pusing pusing, sering buang air kecil.. Itu kenapa ya dok? Oh ya dok memasuki usia 16 minggu ini saya sering merasakan sakit perut dibagian bawah dan pinggul bgian belakang.. Apakah itu pengaruh dari bayi saya atau bagaimana dok? Mohon penjelasannya.. Makasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Ibu hamil sering mengeluhkan adanya pusing (keliyengan, berputar) dan sering buang air kecil. Hal ini wajar terjadi bila tensi darah Anda dalam batas yang normal atau sedikit rendah dari biasanya, dikarenakan bertambahnya volume darah dan pengaruh hormonal saat kehamilan. Bertambahnya volume darah dan pengaruh hormonal  juga mempengaruhi banyaknya darah yang masuk ke ginjal dan produksi air urin yang meningkat ,sehingga sering buang air kecil. 
Hindari menahan buang air kecil agar tidak terjadi iritasi pada kandung kemih, tidak perlu terburu-buru selesai saat buang air kecil agar dapat secara tuntas mengeluarkan urin. Dengan semakin besarnya ukuran rahim, maka kandung kemih dapat terdesak sehingga kemungkinan ada urin yang terperangkap dan dapat mengiritasi. Pelan-pelan condongkan tubuh Bunda ke arah depan untuk mengosongkan kandung kemih saat BAK (hati-hati jangan sampai terjatuh). 
Latih otot panggul dan otot punggung Bunda dengan melakukan senam Kegel di sela-sela kegiatan, untuk menghindari nyeri punggung dan perut bagian bawah. Rajinlah memeriksakan kehamilan (ANC) minimal 4 kali dalam kehamilan Bunda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman