SITE STATUS
Jumlah Member :
497.558 member
user online :
843 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Program hamil, pemeriksaan HSG dan analisa sperma

   

Program hamil, pemeriksaan HSG dan analisa sperma
Oleh :


salam kenal yah dok.. Saya syii usia 23thn, usia suami 27thn Saya menikah sdh 1.3thn dan belum pernah hamil 3 bln yg lalu sy sdh periksa ke dokter, dr hasil USG rahim sy baik2 saja.. Kmudian dokter menyarankan utk tes sperma & HSG. Tp saya takut.. dan suami jg blm siap buat tes sperma. Saya tdk memiliki riwayat pnyakit yg serius, Tp saya sering merasa sakit di bokong bagian kanan kalau sudah kelelahan.. suami pecandu narkoba, apa itu brpengaruh ya dok? Dan menurut dokter apa ya yg harus sy lakukan dok? Mohon saran nya ya dok..
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak, suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun. Bila Bunda sudah di periksa dan kemudian di usulkan untuk pemeriksaan penunjang, hal tersebut bertujuan untuk meneliti lebih lanjut permasalahan kesuburan ini. Pemeriksaan HSG untuk melihat apakah saluran tuba dapat berfungsi dengan baik atau ada hambatan atau sumbatan. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma untuk mengetahui apakah ada masalah dalam fungsi reproduksinya (misalnya kelainan bentuk sperma ataupun gerakan dan jumlah sperma). 

Siklus menstruasi yang rutin dan teratur menunjukkan kemungkinan besar terjadi pelepasan sel telur. Namun bila terjadi hambatan pada saluran tuba, maka sel telur tidak dapat bertemu dengan sel sperma, maka itu pentingnya di lakukan pemeriksaan HSG untuk melihat apakah ada hambatan dalam hal ini.

 Bila menstruasi anda teratur dengan siklus 28 hari, maka masa subur anda dapat terjadi pada sekitar hari ke-12 sampai hari ke-16 (hari ke-1 jatuh pada hari pertama anda menstruasi). Lakukan hubungan intim yang berkualitas pada masa-masa subur tersebut.
bagi Anda dan suami,  jagalah asupan nutrisi agar kesehatan dan gizi tercapai dengan baik. Anda dan suami  dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan vitamin C serta asam folat seperti kacang-kacangan, kecambah ataupun dalam bentuk suplemen vitamin. Hentikan kebiasaan merokok terlebih lagi penggunaan obat-obatan terlarang, karena dapat mengganggu kesehatan pada umumnya dan kualitas sperma pada khususnya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman