SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
2193 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

keputihan dan nyeri

   

keputihan dan nyeri
Oleh :


Selamat malam dok. Sy mau nanya nih, sy skrg lagi hamil uk 29w5d kok d miss v keluar cairan warna putih biasa hbis pipis. Gak bau tapi agak gatal kadang, itu apa yah dok? Keputihan? Trus skrg miss v rada ngilu2 gitu, knp yah dok? Mohon d balas makasih :)
   
 
dr. Tanti menjawab


 Dear Bunda,

Selama masa kehamilan akan terjadi berbagai perubahan dalam tubuh anda, salah satunya adalahperubahan hormonal. Pada perubahan hormonal ini dapat berefek pada masalah keputihan , selama tidak berbau dan berwarna masih dapat dianggap wajar, bunda harus tetap menjaga daerah kewanitaan agar tidak lembab dengan menjaganya tetap kering dan bersih. Keputihan adalah hal yang normal bila tidak berwarna dan tidak berbau dan berfungsi untuk menjaga suasana vagina dari ancaman infeksi. Keputihan yang telah berbau dan berwarna seperti susu, kekuningan atau kehijauan, terasa gatal atau panas, kemungkinan besar menandakan adanya infeksi baik bakteri maupun jamur. Periksakan keadaan Bunda pada dokter untuk pengobatan yang tepat. 
 

Bila Bunda sudah memeriksakan dan tidak ada hal yang berisiko mengganggu kehamilan Bunda, maka sebaiknya tidak terlalu khawatir. Nyeri yang Bunda rasakan bila bukan kontraksi yang sesungguhnya bisa dikarenakan kram otot, namun bisa juga hal lain seperti infeksi saluran kemih. Apakah Bunda merasakan keluhan lain seperti demam dan nyeri berkemih serta anyang-anyangan (BAK terasa tidak tuntas)? Perbanyak minum air untuk menghindari risiko infeksi saluran kecil dan tidak menunda BAK. Ketika hamil terjadi perubahan hormonal yang mempengaruhi kontraksi otot sehingga juga mempengaruhi postur tubuh, beban yang harus di pikul oleh tubuh juga bertambah, hal ini dapat menimbulkan keluhan nyeri pada daerah punggung, bokong, paha bawah atau bisa juga perut bagian bawah. Bila setelah diperiksa , tidak ada hal berat yang mengancam, maka Bunda dapat bisa lebih tenang menghadapi hal ini. Istirahatkan tubuh Bunda dalam posisi yang nyaman, tinggikan kaki saat duduk dan tidur untuk melancarkan sirkulasi darah, tidur dalam posisi miring kiri dan bukan telentang sepanjang waktu sehingga dapat membantu peredaran darah juga postur tubuh yang mulai berubah. Lakukan olahraga ringan untuk melatih otot panggul yaitu senam Kegel, dengan cara mengencangkan otot seperti sedang menahan BAK lalu melemaskannya kembali. Lakukan berulang-ulang untuk melatih otot Bunda dan mengurangi keluhan kram otot bagian tubuh bawah. Lakukan peregangan otot secara ringan di sela-sela kegiatan, bila perlu ikuti senam ibu hamil. 

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman