SITE STATUS
Jumlah Member :
489.634 member
user online :
817 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Anak speech delay

   

Anak speech delay
Oleh :


dear dr.,, anak saya mengalami speech delay,,dimana sblmnya telah menjalani speech teraphy selama 1,5 th pada umur 3 th. tapi tdk mengalami perubahan. akhirnya anak saya masukkan ke paud agar lebih dapat berinteraksi sosial dgn teman yg tdk mengalami speech delay. ada perkembangan walaupun msh jauh dari yg diharapkan. yg membuat saya khawatir saat ini usia anak akan memasuki TK, tapi kemampuan bicaranya msh sgt kurang. untuk logika,,anak saya cukup dapat memahami apa yg diperintahkan ortu, spt menaruh baju kotor, alat makan, dan dpt mengikuti game yg memerlukan strategi. anak jg telah diperiksa ke psikolog dan dokter THT, tapi tdk mengalami disfungsi. Latihan apa yg perlu diberikan dokter?? terima kasih :)
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Saya sangat menghargai ketegaran dan usaha Bunda dalam menghadapi situasi yang Bunda dan anak Bunda Alami. Bunda sudah sangat baik memberikan anak Bunda pemeriksaan dan terapi yang dapat membantu anak Bunda. Sebagai tambahannya, teruslah berbicara pelan-pelan dan lembut kata demi kata yang mudah untuk diikuti oleh anak anda. Bacakanlah cerita kepada anak anda untuk melatih pengertian dan perkembangan kata-kata. Nyanyikanlah lagu anak kepada putra anda. Berikan cinta kasih dan pujian atas setiap perkembangannya. 
Biarkan anak anda menyelesaikan kalimatnya tanpa terputus dan tanpa bantuan dari siapapun. Tidak menyuruh anak anda untuk pelan-pelan berbicara atau mengulangi apa yang ia katakan, biarkan begitu saja. Tidak perlu memberikan ia latihan untuk mengulangi kata-kata atau kalimat tertentu. Sebaiknya anda berbicara secara pelan dan jelas kepada anak anda, dan biarkan anak anda menjawab dengan kata-katanya tanpa terputus , berikan ia waktu untuk menyelesaikan kalimatnya. Lakukanlah diskusi dengan anak anda atau bacakan cerita dengan perkataan yang jelas. Hindarkan anak anda dari keadaan lingkungan dan situasi stress yang dapat memperburuk keadaan
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman