SITE STATUS
Jumlah Member :
481.906 member
user online :
2187 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Sesak di dada dan linu pada wanita usia lanjut

   

Sesak di dada dan linu pada wanita usia lanjut
Oleh :


Ass dok saya mau tanya, ibu saya berumur 56 tahun dan masih berkativitas seperti biasa, namun terkadang mengeluh dada sesak dan badan terasa linu tiba2, sudah periksa di klinik terdekat namun hasilnya normal2 saja kata dokter di klinik tersebut. Apakah dokter mengetahui ini gejala apa dan apa yang harus saya lakukan, terimakasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Marcell,
Saya tidak dapat menilai apa yang sedang terjadi dengan ibu Anda, namun dari keterangan Anda saya menyarankan untuk pemeriksaan kesehatan secara lengkap (medical check up) bagi ibu Anda termasuk pemeriksaan darah FSH (hormon yang akan meningkat pada keadaan postmenopausal), BMD (Bone mineral density) untuk risiko osteoporosis, PAP SMEAR dan mammogram untuk risiko kanker.
Pada wanita yang memasuki usia menopause dan setelahnya (postmenopause) dapat merasakan beberapa gejala seperti rasa panas, nyeri kepala, dada berdebar, perubahan mood, gangguan cemas, mudah marah, rasa nyeri otot dan sendi serta gejala lainnya. Masing-masing individu dapat merasakan gejala dan lamanya gejala yang berbeda-beda bahkan terkadang menetap. Pemberian terapi substitusi estrogen dapat dipikirkan untuk mengatasi gejala yang sangat mengganggu, namun harus ditimbang kembali manfaat dan syarat fisik sang pasien untuk terapi ini. Keluhan nyeri pada sendi juga dapat berdiri sendiri terpisah dari keadaan postmenopause, seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis ataupun keadaan lainnya. Maka itu tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan lebih lanjut.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman