SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
2641 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bercak darah sebelum menstruasi

   

Bercak darah sebelum menstruasi
Oleh :


Dokter, saya mau tanya. saya pernah baca bahwa bercak darah sblum haid itu bagian dari tanda kehamilan. nah, sebelum datang masa haid saya sempat berhubungan dg suami , dan setelah itu ada bercak darah 2 titik. akhirnya saya memang telat haid. 3 hari telat saya tespec. namun negatif. 2 minggu lebih saya telat, eh si "merah" keluar. jadi bercak yang keluar sebelum haid itu darah apa ya dok? mhn jawaban dan penjelasannya trima ksih, dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda, 
PMS atau premenstruasi syndrome dapat terjadi beberapa hari menjelang menstruasi. PMS ini dapat berupa nyeri kepala, perubahan mood ataupun flek-flek kecoklatan yang disebabkan oleh perubahan kadar hormonal menjelang menstruasi.
Hari pertama menstruasi adalah ketika keluar darah berwarna merah. Apabila dalam satu bulan mendapatkan beberapa kali siklus, maka kemungkinan besar terjadi gangguan hormon. 
Bercak darah juga dapat terjadi ketika pelepasan telur pada masa ovulasi atau penanaman telur hasil fertilisasi, namun hal ini tidak selalu terjadi atau cukup jelas untuk diketahui oleh semua wanita.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman