SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3510 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

KENAPA RAMBUT SAYA RONTOK TERUS

   

KENAPA RAMBUT SAYA RONTOK TERUS
Oleh :


Siang dok, saya mau tanya kenapa yah rambut saya rontok terus, mulanya dari kelas 6 SD sampe sekarang umur 21thn rambut saya terus rontok, awalnya rambut saya panjang dok, trus rontok2 terus sampai sekarang saya potong rambutnya jadi pendek , dan skarang sudah tipis banget dok, sudah gitu baru baru ini saya pakai jilbab, makin jadi dok rontoknya,memang sh saya ketobean dok, ketombe basah, saya udah coba sampoo yang anti ketombe, perawatan salon, yang alami juga sudah saya coba tapi tidak ada perubahan nah, saya mau minta solusi dok, kalau dokter tau, terima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Fenty,

Pada pertumbuhan rambut, terdapat siklus yang mencakup tiga fase pertumbuhan yaitu fase anagen, katagen, dan telogen. 

1)Fase Anagen
Fase anagen merupakan fase pertumbuhan rambut aktif dimana sel-sel matriks melalui mitosis membentuk sel-sel baru mendorong sel-sel yang lebih tua ke atas. Lama fase anagen kurang lebih 2-6 tahun.

2)Fase Katagen
Katagen merupakan masa peralihan yang terjadi setelah akhir fase anagen. Lama masa transisi ini adalah 1-2 minggu dan akan terbentuk rambut gada (hair club).

3)Fase Telogen 
Fase telogen atau masa istirahat dimulai dengan memendeknya sel epitel dan tumbuh tunas kecil yang membentuk rambut baru yang tumbuh di bawah rambut gada. Rambut baru ini kemudian didorong keluar. Dengan kembalinya fase anagen, rambut lama atau rambut gada (clubbed hair) terdorong lepas oleh tumbuhnya rambut baru. Fase telogen berlangsung selama kurang lebih 100 hari atau sekitar 5 sampai 12 minggu.

Pada akhir fase telogen rambut akan lepas dan akan memulai siklus pertumbuhan rambut yang baru. Dalam keadaan normal, sekitar 90% rambut di kulit kepala berada dalam fase anagen, sekitar 1% berada dalam fase katagen, dan sekitar 9% berada dalam fase telogen.

 Keluhan rambut rontok dapat dikaitkan dengan keseimbangan hormon, selain faktor genetik dan adanya masalah lain seperti alergi atau masalah kulit lainnya (contohnya dermatitis seboroik, dermatitis kontak, psoriasis, infeksi jamur ataupun bakteri dan lain-lain). Bila kerontokan rambut terjadi terus menerus maka memerlukan pemeriksaan oleh dokter. Bila tidak ada masalah yang mendalam, Anda dapat menggunakan shampoo atau hair tonic yang mengandung minoxidil 5% untuk memperbaiki keadaan akar rambut. Namun sebaiknya minoxidil 5 % tidak digunakan pada keadaan hamil dan menyusui, meskipun ada ahli yang berpendapat bahwa paparan minoxidil pada kulit tidak terlalu berpengaruh pada keadaan hamil dan menyusui sebaiknya Anda tidak menggunakannya pada kehamilan dan menyusui.

 Apabila keluhan rambut rontok dibarengi dengan keluhan siklus menstruasi yang tidak teratur, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter  Anda untuk menangani permasalahan hormonal. Demikian saran saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman