SITE STATUS
Jumlah Member :
484.277 member
user online :
2276 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bentuk Kepala Bayi

   

Bentuk Kepala Bayi
Oleh :


Pagi dok, Saya mau tanya dok, sejak umur 2 bulan saya sering menyusui bayi saya sebelah kiri jadinya sampai umur 5 bulan ini kepala anak saya menjadi peyang. mohon saran dan bantuan nya dok, bagaimana agar kepala anak saya bisa normal kembali dan apa yang harus saya lakukan dok? Apakah peyang nya g" bisa hilang sampai dia dewasa nanti dok? Makasih dok informasi nya. Salam.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Bentuk kepala bayi yang baru lahir sampai sekitar usia 18 bulan memang terlihat tidak seperti bentuk kepala orang dewasa, selain itu bila Bunda merabanya masih teraba lunak terutama pada daerah puncak kepala. Hal ini dikarenakan saat proses kelahiran, tengkorak kepala terjadi "moulding" sehingga kepala dapat lahir melalui jalan lahirnya.

Bentuk kepala terkadang tampak tidak beraturan atau tampak lonjong. Terutama pada bayi yang sering tidur dalam posisi terlentang nampak seperti lebih datar pada daerah belakan kepala, pada bayi yang tidur miring tampak seperti lebih datar pada daerah kepala yang bertumpu untuk tidur. 
Lambat laun bentuk kepala akan menjadi lebih teratur.

Bunda dapat menyiasati cara menaruh bayi pada tempat tidurnya, bila terlalu lama tidur dalam posisi ke kiri atau ke kanan, maka benahi untuk seimbangkan ke posisi lainnya. Menyusui baiknya seimbang antara posisi kanan dan kiri secara bergantian. Bila bayi sudah bisa telungkup, sesekali taruh dalam posisi telungkup saat tersadar atau bermain agar melatih otot leher dan menghindari tumpuan pada belakang kepala secara terus menerus.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman